PDA

View Full Version : Inilah 11 penyakit yang sering dialami bayi di tahun pertamanya



blacksheep
15-09-2009, 07:29 PM
Inilah 11 penyakit yang sering dialami bayi di tahun pertamanya. Kenali agar ibu tidak mudah panik ketika bayi tiba-tiba sakit, namun tetap waspada.


Apnea (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/kenali.dan.tangani.apnea.pada.bayi/001/001/570/2) (tidak bernapas spontan). Apnea merupakan penyakit dimana seseorang tidak bernapas selama beberapa detik secara spontan ketika tidur. Tidak hanya orang dewasa, bayi yang baru lahir dan khususnya bayi prematur pun bisa mengalami apnea.
Sesak napas. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/bila.bayi.baru.sesak.napas/001/001/571/2) Bayi yang mengalami sesak napas akan mengalami kesulitan saat menarik napas, atau napas bayi berbunyi disertai batuk. Waspada jika wajah bayi menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.
Ruam popok. (http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/cara.hadapi.ruam.popok.bayi/001/001/29/1/Ruam+popok/4) Ruam popok merupakan penyakit yang membuat kulit bayi iritasi. Biasanya iritasi ini disebabkan karena pemakaian popok yang tidak benar.
Kuning (jaundice) (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/bayi.baru.lahir.kuning/001/001/576/2). Penyakit kuning ini biasanya membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Sampai batas-batas tertentu, penyakit ini tidak berbahaya, tapi ibu perlu waspada jika kuning pada bayi tidak kunjung hilang.
Eksim susu (dermatitis atopi). (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/fakta.eksim.susu.pada.bayi/001/001/577/2) Eksim susu merupakan salah satu masalah kulit paling umum ditemukan pada bayi. Mitosnya, dinamakan eksim susu karena ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi yang menyebabkan bercak merah. Benarkah?
Batuk pilek. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/kenali.batuk.pilek.pada.bayi.baru.lahir/001/001/581/2) Virus bisa menjadi penyebab penyakit ini menyerang bayi. Segera bawa ke dokter jika bayi batuk pilek hingga kemampuan minumnya berkurang, atau tidak sembuh lebih dari seminggu.
Infeksi saluran napas. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/atasi.infeksi.saluran.napas.bayi.baru/001/001/582/2) Infeksi saluran napas merupakan segala bentuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan atas (ISPA). Tak jarang juga saluran pernapasan bawah. Infeksi saluran napas ini bisa saja terjadi pada bayi baru lahir (newborn).
Infeksi telinga tengah. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/cegah.dan.atasi.infeksi.telinga.tengah.pada.bayi/001/001/583/2)Infeksi telinga tengah menyerang salah satu bagian telinga, yaitu telinga bagian tengah atau daerah sekitar gendang telinga.
Sembelit. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/bayi.pun.bisa.sembelit/001/001/588/2) Biasanya terjadi karena bayi kekurangan cairan atau akibat perubahan makanan dan dimulainya pemberian makanan padat pertama. Waspada jika sembelit masih terjadi sampai lebih dari satu bulan.
Muntah. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/cara.atasi.bayi.muntah/001/001/590/2)Muntah bisa terjadi karena bayi kekenyangan, terlalu banyak udara dalam lambung, dan sebagainya. Waspada bila bayi terus menerus muntah tanpa henti.
Diare. (http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/cegah.dan.atasi.diare.bayi.baru/001/001/591/2) Virus yang biasa disebut rotavirus seringkali menjadi penyebab diare, di samping penyebab-penyebab lainnya. Ibu harus waspada jika diare disertai darah.


Penyakit-penyakit tersebut di atas memang biasa dan mungkin terjadi pada bayi Anda sejak lahir hingga usia-usia tertentu. Tidak perlu panik, tapi jika kondisi semakin parah dan Anda harus waspada, sebaiknya segera bawa ke dokter.


http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bayi/Gizi+dan+Kesehatan/11.penyakit.pertama.bayi.baru/001/001/569/2

floppy
15-09-2009, 09:33 PM
masih bujang Gan....
belum punya bayi.....
but, nais info di save dulu dah...
thanks...

telormatasatu
15-09-2009, 11:41 PM
Apnea... kok aneh ya penyakitnya?

d4uz
17-09-2009, 08:59 PM
Jangan Lupa Demam Kejang, katanya rentan menghinggapi Bayi..

onehitkil
18-09-2009, 02:52 AM
wahhh...
thx gan bwt informasinya..

kazzel
18-09-2009, 05:52 AM
Apnea nahan napas maksude?

