PDA

View Full Version : 5 Senjata Buatan Indonesia yang Di Ekspor ke Luar Negri



PawCyborg10
02-04-2013, 12:04 AM
Pertama-tama maaf kalau udah ada yang ngepost ini

Ada beberapa senjata militer buatan Indonesia yang ternyata juga di Jual ke luar nergri dan diminati banyak negara di dunia mau tahu senjata apa aja itu.

Indonesia memang sering membeli senjata dari luar nergri namun senjata buatan dalam negeri pun ternyata gak kalah bagus dari buatan luar negeri terbukti banyak senjata buatan dalam negeri yang juga di taksi militer negara lain. Nah kamu mau tahu senjata apa aja buatan Indonesia yang dijual ke luar nergri, simak 5 Senjata Butaan Indonesia Yang Dijual ke Luar Negri berikut ini seperti dikutip dari situs merdeka.com.

1. 260 Kepala roket ‘Smoke Warhead’ diekspor ke Cile
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/26/168502/paging/540x270/260-kepala-roket-039smoke-warhead039-diekspor-ke-cile-rev3.jpg

Salah besar jika Anda memandang sebelah mata senjata produksi dalam negeri. Sebab, senjata yang dihasilkan putra putri terbaik bangsa nyatanya dilirik oleh negara asing.

Rencananya, akhir Maret ini 260 unit kepala roket jenis smoke warhead segera diekspor ke Cile. Alutsista itu merupakan buatan PT Sari Bahari dari Ngalam, Malang, Jawa Timur.

Kualitas Smoke Warhead diakui mengalahkan produk serupa buatan pabrikan sejumlah negara maju, di antaranya; Amerika Serikat dan Rusia. Smoke Warhead adalah kepala roket dengan diameter 70 mm dan cocok dipasangkan dengan roket pasangan pesawat seperti Super Tucano.

Smoke Warhead akan memberikan informasi kepada pilot soal posisi jatuh roket dengan cara mengeluarkan asap selama dua menit saat roket jatuh ke tanah. Smoke Warhead telah diproduksi sejak tahun 2000. Hingga kini, sudah lebih dari 3.000 Smoke Warhead yang dipesan TNI.

2. Pesawat CN 235-MPA diekspor ke Korsel
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/26/168502/paging/540x270/pesawat-cn-235-mpa-diekspor-ke-korsel-rev3.jpg

Pesawat CN 235 jenis Maritime Patrol Aircraft (MPA) produksi PT Dirgantara Indonesia menjadi salah satu Alutsista yang diminati negara lain.

Pada 2011-2012 lalu, PT DI memenuhi permintaan Korea Selatan yang memesan empat pesawat itu melalui kontrak yang ditandatangani pada 2008 dengan nilai total USD 94,5 juta. Pesawat yang merupakan modifikasi dari CN-235 itu, cocok untuk melakukan patroli perairan di samping bisa difungsikan untuk angkutan personel.

Di tahun yang sama, PT DI juga mengekspor pesawat CN 235 jenis pesawat angkut militer VIP, ke Senegal, Afrika.

CN-235 MPA Versi Patroli Maritim, dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan misi (mulai mendekati fase operasional dan hadir dalam Singapore Airshow 2008). Pada Desember 2009 diumumkan bahwa TNI AL membeli 3 unit CN-235 MPA sebagai bagian dari rencana memiliki 6 buah pesawat MPA sampai tahun 2014.

CN-235 MPA menggunakan sistem Thales AMASCOS, radar pencari Thales/EADS Ocean Master Mk II, penjejak panas (thermal imaging) dari Thales, Elettronica ALR 733 radar warning receiver, dan CAE’s AN/ASQ-508 magnetic anomaly detection system. Pesawat ini juga akan mengakomodasi Rudal Exocet MBDA AM-39 atau torpedo ringan Raytheon Mk 46.

3. Fast Patrol Boat diekspor ke Timor Leste
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/26/168502/paging/540x270/fast-patrol-boat-diekspor-ke-timor-leste-rev3.jpg

Putra putri terbaik bangsa di PT PAL telah berhasil membuat kapal perang jenis patroli cepat (Fast Patrol Boat). Rupanya, Alutsista buatan dalam negeri itu telah membuat negara tetangga, Timor Leste, kepincut.

Pada 2011 lalu, Pemerintah Timor Leste memutuskan memesan dua kapal patroli cepat senilai USD 40 juta. Kapal tersebut akan digunakan untuk melindungi wilayah teritorial Timor Leste.

