PDA

View Full Version : Aviation 10 Pesawat tempur terbaik sepanjang masa



blacksheep
04-09-2009, 02:25 PM
[/URL]

(http://rahasiajantan.tk/)
10 Pesawat tempur terbaik sepanjang masa (http://terselubung.blogspot.com/2009/09/10-pesawat-tempur-terbaik-sepanjang.html)

10. F-22 RAPTOR
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/fa22-raptor-625x450.jpg
Manufacturer: Lockheed Martin
Power Plant: Pratt & Whitney F-119 PW-100
Top Speed: Mach 2.5
Armament: One 20mm cannon, six AMRAAM and two AIM-9 Sidewinder missiles
Karena hampir tak kelihatan ke radar dan kelengkapan dari persenjataan F-22 Raptor, merupakan pesawat tempur USA generasi ke-empat, dengan inovasi yang hebat dan sangat ditakuti. Namun, semua dibarengi oleh biaya produksi yang sebanding dengan dari F-15 dan F-16. Dengan itu, untuk kadar mematikan, produktivitas, Raptor membuat skor yang cukup baik, menempatkan pada peringkat ke-10 pada daftar kita.

9. SEA HARRIER FA2
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/sea-harrier-fa2-625x450.jpg
Manufacturer: British Aerospace
Power Plant: Rolls Royce Pegasus mk 104 or 106 turbofan
Top Speed: 736 mph
Armament: Two 30-mm Aden cannon, plus two AMRAAM and four Sidewinder missiles, two Harpoon or Sea Eagle anti-ship missiles
Dengan kemampuan lebih dalam hal strategi, dapat muncul dari tempat tak diduga, SEA Harrier patut mendapatkan satu peringkat untuk yang ditakuti. Desain unik dan sederhana untuk menghasilkan menjadi pelapis serangan udara baik. Meski mematikan, kecepatan manuver yang rendah dan tidak mampu terbang tinggi membuatny dapat diserang oleh pasukan darat. Meskipun demikian pesawat terbang yang telah dihapus dari operasi frontline ini masih patut mendapatkan satu tempat ke-9.

8. Sopwith Camel
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/sopwith-camel-625x450.jpg
Manufacturer: Sopwith Aviation Company
Power Plant: Clerget rotary engine
Top Speed: 112 mph
Armament: Two Vickers .303 machine guns
Tercatat sepanjang operasionalny paling tidak telah menjatuhkan 1,200 pesawat terbang musuh, Sopwith Camel berhak dimasukkan ke salah satu terbaik fighter sepanjang masa. Desain yang solid, kurang menarik sih, namun semua orang setuju bahwa layak mendapat gelar fighter terbaik sepanjang masa.

7. Me 262 Schwalbe
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/me-262-625x450.jpg
Manufacturer: Messerschmitt
Power Plant: Two Junkers Juno 004s
Top Speed: 540 mph
Armament: Four 30mm MK-108 cannons
Untuk hal inovasi meraih skor mutlak. Menjadi yang pertama untuk jenisny, Me 262 terinspirasi dari ketakutan dan kekaguman, membuatnya menjadi salah satu yang paling ditakuti.
Bagaimanapun, karena pesawat terbang sulit dibuat dan ini yang terkenal adalah mesin bermasalah, produksi pesawat ini sangat sedikit, sepanjang sejarah, pesawat ini hanya beroperasi selama dua tahun. Meskipun demikian, me 262 tetap berada di dalam buku rekor seperti menjadi jet fighter sejati pertama sepenuhnya beroperasi menjadi satu legenda aviasi dan fighter terbaik sepanjang masa.

6. Supermarine Spitfire
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/supermarine-spitfire-625x450.jpg
Manufacturer: Supermarine Aviation Works
Power Plant: Rolls-Royce Merlin V-12 piston engine
Top Speed: 369 mph
Armament: Eight Browning .303 machine guns; later version, four 20mm cannon
Digunakan di semua kawasan Britania semasa konflik sepanjang Perang Dunia II, Spitfire menjadi simbol dari era kemenangan Inggris.

5 & 4. MiG 15 & F-86 Sabre lawan yang sepadan
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/mig-15-f-86-sabre-625x450.jpg
MiG 15
Manufacturer: Mikoyan Gurevich Design Bureau
Power Plant: Klimov VK-1 turbojet
Top Speed: 668 mph
Armament: One 37mm N-37 cannon and two 23mm NR-23 cannon
F-86 Sabre
Manufacturer: North American
Power Plant: General Electric J47 engine
Top Speed: 685 mph
Armament: Six .50-caliber machine guns and eight 5-inch rockets
Dibandingkan dengan fighter sekarang, keduanya memang kurang hebat dan primitif namun beberapa dari unit ini telah melaksakan tugasny dengan sangat baik. Kedua F-86 Sabre dan MiG 15 adalah pesawat terbang yang diciptakan pada saat yang tepat sepanjang riwayat aviasi.
Keduanya didesain mencotek sayap sapu khas Jerman dan desain mesin dari Britania, sehingga untuk inovasi MiG dan Sabre dianggap seimbang.Keduany diproduksi dengan jumlah yang sangat banyak, tapi MiG selangkah di depan untuk kategori produktivitas karena desain yang lebih sederhana. Keduany memiliki catatan terbang yang mirip. Hasil? Mereka adalah tidak dapat dipisahkan: MiG 15 dan f 86 imbang untuk tempat ke-5 ke-4.

3. F-4 Phantom
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/f4-phantom-625x450.jpg
Manufacturer: McDonnell Douglass
Power Plant: Two J79 Spey turbojet afterburning engines
Top Speed: 1,485 mph
Armament: Four AIM 7 Sparrow and four AIM 9 Sidewinder missiles.
Diproduksi dengan jumlah banyak, F-4 Phantom memiliki sejarah operasi yang sangat baik. Tapi pesawat terbang ini patut mendapatkan tempat ketiga dalam hal kecepatan, masa pakai lama dan mematikan.
Phantom adalah basis pengujian untuk teknologi misil; dan pesawat ini memegang rekor sebanyak 5 kali untuk kecepatan untuk selama 13 tahun sebelum dikalahkan oleh fighter yang menempati urutan No. 2 dari daftar top 10 teratas.

2. F-15C Eagle
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/f-15c-eagle-625x450.jpg
Manufacturer: McDonnell Douglass
Power Plant: Two Pratt & Whitney F-100-PW-100 afterburning turbofans
Top Speed: Mach 2.5
Armament: One 20-mm cannon, four AIM-7F Sparrow and four AIM-9L Sidewinder missiles
Tak ada fighter lain dalam sejarah yang bisa mendekati kemampuan jenis Eagle. F-15 jauh lebih baik dari F-4 untuk akselerasi, manuver, dan handling.
Fakta, reputasi dari F-15 selama beroperasi di Operasi Pembebasan di Irak, Angkatan udara Saddam Hussein menolak mengudara. Mereka tahu F-15 akan dengan mudah menghancurkan mereka dalam sekejap di udara.