xandrosman
18-09-2009, 07:57 AM
no 11. diare bener banget tuh, jadi inget waktu anakku 4 hari dirumah sakit, hu hu hu hu sedih betul....

chicken_little
18-09-2009, 08:32 PM
:niceinfo:
lanjutgan..:top:

erickstrad
18-09-2009, 09:20 PM
itu dampak teburuknya apa kk? bisa mnyebabkan kmatian kah? :???: bukannya itu gejala2 yg lumrah trjadi pd bayi ya.. asal jgn sering2 sih :hihi:

prufessuer
24-09-2009, 05:12 PM
wuih serem jg pdhl baru taun pertama tuh :panik:

Mitsuyama
12-10-2009, 10:33 PM
waduhhh blom ngerti..
blom kawin..
:haha:

Dipz
13-10-2009, 12:45 AM
btw, penyakit yang no 2 itu bisa termasuk ciri" bakal mengidap penyakit asma ato nggak ya? :???:

jamrong
13-10-2009, 01:10 AM
lapor gan gw masih belum punya anak....dan istri...dan pacar.....ada yang mao mbantuin....

Noctis88
13-10-2009, 09:04 AM
nice inpo gan...

tapi ane masih bujang

save as dl dah, buat persiapan :hahai::hahai:

greenskyz
13-10-2009, 10:45 PM
masih single... belum punya anak..

tapi nice share

canvas
12-12-2009, 09:08 PM
nice inpoh Gan
bayi memang masih mudah terserang pykt krn antibodinya blum sekuat klo makin dewasa, hrus bener2 dijaga baek2 yahh^^

chubuchubu
12-12-2009, 09:48 PM
no.3 itu sering menyerang adek ane...kalo abis pake pampers pasti kulitnya merah2 bengkak begitu..jadi serem...pake popok kain sama aja...
mosok mo dibiarin keliyaran tanpa penutup :hahai:
tapi skr dah 5taon jadi dah berkurang,,soalnya dah bisa pipis sendiri :top:

FairyMusashi
12-12-2009, 10:09 PM
maksudnya popok yg gak benar itu maksdnya ukuran popoknya gak pas ya kk...

notpatent
26-01-2010, 02:01 PM
kalo yang sakit kuning tuh katanya biar mereda, bayinya dijemur disinar matahari pagi (di bawah jam 08.30), tapi bayinya harus ditutup matanya dan kemaluannya
:piss:

perjaka212
28-01-2010, 04:24 PM
Hati-hati penyakit masa batita. Respon ortu harus baik.. takutnya berpengaruh kepada pertumbuhan anak sampai umur dewasa. Paling tidak intens sampai umur 3 thaun

putra_mahkota
28-01-2010, 05:50 PM
gw masih single bos...

frissa4me
28-01-2010, 05:55 PM
manusia emang mahluk lemah pas pertama kali dilahirkan
n seharusnya pas dy ud gede juga, g perlu jadi mahluk sombong yg nRusak bumi ini, lw dia mikir mah,,inget lw pas kecil mah qt mahluk yg lemah bnget,,g bs ngapa2 en
hehehee,,CMIIW

bahenol
28-01-2010, 06:36 PM
ada Kawasaki Syndrom juga >w<
serem deh itu penyakit....

ryan_kotzen
30-01-2010, 11:56 AM
kayaknya batuk pilek yg sering menjangkit yah

satria_muda
31-01-2010, 09:35 PM
mangstab infonya nih :D
thx

d4uz
12-03-2010, 05:49 PM
Daerah gw malah lagi santer2nya DBD, banyak anak2 n bayi yang terjangkit...

Haecked
04-04-2010, 09:57 PM
Kuning (jaundice). Penyakit kuning ini biasanya membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Sampai batas-batas tertentu, penyakit ini tidak berbahaya, tapi ibu perlu waspada jika kuning pada bayi tidak kunjung hilang.

hh sering denger istilah ini, tapi kasian juga liatnya badannya jadi pucat dan kuning gt... :apa:

maniakmusic
29-05-2010, 10:21 AM
wah jadi harus makin dijaga nih kalo ada bayi kecil

jgn sampe kena penyakit yg mengerian itu...

btw

:niceinfo:

resuge
29-05-2010, 10:36 AM
kasian dong para adik2 kita yang baru melihat dunia

gembel69
29-05-2010, 06:33 PM
masih bujang Gan....
belum punya bayi.....
but, nais info di save dulu dah...
thanks...

sama gan saya jyga masih bujang....walkwakkwkakwkakwka....

GODSPEED
19-06-2010, 05:33 PM
lumayaninformasi untuk masa depan....

:niceinfo: