PDA

View Full Version : Info sudahkan kalian merebus telur dengan benar...?



shinobi32
12-10-2009, 07:02 PM
dari forum laen, trus teringat bahwa selama ini gw belum merebus telur dengan benar.
he..he..



Thread ini mungkin cuma sekali dibaca seumur hidup dan itu sudah cukup sehingga tidak salah lagi kalau merebus telur,terutama bagi cewek yang hobinya masak mesti baca biar ndak malu sama calon ibu mertua yang "jarsen" alias jarang senyum dan yang sangar tampangnya.


http://4.bp.blogspot.com/-Bwrvc-5eC2s/T39t8IW0OZI/AAAAAAAAJmA/dj3u5-oOgeI/s1600/telur-rebus.jpg

Cara merebus telur yang salah:
Ambil panci sesuai dengan ukurannya, jangan pakai panci besar kalau cuma mau rebus satu telur...maksudnya itu...jadi biasanya orang akan mengisi panci dengan air dan telur mentah berbarengan kemudian diletakan diatas tungku api, maksud logisnya, karena telur mudah pecah jadi aman melakukan hal seperti ini...dan inilah pangkal kesalahannya..maka ketika sudah masak dan telur dikupas dari kulitnya,telur akan warna warni ada yang kuningnya melotot dikit, ada yang melotot banyak.. bahkan ada yang kuningnya langsung coplok..plok.jatuh dan lari didepan kaki..


Cara merebus telur yang benar:
Ambil panci.....isi dengan air dan rebus "Water Only" hingga hampir mendidih ..kemudian baru masukkan telur, hati-hati masukkan ke panci gunakan sendok sayur..dan ketika telur sudah dingin dikupas kulitnya..semuanya mulus lus...gak ada lagi kuning telur yang terlihat alias telur putih mulus semuanya..


Selamat mencoba !!!!
:kata:


alasan ilmiah


alasan laen kenapa harus aer dulu baru telornya yaitu karena DENATURASI PROTEIN. kan kita tau, klo protein itu rusak karena panas. nah telor itu kan isinya protein semua, klo kelamaan kena panas bakalan rusak semua. dengan kata laen yang sisa dari telor itu cuman ampasnya doang. nah, dengan seminimal mungkin telor itu dipanasin kemungkinan kandungan protein telor itu akan lebih banyak..

kalau bagian kuning telurnya sudah berwarna kebiruan, itu artinya protein nya udah rusak.

CY_T_Anezaki
13-10-2009, 02:12 PM
Iya ya kalo gw biasanya langsung cemplungin aja ke panci berisi air yg lg direbus

Nice info

hidey-holey
13-10-2009, 10:12 PM
wah, saia cowok tapi koq secara naluri udah nerapin cara yang kedua yah:hihi:

tapi enakan dimasak pake microwave aja, lebih simpel:boong:

=============
BTW, post pertama di forum resep, pengen cari makanan yang enak......

scaglietti
14-10-2009, 05:55 AM
Ohh, gt yah cara yang benar. Makasi banget udah di-share
Nanti malam dicoba, kebetulan mau masak telur bumbu kare. :piss:

Pantesan aja gw seringnya masukkin telur barengan sama airnya,
tapi masih gak mengerti kenapa penjelasan teorinya, mesti cari2 sendiri lg deh. :piss:

Winoko21
14-10-2009, 07:41 AM
baru tau cara ngerebus telor yg bener :hehe:

biasanya saya pake cara pertama :hihi:
pantesan aja jadinya gak terlalu bagus :swt:

:niceinfo:

darknetwork
14-10-2009, 10:54 AM
dlu sukanya makan telor rebus (telornya ayam loh). sekarang jarang.

paling enak kalo dimankan pas anget2, setengah mateng.

hidey-holey
14-10-2009, 02:29 PM
anu, sekalian tip buka telur yag udah direbus dong, kalo saia biasanya hasilnya ga bisa mulus, selalu bocel disana sini

selfrit
14-10-2009, 06:30 PM
wah, saia cowok tapi koq secara naluri udah nerapin cara yang kedua yah:hihi:

tapi enakan dimasak pake microwave aja, lebih simpel:boong:

=============
BTW, post pertama di forum resep, pengen cari makanan yang enak......

bukannya telor direbus di microwave rasanya ga enak ??
soalnya pernah baca di manga ada cewe mau rebus telor dia pake microwave lalu waktu dimakan cowonya, si cowo muntah2 gara2 telornya rasa aneh

hidey-holey
14-10-2009, 07:03 PM
bukannya telor direbus di microwave rasanya ga enak ??
soalnya pernah baca di manga ada cewe mau rebus telor dia pake microwave lalu waktu dimakan cowonya, si cowo muntah2 gara2 telornya rasa aneh
anu, saia lagi iseng loh, emang telur di microwave bisa dimasak:hihi:

referensi:
http://www.dailyrecord.co.uk/news/scottish-news/2009/05/15/exclusive-rangers-star-kirk-broadfoot-needs-hospital-treatment-after-egg-explodes-in-his-face-86908-21360901/

yoreizei
15-10-2009, 12:54 AM
terus cara merebus telur yang bener agar bisa seperti hati as like as avatar sang TS, bgmn ya???

Wakaka, itu ga perlu direbus boz, itu kan mentah.. yang susah nyari telor mentah yang kayak gitunya.. wekeke

bHell
15-10-2009, 01:45 AM
mu nanya donk,, klo masak telur tuh, tau dah matengNy dari mana sih???
telurNy tenggelem yah? :???:

hidey-holey
15-10-2009, 04:28 AM
^
saia pake teknik perkiraan:lol:
untuk yang mateng sektar 15menit,
yang setengah mateng dan nikmat sekitar 8menit,
dengan teori 2 di post 1, air mendidih penuh, wadah tertutup

passat
15-10-2009, 05:49 AM
kalo rebus telor gw biasanya gag pake tunggu air nya panas, jadi langsung aja masukkin, tapi pake api yang sedang saja.....
pasti sukses....
:hihi:

kira-kira begitu....

prufessuer
15-10-2009, 06:21 AM
oooh airnya dulu ya, saya biasany berbarengan masaknya :hahai:


mu nanya donk,, klo masak telur tuh, tau dah matengNy dari mana sih???
telurNy tenggelem yah? :???:

saya pakai teknik perkiraan jg :haha:

tp kalau telurny masih mentah memang ngambang dan vertikal berdirinya tp kalau sudah mateng biasany jd horizontal :haha:

hidey-holey
16-10-2009, 04:49 PM
anu, cara masukkin merica sama garam ke telur rebus gimana yak:???:
btw, tret ini laris juga, udah 4 halaman, padahala "cuma" telur rebus,
beneran banyak yang ga bisa masak rupanya di idws:lol:
:piss:

hipra
17-10-2009, 12:49 AM
saya memang nerapin cara ke 2, krn justru takut klo pake cara 1 telurnya bakal nyeresep bau air mentah..hehehe sugesti ga jelas gitu deh..

