PDA

View Full Version : Flora 5 Tanaman Pengusir Serangga



Iya_an
18-07-2013, 06:55 PM
Pasti ada saja serangga-serangga pengganggu di rumah Anda. Semprotan serangga, kapur serangga, jebakan, atau krim tubuh adalah hal-hal yang biasa Anda gunakan untuk mengusir mereka. Tetapi bahan-bahan pengusir serangga itu juga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Kenapa tidak menggunakan bahan yang lebih alami, yang dapat mengusir serangga bahkan sebelum mereka masuk ke rumah Anda? Anda dapat memanfaatkan kebun Anda untuk mengusir serangga.

Ada tanaman-tanaman tertentu yang dibenci oleh serangga sehingga mereka akan menjauhi tempat dimana tanaman-tanaman itu tumbuh. Ini dapat Anda manfaatkan. Tanaman apa saja yang dapat mengusir serangga? Shaan Lalwani, seorang hortikulturis, dalam The India Times akan membagi pengetahuannya untuk Anda.

1. Tanaman mint untuk mengusir semut

Tanaman mint dapat bertahan dalam segala kondisi, tidak butuh banyak perawatan, dan dapat tumbuh dengan cepat. Mint juga dapat ditanam dalam pot-pot kecil di dapur rumah Anda. Khasiatnya, mint dapat mengusir semut, kecoak, kadal, ular, dan tawon. Tetapi hati-haiti, tanaman mint rentan terhadap tikus.


2. Common Rue untuk kadal

Rue adalah tanaman hias berwarna biru-hijau dengan daun berbulu. Tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hias. Walaupun cicak dan kadal dapat memakan nyamuk dan laba-laba, tetapi melihat kadal berkeliaran tentunya tak menyenangkan untuk Anda. Bau tak sedap dari Common Rue atau Nagadali akan menyingkirkan kadal dari rumah Anda. Walaupun begitu, terkadang anjing atau kucing peliharaan Anda juga tidak menyukainya.


3. Daun serai untuk nyamuk

Ada bermacam-macam tanaman yang bisa mengusir nyamuk, namun yang paling berkhasiat adalah daun serai. Serai adalah tumbuhan dengan daun yang memiliki bau khas. Biasanya ditanam di luar rumah. Serai biasanya juga digunakan untuk memasak pada negara-negara di kawasan Asia. Sementara di Eropa, serai sering diambil minyaknya untuk digunakan pada parfum.


4. Catnip untuk mengusir kecoak

Kecoak sangat tidak disukai oleh semua orang, dan sangat sulit untuk diusir keluar. Kabarnya kecoak bahkan bisa bertahan melawan ledakan nuklir. Tetapi tanaman Catnip akan langsung mengusirnya keluar. Catnip mengandung bahan kimia yang dinamakan nepetlactone yang tidak disukai oleh kecoak. Catnip juga ampuh untuk mengusir kumbang, nyamuk, dan kutu. Catnip adalah tanaman yang mudah tumbuh dan dapat dijadikan tanaman hias di kebun Anda.


5. Patah tulang (Pencil Tree) untuk tikus

Tikus bisa merusak semua benda, termasuk makanan, di rumah Anda. Euphorbia Tirucalli atau biasa dikenal dengan sebutan patah tulang, kayu urip, atau tikel balung (dalam bahasa Jawa) dan pencil tree (dalam bahasa Inggris) bisa mengatasinya. Getah pohon yang beracun ini tak hanya bisa menghalau tikus, tetapi juga kadal, tikus tanah, dan kutu daun. Bahkan manusia sebenarnya disarankan untuk tidak bermain-main dengan tanaman ini, karena getahnya dapat menyebabkan iritasi.

Nah, sudah siap berkebun dan menghalau semua serangga dari rumah Anda?
sumber ; http://www.merdeka.com/gaya/5-tanaman-pengusir-serangga.html

aizy
18-07-2013, 09:28 PM
kalau rayap biasanya diusir pake tanaman apa..?? apakah rayap punya musuh tumbuhan..?:???:

Iya_an
18-07-2013, 09:43 PM
Riset Anti Rayap Profesor Sulaeman


Profil kayu yang ada di rumah cukup banyak. Mulai dari kusen pintu dan jendela, kerangka atap, plafon, juga perabot rumah tangga lainnya seperti lemari pakaian dan lemari buku, juga dipan dan meja kursi. Semua itu menjadi sasaran empuk makhluk bernama rayap.

Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk mencegah kehadiran dan mengusir rayap dari lingkungan rumah. Yang disajikan di sini lebih mengutamakan menggunakan bahan alamiah yang ada di sekitar kita. Bahkan, Profesor Sulaeman Yusuf, peneliti dari Balai Litbang Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menemukan enam jenis tanaman antirayap.

Keenam tanaman itu mengandung bahan yang mampu merusak lambung dan kulit rayap hingga menemui ajal. Kelima tumbuhan itu adalah bintaro (carberra adollum dan carbera manghas), kecubung (brugmansia candida), cengkih (syzygium aromaticum), upah (antiaris toxicaria), nimba (azadirachta nimbi), dan tembakau (nicotiana tabaccum).

Ada bahan aktif yang mampu membunuh rayap pada jenis tumbuhan tersebut, yaitu azadirachtin pada nimba, eugenol pada cengkih, certerin pada bintaro, dan nikotin pada tembakau. Bahan itu merusak kulit dan lambung rayap. Dia sedang mengupayakan agar bahan aktif itu dapat diproduksi secara massal dalam bentuk cairan yang disemprotkan. Selain pemilihan kayu di atas, ternyata masih banyak cara mengusir rayap, beberapa diantaranya dapat dilakukan dengan cara-cara di bawah ini.

- Air Kapur Sirih. Tuangkan air kapur sirih di sekitar sarang rayap. Dengan bau kapu sirih, rayap akan kabur dari tempat itu.

- Butir Merica. Letakkan segenggam merica dalam plastik ke dalam lemari buku atau lemari pakaian.

- Minyak Tanah dan Minyak Sereh. Campurkan 1 liter minyak tanah dengan dua sendok teh minyak sereh aduk rata, diamkan sekitar 2- 5 menit. Siramkan cairan itu untuk bidang kayu seluas 15 m2, sebanyak 2-3 kali, dan biarkan kayu hingga kering dalam 2 hari. Lakukan hal itu dalam enam bulan sekali.

- Garam Dapur. Taburkan garam dapur di sekitar sarang rayap di luar rumah.

- Solar campur Minyak Tanah. Sebelum memasang untuk rangka atap, kayu sebelumnya dilumuri dengan cairan solar campur minyak tanah, lalu jemur sampai kering, baru dipasang.

sumber (http://www.neraca.co.id/harian/article/24179/Riset.Anti.Rayap.Profesor.Sulaeman)

komen ; kalau aku sering pakai solar campur minyak tanah, dan paling mudah lagi gak keliatan jorok pakai aja garam dapur.

tutuchan
19-07-2013, 09:07 PM
Lavender bau nya bisa ngusir nyamuk

auau
05-10-2013, 10:32 PM
zodia buat nyamuk