1. P-51D Mustang
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/p-51d-mustang-625x450.jpg
Manufacturer: North American Aviation
Power Plant: 1600 hp Packard-built Merlin 61 piston engine
Top Speed: 437 mph
Armament: Six wing-mounted .50-caliber machine guns
Dilengkapi dengan tangki eksternal memungkinkan Mustang terbang hingga sejauh 2.000 mil, membuatnya menjadi satu-satunya fighter yang mampu melindungi pesawat bomber sekutu untuk serangan jarak jauh.
Mustang melaksanakan tugasnya dengan sangat baik pada kemunculanny tahun 1944, Tingkat kecelakaan dan kematian bisa dikurangi hingga 75%. Pada kenyataan, P51S Amerika menghancurkan hampir 5,000 pesawat terbang musuh di Eropa ini membuatny menjadi fighter US yang memiliki skor terbanyak dalam operasi di Eropa



Sumber: [url]http://superavideo.wordpress.com

chynthia
04-09-2009, 03:25 PM
didominasi oleh pesawat-pesawat amerika kayaknya.

masarx
04-09-2009, 03:55 PM
mig koq ga ada boss ???? :blink:

chynthia
04-09-2009, 05:36 PM
^
^
^
ada tuh mig 15. emang si mig yang jaman kebo

valr1st
04-09-2009, 07:11 PM
sukhoi "su-27 " kmane yah padahal skrg jadi top 1 fighting pesawat tempur tuh

Rush_Sykes
04-09-2009, 11:04 PM
emang mustang paling keren dah!!

tresnadi
04-09-2009, 11:07 PM
2. F-15C Eagle[/B]
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/f-15c-eagle-625x450.jpg
Manufacturer: McDonnell Douglass
Power Plant: Two Pratt & Whitney F-100-PW-100 afterburning turbofans
Top Speed: Mach 2.5
Armament: One 20-mm cannon, four AIM-7F Sparrow and four AIM-9L Sidewinder missiles
Tak ada fighter lain dalam sejarah yang bisa mendekati kemampuan jenis Eagle. F-15 jauh lebih baik dari F-4 untuk akselerasi, manuver, dan handling.
Fakta, reputasi dari F-15 selama beroperasi di Operasi Pembebasan di Irak, Angkatan udara Saddam Hussein menolak mengudara. Mereka tahu F-15 akan dengan mudah menghancurkan mereka dalam sekejap di udara. [B]


:top:

pesawat film top gun nih.. klo list gw masuk nomor1 dah..

mbahedan
04-09-2009, 11:58 PM
8. Sopwith Camel
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/sopwith-camel-625x450.jpg
Manufacturer: Sopwith Aviation Company
Power Plant: Clerget rotary engine
Top Speed: 112 mph
Armament: Two Vickers .303 machine guns
Tercatat sepanjang operasionalny paling tidak telah menjatuhkan 1,200 pesawat terbang musuh, Sopwith Camel berhak dimasukkan ke salah satu terbaik fighter sepanjang masa. Desain yang solid, kurang menarik sih, namun semua orang setuju bahwa layak mendapat gelar fighter terbaik sepanjang masa. [B]

:top:

jadi inget sama red baron... tapi tingkat 3 sayapnya...

garuq
05-09-2009, 12:36 AM
ternyata dibalik tampilanx yg sederhana itu P-51D Mustang menyimpan histori yg segitu bykx yh..
salut bw TS..

el_fozi
07-09-2009, 09:32 AM
1. P-51D Mustang[/B]
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/p-51d-mustang-625x450.jpg
Manufacturer: North American Aviation
Power Plant: 1600 hp Packard-built Merlin 61 piston engine
Top Speed: 437 mph
Armament: Six wing-mounted .50-caliber machine guns
Dilengkapi dengan tangki eksternal memungkinkan Mustang terbang hingga sejauh 2.000 mil, membuatnya menjadi satu-satunya fighter yang mampu melindungi pesawat bomber sekutu untuk serangan jarak jauh.
Mustang melaksanakan tugasnya dengan sangat baik pada kemunculanny tahun 1944, Tingkat kecelakaan dan kematian bisa dikurangi hingga 75%. Pada kenyataan, P51S Amerika menghancurkan hampir 5,000 pesawat terbang musuh di Eropa ini membuatny menjadi fighter US yang memiliki skor terbanyak dalam operasi di Eropa



Saya pikir yang nomor pertama, SUkhoi punya..
ternyata pesawat jadul ya..
Judul threadnya sepertinya harus diubah gan, jadi "pesawat tempur terbaik di masanya"
karena kalau judul yang sekarang jadi ambigu gan, "sepanjang masa" berarti sampai jaman sekarang masih yang terbaik dung,...

cmiiw
:ngupil:

NuRaider
07-09-2009, 09:37 AM
Ni diurut berdasarkan apa yah... keknya pesawatnya ada di jaman yang berbeda.. :D

Toppa
07-09-2009, 10:07 AM
:top:

pesawat film top gun nih.. klo list gw masuk nomor1 dah..

http://www52.indowebster.com/c96a825750ec954810436a88effc8039.jpg
Bos pilem Top Gun pk F - 14 "Tomcat" sekilas memang mirip sm F - 15 tapi ada perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya, F-14 mempunyai sayap sayung dimana sayapnya dapat bergerak sebesar 30 derajat. Ketika akan mendarat sayapnya akan dilebarkan dan ketika sedang terbang maka sayap tersebut akan ditekuk.

Satu lagi F-15 hanya dipakai oleh USAF dan F-14 berdomisili di kapal induk yg otomatis ni kapal di pake oleh US NAVY.

Peringkatnya ga adil nie, masa Mitsubishi A6M Zero, sama Su-27 Family ga ada yg masuk? Trus Pesawat Legendaris Rusia MIG - 21 juga dicuekin?

erha
07-09-2009, 01:43 PM
Mitsubishi A6M Zero "Zeke" gak masuk gw rasa wajar. Soalnya walaupun dia mempunyai kemampuan manuver yg hebat tp soal daya tahan Zero sangat buruk, ketebalan body-nya tipis beda bila dibandingkan sm pesawat Wildcat AS (sama-sama tipe fighter AircraftCarrier) yg mempunyai armor lebih tebal tp kalah manuver.

F-14 memiliki sayap tekuk itu wajar karena hampir semua pesawat utk kapal induk itu memiliki sayap tekuk utk memperbanyak kapasitas muatan pesawat di kapal tsb.

Nah masalah Su-27 dan variannya ini gw juga bingung koq gak masuk, padahal menurut info dr majalah Angkasa, waktu latihan duel antara F-15C vs Su-27 (versi standar), F-15 kalah performa dibandingkan Sukhoi. (Makanya AS membuat F-22 Raptor dan F-35 JSF utk nandingin Sukhoi, dan dibalas Russia dgn membuat pesawat S-37 (Su-47) Berkut)

simkuring
07-09-2009, 02:47 PM
iya tuh sukhoi ga ada,,

Toppa
08-09-2009, 03:22 PM
Mitsubishi A6M Zero "Zeke" gak masuk gw rasa wajar. Soalnya walaupun dia mempunyai kemampuan manuver yg hebat tp soal daya tahan Zero sangat buruk, ketebalan body-nya tipis beda bila dibandingkan sm pesawat Wildcat AS (sama-sama tipe fighter AircraftCarrier) yg mempunyai armor lebih tebal tp kalah manuver.