tp pake cara ke 2 itu kadang malah kecepatan angkat telurnya gak lama stlh air mendidih..pdhl belum tentu dah mateng :p

PainKillerz
17-10-2009, 02:37 AM
loh... loh... loh...
mang ada ya yg rebus telor pake cara 1? :ehem:
dr sejak smp kelas 1 gw malah uda diajarin tu cara rebus telor cara ke 2 :ngupil:
emm.. nyokap gw bilang biar telor kuningnnya ga lari kemana2 jd di tgh pas.. :malu2:

choli
19-10-2009, 06:32 PM
Sedikit tips aja dari gua...

Cara merebus telur yang salah tapi ntarnya kuning telur ngga bakalan ada di salah satu ujung:
Sebenenya sih ngga masalah mo pake panci segede babon untuk ngerebus 1 telur...
Asal dikasih garem dikit..
Maksudnya supaya kulit telurnya ngga pecah..
Dan supaya kuning telur berada di tengah2 telur, goyang2in dikit pas waktu ngerebusnya...
Jangan ditinggal.. Itulah yang menyebabkan kuning telur nggga berada di tengah...

shinobi32
21-10-2009, 09:19 PM
Bagi yang belom pernah ngerebus telur sendiri sih, mungkin sama aja...
Sama2 mateng kok..:hahai:

istilah yang lebih bagus lagi: mw bagus apa egk sama aja hasilnya di perut..
:hahai:

sebenernya ada berapa ya variasi masak telur..?

h4rry_undersun5
21-10-2009, 10:53 PM
wew,,,cara yg dipake oleh emak gw dr dulu bgt wkt gw pun msh sd mpe skrg,,caranya te2p ga brubah and bnr...putih mulus permukaan ny...:niceinfo:

tehkotak88
24-10-2009, 12:24 AM
keknya mang sama aj kan sm rebus mie instan

tunggu aer didih dulu br masukin telorny...

dodome
24-10-2009, 12:37 AM
Iya, gw juga gitu kok cara ngerebusnya. Nyokap yg ngajarin :boong:

peyhok4ever
03-11-2009, 04:06 AM
Kalo kaya' gini sih aku dah tahu, n g cuman buat telur aj nih.
Tp nais inpo wat yg lom tahu....:niceinfo:

hackleonheart
03-11-2009, 06:48 AM
emang gw biasanya sih ngerebus telur ya ky gt..abis mateng direndem air biasa,biar cepet dingin baru dikupas..
:piss:

RockD
09-11-2009, 07:27 PM
oh... gitu ya..:???:
sy klo merebus telur pasti ga nunggu sampe airnya mendidih dulu (langsung aja masukin ke panci):haha:
tapi ibu sy duluh rebus telur caranya lain, telurnya ditaruh diatas nasi yang lagi dimasak.
rasanya ueeenak deh...:piss:

zakuroba
09-11-2009, 08:44 PM
hahahahaaa....

ternyata selama ini masih salah :swt:

pantesan...!!!!

tpi gpp de yg pnting langsung makan ja.... :top:

g pduli dagh ma bentuk na.......!~!! :lol: :lol:

Rincar
12-11-2009, 06:31 PM
ternyata memasak telur ada tekniknya ya..

biasanya masukin telur pas airnya udh bergelembung/mendidih..
soalnya rebusnya barengan ama kulit telurnya.. hahaha.. :haha:

selain itu, menurutku biar kuman/bakteri yg ada dikulit telur itu bisa mati krn suhu air mendidih yg panasss banget.. CMIIW.. :piss:

kairie
13-11-2009, 02:54 PM
thx buat infonya...

saya biasanya masaknya langsung dicemplungin aja telurnya ke air yg belum mendidih... tp masaknya lama... hahaha~

benjiro
13-11-2009, 03:52 PM
hmm, bener jg y. pantesan kalo gw ngerebus telur selalu keliatan kuning telurnya alias gak mulus...

eXcImEr
13-11-2009, 04:55 PM
saia kalo ngerebus telur tinggal cempungin ke air, apapun hasilnya tinggal dimakan :haha:

darknod23
13-11-2009, 10:27 PM
logis jg gan,soale kl blum mendidih airnya dan telor dah dimasukin,ntar kuning telornya nyampe bawah gt, makanya kuningnya isa keluar ato warna warni
wkwkwkw

K_E_M
16-11-2009, 09:13 AM
hooh..baru tau saya..pantesan hasilnya suka rada aneh..tapi kayaknya ga pengaruh ke rasa ya..yang penting makan aja deh..

vayz91
16-11-2009, 06:05 PM
setuju ama TS. gw jg dari dulu pake teknik ini.. biasa masak indomie keq gitu.. jadi rebus apapun jd ikut2in keq gitu :hahai:

laksonoadi
16-11-2009, 10:00 PM
ada tho trik kaya gini...
heee...

kata mami juga gituh sih..
tapi ga pernah nyoba telur bulet di rebus
seringnya dipecah...
bikin INTEL goreng pa INTEL rebus...

tapi nice post om
:niceinfo::niceinfo:
likethis

BlackOmega
16-11-2009, 10:12 PM
Thread yg berguna

Kebanyakan makan telur bisa bikin bentol2 hehe


Harus bisa bikin telur yg sempurna :D tp kalo bs kaya abang Ade Ray

Kuningnya dibuang tp putihnya aja dicampur madu ajah biar ga amis


Lg coba2 bikin telur :D

dhaniswara
17-11-2009, 01:28 PM
iya, keliatan cantik kalo kuning nya g keliatan alias putih muluzzz:th_104_:
tambahan mungkin, biar telur gampang di kupas dan ga nyisain putih telur di kulit.
setelah telur mateng taruh wadah dan di rendam pake air dingin yg dr kulkas 5 - 10 menit, ato paling ga diamkan selama 30 menit ( kalo ga keburu laper)
ada teorinya nih hehe...
wah jadi pengen makan telur....:hahai:

platinum
25-11-2009, 11:01 PM
kalo mau setengah mateng aman ga sih?
kan setelah banyak kasus flu ayam, cara masak hasil per-ayaman juga harus betul2 mateng? berarti ga boleh setengah mateng?

oriori
26-11-2009, 02:37 AM
ouw begitu yaah...
brarti masukinnya mesti pake sendok sayur tooh...
makasii gan berguna threadny...:top:
tp klo maw goreng pasti ud pd taw api mesti dkecilin dulu...
klo gede minyak suka pletak pletok kmana2..lengket dwajan jg..:hehe:

miracup
30-11-2009, 07:28 PM
klo saya sih biasa aer nya cukup biar telor nya tenggelam,, trus klo d tutup kasih celah sedikit buat udara nya kluar,, coz biasa nya suka retak tlor nya..

melekete
03-12-2009, 10:21 AM
mayan nambah pengetahuan .... thx

dulu masih kecil kalo hbs diambil darah dikasih telor rebus.. telor rebusnya ada aroma khusus yg bikin selera. Ada yg tau resepnya ???

leonamon
05-12-2009, 12:42 AM
Humm... jd pgn coba deh:
Ngerebus telor pake aer teh

kira2 bakal wangi teh ga ya??? (apa malah ancur???)

:hmm:

Influence
05-12-2009, 01:35 AM
anu, sekalian tip buka telur yag udah direbus dong, kalo saia biasanya hasilnya ga bisa mulus, selalu bocel disana sini

Coba gini :balloon: :

Sebelum direbus :
Masukkan telur setelah air mendidih (klop dengan tips topik ini),
agar ketika dikupas, membran telur (kulit tipis) tidak lengket dgn putih telur

Setelah direbus :
- Biarkan telur agak dingin dulu (iya sih), bisa dengan cara direndam air biasa
- Buat retakan yang banyak (digetok ke meja ato pakai bagian bawah sendok :hammer: di banyak titik)

zekusion
07-12-2009, 08:49 PM
wahhh gw baru taw klo ada cara yg SALAH :haha:
gw c co,, tiap x bikin telor rebus jg,, masak aer nya dulu.. bukan barengan
selamet d gw :terharu:

shinobi32
09-12-2009, 06:49 PM
tapi kadang2 suka males nunggu aernya mendidih baru ceplungin telornya. suka make cara yg salah.
he..he....

dhindhin
15-12-2009, 08:27 AM
saia sih masaknya suka2 aja cepet mateng, cepet makan, cepet senang :th_104_:
terserah mo gompel2 ato ada kuning2nya,,
btw nice infolah

didody
15-12-2009, 11:46 AM
klo gw... pas masak nasi pake rice cooker... titipin deh telur diatasnya(cuci dulu lho -red).
nasi matang, telur matang.... tinggal makan :D

AkhyRul
15-12-2009, 08:23 PM
TS emang jago "perteluran" nih... avanya aja gambar telor :hihi:

Angel0fDarkness
15-12-2009, 09:00 PM
bro ini telurnya dimasukin ke panci yang masih ada diatas kompor ato nda'...? :???:

majorwolf
17-12-2009, 11:34 PM
bgmn supaya telor kaga pecah waktu direbus ?

Klo gw pernah dapet tip supaya ngupas telor rebus bagus :
- Habis direbus telur langsung dicelup di air panas lalu ditunggu bentar langsung dikupas.

bener gak tipnya ?

hensa777
18-12-2009, 01:39 PM
ada cara laen nich,telur dikasih lapisan berupa tnah liat di luarnya,kemudian dibakar,mateng koq.......

paulbernie
28-12-2009, 04:33 AM
Ouww, gitu toh cr yg bner...biasanya gw asal nyemplungin aja, dah mateng langsung sikat pokoknya...wkwkwk..

agungkusuma
12-01-2010, 12:03 PM
siap gan, itu baru bener, rebus air dulu sampe mendidih, baru masukan telurna...sampe mateng-teng-teng....:boong:

hidey-holey
13-01-2010, 05:42 PM
^
di punya saia ada tanda gendernya tu:lol:

padahal saia perhatikan, yang suka maen ke SF masak ini juga rata2 cowok koq

shinobi32
13-01-2010, 05:50 PM
^
enak situ mah VIP.
nah gw?
apa ditulis di signature aja yah..?
ho..ho..

banyak juga lho cowok2 yang mampir, syp tw ada resep masak instan..

klo ada yang mw penelitian, bisa nih judul ngerebus telor dipake.
perlakuannya aer dulu baru telor ato telor dulu baru aer. liat mana yang terbaik...

zuwi50
19-01-2010, 04:28 PM
ooh jadi yg bagus itu kuningnya gak boleh kelihatan ya..

i see.. i see..


^
enak situ mah VIP.
nah gw?
apa ditulis di signature aja yah..?
ho..ho..

banyak juga lho cowok2 yang mampir, syp tw ada resep masak instan..

apalagi saia kakak.. cuma rakyat biasa :hiks:

gw juga cowok, suka mampir kemari cari inspirasi resep :haha:

heraldry
21-01-2010, 08:26 PM
ternyata.... selama ini gw merebus telur juga gak becus.. berarti yang bisa gw masak cuman indomie sama air doang.. :madesu:

shinobi32
22-01-2010, 01:49 PM
ternyata.... selama ini gw merebus telur juga gak becus.. berarti yang bisa gw masak cuman indomie sama air doang.. :madesu:

ha..ha...
klo udah tw kan bisa nambahtuh 1 skill nya: ngerebus telor dengan baik.
:hahai:

shinobi32
02-02-2010, 12:02 PM
alasan laen kenapa harus aer dulu baru telornya yaitu karena DENATURASI PROTEIN. kan kita tau, klo protein itu rusak karena panas. nah telor itu kan isinya protein semua, klo kelamaan kena panas bakalan rusak semua. dengan kata laen yang sisa dari telor itu cuman ampasnya doang. nah, dengan seminimal mungkin telor itu dipanasin kemungkinan kandungan protein telor itu akan lebih banyak..

yniko
02-02-2010, 01:19 PM
Karena merebus terlalu lama dak baik berarti setengah matang yg terbaik ya.....

jouleputra
02-02-2010, 04:03 PM
Karena merebus terlalu lama dak baik berarti setengah matang yg terbaik ya.....

tapi yg gw tau dari temen gw yg KUL di kedokteran katanya kalo setengah

matang kurang bisa di cerna oleh tubuh ya??

jadi yg bgsnya gmana donk???

