PDA

View Full Version : 15 tokoh Indonesia masuk dalam daftar muslim berpengaruh di Dunia !!



san
20-11-2009, 06:32 AM
JAKARTA--Tokoh-tokoh Islam dari Indonesia ternyata cukup diperhitungkan di mata dunia. Hal itu terbukti dengan masuknya sejumlah tokoh dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia.

Dalam buku The 500 Most Influential Muslims in The World yang diterbitkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), terdapat delapan nama tokoh Indonesia yang masuk kategori muslim paling berpengaruh.

Bahkan tiga tokoh Indonesia termasuk ke dalam 50 besar, yaitu Ketua Umum PBNU, Hasyim Muzadi (18), Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsudin (35), dan ulama kondang, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) (48).

Hasyim Muzadi disebutkan sebagai pemimpin NU, organisasi muslim independen terbesar di Indonesia dan salah satu organisasi islam paling berpengaruh di dunia.

Hasyim juga disebutkan sebagai orang yang menentang fatwa keras MUI yang seringkali bertentangan dengan hukum Islam yang toleran. Fatwa yang ditentang Hasyim di antaranya adalah larangan merokok dan pengharaman Facebook.

Sementara itu, Din Syamsudin disebutkan sebagai pemimpin organisasi sosio-religius terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah, dan wakil ketua MUI.

Ia disebutkan sebagai tokoh yang sering melawan pluralisme agama serta tokoh yang membawa Muhammadiyah ke dalam jalur yang lebih konservatif dengan penegasan pada ijtihad dan hadits. Ia juga disebutkan sebagai seorang reformis.

Sedangkan Aa Gym disebutkan sebagai ulama paling populer di Indonesia. Ia dikatakan telah membangun sebuah kerajaan media dengan gaya modern, muda, dan menyenangkan. Meskipun demikian disebutkan popularitasnya turun setelah ia menikah untuk kedua kalinya.

Selain itu, Aa Gym juga disebutkan sebagai ulama muda yang karismatik dan atraktif. Ia dianggap telah mampu memperkenalkan Islam dengan pendekatan sehari-hari kepada umat muslim di Indonesia.

Sementara itu, orang Indonesia di luar 50 besar di antaranya adalah Azyumardi Azra, Susilo Bambang Yudhoyono, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Prof Syafi'i Ma'arif, dan Helvy Tiana Rosa.

Sementara itu, dalam kategori wanita, terdapat empat tokoh wanita Indonesia yang masuk, yakni Menteri Negara Peranan Wanita di Era Presiden Soeharto, Tuti Alawiyaah; tokoh NU, Siti Musdah Mulia; pendiri sekaligus Direktur Pusat Studi Pesantren dan Demokrasi, Lily Zakiyah Munir; serta penghafal Alquran, Hajjah Maria Ulfah, yang juga
masuk di kategori seni dan budaya.

Dalam kategori pengembangan, masuk nama Direktur Eksekutif International Center for Islam and Pluralism, Syafi'i Anwar. Ia disebutkan bersuara lantang menentang fatwa MUI yang menyatakan pluralisme merupakan bagian dari agama yang tidak sah. Organisasinya juga disebutkan mempromosikan hak asasi manusia kepada anak-anak.

Sementara, di bidang seni dan budaya, orang Indonesia yang masuk dalam daftar adalah Helvy Tiana Rosa, penulis dan seorang dosen leteratur Univesitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Hajjah Maria Ulfah.

Di bidang media, nama Haidar Bagir mencuat. Pendiri dan direktur Mizan itu disebutkan sebagai pengajar di berbagai institusi pendidikan serta banyak berkontribusi dalam bidang pengembangan masyarakat.Ia juga disebutkan banyak menulis tentang sufisme.

Sementara di kategori radikal, muncul nama Abu Bakar Ba'asyir. Selain disebutkan sebagai pemimpin pondok pesantren Ngruki,ia juga disebutkan sebagai pemimpin Majelis Mujahidin Indonesia (MMI).Ia dikatakan orang yang tidak percaya keberadaan Jamaah Islamiyah di Indonesia, meskipun banyak tuduhan mengarah kepadanya.

Berada dalam lima besar dalam daftar tersebut adalah raja Arab Saudi King Abdullah bin Abdul Aziz, Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, raja Maroko King Mohammed VI, raja Yordania King Abdullah II bin Al Hussein, dan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, berada di urutan ke-105. Ia dianggap berjasa terhadap perubahan Malaysia dalam bidang politik. Mantan deputi PM Malaysia itu juga dikenal sebagai orang yang berani mengkritik pemerintahan PM Mahathir Muhammad. Ia pun populer di kalangan para pemuda Malaysia.

Musisi mallaf Inggris, Yusuf Islam, juga masuk dalam daftar. Pria yang sebelum masuk Islam bernama Cat Stevens itu berada di urutan 152. Pengaruhnya adalah untuk para penggemarnya yang dari berbagai latar belakang.

Sementara itu, peraih Hadiah Perdamaian Nobel, Mohammad Yunus, berada di peringkat ke 140 dalam kategori pembangunan dan berada di peringkat 166 dalam kategori persoalan kekinian. Yunus adalah pelopor usaha mikrofinansial dan pengembangan komunitas perbankan yang bertujuan untuk mengembangkan sistem perbankan untuk orang-orang miskin.

Mantan PM Malaysia, Mahathir Mohammad, pemimpin muslim Uighur di Cina, Rebiya Kadeer, dan Pemimpin Hamas, Ismail Haniyah, juga masuk dalam daftar tersebut. Begitu juga dengan kelompok nasyid asal Malaysia, Raihan.

repost????? mohon "dialihkan":panda:


http://republika.co.id/berita/90511/15_Tokoh_Indonesia_Masuk_Daftar_Muslim_Berpengaruh _Dunia

eXcImEr
20-11-2009, 06:34 AM
baru tau saia para muslim di indo ternyata cukup berpengaruh juga :???:

bibibi
20-11-2009, 07:48 PM
ternyata NU ama MUI terkenal jg di kanca internasional
otomatis org2 yg ada di dalamnya jg ikutan terkenal

:piss::piss:

metalguy
20-11-2009, 10:25 PM
kalo tokoh muslim dari Indonesia sampe gak masuk sih keterlaluan deh.....

kan kita negara dengan penduduk muslim terbesar

chynthia
20-11-2009, 10:42 PM
Walah, Haniya termasuk? dia kan hamas (teroris). terus uighur kan separatis di RRC, mau nyaplok wilayah Xinjian. Ini maksudnya pengaruh baik atau buruk? atau campuran?

airdnasira
20-11-2009, 10:43 PM
yup dari 5 milyar orang masa satu pun ga da yang diperhitungkan sh...
yang dai malingsia ada brapa orang yah :???:

garuq
20-11-2009, 11:05 PM
aa gym aja yh yg masuk?
aa jim kagak masuk yh?wkwkwkw..:hehe:

san
21-11-2009, 09:43 AM
aa gym aja yh yg masuk?
aa jim kagak masuk yh?wkwkwkw..:hehe:

itu sih masuk 15 pelawak muslim kali wkkwkwkkwkw

icham
21-11-2009, 11:43 PM
wow ternyata alumni almamater ane masuk jg kk
om hasyim n om din syamsudin !!!

juvaqh
22-11-2009, 03:23 AM
keren tuh,,,,bangga jadi Indo....:hero:

andi msc
22-11-2009, 04:36 AM
Indonesia sudah masuk termasuk hebat :top:

Itu gusdur kok masuk :???: masuk kategorii mana

riedjal
22-11-2009, 05:38 AM
ternyata NU ama MUI terkenal jg di kanca internasional
otomatis org2 yg ada di dalamnya jg ikutan terkenal

:piss::piss:
FYI ... NU ormas muslim terbesar di dunia, loh ... :top::top:

pitung37p
22-11-2009, 06:26 AM
populeritas Aa Gym menurun setelah pernikahan nya yang kedua....
ya iya lah... penggemar Ibu-Ibu nya pada :sedih:

baygon
22-11-2009, 07:19 AM
wow, ternyata para ulama di indonesia dikenal di seluruh dunia, ini membanggakan

forrow07
22-11-2009, 07:44 AM
kalo tokoh indonesia tidak ada yg masuk baru aneh tuh :hehe:
kita kan mayoritas penduduknya beragama islam
tapi jangan juga kalo dah masuk malah buat keresahan dimasyarakat dengan fatwa2 aneh
lebih baik mengembangkan islam untuk kedamaian dunia
:piss:

diti
22-11-2009, 09:26 AM
populeritas Aa Gym menurun setelah pernikahan nya yang kedua....
ya iya lah... penggemar Ibu-Ibu nya pada :sedih:

weks... bener banget tuh... :panda:

ibu ibu nya pada jeolous semua tuh... :suram:

bayitabung
22-11-2009, 10:51 AM
ya iya lah,, secara gitu loh.. indonesia negara muslim terbesar di dunia,
ga heran kalo ada bbrp warga nya yg masuk tokoh paling berpengaruh

smkosasih
04-04-2010, 12:51 AM
wah, bagus nih banyak muslim indonesia yang berpengaruh di dunia.
kelewatan kalu ga da muslim dari sini yg berpengaruh, wong kita negara dengan penduduk muslim terbanyak.

vulcan
04-04-2010, 02:13 AM
:niceinfo: baru tau...

abednegosuranta
20-11-2010, 01:28 PM
salut banget bwat mereka semua...

linkonline
20-11-2010, 01:36 PM
:niceinfo: baru tau...

sama, ane juga baru tau..


salut banget bwat mereka semua...

ya, ane juga salut deh, 15 tokoh Indonesia masuk dalam daftar muslim berpengaruh di Dunia..:top:

akinari
20-11-2010, 02:12 PM
oh, memang sudah seharusnya setidaknya ada orang indonesia yang berpengaruh secara
ini merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia
kalo gak masuk satu aja baru saya heran :peace:

meindeita
24-11-2010, 01:21 AM
biasa aja tuh...kalo gw yang masuk disitu baru deh gw bangga!!!

Godexs
25-11-2010, 10:42 PM
wow baru tau klo MUI berpengaruh jga di dunia internasional..
makin bangga jadi orang indonesia :hero:

jangkrikutan
26-11-2010, 12:41 AM
Ternyata tokoh2 muslim Indonesia berpengaruh juga di mata internasional ya..:top:

annez
15-12-2010, 03:28 PM
BJ Habibie ga masuk ya....???

fierzyad
16-12-2010, 03:39 AM
nice info gan, jadi bangga jadi warga Indonesia terlebih menjadi umat muslim, ..
karena ternyata juga mempunyai andil di dunia internasional...

Hktoyshop
16-12-2010, 11:43 AM
ternyata ada juga yang bisa di banggain dari indonesia...

oke lah kalau begitu...:top::top::top:

1c4ru5
16-12-2010, 01:03 PM
Indonesia sudah masuk termasuk hebat :top:

Itu gusdur kok masuk :???: masuk kategorii mana

gusdur bknnya bagian reformasi ?
salah seorg etnis Tionghoa yg muslim terkenal[tionghoa etnis china di luar etnis tiongkok yg di RRc dan Taiwan]dan dia jg yg berubah politik Indonesia yg berjenis SARA di berbagai sisi di Indonesia

Hktoyshop
16-12-2010, 01:31 PM
wew..jadi bangga sma kyai indonesia..