Lah emang itu tujuannya, emang bodi zero sengaja dibuat seringan mungkin buat ngedongkrak manuver di udara. Amrik aja sampe pusing ngelawan ni pesawat. Kl ga gr2 ad zero yg jatoh en ms utuh, setelah itu br ketauan kelemahan dan kemampuan sesungguhnya dr zero. Sebagai catatan F -4F Wildcat memerlukan manuver khusus untuk melawan zero. Kehadiran P-51 Mustang memang bisa mengimbangi bahkan mengalahkan zero tapi kedatangannya terlambat, seri yg bener2 mumpuni yaitu seri P - 51 D br masuk tahun 1944 di akhir PD II.


F-14 memiliki sayap tekuk itu wajar karena hampir semua pesawat utk kapal induk itu memiliki sayap tekuk utk memperbanyak kapasitas muatan pesawat di kapal tsb.

Sayap sayung bos bukan tekuk, Tomcat adalah satu2nya pesawat Amrik yg mempunyai sayap sayung tp ni pesawat dah pensiun diganti dengan F/A-18 "Hornet".


Nah masalah Su-27 dan variannya ini gw juga bingung koq gak masuk, padahal menurut info dr majalah Angkasa, waktu latihan duel antara F-15C vs Su-27 (versi standar), F-15 kalah performa dibandingkan Sukhoi. (Makanya AS membuat F-22 Raptor dan F-35 JSF utk nandingin Sukhoi, dan dibalas Russia dgn membuat pesawat S-37 (Su-47) Berkut)

Yang diadu kan versi MKI bos, beda dunk sm versi SU 27 standar. Perbedaan yg keliatan bgt antara SU - 27 standar sm SU -30 MKI terletak pd "canard" atau sayap di bawah kokpit. Palagi teknologi Thrust Vektoring SU - 30 MKI jauh lebih bagus dr SU -27 standar.

(FYI : Seharusnya SU -30 MKI buat Indonesia sebelum krisis '99 melanda. Pembatalan pemesanan dari pemerintah akibat krismon menyebabkan Rusia menjualnya kepada India. Seri MKI ini bisa dibilang hampir setara dengan versi Rusia, tinggal gimana skill pilotnya doank si.)

namie04
08-09-2009, 06:08 PM
ini berdasarkan apa ya urutanya??
tapi keren2 bentuk nya dari pesawat jadul sampe pesawat jet

Narain
08-09-2009, 08:38 PM
[spoiler=] [
[COLOR=#000000]10. F-22 RAPTOR
http://military.discovery.com/technology/vehicles/fighters/images/fa22-raptor-625x450.jpg
Karena hampir tak kelihatan ke radar dan kelengkapan dari persenjataan F-22 Raptor, merupakan pesawat tempur USA generasi ke-empat,


bukannya raptor dah generasi ke lima y? :???:

erha
08-09-2009, 09:38 PM
Sayap sayung bos bukan tekuk, Tomcat adalah satu2nya pesawat Amrik yg mempunyai sayap sayung tp ni pesawat dah pensiun diganti dengan F/A-18 "Hornet".

kayaknya pengganti F-14 itu bukan F/A-18 deh, soalnya F/A-18 Hornet itu digantiin sm F/A-18 E/F Super Hornet. Pengganti F-14 itu adalah F-35 JSF yg dibuat utk 3 Angkatan (USMC bwt gantiin AV-8 Harrier, USAF bwt gantiin F-16, dan USNavy bwt gantiin F-14)

Toppa
09-09-2009, 01:02 AM
kayaknya pengganti F-14 itu bukan F/A-18 deh, soalnya F/A-18 Hornet itu digantiin sm F/A-18 E/F Super Hornet. Pengganti F-14 itu adalah F-35 JSF yg dibuat utk 3 Angkatan (USMC bwt gantiin AV-8 Harrier, USAF bwt gantiin F-16, dan USNavy bwt gantiin F-14)

Liat kodenya dunk bos F/A 18 (Fighter Attacker) ni dibuat untuk menggantikan 2 jenis pesawat yaitu F 14 sama EA 18 Prowler (recon + attacker + jammer). Sedangkan F/A 18 sendiri adalah disain "gagal" yg diajukan ke USAF namun diminati oleh US Navy. Program JSF dibentuk untuk mengganti F -15, AV-8, F/A-18 dgn maksud memangkas biaya produksi karena 1 jenis pesawat bisa digunakan oleh beberapa angkatan.

Memang modul JSF itu sama semuanya walaupun datang dari varian yg berbeda (STOL, VTOL atau normal), sehingga ketersediaan suku cadang lebih cepat dan ga terlalu memakan waktu serta biaya jika ada kerusakan. Oleh karena dibuat massal harga jual JSF bisa lebih murah ketimbang F 22 yg setara 15x APBN Indonesia perbuahnya.

F/A 18 E/F adalah seri "Super Hornet" pengembangan dari seri sebelumnya, mempunyai dimensi yg lebih besar dan peningkatan ada pada sistem avionik dan mesin.

Masih ga percaya juga? Browse google sekarang trus cr gbr2 kapal induk Amrik, kebanyakan pesawatnya F/A 18. Bandingkan dengan gbr kapal induk tahun 80 - 90an yg didominasi oleh Tomcat. JSF sendiri programnya br bener2 aktif sekitar tahun 2010an dan sudah mulai produksi tahun 2002. Selama kurun waktu tersebut pesawat apa yg mengisi kapal induk? Masa kapal induknya dibiarin kosong melompong ditinggal oleh Tomcat yg udah pensiun?

ayamgoreng
09-09-2009, 01:09 AM
itu si mustang ga nyangka yah gan

keliatannya jadul tp serem yah >,<
tp F 112 stealth fighter ga masuk yah gan

Toppa
09-09-2009, 02:42 AM
bukannya raptor dah generasi ke lima y? :???:

Betul Bos F 22 masuk ke generasi 5, Generasi 4 d itung dr tahun 1980 smp 2010
:smiley_beer:


itu si mustang ga nyangka yah gan

keliatannya jadul tp serem yah >,<
tp F 112 stealth fighter ga masuk yah gan

bukan F 112 bos, mungkin f 117? Yg mirip kecoa terbang kan?

Seperti ini?
http://www.csupomona.edu/~engineering/locators/profiles/img/f117.jpg

erha
09-09-2009, 02:53 AM
Liat kodenya dunk bos F/A 18 (Fighter Attacker) ni dibuat untuk menggantikan 2 jenis pesawat yaitu F 14 sama EA 18 Prowler (recon + attacker + jammer). Sedangkan F/A 18 sendiri adalah disain "gagal" yg diajukan ke USAF namun diminati oleh US Navy. Program JSF dibentuk untuk mengganti F -15, AV-8, F/A-18 dgn maksud memangkas biaya produksi karena 1 jenis pesawat bisa digunakan oleh beberapa angkatan.



yg bener itu EA-6 Prowler, fungsi utamanya itu buat Electronical Warfare. Bukannya F/A-18 itu pesawat multirole? kan kodenya Fighter-Attacker, sedangkan pesawat F-14 itu murni Fighter jd buat Air Superiority. Tp memang seri F-14 Tomcat itu sudah muncul bagian akhir konflik AS-Vietnam

Apa maksudnya itu EF-18 Growler? yg bwt gantiin EA-6B Prowler?