Konstruksi lambung dan anjungan kapal yang dibuat dari bahan alumunium mampu menahan gelombang tinggi dan lebih lincah saat bermanuver. Kapal patroli cepat ini mempunyai kecepatan maksimum 30 Knot, walaupun saat official trial bisa mencapai 33 Knot.

Kapal ini memiliki dua baling-baling dan dilengkapi Radar NavNet yang mampu mengintegrasikan data-data peralatan sistim navigasi dan komunikasi seperti echo sounder, speed log dan GPS ke dalam peta elektronik dan sistem radar.

4. Senapan Pindad diminati Singapura hingga Afrika
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/26/168502/paging/540x270/senapan-pindad-diminati-singapura-hingga-afrika-rev3.jpg

Selain Panser Anoa, sejumlah senjata buatan Pindad juga banyak dipesan oleh negara luar. PT Pindad mampu memproduksi berbagai jenis senjata antara lain; jenis senapan serbu (SSI-VI, SS2-V2, SS1-V3, SS1-V5), Senapan sniper (SPR-1) pistol (P-1, P-2), revolver (R1-V1, R1-V2, RG-1 (tiper A), RG-1 (tipe c), senapan sabhara/polisi (Sabhara V1 and Sabhara V2), senjata penjaga hutan, pistol profesional magnum, peluncur granat, dan pelindung tubuh (personal body protection).

Produk-produk yang dihasilkan itu banyak dipesan oleh negara-negara di luar negeri. Di antaranya adalah sebuah jaringan supermarket khusus olahraga berburu, camping, dan memancing bernama Cabelas’s, yang merupakan pembeli terbesar produk-produk buatan Pindad.

Senapan serbu SS-2 merupakan produk langganan negara-negara Afrika seperti Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria. Selain itu, Thailand dan Singapura juga kerap memesan senjata tersebut.

5. Panser Anoa diekspor ke Oman dan Malaysia
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/03/26/168502/paging/540x270/panser-anoa-diekspor-ke-oman-dan-malaysia-rev3.jpg

Panser Anoa buatan PT Pindad menjadi salah satu Alutsista yang paling laris dijual. Pada tahun 2008, TNI memesan 154 buah Panser Anoa berbagai tipe. Untuk tahun 2011 TNI memesan 11 Panser Anoa tipe APC dan tahun 2012 TNI memesan 61 unit.

Tak hanya dalam negeri, Panser Anoa juga diminati negara asing. Untuk Panser jenis Anoa 6?6 juga dipesan oleh Kerajaan Oman. Malaysia juga memesan hingga 32 unit panser Anoa. Panser bermesin Renault ini memang sudah teruji di negara-negara gurun seperti Libanon saat digunakan oleh pasukan perdamaian PBB.

Kualitasnya sesuai dengan standar NATO pada level III atau level yang tingkat ketahananannya terhadap serangan sudah lebih baik dari level II yang diproduksi di China dan India.

Belum lama ini, Pindad mengeluarkan Panser Anoa jenis baru. Anoa spesies baru ini mengusung Kanon kaliber 20 mm dan berjenis berjenis IFV (Infantry Fighting Vehicle). Panser ini didesain untuk mengantisipasi kebutuhan Batalyon Infantri Mekanis.

Dengan demikian, Panser Kanon 90 mm nantinya dikonsentrasikan untuk Batalyon Kavaleri, sementara Panser Kanon 20 mm untuk batalyon. Selain mengusung senjata utama kaliber 20 mm, Panser jenis ini juga mampu menyandang senapan mesin sedang kaliber 7,62 mm dan mampu menampung lima orang, yang terdiri dari tiga kru Ranpur dan dua personel pasukan.

Sumber : PalingSeru

Kunjungi juga Thread Saya yg Lain :
10 Tanaman yang Bisa Membunuh Anda! (http://idws.in/405809)
7 Bendera Negara Paling Aneh di Dunia (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=405367)
10 Gunung Berapi Bawah Laut Paling Menakjubkan (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=404525)
10 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Indonesia (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=405806)

freakygeorge
03-04-2013, 04:06 AM
pindad tuh laris .. indonesia sendiri waktu itu belum tau tapi diluar udah laris .. keren .. moga" bisa jadi salah satu pemasok senjata terkemuka di dunia deh .. lumayan kan .. haha