zoro_kasep
02-02-2010, 10:24 PM
hmmm...maksudnya dari denaturasi protein disini apa ya? kalo di-denaturasi n jadi asama amino ya lebih bagus kalee, so tubuh bisa langsung nyedot tu asam amino..baca deh di buku tentang gizi buatan pemerintah yang dari WHO (gw ga apal bukunya apa), telor rebus teh paling baek buat dicerna/diserap (rebus mateng), bisa mpe ampir 100%diserapnya. daging aja ga mpe 90% tu..CMIIW

zoro_kasep
02-02-2010, 10:44 PM
Ohh, gt yah cara yang benar. Makasi banget udah di-share
Nanti malam dicoba, kebetulan mau masak telur bumbu kare. :piss:

Pantesan aja gw seringnya masukkin telur barengan sama airnya,
tapi masih gak mengerti kenapa penjelasan teorinya, mesti cari2 sendiri lg deh. :piss:

hmmm...kl gw pikir seh, kl kulit telor kan kalsium n phospor, berongga..kl aer ga mateng (alias banyak kuman), direbus (ngebuka tu pori2) ditambah cuma ngrebus stengah mateng ya takutnya kuman2 masih idup..kl ma aer panas kan uda mah kuman mati, protein di telornya juga langsung mengeras so kmungkinan kuman idup ya lebih dikit lagi..CMIIW

shinobi32
05-02-2010, 06:09 PM
Kalo Merebus Telur dengan Di taburi Garam Efeknya Apa ya...?

sory klo gak ilmiah, tentu aja nambah rasa asin.
he..he...

klo garem biasanya dipakai untuk mempercepat fase pencairan es ke air, di mamang2 eskrim itu lho.
tapi klo saat ngerebus telor sih egk ada apa2.

halajua1
17-02-2010, 12:33 PM
pas itu gw pernah d kasi taw abis rebus telur rendam lagi pake aer dingin maxudnya apa ya? ada ya taw?

hadibangun84
19-02-2010, 03:38 AM
pas itu gw pernah d kasi taw abis rebus telur rendam lagi pake aer dingin maxudnya apa ya? ada ya taw?

setau ane maksudnya tuch ada 2 :
1. Biar cepet dingin (keknya ah pada ngerti) :hahai:
2. biar putih telurnya lebih padet, biasanya teknik ni dipake klo telurnya kemudian mo diolah lebih lanjut (mau dibalado atawa diolah lainnya)

shinobi32
19-02-2010, 06:42 PM
setau ane maksudnya tuch ada 2 :
1. Biar cepet dingin (keknya ah pada ngerti) :hahai:
2. biar putih telurnya lebih padet, biasanya teknik ni dipake klo telurnya kemudian mo diolah lebih lanjut (mau dibalado atawa diolah lainnya)

wah iya tah?
klo bener, itu artinya gw dapet ilmu baru nih...

ginji
24-02-2010, 11:01 PM
wah patut dicoba ni dulu kalo masak telur pake masih pake yang salah,sampe sampe kuning telurnya keluar,btw bagusan setengah matang atau sampe matang bro kalo kita ingin dapat putih mulus kaya diatas kira kira berapa menit

vhanz14
25-02-2010, 05:26 AM
Biasanya ibu q langsung maen masukan telur saat airnya masih dingin to....(berarti salah ya)

Nothin9z
25-02-2010, 08:16 AM
emang gw biasanya sih ngerebus telur ya ky gt..abis mateng direndem air biasa,biar cepet dingin baru dikupas..

bowbee
25-02-2010, 04:39 PM
Berarti selama ini aq telah salah merebus telur...
:hero:

Aq Pernah coba juga masak telur pake microwave, telurny meledak di dalem microwave... :P
Kalo itu teorinya gimana ya...

giganticskies
25-02-2010, 05:57 PM
Berarti selama ini aq telah salah merebus telur...
:hero:

Aq Pernah coba juga masak telur pake microwave, telurny meledak di dalem microwave... :P
Kalo itu teorinya gimana ya...

Jelas aja meledak soalnya Microwave kan bisa diset panas banget. Jangankan telur, daging aja bisa mateng (versi Microwave serba guna)...
Kalo mama malah pernah pake RiceCooker. Masak nasi plus telur huehue :piss:

giganticskies
26-02-2010, 07:43 AM
gak tau. mungkin karena tekanan kali yah...
:boong:

Untung juga microwavenya gak ikutan meledak :hihi:
Merebus telur memiliki banyak cara yang lain ya :panda:
Katanya biar enak air rebusannya dikasih garam ya :???:

Graydivine
26-02-2010, 05:41 PM
berarti selama ini cara g ngerebus telor ga bener yak.proteinnya uda ilang duluan.

RiccardoRJ
08-03-2010, 06:00 PM
Kalo saya rebus telor : air mendidih ->api kecilin -> telur pecahin masukin ke panci terus masah samapai mateng, angkat pake saringan atau garpu, makan sama indomie rebus deh.

aurora7
08-03-2010, 08:23 PM
oww, ternyata ada cara yg salah yak.. nice inpo nih.. ^_^

kalo gw sih cara rebus telor tergantung mood, kalo lagi niat gw tungguin,
biar mateng dulu aer trus masukin segala macem yg mo direbus (telor, etc..)

kalo lg males ya, masukin aer dingin, telor mentah dll, digodok, trus ditinggal maen game ato browsing ngenet... :D :kaget:
ntar 15 menit kemudian balik baru dimatiin..

ps: kalo rada kelupaan krn keasikan maen pas balik sih aernya dah hampir sat... >_< ....... :swt: :panik:

yeona
08-03-2010, 08:59 PM
astaga :jah:

berarti selama ini saya masi banyak salah persepsi.. :hahai:

btw, makasi infonya y :piss:

hellzoner
31-08-2010, 08:15 AM
kalo merebus telur buat tambahan mi instan berarti udah bener dong...:elegan:
kan telurnya dimasukin kalo air udah mendidih :semangat:
tapi telurnya dipecahin dulu, ga' utuh ama kulitnya...:hehe:

ahmad_k
31-08-2010, 09:54 AM
Lah kalo ane ngerebus telor emang aernya dulu dimasukin baru telurnya...Kalo telornya dulu dimasukkin baru aernya...Jadi telor rebus,gan...Bukan merebus telur...:hehe:

fearest
03-09-2010, 11:04 AM
telor kalo direbus paling enak setengah matang..jadi pas dipecahin masi ada bagian yg cair, tambahin kecap asin/garam dengan kecap manis
apalagi telur ayam kampung..
lebih enak digoreng sih kalo menurut selera gw..

phunixid
15-09-2010, 11:38 AM
perasaan dari kecil aku diajarin merebus telur dengan cara yang seperti ini
jadi memang selalu seperti ini dari dulu juga
aku pikir trik yang unik dan beda banget

yogoboy
15-09-2010, 03:26 PM
wah ternyata merebus telur juga pake tips ya bro...