DwinZ
09-09-2009, 02:54 AM
hmm kok Night Hwak (sry klo salah nulis nama) ga masuk ya?padahal itu pesawat tempur terbaik menturut g, krn tidak bisa ketangkep radar :haha:

erha
09-09-2009, 03:00 AM
tp kelemahannya 1, kecepatannya itu lambat. Tp heran juga gw kodenya F-117 tp inikan pesawat Attacker harusnya kan A-117.

abukayla
09-09-2009, 09:40 AM
kok F-16 Fighting Falcon nggak masuk daftar ya? padahal banyak digembar-gemborin.

Toppa
09-09-2009, 01:55 PM
yg bener itu EA-6 Prowler, fungsi utamanya itu buat Electronical Warfare. Bukannya F/A-18 itu pesawat multirole? kan kodenya Fighter-Attacker, sedangkan pesawat F-14 itu murni Fighter jd buat Air Superiority. Tp memang seri F-14 Tomcat itu sudah muncul bagian akhir konflik AS-Vietnam

Apa maksudnya itu EF-18 Growler? yg bwt gantiin EA-6B Prowler?

Sori bos, maksudnya EA 6... maklumlah dh malem mn gelap2 lg pas nulisnya. Yup F- 14 memang murni fighter, tp karena desakan kebutuhan maka serang darat juga diperlukan dan F/A 18 masuk untuk mengisi kekurangan tersebut.

EF - 18 kan versi recon F/A 18 bos...

ngilerman
09-09-2009, 02:41 PM
hehe iya nih salah judul..

kalo terbaik sepanjang masa itu mustang apa masih bisa diadu sama f-22
kalo masalah skor itu kan dulu masa perang..

skarang kan udah jarang tembak"an diudara :P

erha
09-09-2009, 03:03 PM
Sori bos, maksudnya EA 6... maklumlah dh malem mn gelap2 lg pas nulisnya. Yup F- 14 memang murni fighter, tp karena desakan kebutuhan maka serang darat juga diperlukan dan F/A 18 masuk untuk mengisi kekurangan tersebut.

EF - 18 kan versi recon F/A 18 bos...

EF-18 Growler itu buat gantiin EA-6B Prowler (kodenyakan sama E)
The Boeing EA-18G Growler is an American carrier-based electronic warfare plane, a specialized version of the two-seat F/A-18F Super Hornet. It began production in 2007 and is slated for fleet deployment in 2009. The EA-18G will replace the US Navy's EA-6B Prowler.

lagipula bukannya kalo pesawat Recon itu kodenya "R" ? kayak RF-101 Voodoo yg turun di perang Vietnam

kazzel
09-09-2009, 03:08 PM
F-15 top gan:top:

ushimania
09-09-2009, 07:56 PM
fufu,mayan rame juga ini post

@toppa
F 14 tomcat satu2nya pesawat swept wing amrik? salah besar.udah tau pesawat F-111?
1 lagi, dah tau varian F-14D bombcat? itu varian serang darat tomcat

@momod
F-22 raptor? cman menang diatas kertas gan,blom battle proven itu pesawat mahal.

@erha
EF-18G growler dirancang memang buat gantiin EA 6B prowler,sebagai pesawat jamming.


btw dah pada tau klo radar F-22,F-35,dan pesawat2 generasi ke 5 bisa buat jamming juga? :siul: pake sistem AESA :haha:

Bagus23
09-09-2009, 08:08 PM
Gilee...
Mana Indonesianya....

Toppa
09-09-2009, 08:52 PM
EF-18 Growler itu buat gantiin EA-6B Prowler (kodenyakan sama E)

lagipula bukannya kalo pesawat Recon itu kodenya "R" ? kayak RF-101 Voodoo yg turun di perang Vietnam

itulah bos, sekarang Amrik tu hobi bgt bikin yg "in one"2x dah kayak kopi instant aja, kalo dulu nyerang pake berbagai tipe pesawat seperti fighter bwt air superiority, bomber bwt ngebom dan laen2, sekarang pikiran Amrik kalo bisa 1 pesawat untuk semua knp ga? Keluarlah varian2 multirole seperti F -16, F/A 18 dll. Kna imbas jugalah yg versi2 recon skalian bwt ngejam seperti E 2C Hawkeye atau Orion (lupa kodenya)



@toppa
F 14 tomcat satu2nya pesawat swept wing amrik? salah besar.udah tau pesawat F-111?


Kurang satu lagi bos, B-1 B Lancer juga sayap sayung. Tapi advark(bener g si tulisannya?) nie kurang begitu populer, masuk dinas tahun 1967 dan pensiun tahun 1998, lagian juga ni varian bomber attacker (nah lo koq kodenya F?) Saat ini satu2nya pengguna advark di dunia adalah Australia. D amrik sendiri nie pesawat digeser oleh F-15 E.

Tapi tetep, sayap sayung yg paling populer d amrik tu ya F-14. Sampe ada Farewell Flight ketika ni pesawat mo pensiun. Duh, ga ad yg doyan sm pesawat Rusia y? Pdhl pesawatnya antik2 tu....

O iya Tomcat kan ada 4 varian mulai dari seri A - D, Seri A juga dimiliki oleh Iran dan merupakan satu2nya negara di luar Amrik yg punya ni pesawat. Denger2 si Tomcat Iran dah aneh2 senjatanya gabungan dari senjata Barat, Cina dan Iran sendiri. G tau deh gimana modifikasinya

ayamgoreng
09-09-2009, 10:53 PM
iye bener F117 stealth fighter

ini pesawat plg sering di pake wat mata2 gara bentuk nya kayak kecoak lbh kecil trus bis itu dia ga terdeteksi ama radar , jrg di pake wat tempur udara . and selalu di pake wat nembak di darat --a . coz salah satu keunggulan nigh kapal mampu menghancurkan bunker kok . soallnya ledakan rudal yg di pake ama nih kapal meledaknya kedalam . jd istilahnya " bunker buster " . katanya waktu perang teluk ama perang irak nih pesawat sebagai pembersih lo . coz ga ada ledakan nnya yg keluar tp kedalam semuanya . di luar tampak utuh tp di dalam ud kayak penggusuran kwowkokowk

chevalier_all
09-09-2009, 11:07 PM
Giini bos, best plane ever tu banyak faktor, banyak kriteria, banyak sejarah

kalo menurut gw bomber terbaik tu diliat dari apa dolo? bisa stealth tapi bawa bom dikit percuma, bawa bom banyak tapi badan gambot percuma, so? ga bisa dijawab..

fighter/interceptor terbaik? mig-21 fishbed bagus, f-22 raptor sarat teknologi, f-4 phantom meskipun di gesek terus ama fishbed di vietnam tapi tetep paling laris dari semua pesawat yang perna dibuat di amerika, so gimana lagi bingung kan?

