PDA

View Full Version : Creature Hantu-hantu Indonesia



Pages : [1] 2

Nawainruk
10-05-2009, 12:38 PM
Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku & budaya, keanekaragaman suku & budaya tersebut melahirkan banyak paham, adat, dan pemahaman yang berbeda-beda, perbedaan itu pula-lah yang membuat indonesia yang juga kerap dikenal dengan nama negara dengan peringkat nomor satu dengan nama keanekaragaman jenis hantu di tiap daerahnya.

Nah, disini kita kumpulin yuk sejarah/asal-muasal alias cikal bakal nama dari hantu yang beredar selama era nenek moyang.


Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

Perwujudan ini sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahuan 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna.


nah ini dia gambarnya


http://www.indonesiaselebriti.com/images/film/addimg/sundel-bolong.-1-ok.jpg

nih diperjelas sedikit ya

http://www.indonesiaselebriti.com/images/galery/thumbnails/galery02458683320071010144951.jpg




Hantu Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat menutupi tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa menyebutnya "gendruwo"). Habitat hunian kegemarannya adalah pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab dan gelap. Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa menyukai manusia. Cerita-cerita misteri menyebutkan kalau genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seseorang. Menurut cerita pula, genderuwo hanyalah berkelamin pria dan dapat menghamili perempuan, bahkan menghasilkan keturunan dari hubungan itu.

Asal-usul genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat.

Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.


nih gambarnya cuma ilustrasi duank yakk..

http://banggani.files.wordpress.com/2009/02/bekakak-genderuwo.jpg?w=300&h=400


Hantu Wewegombel


Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.

disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.

ciri khas dari wewegombel atau kolong wewe ini adalah bentuk buah dadanya yang besar & menjumbai seperti buah pepaya. Kabar lain mengatakan bahwa anak-anak yang diculik oleh wewegombel akan di beri makan Tai, tokai, atau kita sebut saja dengan kotoran manusia. Jika si anak tidak mau, maka terpaksa sia anak akan suapin secara paksa. Terkadang anak-anak yang diculik akan dihalusinasi sehingga eek yang ia lihat seolah-olah adalah makanan lezat yang paling ia sukai/inginkan. tujuannya adalah membuat anak menjadi bisu agar tidak bisa menceritakan apa yang telah ia alami ataupun bentuk dari wewegombel yang menyeramkan tersebut.


nah ini dia gambarnya


http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/images/19714/1_wewegombel2.jpg (http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/image24013.html)


http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/images/19714/1_wewegombel.jpg (http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/image24014.html)

BAGI masyarakat yang ada di pedesaan, hantu wewe gombel tidak asing lagi. Dalam budaya Jawa, wewe diistilahkan hantu yang mirip manusia, sangat mengerikan dengan taring, baju compang-camping dan rambut serta kuku panjang tidak terawat. Biasanya wewe gombel (gombel istilah dari baju yang sangat jelek), melakukan aksinya pada saat menjelang Maghrib. Orang yang diculik wewe gombel tidak tahu, karena wewe gombel merubah dirinya menjadi saudara atau kakak, adik, orang tua dan siapa saja yang dikenal si korban.

Wewe gombel akan mengajak korban jalan-jalan, kemudian ditempatkan di tempat tinggalnya, bisa di selokan, pinggir sungai, makam, pohon-pohon yang rimbun dan sebagainya. Wewe gombel di tahun 1980 sangat melekat di benak penduduk Gesing Purworejo Jawa Tengah, banyak sudah korban-korban penculikan. Menjelang sore hari, warga Gesing khususnya anak-anak dilarang keluar dari rumah, guna menghindari penculikan wewe gombel.

Penulis mencoba mengungkap kembali apa yang terjadi di tahun itu, kebetulan penulis ikut membantu mencari seorang anak bernama Mulyani yang diculik wewe gombel. Pada waktu itu sekitar pukul 21.00, seoarang anak hilang. Biasanya anak yang benama Mulyani ini, sore menjelang malam sudah bekumpul bersama keluarga, tetapi saat itu tidak ada. Akhirnya keluarga korban melapor pada RT setempat, menurut orang pintar yang ada di desa itu, Mulyani dibawa sejenis roh jahat yaitu wewe.

Atas petunjuk orang pintar tersebut, diadakan pencarian, pada waktu itu penulis ikut pula membantu bersama warga, mencari keberadaan Mulyani. Syarat mencari orang yang diculik wewe adalah dengan cara membawa peralatan dapur, bisa wajan, ember, piring, gelas, mangkok dan lain-lainnya. Peralatan itu dipukul seiring dalam pencarian korban. Memang suasana menjadi ramai, akan tetapi suara itu juga menimbulkan rasa merinding, karena korban bersama hantu wewe. Menurut ceritera, wewe sangat takut mendengar bunyi-bunyian dari peralatan dapur, kemudian wewe akan lari menjauh dari suara itu. Tentunya harapan penduduk, dengan perginya wewe, korban akan ditinggalkan.

Setelah sekian lama mencari, Mulyani ditemukan di atas pohon beringin yang sangat rimbun. Kondisi korban tidak bisa berbicara, baju yang dipakai sudah diganti dengan kain yang sangat kumal, rumput kering menempel di sekujur badannya.

Setelah Mulyani diberi minum, barulah dapat berbicara. Dia berceritera bahwa pada waktu mandi didatangi ibunya untuk diajak jalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat yang ramai, setelah itu tidak ingat lagi. Tentunya penduduk Gesing sudah tidak asing lagi dengan kejadian seperti ini, karena hantu wewe melakukan penculikan dengan cara yang sama, membawa korban, merubah dirinya menjadi saudara, kemudian membuat korban tidak sadar atau linglung. Untuk itu diperlukan kewaspadaan dalam menjaga anak, di antaranya melarang anak main pada saat menjelang senja, mandi sendiri di luar rumah, ke tempat-tempat yang tidak lazim, misal pantai, sungai, tempat sampah dan sebagainya.



Hantu Kuntilanak


Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "kuntilanak" atau "pontianak" kemungkinan besar berasal dari gabungan kata "bunting" (hamil) dan "anak".

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.

Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat "bersemayam", misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut "waru doyong").


Kepercayaan penangkalan

Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi.

Menurut kepercayaan masyarakat Melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak.


ini dia fotonya den

http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/images/19714/2_kuntilanak.jpg (http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/image24017.html) http://img159.imagevenue.com/img.php?loc=loc20&image=68815_hantu126.jpg

nah ini pengalaman dari tetangga kita den


Kutipan:
Kejadian ini bener2 D_222 alami sendiri, nyata dan penuh misteri...

Kejadian ini terjadi saat kelas 1 Sd,saat itu pikiran D_222 blon terkontaminasi oleh banyak hal, cuma ntah kenapa perasaan takut gak ada sedikitpun didalam diri D_222.
Apalagi takut sama yg namanya jin ataupun hantu. Gak ada sedikitpun. D_222 sendiripun gak tau sebabnya.
Saat malam tiba...seperti biasa D_222, pipis dulu sebelum tidur. Kalo gak salah inget malam itu malam selasa ( pasarannya lupa ).
Setelah pipis D_222 pun beranjak ke tmp tidur. Dan sebelum tidur D_222 membaca doa tidur dan beberapa doa yg D_222 hapal.
Tapi...malam itu bener2 aneh...udah baca doa, mata ini gak mau terpejam. ( padahal D_222 ngantuk berat lho...)
Akhirnya D_222 usahakan untuk terpejam. Tapi gagal!! Sampai picingan yang ke 3...gagal lagi...akhirnya D_222 melek lagi...
Haaa.... Seakan tercekat nih suara ditenggorokan. D_222 melihat diujung kaki D_222, ada seorang wanita yang sedang memperhatikan D_222.
perlahan D_222 beranikan diri melihat wanita tersebut mulai dari bawah...
Yach...dia memakai gaun putih bersih.....Dan...:confused:
Wajahnya...dia tersenyum manis pada D_222. Tapi senyuman itu seakan sebuah seringai yang menyeramkan. D_222...ketakutan....( ketakutan yg I dalam Hidup ).
D_222 pun berusaha membaca doa2 yang pernah D_222 dapatkan dari sekolah. Tapi "mahluk" itu tetep ada dan tersenyum.
Ntah kenapa ...tiba2 seperti ada yg gerakkan ibu jari kaki D_222 ( dari kejadian inilah D_222 ambil kesimpulan bila kita "kosongan" trus diganggu ama "bangsa" lain ).
Saat gerakan yang ke 3 beserta kedipan mata D_222 ..."mahluk " itu menghilang.
Begitu mahluk tsb hilang, D_222 langsung bangkit dan kabur ke kamar BoNyok ( soalnya D_222 bobok sendiri sih...)...dan mengadukan hal tsb sama BoNyok...ternyata tanggapan mereka berusaha menenangkan D_222. Tapi D_222 gak puas dgn jawaban itu. Mulai saat itulah D_222 tertarik dan berusaha memahami "kehidupan" selain manusia nyata ini. Yach...sejak klas 1 menjelang kenaikan klas 2...D_222 seakan ada yg mendorong untuk memahami kehidupan "mereka".
Ternyata selain kita , ada kehidupan "lain" yang gak bisa kita sepelekan keberadaannya.

Dan sampai sekarangpun wajah "wanita "itu tak terlupakan.
Yach...lebih kurangnya seperti pic dibawah ini, tetapi yg D_222 jumpai..kelihatan mata, hidung dan senyumnya...

http://img159.imagevenue.com/aAfkjfp01fo1i-26767/loc20/68815_hantu126.jpg

bomo_eleven
10-05-2009, 12:46 PM
gW sih emang bener2 percaya klo mahluk2 yang sperti itu ad di alam kita


tinggal bagaimana cara kita menerima aj


ngomong2 gw paling takut sama yg namanya kuntilanak

pocong kok g ad seh ?

refreshdudu
10-05-2009, 01:02 PM
iya nih gak ada pocong.... kalo menurut gw yang palin serem itu ya si pocong itu...

wewegombel hantu paling bandel ya.. dadanya dikasih liat melulu..

tapi siapa yang mo liat..:((

boku
10-05-2009, 01:02 PM
Thank u bgt Bro buat infonya.
anyway, better ga ush mikirin hal ini, istigfar aj cukup koq :)

k1m0ch1
10-05-2009, 01:05 PM
.sdikit ash......
.ada tambahan ga ??
.tapi nice info bro...
.itu yg kalong wewe penampakan aslinya kurang jelas yg besarnya.. kayak gmn si ?

nadjieb
13-05-2009, 03:50 PM
uhm.. bikin merinding bacanya.

informasi yang sangat membantu,

klo tuyul gmn yak? pocong? setan kelapa (ndas puthul, bhs jawa)

mr_ark
13-05-2009, 06:03 PM
Kalo kata guru gw, sundel bolong, gendruwo, wewe gombel, kuntilanak tuyul, zombie, dan sejenisnya tuh cuman sebutan daerah doank. Mereka sebetulnya satu jenis, yaitu J I N.

meneng
13-05-2009, 08:49 PM
hii... ngeri ya!! tapi kok kebanyakan hantu2 itu kok ga mbahayain yah??

odie_jie
13-05-2009, 09:30 PM
istigfar aja deh gan ...

moga2 aja gk ngeliat yg gituan ...

Sunoe
14-05-2009, 09:03 AM
Dulu sering pas di desa...
banyak anak ilang, ketemu di atas pohon...
jadi wewe gombel ma kuntilanak beda toh...

dyt
25-05-2009, 03:47 PM
hihi...
serem2 bener...

Tapi Qo setan di kita sama setan di bule beda yah...?
Apa tradisi dan budaya ikut mempengaruhi wujud setannya. haha...

Tapi kalo liat film thailand,, setannya ga beda jauh sama setan kita..
hihi

pangeran_kucin6
25-05-2009, 04:23 PM
Heh yang gambar genderuwo itu ogoh2 pas perayaan nyepi kali... wah parah lo....

Niddif
28-05-2009, 05:12 AM
kalo tuyul gak masuk iyah,
apa masi belum cukup umur, mungkin spesifikasi ini 17++:onion-50::onion-50:

dhe_dhel
03-06-2009, 01:05 PM
pocong wajib ada nie..paling jadul n plng ngeri...

blademaster
07-06-2009, 11:24 AM
Makhluk seperti itu memang ada.......
Tapi jangan sampai melunturkan Iman kita.........
ASTAGFIRULLAH..........

mousearts
11-06-2009, 02:04 PM
Pocong (absen)

Tuyul (absen)

Jenglot (absen)

^Blom pada hadir nih >:onion-61:

mardhika
11-06-2009, 04:18 PM
ih serem juga
jadi merinding nh

unjink
20-07-2009, 08:03 PM
:onion-94:

anyway mana update pocong n tuyul...

shinobi32
20-07-2009, 08:12 PM
entah ada berapa juta jenis jin di alam semesta ini..
pasti namanya beda2..
he..he...

pitiex
23-07-2009, 12:15 PM
mantap gan infonya.................

tapi, seperti biasa foto2'y g jelas......
:panas:

fadlun
02-08-2009, 01:00 AM
eh bujug,, itu yang hantu kuntilanak di kosan gw tuh,, ,, di gedung 4 pas baru di bangun 2 bulan,,, 4 kamar yang di depan situ tiap abis maghrib pe pagi nyetel lagu *islam,, yang foto juga orangnya masi ada dikosan tapi pindah kamar gara² trauma,, niat cm iseng buat tes HP baru beli tadi sore,, malah dapet gituan,,

riedjal
02-08-2009, 06:29 AM
update Gan ....
banyak yang blom masuk tuh ...

trus saran ane : rapiin donk ... kasi spoiler per-hantu ...:D

diamaku
02-08-2009, 06:42 PM
ga usah pake gambar nih... jadi takut bacanya,, haha:onion-11::onion-11:

kulocaki
04-08-2009, 08:38 AM
wew beda sundel bolong ama kuntilanak apa dunk??? kek na sama

bee_can
05-08-2009, 07:31 AM
Ngeri...paling ngeri sama wewe gombel, dari semarang sih....

dmanska
06-08-2009, 04:48 PM
iya nih om pocongnya kok ga ditampilin bos....

vine
11-08-2009, 11:56 AM
emang indonesia plg top deh kl soal hantu.. sgala jenis ada.. ampe kbawa2 di film bioskop skrg.. hehehe

setanbedul
11-08-2009, 12:11 PM
tambahan
Kalong wewe pernah denger
ternyata kalong wewe adalah hewan/monster kelelawar yang sangat besar dan menyerang manusia
ada cerita di LN (bukan indonesia).. dimana pasukan amrik hilang dan yg selamat bercerita ttg kelelawar besar yg menyerang mereka

ryzqrd
12-08-2009, 01:29 PM
takut gw...
kabur...
:onion-94::onion-94::onion-94::onion-94:

lyneard
12-08-2009, 02:48 PM
wew beda sundel bolong ama kuntilanak apa dunk??? kek na sama

sundel bolong punggung na bolong ...kuntilanak punggung na gak bolong...:haha:

taboetti
12-08-2009, 08:41 PM
wah,tq buat infonya gan walau sedikit menyeramkan

Mr_barracuda
15-08-2009, 07:36 PM
hantu itu cuma bullshit...yg ada itu cuma setan ato jin yg mnampkan diri dan masarakat stempat yg menmkn setan itu dngan berbgai nama....