btw, makasih buat infonya... siapa tau nanti klo liat orang lagi ngerebus n salah bisa dibantuin caranya...

rokie
24-09-2010, 02:36 PM
kadar panas yang dipakai berapa sampai berapa bos, dan lama masaknya berapa lama dong om"terimakasih

dianutami87
15-10-2010, 10:28 PM
Oh pantesan, klo rebus telor suka keluar dari cangkangnya alias ga bulet

lebih parah lagi aku suka rebus telor pake rice cooker :hehe:

nice info TS :top:

shinobi32
17-10-2010, 10:20 AM
^
pernah denger juga. tapi gw kurang paham klo emang bisa gitu. gw tau cuman buat pemberi rasa asin aj klo dikasih garem

aldienyunyu
11-11-2010, 01:09 AM
yg jadi pertanyaan adalah berapa menit sih ngerebusnya yg ideal kalo mau telurnya masak?
n berapa menit kalo mau setengah mateng?
mohon himbauannya ya kk..

cahyo_pwkm
11-11-2010, 08:01 PM
maksudnye kebiruan tu bagian yg abu2nya banyak ya?
kalo telor rebus yg ga pake cangkang gimana? sama?
kyk yg buat telor ceplok rebus di mie


wah, saia cowok tapi koq secara naluri udah nerapin cara yang kedua yah:hihi:

tapi enakan dimasak pake microwave aja, lebih simpel:boong:

=============
BTW, post pertama di forum resep, pengen cari makanan yang enak......

pake microwave??
ga meledak telornya? dulu nyobain kyk gt setelah 2 menit ada bunyi BUM dan telornya ilang

azadinda
16-11-2010, 05:23 AM
Gw kalo rebus telur berarti selama ini udah bener donk :haha:
insting gw bilang kalo gitu cara yang bener, apalagi udah belajar suhu dan kalor waktu di SMA, mantap!!!

ilham32
18-11-2010, 09:12 PM
wah baru tahu saa seperti ini toh caranya....
tapi kadanga kadang ko kuit nya suka pecah ya.
=======================================
maaf ya kalo ada salah ini podtingan pertama saya...

bonsaiimut
06-12-2010, 11:41 PM
Pernah baca dari forum sebelah, terus dipraktekin.. tapi kenapa hasilnya jadi pecah ya kulitnya?:???:

RoxasJr
08-12-2010, 01:15 AM
:???: brarti kalo direbus air ma telornya barengan proteinnya rusak atw ilang??

kalo misalnya cm rusak dikit mah gpp..

lebih praktis jg.. cm ngira2 udah mateng apa blomnya itu kadang2 ane masih kliru..

biasanya lom mateng bener udah ane angkat.. :lol:

firexxx
08-12-2010, 10:03 PM
wadu br tao g selama ne kuning telor yg g makan bagian luar nya agak abu2 ato biru gt..
ternyata rusak ya proteinnya..
hrs d ganti ni cara masak telornya biar ga makan ampas telor doank..
ehehehe..

rezabjork
09-12-2010, 02:11 PM
baru tau gw..biasanya langsung dipanci terus masukin air baru direbus,,hheu,,

makasih info nya gan,,, :top:

michaelfabregas
09-12-2010, 02:18 PM
wedeeeeeh...

brarti mama ane slama ini ngerebus telur dgn cara yg salah trus ya...

pulang ke rumah hrs lgsg bilang ke mamah....


:ehem::ehem::ehem::ehem:

cuwiter
10-10-2011, 02:38 PM
coba degh dengan trik lain...
kalo masak telor ayam kampung cukup rendam dengan air panas sekitar 10-15menit...
hasilnya kuning telur mengeras tapi putihnya masih cair...
yummy abis euy...

dyelewer
10-10-2011, 08:36 PM
alasan laen kenapa harus aer dulu baru telornya yaitu karena DENATURASI PROTEIN. kan kita tau, klo protein itu rusak karena panas. nah telor itu kan isinya protein semua, klo kelamaan kena panas bakalan rusak semua. dengan kata laen yang sisa dari telor itu cuman ampasnya doang. nah, dengan seminimal mungkin telor itu dipanasin kemungkinan kandungan protein telor itu akan lebih banyak..

kalau bagian kuning telurnya sudah berwarna kebiruan, itu artinya protein nya udah rusak.

:kaget: padahal gw lebih suka kalo beli makanan yg ada telornya suka yg warna kuning telornya udah biru..soalnya rasanya lebih enak..

ealah ternyata malah yg udah rusak,, pantes gw bingung kok kalo masak sendiri telornya ga pernah jadi biru.. cuman kuning

deathwarrior
03-11-2011, 12:59 PM
Wah... Boleh dicoba nich saraannya... makasih ya....
selama ini gw juga langsung masukin aja telor ke dalam panci terus direbus...
dan gw taw kalo proteinnya bakal ilang... tapi ga taw kalo bisa diakalin kayaq gini... :hehe:

refal
20-11-2011, 04:27 PM
wah...tiap bikin telur selalu kuning telurnya udah membiru..
ga tau itu udh salah ...

anarchyz
24-11-2011, 12:30 AM
wah, saia cowok tapi koq secara naluri udah nerapin cara yang kedua yah:hihi:

tapi enakan dimasak pake microwave aja, lebih simpel:boong:

=============
BTW, post pertama di forum resep, pengen cari makanan yang enak......

wew
gw baru taw lho rebus telur bisa pake microwave
gmn caranya?
-__- bukannya kalo kita masukin air ke microwave takut air nya nyiprat sana sini?

mels888
14-12-2011, 08:25 PM
:makasih-g::xiexie:tq infonya...

de_haphazard
15-12-2011, 10:46 AM
tapi bukannya kuning telur itu banyak lemaknya yaa?
ato apaaa gitu namanya?
apalagi telur puyuh...
pantangan orang biar gak gemuk kan..???
tul gak?

..CMIIW..

kebhow
15-12-2011, 10:34 PM
gan saya mau nanya. agak aneh tapi saya penasaran dari dulu.

Saya sangat doyan makan mi instan pake telor. Tapi kok susah banget rebusnya? Jadi saya rebus dulu mienya di air yang mendidih. Saat mi nya sedikit lagi matang, saya pecahkan telur dan masukan ke mi (tanpa diaduk, maksudnya biar matang di tempat). Tapi kok telurnya ancur sendiri ya?

padahal kalo makan di warung telurnya bisa menyatu sempurnya (hehehe). Tolong ajarin caranya dong gaaaaaaan. THX

mrcrack
16-12-2011, 12:17 AM
wah wah, ibu2 perlu baca ni n jgn lpa om2 yg lagi fitnes gedein bdan harus tau masak tlur yg bner biar protein yg d trima lbih sempurna...

shinobi32
16-12-2011, 09:46 AM
gan saya mau nanya. agak aneh tapi saya penasaran dari dulu.