kalo menurut gw ya, dari pada bingung2 mending coba bro sekalian tengok ni pesawat UAV (Unmaned Aerial Vehicle)

yang lagi hot2 nya tu UAV PREDATOR MQ-1 buatan General Atomics

"muncul dibalik awan, nembak rudal hellfire, balik lagi ke awan, gone with the wind"

http://www.cra.com/img/interface/VerideoLarge.jpg

http://www.scientistsolutions.com/data/Editor/c07f10a9-939c-45a6-be02-829cbf4a3f29/image/predator-reaper-uav.jpg

http://images.pennnet.com/articles/mae/thm/th_0509mae_special05.jpg


yang ini cocok buat bomber/scout kayanya Global Hawk namanya
http://www.silentthundermodels.com/images/desktop/military/globalhawktuxedo2.jpg


tanpa awak, tanpa resiko, ringan, bisa terbang jauh, murah... lengkap kan bos? mau dimodif jadi scout ok, interseptor ok (meskipun masi kalah ama pesawat awak macem f22, tapi kedepannya yakin gw pesawat UAV gini bakal dipake), jadi bomber ok2 aja..

uda banyak komandan2 taliban mati ama PREDATOR...
deadly kan?


:smiley_beer::smiley_beer::smiley_beer::smiley_bee r::smiley_beer:

ayamgoreng
09-09-2009, 11:13 PM
salah nya pesaat UAV , perawatannya lbh mahall di banding yg lain , karena dia menggunakan teknologi AI ( Artifact Inteligent ) yg di kendalikan secara penuh oleh Comand center dan hanya bisa di rawat oleh para ahli di bidang AI , makanya sedikit di produksi .

tp beda lho bro Bomber ama fighter

kalau BOmber gw suka ama pesawat B 112 spirit Bomber , yg sring bawa nuklir , badan gede tp fleksibel , anti radar tingkat 4 , kecepatan sama kayak supersonic aurora , kalau bawa nuklir cmn 2 rudal maksimal , tp kalau bawa rudal drop ampe ratusan kwokwowkwokwkok . dan mampu mendrop bomb di ketinggian 17.000 kaki atau 4 kali lbh tinggi dr pesawat bomber biasa dan ke akuratan mencapai 95 % .

ngagegalih
09-09-2009, 11:27 PM
Sukhoi 27 mana bos kok ga ada, satu-satunya pesawat yang basis rancangannya dijadikan pengembangan pesawat Sukhoi terbaru semisal SU-37 dan prototipe SU-47,kalo dipake terus kan berarti sudah teruji ketangguhannya

Indonesia punya 10 skuadron dah rata negara yang klaim-klaim budaya Indonesia:th_102_:

Toppa
09-09-2009, 11:49 PM
salah nya pesaat UAV , perawatannya lbh mahall di banding yg lain , karena dia menggunakan teknologi AI ( Artifact Inteligent ) yg di kendalikan secara penuh oleh Comand center dan hanya bisa di rawat oleh para ahli di bidang AI , makanya sedikit di produksi

Loh bukannya UAV lebih murah? Pk remote control yg dikendaliin pilot dr pangkalan, pilotnya bisa smbl ngemil2 ato becanda ma temennya, cape ato pengen ke wc? Ngacir aja langsung, tar tinggal di gantiin ma tmnnya de :D

Ad si yg pk AI cm biasanya cm buat pengintaian doank, kl dah ngejar2 target biasanya digantiin pilot beneran, lagian juga kl jatoh anggap aja lg maen gim trus Game Over.



tp beda lho bro Bomber ama fighter

kalau BOmber gw suka ama pesawat B 112 spirit Bomber , yg sring bawa nuklir , badan gede tp fleksibel , anti radar tingkat 4 , kecepatan sama kayak supersonic aurora , kalau bawa nuklir cmn 2 rudal maksimal , tp kalau bawa rudal drop ampe ratusan kwokwowkwokwkok . dan mampu mendrop bomb di ketinggian 17.000 kaki atau 4 kali lbh tinggi dr pesawat bomber biasa dan ke akuratan mencapai 95 % .

B2 kali bos? Emang si ni pesawat mayan tambun.
Nuklir 2 biji? ga juga ah liat aja bawaan ni pesawat

2 Bomb Bay Internal dengan bobot maximum 22,700 kg yg bisa dipersenjatai oleh bom berikut (semuanya diisi salah satu jenis dari bom yg ada di daftar di bawah ini)

80 x 227 kg bom MK 82
36 x 341 kg bom CBU
16 x 907 kg bom MK 84, JDAM, atau JDAM 102
16 bom B61 atau B 83 (Nuklir)

gbrnye....
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/47/B-2_Spirit_original.jpg/800px-B-2_Spirit_original.jpg

ayamgoreng
10-09-2009, 12:56 AM
kwokwwok 16 biji kwwkowkwwkkw , tp tuh katanya pesawatt nya xrtra mahall yah

Toppa
10-09-2009, 11:22 AM
di bandingin F 22 ms lebih "murah" B -2. Tp semurah2nya ni pesawat, harganya cukup buat biaya pensiun dini cuy....

:haha:

raptor
10-09-2009, 11:42 AM
didominasi oleh pesawat-pesawat amerika kayaknya.


biasa jack..propaganda...

blacksheep
10-09-2009, 12:16 PM
biasa jack..propaganda...
aduh akang kagak usah di propaganda amrik memang udah hebat dari dulu
ini baru pesawatnya belum aircraft carrier nya

ayamgoreng
10-09-2009, 09:38 PM
kan ampir rata2 seluruh senjata yg ada didunia cmn ada 2 pembuat

amerika dan rusia

85e
11-09-2009, 06:48 PM
Lho... sukhoi-nya mana???

Jangan mau dicuci otaknya ama kedigdayaan amerika, ada satu negara lain juga nggak kalah hebatnya, cuma nggak terekspos pesawatnya...

Berimbang donk TS.

erha
11-09-2009, 07:32 PM
Sukhoi (yg versi Su-27 dan variannya) kan gak pernah memenangkan pertempuran yg sesungguhnya jd belum "battle proven"

plg kalo mau Su-24 ato Su-25 pesawat CAS, sekelas A-10 Warthdong USAF, yg dipake bwt hajar bangsa Afghanistan ketika USSR menginvasi Afganistan

85e
11-09-2009, 08:57 PM
plg kalo mau Su-24 ato Su-25 pesawat CAS, sekelas A-10 Warthdong USAF, yg dipake bwt hajar bangsa Afghanistan ketika USSR menginvasi Afganistan

Yang itu menurut gw pembantaian... g bs disebut battle proven... kalo adep2an - dogfight - nhaa... itu baru battle proven

erha
11-09-2009, 09:11 PM
pesawat Su-24/Su-25 itu CAS (Close Air Support) pesawat yg digunakan utk membantu para infanteri yg ada di darat. Tujuan utama itu bwt ngancurin tank, infanteri, dan pertahanan musuh. Tp jgn salah bnyk juga koq Su-24/Su-25 yg tumbang kan waktu itu Amerika Serikat mengirimkan rudal panggul Stinger ke Afganistan bwt ngehajar pesawat dan helikopter USSR

silentlone
11-09-2009, 10:50 PM
wiiiih, ternyata amarika gk usah d'ragukan lagi soal kekuatan angkatan udaranya
:onion-86::onion-86::onion-86:

ayamgoreng
11-09-2009, 11:42 PM
ya mereka menggangap sebagai polisi dunia makanya angakat senjatanya tangguh2 tp kenapa waktu invasi irak mk bantuan sekutu yah ==a

pd hal waktu invasi irak semua jenis peswat mulai dr Fighter ampe bomber di kerahkan ==a

Lyco
12-09-2009, 01:39 AM
Yang itu menurut gw pembantaian... g bs disebut battle proven... kalo adep2an - dogfight - nhaa... itu baru battle proven

pesawat A-10/Su-25 mo dogfight lawan fighter :lol:?

rdpdpdpdp
12-09-2009, 05:58 AM
Pesawat pesawat jaman dulu yg mantap :top:

kampredh
12-09-2009, 08:00 AM
amrik-rusia emang masih rival yah?
tu bedua yang produksi besar kan?

Lyco
19-09-2009, 06:58 PM
amrik-rusia emang masih rival yah?
tu bedua yang produksi besar kan?

yang produknya bersaing sih memang dua negara itu sekarang
baru diikutin negara2 Eropa lainnya

ryomin
20-09-2009, 12:46 PM
wah,, pswat tempurny kren2 :top:

ginting_suka
24-09-2009, 08:22 PM
Pesawat yang dibuat IPTN kok ngak ada bro? Layak dimasukkan juga lho:piss:

Lyco
24-09-2009, 08:23 PM
Pesawat yang dibuat IPTN kok ngak ada bro? Layak dimasukkan juga lho:piss:

produk IPTN itu sih bukan pesawat tempur :swt:

chynthia
24-09-2009, 09:10 PM
Gatotkaca maksudnya (Gatot = gagal total):hahai::hahai:
Tapi paling mantep UAV lah. G liat di Discovery, UAV nya ngiter di langit afganistan, pilotnya sambil minum coca cola di California.

tydushikari
24-09-2009, 09:48 PM
sukhoi keren tuh....bisa manufer ular cobra.....

aviant_greek
26-09-2009, 11:19 PM
Bro, ko Messerschmitt Bf 109 ga masuk c?
Ni kan termasuk salah satu pesawat tempur fenomenal pas PD2
kalo Supermarine Spitfire ama P-51 Mustang aja masuk, ane ga terima kalo Bf 109 ga masuk.
Mereka bertiga kan kaya the big 3 selama PD2, dengan catatan riwayat pertempuran Bf109 jauh lebih panjang daripada Spitfire, apalagi ma P-51 yang baru masuk pas tahap-tahap akhir PD2

Toppa
26-09-2009, 11:33 PM
jangankan bf 109 bos, Zero aja ga masuk. Pdhl kan ni pesawat bikin gentar pilot amrik di front asia. Cm sayangnya pas akhir PD II ni pesawat dipake bwt misi kamikaze krna keabisan pilot. kayaknya yg bikin listnya org amrik de, abis pesawatnya kebanyakan dr sana si....

Azz
27-09-2009, 05:28 AM
yg nomor 2 paling nagus lo gan :piss:

iy4nk
27-09-2009, 08:37 AM
iya tuh pesawat yg dipake jepang pas nyerang pearl harbour kok gak masuk sih....

Lyco
27-09-2009, 09:13 PM
yah bagusnya dis disesuain ama jaman masing2 :top:

biar adil

gecd
27-09-2009, 09:41 PM
zero ga masuk pesawat terbaik ternyata:madesu:
seharusnya kategorinya lebih diperinci lagi tuh

s_omeone4us
29-09-2009, 05:46 PM
:top:

pesawat film top gun nih.. klo list gw masuk nomor1 dah..

top gun bukannya f14??

s_omeone4us
29-09-2009, 05:57 PM
Mitsubishi A6M Zero "Zeke" gak masuk gw rasa wajar. Soalnya walaupun dia mempunyai kemampuan manuver yg hebat tp soal daya tahan Zero sangat buruk, ketebalan body-nya tipis beda bila dibandingkan sm pesawat Wildcat AS (sama-sama tipe fighter AircraftCarrier) yg mempunyai armor lebih tebal tp kalah manuver.

F-14 memiliki sayap tekuk itu wajar karena hampir semua pesawat utk kapal induk itu memiliki sayap tekuk utk memperbanyak kapasitas muatan pesawat di kapal tsb.

Nah masalah Su-27 dan variannya ini gw juga bingung koq gak masuk, padahal menurut info dr majalah Angkasa, waktu latihan duel antara F-15C vs Su-27 (versi standar), F-15 kalah performa dibandingkan Sukhoi. (Makanya AS membuat F-22 Raptor dan F-35 JSF utk nandingin Sukhoi, dan dibalas Russia dgn membuat pesawat S-37 (Su-47) Berkut)

1. zero bukannya pesawat jepang yang paling ditakuti sama US waktu perang pasifik >> sebelum era p51 Mustang??
gw baca di majalah luar kalo bekas pilot p40 coba nerbangi Zero , dia bilang Zero sangat manuverable, dan jauh mengunnguli P40

2. Swept wing dan sayap lipat beda bro..cari deh di google

mrjoj0
07-10-2009, 04:11 AM
seru juga disini.
buat penulisnya, gw setuju sm yg lain2. diperjelas dong kategorinya.
"terbaik di zamannya" atau "sepanjang masa"

kalo "sepanjang masa"....ranking 1 dari list sampeyan jelas gak ada apa2nya dong, kalo dibandingkan dengan UAV ato setidaknya sukhoi milik TNI AU.... hehehhe

tonde104
07-10-2009, 07:20 AM
lha kok yg nomor 1 kecepatannya ga sampe 1 Mach .... ?

hojoin
07-10-2009, 05:05 PM
Mig ad d list jg..
emang keren tuh pesawat..
Wew..
Raptor ad d urutan terakhir??

trinks
07-10-2009, 06:36 PM
P-51D Mustang.....:top:

the best killer pada eranya..

Mitsuyama
08-10-2009, 09:57 PM
keren" dan menabjubkan...
:niceinfo: :lol::lol:

valenciareyza
09-10-2009, 11:46 PM
seru juga disini.
buat penulisnya, gw setuju sm yg lain2. diperjelas dong kategorinya.
"terbaik di zamannya" atau "sepanjang masa"

kalo "sepanjang masa"....ranking 1 dari list sampeyan jelas gak ada apa2nya dong, kalo dibandingkan dengan UAV ato setidaknya sukhoi milik TNI AU.... hehehhe

:ehem: paling enggak kita harus bangga dengan indonesia=======, cos meskipun sedikit kalo menurut ane pswt TNI AU cukup banyak modelnye mulai dari hawk100/200, sukhoi 27, F-5 tiger, F-16======:piss:

aviant_greek
10-10-2009, 10:46 AM
Iya mestinya dibikin per jaman aja,
sepanjang PD1, PD2, perang korea, perang vietnam, dll gitu
kalo bener2 spanjang masa susah atuch,
coba aja P-51D yang terhebat (kata'a) spanjang PD2 disuru tanding lawan MiG-21'a pas perang vietnam
Mana ada Sopwith Camel pula, pas PD1 c hebat, tapi skarang c cuma buat latih tembak aja x.