Elk4put
04-04-2013, 12:24 PM
masalah seri SS ato SPR.aslinya buat dalam negeri sih.tapi mayan ok.banyak yg suka.di export dah.tapi si Anoa..klo dibandingkan ama tetangga sebelah.tepatnya singapura aja.masih baikan punya singapura.setidaknya kita dah bisa buat.meskipun comot sana n sini.blok mesinnya aja blon bisa buat.klo bisa terbatas.minim bisa meskipun skala kecil.entah klo senjata dalam daftar dibuat buat dalam negeri dulu utk beberapa waktu.biar mantep.termasuk custom partnya juga.kayak Russia tuh.kuatin dulu trus jual klo ada yg mau.

gravitazy
04-04-2013, 03:57 PM
PINDAD Mantap :top:,,
_
_
Sayang nya kualitas produksi barang indonesia tidak begitu diakui oleh penduduk sendiri,,
Sampai sampai ada produsen dalam negeri yang membuat nama produknya seolah olah dari luar negeri,, demi naekin pamor dulu,,

sapi_balap
04-04-2013, 04:21 PM
Kalo kita lihat dari sini, harusnya Indonesia tetap bisa menyandang predikat MACAN ASIA TENGGARA...:oghero:

tapi ironisnya keadaan alutsista didalam negeri parah gan.... :ogmatabelo:
pesawat ya terbatas, tank juga ala kadarnya, kapal sudah banyak yg expired....:ogohno::ogohno:
jadi prihatin...

ruben777moel777
10-04-2013, 10:16 AM
Kalo kita lihat dari sini, harusnya Indonesia tetap bisa menyandang predikat MACAN ASIA TENGGARA...:oghero:

tapi ironisnya keadaan alutsista didalam negeri parah gan.... :ogmatabelo:
pesawat ya terbatas, tank juga ala kadarnya, kapal sudah banyak yg expired....:ogohno::ogohno:
jadi prihatin...

dengan adanya senjata yg diekpor,membuat indonesia maju dalam persenjataannya...

icen
10-04-2013, 11:44 AM
pesawat cn apa dipake juga utk militer dalam negeri?

Elk4put
11-04-2013, 04:28 PM
TNI AL sepertinya akan punya mainan baru.namanya senapan mesin NBO-105.kalo dah beres calonnya buat senjata baru buat dijual.kalibernya 7.62mm.aku ada fotonya..


73593 73594

yang laen namanya Lodaya Gatling gun.kaliber yg tersedia 5.56mm ama 7.62mm..moga2 klo dah sip bisa dimasukin katalog senjata buatan RI yg bisa dijual ke luar negeri.hasil anak bangsa BROOO !!!


73595 73597

si Lodaya hasil karya KOPASSU tuh.aslinya dari SMR Minimi 5.56mm ama GPMP 7.62mm.harganya 5-7 juta.sementara ini buat dalam negeri ato tepatnya lingkup KOPASSUS dulu.nurut web ato forum apalah itu yg aku baca.blon ada kejelasan bisa dijual sebagai barang export ato tidak.

GRECCO
11-04-2013, 05:02 PM
ayo indonesia buat yg lebih canggih lagi, kabarnya kapal siluman yang abis meledak gmna ya?!. dan indonesia harus bisa bikin jet tempur sendiri..

Elk4put
12-04-2013, 05:08 PM
kita bisa buat jet fighter sendiri.tapi kerjasama ama Korsel.biaya produksinya patungan.40% buat indo 60% buat korsel.masih dalam MoU.dah ada namanya klo aku baca.
namanya KF-X.setidaknya aku sumbernya.iseng2 browsing..

http://www.kibata.com/gambar/tentang%20indonesia/pesawat%20tempur%20indonesia.jpg

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso mengatakan, Indonesia menjajaki pengembangan pesawat tempur generasi 4,5. "Kalau F-16 itu generasi ke 4, kalau F-35 buatan Amerika itu generasi 5, ini ditengah-tengahnya, Sukhoi itu masih generasi 4," katanya di sela perhelatan Bandung Air Show
proyek pembuatan Pesawat jet tempur KFX sendiri sebetulnya merupakan proyek lama Republic of Korea Air Force (ROKAF) yang baru bisa terlaksana sekarang. Proyek ini digagas presiden Korea Kim Dae Jung pada bulan Maret 2001 untuk menggantikan pesawat-pesawat yang lebih tua seperti F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger. Dibandingkan F-16, KFX diproyeksi untuk memiliki radius serang lebih tinggi 50 persen, sistim avionic yang lebih baik serta kemampuan anti radar (stealth).

Pemerintah Korea akan menanggung 60 persen biaya pengembangan pesawat, sejumlah industri dirgantara negara itu di antaranya Korean Aerospace Industry menanggung 20 persennya .pemerintah Indonesia 20 persen dan akan memperoleh 50 pesawat yang mempunyai kemampuan tempur melebih F-16 ini dan 100 pesawat untuk korea. Total biaya pengembangan selama 10 tahun untuk membuat prototype pesawat itu diperkirakan menghabiskan dana 6 miliar US Dollar.Pemerintah Indonesia akan menyiapkan dana US$1,2 miliar.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia-Korsel itu sudah dilakukan pada 15 Juli 2010 yang lalu di Seoul-Korea Selatan.diharapkan pada tahun 2020 Sudah Ada Regenerasi Pesawat Tempur untuk kedua pihak

spesifikasi

KFX Spec:

Crew: 1

Thrust: about 52,000lbs (F414 class x 2)

Max Speed: about Mach 1.8

Armament:

o M61 Vulcan

o AIM-9X class short-range AAM(AIM-9X class) (indigenous, under development)

o AIM-120 class beyond visual range AAM (not specified yet)

o 500lbs SDB class guided bomb|KGGB (indigenous)

o JCM class guided short range AGM (indigenous, under development)

o SSM-760K Haeseong ASM (indigenous)

o Boramae ALCM (indigenous, under development), or Taurus class ALCM

o supersonic ALCM (based on Yakhont technology) (indigenous, under development)

mengapa PT DI tidak membuat sendiri

Membuat pesawat tempur jauh lebih kompleks daripada membuat pesawat penumpang karena ada tambahan sistem dalam sebuah pesawat tempur yaitu sistem kontrol senjata pada sistem avioniknya, disamping sistem mesin pendorong, sistem radar, dan struktur pesawat yang harus dirancang lebih kuat namun tetap lincah bermanuver di udara. Pesawat tempur KFX ini dirancang untuk masuk dalam kelompok pesawat tempur generasi 4,5 yang berarti harus mempunyai 6 kemampuan yaitu

(1) kemampuan pesawat tempur untuk melakukan manuver ekstrim agar mendapat posisi serang paling menguntungkan (Air Combat Manuverability).

(2) Pesawat tempur harus bisa terbang lincah sehingga harus menggunakan teknologi fly by wire untuk kontrol penerbangannya.

(3) Penggunaan teknologi trust vectoring nozzles yang mampu mengubah-ubah arah semburan gas buang mesin jet agar pesawat tempur mempunyai kemampuan terbang dalam kecepatan rendah dan mampu melakukan belokan tajam.

(4) Kemampuan untuk terbang jelajah pada kecepatan supersonik dalam waktu yang lama.

(5) Radar pesawat tempur berkemampuan menjejak target diluar batas cakrawala atau beyond visual range

(6) Kemampuan menyerap dan membiaskan pancaran radar atau teknologi stealth

Jadi bisa dibayangkan seandainya PT. Dirgantara Indonesia dilibatkan dalam pembuatan pesawat tempur ini maka akan ada penguasaan teknologi kedirgantaraan baru paling tidak untuk pembuatan 50 pesawat tempur KFX yang akan dibeli Pemerintah Indonesia nantinya dari keikutsertaannya membiayai proyek ini. Penguasaan teknologi baru di bidang pembuatan pesawat tempur generasi 4,5 ini dapat menjadi modal dasar bagi PT. Dirgantara Indonesia untuk membuat pesawat tempur sendiri kelak dikemudian hari.

Jadi untuk teknologi PT DI memang belum mampu untuk membuat secara mandiri. Selain ini butuh modal besar untuk melakukan riset sendiri namun jika bersama korea maka teknologi kita akan dapatkan dengan sendirinya dan kelak dapat dikembangkan lagin untuk membuat pesawat tempur ciptaan sendiri

asafalafah
13-04-2013, 05:50 PM
sekarang indonesia juga udah punya robot penjinak bom gitu gan yang katanya mau di produksi masal sama pindad

matiawak
14-04-2013, 02:36 PM
sebenarnya dari segi sdm and sda kita punya kualitas yang mumpuni tinggal dukungan dari pemerintah yang perlu ditingkatkan

kaisar079
15-04-2013, 03:31 AM
mantab infonya bro...
terus bikin pesawat tempur nya kapan ya...??? (ngarep mode on)
atau bikin kapal induk... kan Indonesia wilayah perairan nya luas tuh...