setanbedul
30-08-2009, 03:21 PM
hantu itu cuma bullshit...yg ada itu cuma setan ato jin yg mnampkan diri dan masarakat stempat yg menmkn setan itu dngan berbgai nama....setuju.. apalagi mereka itu masih ada hubungan saudara ama gw :devil2::devil2::devil2:

imho.. kalong wewe itu bukan setan tetapi hewan.. ada film di discovery ttg hilangnya pasukan amrik di Afganistan.. dan salah satu film yg ditemukan terlihat mereka melawan "kelelawar yang sangat besar"
kemungkinan Kelelawar ini adalah Kalong WEWE yg sering di sebut ama ortu:alucard:

kurapnaga
30-08-2009, 03:30 PM
wewe gombel pasti udah nenek2

karena cucunya jatoh gitu :em4700:

btw, gw juga dah 2 kali liat setan :no:

vine
30-08-2009, 03:41 PM
bkpnya tmen gw dolo pernah diculik kolong wewe.. untung balik.. hehehe

setanbedul
30-08-2009, 03:41 PM
wewe gombel pasti udah nenek2

karena cucunya jatoh gitu :em4700:

btw, gw juga dah 2 kali liat setan :no:*liat avatar*
*liat nama user gw*
gw gk di anggap saudaranya :devil2::devil2::devil2:

oh iya.. mungkin bukan setan.. tp HANTU

ginji
30-08-2009, 03:51 PM
wah gw juga pernah ketemu genderuwo waktu gw di kampus gw, pas mau kencing ditoilet fak hukum,gw liat ada sesosok makluk gede banget,dia tertawa,gw langsung kabur,pas gw tanya mang bener toilet itu angker,

btw ga ada pocong,padahal gw juga pernah ngeliat tuh,

shinbakayarou
30-08-2009, 04:25 PM
lanjut lagi dong gan.....
request pocong klo bisa:hihi:

setanbedul
30-08-2009, 04:47 PM
wah gw juga pernah ketemu genderuwo waktu gw di kampus gw, pas mau kencing ditoilet fak hukum,gw liat ada sesosok makluk gede banget,dia tertawa,gw langsung kabur,pas gw tanya mang bener toilet itu angker,

btw ga ada pocong,padahal gw juga pernah ngeliat tuh,baca basmalah dulu donk
mungkin km di datengin dia krn km mirip anaknya


lanjut lagi dong gan.....
request pocong klo bisa:hihi:http://www.indowebster.web.id/customavatars/avatar39876_4.gif
nama pocong emang ada sejarahnya?

kaede_bliss
30-08-2009, 05:44 PM
wah asli ni gambar di taruh malahan... itu beneran ga ada sejarahnya juga.. GG gan

uchiha_stasezz
30-08-2009, 06:06 PM
y menurut g c foto2 yg org2 mengaku mengambil foto setan itu palsu semua, bisa aj d edit.. g sendiri lom percaya qlo ga ketemu lgsg...
emang ampir pernah ketemu tapi lom pasti yg ampir ketemu g itu setan bnran... :onion-39:

sempakiller
06-09-2009, 03:55 PM
tuyulnya mana?

namie04
08-09-2009, 09:26 PM
weleh ternyata ada juga hantu indonesia yg baik
tuh gunduruwo, buat ortu yg suka telantarin rasain tuh.....
ah yg bawah nya tentang cerita asli
ga berani gw baca , tar malem soalnya tidur sendiri

nataka
09-09-2009, 02:55 AM
gw percaya akn adanya keberadaan para hantu di ats,
tapi ngapain takut yg ama begituan, yg hanya roh biasa :hihi:
kan tinggal doa aja, kan kuasa Tuhan yg menciptakan kita lebih besar dari kuasa para hantu :haha:

haryodwi
09-09-2009, 05:22 AM
wewe gombel, namanya kok lucu ya

IzanaGi_No_OoKaMi
09-09-2009, 05:40 AM
istigfar aja deh gan ...

moga2 aja gk ngeliat yg gituan ...

amin...

blueblack
10-09-2009, 10:34 AM
yg dr aliran kejawen(jawa kuno) ada gak bro ?
semacam Panespati.....hiiiiy :onion-44:

Mirwan
10-09-2009, 10:47 AM
itu semua hanya ulah setan-setan kurang kerjaan...
dalam menggoda umat manusia...

dan jangan pernah bengong.... ntar kesurupan...
:onion-59::onion-59:

hyde666
23-09-2009, 12:53 PM
Setelah baca2 threads dari bro manteero tentang [info] Hantu-hantu Jepang (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=42750) jd pingin buat threads tentang hantu2 di indonesia tercinta ini.. setelah cari2 berbagai info di dapatkan beberapa artikel berikut :

Sebelumnya maaf kalo repost Dan satu hal yang perlu diperhatikan PADA AGAMAKU DIAJARKAN BAHWA SETAN/IBLIS/JIN ATAU APALAH TIDAK DAPAT MENGAMBIL JIWA/MENGGANGGU MANUSIA SELAIN DARI KEHENDAK TUHAN..

Kalo info ini berguna silahkan klik tombol thanks, sengaja saya tidak sertakan gambar dikarenakan takut menimbulkan hal2 yg tidak diingikan..di sini saya cuma berbagi info / just Education

Oke let's Start...

Dalam masyarakat Indonesia mengenal berbagai jenis hantu atau mahluk spiritual. Jenis- jenis hantu yang dikenal di Indonesia yaitu : Kuntilanak, Sundel bolong, Tuyul, Pocong, Genderuwo, Kemangmang, Wewe, Orang bunian, Siluman, Leyak, Rangda, Jin, Jenglot.

Berikut akan dijelaskan beberapa jenis hantu yang paling umum dibicarakan dalam masyarakat Indonesia, yaitu Tuyul, Kuntilanak, dll.

01. Kuntilanak
Kuntilanak dalam bahasa Melayu : puntianak, pontianak adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir.

Ada kemungkinan bahwa nama kuntilanak tersebut berasal dari gabungan kata “bunting” yang artinya hamil dsn anak dalam kepercayaan Melayu.

Sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas.

Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil. Adanya perbedaan pendapat dalam penggambaran dari kuntilanak tersebut, karena tidak adanya teori yang pasti mengenai hal-hal gaib ini. Seperti halnya dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia.

Kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir. Agak berbeda halnya dengan gambaran menurut tradisi Melayu, dimana kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong.

Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “waru doyong”). Dalam tradisi dan kepercayaan masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja.

Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi. Lain halnya dengan kepercayaan masyarakat Melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak.

Beberapa urban legend juga mengenal berbagai macam bentuk hantu yang biasanya terkait dengan riwayat sebab-akibat kematian orang yang menjadi hantu.

Meskipun bukan merupakan hantu, beberapa bentuk makhluk supranatural dikenal pula dalam mitos masyarakat, yang dianggap sebagai cara seseorang dalam menempuh ilmu tertentu atau mencari kemuliaan.

02. Tuyul
Tuyul, adalah salah satu mahluk gaib yang sering ditampilkan dalam cerita fiksi Indonesia. Dan dalam berbagai film atau gambar, tuyul digambarkan sebagai mahluk halus berwujud anak kecil dan kerdil, perawakannya gundul, dan ciri khas dari tuyul adalah mahluk ini suka mencuri.

Tuyul bekerja pada seorang majikan untuk alasan tertentu. Tuyul disini memiliki sifat yang sama dengan balita pada umumnya. Adapun tuyul memiliki sifat yang sama seperti anak-anak normal biasa dimana dia harus mencari induk semangnya sebagai ibu kandungnya. Tuyul diceritakan sebagai bayi yang mati baru beberapa bulan lalu dibangkitkan oleh dukun untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak baik

Dalam berbagai macam film tuyul dijelaskan sebagai sebuah roh suruhan dari induknya guna mencari kekayaan dengan cara mencuri dari orang-orang kaya atau yang disuruh induk semangnya. Tuyul adalah salah satu folklore dari pulau jawa disamping kuntilanak, genderuwo, banaspati, dsb.

03. Sundel bolong
Sundel bolong, digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih dalam mitos hantu Indonesia. Sundel bolong ini diceritakan memiliki bentukan bolong dibagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.

Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

04. Pocong
Pocong, adalah jenis hantu yang berwujud pocong, atau di Malaysia hantu berjenis ini dikenal pula sebagai hantu bungkus karena tubuhnya tertutup atau dibungkus rapat kain putih.

Tetapi disini penggambaran pocong amat bervariasi, dimana ada yang mengatakan bahwa pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah “rata” dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk “protes” dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. Meskipun di film-film pocong sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang.

Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat. Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera.

Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

05. Genderuwo
Genderuwo, adalah makhluk halus yang menyerupai kera tapi berbadan tinggi dan besar, makhluk ini suka tinggal di pepohonan, sepeti pohon beringin dan pohon-pohon besar lainnya karena wujudnya yang seperti kera raksasa

06. Wewe gombel
Wewe gombel, dikenal dalam tradisi Jawa yang artinya roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak konon yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya, tapi wewe gombel disini biasanya hanya menakut-nakuti saja tapi tidak mencelakainya.

Disini wewe gombel akan memberi pelajaran pada orang tua si anak dengan cara menakutinya atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar, dan bila mereka telah sadar wewe gombel akan mengembalikan anaknya. Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya.

Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel


UPDATE BY : hyuga_akira (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=67916)
konon, asal dari wewe gombel itu (kata orang2 tua saya & masyarakat sekitar) berasal dari kota semarang, tepatnya semarang selatan, di bukit GOMBEL, makanya dinamakan WEWE GOMBEL (setan dari bukit gombel)... pantesan kok tiap lewat sana, perasaan gue kok gak enak...

07. Orang bunian
Orang bunian adalah sejenis makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.

Mendengar istilah orang bunian disini sering dikaikan dengan istilah dewa di minangkabau, yang memiliki arti dewa dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam agama-agama Hindu maupun Buddha. Dewa dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan atau di rimba, di pinggir bukit, di dekat pekuburan.

Dan pada waktu menjelang magrib di pinggir bukit akan tercium aroma yang umum dikenal dengan nama masakan dewa atau samba dewa, aroma dari samba dewa ini menyerupai aroma kentang goreng, untuk lebih jelasnya bisa kita ketahui bersama dari keterangan langsung dari masyarakat

Minangkabau dimana mitos dsini sulit untuk dijelaskan secara pasti. Satu hal lagi, dewa lebih dikonotasikan bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di agama lain. Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa; ada juga istilah orang dipelihara dewa, yang semenjak bayi sudah dilarikan oleh dewa. cerita ini masih masyur hingga saat ini.

08. Siluman
Siluman dalam kebudayaan Indonesia merupakan mahluk gaib atau halus yang tinggal dalam komunitas dan menempati suatu tempat. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Mereka juga mengenal peradaban.

Siluman dapat berasal dari manusia biasa yang kemudian meninggalkan alam kasar atau setelah orang meninggal ruhnya masuk dalam masyarakat itu, atau memang sudah merupakan makhluk halus sejak awalnya. Pertemuan antara manusia dengan siluman seringkali menjadi bagian dari cerita-cerita misteri yang digemari.

09. Leak
Leak, dikenal dalam mitologi Bali dimana leak ini adalah penyihir jahat, le yang artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat pada malam hari yang biasanya hanya bisa dilihat oleh para dukun pemburu leak, dimana pada siang hari ia tampak seperti manusia pada umumnya.

Pada malam hari leak ini berada di kuburan untuk mencari organ-organ tubuh manusia atau jeroan yang digunakan untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir ini berguna untuk mengubah bentuk leak tersebut menjadi seekor harimau,kera, babi atau menjadi seperti rangda, atau lebih ekstrim lagi terkadang ia mampu mengambil organ dari orang yang masih hidup.

Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki.

Sihir Leak disini hanya berfungsi di pulau Bali, oleh karena leak hanya ditemukan di Bali.Menurut kepercayaan Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat merubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leyak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam..

Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka Leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati.

10. Rangda
Rangda, Lain leak lain halnya dengan rangda. Nama Rangda berarti juga janda.Rangda adalah Ratunya para leak dalam mitos yang berkembang di pulau bali.

Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik.Diceritakan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari ratu Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad yang ke-11.

Ia diasingkan oleh raja Dharmodayana karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja tersebut. Menurut legenda ia membalas dendam dengan membunuh setengah kerajaan tersebut, yang kemudian menjadi miliknya serta milik putra Dharmodayana, Erlangga. Kemudian ia digantikan oleh seseorang yang bijak..Rangda sangatlah penting bagi mitologi Bali. Pertempurannya melawan Barong atau melawan Erlangga sering ditampilkan dalam tari-tarian.

Tari ini sangatlah populer dan merupakan warisan penting dalam tradisi Bali. Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.

11. Jin
Jin, yang secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau tidak terlihat. Dan dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.

Jadi jin menurut bahasa berarti sesuatu yang tersembunyi dan halus, sedangkan syetan ialah setiap yang durhaka dari golongan jin, manusia atau hewan.Dinamakan jin, karena ia tersembunyi wujudnya dari pandangan mata manusia. Itulah sebabnya jin dalam wujud aslinya tidak dapat dilihat mata manusia.

Kalau ada manusia yang dapat melihat jin, maka jin yang dilihatnya itu adalah jin yang sedang menjelma dalam wujud makhluk yang dapat dilihat mata manusia biasa.

12. Jenglot
Jenglot adalah “makhluk” misterius yang jadi pembicaraan. Perawakannya kecil dengan tubuh tak lebih dari 12 cm dan rambutnya yang panjang, jarang dan kaku melewati kaki dan memiliki taring serta bergigi tajam. konon kabarnya mahluk ini merupakan mahluk hidup yang memakan darah.Menurut cerita yang dia susun, jenglot pada masa ribuan tahun lalu adalah manusia (seorang pertapa)/atau manusia ngelmu (mencari ilmu tertentu) yang tengah mempelajari ilmu Bethara Karang. Ilmu Bethara Karang diyakini sebagai ilmu keabadian. Artinya, setiap orang yang memiliki ilmu tersebut akan hidup abadi di dunia.

Namun, akibat kutukan, jasad jenglot tidak diterima di dunia sedangkan rohnya tidak diterima di akherat. Maka roh tersebut seperti terpenjara dalam jasad kecil ini,” kata Hendra. Setelah itu, sang pertapa menjadi emosional dan merasa sebagai jawara. Tak pelak, tubuhnya pun menyusut, hingga akhirnya mengecil. Empat taring kemudian tumbuh memanjang, tak sebanding dengan lebar mulutnya. Katanya, itu sebagai lambang keganasan dan sifat liar sang “monster”.

Melihat dari dimensi realita, jenglot kini memang hanya tinggal mumi. Namun, ia masih memiliki energi, di mana rambut dan kuku jari terus memanjang. Bahkan, posisi kaki dan tangan pada saat-saat tertentu akan berubah.

fisiknya lebih mengerikan dari jenglot yang selama ini di temukanJika menyimak dari sisi nonrealita, maka jenglot memiliki energi yang bisa dirasakan melalui kekuatan supranatural. “Jadi, masih tersisa energi dalam jasadnya yang beku,baru-baru ini di daerah Bojo Negoro jawa timur gempar karena salah satu paranormal telah berhasil menemukan sesosok jenglot yang lain dari pada yang selama ini di beritakan, jenglot ini berjenis kelamin perempuan dan memiliki tubeuh menyerupai Ular,beberapa paranormal yang dihubungi berkomentar bahwa jenglot ini dahulunya adalah wanita yang digdaya dan kemungkinan memiliki ilmu ular atau mengabdi pada sosok siluman berbentuk ular (Nyi Blorong)

Jenglot bertubuh ular dan kepalanya mirip manusia dengan ciri perempuan itu ditemukan oleh Mbah Lamidi bersama 8 warga setempat yang sedang menjalani ritual. Mereka melakukan itu untuk mengambil jenglot di sungai berjarak 70-an meter di depan rumah Mbah Lamidi, Jumat (8/5) lalu.Setelah itu, kabar tentang penemuan makhluk ini cepat sekali menyebar ke sejumlah daerah, hingga pada Selasa (12/5) Kapolres Bojonegoro AKBP Agus Saripul Hidayat datang langsung ke lokasi untuk meninjau mahluk aneh itu.