Saya sangat doyan makan mi instan pake telor. Tapi kok susah banget rebusnya? Jadi saya rebus dulu mienya di air yang mendidih. Saat mi nya sedikit lagi matang, saya pecahkan telur dan masukan ke mi (tanpa diaduk, maksudnya biar matang di tempat). Tapi kok telurnya ancur sendiri ya?

padahal kalo makan di warung telurnya bisa menyatu sempurnya (hehehe). Tolong ajarin caranya dong gaaaaaaan. THX

jangan diaduk kali....
hehe...
kurang tau juga gw.

donk3
16-12-2011, 10:45 AM
pernah baca soal ini udah lama ..
cuma waktu ku kasih tau ibuku .... dia bilang ...

sok tau .... dari kamu kecil ngerebusnya yah gini ...

bizly
16-12-2011, 11:22 AM
Baru tahu saya ternyata selama ini kalau masak telur saya sudah keliru..
jadi kuning telur yg warna abu-abu itu sudah rusak ya proteinnya?
nica share:top:

venda94
20-12-2011, 03:52 PM
info yang bagus, tapi ane masih ada pertanyaan ni...
itu telur butuh waktu berapa lama supaya bener2 matang...
maksud ane berapa lama supaya kandungan proteinnya gag hilang...
thx gan...

tripot
23-12-2011, 08:29 PM
bisa di coba nih.
biasanya sih klo rebus telur putih telurnya sampai melambai2 di air :swt:

Daisuke09
26-12-2011, 04:14 PM
nambahin dikit yah..ada juga kalo hasil rebusan telornya pengen kuning telurnya bagus posisinya pas di tengah...waktu mau masukin telur air di dalem panci di aduk memutar pelan2, trus telurnya di masukin..

setelah telur masuk di aduk memutar juga kurang lebih 2mnt trus bisa di tingggal....tp emang sayangnya jumlah telur yang direbus ngga bisa langsung banyak( mis panci diameter 20 cm cuman bisa buat rebus 3-4 telur)

Daisuke09
26-12-2011, 04:17 PM
gan saya mau nanya. agak aneh tapi saya penasaran dari dulu.

Saya sangat doyan makan mi instan pake telor. Tapi kok susah banget rebusnya? Jadi saya rebus dulu mienya di air yang mendidih. Saat mi nya sedikit lagi matang, saya pecahkan telur dan masukan ke mi (tanpa diaduk, maksudnya biar matang di tempat). Tapi kok telurnya ancur sendiri ya?

padahal kalo makan di warung telurnya bisa menyatu sempurnya (hehehe). Tolong ajarin caranya dong gaaaaaaan. THX

saya bantuin jawab yah TS..kalo mau masukin telur setelah mie matang..api mesti di kecilin..biar ngga ada gelembung udara yang muncul di air rebusan (api sedang kayaknya cukup, tp kalo masih ada gelembung apake pai kecil ajah..),,,

karena gelembung air rebusan yang mendidih itu yang bikin telur bentuknya jelek(pecah-pecah)..

moga2 bisa membantu ^o^

Daisuke09
26-12-2011, 04:28 PM
Berarti selama ini aq telah salah merebus telur...
:hero:

Aq Pernah coba juga masak telur pake microwave, telurny meledak di dalem microwave... :P
Kalo itu teorinya gimana ya...

bantuin nambahin lagi dikit..hehehehe...

Om TS maap yah...jangan di angggep sok tau yah..ane cuman pengen share ajah...

kalo masak pake micro secara ngga langsung pemanasannya dari dalem..jadi waktu di masak sama kulitnya juga...tekanan di dalem telur meningkaat(kayak yg di bilang TS).. nah kalo udah titik tertentu..BOOMMMM...hehehe..begitu yang ane tau..

kecuali, kalo telurnya di pecah dulu di taruh di atas piring ato mangkuk tahan panas bisa tp mesti di oles mentega dikit kalo ga salah piringnya biar ga lengket..

shinobi32
26-12-2011, 05:02 PM
bantuin nambahin lagi dikit..hehehehe...

Om TS maap yah...jangan di angggep sok tau yah..ane cuman pengen share ajah...

kalo masak pake micro secara ngga langsung pemanasannya dari dalem..jadi waktu di masak sama kulitnya juga...tekanan di dalem telur meningkaat(kayak yg di bilang TS).. nah kalo udah titik tertentu..BOOMMMM...hehehe..begitu yang ane tau..

kecuali, kalo telurnya di pecah dulu di taruh di atas piring ato mangkuk tahan panas bisa tp mesti di oles mentega dikit kalo ga salah piringnya biar ga lengket..

gw gak protes kok krn lum cobain. hehe.
tapi mungkin bener, karena klo udah pecah bisa mengurangi tekanan di dalm telor

KiAksi
27-12-2011, 11:30 AM
wah baru tau gw nih. pantesan telur rebus, di warteg kebanyakan kuningnya di pinggiran.

Belum tentu gan, mungkin aja kuning telur dipinggir tanda telurnya udah kadaluarsa.

LordByaku
27-12-2011, 11:35 AM
wkwkwkw.. ada juga yang seperti ini ya..

makanya kalo pake cara yg pertama jadi suka biru kuning telurnya,,

wah nice Info gan :ogtop:

luvEUN
27-12-2011, 01:18 PM
aku suka makan mi instan pake telur rebus,,,,
biasanya aku pake cara yang pertama,,...
jd gitu ya cara yang bener,,..

LordByaku
28-12-2011, 11:13 AM
nice info..
berarti selama ini gw selalu rebus telur dengan cara yg salah..
jadi malu,,

banyak temennya ko kk,, tng aja,

tapi sekarang jadi tahu kan, kalo pake cara yang bener manfaatnya jadi lebih banyak :top:

shinobi32
28-12-2011, 11:20 AM
Belum tentu gan, mungkin aja kuning telur dipinggir tanda telurnya udah kadaluarsa.

iya takutnya gitu. gw pernah ngeliat di tipi klo banyak yang beli telor apkir. harganya lebih murah.

nah salah satu ciri2 telor rusak tu, kuningnya di pinggir gak di tengah2.

LordByaku
28-12-2011, 01:33 PM
nah salah satu ciri2 telor rusak tu, kuningnya di pinggir gak di tengah2.


:niceinfo:

kalo milih telur yang bagus itu gimana si tandanya:???:

maap y kalo oot :peace:

shinobi32
23-01-2012, 03:32 PM
gu klo ngrbus tlur ya byasa aj sie mang gtu aj cranya, dan rsaya ga brrbah kok

rasa emang gak berubah, tapi gizi berubah. gizi kan gak bisa kita rasain lewat lidah

choli
23-01-2012, 03:45 PM
:niceinfo:

kalo milih telur yang bagus itu gimana si tandanya:???:

maap y kalo oot :peace:

Siapin senter yang bagus...
Liat aja dari senternya...
Kalo banyak bercak2, berarti telornya udah ngga bagus...
Kalo mulus, ya bagus telornya...

Cara lain: harus pake feeling ama liat perputaran telurnya, cepet ngga habisnya..
Kalo cepet, berarti biasanya telurnya baru2 dan konsumen juga udah sering beli di tempat tersebut..

PS: jangan beli telur di minimarket macem yomart, etc...

gufee
21-02-2012, 08:46 PM
ohhh gitu yah,,
ada caranya juga,,

tapi kayak ngisi aiar trus masukin telur dan nunggu sampe mateng (ko ane ga pernah liat tanda2 yg di sebutin yah),,
berarti harus masak telur dengan cara yg benar nih biar kandungannya terjaga,,

shinobi32
23-02-2012, 09:50 PM
SEMUA produk olahan bakal mengalamai degradasi gizi, cuman penurunan itu yang diminimalkan...

w1LLy
01-03-2012, 06:33 AM
bagus nih tips nya, btw ada yg tau gak knp kdg klo rebus telur ada yg buka kulit nya gampang kdg ada yg nempel ama daging telur nya?

kurang_waras
02-03-2012, 05:03 PM
berarti selama ini cara gw salah donk :hammer:

biasanya gw mah langsung masukin air dalam jumlah tertentu ke panci, masukin telurnya ke situ dan nyalain kompor sampe beberapa saat tertentu deh

chens
07-03-2012, 10:53 AM
wah, saia cowok tapi koq secara naluri udah nerapin cara yang kedua yah:hihi:

tapi enakan dimasak pake microwave aja, lebih simpel:boong:

=============
BTW, post pertama di forum resep, pengen cari makanan yang enak......


telor masak d microwave bknnya meleduk yah telornya?? =="

shinobi32
19-04-2012, 04:21 PM
kalo kurang mateng ntar kena flu burung gan......................

flu burung gak nular lewat telur :obkeren:

pokonyaang
19-04-2012, 04:55 PM
flu burung gak nular lewat telur :obkeren:

iya gan emang gak nular lewat telur tapi katanya kalo kita masak telur itu sampe bener2 mateng,,maka otomatis bakteri,,virus,,dan kuman yg ada dalam telor mentah itu akan ikut mati..makanya jadi aman dikonsumsi..yang aku denger sih begitu..

d14ncuk
07-05-2012, 11:56 AM
Itu kan kalo yang ngerebus sama kulitnya ya? Kalo ngerebus yang buat masak mie rebus/goreng gitu gimana caranya?
apa sama juga ya, sesuai apa kata agan shinobi32, buat menghindari denaturasi protein?

shinobi32
07-05-2012, 08:22 PM
Itu kan kalo yang ngerebus sama kulitnya ya? Kalo ngerebus yang buat masak mie rebus/goreng gitu gimana caranya?
apa sama juga ya, sesuai apa kata agan shinobi32, buat menghindari denaturasi protein?

ini untuk ngerebus telor utuh.
yah, proteinnya rusak karena panas. sebenernya gak bagus, karn gizinya tinggal sisa dikit sih.
menghindarinya ya setengah mateng paling gak mengurangi kerusakan. tapi emang susah sih, nyari makanan yg sehat dan enak dengan gizi yg ttp utuh. karena semua makanan yg diolah itu pasti berkurang kandungan gizinya

ijahhajingacakka
24-05-2012, 05:38 AM
nice info. tapi ko gg ada durasi rebusnya ya?
suka bingung nih, telurnya udah mateng ataw blom soalnya gg tw lama rebusnya sampe telor mateng.

Oqyk_Cole
28-05-2012, 01:22 AM
wahhh
berarti ane termasuk orang yg bener dong ngerebusnya :lol:
kalo alesan ane
biar lebih cepet mateng telurnya kalo di masukin belakangan
tp stlh dipikir keknya sama aja :lol:

duniavern
29-09-2012, 08:16 PM
jadi selama ini ternyata aku udah mask dengan bener

kalo aku sih pake logikanya gini...
kalo telurnya dmasukin barengan sama airnya maka airnya bakal lebih lama mendidihnya...
sama kayak masak mie instant kalo dimasukinnya barengan mendidihnya bakal lebih lama

hnech
01-10-2012, 04:37 PM
Ini tips biar kulitnya gampang dikupas ya...
Klo gw satu lagi patokannya dah mateng ato belon...
Kulitnya dah retak baru dah disebut mateng...

anakGAWANG
04-10-2012, 12:56 AM
masukkannya ketika panas belum mendidih, krn kalo dah mendidik ada kemungkinan telur pecah dalam air,

dopod818pro
04-10-2012, 08:22 AM
untuk menghindari pecah gimana yak?

anakGAWANG
05-10-2012, 03:15 PM
untuk menghindari pecah gimana yak?

masukkan telurnya waktu air panas tp belum mendidih, airnya masih tenang,

tseem
12-10-2012, 08:18 AM
ane uda make cara yang kedua, biar kata emak ane salah..
soalnya ane g terlalu suka malahan telor rebus yang bener2 mateng a.k.a kuningnya keluar2 gitu...
malah waktu kecil ane g suka sama sekali telor kalo direbus..tp doyan kalo digoreng..hahaha

best9bg
12-10-2012, 06:27 PM
ane dari dulu bikin nya dengan cara yg benar

selalu nunggu aernya mendidih baru dimasukin :ogbloon:

shinobi32
12-10-2012, 11:09 PM
br tw ane,, ane bysanya telor n airnya dimasak sama2

matengnya lebih lama lho :unyil:

pawz007
16-10-2012, 08:12 AM
klo dari pengalaman ane dan baca-baca di inet, ada dua cara ngerebus telur yg bikin hasil keduanya beda..
1. hard boil egg
panasin airnya dulu, setelah mau mendidih ato udh mendidih, baru masukin telurnya, rebus sebentar, hasilnya kuning telur kayak kaku gitu, masalah posisi, ane sih ga peduliin..
2. soft boil egg
air sama telurnya dipanasin barengan, rebusnya rada lamaan, sekitar 8-10 menit, hasilnya kuning telur rada lembek mirip jelly..
klo favorit ane sih, cara kedua, cos kuning telurnya itu lebih enak buat dimakan, tapi klo ane buru2 biasanya pake cara satu..
n klo sama rachel ray, lebih disarankan cara kedua CMIIW