Elk4put
15-04-2013, 05:27 AM
robot penjinak bom asli indo.salah satunya hasil karya anak ITS.yg merasa anak ITS ato Alumnus dari sana.berbanggalah !!!.ITS tidak hanya kampus biasa aja.
tentang kapal induk.indo bisa tapi nunggu inisiatif Pemerintah aja.1 biji aja bisa abisin devisa ampe kering.entah klo uit yg dilarikan koruptor ke luar negeri ato di money laundry di balikin.baik cara legal ato ilegal.pake hacker.buat ngebobol IDnya koruptor.mungkin bisa,sekarang ini Pemerintah RI isinya tikus2 mlolo.mentingin perut aja.rakyat gak sama sekali.yg bener2 mihak rakyat di persulit.entah klo tikus2 yg mengatas namakan rakyat di senayan sana ditembakin pake mercenaries.biar kapok.jgn nilep uang rakyat.mati uang di hack buat dana sesuai trid ini n masyarakat

mardangga
15-04-2013, 08:35 AM
Wah, mantap.... :top:
Semoga kedepannya perkembangan teknologi di Indonesia semakin maju....
Dan semakin teknologi buatan Indonesia yang digunakan dan diakui oleh negara lain..

NB: Kenapa SS nya kok ga muncul ya?? Padahal penasaran pengen liat gambarnya... :???:

n4dwnldyeahbaby
15-04-2013, 11:02 AM
harusnya indonesia bikin senjata nuklir...buat jaga2 kalo ada ancaman

ruffle
16-04-2013, 04:55 AM
cuma buat sarana diplomatis negara tetangga aja si gan kalo ane liat, belum yang kaya diminatikarena bener2 reliable, but not baddddd

Elk4put
16-04-2013, 05:39 AM
nuke.kita bisa.sebatas PLTN.entah klo dibuat bom.belajar dari Iran ato Russia yg muka tembok.Iran kena embargo aja tetep jalan.program nuklirnya.tapi masalah nuke.paling bahaya efek jeleknya klo mledug.chernobyl aja perlu waktu lebih dari 50 tahun buat normalisasi keadaan.itupun gak sebaik aslinya.masih perlu lebih dari 1 abad klo mo recovery masalah nuke.klo mledug.
gambarnya seri SS bisa diliat di webnya PINDAD.broesing pake embah gugel.ketik PINDAD.silahkan dicoba.aku pake cara itu kok.

Parasshit
17-04-2013, 01:04 PM
pesawat cn apa dipake juga utk militer dalam negeri?
karena kebijakan pemerintah yg tidak memsubsidi PT DI (dulunya IPTN) membuat perusahaan itu bangkrut.
mereka kan masih ngandalin riset, akhirnya produk2 itu dijual biar perusahaan tetep bisa menggaji karyawannya.
Bahkan yg lebih parah di zaman gus dur dan megawati pesawat2 CN dibarter sama gula dan beras dr vietnam :suram:

Sekarang PT DI sudah bangkit, coba dari dulu kayak gini, mungkin kita udah bisa bikin pesawat tempur dan heli tempur sendiri. :top:

HeartFilly
17-04-2013, 01:45 PM
Akhirny Kemampuan anak bangsa dalam merakit sesuatu diakui juga sama masyarakat internasional . .

Fight terus Generasi Muda Indonesia . . .

Shirochii
17-04-2013, 08:41 PM
wah ternyata negara lain ada juga ya yang impor senjata dari indonesia, kirain indonesia cuman expor bahan mentah + TKI doang..

ramboyz
17-04-2013, 10:32 PM
Fast Patrol Boat diekspor ke Timor Lestenya keren bngt, besar tp lincah

putriandriani
19-04-2013, 02:15 PM
hebat euy....
tapi malah pesawat buatan dalam negeri jarang di beli ama perusahaan domestik.....

kokorowae
23-05-2013, 02:38 AM
gambarnya gak nongol~

btw pindad emg keren ini, karyanya di akui dunia luar~
cuman kita masih kalah canggih dibanding barat~

ishall_07
24-05-2013, 06:17 PM
wah disamping alutsista indonesia yang masih kurang memadai, ternyata anak bangsa bisa juga bikin senjata yang laku di luar negeri ya

kasur_empuk
25-05-2013, 03:44 PM
Tuh, kualitas senjata Indonesia pun gakalah ama negara2 lain.
Terutama yang Pindad itu. Babeh ane punya tuh senapannya ^^