Jenglot itu nampak seperti sesosok ular melingkar dengan badan dan kepala berbentuk seperti perempuan dilengkapi rambut panjang di bagian belakang. Mbah Lamidi menyebutnya sebagai jenglot wanita berambut panjang warna pirang.

Jenglot ini bertinggi badan sekitar 18 sentimeter, rambut panjang lebih kurang 20 cm. Di bagian wajah terdapat dua alis warna putih memanjang, mata terbelalak, dua taring, dan badan sampai ekor panjangnya kalau menjulur diperkirakan sampai 90 sentimeter. Selain itu juga ada dua tangan yang menyilang didada, dengan jari-jari berwarna hitam dan kukunya memanjang. Di bawah pantatnya seperti ada besi warna kekuning-kuningan.

semoga sosok gaib yang ditemukan ini bukan merupakan rekayasa penemunya sebab beberapa tahun yang lalu ada seorang mengclaim menemukan jenglot setelah di check dan di ambil DNA ternyata jenglot tersebut memiliki tubuh sintetik alias buatan,kepalanya terbuat dari salah satu tulang tengkorak unggas serta tangan terbuat dari semacam plastik sintetik.

13. Buta/buto
coba teman2 lihat ciri2nya dan bandingkan dgn Ogre, mereka bnyk memiliki kesamaan:
1. memiliki ukuran yg cukup tinggi (9-10 kaki)
2. warna hijau ato hijau keabu-abuan
3. pemakan daging
Buto Ijo (Jawa ) = Ogre ( Inggris, Celt )
Ciri2:
Bentuk: raksasa bertubuh hijau ( hijau tua )
Watak: beringas, memakan korban manusia.
Tinggal: Buto Ijo di Pohon besar, kalo jadi peliharaan
biasanya dibuatkan kamar khusus.
Ogre di hutan ato rawa-rawa.
Status: Buto Ijo adl bangsa jin yg bisa dipelihara utk
pesugihan, tapi ada juga yg bebas n liar.
Ogre adl jin liar.

14. Mothman Indonesia
“istilah org chinese Cui Kui a.k.a Hantu Air “
Ciri-ciri :
- Tinggi & Gede berbulu2
- badan agak membongkok
- Mata warna merah
Sekilas klo dilihat ktnya mirip ama Manusia Kera tp kakinya pendek. Tinggalnya didalam air. Soalnya menurut org di Pontianak yg tinggal di pinggiran Sungai Kapuas mahluk ini sering banget kluar tengah malam. katanya mereka biasa klo kluar lbh dari 1 org. n org klo kita ketemu Mothman. harus cpt cepet kabur. karna klo dia dah tangkap kita raga / tubuh kita di pake mereka dan kita yg menjadi Mothman itu.

15. Kura - Kura Raksasa
Ciri-ciri :
- yg pasti yah mirip kura2.
- Gede banget (ukurannya 1/3 dari sungai kapuas
- Jarang muncul, klo muncul biasa cuman klihatan tempurungnya n ga smua org bisa lihat
Nah klo yg ini gw ga gitu ngerti deh. katanya kura2 ini muncul pas klo air pasang.
Munculnya juga tengah malam. kata org2 blg klo kita mancing ikan di pinggiran sungai Kapuas, klo umpanmu termakan ama kura2 itu, terasa beda ama kita dapet ikan. pokoknya panjingan kita lbh berat dari biasanya. kita ga boleh lawan ama pancingannya. talinya harus di potong.

16. Gundul Pringis
Gundul Pringismerupakan setan yang berupa kepala orang yang lagi ketawa meringis, kepala orang itu nyambung ke usus dan jantungnya menurut orang-orang hantu ini jenis hantu yang ganas.
Di kalangan masyarakat Jawa Tengah, terutama bagian selatan, nama hantu ini sudah lama dikenal. Wujudnya mirip buah kelapa. Kalau dipegang tiba-tiba menyeringai! Buah kelapa itu punya mata, hidung, mulut, dan telinga! Mirip kepala manusia! Kalau menggoda orang biasanya pada malam hari. Diawali dari bunyi jatuhnya buah kelapa, orang lalu tertarik untuk mencari di kebun yang gelap. Begitu ketemu dan diangkat… ya itu tadi~’buah’ tersebut tiba2 menyeringai! Seram sekali wujudnya. Orang yang menemukan jelas akan terbirit-birit. Begitu kisahnya.
(NB : Dalam bahasa Jawa, ‘gundul’ berarti ‘kepala’ & ‘pringis’ berarti ‘seringai’.)

17. Biyung Tulung (Jawa) = Poltergeist (Inggris-Amrik)
Ciri2:
Bentuk: tak berwujud, hanya suara, tapi diyakini ada
hub-nya dgn roh2 org yg mati penasaran.
Watak: suka menakut-nakuti, meneror, menyebabkan
org yg diganggu mjd gila, sakit jiwa.
Tinggal: di tempat2 yg pernah terjadi kematian tragis,
spt area kecelakaan, tempat2 pembunuhan.
Status: roh2 penasaran yg menjadi jahat krn masa
lalu yg sangat tragis.

18. Lelepah (Jawa) = Troll (daerah Celt, Skandinavia)
Ciri2:
Wujud: mahluk besar dgn wajah buruk, suka bawa
senjata sperti gada atau golok besar.
Watak: agak lamban & tolol, tp sebenarnya ganas,
jin karnivor yg doyan manusia.
Tinggal: di pohon2 besar, hutan.
Status: termasuk jin yg kebanyakan berada di hutan,
liar, suka berburu apa saja termasuk manusia.

19. Onggo-Inggi
Adl jin yg tinggal di perairan. Berwatak jahat karena suka memakan korban manusia. Jin ini tinggal di tempat seperti sungai besar atau danau. Secara kasat wujudnya berupa kepala tanpa badan, dan berambut sangat panjang, berkelana di dalam air. Onggo-Inggi sering memakan korban org yg sedang berenang di perairannya. Caranya menyerang adl dengan membelit korbannya dgn rambut panjangnya, lalu org itu dibawa ke tengah sampai kelelahan baru kemudian ditarik ke dalam air. Kalo sudah bgt, korban tak akan kembali lagi ke dunia. Org2 percaya Onggo-Inggi memakan korbannya. Dan jasad korban Onggo-Inggi jarang sekali bisa diketemukan. Selalu hilang. Apabila perairan kering, Onggo-Inggi juga tak akan bisa ditemukan krn pada dasarnya ia adl mahlik gaib. Air adl medianya utk masuk ke dunia manusia dan mencari mangsa.

20. Uwel
Adl jin air yg hampir mirip dgn Onggo-Inggi. Hanya saja sejauh ini blm ada org yg bisa menggambarkan wujud kasat Uwel. Mahluk ini juga suka memangsa korban, tak hanya manusia tapi juga hewan yg berada di perairannya. Salah satu kesaksian ttg aksi Uwel, adl ketika mahluk ini memangsa kerbau yg sedang dimandikan di sungai. Tiba2 ada pusaran air di tengah sungai dan kerbau itu terseret ke tengah. Badan kerbau itu berputar2 mengikuti pusaran, dgn posisi kaki di atas dan kepala terbenam ke air. Setelah pusaran itu berhenti, kerbau itu sudah mati mengambang. Setelah bangkai kerbau itu dibawa ke pinggir sungai, kepala kerbau itu berlubang tepat di bagian ubun-ubun. Org2 mempercayai bahwa kerbauitu telah dibunuh Uwel, dan dihisap darahnya.

21. Wilwo
Adl jin yg berwujud seperti manusia berwajah bopeng, tapi tangannya panjang hampir menyamai tinggi badannya. Jin ini suka menggoda anak2. Kalo ada anak2 yg bermain di luar rumah sampai melebihi maghrib, bisa2 didatangi mahluk ini. Anak itu diajak main, digendong, ditimang-timang, dsb. Tapi si bocah tak akan menangis krn pengaruh gaib mahluk ini. Meskipun sering membuat para org tua cemas, tp sebenarnya Wilwo tak pernah menyakiti. Dia tak sejahat Wewe atau Genderuwo yg kalo sudah menculik anak tak mau memulangkan. Wilwo selalu memulangkan anak yg diajaknya bermain. Kadang dia juga mendatangi anak2 pada waktu malam saat semua org sudah tidur, dan mengajak anak2 itu bermain. Wilwo katanya sering muncul di daerah lereng Gunung Merapi. Dan keberadaannya dimaklumi oleh penduduk sekitar.

22. Memedi Colok
Adl jenis jin yg tujuannya cuma menakut-nakuti org. Wujudnya adl nyala api seperti lilin, bergerak mengambang di udara. Kadang juga mengecoh org yg sedang keluar malam, dari kejauhan seperti rombongan org membawa obor tp bgt dekat ternyata cuma obor tanpa org yg membawa. Kadang juga mengejar org sampai ketakutan. Tapi tak ada kasus org sampai mati gara2 mahluk ini.

23. Bolosewu
Adl jin dalam jumlah banyak.pernah suatu ketika seseorang hiking di gunung Lawu, dia membabati semak2 untuk mencari jalur baru. Ketika pulang dari gunung, dia baru kerasa gak bisa jalan, bahkan berdiri aja gak bisa. Dan kakinya terasa sangat sakit. Sebulan lebih dia sakit. Baru setelah didatangkan org pintar, diketahui ternyata kakinya itu dirasuki jin jenis Bolosewu. Gara2nya krn dia telah merusak tempat tinggal jin ini saat dia membabati semak di gunung. Setelah diobati scr magic, baru dia itu bisa sembuh. beberapa orang yg lain, seorang penganut ilmu Kejawen, malah memanfaatkan jin Bolosewu untuk beladiri. Caranya, jin ini diundang melalui sebuah mantra dan dirasukkan ke dalam tubuh. Efeknya, tubuh akan menjadi lebih kuat, kebal, dan serangan menjadi penuh tenaga.

24. Kuncung dan Gombak
Adl dua jenis jin yg katanya berkerabat. Belum ada yg kasih tahu ttg wujud kasat dari mahluk ini. Tapi yg jelas mahluk ini tergolong jin yg nakal. Mereka hobby merasuki org, membuat org tiba2 meracau, teriak2, tidak senonoh, lalu sakit selama berhari-hari. untuk mengusir jin ini harus dgn berkomunikasi. Jin yg merasuki itu harus ditanyai apa maunya. Biasanya jin ini akan meminta makanan tertentu, salah satunya Gecok, makanan khas Jawa yg katanya juga disukai mahluk ini. jin jenis Kuncung & Gombak ini banyak tinggal di Hutan Roban. Mungkin mereka juga tinggal di hutan2 lain.

25. Kanthong Kiwil
Adl jin yg wujudnya mirip manusia. Memakai pakaian kemeja Jawa hitam, memanggul buntelan besar dari kain. Dia suka muncul malam hari saat sudah sepi, lalu meminta kepada tukang ojek atau tukang becak untuk mengantar ke tempat tertentu. Tapi mahluk ini tak pernah bicara, cuma memakai isyarat tangan kalo berkomunikasi dgn manusia. Tapi hati2, mahluk ini dikenal cukup kejam. Kalo sampe org yg ditemuinya mengatakan atau menggumam hal yg buruk ttg mahluk itu, dia akan melakukan sesuatu yg berbahaya bagi keselamatan org tadi.
Pernah ada sebuah kesaksian dr seorang tukang becak yg mengantar mahluk ini, krn si tkng becak ini ngomongin hal yg buruk ttg si Kanthong Kiwil, tiba2 mahluk gaib ini turun dr becak dan melemparkan becak itu ke sungai padahal si tukang becak masih duduk di sedel. Untung tukang becak itu tidak celaka maut, dan dia baru sadar siapa yg sedang dia hadapi. Tapi mahluk itu sudah menghilang entah kemana.
Ada yg menyamakan Kanthong Kiwil dgn mahluk gaib Jawa lainnya yg disebut Kurcaca. Keduanya sama2membawa buntelan besar yg entah isinya apa. Tapi ada keyakinan bahwa barang siapa bisa merebut buntelan yg dibawa mahluk itu, akan menjadi kaya raya. Begitu mitosnya.

26. Engklek-Engklek
Adl mahluk sangar yg ditakuti org Jawa sejak jaman dulu. Mahluk ini berwujud menyeramkan, menyerupai monster tinggi kurus, berkeliaran di daerah kuburan membawa bangkai. Ada yg bilang bangkai yg dibawa itu adl mayat yg diambil mahluk ini dari kuburan. Mahluk itu apabila muncul selalu bersuara, “Klek… klek… klek !” dengan nyaring memecah keheningan malam.
Tapi sekarang sudah jarang orang yg bercerita ttg mahluk ini. Mahluk ini kisahnya sudah tertelan kemajuan jaman, seperti halnya dengan Lelepah. Tapi bukan tidak mungkin, mahluk ini masih menghantui daerah2 terpencil, dan tentu saja yg ada kuburannya.

27. Jelangkung
“datang tak dijemput, pulang tak diantar”
Jelangkung adalah salah satu permainan di Indonesia yang sebenarnya tabu untuk dilakukan. Hanya orang - orang nekatlah yang melakukannya, sekaligus orang - orang yang tak tahu resiko apa yang akan mereka petik setelah bermain Jelangkung.
Melibatkan roh - roh penasaran, yang di dunianya sendiri kebingungan mencari jalan yang sesungguhnya, gelap dalam perjalanan, mendadak terseret oleh panggilan manusia yang berkumpul memanggil namanya. Yang akhirnya roh penasaran tersebut menginginkan lebih , karena manusia - manusia yang telah memanggilnya menyentakkanya dari perjalanannya menuju alam baka, meminta untuk pertanggungjawaban manusia.