Raditshare
25-10-2012, 11:21 PM
ane rebus telur biasanya ditambah teh dikit
terutama klo ngrebusnya banyak
biar gak pada pecah

Iya_an
31-10-2012, 01:41 PM
klo dari pengalaman ane dan baca-baca di inet, ada dua cara ngerebus telur yg bikin hasil keduanya beda..
1. hard boil egg
panasin airnya dulu, setelah mau mendidih ato udh mendidih, baru masukin telurnya, rebus sebentar, hasilnya kuning telur kayak kaku gitu, masalah posisi, ane sih ga peduliin..
2. soft boil egg
air sama telurnya dipanasin barengan, rebusnya rada lamaan, sekitar 8-10 menit, hasilnya kuning telur rada lembek mirip jelly..
klo favorit ane sih, cara kedua, cos kuning telurnya itu lebih enak buat dimakan, tapi klo ane buru2 biasanya pake cara satu..
n klo sama rachel ray, lebih disarankan cara kedua CMIIW

ya mungkin dengan cara memasak berbeda mereka memiliki maksud tersendiri,

setiap chef kan punya trik masing2 :onegai:

zack87
06-11-2012, 08:33 AM
emm.. bgitu ya bro cara yg benar merebus telur, ane sbenernya kgak tau jg sih cara yg bener itu gimana. tp slama ini nyokap ane pake' mencontohkan cara yg benar utk merebus telor. hehehe..

Guk3x
30-11-2012, 03:32 AM
Nice info :top:
Brarti proteinnya jadi rusak ya klo pake cara pertama...:sigh:
Habis baca thread2 info gini jadi merasa banyak bgt yang salah dihidup ane...:madesu:
Klo telur asin tu proteinnya udah rusak juga gak :jotos

zuppazuppa
30-11-2012, 08:57 AM
huwaow.
baru tauuu kalo ada yg namanya denaturasi protein.
pantesan pertumbuhan ane kok gak berkembang..
salah ngerebus telor siih
:tega:

shinobi32
30-11-2012, 09:04 AM
huwaow.
baru tauuu kalo ada yg namanya denaturasi protein.
pantesan pertumbuhan ane kok gak berkembang..
salah ngerebus telor siih
:tega:

:lol: masak gara2 telor doang...

zuppazuppa
30-11-2012, 11:06 AM
^
^
hahahha, cari pembelaan diri gan.
pertumbuhan ke atas uda mentok.
sisanya melebar..
kemungkinan besar efek denaturasi protein..
kkk.
keren juga ni istilah ilmiahnya,, makasi lo gan uda dikenalin istilah ni.
bahasanya berat bgt. kkkk
:lalala:

dhitaks
03-12-2012, 03:20 PM
waahh berarti selama ini makan telor rebus yg kuningnya udah jadi biru berarti udah gak ada gizi dong gan? huhuhu percuma dong gak ada gizinya..

qorabum
10-12-2012, 05:29 AM
ada gak cara mudah buat mengetahui klo telur rebus nya udah matang ? soalnya sering banget kuning telornya masih cair sudah diangkat ....

bintang_kecil
10-12-2012, 02:49 PM
kalau saya jarang sekali ngerebus telur yang ada nggoreng telur bisa di ceplok atau didadar. kebanyakan orang ngerebus telor sih memang dari awal dicelupkan bebarengan dengan airnya, soalnya susah atau panas kalau air mau masak baru dimasukan :haha:
nanti deh coba ngerebus telor :)

bttw pas banget avatarnya TS dengan threadnya sama-sama telor

lightning29
19-12-2012, 03:32 PM
ada gak cara mudah buat mengetahui klo telur rebus nya udah matang ? soalnya sering banget kuning telornya masih cair sudah diangkat ....
ciri-cirinya sih biasanya cangkangnya agak retak dikit...soalnya isinya memuai keluar putih telurnya.... amannya sih dilebihin aja masaknya..tapi takutnya denaturasi juga :iii:
amanya dibikin dadar aja deh /mata sapi :haha:

shinobi32
19-12-2012, 06:55 PM
yah, kita gak bisa juga 100% menyelamatkan nutrisi.
makanya makannya jangan nasi + telor doang. makan sayur2 laen juga. hehe

IAMYORDANI
27-12-2012, 11:39 AM
TS, maksudnya "semuanya mulus lus...gak ada lagi kuning telur yang terlihat alias telur putih mulus semuanya..
" , putih telurnya lengket dikulit telur, makanya saat dikupas putihnya ngikut juga dan kelihatanlah si kuning? O.O atau gimana ?

Soalnya, saya selalu pakai cara yg masak dulu airnya, baru dicemplungi telur, kadang-kadang putihnya lengket di kulit, jadi saat dikupas, hasilnya gak mulus, dan malah sampe kelihatan kuning telurnya ><

ada lagi yang mau ditanyakan, cara ngerebus telur itu, hanya untuk telur ayam aja apa telur puyuh juga?
kalo telur puyuh, teramat jarang bisa mulus saat ngupas walaupun sudah pakai cara air dimasak dulu baru cemplungi telur TT.TT

AgitoAvenged
04-01-2013, 04:22 PM
wah, pantesan kemaren gw dimarahin mertua.
Ternyata gw rebus telurnya salah, gara-gara males langsung cemplungin telornya dari awal
jadinya pada melotot tu kuning telurnya..

bixlow
04-01-2013, 08:24 PM
lah ane ngerebus telur kuning'a jd kebiruan mulu,,
baru tau kalo itu protein'a rusak:facepalm:
berapa lama harus'a ngerebus'a??

cluethax
10-01-2013, 11:10 AM
enaknya telur rebus dimasak kecap,, dimasak sampe meresap...

itu favoriiit bangetz dah... hahahahaaa :siul:

nsshadow
19-01-2013, 05:57 PM
ooo, begitu to, dri q kemarin bngung waktu disuruh emak ngebusin telur buat simbah ane :sigh:

al hasil, gua cemplungin aja barengan dengan airnya :haha:

btw busway, tu lama ngrebusnya berapa mnt yak??? :???: