PDA

View Full Version : Benarkah Tipus karena Kecapaian?



shinobi32
20-11-2009, 04:11 AM
Kamis, 19 November 2009 | 08:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Penyakit yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, terutama di antara mereka yang supersibuk. Tak heran bila tipus sering kali dikaitkan dengan kecapaian? Apakah benar kecapaian menjadi penyebab tipus?

Prof Dr Djoko Widodo, SpPD-KPTI dari bagian Tropik Infeksi Ilmu Penyakit Dalam FKUI menjelaskan, tipus adalah penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh kuman.

Tipus atau disebut juga demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan penyakit ini banyak terdapat di negara-negara berkembang, seperti Indonesia, karena makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri ini.

Jadi, apa benar kalau kecapaian bisa menyebabkan tipus? Djoko menegaskan bahwa infeksi yang dialami seseorang tergantung beberapa hal, seperti daya tahan tubuh, banyaknya kuman yang masuk, dan keganasan kuman.

"Prinsip yang benar adalah saat daya tahan tubuh kita menurun akibat capai, tubuh bisa terkena infeksi. Namun, perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena capai, melainkan juga harus ada kuman yang masuk, itu pun masih tergantung jumlah dan keganasan kuman itu sendiri," ujarnya.

"Oleh sebab itu, jagalah daya tahan tubuh sebaik-baiknya karena infeksi apa pun bisa terjadi bila daya tahan tubuh menurun," kata Djoko yang ditemui Kompas.com di ruang praktiknya di Mitra International Hospital Jatinegara, Jakarta.

Bisa berbahaya
Djoko juga mengingatkan, jangan pernah meremehkan tipus. Menurutnya, walau penyakit ini sering terjadi di masyarakat sehingga kadang dianggap biasa, ternyata tipus bisa berbahaya.

Hal ini disebabkan infeksi bisa menimbulkan kerusakan di tempat kuman berkembang di usus halus, terutama bagian yang bernama plague peyeri. "Kuman tipus menyerang daerah tersebut dan dapat menjadi berbahaya jika sampai terjadi perforasi usus atau perdarahan usus serta infeksi berat karena kuman tersebut menyebabkan gangguan organ sehingga mengancam nyawa Anda," tuturnya.

dr Intan Airlina Febiliawanti


gw kira selama ini tifus itu karena kecapean...
ternyata...:ngantuk:

anakbingung
20-11-2009, 05:45 AM
klo kondisi badan udah turun, penyakit gampang bgt masuk. jangankan typus, yg lebih parah jg bisa kena... saia contohnya, padahal jarang keluar dari ruangan kerja, ga ngerokok, tapi sering begadang & skalinya keluar ruangan harus ngelewatin jalanan yg polusi gila2an di jakarta. hasilnya, saia divonis kena TBC sama dokter :keringat:

jaacoozee
20-11-2009, 06:46 AM
mungkin lebih tepatnya gini kali ya :

pas kondisi badan kita lemah ( dengan atau tanpa spengetahuan kita ) kita jajan sembarangan , makan makanan yg ga higienis

cmiiw :piss:

choli
20-11-2009, 03:37 PM
Yang penting sih untuk mencegah bakteri tipus masuk, makanan yang kita makan tuh harus higienis..
Justru karena kita sibuk, kita mengabaikan yang satu ini..
Kalo daya tahan turun, semua bakteri, virus bisa menyerang sistem kekebalan tubuh kita...
Dan jangan lupa untuk istirahat yang teratur dan cukup..

BlackOmega
20-11-2009, 05:44 PM
Aq langganan ni penyakid dari dulu^^

Intinya pokonya kalo daya tahan tubuh berkurang, antibodi sel darah putih

berkurang, bakal sakid2 an

shinobi32
21-11-2009, 12:16 PM
penyakit langganan semua anak kost.
he..he...

aldehida
23-11-2009, 06:57 PM
untungnya dulu hampir kena tipus tapi baru sampe gejala tipes, kalo badan lagi lemah pastinya kuman2 ato bakteri mudah masuk dan ngebuat kita sakit, jadi yang terpenting badan kita selalu fit

zz11
23-11-2009, 08:29 PM
penyakit dipengaruhi oleh tiga faktor.
faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor mikroorganisme.
di saat faktor individu lemah (akibat kecapean, banyak begadang, kurang tidur, kurang makan secara berlebihan/diet ketat, dll) dan faktor lingkungan yg sesuai, mikroorganisme bisa menimbulkan penyakit.
nggak hanya tipus, tapi juga yg laen... (terutama infeksi nih)
seperti demam berdarah, tbc, batuk pilek/infeksi tenggorok, dll.

ich4n
23-11-2009, 09:41 PM
ooo.. :???:
klo begini jg bisa mungkin: karena kecapaian, jadi lupa/malas mengurus diri, jadi akibatnya asupan gizi ny berkurang, karena asupan gizi dan nutrisinya berkurang dampaknya jadi daya tah njg berkurang, akhirnya jadi lemah dan gampang kena penyakit deh, seperti tipus ini.. :piss:

Rein_Heartnet
23-11-2009, 11:18 PM
Kaya na klo kecapaian, truz daya tahan tubuh menurun plus ditambah faktor risiko masuk na kuman (jajan sembarangan ato makanan yg terkontaminasi) baru bisa terserang deh...:panda::panda::panda:

dadans
24-11-2009, 09:26 AM
temen gua malah percaya dia kena tifus karena minum extra joss....:hahai:

melekete
25-11-2009, 04:38 PM
Tipus : Makan makanan yg tdk higgienis + kecapean

shinobi32
30-11-2009, 05:14 PM
temen gua malah percaya dia kena tifus karena minum extra joss....:hahai:

ha..ha...
masak sih..
mungkin dia makan makanan laen selaen extra jos itu

Kazuya777
30-11-2009, 05:35 PM
Paling sering kena penyakit ini dlu waktu msi sekolah :sebel: dan biasanya disertai gejala DB badan rasanya lemas smua sampai2 masuk RS.

shinobi32
30-11-2009, 06:02 PM
emang kyk gitu lah..
magrib pasti kedinginan, padahal badan terasa panas...

freyr2thor
30-11-2009, 07:32 PM
tipus??
hmm...sering...
gejala tipus??
langganan...
duh...
kalo saya mah selaen kecapean, faktor makanan juga ngaruh...
kalo tempat jualan makanannya kotor apalagi...
biasanya kombi paling ampuh buat bikin saya tipus: makanan pedas+softdrink/minuman dingin/minuman selaen air putih...
mantabh!! ditanggung langsung mual+pusing...

aabule
01-12-2009, 12:21 PM
berarti gejala tipus ma db tuh mirip2 ya???

semuanya sama2 karena kondisi badan turun, antibodi menurun, virus jadi gampang masuk...


_________________________________
stil on going with 01 September 2013..

shinobi32
02-12-2009, 12:40 PM
^
iya, gw dulu pas musim2nya db dikira db. dibeliin jambu batu.
tepi setelah berobat ke dokter, ternyata kena tifus

kun20
02-12-2009, 06:29 PM
gw juga dulu pernah kena tifus tapi bukan gara-gara kecapean

bagus nih artikelnya