28. Babi Ngepet
Menurut urban legend yang pernah ada, Babi Ngepet itu sebetulnya adalah manusia biasa yang mempunyai “ilmu” untuk mengubah dirinya jadi siluman berwujud babi, tujuannya untuk mencuri uang atau benda-benda berharga milik orang lain. Babi Ngepet biasanya beoperasi pada malam hari, untuk jadi Babi Ngepet seseorang harus mempunyai partner yang tugasnya untuk menjaga lilin sebab konon katanya kalau lilinnya sampai padam si manusia yang menjelma jadi babi tersebut tidak bisa kembali kewujud aslinya. Jadi Babi Ngepet tidak bisa di pisahkan dari nyalanya lilin

29. Bahu Laweyan
Dalam perspektif Jawa dikenal istilah Bahu Laweyan. Yaitu, perempuan yang memiliki ciri-ciri khusus pembawa sial. Siapa saja yang melakukan hubungan intim dengan perempuan tersebut bakal mati dengan cara mengenaskan. Bagaimana asal muasalnya sampai lahir perawan Bahu Laweyan?
Perempuan Bahu Laweyan adalah perempuan yang memiliki ciri khusus berupa toh (tompel) sebesar uang logam yang terletak pada bahu kiri. Ada kepercayaan bahwa kehidupan perempuan Bahu Laweyan berjalan tidak normal. Hal ini disebabkan perempuan Bahu Laweyan dipengaruhi oleh aura mahkluk halus yang sangat jahat.
Mitos seperti ini mulai berkembang pada abad IX, seperti digambarkan dalam Serat Witaradya karya Raden Ngabehi Ronggowarsito yang dikutip ulang oleh Misteri: Perawan Bahu Laweyan itu sesunggunya memang ada, tetapi jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Keberadaannya mulai diperhitungkan sejak abad sembilan (921 M) saat kejayaan Keraton Pengging Witaradya.
Kisah itu dimulai ketika kerajaan mengadakan upacara wilujengan (ulang tahun penobatan) sang raja. Ternyata sang raja memiliki sahabat yang sangat banyak, bukan hanya dari kalangan manusia tetapi juga dari para lelembut. Beliau memiliki sahabat seorang Raja Brahala ( raja setan) yang bernama Gandarwa Kurawa.
Saat upacara dimulai Gandarwa Kurawa sangat tertarik dengan kecantikan putri raja yang bernama Dewi Citrasari. Meski teratrik, tetapi raja setan itu tidak dapat berbuat apa-apa karena sungkan dengan sang raja yang sekaligus sahabat karibnya. Sebagai pelampiasan, Gandarwa Kurawa berkeinginan memiliki seorang putri yang cantiknya seperti Dewi Citrasari. Segala kekuatan dan kesaktian dikerahkan saat ia berhubungan intim dengan sang permaisuri. Hasilnya, dua zat hidup, yaitu jiwa manusia dan jiwa iblis bersatu dalam sebuah benih. Dan ketika bayi tersebut lahir maka bayi itu memiliki tanda khusus yang oleh masyarakat disebut dengan nama perawan Bahu Laweyan.

30. Begu ganjang
Begu ganjang adalah hantu dari dari Tapanuli, Sumatra (thanks to : halakbatak (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=56781)), konon, hantu peliharaan yang bisa disuruh pemiliknya untuk mencari kekayaan, dengan syarat mengorbankan nyawa manusia sebagai tumbal. Begu ganjang; kalau diterjemahkan bebas menjadi hantu panjang. Begu ganjang di zaman dulu sengaja dipelihara oleh warga untuk menjaga ladang atau lahan pertanian. Di zaman sekarang fungsi begu ganjang berubah; untuk mencari kekayaan. Kalo ketauan melihara ginian bisa mati dibunuh penduduk sekampung

31. Kalong wewe
kalong wewe adalah konon seekor kelelawar besar jadi-jadian yang berupa wanita dengan muka menyeramkan, gigi bertaring, rambut panjang, dan berpayu dara panjang dan konon suka menculik anak-anak yang masih di luar rumah bermain pada saat magrib (sekitar jam 6-7 sore).

32. Hantu Lampor
(Thanks to : orapopo (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=74019) )
Hantu lampor merupakan hantu yang suka mencari anak-anak yang nakal dan tidak meuruti apa kata orangtuanya. Orang - orang tua jaman dahulu sering bercerita, katanya hantu lampor itu adalah hantu tanpa kepala yang akan menyerupai orang-orang sekitar kita. Dia akan membawa kita ke suatu tempat dan menjadikan kita santapan malamnya di tengah malam dibawah sinar bulan purnama.

33. Hantu Jerangkong
(Thanks to : orapopo (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=74019) )
Hantu Jerangkong Adalah hantu yang jika dia akan muncul diawali dengan bau bangkai yang sangat menusuk hudung. Hantu Jerangkong konon katanya merupakan penjelmaan orang kaya yang mati. Setelah dikubur, ia akan bangkit dan mencari orang-orang yang berpiutang padanya. Ia berpakaian serba putih, jalannya tak menjejak tanah. Hantu jerangkong itu biasanya didahului bau bangkai yang menusuk hidung.

34. Pulung Gantung
(Thanks to : gecd (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=33695) )
Pulung Gantung, yaitu roh jahat yang berwujud bola cahaya sebesar kepalan, berekor dan berwarna hijau kemerahan. Biasanya Pulung Gantung muncul setelah ada warga yang mati bunuh diri, Pulung Gantung marak pada tahun1989 -1991 di daerah Gunung Kidul. Mata kita melihatnya sebagai bola api, sementara orang di Gunung Kidul sana menyebutnya pulung. Kehadirannya selalu mengundang rasa ngeri. Pasalnya, Pulung Gantung dipercaya sebagai pembawa sasmita gaib. Ada saja musibah yang terjadi jika Pulung Gantung muncul

34. Banaspati
(Thanks to : gecd (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=33695) )
Banaspati adalah makhluk yang terbuat dari api. Mereka hidup didalam tanah ditempat-tempat yang gelap. Dunia mereka dihubungkan dengan dunia luar melalui lorong-lorong gua, saat berinteraksi dengan makhluk lain api yang berkobar di seluruh tubuhnya dapat dipadamkan sehingga tidak melukai makhluk lain selain Banaspati, setiap makhluk Banaspati memiliki kemampuan tersebut karena menguasai sihir Pati Geni.

35. Kuyang
(Thanks to : gecd (http://www.indowebster.web.id/member.php?u=33695) )
Salah satu jenis hantu Banjar yang menarik untuk dikaji adalah kuyang. Karena, kuyang adalah makhluk yang hidup di dua alam, di alam hantu dan di alam manusia. Siang seperti manusia pada umumnya dan malam berubah menjadi hantu yang menakutkan. Konon katanya kuyang sekarang sedang dicari-cari dan diburu karena kemampuannya untuk mendatangkan kekayaan (uang) secara melimpah, entahlah!.
Kuyang adalah hantu perempuan yang pada dasarnya adalah manusia biasa, akan tetapi karena sebab atau ilmu tertentu ia kemudian berubah wujud menjadi hantu dan pada waktu-waktu tertentu terbang untuk mencari makan, yakni darah atau orok (bayi) yang baru dilahirkan. Orang Banjar percaya (sebagaimana juga orang Thailand dan Sumatera), bahwa dengan minyak tertentu ―biasa disebut dengan istilah minyak kuyang― yang digosokkan pada bagian sekeliling leher, seorang perempuan bisa berubah menjadi kuyang. Konon tujuannya menjadi kuyang adalah untuk awet muda dan keabadian hidup (panjang umur), karena meminum darah segar bayi. Kuyang biasanya terbang dengan kepala dan isi perutnya pada malam hari untuk mencari mangsanya dan untuk mengelabui mangsanya, sewaktu-waktu ia bisa berubah menjadi seekor burung malam atau kucing. Kuyang juga memiliki dua gigi taring di kiri dan kanan mulutnya.

Bukan hanya kayak keragamanan budaya, ternyta indonesia kita tercinta ini juga kaya akan jenis hantu..xixix

jangan lupa klik tombol thanks / timbangan yah

kai_1412
23-09-2009, 01:10 PM
wah..hantu indo bnyk jg ya..
ksh ilustrasi aj biar bacanya lebih seru..
hantu jepun mah lewaaaattttt....

setanbedul
23-09-2009, 01:22 PM
tunggu semua setan ini di klaim ama tetangga kita
btw.. Jelangkung bs di itung hantu?
mungkin kl jelangkungnya masuk ke boneka stand baru deh tuh serem

sekalian nambah info.. Kalong wewe.. ternyata adalah monster kelelawar berwujud raksasa yang menyerang manusia.. muncul hanya di malam hari dan sangat berisik

*cerita kalong wewe ini sebenarnya mirip dgn monster kelelawar yg ada di LN*

g9_vamps
23-09-2009, 01:29 PM
Wah gan, kl dikasih pics kayaknya lebih seru tuh :top:

@atas^: Kemungkinan diklaim tuh :haha:


:niceinfo: gan

aureon
23-09-2009, 02:12 PM
:doa:
untung ga ada gambarnya


kalo ada bisa2 ga tidur gw :aaaa:

Xinez
23-09-2009, 03:02 PM
gile bener tuh hantu indo...:panda:
bener2 banyak banget, :panik:

gmn klo dikasih pic skalian??
biar tambah seru bacanya..:hahai:

wendy260990
23-09-2009, 07:39 PM
OMs kok ga di pasang photonya!!???:hot::hot:

bocahkungfu
23-09-2009, 10:41 PM
kalo leak sih pernah lihat, tp yang bentuk bola api terbang..
trus ama kepala2 cuma ga pake organ2 gitu... :ngupil2:

wiwi.22
24-09-2009, 05:47 AM
Wuihh, di Indonesia jenis-jenis hantu emang banyak.. Film2 nya aja sampe banyak banget judul2nya.. pengaruh dari budaya kita yang macem2 sih.. ;)

ex_baka
24-09-2009, 08:49 AM
wah jadi tau macem2 setan indo ni, thx

hyde666
24-09-2009, 10:38 AM
tunggu semua setan ini di klaim ama tetangga kita
btw.. Jelangkung bs di itung hantu?
mungkin kl jelangkungnya masuk ke boneka stand baru deh tuh serem

sekalian nambah info.. Kalong wewe.. ternyata adalah monster kelelawar berwujud raksasa yang menyerang manusia.. muncul hanya di malam hari dan sangat berisik

*cerita kalong wewe ini sebenarnya mirip dgn monster kelelawar yg ada di LN*


wuih lumayan banyak tapi dari jawa semua, bisa ditambah dari sumatra kaya begu ganjang.

makasih bro utk masukan2nya dah saya update di halaman 1.. utk gambar mungkin akan menyusul.. hbis di rumah sendirian rada atut cari2 gambarnya..nunggu kk pulang dlu

hyuga_akira
24-09-2009, 11:56 AM
wahhhhh kurang seru gan... gak ada gambar
tambahan info buat wewe gombel...

konon, asal dari wewe gombel itu (kata orang2 tua saya & masyarakat sekitar) berasal
dari kota semarang, tepatnya semarang selatan, di bukit GOMBEL, makanya dinamakan
WEWE GOMBEL (setan dari bukit gombel)... pantesan kok tiap lewat sana, perasaan
gue kok gak enak...

Sh3nLong
24-09-2009, 12:20 PM
Di Padang ada namanya Si Jundai. Mirip Kuntilanak tapi telapak kakinya terbalik. Hiiiiiiii

hyde666
24-09-2009, 12:58 PM
wahhhhh kurang seru gan... gak ada gambar
tambahan info buat wewe gombel...

konon, asal dari wewe gombel itu (kata orang2 tua saya & masyarakat sekitar) berasal
dari kota semarang, tepatnya semarang selatan, di bukit GOMBEL, makanya dinamakan
WEWE GOMBEL (setan dari bukit gombel)... pantesan kok tiap lewat sana, perasaan
gue kok gak enak...

makasih bro infonya dah di update ke halaman 1..waduh kalo gambar tunggu bro..entar saya update deh + gambar seadanya



Di Padang ada namanya Si Jundai. Mirip Kuntilanak tapi telapak kakinya terbalik. Hiiiiiiii

oiya tentang Si Jundai ini gmna bro detailnya?? asal mula ciri2 dll biar bisa di update ke halaman 1..habis cari2 info minim bgt dptnya

halakbatak
24-09-2009, 01:04 PM
ini baru serem....... :takut:
hantu indonesia emang top deh :top:

Begu Ganjang dari Tapanuli tuh..
Kalo ketauan melihara ginian bisa mati dibunuh penduduk sekampung...

bibibi
24-09-2009, 06:53 PM
indo selain kaya dengan sumber alam
jg kaya dengan mahkluk gaib

:smiley_beer:

hyde666
24-09-2009, 08:11 PM
indo selain kaya dengan sumber alam
jg kaya dengan mahkluk gaib

:smiley_beer:

bener bgt bro.. indonesia bener2 negara yg kaya :D ...


ayo siapa lg yg mau nymbang hantu, biar di update ke halaman 1

xnortuen
25-09-2009, 03:57 PM
wah..
byk jg indonesia punya hantu..

untung ga ada pict-nya.
coz sempet ragu2 tadi mo buka apa ngga.hee.

hyde666
25-09-2009, 04:54 PM
wah..
byk jg indonesia punya hantu..

untung ga ada pict-nya.
coz sempet ragu2 tadi mo buka apa ngga.hee.

hahahah santai aj bro aman kok..masalahnya TSnya sendiri mau nagsi gambar juga rada was2..xixixix rada atut..

halakbatak
25-09-2009, 04:56 PM
mau nanya gan...
hantu-hantu yang udah diklaim malaysia apa aja gan? :???:
:piss::piss::piss:

orapopo
25-09-2009, 05:20 PM
Tambahan :
LAMPOR, DHEMIT, JRANGKONG.....

hyde666
25-09-2009, 06:11 PM
Tambahan :
LAMPOR, DHEMIT, JRANGKONG.....

makasih bro utk infonya, udah saya update ke halaman 1..

ayo ada member lain yg mau menyumbang ??

gecd
27-09-2009, 10:35 PM
sepertinya hantu indonesia terlalu banyak jika disebut satu persatu
( pulung gantung, banaspati, dan kuyang ga dimasukin :madesu: )

h4ck_Z
02-10-2009, 04:23 PM
Gue gag pernah ketemu tuh?

reichzach
03-10-2009, 08:25 PM
kok ga ada begu ganjang (bahasa batak artinya hantu tinggi).....hantu yang klo kita pulang malem2 trus ktemu orang yang tinggi banget......semakin kita liat ke atas semakin tinggi......trus pas kita ngeliat ke atas kita di cekek deh....

juliusdj
07-10-2009, 04:09 PM
bangga nih di indo banyak hantunya,
kalo ada gambar ato ilustrasinya lebih mantab tritnya bro:top:

trinks
07-10-2009, 06:40 PM
coba kalo ini bisa di masukin di guiness book of record..

indonesia juara kali yak...

g_n_h
07-10-2009, 07:32 PM
^^ mm bnr tu, kayaknya tiap2 daerah punya hantu yang berbeda2 ya...:???:
bisa ga habis ceritanya kl disebutin satu persatu hantu di Indo dari sabang sampe merauke ya...:hahai:

Marx_Saint
07-10-2009, 07:38 PM
Banyak sekali.... :hot:

yang kasih nama siapa yhh? :???:

apa begitu ketemu langsung dikasih nama baru? :hahai:

^^

hyde666
09-10-2009, 09:22 AM
sepertinya hantu indonesia terlalu banyak jika disebut satu persatu
( pulung gantung, banaspati, dan kuyang ga dimasukin :madesu: )

maksih bro, nama2 + info hantunya dah di update ke halaman 1.. :)


Banyak sekali.... :hot:

yang kasih nama siapa yhh? :???:

apa begitu ketemu langsung dikasih nama baru? :hahai:

^^

yg memberi nama biasanya masyarakat sekitar bro, di namakan berdasarakan bentuk fisik atau prilaku si hantu

F1shF4c3
21-10-2009, 04:11 PM
kok Tuyul sama Pocong blom ada boss.

hmm ... ada lagi namanya "ndas glundung"(kepala menggelinding) atau "glundung plecek"(menggelinding trus melotot), istilah tempat saya. itu hantu muncul seperti buah kelapa jatuh, trus saat didatangi maka akan berbentuk kepala trus matanya melotot.

trus satu lagi namanya "kemamang", ndak tahu di daerah lain namanya apa.
hantunya seperti bola yg terbakar dan bergerak. kalau dulu saya pernah lihat waktu kecil saat ronda sahur di rerimbunan bambu. waktu itu takutnya setengah mati, tapi ayah saya menenangkan saya dengan mengatakan kalau itu cuman fosfor yg kebetulan terkumpul di ujung2 bambu muda. mungkin sih ... tapi waktu itu saksi-nya banyak, g cuman saya tapi juga temen2 yg bersama saya ronda sahur. tapi paling tidak penjelasan ayah saya waktu itu cukup menenangkan saya.



