PDA

View Full Version : Recipe(s) Onigiri



eXcImEr
19-10-2009, 01:36 PM
ONIGIRI

http://food.3yen.com/wp-content/images/onigiri.jpg
Onigiri adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit.

Di Indonesia, Onigiri bisa dijumpai di bagian makanan Jepang toko swalayan terkemuka dan di restoran yang menyediakan makanan Jepang. Di negeri Tiongkok, Onigiri dikenal dengan nama fŕntuán

cara membuat :

1.Siapkan "nori (rumput laut kering)", bentuknya seperti kertas dan warnanya hitam serta rasanya asin, ukuran sesuai selera, nori umumnya hanya dijual di supermarket yang lengkap

2.Siapkan nasi yang siap dimakan, diusahakan masih hangat agar mudah di bentuk, onigiri paling pas dengan memakai beras "japonica" dari jepang, sedangkan beras yang dimakan di negara-negara Asia Tenggara adalah beras jenis Indica. Nasi yang ditanak dari beras Japonica mudah melekat satu sama lainnya sehingga mudah dibentuk menjadi Onigiri. tidak ada nasi biasa juga bisa

3. Sebelum membuat Onigiri, kedua belah tangan harus dibasahkan dengan air matang agar nasi tidak melekat di tangan. Onigiri dibentuk oleh kedua telapak tangan yang diberi garam dapur, sedangkan garam yang menempel di permukaan telapak tangan diratakan penyebarannya dengan gerakan seperti mencuci tangan.

4.Siapkan isi Onigiri, Untuk ini bisa beragam sesuai selera:
-ikan, mau di bakar, di goreng, ditumis, direbus terserah yang penting dagingnya dan gak bertulang serta jangan masukkan tulang.

-ayam, mau di bakar, di goreng, ditumis, direbus terserah yang penting dagingnya dan gak bertulang serta jangan masukkan tulang.

-Telur, mau digoreng direbus up to u

-sayur, kalau km suka, jangan dgn kuahnya

-etc, suka-suka km dech mau diisi apa, ciptakan creasimu

Cara pembuatan:
-Dgn alat bantu
masukkan nasi kedalam cetakkan onigiri, 1/3 dari cetakkan
kemudian masukkan bahan atau isi onigiri
setelah itu masukkan nasi lagi kedalam cetakkan
cetak, setelah di cetak lapisi dgn nori(ukuran sesuai selera)

-Dgn tanpa alat bantu (bersyukurlah kalau nasinya gak panas/hangat)
tips: dianjurkan memakai plastik sarung tangan untuk menjamin ke higienisan onigiri dan kebaikan tanganmu dari panasnya nasi)

nasi taruh dikepalan tangan, taruh bahan/isi di tengah nasi, tutup lagi dengan nasi.
Kemudian bentuklah segitga (dianjurkan bola bagi yang belum mahir)
setelah nasi udah menutup isinya bungkus dengan nori (ukuran sesuai selera)

chenhanz
20-10-2009, 01:55 AM
tutor nya emang mudah kok
dlu" wa dah pernah di kasih tau ma sodara di jepun sono
tapi begitu nyoba ndiri, malah nasinya g jadi segitiga, jadi tak beraturan
akwakwkaw

amulet
28-10-2009, 10:49 PM
isinya pake mayones enak tuh
diganti sama tuna sandwich juga enak...huaaa
jadi pingin bikin onigiri lagiii udah lama gag ngebekal onigiriiii xDD

kucinglistrik
09-01-2010, 03:42 PM
wah onigiri....

dulu pernah dibikinin temen....
isinya tu telor rebus di rajang2 jadi kecil n rada ancur....
tapi enak.... :haha:

doyannonton
11-01-2010, 11:23 AM
^
beda.. arem arem kan setelah dibungkus dimasak lagi.. onigiri kan enggak.. :makasih-g:

Blirante
11-01-2010, 11:45 AM
Kalo susah untuk dibikin segitiga, paling gampang bentuknya bulat aja, tapi agak besar.
Kalo di komik tuch ada yang dibikin seperti bola sepak.
CUman lupa komik apa...

hassei dan shirei
21-02-2010, 12:00 PM
tapi nyari nori nyayg kadang2 reseh susah settengah mati >.< aku biasanya dapet di makro.. itu jg dapatnya nori korea yg ga trll asin >.< jd klo dbuat onigiri rasa rumput lautnya jd kurang enak hiks...

Teeliff
21-02-2010, 10:46 PM
ngmg2 cari beras jepangnya yg susah neh..
emg beda ya rasa jepang dg rasa beras lokal?? pgn cobain jdnya..
lapar..lapar..jd lapar sy..

giganticskies
23-02-2010, 09:03 PM
Nori agak mahal kalo yang gede dan enak... Kalo ga salah 15rb yang bungkus gede...
Nasi (beras) jepang juga susah walau di supermart yang cukup lengkapm karena jarang peminantnya -alias harganya mahal :hehe:. Tapi gak papa juga pake nasi biasa...

Btw cetakan biasanya cari dimana ya?

madcatz
24-02-2010, 08:34 PM
pengen nyobain onigiri yg dikasi umeboshi..
nori ama umeboshi dua2nya susah nyarinya:lempar:
yawdah makan bacang aja:ngantuk:

giganticskies
24-02-2010, 08:45 PM
pengen nyobain onigiri yg dikasi umeboshi..
nori ama umeboshi dua2nya susah nyarinya:lempar:
yawdah makan bacang aja:ngantuk:

Kataku malah susah cetakannya...
Nori mah banyak di mart2 :hehe:... Rasanya yang enak ya yang sekitar 15k per bungkus isinya dikit :dead:

Fire_Maiden
27-02-2010, 01:11 PM
skalian share, klo g ada nasi jepang bisa juga pake beras biasa d campur beras ketan putih,
komposisi na 3 beras : 1 ketan putih, nasi na jadi gampang nempel dan d bentuk... :top:

klo bwt isi yg favorit biasa na gw pake :
-telor dadar polos
-sawi asin, biar ada seger2 na....
-chiken nugget
-sosis
-udang kupas
-kerang ijo ( d warteg juga jual kok kerang mateng :lol:)
-pernah juga daging rendang gw masukin :hehe:


klo nori gampang nyari na d c#rref#our juga ada kok, cari aja d bagian makanan kering klo ga import....


pengen nyobain onigiri yg dikasi umeboshi..
nori ama umeboshi dua2nya susah nyarinya:lempar:
yawdah makan bacang aja:ngantuk:

umeboshi d c#rref#our ada kok...

btw
bacang juga salah satu variasi onigiri lho :hehe:

dejivrur
28-02-2010, 12:25 PM
nggumpalin nasinya gampang kalau ga ada isinya

tapi susah banget kalu pas ngegumpalin nya ada isi daging atau abon
perlu usaha ekstra

giganticskies
28-02-2010, 01:27 PM
Baru tw Bacang termasuk onigiri...
Bukannya bacang dikukus ya? ampir sama kek lemper :dead:

GOO
28-02-2010, 02:47 PM
btw nyarinya beras jepang d mana btw d supermarket da ga brow

choli
28-02-2010, 04:44 PM
^
Kalo ngga salah, di hero juga ada deh...
Coba aja tanya2 aja SPG/Bnya...
Atau kalo mau yang lebih pasti sih, cari ke supermarket yang khusus jualan barang2 impor..
Pasti ada disitu mah...

dejivrur
02-03-2010, 11:03 PM
beras Indo juga gak kalah bagus kok sama beras jepang
cuma pas masak aja nasinya gak boleh terlalu lembek dan gak boleh terlalu keras
harus nasi pulen, baru enak gumpalinnya
kalo nasinya terlalu lembek atau keras, kurang bagus dan kurang enak

gw dah nyobain soalnya

hassei dan shirei
03-03-2010, 05:14 PM
aku sll masak onigiri pake beras Indonesia kok
kadang emank kucampur beras ketan. tp mostly pake beras biasa.
Masaknya kalau pake ricecooker, takaran airnya tambah 1 dr takaran berasnya. itu buat aku pas. ga trll keras (rontok kalau trll keras) dan ga trll lembek. ^^

mau masak onigiri buat photo session cosplay minggu ini. Uhuyyyy

iss
03-03-2010, 05:30 PM
tiap merk beras kan beda takeran aernya...
yg pake beras indo kasi tau jg dong merknya am takerannya :D

giganticskies
03-03-2010, 08:06 PM
Tiap merek beda kak takarannya kak...
Kakak kan masak nasi tiap hari, pasti bisa ngerasaain lah mana nasinya kebanyakan air atau kaga...
Kalo ditempatku sih berasnya ga mau banyak air :hihi:

GOO
03-03-2010, 09:59 PM
itu ga d kasih apa kek kaya blueband ato minyak wijen biar ngempel gitu

hassei dan shirei
05-03-2010, 06:06 PM
engga dikasih apa2 kok. kalau kepadatannya pas dia nempel sendiri
Ntar deh aku coba foto kalau onigiriku jadi. tp kalau hasil vote menunjukan temen2ku lbh milih onigiri gede dibanding onigiri kecil

Btw tanya, rumput laut yg biasa dibeli merk apa yah?

giganticskies
05-03-2010, 10:37 PM
engga dikasih apa2 kok. kalau kepadatannya pas dia nempel sendiri
Ntar deh aku coba foto kalau onigiriku jadi. tp kalau hasil vote menunjukan temen2ku lbh milih onigiri gede dibanding onigiri kecil

Btw tanya, rumput laut yg biasa dibeli merk apa yah?

Tae apa gt.. Taekwonori apa ya kalo ga salah...
Ukurannya lumayan gede harga 15k isinya beberapa lembar

UPDATE:
Nama Norinya yg enak : Tao Kae Noi

giganticskies
06-03-2010, 07:55 PM
anoo...
kalo beli sea weed/ Taekwonori kata kk gigan belinya dimana ya(nama supermarketnya)?
arigatou...
He... Dimana-mana ada lah kak...
Cari di bagian snack atau makanan import... Kalo di deket rumahku si dibagian makanan kalengan :dead:

giganticskies
07-03-2010, 07:04 AM
hmm

bukannya mesti tabah cuka yah??

Ya enggak la bro...
Kalo di tambah cuka rasanya gimana :dead:
Lagian cuka tanpa air bisa bahaya :lalala:

eka23
07-03-2010, 07:43 PM
kalau di isi bisa ga???
ada yang tau isinya yang enak pake apa???

giganticskies
09-03-2010, 06:15 AM
sudah jadi :top:

tp pny gw koq jd becek ya :haha:

Nasinya kebanyakan air :hihi:
Atau proses pembuatannya mendapat banyak hujan lokal (a.k.a Saliva) :hihi:

zekusion
09-03-2010, 06:44 AM
Nasinya kebanyakan air :hihi:
Atau proses pembuatannya mendapat banyak hujan lokal (a.k.a Saliva) :hihi:

:lol: wkwkwkkw... swt hujan lokal :hihi:
bukan bukan,, kyna emg jenis nasi gw dah,, gw masak nasi aj,, ga sampe setengah hari,, dah becek ky bubur..
ada apa dgn beras gw ini,, nunggu beras yg bagusan dikit dah :hihi:
buat onigiri dr resep depan,, baru 2x ini buat :kecewa: yg pertama malah ga padat huhuhu :sedih:

winner4016
18-03-2010, 01:56 AM
yang mirip itu nasinya hoka-hoka bento.
aau pake agar-agar masaknya biar nasinya pulen banget.

dan menuurut gua harus pake cuka jepang deh, biar kayak sushi.

beli juga tuh abon-abonan yang suka dijual di supermarket jepang.
dulu sama senseeku pernah bikin bareng, + nori

giganticskies
18-03-2010, 02:15 AM
yang mirip itu nasinya hoka-hoka bento.
aau pake agar-agar masaknya biar nasinya pulen banget.

dan menuurut gua harus pake cuka jepang deh, biar kayak sushi.

beli juga tuh abon-abonan yang suka dijual di supermarket jepang.
dulu sama senseeku pernah bikin bareng, + nori
Maksudnya pake agar-agar :???:
Cuka jepang diapain neh :???:
Tolong penjelasannya diperjelas... biar ga :pusing:

giganticskies
18-03-2010, 05:30 PM
oh.. brp duit tuh si tao kae noi?

btw onigiriku lancar

abis ludes pas cosplay picnic kmaren wekekeke
Macem-mace ce... Ada yang lebar ada yang kecil...
Setahuku yang lebar 15kan...

minervahero
19-03-2010, 08:15 PM
hehehehe.... punya gw jadinya rada ancur.... tapi enak.... isinya abon daging.... hehehehe

briant PHOENIX
19-06-2010, 02:50 AM
Macem-mace ce... Ada yang lebar ada yang kecil...
Setahuku yang lebar 15kan...

itu harga supermarket (carefo*r,dsb) gitu apa harga di pusat??
bisa dimakan lgsung gak?ap harus dimasak dlu ?

xiahjinki
25-06-2010, 12:51 PM
udah pernah nyoba dan sukses sebelum baca ini
kalo yang mau lengket tapi pake beras indonesia
dikasih bubuk agar2..
insyaallah lengket
trus, kalo gak pake rumput laut gitu jg
gpp..
trus yang alergi, kgn makan rumput lautnya banyak2
hehe..

widhi88
07-07-2010, 02:34 AM
waktu dibuatin temen dari jepang, pake gula ama cuka juga sedikit...

Hirosige
16-07-2010, 01:34 PM
mmm,semacam lemper kelihatannya,mudah keliatannya bwt oni ya........

yep mirip lemper tp dia pake nasi bukan ketan

btw eXImer-san pernah coba g beras ketan sulsel yang coklat, karakteristiknya mirip ama beras nasi japonica loh (cuman warnanya coklat)

Usernamelah
25-07-2010, 12:53 PM
widih baru tau ad trik tempelin garem ke tangan hahaha good one
beh harus beli cetakan? ga bisa dibentuk sendiri ya... susah dong

Nuketify
27-07-2010, 07:26 AM
Kalo dikampung saya. kalo ada hajatan/undangan suka dikasih bingkisan makanan/bahasa sundanya pincuk
nasi nya dicampur lauk-pauk terus dimasukin ke kertas minyak. dilipat. beres

Kerena lama si nasinya ngepress sama itu kertas. pas dibuka bentuknya segitiga sempurna
wkwkwkwkwk
Onigiri unattended install

Ramshi
13-08-2010, 11:22 PM
bikinya pas anget2 aja gan berasnya, terus kalo masih rontok kasih air dikit dielus2 di permukaanya. ane coba berhasil gan.

0511
18-08-2010, 09:18 PM
mungkin biar nasinya jadi agak lengket waktu masak dicampur berass ketan dikit kali, ya?

choli
11-10-2010, 07:39 PM
btw ad yg taw ga ngakalin nasi biasa jadi kaya nasi jepang yg ulet

Bisa diganti dengan beras biasa ditambah dengan beras ketan dengan perbandingan 1:1...
CMIIW....

indraipa1
25-11-2010, 11:16 AM
jd mirip lemper ato buras, tapi versi jepunnya.
Ditambah lagi bentuknya lebih besar dan dibungkus dengan nori.

JritHese
29-01-2011, 05:26 PM
bahannya gampang gak nyarinya di indonesia??

gampang, nori nya biasanya ada di supermarket, kalo buat isinya apa aj bisa koq, tergantung selera :top:

kalo buat nasinya biar pulen itu tergantung jenis berasnya... biasanya beras yg pulen itu mahal... kalo ga salah pernaa liat beras jepang sekantong kecil itu sampe 80rb an... tp beras lokal juga bisa koq :cihuy:

pottemayo
29-01-2011, 08:23 PM
Nasinya bukannya sama kayak nasi yg buat sushi ya, mesti dicampur cuka beras dulu...

JritHese
29-01-2011, 09:15 PM
Nasinya bukannya sama kayak nasi yg buat sushi ya, mesti dicampur cuka beras dulu...

rasanya itu bukan keharusan tp kalo emg suka yg agak asem ya bs jg d campur, tp ga jg gpp :unyil:

lastiko
30-01-2011, 12:40 PM
waaow onigirii yg lezaat..nasi kepal yg dibungkus ama rumput laut...susah cari rumput laut di surabaya..adanya yg udaj jadi nata de coco...swtt btw bagus juga nih threatnya ! :top:

kk d SBY coba cari d papaya d sana lengkap bahan2 jepang nya dlu saya juga kesusahan tapi abis nemu itu tempat cari bahan masak import alias yg susah2 jadi enak d sana lengkap koq coba aja ^_^

pamungkasXigit
01-02-2011, 02:57 AM
hooh nyari nori dijogja juga susah, kata yang punya restoran jepang tu harus mesen borongan.
n q pernah nyoba, kalo nasinya kelembekan ngga enak rasanya.

tiara91
04-02-2011, 08:56 AM
gahhh...
gw dah bkin dgn berbagai macam tipe nasi, tetep ja g bisa bkin segitiga gitu. bulet bulet gimana gitu.. yg ikutan makan pasti pada ketawa

CrimsonCross
06-02-2011, 03:24 PM
Hmm...
Rupanya celupin di air mateng dulu toh tangannya.
Pantes aja waktu itu nasinya melekat di tangan, panas pula :panda:

JritHese
08-02-2011, 07:53 PM
gahhh...
gw dah bkin dgn berbagai macam tipe nasi, tetep ja g bisa bkin segitiga gitu. bulet bulet gimana gitu.. yg ikutan makan pasti pada ketawa

kalo mau gampang beli aj cetakan onigiri yg kyk plastik cetakan jelly gt bentukny segitigam tgl masukin nasi lalu ditekan :peace:

lmnzr
21-02-2011, 11:28 PM
Itu beli cetakannya dimana ya?. Kalo sushi roll itu mirip2 sama onigiri ya? Kan kalau roll diroll pake bambu gitu, ada yang tau belinya dimana?

JritHese
17-03-2011, 10:29 AM
Itu beli cetakannya dimana ya?. Kalo sushi roll itu mirip2 sama onigiri ya? Kan kalau roll diroll pake bambu gitu, ada yang tau belinya dimana?

lokasinya di bandung ya? kalo cetakan onigiri rasanya dulu perna liat di riau junction, tp ga tw skrg masi ad ato ga. Kalau roll bambu buat sushi roll cb cari di daisho pvj seingat saya disitu ada :bloon: nasi buat sushi roll biasanya dicampur campuran cuka gt, kalau onigiri biasanya ngga :)

dirsa
20-03-2011, 02:38 AM
klao pingin nasinya jadi nempel coba pas nanak nasi, berasnya ditakar pake cangkir terus takarannya
kalau beras 1 cangkir, airnya 1,5 cangkir.
kalau beras 2 cangkir, airnya 2,5 cangkir. dst

jadi kalo beras 5 cangkir, airnya 5,5 cangkir

terus sebelum ditanak beras direndam pake air dingin selama 30 menit, kalo suka bisa ditambah jeruk purut secukupnya biar nasi jadi awet & wangi

kalo udah mateng diemin 15 menit. baru bisa dibikin jadi onigiri. klo pake cara ini beras lokal juga bisa lengket

xyrsh
31-03-2011, 12:20 PM
Gw nyoba kreasi sendiri, pake yang ada di rumah aja, ga pake nori pun jadi. Intinya ya nasi kepal aja :hehe:

cheezlover
12-05-2011, 06:23 PM
btw nih gan, kemaren kedatangan temen dari jepang.. dia bikin onigiri kok nasinya semacem dikasih cuka bubuk gitu ya?

aq juga gak mudeng sih, itu apaan.. hehehe. bentuknya ky garem, cm bikin nasinya agak asem

JritHese
14-05-2011, 04:46 PM
kalo bahannya susah diganti aja sama yang ada di rumah, pake cuka sama gula yg dicairin jg jadi koq :XD:

kalo cetakan ga ad sih pake tangan aja haha...

berasnya pake beras lokal aja, bisa koq. cm memang kurang nempel :iii:

chikiball
19-05-2011, 12:03 PM
wah jadi kangen makan onigiri , dulu pas jaman kuliah suka banget beli onigiri di papaya-PVJ
:yahoo:
tapi kayaknya susah ya kk kalo bikin onigiri pake nasi biasa...
beras jepang mahal :kecewa:, tapi emang enak sih ya hehe

hentaigumi
30-05-2011, 05:27 PM
Bahan yang paling mahal tuh NORI nya ...
Selembar ukuran medium aja 15 ribuan (palingan cuman cukup buat 3 atau 4 onigiri) ...

Ada gak ya pengganti NORI yang ala indonesia, tapi rasa dan kategori bahannya mirip ?

MvP_KosT
03-07-2011, 09:01 AM
cari norinya yg susah nih..:???:
nori ad gan yang dijual kering2 namanya lupa gw di supermarket biasanya aj

pawz007
28-01-2012, 04:17 PM
disini nori banyak, tapi beras merk apa yang berjenis japonica?

iya nih, pengen pake beras jenis japonica..
dari pengalaman gw, susah bikin onigiri pake beras biasa, susah lengketnya buyar terus..

pokonyaang
01-03-2012, 12:22 PM
iya nih, pengen pake beras jenis japonica..
dari pengalaman gw, susah bikin onigiri pake beras biasa, susah lengketnya buyar terus..


bener langsung buyar gt..pernah denger juga bisa dicampur dengan agar2 yg putih bening..ini fungsinya biar si beras itu jadi lengket..tp gw sendiri blm pernah coba tips yg satu ini..:)

chens
06-03-2012, 11:14 AM
beras buat bikin lontong jg bs koq gan, pernah nyobain dl... atau nyari beras yg pulen trus airnya di lebihin dikit... hehehe...

melanos
26-03-2012, 02:38 AM
norinya ada di supermarket, rasanya ga seberapa tp mahal. perlembar +- 25cm2 4-5 rban. masih tergolong impor sih.

makanan indo yg mirip onigiri ya arem2 tuh. ada isinya cuma dibungkus daun. kasih garam biar asin @@.

akatobe
03-05-2012, 08:12 AM
arem" apa yah gan, ane ga pernah pernah nyoba >.<
enak ga??

Arem2 itu nasi dibentuk kaya lontong tapi ukurannya biasanya lebih besar.
Di dalem nasi ada daging ayam/cincang jadi kaya lemper cuma daging ayam
di arem2 dimasak dengan cara yg berbeda dan nasi nya lebih lembek/lunak.

Jadi inget waktu mau bikin Onigiri pertama kali.. karena susah buat segitiga
dibuat bulat semua..