PDA

View Full Version : Discussion Penjelasan Singkat tentang TOEFL; IELTS; SAT; GRE; GMAT



Iya_an
23-01-2013, 12:42 PM
TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk; mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang untuk belajar & bekerja di luar negeri; menunjukkan kesiapan akademik seseorang; juta dirancang untuk menjadi standard yang obyektif dan tidak memihak sehingga siswa dapat membandingkan kemampuannya dengan adil.

TOEFL dibagi ke dalam tiga metoda :
1. pBt (Paper Base)
2. cBt (Computer Base)
3. iBt (Internet Base )

Karena semakin sering kampus-kampus internasional menggunakan iBt maka kali ini yang dibahas yang iBt saja dulu. TOEFL berbasis internet (iBT) uji terdiri dari 4 bagian:
1. Listening
2. Reading
3. Speaking
4. Writing

Keempat bagian akan diujikan pada hari yang sama. Ujian diselesaikan dalam tempo waktu kurang lebih sekitar 4 jam.
Yang baru di iBt adalah peserta akan dimina untuk menggabungkan, atau mengintegrasikan lebih dari 1 keterampilan berbahasa yaitu:
• membaca sebuah artikel.
• mendengarkan ceramah singkat tentang topik artikel yang kita baca.
• berbicara atau menulis tanggapan terhadap apa yang kita baca dan dengarkan.

Hal ini dianggap sama apabila kita nantinya kuliah keluar negeri yaitu,
Membaca buku teori
Mendengarkan dosen menjelaskan mata kuliah
Menyampakan opini kita dan menuangkannya ke dalam tulisan demi tulisan.

REGISTRASI TOEFL
Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang meimiliki otorisasi dari ETS (Lembaga di Amerika Serikat yang berwenang untuk pengaturan TOEFL, IELTS GRE dll). TS sendiri adalah salah satu contributor untuk sebuah lembaga pendidikan internasional yang telah puluhan tahun bergerak di bidang TOEFL, IELTS, GRE, GMAT PREPARATION dan Learning Overseas Consultant. So kalau mau Tanya lebih dalam lagi bisa PM TS, let’s discus more detail if necessary.

Mendaftar untuk tes TOEFL
Ketika Anda mendaftar untuk tes ini, sebaiknya kita melihat dulu berapa standard minimum TOEFL yang diminta kampus. Sehingga ini dapat membuat anda fokus mendapatkan goal yang komprehensif dalam mengikuti tes TOEFL.

~ Lakukan persiapan sebelum mengambil tes TOEFL
~ Silahkan anda melihat hasil TOEFL secara online 15 hari setelah Anda mengikuti tes.
~ Laporan nilai Anda memberitahu tentang bagaimana meningkatkan keterampilan Anda.
~ ETS juga akan mengirimkan laporan tertulis hasil skor anda.


IELTS (International English Language Testing System)

Tes IELTS diselenggarakan di lebih dari 500 pusat dilaksanakan empat kali sebulan. Kita dapat memilih dua jenis tes IELTS: Academic atau General Training, tergantung tujuan kita apakah untuk belajar, bekerja atau bermigrasi.

Tes yang akan dilakukan dibagi ke dalam empat bagian :
Listening Reading Writing Speaking

Hasil IELTS yang dinilai pada skala 9. Kita tidak dibatasi berapa kali mengambil ujian dan dapat mempercayai kualitas dan keamanan IELTS karena dikelola oleh tiga lembaga internasional terkemuka yaitu British Council, IDP: IELTS Australia and the University of Cambridge ESOL Examinations (Cambridge ESOL).
Materi ujian ListeningSpeaking (IELTS) untuk Academic atau pun General Training adalah sama namun untuk Reading Writing soalnya berbeda.
Ujian Listening Reading Writing harus diselesaikan dalam satu hari. Untuk tes Speaking tergantung tempat dimanna kita tes, biasanya seminggu sebelum atau sesudah ketiga tes pertama dilaksanakan. Berikut ini adalah schedule IELTS :
~ Listening: 4 sections, 40 items – 30 min
~ Reading: 3 sections, 40 items – 60 minutes
~ Writing: 2 tasks (150-250 words) – 60 minutes
~ Speaking: 11-14 minutes


TOEIC (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION)

TOEIC yang dikembangkan pada tahun 1979, ditujukan untuk mengukur kemahiran seseorang dalam bahasa Inggris pada level intermediate (menengah) dan advance (lanjutan). Ada lebih dari 4,5 juta pengambil tes ini tiap tahun. TOEIC adalah sebuah standarisasi kemampuan bahasa Inggris di tempat kerja di seluruh dunia. Tes TOEIC adalah sertifikasi yang sangat berharga bagi para profesional.

Tujuan dari TOEIC lebih bervariasi dari test-test lainnya. Umumnya TOEIC digunakan untuk 3 kegunaa yaitu :
Corporate- perusahaan
Menggunakan tes TOEIC untuk kemajuan dalam korespondensi dan dokumentasi perusahaan juga dalam program pelatihan bahasa Inggris, merekrut dan mempromosikan karyawan, serta menempatkan pengukuran standar di tempat di lokasi kerja.
Program bahasa Inggris menggunakannya untuk menempatkan siswa pada tingkat pembelajaran yang tepat, dan mengevaluasi kemampuannya.
Instansi pemerintah menggunakannya untuk mendokumentasikan kemajuan dalam program pelatihan bahasa Inggris, merekrut dan mempromosikan serta merekrut karyawan.


SAT (Scholastic Aptitude Test)

SAT adalah test yang akan mengukur sudah sejauh mana anda menguasai materi yang dipelajari di sekolah dan seberapa baik pula anda dapat menerapkan pengetahuan itu. SAT ini menilai pengetahuan Anda tentang membaca secara kritis, menulis dan keterampilan matematika yang sudah anda pelajari. Waktu uji total SAT ini adalah 3 jam dan 45 menit.

Test SAT terdiri dari tiga bagian: critical reading, mathematics, dan writing. Setiap bagian dinilai pada skala 200 - 800.

Critical Reading
Tes kemampuan anda untuk memahami soal-soal setingkat akademi yang tertulis dalam bahasa Inggris. Anda diminta untuk mengisi kalimat dengan kata yang tepat atau kata-kata untuk menjawab pertanyaan yang menunjukkan pemahaman Anda membaca cerita pendek dan panjang.

Mathematics
Sesi tes ini untuk menilai seberapa baik Anda menganalisa dan bagaimana keterampilan kita memecahkan masalah yang nantinya akan dibutuhkan di universitas. Pertanyaan yang harus anda selesaikan termasuk tentang rumus aljabar, fungsi linear, fungsi eksponen dan manipulasi eksponen, sifat-sifat garis singgung, nilai mutlak, notasi fungsi, geometri, probabilitas, serta menganalisis data. Beberapa pertanyaan adalah pilihan ganda, sementara yang lain akan diujikan secara essay. Anda dapat menggunakan kalkulator yang disetujui, dan anda tidak diharuskan untuk menghafal rumus-rumus.

Writing
Writing mencakup pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda untuk menguji seberapa baik Anda menggunakan standar menulis dalam bahasa Inggris. Kita juga akan diminta untuk menulis esai singkat. Pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda menilai kemampuan Anda untuk mengidentifikasi kesalahan kalimat, memperbaiki kalimat, dan meningkatkan kualitas paragraf. Pertanyaan esai meminta anda untuk berada diposisi pada contoh-contoh masalah dan menggunakannya untuk mendukung posisi Anda. Petugas yang nantinya memeriksa jawaban akan tahu bahwa esai itu ditulis dalam waktu singkat dan merupakan draft pertama. Mereka tidak akan mengharapkan tulisan yang halus tutur bahasanya melainkan mereka akan membaca esai Anda untuk melihat seberapa baik Anda mengatur dan mengungkapkan sudut pandang Anda dan mengembangkannya serta mendukung ide utama. Seluruh test harus diselesaikan dalam waktu 3 jam dan 45 menit.


GRE (Graduate Record Examinations)

Tes GRE diperlukan oleh individu yang akan melanjutkan jenjang studi S1 & S2 (Sarjana & Master) baik itu untuk displin ilmu alam, teknik, ilmu sosial, humaniora dan seni, pendidikan, bisnis atau bidang lainnya. Tes ini dirancang untuk membantu panitia penerimaan mahasiswa baru dan para sponsor dalam menilai kualifikasi pelamar untuk tujuan program mereka.

Bentuk Test GRE
GRE General Test
Test ini untuk mengukur keterampilan yang telah dikembangkan dalam jangka waktu yang panjang dan biasanya tidak selalu berhubungan dengan bidang studi tertentu. Tes ini terdiri dari

Verbal Reasoning - Penalaran Verbal
mengukur kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi bahan tertulis; mensintesis informasi yang diperoleh dari bahan itu; menganalisa hubungan antara komponen-komponen kalimat, dan mengenali hubungan antara kata dan konsep.

Quantitative Reasoning - Penalaran Kuantitatif
mengukur kemampuan matematika dasar; pemahaman tentang konsep-konsep matematika dasar, kemampuan alasan kuantitatif dan memecahkan masalah dalam pengaturan kuantitatif. Ada keseimbangan antara pertanyaan yang membutuhkan aritmatika, aljabar, geometri dan analisis data.

Analytical writing sections - Analisis
mengukur kemampuan untuk mengartikulasikan dan mendukung ide-ide yang kompleks, menganalisis argumen, mempertahankan sebuah diskusi menjadi lebih fokus dan koheren. Tes ini tidak menilai pengetahuan spesifik, dan tidak ada cara cepat terbaik untuk menjawabnya.


GMAT (Graduate Management Admission Test)

GMAT adalah standard test international yang dipakai oleh banyak universitas internasional dalam menentukan “APTITUDE” mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar Master (MBA). Test ini dirancang untuk membantu program pascasarjana manajemen menilai kualifikasi pelamar untuk studi lanjutan di bidang bisnis dan manajemen.

The Graduate Manajemen penerimaan Test
mengevaluasi kemampuan menulis verbal, kuantitatif, dan analitis bahwa Anda telah berkembang dari waktu ke waktu melalui pendidikan dan bekerja.

The Verbal Section
mengukur kemampuan Anda untuk membaca dan memahami materi tertulis, dengan akal dan mengevaluasi argumen, memperbaiki bahan tertulis untuk menyesuaikannya ke dalam standard Bahasa Inggris yang baku.



Sumber (http://forum.viva.co.id/post1394042-1/) :xiexie:
Kalau ada kekurangan dan kesalahan mohon untuk dikasih saran, semoga bisa melengkapi index yang ada.
Semoga bermanfaat.

Untuk berbagi soal TOEFL | IELTS | etc.. ada di SF eBook cari di Index.
Example for Kaplan TOEFL ibt_2010-2011 (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=368834&p=23367632&viewfull=1#post23367632)

Lailatul
28-01-2013, 04:07 PM
baru nemu kalo tes bahasa inggris banyak macamnya.
tapi kenapa yang populer di Indonesia itu TOEFL sama TOEIC ya ?? :bloon:
Oh iya, cambridge itu bukan termasuk ya ??
Sorry kalo tidak berkenan :maaf:

lrk
29-01-2013, 11:08 PM
baru nemu kalo tes bahasa inggris banyak macamnya.
tapi kenapa yang populer di Indonesia itu TOEFL sama TOEIC ya ?? :bloon:
Oh iya, cambridge itu bukan termasuk ya ??
Sorry kalo tidak berkenan :maaf:
Disini yang sedang dibicarakan tentunya adalah 'industri' nya. Pengukuran kemampuan bahasa ini adalah sebuah lahan bisnis. Educational Testing Service (ETS) dari Amerika adalah pionir sejak sekitar tahun 1964an. Diperkirakan tes TOEFL Paper Based marak di Indonesia sekitaran tahun 1990 - 2000. TOEIC sendiri adalah 'adik kandung' TOEFL yang dicetus oleh orang Jepang yang ingin mengukur efektifitas berbisnis para pegawai mereka dengan bahasa Inggris sekitar pertengahan 1970an. Jadi TOEIC lebih ke bahasa Inggris tempat kerja.

Seiring dengan perkembangan waktu, Cambridge ESOL, British Council dan IDP, tiga lembaga sekaligus tak tanggung-tanggung membidani kelahiran IELTS yang awalnya bernama ELTS pada tahun 1980an. Tes ini terus mengalami penyempurnaan hingga sekitar tahun 1995 mendapatkan format tetapnya.

Melihat keadaan Indonesia beberapa tahun silam, Amerika menjadi kiblat segala hal. Namun demikian sekitar sepuluh tahun ke belakang, gaung pendidikan Australia makin memiliki reputasi, sehingga nama IELTS pun mulai dikenal. TOEFL dan TOEIC dari ETS tentunya sudah lebih dulu populer di Indonesia. Akan tetapi TOEFL PBT masih menggunakan format pilihan ganda (test battery) yang mana ini sudah jamak dianggap tidak benar-benar akurat dalam mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Format tes IELTS sekarang sudah sangat populer dengan kualitas soal yang sangat baik serta pelaksanaan ujian yang terjamin. TOEFL pun tidak tinggal diam. Menyadari kelemahan format pilihan gandanya, sejak tahun 2005, ETS dengan gencar menyempurnakan kualitas TOEFL format baru mereka yang dikenal dengan iBT dan meluaskan distribusinya ke seluruh test center yang berafiliasi dengan mereka.

Kedua tes ini (IELTS & iBT) berada di kisaran harga sekitar 190 dollar.
Adapun TOEFL murah yang dikenal ITP (soal bekas pakai) masih digunakan di beberapa pusat bahasa universitas di Indonesia dengan harga 300 ribu dan dikenal sebagai Institutional Testing Program. Penggunaannya terbatas dan tidak sama dengan iBT. Cek: https://www.ets.org/toefl_itp/use

Cambridge ESOL merupakan lembaga otoritas bahasa Inggris dari Inggris Raya.
Jenjang ujian di ESOL tidak hanya untuk mengukur siswa, namun juga karyawan dan kompetensi calon guru.
1. YLE Starters - sd 1-2
2. YLE Movers - sd 3-4
3. YLE Flyers - sd 5-6
4. KET (Key English Test) smp 1-2
5. PET (Preliminary English Test) smp 3
6. FCE (First Certificate in English) sma 1 - 2 - 3 = IELTS 6 - 7
7. CAE (Cambridge English: Advanced) s 1 = IELTS 7.5 - 8
8. CPE (Cambridge English: Proficiency) s 2 = IELTS 8 - 9
9. IELTS
10. BULATS (Keperluan Bahasa Inggris Bisnis)
11. TKT (Calon Guru)
12. CELTA (Guru Keren) - kalo ga salah 18 jutaan
13. DELTA (Guru Super Keren) - kalo ga salah 20 jutaan

Mudah-mudahan berguna.

matiawak
01-02-2013, 05:05 AM
bro bisa bantu tipsnya ngak cara memilih jenis toefl dan ielts yg benar and tipsnya supaya bisa memperoleh ilai bagus.
klw ada linknya buat mengasah itu semua secara gratis tlong d share

Iya_an
01-02-2013, 05:18 AM
TOEFL atau IELTS Mana Yang Lebih Baik
This article has been translated from the original source for your convenience by Tatik Wijayanti – MJ Education.

Setiap universitas ingin memastikan bahwa anda memiliki keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk belajar di universitas mereka. Hampir semua lembaga pendidikan tinggi mengharuskan anda untuk menempuh tes bahasa Inggris. TOEFL dan IELTS merupakan dua tes bahasa Inggris berstandar tinggi. Salah satu pertanyaan yang paling sering saya dengar yaitu mana yang lebih mudah atau mana yang lebih baik diantara kedua tes tersebut. Jawabannya tergantung pada jenis tes apa yang anda kuasai, serta di mana Anda berencana untuk menggunakannya. Artikel ini akan menguak tentang perbedaan antara keduanya sehingga membantu anda dalam membuat keputusan.

Admissions
Tes IELTS ini dikelola oleh Konsulat Inggris, University of Cambridge dan IELTS Australia. Artinya, hal ini terkait dengan pemerintah Inggris dan biasanya digunakan oleh universitas-universitas di Inggris, Selandia Baru dan Australia untuk menentukan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa asing. TOEFL dikelola oleh ETS, sebuah organisasi non-profit dari Amerika Serikat dan digunakan secara luas oleh universitas di Amerika dan Kanada. Namun, untuk memudahkan siswa internasional, universitas di seluruh dunia telah memakai keduanya yaitu TOEFL dan IELTS. Walau demikian anda harus memeriksa universitas tertentu yang akan anda tuju. Umumnya di Amerika Serikat, Inggris, Australia atau Selandia Baru akan mengambil skor keduanya. Jadi itulah yang harus dipikirkan. Pilihlah tes yang menurut anda mudah untuk mengerjakannya. Untuk melakukan hal itu, mungkin anda perlu mengetahui struktur dari masing-masing test.



TOEFL


Struktur TOEFL

Sejak setahun yang lalu, TOEFL secara universal resmi diberikan dalam format (Internet Based Testing) iBT. Terdiri atas empat bagian, yaitu:


Reading (membaca)

Bagian TOEFL Reading meminta anda untuk membaca 4-6 paragraph berlevel Universitas dan menjawab soal-soal pilihan ganda. Pertanyaannya menguji pemahaman anda tentang teks, ide utama, informasi penting, kosakata, gaya bahasa, dan membuat kesimpulan.


Listening (mendengarkan)

Bagian Listening berupa 2-3 percakapan dan 4-6 perkuliahan. Situasinya selalu berkaitan dengan kehidupan kampus misalnya percakapan antara seorang mahasiswa dan seorang pustakawan, tentang penemuan bahan penelitian atau perkuliahan di kelas sejarah. Soal tes berbentuk pilihan ganda seputar informasi penting, kesimpulan, nada dan kosa kata. Bahasa yang digunakan dalam percakapan dan perkuliahan adalah sangat alami dan mencakup juga bahasa Inggris informal, interupsi serta penggunaan isian suara seperti “eh” atau “Uhm.”

Speaking (berbicara)

Tes Speaking anda akan direkam. Anda diminta berbicara ke dalam mikrofon dan penilai akan mendengarkan jawaban anda kemudian menilainya. Dua pertanyaan tentang topik yang familiar dan meminta pendapat anda dan diminta mendeskripsikan hal-hal yang familiar, seperti kota atau guru favorit Anda. Dua pertanyaan selanjutnya meminta Anda untuk meringkas informasi dari sebuah teks dan percakapan kemudian anda diminta untuk memberikan pendapat. Dua pertanyaan terakhir meminta anda untuk meringkas informasi dari percakapan singkat. Sekali lagi, topik dalam pembicaraan selalu terkait dengan universitas.

Writing (menulis)

Pada bagian akhir tes TOEFL terdapat dua essay. Pertama, anda diminta untuk Anda menulis pendapat tentang topik yang luas, misalnya tentang apakah lebih baik untuk hidup di luar daerah kota atau di kota. Selanjutnya anda diminta untuk meringkas informasi dari sebuah teks dan perkuliahan – sering keduanya akan berbeda pendapat dan perlu untuk menuliskan persamaan dan perbedaannya, atau menyatukan informasi yang bertentangan.



IELTS


Struktur IELTS

Struktur IELTS terdiri dari 4 bagian yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing tetapi formatnya sangat berbeda.


Reading (membaca)

Bagian test reading pada IELTS terdapat 3 teks yang diambil dari buku teks akademis atau dari koran maupun majalah – tetapi semua berlevel universitas. Salah satunya bisa berupa opini. Misalnya teks yang mendebatkan suatu sudut pandang. Jenis pertanyaan pada IELTS cukup luas dan tidak setiap teks akan memiliki jenis pentanyaan yang sama. Salah satu jenis pertanyaan yang meminta anda untuk mencocokkan judul dengan sebuah teks. Anda mungkin akan diminta untuk melengkapi ringkasan menggunakan kata-kata dari teks. Atau mengisi table, grafik maupun gambar. Mungkin ada pertanyaan pilihan ganda yang bertanya tentang rincian penting. Salah satu jenis pertanyaan yang paling sulit yaitu berupa laporan dan menanyakan apakah laporan ini benar, salah atau tidak termasuk dalam teks. Anda juga mungkin diminta untuk mencocokkan kata-kata dengan maknanya. Yang terakhir yaitu berupa pertanyaan pendek dan jawabannya diambil dari teks yang tersedia.
Beberapa pertanyaan diletakkan sebelum teks dan mungkin untuk menjawabnya tidak membutuhkan ketelitian membaca. Ada juga yang diletakkan setelah teks dan mungkin perlu membaca teks dengan seksama untuk menjawab pertanyaanya.

Listening (mendengarkan)

IELTS memiliki empat bagian listening. Yang pertama adalah “percakapan transaksional” yang diterapkan untuk suatu hal misalnya: surat ijin mengemudi, kartu perpustakaan) atau meminta informasi (misalnya meminta informasi rincian mengenai iklan atau hotel). Bagian kedua mengenai informasi perkuliahan dari berbagai hal, mungkin seorang dekan menjelaskan aturan universitas. Ketiga adalah percakapan dalam konteks akademik dan bagian akhir berupa materi perkuliahan. Untuk semua bagian Anda mungkin akan diminta untuk melengkapi ringkasan, melengkapi tabel, menjawab pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda, memberi label pada suatu diagram atau gambar, atau mengelompokkan informasi ke dalam kategori yang berbeda. Anda akan diharapkan untuk mengisi jawaban sebagaimana yang anda dengar selama tes.


Reading (menulis)

Ada dua tugas menulis dalam test IELTS. Yang pertama, meminta Anda untuk meringkas sebuah tabel atau grafik menjadi sekitar 300 kata. Anda harus mengidentifikasi informasi penting, membandingkan dan membedakan bagan atau mungkin menjelaskan sebuah proses. Tugas yang kedua meminta Anda untuk mempresentasikan pendapat Anda tentang suatu penyataan, misalnya, “Perempuan harus menjaga anak-anak dan tidak bekerja” atau “Terlalu banyak orang yang pindah ke kota dan daerah pedesaan yang menderita”

Speaking (berbicara)

Bagian terakhir yaitu Speaking. Diselenggarakan pada hari yang berbeda dan dihadapan pewawancara terlatih. Setiap peserta menerima pertanyaan yang sama tetapi dibeberapa bagian mungkin lebih banyak dalam bentuk percakapan daripada monolog. Bagian pertama dari ujian berupa percakapan pengantar singkat diikuti oleh beberapa pertanyaan singkat seputar topik percakapan. Pewawancara akan menanyakan nama anda, pekerjaan anda, apa jenis olahraga yang anda suka, apa rutinitas harian anda, dan seterusnya. Di bagian kedua, anda akan diberikan kartu dengan topik dan beberapa pertanyaan khusus untuk mengembangkan topic tersebut.
Anda harus berbicara selama dua menit tentang topik ini, yang mungkin tentang rutinitas harian anda, terakhir kali anda pergi ke bioskop, bagian favorit anda dari dunia atau topic yang serupa. Pada bagian terakhir, pewawancara akan meminta anda untuk mendiskusikan sisi abstrak dari topik dibagian 2 – Mengapa orang lebih suka rutinitas sehari-hari? Mengapa orang-orang menyukai film? Bagaimana wisatawan mempengaruhi kehidupan lokal?


Perbandingan (pilih mana / baik mana)


Mana yang lebih baik bagi saya?

Jadi sekarang anda memiliki beberapa pengetahuan bagaimana peran masing-masing tes. Tetapi Anda mungkin bertanya-tanya mana yang lebih baik untuk Anda. Mungkin membaca tentang strukturnya, Anda berpikir, “Wow TOEFL terdengar begitu mudah,” atau, “Ya, IELTS sepertinya menyenangkan!” Itu mungkin menjadi pertanda baik bagi anda bahwa salah satu tes akan lebih mudah daripada yang lainnya. Lebih konkret, ada beberapa perbedaan penting diantara tes-tes itu.


British Versus American English

Sementara Inggris dan Amerika Serikat menerima kedua tes tersebut dan bahasa Inggrisnya orang Inggris (British English) dan Amerika (American English) tidaklah berbeda seperti hal yang lain, faktanya adalah IELTS cenderung menggunakan British English dan TOEFL secara eksklusif menggunakan American English. Pada IELTS, perbedaan ini akan memiliki efek yang lebih besar karena jumlah ejaan dan itu adalah satu area di mana Inggris dan Amerika Serikat tidak selalu melihatnya secara langsung, tepatnya jika Anda memiliki masalah dengan aksen Inggris (dan tes mungkin memasukkan berbagai aksen, termasuk Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Skotlandia). Di sisi lain, mungkin aksen Amerika akan membuat anda gagal. Istilah-istilah tertentu mungkin juga berbeda dan anda tidak mau membuang-buang waktu tes speaking anda dengan bertanya-tanya apakah memakai flat atau lorry itu. Jadi apakah anda terbiasa dengan British atau American English merupakan faktor yang penting. Jika anda merasa nyaman dengan American English, maka TOEFL pilihannya namun jika British English dan aksennya menjadi pilihan anda maka akan lebih baik jika anda mengikuti test IELTS.

Pilihan Ganda Versus Menyalin Jawaban

Untuk Sesion reading dan listening, TOEFL memberikan anda soal pilihan ganda, sementara IELTS secara umum memerintahkan anda untuk menyalin kata-kata dari teks atau percakapan. Soal pilihan ganda cenderung membutuhkan pemikiran abtrack yang sedikit lebih baik, tetapi IELST mendukung orang yang memiliki memori yang baik dan berpikir dengan benar. Sisi baik dari soal pilihan ganda adalah kemudahan untuk menyisihkan jawaban yang salah, sementara untuk menyalin jawabannya telah tersedia di teks. Anda harus menemukannya dan menulisnya kembali. Jadi pemikir yang kokoh akan cenderung lebih baik dalam mengerjakan IELTS dan pemikir abstrak akan cenderung memiliki hasil yang lebih baik di tes TOEFL.

Dapat Diprediksi dan Berbeda Setiap Saat

Tentunya TOEFL mudah diprediksi daripada IELTS. IELTS melontarkan berbagai jenis pertanyaan yang berbeda kepada anda dan petunjuk-petunjuknya setiap saat sering berbeda-beda. Hal ini membuat lebih sulit untuk mempersiapkannya. TOEFL, disisi lain, kebanyakan tesnya sama setiap saat – misalnya memilih A, B, C, D atau E. Sedangkan IELTS tentunya membuat anda terus terpaku dan bisa membuat anda lebih waspada.

Berbicara Kepada Orang atau Komputer?

Perbedaan besar yang lain adalah bagaimana session Speaking dilakukan. Bagi sebagian orang, itu sangat santai dengan hanya mencatat jawaban Anda ke dalam komputer karena rasanya tidak ada yang mendengarkan. Anda hanya mencoba untuk melakukan yang terbaik dan lupakan tentang itu sampai anda mendapatkan nilai Anda. Karena tes IELTS dilakukan dalam format wawancara dengan kehadiran penutur asli, mungkin anda akan merasa gugup atau merasa dihakimi. Dan saat mereka membuat catatan: Ya Tuhan, dia menulis sesuatu yang baik atau sesuatu yang buruk? Di sisi lain, Anda mungkin merasa lebih santai dalam percakapan, dengan orang yang ada untuk menjelaskan jika anda tidak mengerti suatu pertanyaan, atau memiliki wajah untuk dilihat, bukan layar komputer. Mendapatkan umpan balik dari penutur asli juga dapat membantu, dalam rangka untuk memperbaiki kesalahan dan berkembang selama ujian. Jadi itu tergantung pada apa yang membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda ingin berbicara dengan orang, IELTS merupakan pilihan yang lebih baik. Jika Anda hanya ingin sendirian dan tidak merasa dihakimi, TOEFL akan lebih nyaman bagi Anda.


Holistik versus Kriteria

Yang terakhir yaitu sesi Speaking dan Writing pada TOEFL adalah dinilai secara holistik. Penilaian ini diberikan berdasarkan kualitas keseluruhan dari esai, termasuk kosa kata, logika, gaya, dan tata bahasa. Sebaliknya IELTS dinilai berdasarkan kriteria individu begitu juga untuk tata bahasa, pilihan kata, kelancaran, logika, kohesi, dan masih banyak lagi kriteria yang lain. Dengan kata lain, jika Anda menulis dengan baik namun memiliki banyak kesalahan kecil dalam tata bahasa, maka skor TOEFL Anda mungkin cukup baik karena penilaian akan mengabaikan kesalahan kecil jika keseluruhan esai adalah logis dan rinci. IELTS tidak akan mengabaikan tata bahasa yang buruk. Di sisi lain, jika tata bahasa dan kosa kata yang kuat tetapi Anda mengalami kesulitan mengekspresikan pendapat atau mengorganisir esai, Anda bisa mendapatkan skor TOEFL yang rendah tetapi IELTS akan memberikan nilai yang bagus untuk penggunaan bahasa. Dengan demikian walaupun kedengarannya IELTS jauh lebih keras karena anda dinilai dalam segala hal, sebenarnya anda bisa mendapatkan skor yang cukup baik jika anda menguasai di sejumlah bagian. TOEFL menekankan kemampuan untuk menyusun argumen logis dan rinci (atau ringkasan) dan melihat kejelasan, pilihan kata, dan gaya di atas segalanya. Jika Anda tidak merasa nyaman menulis esai tetapi Anda berpikir Anda memiliki tata bahasa dan kosa kata yang sangat baik dan secara keseluruhan merupakan penulis yang layak, IELTS mungkin akan lebih mudah bagi Anda.
Saya berharap tulisan ini sangat membantu anda dalam membuat pilihan. Dalam hal apapun, saya sarankan anda mengunjungi situs-situs IELTS (http://www.ielts.org) dan TOEFL (http://www.ets.org/toefl) dan mendapatkan informasi yang lebih rinci dari setiap tes dan juga mencoba sendiri beberapa latihan soal.
By Walton Burns


sumber ;
http://mje.co.id/toefl-atau-ielts-mana-yang-lebih-baik/
http://ezinearticles.com/?TOEFL-or-IELTS---Which-is-Better?&id=925195

goodthree
02-02-2013, 10:38 PM
aq kira disini bakal ada soal2 tes TOEFL nya :iii:

Iya_an
03-02-2013, 12:38 AM
aq kira disini bakal ada soal2 tes TOEFL nya :iii:


Kalo berbagi soal TOEFL ada di SF Ebook,
Ato bisa liat di Kaplan TOEFL ibt_2010-2011 (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=368834&p=23367632&viewfull=1#post23367632) :centil:

yuzema99
03-02-2013, 11:46 AM
Kenapa ya standar konversi dari IBT TOEFL ke IELTS berbeda-beda di tiap universitasnya? Jadi kadang-kadang bingung enaknya mau ngambil IBT TOEFL atau IELTS.

lrk
03-02-2013, 01:20 PM
Kenapa ya standar konversi dari IBT TOEFL ke IELTS berbeda-beda di tiap universitasnya? Jadi kadang-kadang bingung enaknya mau ngambil IBT TOEFL atau IELTS.

Saya rasa tidak sulit. Jangan jadi bingung dengan konversi. Turuti saja permintaan(requirement) dari uni yang anda ingin apply. Ke Amerika sebagian lebih suka TOEFL, Ke Perserikatan Inggris Raya, lebih suka IELTS.

Untuk S1 = aman kalau pegang IELTS 6.5 atau TOEFL 80
Untuk S2 = aman kalau pegang IELTS 7.5 atau TOEFL 100
Untuk S3 = aman kalau pegang IELTS 8 atau TOEFL diatas 100

mock test aja terus sampai kira-kira dapat nilai tes yang diinginkan barang lima kali baru deh ambil tes benerannya.

Tapi yang biasanya jadi masalah untuk anak (mahasiswa/mahasiswi) indo bukan itu sih. Setelah masuk kuliah biasanya baru sadar bahwa kelemahannya biasanya lebih kepada kemampuan menulis ilmiah dan mengutip yang benar. Ada juga yang mengatakan, "waduh banyak sekali yang harus dibaca" menandakan minat baca yang kurang. Banyak sekali kasus mahasiswa kita baru belajar nulis jurnal / laporan ilmiah dengan format APA/MLA ketika sudah diharuskan dan biasanya agak keteteran dalam prosesnya.

darkash
12-02-2013, 04:49 PM
mumpung disini ada trit beginian, mau nanya website mana yang ada latian buat TOEFL/IELTSnya :iii:
udah pernah ikutin tes TOEFL tapi itu udah 5 tahun yang lalu, jadi saya merasa klo grammar udah karatan :keringat:

LordAetherion
12-02-2013, 05:06 PM
Saya rasa tidak sulit. Jangan jadi bingung dengan konversi. Turuti saja permintaan(requirement) dari uni yang anda ingin apply. Ke Amerika sebagian lebih suka TOEFL, Ke Perserikatan Inggris Raya, lebih suka IELTS.

Untuk S1 = aman kalau pegang IELTS 6.5 atau TOEFL 80
Untuk S2 = aman kalau pegang IELTS 7.5 atau TOEFL 100
Untuk S3 = aman kalau pegang IELTS 8 atau TOEFL diatas 100

mock test aja terus sampai kira-kira dapat nilai tes yang diinginkan barang lima kali baru deh ambil tes benerannya.

Tapi yang biasanya jadi masalah untuk anak (mahasiswa/mahasiswi) indo bukan itu sih. Setelah masuk kuliah biasanya baru sadar bahwa kelemahannya biasanya lebih kepada kemampuan menulis ilmiah dan mengutip yang benar. Ada juga yang mengatakan, "waduh banyak sekali yang harus dibaca" menandakan minat baca yang kurang. Banyak sekali kasus mahasiswa kita baru belajar nulis jurnal / laporan ilmiah dengan format APA/MLA ketika sudah diharuskan dan biasanya agak keteteran dalam prosesnya.

TOEFL dulu sama TOEFL sekarang nilainya beda ya :bloon:
Dulu, waktu mau ngambil skripsi, kayaknya mahasiswa S1 kayak gw harus punya sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 150 :iii:

Iya_an
12-02-2013, 05:47 PM
mumpung disini ada trit beginian, mau nanya website mana yang ada latian buat TOEFL/IELTSnya :iii:
udah pernah ikutin tes TOEFL tapi itu udah 5 tahun yang lalu, jadi saya merasa klo grammar udah karatan :keringat:

Masalah pelatihan sekarang dibikin sebuah bisnis, jadi jarang yang gratis.
ada beberapa website yg aku coba telusuri namun ujung2nya juga Not 4 Free..
Kalau mau ada eBook, namun itupun jg dari tahun2 sebelumnya,

Tapi bolehlah siapa yg tahu ada site yg memberikan pelatihan free di share kemari :minta:

darkash
12-02-2013, 05:49 PM
Masalah pelatihan sekarang dibikin sebuah bisnis, jadi jarang yang gratis.
ada beberapa website yg aku coba telusuri namun ujung2nya juga Not 4 Free..
Kalau mau ada eBook, namun itupun jg dari tahun2 sebelumnya,

Tapi bolehlah siapa yg tahu ada site yg memberikan pelatihan free di share kemari :minta:

tujuan sitenya sih mau cari buat latihan :iii:
rencananya mau ngambil tes lagi buat ke depannya :iii:
nah justru karena ga tau site mana yang bagus, makanya saya nanya disini, siapa tau ada yang lumayan buat latihan

dondonudon
19-02-2013, 06:56 AM
Lembaga Bahasa di Indonesia yang terpercaya buat tes TOEFL apa aja gan ?
ada ga sih tes TOEFL yang online ?

keeponmovin4
19-02-2013, 09:04 AM
kmrin sya dri IIEF di imperium..kirain disana ada tes toefl resmi (itp) tapi katanya langsung saja ke UI (Salemba or depok)...belum sempat ke UI nanya sih..klo ada yg tau kira2 biayanya berapa yah dan masa expirednya smpe kapan??thankss

enocopo
24-03-2013, 04:02 PM
adakah yang tau ngurus TOEFL/TOEIC di malang ?

lrk
24-03-2013, 07:59 PM
TOEFL dulu sama TOEFL sekarang nilainya beda ya :bloon:
Dulu, waktu mau ngambil skripsi, kayaknya mahasiswa S1 kayak gw harus punya sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 150 :iii:
kalau skornya 150 sudah bisa dipastikan bukan TOEFL ITP dan juga bukan TOEFL iBT - kemungkinan besar itu adalah TOEFL Like yang dibuat oleh institusi tempat anda berkuliah. Gunanya sebatas untuk mengukur kemampuan siswa sudah sampai dimana.


Masalah pelatihan sekarang dibikin sebuah bisnis, jadi jarang yang gratis.
ada beberapa website yg aku coba telusuri namun ujung2nya juga Not 4 Free..
Kalau mau ada eBook, namun itupun jg dari tahun2 sebelumnya,

Tapi bolehlah siapa yg tahu ada site yg memberikan pelatihan free di share kemari :minta:
saya ada kasih pelatihan gratis. :) malah minim yang memanfaatkan, tapi memang tidak saya peruntukkan untuk umum, cuma untuk yang benar-benar serius mau belajar.


Lembaga Bahasa di Indonesia yang terpercaya buat tes TOEFL apa aja gan ?
ada ga sih tes TOEFL yang online ?lembaga yang terpercaya banyak .. lihat daftarnya di link berikut.
http://www.iief.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=141&Itemid=313&lang=en

kalau tes TOEFL sekarang ya pasti online gan.
Daftar. bayar 2 juta. Nanti dikasi tau aturan mainnya dan tempat pelaksanaannya. Jelas Online, namanya saja iBT = INTERNET BASED TEST
di saat tes anda akan dikasih 1 komputer + headset, dan writingnya pun pake keyboard, ngetik bukan nulis.

kalau yang tidak online itu PBT / ITP itu tes masih pake kertas. jadul sisan. Yang dites cuma grammar tok.


kmrin sya dri IIEF di imperium..kirain disana ada tes toefl resmi (itp) tapi katanya langsung saja ke UI (Salemba or depok)...belum sempat ke UI nanya sih..klo ada yg tau kira2 biayanya berapa yah dan masa expirednya smpe kapan??thankss
tes yang mana ... biaya kan beda tes beda biaya. Anggap ajalah yang iBT = 195 US dollar, yang ITP = 300 ribu rupiah.
list kontaknya liat link diatas ya.


adakah yang tau ngurus TOEFL/TOEIC di malang ?

ngurus TOEFL / TOEIC di Malang? kalo TOEFL iBT (yang mahal punya yang bs dipake buat ke luar negeri) coba kontak Alfalink
Malang Office
Jl. Sumbing No. 17
Malang 65115
Ph: (+62-341) 336 228

Kalo yang murah meriah ITP - yang masih pake kertas - yang ujiannya grammar tok sama listening dan reading yang ga susah itu
kontak ke sini ya, lumayan buat beasiswa atau S2 dalam negeri - yang ini 300 ribuan biasanya
AMINEF Malang 16 Mar 13 0341-463345
Universitas Brawijaya Malang 16 Mar 13 0341-575875
Balai Bahasa Universitas Malang Malang 23 Mar 13 0341-558798

nasignas
27-03-2013, 01:01 PM
hallo para suhu sekalian :D, mw tny nih
1. ane mau tanya kalo toefl 460an gmna mnurut suhu" smua??
2. ane lagi cari les"an inggris buat ningkatin skill sih -__- bkn ningkatin skill sih, tepatnya mw belajar -___- tp yg ada disurabaya
kalo bisa yg harganya terjangkau broo :D. mgkn ada yg bisa info??

keeponmovin4
28-03-2013, 10:40 AM
hallo para suhu sekalian :D, mw tny nih
1. ane mau tanya kalo toefl 460an gmna mnurut suhu" smua??
2. ane lagi cari les"an inggris buat ningkatin skill sih -__- bkn ningkatin skill sih, tepatnya mw belajar -___- tp yg ada disurabaya
kalo bisa yg harganya terjangkau broo :D. mgkn ada yg bisa info??mending langsung ke kediri aja di pare...nah disana kan banyak kursusan..kualitasnya juga bagus kok dan harganya murah...biaya hidup juga murahhh...cobain aja

kalo ente d surabaya

lrk
28-03-2013, 11:14 AM
hallo para suhu sekalian :D, mw tny nih
1. ane mau tanya kalo toefl 460an gmna mnurut suhu" smua??
2. ane lagi cari les"an inggris buat ningkatin skill sih -__- bkn ningkatin skill sih, tepatnya mw belajar -___- tp yg ada disurabaya
kalo bisa yg harganya terjangkau broo :D. mgkn ada yg bisa info??

Toefl PBT ya - 460 itu artinya kalau di kurikulum Cambridge ya A2.
Saya jelasin dulu arti 460.
320 - 380 = A1 (basic banget)
400 - 460 = A2 (basic aja)
480 - 560 = B1 (bisalah walau ga jago jago amat -SMA & S1 dalam negeri)
580 - 620 = B2 (bagus walau belum sempurna - S1 & S2 di luar mungkin)
640 - 660 = C1 (keren banget - S2 di luar bisa ini)
--------- = C2 (sudah sama kualitasnya dengan native - berkuliah di S2 & S3 luar)

kalo di iBT ini diistilahkan LOW dan dikomentari seperti ini:
Listening
Test takers who receive a score at the LOW level, as you did, typically understand the main idea and some important details of conversations. However, test takers at the low level may have difficulty understanding lecturers and conversations in English that involve abstract or complex ideas and recognizing the relationship between those ideas. Test takers at this level also may not understand sections of lectures and conversations that contain difficult vocabulary or complex grammatical structures.

Reading
Test takers who receive a score at the LOW level, as you did, typically understand some of the information presented in English that require a wide range of reading abilities, but their understanding is limited.

460 itu artinya pada saat tes kemungkinan besar kamu berhasil menjawab benar 27 dari 50 soal Listening, 27 dari 40 soal Structure dan 27 dari 50 soal reading.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekarang tergantung, apakah anda ini di jenjang SMP, SMA, S1, atau S2? baru bisa dijelaskan lebih lanjut apakah pencapaian 460 ini bagus atau kurang ditinjau dari segi usia.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau mau yang terbaik dari seluruh yg ada di Surabaya, saya rasa ke IALF Surabaya saja

Jalan Sumatera No. 49
Surabaya 60281
East Java

Tel. (62-31) 502-6400
Fax (62-31) 502-6408
ialfsby@ialf.edu

silakan ambil program General English for Adults (GEA 1-3) atau Study Prep (SP 1-7).
totalnya satu level 54 jam dalam 11 minggu.
kalo GEA 1 dan 2 guru lokal, GEA 3, biasanya bule.

kalau harganya tidak terjangkau dengan anda, silakan menghubungi ke Pusat Bahasa Airlangga 031-5029046, Pusat bahasa ITS 031-5990322, atau UNESA 0231-8294114, dan tanyakan program bahasa Inggris akademis yang tersedia.

Semoga membantu.

nasignas
28-03-2013, 01:57 PM
mending langsung ke kediri aja di pare...nah disana kan banyak kursusan..kualitasnya juga bagus kok dan harganya murah...biaya hidup juga murahhh...cobain aja

kalo ente d surabaya
ane pertama mikir mau ke kampung inggris itu bro, tapi ane pikir lagi ane kan mau msk kuliah, tar kalo disana repot sm urusan kuliah ini
ada tes kesehatan segala lah -___- akhirnya sih gjd buat rncana ke sna


Toefl PBT ya - 460 itu artinya kalau di kurikulum Cambridge ya A2.
Saya jelasin dulu arti 460.
320 - 380 = A1 (basic banget)
400 - 460 = A2 (basic aja)
480 - 560 = B1 (bisalah walau ga jago jago amat -SMA & S1 dalam negeri)
580 - 620 = B2 (bagus walau belum sempurna - S1 & S2 di luar mungkin)
640 - 660 = C1 (keren banget - S2 di luar bisa ini)
--------- = C2 (sudah sama kualitasnya dengan native - berkuliah di S2 & S3 luar)

kalo di iBT ini diistilahkan LOW dan dikomentari seperti ini:
Listening
Test takers who receive a score at the LOW level, as you did, typically understand the main idea and some important details of conversations. However, test takers at the low level may have difficulty understanding lecturers and conversations in English that involve abstract or complex ideas and recognizing the relationship between those ideas. Test takers at this level also may not understand sections of lectures and conversations that contain difficult vocabulary or complex grammatical structures.

Reading
Test takers who receive a score at the LOW level, as you did, typically understand some of the information presented in English that require a wide range of reading abilities, but their understanding is limited.

460 itu artinya pada saat tes kemungkinan besar kamu berhasil menjawab benar 27 dari 50 soal Listening, 27 dari 40 soal Structure dan 27 dari 50 soal reading.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekarang tergantung, apakah anda ini di jenjang SMP, SMA, S1, atau S2? baru bisa dijelaskan lebih lanjut apakah pencapaian 460 ini bagus atau kurang ditinjau dari segi usia.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalau mau yang terbaik dari seluruh yg ada di Surabaya, saya rasa ke IALF Surabaya saja

Jalan Sumatera No. 49
Surabaya 60281
East Java

Tel. (62-31) 502-6400
Fax (62-31) 502-6408
ialfsby@ialf.edu

silakan ambil program General English for Adults (GEA 1-3) atau Study Prep (SP 1-7).
totalnya satu level 54 jam dalam 11 minggu.
kalo GEA 1 dan 2 guru lokal, GEA 3, biasanya bule.

kalau harganya tidak terjangkau dengan anda, silakan menghubungi ke Pusat Bahasa Airlangga 031-5029046, Pusat bahasa ITS 031-5990322, atau UNESA 0231-8294114, dan tanyakan program bahasa Inggris akademis yang tersedia.

Semoga membantu.

wahhh mantep banget broo penjelasannya :D
ane skrg SMA pengen belajar inggris buat kedepannya sih :) kalo 460 buat anak SMA gmn mnrut ente??

silakan ambil program General English for Adults (GEA 1-3) atau Study Prep (SP 1-7).
totalnya satu level 54 jam dalam 11 minggu.
kalo GEA 1 dan 2 guru lokal, GEA 3, biasanya bule.
ane mw tny bro
1. itu biayanya brp kisaran??
2. menurut ente mending ambil guru lokal ato guru bule??
3. kalo yg GEA itu kan buat org dewasa broo? ane baru aja SMA -__- bedanya apa? kalo yg study prep itu buat yg mw kuliah di luar negeri kah???
kalo buat anak SMA yg masih awam inggrisnya mending ambil yg mana???
4. ane pnah liat di jalanan ke arah gedung DBL surabaya, ada les"an yg buka 3 bulan lancar katanya (ada di balihonya) di gedung graha pena kalo ga sala
menurut ente kalo yang gitu gimana???

lrk
28-03-2013, 07:37 PM
ane pertama mikir mau ke kampung inggris itu bro, tapi ane pikir lagi ane kan mau msk kuliah, tar kalo disana repot sm urusan kuliah ini
ada tes kesehatan segala lah -___- akhirnya sih gjd buat rncana ke sna



wahhh mantep banget broo penjelasannya :D
ane skrg SMA pengen belajar inggris buat kedepannya sih :) kalo 460 buat anak SMA gmn mnrut ente??

ane mw tny bro
1. itu biayanya brp kisaran??
2. menurut ente mending ambil guru lokal ato guru bule??
3. kalo yg GEA itu kan buat org dewasa broo? ane baru aja SMA -__- bedanya apa? kalo yg study prep itu buat yg mw kuliah di luar negeri kah???
kalo buat anak SMA yg masih awam inggrisnya mending ambil yg mana???
4. ane pnah liat di jalanan ke arah gedung DBL surabaya, ada les"an yg buka 3 bulan lancar katanya (ada di balihonya) di gedung graha pena kalo ga sala
menurut ente kalo yang gitu gimana???
Kisarannya saya tidak tau, silakan ditelpon langsung. Kualitasnya saya tahu, karena itu lembaga buatan Australia. Waktu tes IELTS tahun 2010 saya ambil di IALF Jakarta di Rasuna Said n fasilitasnya memang spektakuler serasa kuliah di luar negeri, dan instrukturnya jelas profesional (punya sertifikasi mengajar standar luar negeri dgn bayaran sbg tnaga pengajar minimum 12 juta per bulan).

Guru lokal atau guru bule, itu nanti tergantung dari placement test anda saya rasa, kalau anda bagus nilai placement test, bisa jadi masuk GEA 2 atau malah diatasnya. Jadi bukan pilih guru ya. Guru Indo sama Guru Bule ngajarnya murni English only koq, setau saya begitu.
Study Prep itu GEA tingkat lanjut dan mulai belajar kosakata akademis, ya sama lah sama EAP (English for Academic Purpose) kalo mau mulai kul di luar. Bukan ambil yang mana ... Anda pasti di beri placement test dulu nanti baru dr hasil nilai yang anda pilih ditentukan level belajar yang cocok ya.

Kalau mau kursus di tempat yang jual janji bombastis silakan saja, saya tidak merekomendasikan. Di Palembang banyak yang kaya gitu dan isinya bullshit semua, karakteristiknya biasanya ada kata-kata satu pengajar satu siswa, kelas fleksibel, anda bisa menentukan jadwal dengan mudah, pengajaran yang mengutamakan pada kelancaran speaking, lupakan grammar, kami membuat anda berbicara, pengajar native untuk menumbuhkan rasa percaya diri anda, tiga bulan lancar ... lancar untuk beli bakso dalam bahasa Inggris buat apa, mending dua tahun tapi lancar untuk berkuliah di Monash atau Melbourne Uni nah itu ketauan ...

Balik ke soal TOEFL, sebenarnya jatuhnya 460 itu kalau diliat dari agan SMA itu cukup standar, menurut statistik rata-rata orang Indonesia yang ambil TOEFL itu skornya 529, biasanya kalau mau daftar S2 atau mau lulus S1 ada beberapa Uni di Indo mensyaratkan nilai toefl 550. Dari segi karakteristik pelajaran skor 550 dalam TOEFL PBT itu bisa diraih dalam hitungan sekitar 150-200 jam belajar. Kalau belajar per minggu 4 jam maka 50 minggu (1 tahun) mestinya bisa dapat itu skor, dari belum pernah pegang TOEFL sekalipun. Kenapa bisa, ya karena struktur soal ujiannya relatif sederhana dan mudah ditebak. Dan itu juga kenapa TOEFL sekarang diganti jadi iBT karena sudah kurang relevan lagi PBT digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dengan standar evaluasi dan teori pendidikan bahasa yang ada sekarang.

nasignas
28-03-2013, 10:14 PM
Kisarannya saya tidak tau, silakan ditelpon langsung. Kualitasnya saya tahu, karena itu lembaga buatan Australia. Waktu tes IELTS tahun 2010 saya ambil di IALF Jakarta di Rasuna Said n fasilitasnya memang spektakuler serasa kuliah di luar negeri, dan instrukturnya jelas profesional (punya sertifikasi mengajar standar luar negeri dgn bayaran sbg tnaga pengajar minimum 12 juta per bulan).

Guru lokal atau guru bule, itu nanti tergantung dari placement test anda saya rasa, kalau anda bagus nilai placement test, bisa jadi masuk GEA 2 atau malah diatasnya. Jadi bukan pilih guru ya. Guru Indo sama Guru Bule ngajarnya murni English only koq, setau saya begitu.
Study Prep itu GEA tingkat lanjut dan mulai belajar kosakata akademis, ya sama lah sama EAP (English for Academic Purpose) kalo mau mulai kul di luar. Bukan ambil yang mana ... Anda pasti di beri placement test dulu nanti baru dr hasil nilai yang anda pilih ditentukan level belajar yang cocok ya.

Kalau mau kursus di tempat yang jual janji bombastis silakan saja, saya tidak merekomendasikan. Di Palembang banyak yang kaya gitu dan isinya bullshit semua, karakteristiknya biasanya ada kata-kata satu pengajar satu siswa, kelas fleksibel, anda bisa menentukan jadwal dengan mudah, pengajaran yang mengutamakan pada kelancaran speaking, lupakan grammar, kami membuat anda berbicara, pengajar native untuk menumbuhkan rasa percaya diri anda, tiga bulan lancar ... lancar untuk beli bakso dalam bahasa Inggris buat apa, mending dua tahun tapi lancar untuk berkuliah di Monash atau Melbourne Uni nah itu ketauan ...

Balik ke soal TOEFL, sebenarnya jatuhnya 460 itu kalau diliat dari agan SMA itu cukup standar, menurut statistik rata-rata orang Indonesia yang ambil TOEFL itu skornya 529, biasanya kalau mau daftar S2 atau mau lulus S1 ada beberapa Uni di Indo mensyaratkan nilai toefl 550. Dari segi karakteristik pelajaran skor 550 dalam TOEFL PBT itu bisa diraih dalam hitungan sekitar 150-200 jam belajar. Kalau belajar per minggu 4 jam maka 50 minggu (1 tahun) mestinya bisa dapat itu skor, dari belum pernah pegang TOEFL sekalipun. Kenapa bisa, ya karena struktur soal ujiannya relatif sederhana dan mudah ditebak. Dan itu juga kenapa TOEFL sekarang diganti jadi iBT karena sudah kurang relevan lagi PBT digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dengan standar evaluasi dan teori pendidikan bahasa yang ada sekarang.
mmmmmm yayayaya ternyata ada placement test juga.....
wktu ente ambil tes IELTS di jakarta sana kena biaya brp???
kalo gitu emang bagus banget IALF kayanya (kalo dibandingin sm yg lain semisal EF ato KELT gmna?? cuma pengen tau aja, no offense y :) ), tp jadi takut sama biayanya -__- pake biaya sndiri kmungkinan soalnya
itu anda bilang 54 jam 11 minggu brarti kemungkinan sampe 2-3 bulanan??

lrk
29-03-2013, 06:55 AM
mmmmmm yayayaya ternyata ada placement test juga.....
wktu ente ambil tes IELTS di jakarta sana kena biaya brp???
kalo gitu emang bagus banget IALF kayanya (kalo dibandingin sm yg lain semisal EF ato KELT gmna?? cuma pengen tau aja, no offense y :) ), tp jadi takut sama biayanya -__- pake biaya sndiri kmungkinan soalnya
itu anda bilang 54 jam 11 minggu brarti kemungkinan sampe 2-3 bulanan??
Kalau tes IELTS ya dimana - mana sama harganya, selagi masih di Jakarta, yaitu 195 US Dollar.
Kalau di luar Jakarta, kemungkinan ada biaya rental/impor examiner dari Jakarta + biaya mesin sidik jari dll bisa bengkak jadi 2,2 atau 2,3 juta.

Kalau dibandingkan dengan EF ya, saya ga berada dalam posisi yang pas untuk membandingkan, karena saya di EF lama sebagai pengajar aktif sedang di IALF saya cuma sebagai peserta tes saja. KELT saya ga tau apa itu KELT. Utk pengajar lokal di EF biasa salarynya 3 juta selama 1 tahun pertama. Naik tiga ratus ribu tiap satu atau dua tahun.

ada baiknya anda baca penjelasan saya tentang apa yang harus diketahui sebelum memutuskan bergabung dengan suatu kursus bahasa Inggris di posting #540 di http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=133974&page=54

Tidak ada satu program belajar bahasa yang bisa diklaim terbaik. Mengapa? Karena pendidikan terlebih bahasa membutuhkan tiga input a. pengajar
b. siswa
c. fasilitas
Di kursus bahasa Inggris yg murmer (murah meriah) sekalipun, tidak menutup kemungkinan terjadinya pembelajaran bahasa yang baik selagi si siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, berambisi sukses menguasai bahasa tersebut, dan memiliki waktu luang yang cukup, pengajarnya antusias membuat muridnya pintar, dan fasilitas yang cukup (buku, radio luar negeri, tv, komp dll). Dan sebaliknya.

Bahkan di zaman internet seperti ini, bahasa Inggris dapat dipelajari secara otodidak secara lebih baik dari sebelumnya. Set bahasa Inggris standar dari Marcella Frank, Murphy, Azar, Hewings, dll bisa dijadikan santapan awal. Lalu dipadu dengan rutin mendengarkan podcast bbc dan radio luar ternama lainnya serta membaca tulisan - tulisan berita harian di media besar seperti Newsweek, The Economist, Huffington Post, NYTimes, Jakarta Post, Forbes, Jakarta Globe, Theonion, Reader's Digest dan BBC tentunya. Kebiasaan lain yang sangat baik adalah kebiasaan menonton drama serial berbahasa Inggris: the wire, breaking bad, sherlock, the sopranos, dexter, seinfeld, friends, downton abbey, six feet under, walking dead, simpsons, house md, homeland, big bang theory, it crowd, extras, himym dll.

Dengan demikian, anda tinggal membentuk speaking club dengan org-org yang sevisi dengan anda, atau gabung dengan conversation class yang biasanya ada di setiap tempat kursus hampir di semua kota besar di Indonesia. Cara ini kemungkinan jauh lebih hemat biaya.

nasignas
29-03-2013, 11:14 PM
Kalau tes IELTS ya dimana - mana sama harganya, selagi masih di Jakarta, yaitu 195 US Dollar.
Kalau di luar Jakarta, kemungkinan ada biaya rental/impor examiner dari Jakarta + biaya mesin sidik jari dll bisa bengkak jadi 2,2 atau 2,3 juta.

Kalau dibandingkan dengan EF ya, saya ga berada dalam posisi yang pas untuk membandingkan, karena saya di EF lama sebagai pengajar aktif sedang di IALF saya cuma sebagai peserta tes saja. KELT saya ga tau apa itu KELT. Utk pengajar lokal di EF biasa salarynya 3 juta selama 1 tahun pertama. Naik tiga ratus ribu tiap satu atau dua tahun.

ada baiknya anda baca penjelasan saya tentang apa yang harus diketahui sebelum memutuskan bergabung dengan suatu kursus bahasa Inggris di posting #540 di http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=133974&page=54

Tidak ada satu program belajar bahasa yang bisa diklaim terbaik. Mengapa? Karena pendidikan terlebih bahasa membutuhkan tiga input a. pengajar
b. siswa
c. fasilitas
Di kursus bahasa Inggris yg murmer (murah meriah) sekalipun, tidak menutup kemungkinan terjadinya pembelajaran bahasa yang baik selagi si siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, berambisi sukses menguasai bahasa tersebut, dan memiliki waktu luang yang cukup, pengajarnya antusias membuat muridnya pintar, dan fasilitas yang cukup (buku, radio luar negeri, tv, komp dll). Dan sebaliknya.

Bahkan di zaman internet seperti ini, bahasa Inggris dapat dipelajari secara otodidak secara lebih baik dari sebelumnya. Set bahasa Inggris standar dari Marcella Frank, Murphy, Azar, Hewings, dll bisa dijadikan santapan awal. Lalu dipadu dengan rutin mendengarkan podcast bbc dan radio luar ternama lainnya serta membaca tulisan - tulisan berita harian di media besar seperti Newsweek, The Economist, Huffington Post, NYTimes, Jakarta Post, Forbes, Jakarta Globe, Theonion, Reader's Digest dan BBC tentunya. Kebiasaan lain yang sangat baik adalah kebiasaan menonton drama serial berbahasa Inggris: the wire, breaking bad, sherlock, the sopranos, dexter, seinfeld, friends, downton abbey, six feet under, walking dead, simpsons, house md, homeland, big bang theory, it crowd, extras, himym dll.

Dengan demikian, anda tinggal membentuk speaking club dengan org-org yang sevisi dengan anda, atau gabung dengan conversation class yang biasanya ada di setiap tempat kursus hampir di semua kota besar di Indonesia. Cara ini kemungkinan jauh lebih hemat biaya.

wah kata" ente bener" jadi inspirasi buat ane bro :) thankss
ane jd lebih pingin blajar bhs inggris scr otodidak nih :D, sehubungan dgn papa ane yg ga s7 kalo pendidikan itu mahal hahhaha
buset test IELTS aja sampe berjeti" gitu, emang dpt apa aja gan dr testnya??? slaen sertifikat pstinya :)
"Set bahasa Inggris standar dari Marcella Frank, Murphy, Azar, Hewings, dll bisa dijadikan santapan awal." yg ane kasih tanda kutip nih mksdnya apa y broo? ane kurang ngerti, semacem buku panduan gitu y?? ane ada yg dari longman wrna biru kalo ga salah (masih jarang di isi juga sih -_-)
mm ane mw tny lagi, jd intinya kalo mw bisa inggris, slaen sering" denger musik + film bhs inggris msti ngapain lgi???? ane udah nglakuin 2 hal itu terutama yg film (tp kadang jd kaga nyambung ane nonton filmnya wkwkkw, kalo lagu msih susah banget listeningnya soalnya ngmgnya udah cepet kaga jelas lagi zzz masih mending org luar yg ngmg masih agak jelas wktu listening section pas test TOEFL). Ane juga pernah dapet tugas dr guru suru buat summarize dr newsitem dr jakarta post. Asli susah ngerti arti kalimatnya. Ini ane yg kadang heran, ngerti arti bahasa indonya per kata tp kalo suru ngartiin ke indo 1 kalimat gitu masih suka bingung, gmna??

lrk
30-03-2013, 01:39 AM
wah kata" ente bener" jadi inspirasi buat ane bro :) thankss
ane jd lebih pingin blajar bhs inggris scr otodidak nih :D, sehubungan dgn papa ane yg ga s7 kalo pendidikan itu mahal hahhaha
buset test IELTS aja sampe berjeti" gitu, emang dpt apa aja gan dr testnya??? slaen sertifikat pstinya :)
"Set bahasa Inggris standar dari Marcella Frank, Murphy, Azar, Hewings, dll bisa dijadikan santapan awal." yg ane kasih tanda kutip nih mksdnya apa y broo? ane kurang ngerti, semacem buku panduan gitu y?? ane ada yg dari longman wrna biru kalo ga salah (masih jarang di isi juga sih -_-)
mm ane mw tny lagi, jd intinya kalo mw bisa inggris, slaen sering" denger musik + film bhs inggris msti ngapain lgi???? ane udah nglakuin 2 hal itu terutama yg film (tp kadang jd kaga nyambung ane nonton filmnya wkwkkw, kalo lagu msih susah banget listeningnya soalnya ngmgnya udah cepet kaga jelas lagi zzz masih mending org luar yg ngmg masih agak jelas wktu listening section pas test TOEFL). Ane juga pernah dapet tugas dr guru suru buat summarize dr newsitem dr jakarta post. Asli susah ngerti arti kalimatnya. Ini ane yg kadang heran, ngerti arti bahasa indonya per kata tp kalo suru ngartiin ke indo 1 kalimat gitu masih suka bingung, gmna??

Jadi pertanyaan nya adalah:
1. Dapat apa saja dari tes IELTS?
2. Penjelasan mengenai set bahasa Inggris standar.
3. Mesti apa lagi?
4. Bagaimana belajar menerjemahkan.

Berhubung ini sebenarnya dibuka oleh TS iya_an sebagai thread tentang IELTS mestinya jawaban-jawaban pertanyaan yang 2,3, dan 4 diposting di thread Learn English. Saya taro disini saja dulu, biar nasignas ga bingung, nanti biar chain94 atau Iyaan yang memindahkan porsi obrolan yang mungkin keluar jalur.

1. Dapat apa saja dari tes IELTS?
Tes IELTS dengan harga 2 juta rupiah (Sama saja iBT juga segituan) - bagi sebagian kalangan kandidat di Indonesia - masih tergolong mahal. Dengan demikian ada baiknya agar tes internasional baik IELTS ataupun iBT hanya diambil setelah kandidat merasa benar-benar yakin bahwa mereka akan mendapat nilai yang menjadi target mereka. Dari segi akademis, idealnya adalah si kandidat tersebut telah mengambil simulasi terkini sebanyak 4 kali dengan nilai yang mendekati target. Kendala khas org Indonesia adalah baru kenalan dengan format tes sekitar 4 - 5 bulan sebelum tes. Alhasil persiapannya jadi uber-uberan. Mending kalo kandidat ga sibuk, biasanya kandidat punya kesibukan yang luarr biasa.

Yang jelas akan anda dapatkan dari "membakar" uang 2 juta-an untuk sebuah tes internasional adalah, 1. Ketegangan mengikuti ujian internasional, apalagi kalau uang tesnya hasil nabung uang jajan selama 5 bulan, pasti detak jantung berdebar keras, beda sama yang tinggal gesek kartu kredit papi.

2. Rasa puas bila target anda tercapai karena anda bisa langsung melenggang ke universitas luar negeri favorit anda, tanpa harus berlama-lama menjalani kursus bahasa (ELICOS) di uni yang bersangkutan. ELICOS di Aussie / Sing'pore bisa memakan dana 4 juta rupiah per minggu lho dan biasanya anak Indo yang bandnya kurang satu atau setengah band harus ELICOS sekitar 6 hingga 8 minggu. 4 juta seminggu baru bayar kursusnya, belum tentu keterima pula masih harus tes IELTS lagi, walaupun ada beberapa uni yang mata duitan anak muridnya langsung dilulusin kalau sudah ELICOS sama dia. Bagi sebagian orang yang ga mungkin punya dana buat ELICOS ya artinya jadwal beasiswanya jadi mundur atau malah ga jadi berangkat dan baru bisa ikutan beasiswa lg tahun depan.

3. Wawancara + Diskusi 14 menitan sama bule. Buat yang sama sekali belum pernah speak-speak sama native speaker ini bisa jadi pengalaman pertama yang mendebarkan.

a. Set bahasa Inggris standar, buku standar belajar bahasa Inggris untuk non-native. Bisa download kan? buka filecrop.com ketik Basic English Grammar atau English Grammar in Use atau buku apapun dengan keyword English Grammar sudah lebih cukup untuk start awal. Konsumsi / Khatamkan dua sampai tiga buku. Ada bagian yang stuck tanya ke thread learn English.

b. film jangan yang berat-berat. Mulai dari Friends, HIMYM, New Girl, 2 broke girls juga boleh .. yang ngomongnya rada pelan dan vocabnya ga begitu njelimet. Karena filmnya asik, lama-lama juga nyantol sendiri, paling lama satu season (20 episod) juga udah ngerti semua (ada peningkatan) mereka pada ngomong apaan. Walking Dead nah itu ga banyak ngomong, sekalinya ngomong rusuh, soalnya yg keluar zombie.

c. di seluruh listening mau itu di TOEFL atau di IELTS itu semua udah dipelanin ngomongnya, karena itu exam buat non native. Kalau mau listening cepet ada peningkatan cari podcast berita bbc yang udah ada scriptnya buat jaga-jaga kalau ada berita yang sama sekali ga masuk pas didengerin bolak-balik. Itu speed pembaca beritanya ngomong, menegangkan.... kalau sudah terbiasa sama berita BBC pas ikut tes ntar nyengar-nyengir sendiri saking kerasa gampangnya.

d. Menerjemahkan itu seni dan hasil dari latihan yang membutuhkan jam terbang tinggi untuk bisa jadi lumayan bagus. Makanya bayar penerjemah mahal. Dua bahasa harus bagus, bahasa Indonesia ga boleh belepotan, bahasa Inggris harus rajin ketik-ketik di kamus elektronik cari tau arti kata baru. Mengalihkan bahasa kalau ditulis memang sulit, tapi bukan artinya ga bisa dilatih. Di sastra Inggris ada mata kuliah terjemahan. Siswa disuruh nerjemahin satu dua artikel dari koran.. tau dibaca tau enggak ama dosennya, tau-tau keluar nilai .. Kalau udah bisa cari duit dari nerjemahin, hmm lezaat ..

thanks juga sama-sama.

Iya_an
30-03-2013, 02:43 AM
Berhubung ini sebenarnya dibuka oleh TS iya_an sebagai thread tentang IELTS mestinya jawaban-jawaban pertanyaan yang 2,3, dan 4 diposting di thread Learn English. Saya taro disini saja dulu, biar nasignas ga bingung, nanti biar chain94 atau Iyaan yang memindahkan porsi obrolan yang mungkin keluar jalur.

kalo menurutku sih kayaknya gpp gan, lagipula masih dalam ruang lingkup dan penjelasan lebih dalam mengenai IELTS dkk.

Gak tau nanti menurut kebijaksanaan Mod setempat :maaf:

good Share malah bisa ngebantu orang bertanya kok, :xiexie:

nasignas
30-03-2013, 08:09 AM
Jadi pertanyaan nya adalah:
1. Dapat apa saja dari tes IELTS?
2. Penjelasan mengenai set bahasa Inggris standar.
3. Mesti apa lagi?
4. Bagaimana belajar menerjemahkan.

Berhubung ini sebenarnya dibuka oleh TS iya_an sebagai thread tentang IELTS mestinya jawaban-jawaban pertanyaan yang 2,3, dan 4 diposting di thread Learn English. Saya taro disini saja dulu, biar nasignas ga bingung, nanti biar chain94 atau Iyaan yang memindahkan porsi obrolan yang mungkin keluar jalur.

1. Dapat apa saja dari tes IELTS?
Tes IELTS dengan harga 2 juta rupiah (Sama saja iBT juga segituan) - bagi sebagian kalangan kandidat di Indonesia - masih tergolong mahal. Dengan demikian ada baiknya agar tes internasional baik IELTS ataupun iBT hanya diambil setelah kandidat merasa benar-benar yakin bahwa mereka akan mendapat nilai yang menjadi target mereka. Dari segi akademis, idealnya adalah si kandidat tersebut telah mengambil simulasi terkini sebanyak 4 kali dengan nilai yang mendekati target. Kendala khas org Indonesia adalah baru kenalan dengan format tes sekitar 4 - 5 bulan sebelum tes. Alhasil persiapannya jadi uber-uberan. Mending kalo kandidat ga sibuk, biasanya kandidat punya kesibukan yang luarr biasa.

Yang jelas akan anda dapatkan dari "membakar" uang 2 juta-an untuk sebuah tes internasional adalah, 1. Ketegangan mengikuti ujian internasional, apalagi kalau uang tesnya hasil nabung uang jajan selama 5 bulan, pasti detak jantung berdebar keras, beda sama yang tinggal gesek kartu kredit papi.

2. Rasa puas bila target anda tercapai karena anda bisa langsung melenggang ke universitas luar negeri favorit anda, tanpa harus berlama-lama menjalani kursus bahasa (ELICOS) di uni yang bersangkutan. ELICOS di Aussie / Sing'pore bisa memakan dana 4 juta rupiah per minggu lho dan biasanya anak Indo yang bandnya kurang satu atau setengah band harus ELICOS sekitar 6 hingga 8 minggu. 4 juta seminggu baru bayar kursusnya, belum tentu keterima pula masih harus tes IELTS lagi, walaupun ada beberapa uni yang mata duitan anak muridnya langsung dilulusin kalau sudah ELICOS sama dia. Bagi sebagian orang yang ga mungkin punya dana buat ELICOS ya artinya jadwal beasiswanya jadi mundur atau malah ga jadi berangkat dan baru bisa ikutan beasiswa lg tahun depan.

3. Wawancara + Diskusi 14 menitan sama bule. Buat yang sama sekali belum pernah speak-speak sama native speaker ini bisa jadi pengalaman pertama yang mendebarkan.

a. Set bahasa Inggris standar, buku standar belajar bahasa Inggris untuk non-native. Bisa download kan? buka filecrop.com ketik Basic English Grammar atau English Grammar in Use atau buku apapun dengan keyword English Grammar sudah lebih cukup untuk start awal. Konsumsi / Khatamkan dua sampai tiga buku. Ada bagian yang stuck tanya ke thread learn English.

b. film jangan yang berat-berat. Mulai dari Friends, HIMYM, New Girl, 2 broke girls juga boleh .. yang ngomongnya rada pelan dan vocabnya ga begitu njelimet. Karena filmnya asik, lama-lama juga nyantol sendiri, paling lama satu season (20 episod) juga udah ngerti semua (ada peningkatan) mereka pada ngomong apaan. Walking Dead nah itu ga banyak ngomong, sekalinya ngomong rusuh, soalnya yg keluar zombie.

c. di seluruh listening mau itu di TOEFL atau di IELTS itu semua udah dipelanin ngomongnya, karena itu exam buat non native. Kalau mau listening cepet ada peningkatan cari podcast berita bbc yang udah ada scriptnya buat jaga-jaga kalau ada berita yang sama sekali ga masuk pas didengerin bolak-balik. Itu speed pembaca beritanya ngomong, menegangkan.... kalau sudah terbiasa sama berita BBC pas ikut tes ntar nyengar-nyengir sendiri saking kerasa gampangnya.

d. Menerjemahkan itu seni dan hasil dari latihan yang membutuhkan jam terbang tinggi untuk bisa jadi lumayan bagus. Makanya bayar penerjemah mahal. Dua bahasa harus bagus, bahasa Indonesia ga boleh belepotan, bahasa Inggris harus rajin ketik-ketik di kamus elektronik cari tau arti kata baru. Mengalihkan bahasa kalau ditulis memang sulit, tapi bukan artinya ga bisa dilatih. Di sastra Inggris ada mata kuliah terjemahan. Siswa disuruh nerjemahin satu dua artikel dari koran.. tau dibaca tau enggak ama dosennya, tau-tau keluar nilai .. Kalau udah bisa cari duit dari nerjemahin, hmm lezaat ..

thanks juga sama-sama.

okee bro lrk
tar abis ujian ane coba saran ente :)) moga" berhasil
thankyou"
accept friend request ane broo

nonokomeng
04-04-2013, 07:48 PM
bedanya TOIEC sama WJEPT apa yan gan ?

soalnya di sekolah pernah ada tes WJEPT jadi mau tau buat apaan itu haha

lrk
05-04-2013, 11:41 AM
bedanya TOIEC sama WJEPT apa yan gan ?

soalnya di sekolah pernah ada tes WJEPT jadi mau tau buat apaan itu haha

kalo anda dapat 'asupan gizi' berupa WJEPT maka setidaknya kita bisa tau lokasi anda sekarang dimana. Hehe.
WJEPT dari namanya dapat kita ketahui West Java English Proficiency Test - Tes Kecakapan Bahasa Inggris (untuk) Jawa Barat.
Tes ini adalah upaya dari tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris se-Jawa Barat untuk memudahkan / seleksi awal siapa-siapa saja siswa SMK/guru SMK yang akan diikutsertakan mengambil tes TOEIC yang asli / orisinal / keluaran ITC Indonesia sebagai perpanjangan tangan dari ETS.

Nah, seperti kita ketahui bahwa tes TOEIC itu muahal lumayan, tapi masih terhitung murah bila dibanding dgn iBT / IELTS. Jelas dari segi peruntukkan tidak bisa dibandingkan karena TOEIC untuk dunia kerja dan IELTS / iBT untuk berkuliah di luar negeri.

TOEIC setau saya harga terbarunya adalah:
1. NEW (Redesign) TOEIC - 500.000 rupiah
2. TOEIC Bridge (Short TOEIC) - 350.000 rupiah
3. TOEIC Speaking & Writing - 950.000 rupiah
4. TOEIC Speaking - 750.000 rupiah

biasanya yang akan diikuti oleh anak SMK kalo ga yang nomer 1 ya nomer 2.

Perbedaan dari segi konten antara TOEIC Bridge, TOEIC dan WJEPT:
1. WJEPT terdiri atas 100 item listening dibaca 2 kali dan 50 item reading dengan waktu 2 jam.
2. TOEIC = Listening 45 menit - 100 soal, Reading 75 menit - 100 soal.
3. TOEIC Bridge = Listening 50 soal - 25 menit, Reading 50 soal - 35 menit

Kalau nonokomeng, lulus WJEPT dan dapat nilai terbaik diantara 100 peserta lainnya nanti akan dipilih untuk ikut TOEIC asli dan itu juga kalau ada dananya cair dari DIKNAS Jabar.

Inti punya inti, jelas WJEPT ini diadakan dgn purpose untuk saringan awal siapa-siapa yang pantas mendapat alokasi dana ikutan TOEIC.
Kalau semua siswa SMK diikutsertakan bisa jebol kantong yang mbayarin, kecuali kalau dananya ditanggung siswa.

Yah, proyek-proyek gini walaupun ujung-ujungnya duit, tetap saja yang ketawa-ketiwi pada akhirnya ETS (ITC) sebagai penyelenggara tes.
Cilacap - 397 peserta tes x 500k =?
DKI Jakarta - 10.000 peserta tes x 500k =?

ga tau kalo ada 'golden handshake' antara pejabat diknas dgn penyelenggara tes yah .. kita tak boleh berburuk sangka.
Kenapa saya bisa cerita panjang lebar begini? Ya, soalnya saya ngajar TOEIC sudah lumayan lama dari 2008 akhir .. kaya sekarang aja jualan orang-orang itu makin macem - macem segala TOEFL Junior(11-15 tahun) lah .. yang sebenarnya juga dilahirkan buat nyaingin PET dan FCE jualannya Cambridge .. Begitulah industri bahasa dan segala lika-likunya.

SFU11
05-04-2013, 12:43 PM
mau tanya,

1. kalo buat lulusan S1, biasanya yg dipake buat ngelamar kerja pake TOIEC yg mana ya?

2. yang saya tahu TOEFL itu buat daftar beasiswa, dan TOEIC itu buat ngelamar kerja.. bener ga?

3. trus ada jg yg requirement kerja pake nilai TOEFL, dan saya lihat kebanyakan masih pBT, kira2 tempat kita melakukan test di lihat jg ga yah?

lrk
05-04-2013, 01:52 PM
mau tanya,

1. kalo buat lulusan S1, biasanya yg dipake buat ngelamar kerja pake TOIEC yg mana ya?

2. yang saya tahu TOEFL itu buat daftar beasiswa, dan TOEIC itu buat ngelamar kerja.. bener ga?

3. trus ada jg yg requirement kerja pake nilai TOEFL, dan saya lihat kebanyakan masih pBT, kira2 tempat kita melakukan test di lihat jg ga yah?

1. Yang No 1, dulu (2010) 260.000 sekarang 500.000

2. Betul sekali. Tepatnya TOEIC lebih untuk dunia bisnis, TOEFL untuk kemampuan kuliah / bahasa secara umum.

3. Tidak masalah test dimana karena bentuk sertifikatnya sama. Yang penting jangan tes di tempat kursus macam LIA, LPIA dan sebagainya. Itu cuma toefl-like atau mock test.

http://www.iief.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=141&Itemid=313&lang=en

http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/04/03/5200047_20130403105035.jpg

acher3
12-04-2013, 01:22 PM
SAT biasanya diambil buat masuk universitas di amerika, kalau di eropa kurang tau dah, orang amerika suka membanggakan nilai SATnya emang karena susah tesnya

annisasafanta1
22-04-2013, 10:19 AM
kakak, aku mau tanya dong... kalo IELTS itu harus ikut preparation class dulu gak ya?
aku mau ambil S2 nih kak :(

chain94
22-04-2013, 08:50 PM
kakak, aku mau tanya dong... kalo IELTS itu harus ikut preparation class dulu gak ya?
aku mau ambil S2 nih kak :(

Kalo temen saya dulisih gak.
Langsung tes aja kalo dah yakin ama skill bahasa inggris mba. :hehe:

annisasafanta1
23-04-2013, 12:03 PM
Kalo temen saya dulisih gak.
Langsung tes aja kalo dah yakin ama skill bahasa inggris mba. :hehe:

Nah... good point you got there.
aku itu dulunya SMA dibiasain toefl, jadi takutnya malah gak bisa IELTS...:bloon:
emang sih skill english yang dibutuhin, tapi poin penilaiannya beda kan :iii:

chain94
23-04-2013, 05:46 PM
Nah... good point you got there.
aku itu dulunya SMA dibiasain toefl, jadi takutnya malah gak bisa IELTS...:bloon:
emang sih skill english yang dibutuhin, tapi poin penilaiannya beda kan :iii:

mgkn sebagai gambaran buat mba.
temen saya sempet cerita tes ielts itu gimana.
seperti yg kita tahu, ielts itu tesnya speaking, listening, writing, reading.

reading itu seperti biasa, dikasih teks, tinggal jawab pertanyaan. tipenya isian singkat.
writing itu dulu sempet dikasihtahu temanya. kalo ga salah, ttg liburan di eropa. karna ga pernah ke sana, dia cuma ngarang aja sembarang.
listening ya seperti listening biasa.
kalo speaking, ini langsung sama bulenya. tar dia mancing2 kita untuk cerita. temen saya pernah ditanya pas sma ambil jurusan apa. dia bilang ipa, terus ditanya ttg istilah ipa. terus dia bilang ga tahu. nanti si bule langsung buka topik baru, misalnya kayak "oh gitu, kalo kuliah ambil jurusan apa, terus ceritain yang kamu tahu ttg jurusan itu." jadi, ga ada kata salah di bagian ini.
dulu teman saya sih dapat band 5.5. padahal dia pengennya band 6. :haha:
kalo ga salah, dia tes lagi dan kali ini dapat band 6. :P

poin penilaiannya mgkn kurang lebih sama, cuma mgkn standarnya aja yg agak tinggi dari toefl. :P

annisasafanta1
23-04-2013, 05:57 PM
mgkn sebagai gambaran buat mba.
temen saya sempet cerita tes ielts itu gimana.
seperti yg kita tahu, ielts itu tesnya speaking, listening, writing, reading.

reading itu seperti biasa, dikasih teks, tinggal jawab pertanyaan. tipenya isian singkat.
writing itu dulu sempet dikasihtahu temanya. kalo ga salah, ttg liburan di eropa. karna ga pernah ke sana, dia cuma ngarang aja sembarang.
listening ya seperti listening biasa.
kalo speaking, ini langsung sama bulenya. tar dia mancing2 kita untuk cerita. temen saya pernah ditanya pas sma ambil jurusan apa. dia bilang ipa, terus ditanya ttg istilah ipa. terus dia bilang ga tahu. nanti si bule langsung buka topik baru, misalnya kayak "oh gitu, kalo kuliah ambil jurusan apa, terus ceritain yang kamu tahu ttg jurusan itu." jadi, ga ada kata salah di bagian ini.
dulu teman saya sih dapat band 5.5. padahal dia pengennya band 6. :haha:
kalo ga salah, dia tes lagi dan kali ini dapat band 6. :P

poin penilaiannya mgkn kurang lebih sama, cuma mgkn standarnya aja yg agak tinggi dari toefl. :P

Tanya dong... Dia testnya di mana?

chain94
23-04-2013, 06:22 PM
Tanya dong... Dia testnya di mana?

teman saya itu org malaysia, jadi dia tesnya di malaysia. :P

nasignas
25-04-2013, 11:18 AM
tanya lagi dong :)
ada info buku buat belajar inggris dari dasar gak yg bagus?? nih liburan panjang mau manfaatin buat belajar bahasa inggris :))
thankyou :)

chain94
25-04-2013, 08:47 PM
tanya lagi dong :)
ada info buku buat belajar inggris dari dasar gak yg bagus?? nih liburan panjang mau manfaatin buat belajar bahasa inggris :))
thankyou :)

Semoga jawaban ni membantu. :hmm:


a. Set bahasa Inggris standar, buku standar belajar bahasa Inggris untuk non-native. Bisa download kan? buka filecrop.com ketik Basic English Grammar atau English Grammar in Use atau buku apapun dengan keyword English Grammar sudah lebih cukup untuk start awal. Konsumsi / Khatamkan dua sampai tiga buku. Ada bagian yang stuck tanya ke thread learn English.

nasignas
29-04-2013, 05:30 AM
bro, ane punya buku ENGLISH GRAMMAR (3rd Edition) yang warna biru. Punya LONGMAN kalo ga sala
kan tuh buku ada penjelasan + exercisenya bro, nah di balik buku ada tulisan Answer Key, with answer only waktu ane cari kok ga ada y -__-
slese ane kerjain exercise ane bgg mw nyocokinnya gmna zzz

chain94
29-04-2013, 11:22 PM
bro, ane punya buku ENGLISH GRAMMAR (3rd Edition) yang warna biru. Punya LONGMAN kalo ga sala
kan tuh buku ada penjelasan + exercisenya bro, nah di balik buku ada tulisan Answer Key, with answer only waktu ane cari kok ga ada y -__-
slese ane kerjain exercise ane bgg mw nyocokinnya gmna zzz

kalo gitu mah, bukan di sini tempat nanya nya. :swt:

tanya sama yang jualan. :iii:

lrk
30-04-2013, 08:51 AM
bro, ane punya buku ENGLISH GRAMMAR (3rd Edition) yang warna biru. Punya LONGMAN kalo ga sala
kan tuh buku ada penjelasan + exercisenya bro, nah di balik buku ada tulisan Answer Key, with answer only waktu ane cari kok ga ada y -__-
slese ane kerjain exercise ane bgg mw nyocokinnya gmna zzz


kalo gitu mah, bukan di sini tempat nanya nya. :swt:

tanya sama yang jualan. :iii:
chain94 benar - tanyalah kepada yang jual hehehe ..
sebagai informasi bagi semua pihak yang ingin membeli buku - buku materi belajar bahasa Inggris
biasanya terdiri dari beberapa versi
ada course book
ada teacher's book
ada work book
ada student book (sama aja sama course book)
ada yang dilengkapi audio cd
ada yang tidak ada audio cd
dan ada pula yang memberi lembar dan kunci jawaban (paket otodidak)
dan ada pula yang tidak ada kunci jawaban

intuisi saya mengatakan yang dibicarakan si nasignas ini adalah buku / ebook yang versi tanpa kunci jawaban
ini biasa dibagikan oleh guru ke siswa - jatuhnya student book - tapi nanti jawabannya dikasih ke guru
atau akan ada penjelasan dari sang guru

karena nasignas tidak mencantumkan judul bukunya - saya hanya bisa menerka-nerka
mudah - mudahan ini yang dicari nasignas ... semoga membantu - http://www.mediafire.com/?agqg191le8y6ayc
Mei ini bulan paling sibuk siswa yang prepare mau ke luar negeri. Jadwal saya habis utk ngajar di real life jadi jarang main ke indowebster.
Silakan tanya di thread ini seputar IELTS / TOEFL / SAT / GMAT / iBT dan tes bahasa Inggris lainnya mudah-mudahan thread keren buatan bro Iya_an ini (yang senantiasa dikawal oleh mod chain94 juga) bisa menjadi sedikit pencerahan bagi kita dan semua anda sekalian yang hendak melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Selamat beraktivitas. Sukses selalu.

nasignas
01-05-2013, 07:44 AM
kalo gitu mah, bukan di sini tempat nanya nya. :swt:

tanya sama yang jualan. :iii:
-___-
sbnernya ane mau minta kunci sih gan hehehhehe, sori kalo salah nanya


chain94 benar - tanyalah kepada yang jual hehehe ..
sebagai informasi bagi semua pihak yang ingin membeli buku - buku materi belajar bahasa Inggris
biasanya terdiri dari beberapa versi
ada course book
ada teacher's book
ada work book
ada student book (sama aja sama course book)
ada yang dilengkapi audio cd
ada yang tidak ada audio cd
dan ada pula yang memberi lembar dan kunci jawaban (paket otodidak)
dan ada pula yang tidak ada kunci jawaban

intuisi saya mengatakan yang dibicarakan si nasignas ini adalah buku / ebook yang versi tanpa kunci jawaban
ini biasa dibagikan oleh guru ke siswa - jatuhnya student book - tapi nanti jawabannya dikasih ke guru
atau akan ada penjelasan dari sang guru

karena nasignas tidak mencantumkan judul bukunya - saya hanya bisa menerka-nerka
mudah - mudahan ini yang dicari nasignas ... semoga membantu - http://www.mediafire.com/?agqg191le8y6ayc
Mei ini bulan paling sibuk siswa yang prepare mau ke luar negeri. Jadwal saya habis utk ngajar di real life jadi jarang main ke indowebster.
Silakan tanya di thread ini seputar IELTS / TOEFL / SAT / GMAT / iBT dan tes bahasa Inggris lainnya mudah-mudahan thread keren buatan bro Iya_an ini (yang senantiasa dikawal oleh mod chain94 juga) bisa menjadi sedikit pencerahan bagi kita dan semua anda sekalian yang hendak melanjutkan pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Selamat beraktivitas. Sukses selalu.

MANTAP BRO, BENER BANGET YANG ENTE KASIH WKWKKW
seneng banget ane, btw ente ada ebook yang warna merah bro yang punya longman juga???
jadi covernya warna merah, judulnya "Basic English Grammar" for lower or beginning levels
ane mau belajar dari sana sih :), soalnya masih beginner juga wkwk
ane cari bukunya masih belom nemu" sampe skg, kebnyakn jual yang biru sm item smua

nasignas
02-05-2013, 09:08 PM
ini bro ane share gambar yang lagi ane cari :)

http://www.google.com/imgres?um=1&sa=N&hl=en&biw=1366&bih=643&tbm=isch&tbnid=8Fm4hY_T5QwjAM:&imgrefurl=http://english-phonics.blogspot.com/2010/09/azar-basic-english-grammar-3nd-edition.html&docid=QaI1intiFk4YBM&imgurl=http://3.bp.blogspot.com/-ABPJg4IW0yY/TVfLdpyP0rI/AAAAAAAAE24/XMTx_GVerEk/s1600/Azar%25252527s%25252BBasic%25252BEnglish%25252BGra mmar.jpg&w=388&h=500&ei=jXKCUeuQIsXIrQf71IDIBQ&zoom=1&iact=rc&dur=681&page=1&tbnh=190&tbnw=148&start=0&ndsp=21&ved=1t:429,r:3,s:0&tx=536&ty=272

lrk
02-05-2013, 10:33 PM
iya nih.. aneh juga pengen..
ingin apa? apakah bisa diperjelas maksudnya?


ini bro ane share gambar yang lagi ane cari :)
nasignas ...
untuk ebook kan sudah ada tempatnya sendiri ... jangan karena satu kali jadi berulang ,,, nanti jadi tendensi yang buruk bagi rekan-rekan lainnya ...
silakan kunjungi ini :
http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=378913&page=58
atau ini :
http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=13875&page=8

ini buku yang kamu cari .. http://www.mediafire.com/?7dk4nyvxqkmoqj7

ini terakhir kali jangan ada lagi yang tanya masalah buku / ebook disini.
Tidak etis dalam segi etika berforum .. semoga maklum dan menjadi perhatian.

muishidqi
06-05-2013, 03:24 PM
wah belum ada yang terlalu meng-eksplor GRE ya?

Mau minta pendapat dan pengalaman agan2 yang udah pernah ambil test GRE dong; semacam apa aja dan berapa lama persiapan menuju test GRE..
Sama untuk Quantitative dan Verbal kan udah ada concordance table yang mengconvert hasil GRE yang lebih tua dari tahun 2011 ke yang dibakukan sekarang, nah untuk yang Analytical Writing nya apakah ada konversi juga ya? karena yang saya dengar penilaiannya lebih sulit untuk yang paling baru GRE nya..

mohon pencerahannya ya..

lrk
06-05-2013, 10:49 PM
wah belum ada yang terlalu meng-eksplor GRE ya?

Mau minta pendapat dan pengalaman agan2 yang udah pernah ambil test GRE dong; semacam apa aja dan berapa lama persiapan menuju test GRE..
Sama untuk Quantitative dan Verbal kan udah ada concordance table yang mengconvert hasil GRE yang lebih tua dari tahun 2011 ke yang dibakukan sekarang, nah untuk yang Analytical Writing nya apakah ada konversi juga ya? karena yang saya dengar penilaiannya lebih sulit untuk yang paling baru GRE nya..

mohon pencerahannya ya..
GRE diseling saja belajar matematika sehari sejam, nulis sehari sejam, hari minggu simulasi. terus gitu, nah kalau nilai dirasa sudah sesuai target baru ambil tes benerannya .. materi GRE relatif lebih mudah didapat ya ... masalah lebih sulit itu relatif. kalau kita sudah sangat sangat terlatih dan memang siap kemampuan dan mental, tentu tidak jadi sulit tesnya.

http://www.ets.org/gre/revised_general/prepare/
https://www.ets.org/gre/revised_general/faq/?viewfaq=faq6
http://www.ets.org/s/gre/pdf/practice_book_GRE_pb_revised_general_test.pdf

drewatma
08-05-2013, 10:55 AM
:nongol:
katanya beda instansi yg ngadain tes pbt, beda juga tingkatan/ kesulitan tes nya
bener ga se? brarti soalnya beda2 donk

trus ada yg recomen ga, tes yg bagus itu dimana?

-----------------

btw, nice share TS http://forum.indowebster.com/customavatars/avatar582601_34.gif

lrk
09-05-2013, 10:08 AM
:nongol:
katanya beda instansi yg ngadain tes pbt, beda juga tingkatan/ kesulitan tes nya
bener ga se? brarti soalnya beda2 donk

trus ada yg recomen ga, tes yg bagus itu dimana?

-----------------

btw, nice share TS
KATANYA = salah = tidak bisa dipercaya.
Yang namanya standardized test sudah masuk dalam proses yang ketat saat pembuatannya jadi peserta tidak usah khawatir saat mengerjakan.

Rumor itu dulu (sudah lama sekali muncul) karena dulu banyak lembaga tumbuh bagai jamur menawarkan TOEFL test padahal lembaga-lembaga ini tidak memiliki kaitan apapun / afiliasi / kerjasama dengan ETS. Nah lembaga-lembaga katrok ini menawarkan test TOEFL hanya dengan berdasarkan buku-buku TOEFL yang ada di toko buku. Tentulah yang terjadi jelas, kadar kesulitan soal satu tempat dgn tempat yang lain tidak akan sama, karena soalnya maen comot di toko buku, belum lagi kalo yang dicomot buku TOEFL tulisan pengarang Indonesia yang notabene cuma hasil kopi paste dari beberapa sumber di internet terus diubah fontnya.

yang relatif masih diakui adalah tempat - tempat yang ada di bawah ini:
http://www.iief.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=141%3Atoeflr-institutional-testing-program-toeflr-itp&catid=78%3Atoeflr-institutional-testing-program-toeflr-itp&Itemid=313&lang=en

topi_caping
10-05-2013, 09:02 PM
Test toefl online gratis ada gak yaa?
:bingung:

Sent from my LG-P990 using Xparent Pink Tapatalk 2

axlform
11-05-2013, 12:42 AM
klo ept (english proficiency test) itu maksudnya gimana ya.
soalnya waktu minta tes, bilang buat nyari gawe, yg ditunjuk itu ept. apa ada perbedaan sma yang lain selain dri tujuan penggunaannya apa gimana?

kandie
11-05-2013, 01:59 AM
klo ept (english proficiency test) itu maksudnya gimana ya.
soalnya waktu minta tes, bilang buat nyari gawe, yg ditunjuk itu ept. apa ada perbedaan sma yang lain selain dri tujuan penggunaannya apa gimana?

setau gw EPT cuma tes inggris biasa untuk mengukur kemampuan b.ing tapi ga pake skor2 standar kayak TOEFL dll

aizy
18-05-2013, 11:19 PM
Test toefl online gratis ada gak yaa?
:bingung:

Sent from my LG-P990 using Xparent Pink Tapatalk 2

kalo yang toefl software banyak....:hmm:

lrk
26-05-2013, 12:08 PM
IELTS - Bukan Ujian Biasa - Panduan Persiapan Ujian IELTS

Mungkin ada beberapa di antara kita yang belum terlalu mengenal apa itu IELTS dan banyak pula yang ingin mengetahui seberapa berbedanya bentuk ujian IELTS dengan TOEFL (baik itu TOEFL iBT maupun TOEFL ITP).

Tulisan ini saya sengaja postingkan untuk membantu memberi gambaran tentang apa itu ujian IELTS dan relevansinya dengan pembelajaran bahasa Inggris anda-anda sekalian.

IELTS adalah suatu format ujian bahasa Inggris standar internasional. Apabila TOEFL dicipta oleh lembaga non profit (yeah right) dari ETS Amerika Serikat, IELTS dicipta oleh Cambridge ESOL, IDP Australia dan British Council. Dalam perkembangannya, semakin banyak orang yang menyukai format ujian IELTS, yang sebenarnya popularitas ini lebih karena program pemasaran pasar Pendidikan Tinggi Australia, Singapura, dan Malaysia yang luar biasa di negeri ini. TOEFL otomatis tidak bisa terlalu banyak bersaing mengingat di negara adidaya ini tidak terlalu menggila dalam memasarkan pendidikannya sebagai suatu 'jualan' di negeri kita. Belum lagi dengan 'malasnya' orang - orang kita untuk bertualang ke Amerika yang kini dianggap 'kejauhan'. Belum lagi dengan melimpahnya beasiswa Fulbright Dikti untuk bertualang ke Amerika dengan dana Pemerintah. Belum lagi dengan adanya syarat tambahan seperti GMAT, GRE atau SAT dan yang sering menjadi palang pintu tambahan memfilter calon mahasiswa ke Amerika. Kesemua faktor - faktor di atas seolah menjadi katalis bagi melesatnya popularitas tes bahasa Inggris yang satu ini (IELTS).

Lalu, isi tesnya seperti apa?
Pendaftaran tes IELTS akan dikenakan biaya 195 dollar Amerika dan ditambah dengan biaya administrasi (biaya admin ini sekitar 40 hingga 60 dollar biasanya kalau tesnya di luar ibukota)


http://www.ielts.org/test_centre_search/search_results.aspx
cari Country Indonesia - ada 34 test center

http://www.ielts.org/PDF/IELTS%20Application%20Form%202013.pdf

Dalam pendaftaran biasanya kita diminta menyertakan foto ukuran paspor (4x6) berlatar belakang biru (atau tanya langsung saat mendaftar agar lebih pasti) Pengenal bisa menggunakan Kartu Identitas atau paspor anda.

Sangat dianjurkan agar anda mendaftarkan diri anda sekitar 3 minggu sebelum waktu tes yang anda inginkan. Hasil akan keluar 2 minggu setelah anda ujian.

info lebih lanjut bisa lihat di http://www.ielts.org/test_takers_information/test_sample.aspx

Ingat bahwa kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk jenjang S1 adalah IELTS 6
dan jenjang S2 adalah IELTS 7 / 7.5

Agar anda bisa dapat pendidikan yang anda cita-citakan, janganlah menunda dalam mempersiapkan diri menghadapi 'birokrasi bahasa' semacam ini, karena kompetensi bahasa kita tidak bisa kita paksakan tumbuh dalam 2 - 3 bulan. Bijaklah dalam menggunakan waktu luang anda saat ini, karena ketika anda peduli dengan pengembangan bahasa anda, tanpa disadari sebenarnya anda sedang mengembangkan modal paling penting dari masa depan anda.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

asuhankakseto
30-01-2014, 05:54 PM
apa ada cara efektif/tips2 biar pas listening toefl bisa terdengar jelas percakapan di speakernya

SoneKristianto
06-02-2014, 11:45 PM
sering liat tulisan nya di jalan-jalan tapi ga ngerti apa maksud nya... nice info :top:

lrk
08-02-2014, 09:14 AM
apa ada cara efektif/tips2 biar pas listening toefl bisa terdengar jelas percakapan di speakernya
Hal yang paling penting dan utama adalah membiasakan diri dan memperbanyak kosakata. Mekanisme yang paling baik untuk melakukan dua hal ini adalah mendengarkan audio dan membaca transkripnya. Hal ini tidak terbatas pada TOEFL saja. Dengan demikian, materi untuk melakukannya pun relatif mudah. Luangkan waktu 30 -45 menit setiap hari atau 3 episode podcast. Anda akan membangun kemampuan listening dengan cepat.


sering liat tulisan nya di jalan-jalan tapi ga ngerti apa maksud nya... nice info :top:

Terima kasih, bila ada lagi yang lebih jauh ingin ditanyakan, silakan ya.

li_negan
15-03-2014, 12:03 AM
nice info gan
selama ini gw kira GMAT test matematika, habis mirip
:)

AhKuda666
15-03-2014, 09:21 PM
bener bantu saya banget yang lagi kuiah

sinaw
18-03-2014, 01:09 PM
Hi everyone, right now I am preparing myself for taking an IELTS test in the next month.

However, I still have not enough confidence, anyone here would like to help my Speaking and Writing problems, please?

koncel
21-03-2014, 09:26 AM
saya mau belajar ini juga ah

lrk
24-03-2014, 04:16 AM
Hi everyone, right now I am preparing myself for taking an IELTS test in the next month.

However, I still have not enough confidence, anyone here would like to help my Speaking and Writing problems, please?

Well, you can start by asking directly. What kind of help do you need?

What band score do you need?

You can put your recording and your writing here and I will analyse that ...

rapatkan2
24-03-2014, 10:35 AM
saya kemarin dapat hasil tes TOEFL 600, apakah itu sudah cukup bagus dan apa pengaruhnya untuk mencari pekerjaan nanti? :)

lrk
24-03-2014, 01:43 PM
saya kemarin dapat hasil tes TOEFL 600, apakah itu sudah cukup bagus dan apa pengaruhnya untuk mencari pekerjaan nanti? :)

Itu sudah cukup baik. Tes TOEFL ITP di lembaga bahasa universitas mana? Kena berapa biayanya? 300 ribu atau 350 ribu? Dengan sertifikat ITP resmi dari ETS, anda bisa gunakan sebagai bukti kompetensi anda dalam bahasa Inggris yang cukup baik untuk mayoritas semua institusi dalam negeri. Juga dapat anda gunakan untuk persyaratan administrasi awal saat anda apply beasiswa seperti AAS, StunEd atau Fulbright dan banyak lagi beasiswa lainnya. Tapi nanti masih akan ada training lagi bila anda masuk shortlist, dan anda akan diminta untuk ikut ujian IELTS atau IBT tergantung negara tujuan. Kalau sekedar untuk kerja di dalam negeri, saya rasa nilai 600 sangat bisa diterima.

ebotasik
25-03-2014, 10:01 AM
wahh baru tau gann bedanyaa...thanks yakkkk

lrk
28-03-2014, 11:08 PM
Persiapan LSAT buat yang mau studi S2 atau S3 hukum ke luar negeri.

Disini saya mau cicil bahas soal-soal LSAT siapa tau ada yang butuh ya... nantinya GMAT apa GRE n yang standar kaya TOEFL juga bisa dibahas kalau perlu. IELTS bisa juga dibahas. TOEIC juga boleh, semua jenis ujian bahasa Inggris boleh tapi tetap fokus utamanya kita bahas LSAT disini. Saya sambil belajar juga soalnya, kalau LSAT, GMAT, GRE saya juga masih belajar... kalau TOEFL, IELTS, TOEIC alhamdulillah sudah jadi kerjaan saya memang.

Semoga bermanfaat.

Di kesempatan ini, silakan buat yang mau ikutan latihan, tentukan jawaban 1 soal dalam waktu 84 detik maksimal. Lebih dari 84 detik gimana? Ya katakanlah oke, namanya juga latihan. Tapi upayakan untuk saat ini kita main dibawah 84 detik lebih bagus. Tentu saja kalau benar ya, kalau salah ya buat apa.

LATIHAN 84 DETIK

Before the printing press, books could be purchased only in expensive manuscript copies. The printing press produced books that were significantly less expensive than the manuscript editions. The public’s demand for printed books in the first years after the invention of the printing press was many times greater than demand had been for manuscript copies. This increase demonstrates that there was a dramatic jump in the number of people who learned how to read in the years after publishers first started producing books on the printing press.

Which one of the following statements, if trues, casts doubt on the argument?

A. During the first years after the invention of the printing press, letter writing by people who wrote without the assistance of scribes or clerks exhibited a dramatic increase.

B. Books produced on the printing press are often found with written comments in the margins in the handwriting of the people who owned the books.

C. In the first years after the printing press was invented, printed books were purchased primarily by people who had always bought and read expensive manuscripts but could afford a greater number of printed books for the same money.

D. Books that were printed on the printing press in the first years after its invention often circulated among friends in informal reading clubs or libraries.

E. The first printed books published after the invention of the printing press would have been useless to illiterate people, since the books had virtually no illustrations.

Sebelum adanya mesin cetak, buku-buku hanya bisa dibeli dalam bentuk kopi naskah tulis tangan yang harganya mahal. Mesin cetak memproduksi buku-buku sehingga secara signifikan lebih murah dibandingkan edisi tulis tangan. Permintaan masyarakat akan buku-buku cetak pada tahun pertama setelah penemuan mesin cetak jauh lebih besar dibanding permintaan akan kopi naskah tulis tangan. Peningkatan ini menunjukkan bahwa ada lonjakan dramatis dalam jumlah orang yang belajar membaca pada tahun-tahun setelah penerbit pertama kali mulai memproduksi buku dengan mesin cetak.

Mana dari pernyataan berikut, yang bila benar, akan menyatakan keraguan pada argumen tersebut?

A. Selama tahun pertama setelah penemuan mesin cetak, penulisan surat oleh orang yang menulis tanpa bantuan juru tulis atau juru ketik menunjukkan peningkatan dramatis.

B. Buku-buku yang dihasilkan mesin cetak sering kali didapati dengan komentar tertulis pada marjin dengan tulisan tangan dari orang yang memiliki buku tersebut.

C. Pada tahun pertama setelah mesin cetak ditemukan, buku-buku cetak dibeli utamanya oleh orang yang selalu membeli dan membaca naskah tulis tangan yang mahal tetapi bisa membeli lebih banyak jumlah buku cetak dengan jumlah uang yang sama.

D. Buku-buku yang dicetak pada mesin cetak pada tahun pertama setelah penemuannya seringkali disirkulasikan antara teman pada klub baca informal atau perpustakaan.

E. Buku cetak pertama diterbitkan setelah penemuan mesin cetak tak akan berguna bagi orang yang tak bisa membaca, karena buku-buku tersebut boleh dibilang semuanya tidak memiliki ilustrasi/gambar.

Jawaban yang benar tentu saja: [C.]


Bevex, an artificial sweetener used only in soft drinks, is carcinogenic for mice, but only when it is consumed in very large quantities. To ingest an amount of Bevex equivalent to the amount fed to the mice in the relevant studies, a person would have to drink 25 cans of Bevex-sweetened soft drinks per day. For that reason, Bevex is in fact safe for people.

In order for the conclusion that Bevex is safe for people to be properly drawn, which one of the following must be true?

A. Cancer from carcinogenic substances develops more slowly in mice than it does in people.

B. If all food additives that are currently used in foods were tested, some would be found to be carcinogenic for mice.

C. People drink fewer than 25 cans of Bevex-sweetened soda per day.

D. People can obtain important health benefits by controlling their weight through the use of artificially sweetened soft drinks.

E. Some of the studies done on Bevex were not relevant to the question of whether or not Bevex is carcinogenic for people.

Bevex, pemanis buatan yang hanya digunakan pada minuman ringan, dapat menimbulkan kanker pada tikus, tetapi hanya bila dikonsumsi dalam kuantitas sangat besar. Untuk menerima asupan jumlah Bevex yang setara dengan jumlah yang diberikan pada tikus pada penelitian yang relevan tersebut, seseorang harus meminum 25 kaleng minuman ringan berpemanis Bevex per harinya. Karena alasan inilah, Bevex dianggap aman bagi manusia.

Agar simpulan bahwa Bevex aman bagi manusia bisa ditarik dengan benar, mana dari pernyataan berikut yang harus benar?

A. Kanker dari substansi karsinogenik berkembang lebih lambat pada tikus daripada pada manusia.

B. Bila semua bahan aditif pada makanan yang saat ini digunakan pada makanan diuji, beberapa akan didapati bersifat karsinogenik bagi tikus.

C. Orang minum kurang dari 25 kaleng soda berpemanis Bevex per harinya.

D. Orang bisa mendapatkan manfaat kesehatan penting dengan mengontrol berat badan mereka melalu penggunaan minuman ringan berpemanis buatan.

E. Beberapa penelitian yang dilakukan pada Bevex tidak relevan terhadap pertanyaan apakah iya atau tidak Bevex bersifat karsinogenik bagi manusia.

Jawaban yang benar tentu saja: [C.]


Harry: Airlines have made it possible for anyone to travel around the world in much less time than was formerly possible.

Judith: That is not true. Many flights are too expensive for all but the rich.

Judith’s response shows that she interprets Harry’s statement to imply that

A. the majority of people are rich

B. everyone has an equal right to experience world travel

C. world travel is only possible via routes serviced by airlines

D. most forms of world travel are not affordable for most people

E. anyone can afford to travel long distances by air

Harry: Pesawat memungkinkan siapapun untuk melakukan perjalanan ke berbagai penjuru dunia dalam waktu yang jauh lebih singkat dari yang bisa dilakukan sebelumnya.

Judith: Itu tidak benar. Banyak penerbangan yang terlalu mahal untuk semua orang kecuali buat yang kaya.

Respon Judith menunjukkan bahwa ia menginterpretasikan pernyataan Harry mengandung implikasi bahwa

A. mayoritas orang memang kaya

B. semua orang punya hak setara untuk mengalami perjalanan ke penjuru dunia

C. perjalanan ke penjuru dunia hanya mungkin melalui rute yang dilayani penerbangan

D. sebagian besar perjalanan ke penjuru dunia tidak terjangkau oleh sebagian besar orang

E. siapapun bisa membayar biaya perjalanan jarak jauh melalui udara

Jawaban yang benar tentu saja: [E.]

lrk
29-03-2014, 10:22 AM
Nutritionists have recommended that people eat more fiber. Advertisements for a new fiber-supplement pill state only that it contains “44 percent fiber.”

The advertising claim is misleading in its selection of information on which to focus if which one of the following is true?

A. There are other products on the market that are advertised as providing fiber as a dietary supplement.

B. Nutritionists base their recommendation on medical findings that dietary fiber protects against some kinds of cancer.

C. It is possible to become addicted to some kinds of advertised pills, such as sleeping pills and painkillers.

D. The label of the advertised product recommends taking 3 pills every day.

E. The recommended daily intake of fiber is 20 to 30 grams, and the pill contains one-third gram.

Ahli gizi telah menyarankan agar orang makan lebih banyak serat. Iklan untuk pil tambahan serat baru hanya menyatakan bahwa pil itu berisi “44 persen serat.”

Klaim iklan itu menyesatkan dalam pemilihan fokus informasinya bila mana satu dari yang dibawah ini yang benar?

A. Ada produk lain di pasar yang diiklankan menyediakan serat sebagai makanan suplemen.

B. Ahli gizi mendasarkan anjuran mereka berdasarkan temuan medis bahwa makanan berserat melindungi dari jenis kanker tertentu.

C. Adalah mungkin untuk seseorang jadi kecanduan dengan beberapa jenis pil yang diiklankan, seperti pil obat tidur dan penahan nyeri.

D. Label dari produk yang diiklankan menyarankan meminum 3 pil setiap hari.

E. Asupan harian serat yang dianjurkan adalah 20 hingga 30 gram, dan pil tersebut berisikan sepertiga gram.

Kalau saya sih mikirnya E jawabannya, dengan alasan begini kalau tubuh butuh 30 gram serat, sedangkan pil tersebut total beratnya hanya anggaplah 2 gram .. 44 persen seratnya ini mungkin mengacu pada 44 persen dari 2 gram - bukan 44 persen dari 30 gram. Maka itu dia disebut menyesatkan pada pemilihan fokus informasinya. Orang akan mengira minum pil itu 3x sehari 44 persen x 3 maka kebutuhan serat dia akan sudah lebih dari terpenuhi. Padahal kenyataannya tidak demikian.

lrk
30-03-2014, 06:59 PM
Many environmentalists have urged environmental awareness on consumers, saying that if we accept moral responsibility for our effects on the environment, then products that directly or indirectly harm the environment ought to be avoided. Unfortunately it is usually impossible for consumers to assess the environmental impact of a product, and thus impossible for them to consciously restrict their purchases to environmentally benign products. Because of this impossibility there can be no moral duty to choose products in the way these environmentalists urge, since _____.

Which one of the following principles provides the most appropriate completion for the argument?

A. a moral duty to perform an action is never based solely on the effects the action will have on other people

B. a person cannot possibly have a moral duty to do what he or she is unable to do

C. moral considerations should not be the sole determinants of what products are made available to consumers

D. the morally right action is always the one whose effects produce the least total harm

E. where a moral duty exists, it supersedes any legal duty and any other kind of duty
Banyak pakar lingkungan telah menyerukan kesadaran lingkungan terhadap para konsumen, mengatakan bahwa bila kita menerima tanggung jawab moral terhadap pengaruh kita bagi lingkungan, maka produk yang secara langsung ataupun tak langsung merugikan lingkungan seyogianya dihindari. Sayangnya biasanya mustahil bagi konsumen untuk mengkaji dampak lingkungan dari suatu produk, dan dengan begitu mustahil pula bagi mereka untuk secara sadar membatasi pembelian mereka hanya pada produk yang tidak membahayakan lingkungan. Atas dasar kemustahilan inilah maka tidak akan bisa ada tanggung jawab moral untuk memilih produk ini seperti yang dihimbau pakar lingkungan, karena _____.

Mana dari prinsip berikut yang memberikan pelengkap yang paling pas untuk argumen tersebut?

A. tanggung jawab moral untuk melakukan suatu tindakan tak pernah dilandaskan semata pada efek dari tindakan tersebut nantinya pada orang lain

B. seseorang tidak mungkin bisa memiliki tanggung jawab moral untuk melakukan apa yang ia tak mampu untuk lakukan

C. pertimbangan moral semestinya tidak menjadi satu-satunya penentu produk apa yang dihadapkan atau disediakan pada konsumen

D. tindakan yang benar secara moral selalu tindakan yang efeknya menghasilkan jumlah kerugian total terkecil

E. bila ada tugas moral, maka hal itu melebihi tugas legal manapun dan jenis tugas lainnya manapun.

Wah, wah ... ini soal yang keren banget. Saya sendiri bimbang antara B dan C .. hati kecil memilih C, karena rasanya lebih wise lebih bijak gimanaaa gitu .. tapi akal rasional memilih B, karena ada kata kemustahilan di awal argumen yang dimaksud - ini lebih cocok dengan opsi B. Dan begitu cek punya cek - Yang buat soal menyatakan B is the right answer. Case closed.


Advertisement:
Anyone who exercises knows from firsthand experience that exercise leads to better performance of such physical organs as the heart and the lungs, as well as to improvement in muscle tone. And since your brain is a physical organ, your actions can improve its performance, too. Act now. Subscribe to Stimulus: read the magazine that exercises your brain.

The advertisement employs which one of the following argumentative strategies?

A. It cites experimental evidence that subscribing to the product being advertised has desirable consequences.

B. It ridicules people who do not subscribe to Stimulus by suggesting that they do not believe that exercise will improve brain capacity.

C. It explains the process by which the product being advertised brings about the result claimed for its use.

D. It supports its recommendation by a careful analysis of the concept of exercise.

E. It implies that brains and muscle are similar in one respect because they are similar in another respect.
Iklan:
Siapapun yang berolahraga pasti tahu dari pengalaman langsung bahwa berolahraga menghasilkan kinerja yang lebih baik dari organ fisik seperti jantung dan paru-paru, dan juga peningkatan pada bentuk otot. Dan karena otak merupakan organ fisik, tindakan anda bisa meningkatkan kinerjanya, juga. Bertindaklah sekarang juga. Langganan Stimulus: baca majalah yang melatih otak anda.

Iklan tersebut menggunakan yang mana dari strategi-strategi argumentatif berikut?

A. Iklan itu mengutip bukti eksperimen bahwa berlangganan produk yang diiklankan tersebut memiliki hasil yang diinginkan.

B. Iklan itu menganggap konyol orang yang tidak berlangganan Stimulus dengan menganggap bahwa mereka tidak percaya bahwa latihan/olahraga akan meningkatkan kapasitas otak.

C. Iklan itu menjelaskan proses bagaimana produk yang sedang diiklankan memberikan hasil seperti yang diklaim atas penggunaannya.

D. Iklan itu mendukung rekomendasinya dengan suatu analisis seksama atas konsep berolahraga.

E. Iklan itu mengimplikasikan bahwa otak dan otot adalah serupa di satu sisi karena mereka serupa di sisi lain.

Jawaban soal ini tentu saja: [E.]

lrk
01-04-2014, 12:11 PM
Coherent solution for the problem of reducing health-care costs cannot be found within the current piecemeal system of paying these costs. The reason is that this system gives health-care providers and insurers every incentive to shift, wherever possible, the costs of treating illness onto each other or any other party, including the patient. That clearly is the lesson of the various reforms of the 1980s: push in on one part of this pliable spending balloon and an equally expensive bulge pops up elsewhere. For example, when the government health-care insurance program for the poor cut costs by disallowing payments for some visits to physicians, patients with advanced illness later presented themselves at hospital emergency rooms in increased numbers.

The argument proceeds by

A. showing that shifting costs onto the patient contradicts the premise of health-care reimbursement

B. attributing without justification fraudulent intent to people

C. employing an analogy to characterize interrelationships

D. denying the possibility of a solution by disparaging each possible alternative system

E. demonstrating that cooperation is feasible by citing an instance

Solusi koheren (baca menyeluruh) untuk masalah menurunkan biaya perawatan medis tidak bisa ditemukan pada sistem sepotong-sepotong yang digunakan untuk membayari biaya-biaya ini saat ini. Alasannya adalah bahwa sistem ini memberikan penyedia jasa layanan kesehatan dan pihak penjamin semua insentif untuk mengalihkan, kapanpun mungkin, biaya penanganan penyakit pada satu sama lain atau pada pihak lain, termasuk si pasien. Ini jelas pelajaran dari berbagai reformasi pada tahun 1980an: tekan di satu sisi dari balon pengeluaran fleksibel ini dan suatu hal yang sama mahalnya akan muncul menggelembung di tempat lain. Misalnya, ketika program asuransi kesehatan pemerintah untuk orang miskin memotong biaya dengan tidak membolehkan pembayaran untuk beberapa kunjungan ke dokter, pasien-pasien dengan penyakit tingkat lanjut lalu muncul di ruang gawat darurat rumah sakit dalam jumlah yang meningkat.

Argumen dinyatakan dengan

A. menunjukkan bahwa mengalihkan biaya ke pasien bertentangan dengan premis penggantian biaya kesehatan

B. menghubungkan tanpa pembenaran niat buruk/menipu/merugikan terhadap masyarakat

C. menggunakan analogi untuk menggambarkan hubungan timbal balik

D. menyangkal kemungkinan solusi dengan meremehkan setiap sistem alternatif yang mungkin

E. menunjukkan bahwa kerjasama bisa dicapai dengan mengutip sebuah contoh

Jawaban sudah tentu C. Analogi yang dimaksud adalah membandingkan masalah pendanaan dengan sebuah balon.


The argument provides the most support for which one of the following?

A. Under the conditions in which the current system operates, the overall volume of health-care costs should be shrunk, if at all, only by a comprehensive approach.

B. Relative to the resources available for health-care funding, the income of the higher-paid health-care professionals is too high.

C. Health-care costs are expanding to meet additional funds that have been made available for them.

D. Advances in medical technology have raised the expected standards of medical care but have proved expensive.

E. Since unfilled hospital beds contribute to overhead charges on each patient's bill, it would be unwise to hold unused hospital capacity in reserve for large-scale emergencies.
Argumen tersebut memberikan dukungan paling besar terhadap yang mana dari pernyataan berikut?

A. Dalam kondisi di mana sistem saat ini beroperasi, volume keseluruhan biaya perawatan kesehatan bisa disusutkan, andaipun bisa disusutkan, hanya dengan pendekatan komprehensif.

B. Dibandingkan dengan sumber daya yang tersedia untuk pendanaan kesehatan, pendapatan dari para profesional perawatan kesehatan yang berpenghasilan tinggi - dibayar terlalu tinggi.

C. Biaya layanan kesehatan bertambah untuk memenuhi dana tambahan yang telah dibuat tersedia bagi mereka.

D. Kemajuan teknologi medis telah menaikkan standar yang diharapkan dari perawatan medis, tetapi telah terbukti mahal.

E. Karena tempat tidur rumah sakit yang tidak terisi berkontribusi terhadap biaya overhead tagihan masing-masing pasien, tidaklah bijaksana untuk menahan kapasitas rumah sakit yang tidak terpakai dalam cadangan untuk keadaan darurat skala besar.

Jawaban sudah pasti A. Di teks dinyatakan penyelesaian tidak bisa sepotong-sepotong, itu sama dengan A - harus komprehensif alias menyeluruh.

ernimulyandari
07-04-2014, 07:23 AM
Kalo berbagi soal TOEFL ada di SF Ebook,
Ato bisa liat di Kaplan TOEFL ibt_2010-2011 (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=368834&p=23367632&viewfull=1#post23367632) :centil:
Linknya masih di reupload ya...??? :???:
Saya klik attachmentnya koq hanya keluar pic...??? :???: :peace:

Iya_an
07-04-2014, 01:53 PM
Linknya masih di reupload ya...??? :???:
Saya klik attachmentnya koq hanya keluar pic...??? :???: :peace:

Caranya klik thanks, lalu klik mediafire donlot now, ntar muncul donlotan di MF :hmm:

ernimulyandari; barusan aku cek normal2 aja kok, :hmm:

ernimulyandari
07-04-2014, 09:44 PM
Caranya klik thanks, lalu klik mediafire donlot now, ntar muncul donlotan di MF :hmm:

ernimulyandari; barusan aku cek normal2 aja kok, :hmm:

Ternyata di chrome pic MFnya rusak jadi g keliatan... ternyata pic crashnya bisa diklik... :facepalm:
Terima kasih ya.. :peace:

sliwer
09-04-2014, 02:12 PM
Gan IELTS GT apa bisa buat daftar beasiswa?

lrk
10-04-2014, 12:58 PM
Ra iso ... Ielts gt itu gampang bin mudah dan isinya bukan bahasa kuliahan .. Reading dan writingnya dari majalah saama nulis surat keluhan .. Itu utk cari kerja alias kebutuhan umum sehari hari.