Genderuwo adalah makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat menutupi tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa menyebutnya "gendruwo"). Habitat hunian kegemarannya adalah pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab dan gelap. Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa menyukai manusia. Cerita-cerita misteri menyebutkan kalau genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seseorang. Menurut cerita pula, genderuwo hanyalah berkelamin pria dan dapat menghamili perempuan, bahkan menghasilkan keturunan dari hubungan itu.

Asal-usul genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat.

Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.


kalau dapat menghamili saya blom dapat berita yg jelas. tapi kalau suka dengan manusia. saya ada cerita dari budhe dan nenek saya.

kejadian ini sekitar awal tahun 80-an. pada tahun2 itu, pak dhe saya bekerja sebagai sopir di sebuah pengusaha penyuplai telur dari blitar ke jakarta. nah waktu pak dhe saya pergi mengantar telur ke jakarta, bu dhe tinggal di rumah bersama nenek. sudah dua hari pak dhe ke jakarta, harusnya hari itu memang sudah pulang. kejadian kira2 jam 7 malam sesudah magrib. perlu diketahui, pada tahun2 itu, jam 7 malam sudah sangat gelap, listrik belum masuk desa. jadi umumnya orang sehabis magrib, kalau g ada hajatan, rumahnya mesti sudah ditutup. nah, pintu pun terketok, dibukakan pintu oleh nenek. menurut nenek saat memang pak dhe yg ada di depannya. trus dipanggillah bu dhe oleh nenek buat melayani suaminya yg baru pulang. ya disuruh mandi, dia mandi, di sediain makan ya makan. nah sampai jam 10 malam saatnya mau tidur, seperti biasa kalau suami istri jarang bertemu kan pasti mau berhubungan. nah, udah lepas2, tapi blom sampai berhubungan, pintu ada yg mengetok, yg membukakan nenek. di depan nenek sekarang ada pak dhe, tapi nenek kan g tahu kalau 'pak dhe' yg lain juga ada di kamar sama bu dhe, jadi kata nenek(dalam bahasa indonesia), "Lho, barusan tadi masih di dalam kok dah di luar tho nak, cari rokok ya ?". trus dipanggil bu dhe saya oleh nenek. nah ketika budhe saya keluar ke ruang tamu .... bingunglah beliau, kok suaminya ada dua. trus dicek lagi di kamar, udah g ada yg satunya.
coba kalau bener kejadian, apakah benar gendruwo bisa menghamili manusia ?? kalau kata seorang kyai, itu g mungkin, soalnya sperma jin(beliau mengelompokkan gendruwo dalam golongan jin) dengan sel telur manusia pasti g bisa ketemu, wong alamnya aja beda.

dari semua itu, ada satu pertanyaan yg mengganjal di hati saya. orang2 jaman dulu kok sering ya ketemu sama hantu. tapi jaman sekarang setiap temen yg saya tanya rata2 80% g pernah ketemu hantu. tapi kalau saya tanya orang2 tua(yg angkatannya di atas ayah dan ibu saya, seangkatan nenek saya lah), hampir dapat dipastikan angka diatas terbalik.
perkiraan saya sih ... sekarang kan dunia sudah terang, listrik dimana2, jalan2 terang, jadi susah ketemu hantu .... hihihi.

bloodflowerz
01-11-2009, 02:09 AM
akeh tenan tapi gendrues kok gk ada kata dukunya hari panca (dunia lain) ada :))

black_log
01-11-2009, 11:11 AM
wah.. hantu yg beraneka ragam dari pulau" yg berbeda..
tetap pertahankan jangan sampai di klaim ama negara tetangga...
mantep tuh.. biar jadi ciri khas indo..
gak kalah ama setan produk luar :lol:

MinGGuE
01-11-2009, 01:50 PM
hantu di indo memang banyak & banyak yg menyeramkan.. .
:panik::panik::panik:
lebih bagus klo ditambah picture,,, lebih menyeramkan lg

raicool
04-11-2009, 01:23 AM
jah lg2 setan.... saingan thread science nh

w pernah semaleman mandangn pohon2 sendirian dengan harapan melihat sesuatu tp nihil... kyny yg liad cm parno aj... ato mimpi

Scrapper
14-11-2009, 03:12 PM
Hiii jadi teringa orang2 tua dulu yaa...menceritakan sampek begtu detilnya...entah beneran atwa dongeng bwt nakutin anak2 aja...Hanya Tuhan yang tahu

undead098
14-11-2009, 03:25 PM
wooohh.... serem broo... padahal baru baca sedikit...
lumayan banyak juga yah koleksi hantu lokal....

kalo dibikin film lumayan tuh hantu2...... ahahahah
btw kasih gambar dunk klo ada...

namsadin
14-11-2009, 03:35 PM
si kolor ijo yg sempat santer beritanya dimedia massa koq g tercantum yach?.. :kabur:

angelzinc
16-11-2009, 01:50 PM
buset dahhh banyak amat
tp sayang nya itu setan ny kyany ga sanggup lawan gw
lawan gw aja ga sanggup apa lagi lawan Tuhan gw
wkwkwkkwkwkw

yongmen
16-11-2009, 01:55 PM
gw jadi inget masa gw kecil kalo baca tentang begu panjang. pasalnya mama gw selalu aja nakut2-in gw dengan begi panjang klo susah makan .. jadi merinding nich.....

zakuroba
16-11-2009, 02:10 PM
banyak bgt gan model2 hantu na..!!! :lol: :lol:

tpi ane sebagian ada yg g ngerti....

cz zne lom pernah denger crita na...!!! :piss:

coolgids
15-12-2009, 07:29 AM
kok Tuyul sama Pocong blom ada boss.

hmm ... ada lagi namanya "ndas glundung"(kepala menggelinding) atau "glundung plecek"(menggelinding trus melotot), istilah tempat saya. itu hantu muncul seperti buah kelapa jatuh, trus saat didatangi maka akan berbentuk kepala trus matanya melotot.

trus satu lagi namanya "kemamang", ndak tahu di daerah lain namanya apa.
hantunya seperti bola yg terbakar dan bergerak. kalau dulu saya pernah lihat waktu kecil saat ronda sahur di rerimbunan bambu. waktu itu takutnya setengah mati, tapi ayah saya menenangkan saya dengan mengatakan kalau itu cuman fosfor yg kebetulan terkumpul di ujung2 bambu muda. mungkin sih ... tapi waktu itu saksi-nya banyak, g cuman saya tapi juga temen2 yg bersama saya ronda sahur. tapi paling tidak penjelasan ayah saya waktu itu cukup menenangkan saya.



kalau dapat menghamili saya blom dapat berita yg jelas. tapi kalau suka dengan manusia. saya ada cerita dari budhe dan nenek saya.

kejadian ini sekitar awal tahun 80-an. pada tahun2 itu, pak dhe saya bekerja sebagai sopir di sebuah pengusaha penyuplai telur dari blitar ke jakarta. nah waktu pak dhe saya pergi mengantar telur ke jakarta, bu dhe tinggal di rumah bersama nenek. sudah dua hari pak dhe ke jakarta, harusnya hari itu memang sudah pulang. kejadian kira2 jam 7 malam sesudah magrib. perlu diketahui, pada tahun2 itu, jam 7 malam sudah sangat gelap, listrik belum masuk desa. jadi umumnya orang sehabis magrib, kalau g ada hajatan, rumahnya mesti sudah ditutup. nah, pintu pun terketok, dibukakan pintu oleh nenek. menurut nenek saat memang pak dhe yg ada di depannya. trus dipanggillah bu dhe oleh nenek buat melayani suaminya yg baru pulang. ya disuruh mandi, dia mandi, di sediain makan ya makan. nah sampai jam 10 malam saatnya mau tidur, seperti biasa kalau suami istri jarang bertemu kan pasti mau berhubungan. nah, udah lepas2, tapi blom sampai berhubungan, pintu ada yg mengetok, yg membukakan nenek. di depan nenek sekarang ada pak dhe, tapi nenek kan g tahu kalau 'pak dhe' yg lain juga ada di kamar sama bu dhe, jadi kata nenek(dalam bahasa indonesia), "Lho, barusan tadi masih di dalam kok dah di luar tho nak, cari rokok ya ?". trus dipanggil bu dhe saya oleh nenek. nah ketika budhe saya keluar ke ruang tamu .... bingunglah beliau, kok suaminya ada dua. trus dicek lagi di kamar, udah g ada yg satunya.
coba kalau bener kejadian, apakah benar gendruwo bisa menghamili manusia ?? kalau kata seorang kyai, itu g mungkin, soalnya sperma jin(beliau mengelompokkan gendruwo dalam golongan jin) dengan sel telur manusia pasti g bisa ketemu, wong alamnya aja beda.

dari semua itu, ada satu pertanyaan yg mengganjal di hati saya. orang2 jaman dulu kok sering ya ketemu sama hantu. tapi jaman sekarang setiap temen yg saya tanya rata2 80% g pernah ketemu hantu. tapi kalau saya tanya orang2 tua(yg angkatannya di atas ayah dan ibu saya, seangkatan nenek saya lah), hampir dapat dipastikan angka diatas terbalik.
perkiraan saya sih ... sekarang kan dunia sudah terang, listrik dimana2, jalan2 terang, jadi susah ketemu hantu .... hihihi.

hii serem juga kalo jadinya budhe km "berhubungan" dengan tu genderuwo,
punya ponakan anak jin kamu. . wkwkwk
tapi aq isa ngasi pendapat tentang orang jaman sekarang yang jarang liat hantu . .
menurut aq manusia tu liat hantu karena dia sendiri takut, jadi hantu itu brani menampakkan dirinya(itu yg di agama saya, jadi kita harus berani, mreka itu pnjelmaan setan yg nakut2i manusia).
sedangkan orang jaman dulu sering banget ditakut-takutin sama rumor2 hantu, yg ngebikin mereka takut, n itulah yg menyebabkan seringnya mreka liat penampakan

nurend
28-12-2009, 08:52 AM
kl sekarang jarang liat mungkin juga karena penerangan sudah ada di mana2
selain itu...orang2 makin pandai dan lebih mikir ke arah logika daripada ke arah mistis jika menemukan hal2 janggal

khuma_putry
14-02-2010, 11:47 AM
sebenernya masih banyak lagi jenis2 hantu yang disebutin di atas, contoh salah satnya kalau di Papua itu dinamakan SUWANGGI, tapi gw tidak tau suanggi itu apa, yang gw dengar dari penduduk asli kalau suanggi itu mengerikan dan dapat membunuh manasia, makanya orang asli papua (apalagi yang dipedalaman) lebih takut kepada suanggi dari pada hantu2 yang di sebutin diatas.

:panik:gw da cerita mistis yang berhubungan dengan namanya hantu, tapi yang gw temui ini sesosok POCONG. ceritanya begini
:TKP:
kejadian ini sekitar tahun 1986-1989/ (masa transmigrasi di Irian), gw dah lupa hari apa, tapi gw masih inget betul kejadian malam itu. malam itu temen bokap gw pulang dari rumah gw (bis maen di rumah) n bokap nyusul dari belakang dan kebetulan Sepeda ontel bokap gw, di taruh di bawah pohon Akasia (dulu depan rumah ada pohon akasia 3 pohon gede2), pas sesudah bokap gw ambil sepedanya di bawah pohon akasia, terus gw tutup pintu. tapi JLEGGGGGGGGG....... dari pohon akasia yang ada sepeda tadi muncul sesosok putih yang masih terbungkus dengan kain kafan. gw dah lupa gimana dengan bentuk mukanya, yang gw inget pocong itu loncat2 ke dapan gw, dan gak ayal lagi gw langsung nangis,gw cuma bisa nangis melihat pocong itu loncat2 kearah gw dan lewat belok ke samping kanan gw lewat samping rumah (posisi rumah menghadap ke utara dan belakang rumah ada pohon Perahu gede dan Bambu yang rimbun):tkp2:. pas waktu itu ibu gw datang dan nenangin gw, tapi anehnya sepertinya ibu gw g'melihat pocong itu. dan akhirnya gw tenang deh, karn ada ibu gw, xixixixixi. sampai sekarang kejadian itu g'akan gw lupain.:onion-07:

kaeruxchan
22-02-2010, 12:37 PM
selama makhluk2 diatas dan manusia tidak mengganggu, sy rasa ga ada masalah. di bumi ini keseimbangan alam nyata dan alam gaib harus tetep terjaga baik yg percaya maupun yg tidak percaya

WonderLine
10-03-2010, 11:40 AM
Wauw udah lama gue gak ngebahas hantu lokal. Eh ngomong2 pas baca artikel Wewe Gombel, ada gambar cover komik hantu jaman dulu tuh. Hahahaha:hahai:
itu 'kan komik jaman gue SD harga 500 perak. Masih aja ada deh :yareyare:

Thanx for the info :piss:

ilcloud
12-03-2010, 07:18 AM
Wauw udah lama gue gak ngebahas hantu lokal. Eh ngomong2 pas baca artikel Wewe Gombel, ada gambar cover komik hantu jaman dulu tuh. Hahahaha:hahai:
itu 'kan komik jaman gue SD harga 500 perak. Masih aja ada deh :yareyare:

Thanx for the info :piss:

yang ngarang TATANG S ya... :hahai:
gw malah heran sama agan khuma yang bisa ngeliat pocong di Irian...
ga bermaksud SARA nih...
bds sensus penduduk, penduduk irian kan kebanyakan nonmuslim yang tata cara penguburannya ga pake kain kafan...
maka darimana tuh jin bisa dapet ide nyaru jadi pocong ya????

jaacoozee
18-03-2010, 04:32 PM
ebused genduruwo serem bgt :swt: :takut:

ga bs byangin gmn bentuk aslinya :shock1: pasti lebih serem

Hanasta
20-03-2010, 12:37 AM
kalau dapat menghamili saya blom dapat berita yg jelas. tapi kalau suka dengan manusia. saya ada cerita dari budhe dan nenek saya.

kejadian ini sekitar awal tahun 80-an. pada tahun2 itu, pak dhe saya bekerja sebagai sopir di sebuah pengusaha penyuplai telur dari blitar ke jakarta. nah waktu pak dhe saya pergi mengantar telur ke jakarta, bu dhe tinggal di rumah bersama nenek. sudah dua hari pak dhe ke jakarta, harusnya hari itu memang sudah pulang. kejadian kira2 jam 7 malam sesudah magrib. perlu diketahui, pada tahun2 itu, jam 7 malam sudah sangat gelap, listrik belum masuk desa. jadi umumnya orang sehabis magrib, kalau g ada hajatan, rumahnya mesti sudah ditutup. nah, pintu pun terketok, dibukakan pintu oleh nenek. menurut nenek saat memang pak dhe yg ada di depannya. trus dipanggillah bu dhe oleh nenek buat melayani suaminya yg baru pulang. ya disuruh mandi, dia mandi, di sediain makan ya makan. nah sampai jam 10 malam saatnya mau tidur, seperti biasa kalau suami istri jarang bertemu kan pasti mau berhubungan. nah, udah lepas2, tapi blom sampai berhubungan, pintu ada yg mengetok, yg membukakan nenek. di depan nenek sekarang ada pak dhe, tapi nenek kan g tahu kalau 'pak dhe' yg lain juga ada di kamar sama bu dhe, jadi kata nenek(dalam bahasa indonesia), "Lho, barusan tadi masih di dalam kok dah di luar tho nak, cari rokok ya ?". trus dipanggil bu dhe saya oleh nenek. nah ketika budhe saya keluar ke ruang tamu .... bingunglah beliau, kok suaminya ada dua. trus dicek lagi di kamar, udah g ada yg satunya.
coba kalau bener kejadian, apakah benar gendruwo bisa menghamili manusia ?? kalau kata seorang kyai, itu g mungkin, soalnya sperma jin(beliau mengelompokkan gendruwo dalam golongan jin) dengan sel telur manusia pasti g bisa ketemu, wong alamnya aja beda.

dari semua itu, ada satu pertanyaan yg mengganjal di hati saya. orang2 jaman dulu kok sering ya ketemu sama hantu. tapi jaman sekarang setiap temen yg saya tanya rata2 80% g pernah ketemu hantu. tapi kalau saya tanya orang2 tua(yg angkatannya di atas ayah dan ibu saya, seangkatan nenek saya lah), hampir dapat dipastikan angka diatas terbalik.
perkiraan saya sih ... sekarang kan dunia sudah terang, listrik dimana2, jalan2 terang, jadi susah ketemu hantu .... hihihi.

Lah Bukannya Sudah Terbukti Gan Kalo Gendruwo itu Bisa Menghamili Manusia............
Kemaren Waktu Nonton di Trans ato tvone (ane Lupa) ada seorang Ibu2 yang diwawancarai
Ada Seorang laki hasil dari perkawinan Gendruwo dan Manusia
CERITANYA BEGONO
Pada Saat Sang Suami Pergi Datanglah Gendruwo Menyerupai sang Suami, dan kemudian mereka sering berhubungan intim antara Sang Istri dan Sang Gendruwo tadi, kemudian Hamillah Sang Istri Tersebut../ Disaat Sang Suami Datang, Betapa Terkejutnya Dia Kalo Sang Istri Tengah Hamil Tua, Berbagai Macam Pertanyaan dikeluarkan Oleh Sang Suami dan Sang Istri Tentu saja menjawab Kalo Kehamilannya ini Hanya Dengan Sang Suami,,,Beberapa Hari Kemudian Sang Istri Melahirkan,,,dan Ternyata anaknya itu Si Jabang Bayi Tubuhnya Penuh Dengan Bulu dan Kepala Bagian Belakangnya itu Hampir Berbentuk Seperti Wajah (Ada benjolan kaya hidung, milut, mata dll) dan katanya ini Wajah Dari Bapaknya (Sang Gendruwo)....Karna Sang Istri Merasa Malu Maka Anak Itu Di Buangnya Kedalam Hutan, Setelah Beberapa Tahun, anak Ini Ditemukan Oleh Seorang Ibu-ibu Kemudian di asuhnya, sedikit demi sedikit bulu2 di badannya di cabutin, Sang anak Gendruwo ini tidak bisa Berkomunikasi (Sulit) dengan Manusia, Kalo Makan Porsi Sapi Mungkin Kurang, Setelah Beranjak Dewasa, Anak ini diajak Oleh Ibu Tirinya Untuk Membuat Pertunjukan di salah satu Tempat Wisata Di Indonesia, Dia Dijuluki Manusia Kuat ato Manusia Raksasa Gitu, Dan Dikemudian Hari ada seorang Ibu Memaksa anak Gadisnya Untuk Menikahi Sang Anak dari Keturunan Gendruwo ini, karna sang Gadis gak Punya Pilihan akhirnya dituruti, Malam Pertama Sangat Asing bagi Anak Gendruwo ini tapi Malam Kedua tubuh Sang Wanita ini dijamah dan disetubuhi dan saking kuatnya anak Gendruwo ini telah membuat istrinya sampai gak bisa Jalan, Karna dalam Satu Malam Anak Gendruwo ini bisa 15-20 Kali Minta di ehm ehm ehm kan...... "Sungguh Puas" Begitulah Kata Sang wanita yang Telah Menjadi Istri anak Gendruwo itu dengan wajahnya yang sangat LUGU.
Sang Gendruwo ini Akrab Di Panggil TEBO dan dia Pemalu.
Tetapi Ketika
Saat Sang Ibu Tiri Menanyakan "Ini Namanya Siapa???",sambil menepuk dada sang anak Gendruwo itu.
Anak Gendruwo itu menjawab "JOHN" dan Saat ditanya Kamu Sudah Makan dia Kembali Menjawab JOHN apapun yang kita Tanya Selalu Menjawab John.......
INI KISAH NYATA GAN
Begitulah Berita Yang Aku Dengar dari Salah Satu Stasiun TV


ini ada juga yang posting Tulisannya Tentang Anak itu
http://hurek.blogspot.com/2007/06/tebo-manusia-misterius.html

:idwslovers::idwslovers::idwslovers::idwslovers:

MARI KITA MEMBUDAYAKAN KATA TERIMAKASIH
DENGAN MENGUCAPKAN, MENULIS DAN UNTUK DI IDWS KITA TAMBAHKAN DENGAN KLIK THANKS DI POJOK KIRI
KARENA SEDIKIT BANYAK, APAPUN YANG DITULIS TS BRO SIS MENAMBAHKAN PENGETAHUAN KITA

khuma_putry
22-03-2010, 03:56 PM
gw malah heran sama agan khuma yang bisa ngeliat pocong di Irian...
ga bermaksud SARA nih...
bds sensus penduduk, penduduk irian kan kebanyakan nonmuslim yang tata cara penguburannya ga pake kain kafan...
maka darimana tuh jin bisa dapet ide nyaru jadi pocong ya????

g'bermaksud SARA bro, tapi tu bener2 terjadi ma gw.bukan berarti daerah macam t4 gw g'da barang gituan.
tapi kalau dah di t4 baru bisa tau.
daerah w kkt tu dah ada orang yang ninggal (seorang muslim/orang transmigran), maklm daerah trans w buka taon 1982-1983

aldi2015
05-04-2010, 10:45 PM
wah, info yg menarik dari si 666... lho the omen yach:madesu:
saia sampai deg2an habis baca ini,, maklum spirit tipis & mati lampu di rumah :shock: :shock:
Yg menarik adlh semua jejadian ini memakai wujud seram & membangkitkan rasa takut kita... :pusing: :shock:

Altair97
11-04-2010, 11:10 AM
ada yang udah pernah ngeliat... ?

aku pernah lihat pocong dua kali:
- waktu aku tutup pagar ada ttgga aku bilang ada pocong di tempat gosok baju, terus aku lihat memang ada, aku tanya ayahku yang pake baju putih dia bilang ga ada ke sana (psn tambahan: rumahku dibuat sejak ortuku baru pacaran.
-waktu dirumah pamanku, aku lagi manjat akuarium besar gitu, terus waktu aku bediri setelah manjat dan lihat kebelakangku, tiba" mati lampu, sepupuku memberi senter ke aku, dan disebelah kiri-bawah ku ada cahaya berbentuk bantal, dan kuyakin itu pocong. (psn tambahan: waktu akuarium itu dibuat, yang bikin tuh besoknya langsung sakit aneh.)

finoeci
12-04-2010, 12:34 AM
Ajegile...banyak bener....emg dah indonesia, selain kaya akan sumber daya alam, seni dan budaya, tapi juga kaya akan jenis2 mahluk halusnya... :top:
Sama kaya agan2 sebelumnya, jadi penasaran liat pic.nya ni Gan :hehe:
Btw,nice share Gan,lengkap bener... :top:

oneank
24-08-2010, 10:24 AM
Apapun Hantunya, asalnya tetep: JIN
Mo hantu lokal kek, atau luar kayak Hantu Jepang (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=13618),
Sama aja...
:panik:

nakamura197
24-08-2010, 11:43 AM
buto ijo, jurig dempak, pocong belum disebutin gan... mereka kan legendaris juga :piss:

kucing_alas
09-09-2010, 10:35 AM
di sulawesi selatan jg ada hantu yg namanya syambeu trus peppo...

yosuacuber
10-09-2010, 03:43 PM
gile bru bca dkit ud ga brani ah.. paling ngeri emang indonesia kta tercinta.. bbrp ad yang msuk website luar negeri lo gan..

repot
20-09-2010, 12:13 AM
Di Sumatra Barat ada lagi yang namanya Palasik, Palasik itu makhluk yang kepalanya bisa terbang ninggalin badannya buat nyari bayi yang baru lahir buat ngisepin cairan di tubuh bayi tersebut gan (kan bayi baru lahir itu badannya agak lembab gitu), konon Palasik itu adalah orang yang semasa hidupnya punya perjanjian ama makhluk halus (perjanjian bisnis atau perjanjian tolong-menolong gitu) dan setelah mati orang tersebut akan menjadi Palasik. Palasik itu sendiri bisa diberantas alias dibinasakan akan tetapi jika ada seorang yang jadi Palasik maka keturunannya kemungkinan besar akan terpaksa juga menjadi Palasik.
Cerita rakyat ini sempet juga dibikin sinetron yang dulu diputer di R*TI, syutingnya juga di Sumatra Barat.

Qneey
20-09-2010, 10:38 AM
Yang kura2 raksasa...gak tau kenapa tapi di bayangan gw gak serem...
kayaknya hantu yang cukup baik ya? buktinya kan gak ngganggu manusia

dIaMoNdHeAd
20-09-2010, 10:53 AM
tunggu semua setan ini di klaim ama tetangga kita
btw.. Jelangkung bs di itung hantu?
mungkin kl jelangkungnya masuk ke boneka stand baru deh tuh serem

sekalian nambah info.. Kalong wewe.. ternyata adalah monster kelelawar berwujud raksasa yang menyerang manusia.. muncul hanya di malam hari dan sangat berisik

*cerita kalong wewe ini sebenarnya mirip dgn monster kelelawar yg ada di LN*

evancode
20-09-2010, 04:13 PM
kolor ijo yg dulu ngetren itu setan bukan?

red_rackham
24-09-2010, 09:28 PM
:niceinfo::niceinfo::niceinfo:

Ini dia yang gw cari! (coba dari dulu gw dapet ni info....)

Coba tambah gambar, pasti makin sip!

shini234
17-10-2010, 08:36 PM
apapun namanya mereka itu tetep satu jenis. setan itu bisa merubah wujudya.

asubasi
17-10-2010, 09:31 PM
wkwkwk w baca malem2 sendirian begini jadi scream sendiri neh

Klikbca
21-10-2010, 02:42 PM
klo kuntilanak gw percaya ada, soalnya ada dolo sodara gw pernah hampir jadi korban kuntilanak. Makanya klo ada sodara yg lage hamil, wajib bawa jimat benda2 tajam....serammmm ahhh...

AngelOfAvalon
23-10-2010, 07:37 PM
nice info gan! makhluk halus itu memang ada. yang agan sebutin itu adalah contoh-contohnya. yah, sekarang bagaimana kita menyikapinya.....tapi ingat, Allah lah yang maha kuasa atas segala sesuatu. kita hanya boleh takut kepada Tuhan (bukan berarti kita boleh sombong kepada makhluk lain)

masstole
26-10-2010, 09:56 AM
btw gak selamanya hantu tuh nyremin koq, temenku ada yang berkawan dengan hantu, dia sering di bawain pisang goreng gratis

delopadi
13-12-2010, 04:01 PM
pocong sama tuyul nggak termasuk hantu indonesia kah kk? :iii:

pistoladi
20-12-2010, 01:19 PM
Percaya ama Tuhan YME bahwa dialah Maha Pencipta

coyomen
05-01-2011, 01:03 PM
hm ..........
padahal banyak, hantu yg jadi legenda di Indonesia...

Ballon
05-01-2011, 08:01 PM
Yup setuju itu kuntilanak juga suka loh sama ibu" kalau lagi hamil atau baru punya anak ... makanya kalau baru punya bayi biasanya di deket bayi diletakkan benda tajam seperti gunting gitu .. jadi ngga di deketin deh ... ntah bener ntah tidak .. :haha:

asp1978
19-01-2011, 02:45 PM
Emang orang kita paling banyak punya type hantunya

areeavicenna
20-01-2011, 12:38 PM
http://www.laymark.com/i/m/m162.gifngeri ih...
baru berani baca setelah terbit matahari gw..
mrinding baca judul threadny tadi malem...

black_clavus
20-01-2011, 11:46 PM
menarik juga... :top:
tapi sayangnya ga disebutin semua.....
padahal Indonesia adalah negera dengan jenis hantu terbanyak :haha:

monkry
21-01-2011, 11:14 PM
semoga ga ada deh satupun di antara mereka yang tertarik ama gue :takut:
suster ngesot ngga ada? uda terlalu jelas ya asal usul namanya :XD:

toutaratara
22-01-2011, 05:27 PM
weks wewe gombel ternyata mabesnya di gombel semarang toh ... nice info

kukukakikukaku
14-03-2011, 12:11 PM
minta gambarnya kk
banyak juga hantu indonesia ya
klo perang ama hantu luar keknya cadas hantu dari indonesia
banyak jenisnya, serem pulak :haha:

klausser
15-03-2011, 09:15 AM
picnya dong kk..
ane penasaran nih ama bentuknya..
kali aja kalo ketemu bisa kenalan:hahai:

quro_one
15-03-2011, 04:34 PM
banyak yang ga tau nih,, tapi keknya masih kurang itu, dulu pernah baca buku, buanyak banget listnya.. lupa judulnya apa.. :peace:

munkgrav
15-03-2011, 04:46 PM
tritnya update niy...
:top: mantep...

klo bisa pake pict ato ilustrasinya kk...
biar lebih seru...
:hehe:

kuzunoha
16-03-2011, 11:06 AM
tritnya update niy...
:top: mantep...

klo bisa pake pict ato ilustrasinya kk...
biar lebih seru...
:hehe:

setuju klo ada pict nya baca nya jadi lebih menghayati

dayoun
02-09-2011, 11:16 AM
setuju klo ada pict nya baca nya jadi lebih menghayati

Mungkin TSnya yang takut.
Jadi sengaja gk dikasih :hehe:
Coba baca disini (http://blogberita.net/2008/03/15/15-jenis-hantu-di-indonesia/)ada gambarnya kok (ilustrasi) :peace::peace:

etca
02-09-2011, 11:18 AM
hahahahha gw kira ada ilustrasinya
sekalian mau siapsiap spot jantung :))

zz11
02-09-2011, 08:37 PM
Moved to Sejarah...
Lebih cocok ke Myth and Urban Legend.

ary_kun
17-09-2011, 10:50 PM
banyak juga yah hantu indo...
tinggal nunggu semuanya dibuatin film satu2 tuh...

sicky
23-09-2011, 12:36 PM
mantab, kita juga ternyata punya mothman.. apa termasuk dalam mothman prophecies???

Hannayuri
25-09-2011, 06:43 AM
nambahin : Hantu Sandekala.. ukuran tinggi besar (raksasa) trus gondrong bertaring, pokonya serem deh! keluarnya waktu maghrib buat nyulikin anak² yg masih pada maen maghrib²..
dulu waktu kecil nenek gw sering banget nakut²in gw sama ni Hantu.. jadi takut keluar maghrib².. :takut:

rubykuuipo
29-09-2011, 11:46 AM
ini koleksi2 setan ini kudu di otentik di dunia internasional kayanya gak. biar gak diklaim orang lain lgi. :))

jomblowarrior
19-10-2011, 06:02 AM
banyak juga ternyata setan made in indonesia ya......ngeri dah.

pongji
19-10-2011, 07:48 AM
baru tahu ada yang namanya mothman :bingung:

emang ada ya di indo? kalo kita di pegang ikut jadi sebangsa mereka?:takut:

aicanons
19-10-2011, 07:56 AM
bnyak bnget y setan indo...

lbh asik nh klo tmbahin pic sklian...

budenx
19-10-2011, 08:06 AM
bnyak bnget y setan indo...

lbh asik nh klo tmbahin pic sklian...

pertama baca page trus ga ada gambarnya jadi pengen minta tambahin gambar..
buat serem2 kalo lagi baca diwaktu malem.. wkwoakwoako...
tapi kayanya cari gambarnya susah kalo buat hantu2 yg udah mulai spesifik gtu..

snnelwan
19-10-2011, 08:37 AM
pertama baca page trus ga ada gambarnya jadi pengen minta tambahin gambar..
buat serem2 kalo lagi baca diwaktu malem.. wkwoakwoako...
tapi kayanya cari gambarnya susah kalo buat hantu2 yg udah mulai spesifik gtu..

ayo - ayo sapa mo mendaftar dari ghostbuster indonesia

pongji
19-10-2011, 08:42 AM
:maaf:
http://3.bp.blogspot.com/_NbNw1PvEVLI/TTYfBXchP5I/AAAAAAAADQo/rhv8V0jRJYk/s400/kuntilanak.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_Q1qxZoFBDF8/TC1TKoWFv4I/AAAAAAAABWc/k9T8FOiZsM0/s1600/kuntilanak.jpg


http://3.bp.blogspot.com/_CGM6cjbz4eI/TVCnRWMjfOI/AAAAAAAAAEw/rvCkiXnxhH8/s1600/masboi_69_51200691907AM_tuyul.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_ER3eb22rwjE/TFqbdv8a0dI/AAAAAAAAAAk/90j5EpTys4c/s1600/nevanataya_122200941040PM_video-tuyul.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_kdI2XIp5bCE/S-tf2pv8l5I/AAAAAAAAAYY/35nACxLEIf8/s1600/ceblek2.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-WPNWHH3O0vg/TaM4xaqN_VI/AAAAAAAAACQ/Fn1Hvwo4kUg/s320/001sundel-bolong-unicdanlucu.jpg


http://4.bp.blogspot.com/_1r61z4thu-o/TM_LLGgdbFI/AAAAAAAAAFQ/pm2EeoruL44/s1600/pocong.png
http://1.bp.blogspot.com/_hanJvuKVrBc/TPuhGgx6L0I/AAAAAAAABpE/h3lL7PxFkow/s1600/3.jpg

thedeath
19-10-2011, 11:47 AM
kok beda sama pilem2 di bioskop yah??
hantunya seksi-seksi gak kaya aslinya..

dukung setan indonesia menjadi "seven wonders ghosts",, haha

qenzz
19-10-2011, 01:00 PM
^^
^^
bener tuh...kalo di bioskop sekarang setan indo nya seksi2 gitu...

jatiwulung
19-10-2011, 01:11 PM
ditambah pic pasti :top:. Thread tetangga yg sejenis ada picnya loh :hmm:, jadi ga ada yg bisa bilang no pic= hoax.
Btw, yg kuyang lebih nyeremin daripada kuntilanak, :takut: jangan2 perempuan di sana yg digadang2 supaya jadi kuyang ga sadar kalo dirinya ternyata hantu di malam hari, hiii....


@ ^^^^ : bener tuh...kalo di bioskop sekarang setan indo nya seksi2 gitu...
:keringat: Yg di bioskop itu mah, bukan setan, cuma perayu tulen yg "jebakannya mantab"


:maaf:
nyeremin banget
nyeremin banget
nyeremin banget
nyeremin banget
:shock1: kaget, ternyata beneran... Settingnya backgroundnya di kamar kos pula :beku: Jangan lupa :doa: sebelum tidur

jatiwulung
19-10-2011, 01:25 PM
edited: :maaf: salah pencet button

Modjoh
19-10-2011, 02:40 PM
Maslahnya yg jadi artis cuman pocong, kuntilanak sama suster ngesot :garing:

dewandanu
19-10-2011, 03:17 PM
wah gan.. dosen ane nerbitin buku tentang kayak ginian nih.. kebetulan beliau jago ilustrasi n bisa liat n berbicara dengan mereka.. cari aj di toko buku

Hyde91
19-10-2011, 04:21 PM
Widih, , pertama gw baca ni thread tertarik sekaligus rada ngeri. . utgnya ga pake gambar. . hha. . jadi biasa. .
tapi gw baru tau lho kalo wewe gombel tuh ada mkasud baenya. . hhahaha

hacle
19-10-2011, 04:42 PM
ga ada gambar na jadi gak jelas ^^v

soalna setan" laen gk terkenal kyk pocong dll

gak eksis :tkp3:

edh
19-10-2011, 05:06 PM
:kaget: baru tahu aku Indonesia punya banyak pasukan hantu.
Untung yang sering nongol cuma sebagian. Atau cuma aku yang g tahu hantu lainnya ya???
Tapi syukur g pernah ada yang nongol didepanku, dan JANGAN SAMPAI ada yang nongol didepanku.
:takut:

deathwarrior
19-10-2011, 10:26 PM
Uda bener ga ada picnya ini thread... xixixi... :hihihi:
kalo ada picnya gw kaga bakal mbaca dech... jamin... :takut

acehkhan12
19-10-2011, 11:14 PM
tunggu semua setan ini di klaim ama tetangga kita
btw.. Jelangkung bs di itung hantu?
mungkin kl jelangkungnya masuk ke boneka stand baru deh tuh serem
setahu saya, klo jelangkung itu nama permainan atau ritual. batok kelapa dsb hny media nya saja..tp klo hantu/setan nya bisa macem2..bisa jin atau kelas danyangan yg masuk ke medai batok nya. tergantung yg manggil mo d masuki jenis danyangan/jin apa..saya sndiri blm pnh coba main jelangkung..:hihi:

wah gan.. dosen ane nerbitin buku tentang kayak ginian nih.. kebetulan beliau jago ilustrasi n bisa liat n berbicara dengan mereka.. cari aj di toko buku
dosen dmn gan? nama bukunya apa? bukannya ga kesulitan, apalagi klo jenis jin..jin setahu saya bisa berubah-ubah wujudnya..:dandy:

mochanAvn
19-10-2011, 11:50 PM
ayey:apa:
ga berani buka dan baca... takut ada pic2 yang aneh, dari no.14 kebawah kok kayaknya asing banget yah, yg tau cuman sampe 1~13 doang:iii:

jatiwulung
20-10-2011, 07:33 AM
:doa: aja deh gan, jangan sampe makhluk2 itu deket2 trus ngganggu kita.
Untung ga ada gambarnya :sepi:, kalo ada bisa-bisa saya....:beku:

smithm412a
20-10-2011, 09:38 AM
setan muka rata n palasik blm ada gan

Masruqi
20-10-2011, 09:49 AM
Palasik

Ini sebenarnya bukan sejenis hantu. Rumor yang beredar ini adalah manusia yang mempunyai ilmu hitam. Palasik ini mencari bayi atau ibu hamil untuk dihisap darahnya sampai bayi atau janin itu mati.

Palasik biasanya berkeliling mencari mangsanya di malam hari dengan melepas kepala dari tubuhnya.

Kalo di minangkabau atau di Sumatera Barat hanya kepala yang terlepas saja. Tapi di daerah lain ada yang diikuti isi perut

desa
20-10-2011, 11:24 AM
Hantu2 indo terzolimi oleh para sineasny. Bayangin aj pocong disuruh ngesotlah, kuntilanak kesurupan, pocong keliling (disuru jd hansip!??).....
:rokok:

zulfikarfahmi
20-10-2011, 12:10 PM
mana nih cerita hewan paling imut?

[pocong]

tapi kata dosen ane hantu - hantu indonesia itu kasian ga kayak hantu luar negeri semacam vampire dan drakula

poetrakillingme
20-10-2011, 02:02 PM
ternyata banyak juga yah hantu hantu dari indonesia :kaget:

andriks
20-10-2011, 02:03 PM
jadi inget,,
pengalaman di depan rumah ane di semarang..
diketawain kunti 2x,, trus liat kunti..
dikejar pocong 2x juga..

belum liat yang lain..
ahhh udah ahh...
serem

haka
20-10-2011, 03:02 PM
Hantu2 di indonesia koq penampakannya agak "kere", pake baju robek compang caamping, tapi hantu barat pake jas segala :peace:

jatiwulung
20-10-2011, 03:41 PM
Hantu2 indo terzolimi oleh para sineasny. Bayangin aj pocong disuruh ngesotlah, kuntilanak kesurupan, pocong keliling (disuru jd hansip!?? :swt:).....
:rokok:
:lol: :lol: ngena dan pas banget ni buat para sineas hantu indon.
:yareyare: yg lagi trend kemaren2 para suster, suster ngesot lah, suster keramas lah. Apa pad ga ada kerjaan banget ya, ngesot trus keramas, ckckck...

fufukafurifu
20-10-2011, 03:44 PM
BAGI masyarakat yang ada di pedesaan, hantu wewe gombel tidak asing lagi. Dalam budaya Jawa, wewe diistilahkan hantu yang mirip manusia, sangat mengerikan dengan taring, baju compang-camping dan rambut serta kuku panjang tidak terawat. Biasanya wewe gombel (gombel istilah dari baju yang sangat jelek), melakukan aksinya pada saat menjelang Maghrib. Orang yang diculik wewe gombel tidak tahu, karena wewe gombel merubah dirinya menjadi saudara atau kakak, adik, orang tua dan siapa saja yang dikenal si korban.

Ini merupakan hantu yg paling populer di kalangan anak-anak,maklum jaman dulu byk orang tua yg menyusuh anak-anak yg sukanya tidak patuh dengan orang tua pasti ditakut-takuti akaqn diculik hantu wewe gombel...
Tp bru tahu klo wewe gombel itu sejarahnya seperti itu...

dangdonanda
20-10-2011, 04:05 PM
kalo hantu luar ada yang nyasar ke Indonesia gak yaa :bingung:

irulajjah
20-10-2011, 07:08 PM
beuh ternyata ada buanyak banget yak :kaget:

dikosan ane pernah ada tuh yang namanya mbak kunti...untung cuma temen ane yang diliatin...
jangan sampe ngliat gituan dah....kagak kuat :takut:

Pandas
20-10-2011, 07:11 PM
wii...bnyk amat setan d indo..
bnyk bgt yg namany asing...

irulajjah
20-10-2011, 08:13 PM
wah serem gan :takut:

nama wewe gombel--> diambil dari daerah bernama gombel juga yah :???:

brownswiss
21-10-2011, 09:49 AM
The best over tu emang hantu Indonesia :takut:
Ceritanya yg turun menurun itu yg bikn makin serem :shock:

bob_dylan
21-10-2011, 01:14 PM
mau nambahin, Hantu Sandah dari daerah Kalimantan Selatan, hantu semacam Kuntilanak, bedanya Sandah ini adalah orang meninggal tapi lupa ngilangin kesaktiannya atau ajian gitu.
Sandah ini tampilannya beda sama hantu yang ada di tv yang suka make baju putih. Penampilan Sandah itu rambut panjang (macam sadako) pakai kebaya dan sarung batik kayak ibu-ibu gitu.
Sandah bisa menyerang manusia; jadi disekitar rumah waktu aye kecil ada orang meninggal, tuh orang meninggal tapi lupa ngilangin ajiannya, nah kejadian deh tuh.
jadi mantu dari orang yang meninggal ini ga percaya kalau mertuanya jadi Sandah. Suatu hari pas maghrib ada yang ngetok rumahnya, pas ngebuka tu makhluk nongol, kebetulan si matu lagi bawa anak bayi, tuh bayi mau direbut sama Sandah yang notabene mertuanya sendiri, syukurnya ga berhasil direbut.

andriks
21-10-2011, 02:55 PM
wah serem gan :takut:

nama wewe gombel--> diambil dari daerah bernama gombel juga yah :???:

iya gan,, di semarang..
tapi ane sering lewat situ jam 12 malam ga apa2 sih..
paling ya merinding :D

paling malem lewat daerah gombel jam 2 dini hari

freznel
21-10-2011, 10:09 PM
hahaha....
indonesia kaya akan hasil bumi dan juga kaya akan hantunya....
xixixixi......

satryabajaireng
21-10-2011, 11:40 PM
busyet dah bnyak bget jenisnya smpe cpek bcanya, nice info ndan,...
trnyta hantu2 indo tuh bnyak bget dan kbnyakan orang jawa yg namain,kekkekee

abyjablay
21-10-2011, 11:50 PM
hantu indonesia banyak banget yah
tapi yg paling eksis mr.p sama miss kunti

mochanAvn
22-10-2011, 12:17 AM
wah kalo ada pictnya bakal lebih seru neh

jangan sampe ditaruh picnya:cambuk2:
bacaan bacaan spoiler disitu aja udah bikin merinding
:hihi:

seagate555
22-10-2011, 08:52 AM
insert picture jg dooonk...meski bukan foto penampakan at least gambar rekaan menurut legenda masing2... :D

whitefang19
22-10-2011, 09:51 AM
Ternyata banyak juga yahh jenis-jenis hantu di indonesia... Penasaran sihhh pengen tau wujudnya kaya apa...
Tapi nonton pelem horor aja sambil nutup mata... Wkwkwkwkkw :haha:

Rififi
22-10-2011, 11:21 AM
kalau ada picnya yah gak ada yang berani buka dunk kk... maklum hantu indo serem2 *kecuali dah masuk bioskop*

jenovalive
22-10-2011, 04:40 PM
di LN juga ada hantu yg sama cuman dikasi nama beda ama orang sana hmm

contoh :

kuntil anak = Sadako namanya klo di jepang

anto37th
25-10-2011, 01:51 PM
Hantu2 di indonesia koq penampakannya agak "kere", pake baju robek compang caamping, tapi hantu barat pake jas segala


abis bawanya cuma kain kafan doang kali . . .

sentabi
25-10-2011, 03:05 PM
iya nih gak ada pocong.... kalo menurut gw yang palin serem itu ya si pocong itu...

wewegombel hantu paling bandel ya.. dadanya dikasih liat melulu..

tapi siapa yang mo liat..:((

kalo menurut saya yang mana aja serem kalo ketemu :D

major_main
25-10-2011, 03:13 PM
another dimension
mereka itu hidup di alam lain.... untuk menunjukan ke eksisan nya mereka muncul dengan berbagai wujud
menurutku sih wujud penampakan mereka ada berkat imajinasi manusia :tampan:

waryono
25-10-2011, 04:11 PM
another dimension
mereka itu hidup di alam lain.... untuk menunjukan ke eksisan nya mereka muncul dengan berbagai wujud
menurutku sih wujud penampakan mereka ada berkat imajinasi manusia :tampan:

Gw setuju kalo penampakan makhluk gaib itu berdasarkan imajinasi manusia.
Kok pocong gak ada asal usulnya sih :???:
Padahal itu yang paling sering dijumpai orang-orang kurang beruntung :hahai:

ekawatianastasia
25-10-2011, 04:28 PM
kalo hantu sundel bolong, saya tahunya dari film-film suzanna jaman kecil dulu. bentuk dan karakternya juga tahunya dari film...

canibal
31-10-2011, 02:56 PM
ga ada yang ngalahin seremnya hantu indonesia

Morholt
05-11-2011, 01:55 AM
klo soal hantu indo ane cuman tau soal kuntilanak (klo denger suara kuntilanak ketawa tpi suara masih terdengar jauh, brarti tu makhluk ada di dekat anda.Klo terdengar dekat brarti masi jaoh)
klo pocong ada bbrp tanda tu makhluk klo muncul:
anak ayam ribut di mlm hari + di tambah ada bau" yg aneh

didtav
05-11-2011, 10:58 AM
pocongnya mana ga, pocong itu dari indonesia bukan? ane padahal paling geli kalo liat pocong

perawanz
06-11-2011, 11:35 PM
setan nyungsangnya juga gak ada nih kang? :takut:

wishkid
07-11-2011, 03:33 PM
hantu indonesia emang top dah... di pelemnya aja sampe ada hantu kesurupan, di perkosa setan.. jozzz tenan.

ezhie
07-11-2011, 04:39 PM
mereka ya sm ky kt, bagi mereka kita nich hantu bagi dunia mereka http://www.indowebster.web.id/images/smilies/hoho.gif

racay
07-11-2011, 05:26 PM
emang nggak ada yang ngalahin hantu-hantu indonesia :top:

dari yang serem banget sampai yang aneh ada :hahai:

thoms84
17-11-2011, 03:10 PM
wkwkwkwk... semua yang di sebutin udah main film. udah jadi artis semua nih.. hantu2 made in local

noviharips
17-11-2011, 10:33 PM
Kurang banyak nih treeadnya tentang hantu from Ina.. pocongnya dan lain2nya mana?

ZeroVcD
17-11-2011, 10:54 PM
wkwkwkwk... semua yang di sebutin udah main film. udah jadi artis semua nih.. hantu2 made in local

emank hantu lokal suka main film ketimbang menakuti orang :xiexie:

exdemonking
18-11-2011, 09:04 AM
Gw setuju kalo penampakan makhluk gaib itu berdasarkan imajinasi manusia.
Kok pocong gak ada asal usulnya sih :???:
Padahal itu yang paling sering dijumpai orang-orang kurang beruntung :hahai:

mungkin dari imajinasi kalo org liat org islam yg sdh meninggal....
kan di pocongin....
menurut ane dari situ gan asal usulnya...

prkl
18-11-2011, 09:31 PM
grandong termasuk hantu nasional nggak ya..???

DavidL
19-11-2011, 01:11 PM
wallahuallam aja gan, smua yg di alam ini pasti ada karna kuasanya

luthf1
20-11-2011, 11:07 AM
yang sangar itu gendruwo
soalnya bisa merubah diri jadi suami orang

cincilak
20-11-2011, 12:19 PM
Kalo kata guru gw, sundel bolong, gendruwo, wewe gombel, kuntilanak tuyul, zombie, dan sejenisnya tuh cuman sebutan daerah doank. Mereka sebetulnya satu jenis, yaitu J I N.

Benar, ane juga meyakini hal ini..
Semua adalah perubahan bentuk dari JIN

Arquebusa
20-11-2011, 09:11 PM
di sini banyak begituan :shock1:
tapi kayak udah biasa aja gitu

cincilak
20-11-2011, 09:20 PM
di sini banyak begituan :shock1:
tapi kayak udah biasa aja gitu

Orang sekarang nie.. sudah kurang percaya sama yang mistis kali.. :hehe:

badalaiks
21-11-2011, 10:27 AM
menurut ane yg paling serem tuh genderuwo..

klo jenglot itu sejenis apa sih?..

Ichigatsu_Tooka
21-11-2011, 10:44 PM
ndak iyo? hampir tiap hari lewat gombel tapi kok ga pernah ngerasa apa2 ya. :???: padalo nek lewat gombel malem mulu.

GuitarsGod
22-11-2011, 07:26 AM
kok cuma dikit ya :bingung:
padahal hantu di Indo kan bejibun http://eemoticons.net/Upload/Heili%20Cat/Heili%20Cat%20002.gif

34805
22-11-2011, 10:12 AM
hhhhhmmm. . .

ternyta bener dahh,, hantu-hantu Indonesia memang lebih serem :takut: d banding hantu-hantu di luar negeri. . . :ogtop:

sketsa
22-11-2011, 10:51 AM
klo di daerah gw di sulawesi. ada makhluk jadi2an... namanya PARAKANG dan POPPO'...
sukanya mengganggu orang, apalgi di kampung2...
pernah waktu gw KKN disalahsatu desa. baru jam 8 malm, udah ada muncul bunyi2an "poppo'..poppo'.." lngsung aja bulu kuduk gw berdiri... hiiiii...
(mungkin si poppo' lg kelapran, jadi jam sgtu udah muncul) hehehe

tarzanwangi
22-11-2011, 02:54 PM
Bukannya Sundel Bolong itu jenisnya Kuntilanak...?

galeriqbal
26-11-2011, 11:39 PM
nice infonya om..
tapi dari beberapa contoh itu yang pernah saya liat cuma kuntilanak yang laenya belom..
jangan sampe si ketemu yang laen :doa:

khairul169
27-11-2011, 02:09 PM
nice infonya om..
tapi dari beberapa contoh itu yang pernah saya liat cuma kuntilanak yang laenya belom..
jangan sampe si ketemu yang laen :doa:

Iya :doa: Kunti seeing jadi penampakan :takut:

dir
27-11-2011, 07:33 PM
kalo menurut pemikiran akal sehat gw, kalo pernah liat wujud2 aneh gitu, itu lebih karena otak kita sendiri membayangkan hal itu dan membuat kita seakan2 melihat wujud tersebut, padahal ga ada :iii:
itu sebabnya film horror sama sekali ga ada sisi positifnya, cuma bikin orang ngebayangin wujud2 seram gitu, ujung2nya merasa pernah liat dll :ngacir:

IMO

andre555666
28-11-2011, 08:50 AM
yang paling serem si menurut ane pocong
kok ngak ada ya???

slipknot_1303
29-11-2011, 05:40 AM
kalo denger hantu2 dalam negeri tu kerasa menakutkan bgt dr pd hantu2 lain di luar negeri.

Chloe_Moretz
29-11-2011, 05:42 AM
kira2 hantu lokal suka liburan ke luar negeri gak ya :iii:

bizly
29-11-2011, 06:01 AM
Kalo kata guru gw, sundel bolong, gendruwo, wewe gombel, kuntilanak tuyul, zombie, dan sejenisnya tuh cuman sebutan daerah doank. Mereka sebetulnya satu jenis, yaitu J I N.
Tapi ko' bisa penampakan sama kebiasaanya beda-beda gan?
sundel bolong sama tuyul kan beda sekali tuh:piff:

angelOFdream
29-11-2011, 06:36 AM
hantu lokal emang bervariasi:top:
ga kalah ama hantu versi luar:hahai:

ithikithik
29-11-2011, 12:42 PM
ndak iyo? hampir tiap hari lewat gombel tapi kok ga pernah ngerasa apa2 ya. :???: padalo nek lewat gombel malem mulu.

berarti sebenernya wewe gombel itu baik ya... biar nanti ortu care lagi ma anaknya,, :iii:

khairul169
29-11-2011, 01:50 PM
berarti sebenernya wewe gombel itu baik ya... biar nanti ortu care lagi ma anaknya,, :iii:

Lol .. iya mungkin :siul:

hantu lokal emang bervariasi:top:
ga kalah ama hantu versi luar:hahai:

Ngaco ... Hantu Versi indonesia lebih mantep lho :top:

dzaaz
29-11-2011, 04:19 PM
hantu lokal emang bervariasi:top:
ga kalah ama hantu versi luar:hahai:

lebih serem hantu indo sih hohoho udah wujudnya gak karuan

Drei
29-11-2011, 06:55 PM
hmm....
ada beberapa hal yg ampe sekarang ana gk ngerti...
setan dan jin merupakan makhluk yg berbeda alam dengan kita
ketika mereka bisa seenaknya menampakkan wujud mereka di hadapan kita
kenapa kita manusia biasa gk bisa melihat mereka semau kita...(terkecuali orang yg bisa ngerasakan hal gituan)
jika mereka punya alam sendiri, apa maksud mereka datang ke alam manusia
pake acara gangguin orang lagi.......

riedjal
29-11-2011, 08:47 PM
^^

ketika mereka bisa seenaknya menampakkan wujud mereka di hadapan kita
nggak jg 'loh ... cuman jin yg punya "kemampuan" aj yg bisa ngasih penampakan ..
itu pun jg bukan wujud dia sebenarnya ... CMIIW

jika mereka punya alam sendiri, apa maksud mereka datang ke alam manusia
kalo dlm keyakinan sy ... mrk bikin kita takut sm mrk (jin)
biar kita lupa bwt takut sm Yang Diatas ...

park_bom
30-11-2011, 11:05 AM
alhamdulillah jangan sampe dah gw dikasih liat sma yg setan kaya gitu...

schatz
05-12-2011, 04:09 PM
ya ampun pic wewe gombel itu komik tatang suherman, ane sering beli waktu SD .
jadi nostalgia

serasaaaa
06-12-2011, 12:16 PM
ngeri juga gan

untung ane belom pernah liat ginian:boong:

ajieprahasto
07-12-2011, 12:48 PM
Kalau di kalimantan hantu lokalnya yang cukup terkenal yaitu "Kuyang" hantu kepala dan isi perut yang terbang mencari darah sisa dari bekas proses kelahiran....
mungkin kalo di liat sekilas mirip "leak"nya bali. Indonesia memang kaya ya hantunya aja banyak jenisnya

malwapatih
07-12-2011, 02:25 PM
hmm....
ada beberapa hal yg ampe sekarang ana gk ngerti...
setan dan jin merupakan makhluk yg berbeda alam dengan kita
ketika mereka bisa seenaknya menampakkan wujud mereka di hadapan kita
kenapa kita manusia biasa gk bisa melihat mereka semau kita...(terkecuali orang yg bisa ngerasakan hal gituan)
jika mereka punya alam sendiri, apa maksud mereka datang ke alam manusia
pake acara gangguin orang lagi.......

menurut agama ane ne gan, setan diturunkan ke alam manusia emang wad menggoda iman manusia, banyak setan didekat kita tp kita g tw, tu dah ada contoh'a
banyak maling, pembunuhan, pemerkosaan, dll
tu jg kan akibat dari godaan syetan
:hehe:


alhamdulillah jangan sampe dah gw dikasih liat sma yg setan kaya gitu...

keren bro kalo dh bisa liat yg begituan
kalo ente ga takut liat film horror berarti ente juga sebisa mungkin jangan takut kalo liat yang asli cz penggambaran yg difilm beti (beda tipis) ma yang asli'a

menurut ane senjata yg paling ampuh wad beradapan ma syetan adalah keberanian dalam diri
kalo kita berani maka mereka kocar-kacir.. :ohno:

malwapatih
07-12-2011, 04:17 PM
kayaknya lumayan serem² hantunya :takut:

kalo hantu'a cantix2 mnding q macarin hantu aj
bisa terbang, -ta duit dikasih....
dan lain-lain...
:hehe:

yadiein
20-12-2011, 08:58 AM
syetan itu seneng ama orang yang ga suka ibadah..
kalau agan mau ga disenengin setan,,ya harus rajin ibadah donk...

amethyst4869
20-12-2011, 10:30 AM
hantu indonesia mah gitu2 aja..
gak keren kaya hantu2 luar, hehe.. XD

ampuun hantuu

dipo_98
24-12-2011, 02:20 PM
busyet itu sempet2nya ambil hp bt foto, kl ane paling uda ngibrit za..
wkwkwk...

andhini
24-12-2011, 02:38 PM
busyet itu sempet2nya ambil hp bt foto, kl ane paling uda ngibrit za..
wkwkwk...

Yang ngambil foto itu sih paparazi nya hantu...:hahai:

malwapatih
26-12-2011, 09:00 AM
Yang ngambil foto itu sih paparazi nya hantu...:hahai:

bukan paparazi hantu bro, mungkin emang ngefans ma hantu'a...
:hoho:

masih_ingusan
26-12-2011, 03:19 PM
Wah gan, kl dikasih pics kayaknya lebih seru tuh :top:

@atas^: Kemungkinan diklaim tuh :haha:


:niceinfo: gan

waduh... gak cuma budaya.. ama batas wilayah aja yang diklaim ama negeri tetangga.. hantu pun masih diklaim juga.. wah kacau nih...

geat
26-12-2011, 09:52 PM
jangan deh klo bisa ketemu gtuan...
btw itu ada gambar komik tatang s kangen dah ma tuh komik hehe

ekoiksanto
13-01-2012, 01:47 PM
sayangnya kegedean dadanya :haha:

coba kalo kecilan dan ga over mesti jadi lebih menarik hantunya :mesum:

rakuzz
22-01-2012, 01:17 AM
di tempat ane ada yg namanya wedon, pocong yg tingginya segede pohon kelapa

KRTC
22-01-2012, 03:43 AM
mesti perbanyak ibadah yach biar dilindungi tuhan dari mahluk2 pengganggu :hmm:

pemotolkontong
04-02-2012, 07:50 AM
Kalo kata guru gw, sundel bolong, gendruwo, wewe gombel, kuntilanak tuyul, zombie, dan sejenisnya tuh cuman sebutan daerah doank. Mereka sebetulnya satu jenis, yaitu J I N.

sepakat
mereka menjelma aja biar iman kita lemah
secara ga langsung kita percaya aja kalo org lagi hamil terus meninggal jadi kunti

goosfraba
05-02-2012, 07:17 AM
yang paling narsis pokoknya sist kunti,,

ntah kenapa dari beberapa penampakan, pasti kunti menduduki peringakat atas,

CMIIW

goosfraba
06-02-2012, 03:42 PM
ngomong2 soal hantu, besok ane mau ngelewatin jalan dari penvil ke fatmawati tapi lewat makam jeruk purut...

:takut:

ekin74
08-02-2012, 01:27 PM
sundel bolong nya yang paling atas gambar nya gak ada gan ....

dandut666
09-02-2012, 12:48 PM
baru tau nih kirain kuntilanak aja yang ada sejarah penamaannya :D

dipatok
14-02-2012, 01:26 AM
ngomong2 soal hantu, besok ane mau ngelewatin jalan dari penvil ke fatmawati tapi lewat makam jeruk purut...

:takut:

mangkanya sebelum jalan berdoa supaya nggak di ganggu

deodeye
14-02-2012, 09:42 AM
seumur hidup belum pernah lihat gituan

dan semoga tidak akan pernah

ganive
16-02-2012, 01:08 AM
pocong, suster ngesot, tuyul mana ya??kok g dimasukin? :???:

goosfraba
17-02-2012, 09:31 PM
babi ngefet termasuk ga yaa??

andriks
24-04-2012, 11:10 AM
ga tau kenapa ya gan, sejak diliatin kunti di depan rumah
diketawain kunti juga di depan rumah
kalo lama gak denger suaranya kadang kangen
sampe sampe kebawa mimpi segala

MarlboroLigh7
27-04-2012, 12:35 AM
masi banyak hantu indonesia yg blm di cantumkan

DeFroud
27-04-2012, 03:44 PM
saya juga percaya kalau adanya dunia lain selain dunia manusia, tapi sedikit merinding ngomongin ini
:takut:

emo69
15-05-2012, 05:36 PM
si pocong ga punya sejarah ya,wkwkw

adhiietz
15-05-2012, 05:45 PM
makasih om, serem sundel bolong... tp masih ada lg kayaknya selain diatas.