Trus kriteria buat masuk kategori terhebat'a juga ga jelas, apa berdasarkan kill rate? tapi dijamin pesawat2 setelah PD2 ato perang vietnam langsung anjlok secara jarang tempur, berdasarkan speed, manouverability?

:piss:

aviant_greek
10-10-2009, 10:49 AM
@valenciareyza
bukan'a mao ga nasionalis, tapi kalo cuma punya pesawat aja c jangan bangga dulu, gimana persenjataan'a? gimana sistem avionik dan radar'a?
mana skarang uda jaman rudal BVR (Beyond Visual Range), pas perang pilot AURI masih adem ayem belom ada musuh, tiba2 rudal di depan mata

Daripada beli2 pesawat tempur, mending indo kuatin di sistem radar ama pertahanan anti-aircraft aja, jadi yang pesawat tempur asing yang ke indo, walao ga ada yang cegat juga males masuk indo.

DeanowinG
10-10-2009, 05:21 PM
gak ada pesawat tempur buatan Indonesia......
di Indonesia pesawatnya bukan hancur karna berperang, tapi karena cuaca buruk!

Lyco
10-10-2009, 07:17 PM
@valenciareyza
bukan'a mao ga nasionalis, tapi kalo cuma punya pesawat aja c jangan bangga dulu, gimana persenjataan'a? gimana sistem avionik dan radar'a?
mana skarang uda jaman rudal BVR (Beyond Visual Range), pas perang pilot AURI masih adem ayem belom ada musuh, tiba2 rudal di depan mata

Daripada beli2 pesawat tempur, mending indo kuatin di sistem radar ama pertahanan anti-aircraft aja, jadi yang pesawat tempur asing yang ke indo, walao ga ada yang cegat juga males masuk indo.

lol pesawat asing sering kok bikin black flight di Indo.
yang miris mungkin insiden dua F-16 yang ketemu Aircraft Carrier.
dua F-16 itu malah mengalah setelah dicegat F-18

susahnya punya militer yang nggak kuat ya begitu...

boku
10-10-2009, 07:30 PM
erm..koq malah pesawat yang paling bagus di peringkat ke-10 :???:
ini urutannya makin gede makin bagus gitu :panik:

b3ll47r1x
10-10-2009, 08:33 PM
P-51D Mustang itu sejarahnya pake mesin mobil mustang ya?

laut_lep4s
10-10-2009, 08:44 PM
wow F-22 RAPTOR :blink:

itu pesawat idaman saya :hehe:

hojoin
10-10-2009, 08:57 PM
btw..
bukanx Indonesia punya Pesawat tempur keren jg yang bs b'henti d udara sesaat sehingga saat di kejar musuh justru bs berbalik mengejar musuh..
Q lupa nama nya..
tapi yng pernah d tayangkan di berita..
n kepala nya bisa di pisah dengan body nya..
ad yang tw?

Lyco
10-10-2009, 09:12 PM
P-51D Mustang itu sejarahnya pake mesin mobil mustang ya?

ngaco :swt:

itu sih kebetulan aja nama keduanya sama....

mana bisa mesin mobil dipakai buat pesawat terbang :lol:

laut_lep4s
10-10-2009, 09:30 PM
iya masa kendaraan mustang disamain mesinnya ama pesawat :swt:

gimana bisa jalan tuh :hahai:

chynthia
10-10-2009, 11:41 PM
Indonesia punya ya seri F. Setahu g, seri F (Fighter) itu punya AS kan? bukannya Indo perna diembargo senjata ama AS? jadi beli nya ke Rusia yang sukhoi sukhoi gitu. Terus kalo masalah avionics, setahu saya setiap negara memodifikasi sendiri sesuai kebutuhan. jadi pesen pesawat, terus avionics nya dimodif sendiri. gitu bukan si?

hojoin
11-10-2009, 12:09 AM
oh..
nah itu dia nama nya..
Sukhoi..
kata tmn Q yg addict ma Peralatan perang dr namanya pesawat,kapal selam,tank,senjata2, dll dh (pokok nya yg berhubungan dengan perlengkapan perang)

Sukhoi termasuk kapal tempur paling canggih karena gak bisa di kejar..
ada dalam posisi di kejar sekalipun dia bisa menjadi pengejar..

Ngeri banget ya??
btw,,tp klo d beli gak d pake sayang bgt ya..

Noctis88
11-10-2009, 12:13 AM
^
sukhoi indo ompong tp bro..
gk ada rudalnya T_T

Lyco
11-10-2009, 12:14 AM
Indonesia punya ya seri F. Setahu g, seri F (Fighter) itu punya AS kan? bukannya Indo perna diembargo senjata ama AS? jadi beli nya ke Rusia yang sukhoi sukhoi gitu. Terus kalo masalah avionics, setahu saya setiap negara memodifikasi sendiri sesuai kebutuhan. jadi pesen pesawat, terus avionics nya dimodif sendiri. gitu bukan si?

umumnya sih memang US yang pakai F
Indo juga sebenarnya dulu beli ke Inggris dll, cuma saat di embargo ya negara2 Eropa sepakat nggak menjual military things ke Indo...

Beli ke Russia itu juga lebih ke arah harga pesawatnya yang lebih murah dari barat punya , itu juga cuma beli 4 tanpa senjata...
avionik pesawat sih bisa diganti2 sesuai kebutuhan, tinggal kuat2an uang aja buat upgradenya...nggak ada uang ya terima standar pabrikan aja, termasuk tampilan huruf2 Cyrillic-nya
:haha:

chynthia
11-10-2009, 12:18 AM
@hojoin:
yakin lu Sukhoi gak ada yang bisa ngejer? pesawat amrik kenceng-kenceng lho. belum pesawat Cina yang seri Chengdu macam JF-17. cuman kalo yang peswat Cina si gak terlalu banyak kedengeran. Negara ambisius macam Iran aja mo beli ni pesawat.
http://en.wikipedia.org/wiki/JF-17_Thunder

Trus perkara bisa berhenti tiba-tiba di udara, itu ma uda dari dulu. Itu kan cuman rem udara? CMIIW

Lyco
11-10-2009, 12:25 AM
oh..
nah itu dia nama nya..
Sukhoi..
kata tmn Q yg addict ma Peralatan perang dr namanya pesawat,kapal selam,tank,senjata2, dll dh (pokok nya yg berhubungan dengan perlengkapan perang)

Sukhoi termasuk kapal tempur paling canggih karena gak bisa di kejar..
ada dalam posisi di kejar sekalipun dia bisa menjadi pengejar..

Ngeri banget ya??
btw,,tp klo d beli gak d pake sayang bgt ya..


btw ini Sukhoi yang mana dulu nih :swt:
soalnya itu kan nama pabrikan, bukan nama pesawatnya

klo tmn u bilang pesawatnya MiG-25 / MiG-31 nggak terkejar mungkin bisa dipahamin :haha:

tp klo dari pabrikan Sukhoi baru denger...

MiniMaximA
11-10-2009, 03:38 AM
Wow ada starscream ama skyfire.
Hebat hebat cuy.

debuja
11-10-2009, 05:15 AM
sukhoi dari rusia.malaysia juga ada, beli dari rusia

angelzinc
11-10-2009, 08:40 AM
buset dahh kebanyakan buatan USA itu
salut dahh buat USA
semoga maju terus dan tak bisa di kalahkan :top:

hojoin
11-10-2009, 11:30 AM
@All:
maksud nya gak terkejar itu adalah rem udara dy yg membuat dy sehingga di kejar sekalipun membuat dy jadi posisi pengejar..
bukanx karena kecepatanx sukhoi yg extreme gitu kyak MIG..

@cynthia: yapz.. rem udara nya tuh yg buat sukhoi keren..

aduh..maap2 klo smwx slah tanggap..
Q jg se yg salah memilih kata2..
maklum bingung euy ama kata2 nya..

andi msc
11-10-2009, 12:17 PM
buset dahh kebanyakan buatan USA itu
salut dahh buat USA
semoga maju terus dan tak bisa di kalahkan :top:

usa emang terkenal teknologinya

tapi jepang juga loh..

sayang jepang gak ngerakit pesawat..

cuba ada... :hehe:

chynthia
11-10-2009, 04:58 PM
@hojoin:
gakada yang marah koq, ampe minta minta maap.:hahai::hahai:

Btw, bukannya MIG itu sukhoi? ato beda ya? mohon pencerahannya para master.

@atas gw:
jepang bikinya bukan pesawat, cuman robot macem apa th namanya. yang suka dibikin koleksi. guntam ato apalah.

Lyco
11-10-2009, 05:50 PM
@All:
maksud nya gak terkejar itu adalah rem udara dy yg membuat dy sehingga di kejar sekalipun membuat dy jadi posisi pengejar..
bukanx karena kecepatanx sukhoi yg extreme gitu kyak MIG..

@cynthia: yapz.. rem udara nya tuh yg buat sukhoi keren..

aduh..maap2 klo smwx slah tanggap..
Q jg se yg salah memilih kata2..
maklum bingung euy ama kata2 nya..

jangan2 yang dimaksud tmn u manuver Pugachev’s Cobra Flanker :swt:


usa emang terkenal teknologinya

tapi jepang juga loh..

sayang jepang gak ngerakit pesawat..

cuba ada... :hehe:

Jepang ada kok, biarpun masih terbatas
Mitsubishi F-1 & F-2

Mitsubishi F-2
http://www.aerospaceweb.org/aircraft/fighter/fsx/fsx_22.jpg

biarpun lisensi dari F-16 + upgrade

aviant_greek
11-10-2009, 10:24 PM
@hojoin:
gakada yang marah koq, ampe minta minta maap.:hahai::hahai:

Btw, bukannya MIG itu sukhoi? ato beda ya? mohon pencerahannya para master.

@atas gw:
jepang bikinya bukan pesawat, cuman robot macem apa th namanya. yang suka dibikin koleksi. guntam ato apalah.

Jepang bikin psawat tempur emang dikit, tapi kalo uda serius perang, tar tu psawat bisa mendarat trus brubah jadi robot. Jadi inget macross :hahai:

kalo jepang bener bisa bikin robot macem gundam, trus ikut perang dunia, ada yang bisa lawan ga ya? orang jepang kan jago2 perang smua. wong alien ato orang jahat yang mao nguasain dunia, pasti ngincer jepang duluan, padahal uda tau disana banyak super sentai, kamen raider, gundam dll, yang bodo sapa ya :piss:

Lyco
12-10-2009, 12:19 AM
Sayang yang ini kalah di kompetisi

padahal desain ekornya unik

http://www.titantalk.com/forums/attachments/off-topic-discussion/68202d1226671873-new-military-jet-f-37-yf23.jpg

aviant_greek
13-10-2009, 07:25 PM
Btw, bukannya MIG itu sukhoi? ato beda ya? mohon pencerahannya para master.



MiG dan Sukhoi tu beda, tepat'a tu 2 pabrik pembuat pesawat tempur yang paling terkenal di Rusia (walo skarang MiG uda mule turun pamor kalah ama sukhoi)

MiG kepanjangan dari Mikoyan-Gurevich, uda ada mule dari jaman perang korea, inget MiG 15 kan, pas perang vietnam juga bikin repot USAF dengan MiG 21, dimana pilot US baru bisa tempur seimbang setelah F-4 muncul di vietnam

kalo masih bingung, kira2 analogi'a sama kaya pabrik Honda ama pabrik Toyota, walo sama-sama bikin mobil tapi kan beda pabrik (eh Honda ama Toyota beda pabrik kan, jangan2 gw juga salah :nongol:)

skalian nambahin, pesawat2 tempur US yang F-14, F-15 walo smua'a pake depan'a F bukan brati tu 1 pabrik, tu emang kode US F=Fighter A=Attacker B=Bomber, contoh'a F-16, F/A-18 ama B-2

F-14 --> Northrop Grumman
F-15 --> McDonnel Douglas
F-16 --> General Dynamics / Lockheed Martin
F-18 --> McDonnel Douglas

ada yang tau F-17, F-19, F-20 ama F-21 kaya apa ga ya? ko loncat aja

Lyco
13-10-2009, 07:49 PM
MiG dan Sukhoi tu beda, tepat'a tu 2 pabrik pembuat pesawat tempur yang paling terkenal di Rusia (walo skarang MiG uda mule turun pamor kalah ama sukhoi)

MiG kepanjangan dari Mikoyan-Gurevich, uda ada mule dari jaman perang korea, inget MiG 15 kan, pas perang vietnam juga bikin repot USAF dengan MiG 21, dimana pilot US baru bisa tempur seimbang setelah F-4 muncul di vietnam

kalo masih bingung, kira2 analogi'a sama kaya pabrik Honda ama pabrik Toyota, walo sama-sama bikin mobil tapi kan beda pabrik (eh Honda ama Toyota beda pabrik kan, jangan2 gw juga salah :nongol:)

skalian nambahin, pesawat2 tempur US yang F-14, F-15 walo smua'a pake depan'a F bukan brati tu 1 pabrik, tu emang kode US F=Fighter A=Attacker B=Bomber, contoh'a F-16, F/A-18 ama B-2

F-14 --> Northrop Grumman
F-15 --> McDonnel Douglas
F-16 --> General Dynamics / Lockheed Martin
F-18 --> McDonnel Douglas

ada yang tau F-17, F-19, F-20 ama F-21 kaya apa ga ya? ko loncat aja

setahu wa yah
yang
F-17 itu tadinya YF-17 Cobra > kalah kompetisi lawan YF-16 kemudian di tawarin ke AL jadilah F-18 Hornet
F-19 nggak jelas, ada yang bilang prototype stealth fighter.
F-20 Tigershark, versi upgrade dari F-5 dengan satu engine. Yang lebih ditujukan ke pasar ekspor. gagal meraih sukses namanya tenggelam...
F-21 dipakai buat nama lain Kfir di U.S.