PDA

View Full Version : Sudah Efektifkah Cara Anda Gosok Gigi?



kiefs
26-11-2009, 04:44 PM
Sudah benarkah mitos yg beredar seputar cara gosok gigi selama ini? Tulisan ini mungkin menjawab sebagian daripadanya...

Frekuensi sikat gigi yg ideal 2x sehari, lebih dari itu tidak efektif


Konfirmasi : Bukan frekuensi, tapi yg lebih penting waktu sikat giginya, pagi seteleh sarapan dan malam sebelum tidur. Kalau mau ditambah, sebaiknya sesudah makan, apalagi makan yg manis2.

Menyikat gigi berlebihan justru merusak gigi. 2 menit waktu yg ideal, lebih dari itu bisa merusak gigi


Konfirmasi : Yg terbaik menyikat gigi dengan teliti. Cukup dengan tekanan yg ringan, seluruh permukaan disikat, tidak buru2. Waktunya kira2 2 menit.

Gosok gigi sehabis bangun tidur tidak berefek apa2 kecuali rasa segar di mulut


Konfirmasi : Selain rasa segar, tujuan menyikat gigi adalah menghilangkan plak/koloni kuman di mulut. Jelasnya bisa dibaca tentang waktu sikat gigi yg efektif.

Gerakan menyikat gigi yg benar adalah maju-mundur untuk geraham, atas-bawah utk gigi depan dan samping. Jika sulit menyikat atas-bawah, ganti dng gerakan memutar


Konfirmasi : Gerakan memutar dikombinasikan horizontal cukup efektif, yg penting menjangkau seluruh permukaan gigi

Terlalu sering memakai dental floss bisa membuat gigi renggang dan merusak jaringan gusi


Konfirmasi : Dental floss tidak membuat gigi renggang, justru efektif utk membersihkan plak di sela gigi yg tidak terjangkau sikat


Hal-hal yg perlu diperhatikan juga dalam menggosok gigi:


Gosoklah seluruh permukaan gigi, perhatikan celah antara 2 gigi dan daerah yg berbatasan dng gusi
Bulu sikat yg keras akan mengabrasi gigi, gunakanlah sikat yg lembut dan sesuai ukuran
Ganti sikat gigi dalam 2-3 bulan atau bila bulu sikat sudah mekar
Sikat gigi harus selalu dicuci bersih dan disimpan dalam keadaan kering dan terjaga dari kontaminasi



Semoga berguna...

zz11
26-11-2009, 09:37 PM
soal arah:
banyak yg mengira gigi depan disikatnya harus ke samping (kiri kanan) keras2.
padahal cara ini salah...
cara menyikat gigi harus dicocokkan sama arah tumbuh gigi itu sendiri.
jadi yg teoritisnya: semua permukaan gigi yg menghadap ke luar disikat arah atas bawah.
permukaan geraham disikat belakang-depan.

tapi ada pendapat lain: sikat gigi depan atas bawah terlalu keras bisa membuat perlekatan gusi dengan gigi merenggang, sehingga lebih baik diganti gerak memutar.

gw blom tau mana yg bener.
cm memang secara teoritis arah sikat gigi depan yg bener itu atas bawah... :piss:

aldehida
26-11-2009, 10:21 PM
wah ada beberapa info yang gw baru tau dan selama ini gw agak bermasalah dengan gigi gw. Menurut gw yang bikin banyak orang salah sikat gigi bagian depan karena kalo di iklan pasta gigi biasanya model sikat gigi ke arah samping

zz11
26-11-2009, 10:42 PM
wah ada beberapa info yang gw baru tau dan selama ini gw agak bermasalah dengan gigi gw. Menurut gw yang bikin banyak orang salah sikat gigi bagian depan karena kalo di iklan pasta gigi biasanya model sikat gigi ke arah samping

berarti yg salah yang mengiklankan pasta gigi juga ya...
padahal sosialisasi cara sikat gigi juga penting lho :piss:
jangan cuma ngiklan putihnya gigi doank...

angelios
26-11-2009, 10:51 PM
kalo lidah nya perlu di sikat jg gak???
perna denger dimana gt kalo lidah jg isa jd tempat kuman... makae perlu di sikat jg biar bersih n segar....

pna coba rasanya geli2 bikin mutah......

sasori
26-11-2009, 11:36 PM
klo pinjem sikat gigi orang lain gimana dok???

kadang pas pergi2 kelupaan atau hilang/jatuh???

mendingan minjem atau sikat pakai jari + odol atau kumur2 odoll?? :???:

nice info btw ini dok :niceinfo:

zz11
26-11-2009, 11:43 PM
kalo lidah nya perlu di sikat jg gak???
perna denger dimana gt kalo lidah jg isa jd tempat kuman... makae perlu di sikat jg biar bersih n segar....

pna coba rasanya geli2 bikin mutah......

sikat lidah sebenernya tidak mutlak wajib sich menurut ane.
abis pada orang yg reflek muntahnya kuat (misalnya gw), sikat2 lidah malah bikin ter-wuek-wuek.
daripada jadi :muntah: beneran, ya nggak disikat deh jadinya :nangis:


klo pinjem sikat gigi orang lain gimana dok???
kadang pas pergi2 kelupaan atau hilang/jatuh???
mendingan minjem atau sikat pakai jari + odol atau kumur2 odoll?? :???:
nice info btw ini dok :niceinfo:

kalo khawatir/tidak tau pasti apakah temen kita si empunya sikat gigi itu, sebaiknya u punya mouthwash dan u yakin bahwa di mulut u tidak ada luka terbuka (misalnya bisul, sariawan, gusi berdarah, dll).
kalo semua syarat itu tidak bisa dipenuhi, mending sikat pake jari aja.
ini pendapat gw lho... :piss:

eh kaco nih, panggilannya dok...
berarti ditujukan ke kiefs... bukan gw :madesu:

Shouenga
27-11-2009, 12:00 AM
nice info!

btw wa kadang nyikat lidah walau akhirnya wuek wuek juga.. lol
rasanya kalo lidah disikat bau 'yang tidak diinginkan' jadi ilang.. alias lebih efektif buat ngilangin bau mulut

darkone05
27-11-2009, 12:40 AM
waduuuhhh,, ternyata sikat gigi tuh ga mudah yaa.. byk prosedurnya.. :niceinfo:

osvaldo
27-11-2009, 05:23 PM
Wah informasi yang sangat berguna nih gan. Jadi dapat perspektif baru tentang cari menyikat gigi yang baik dan benar. Jadi gak hanya dapatkan gigi yang putih dan bersih, juga dapat menjaga ketahanan gigi. Thanks infonya gan.

d1ckyh4rd
29-11-2009, 11:54 PM
thanks for sharing.. walaupun kadang aye asal sikat aje yg penting mulut fresh :hahai:

kun20
02-12-2009, 08:43 PM
oh begitu

ternyta cara gw selama ini belum efektif

canvas
03-12-2009, 11:35 AM
:niceinfo:

weqs baru tau sikat gigi klo kelamaan alias lebi dr 2 mnt bs ngerusak gigi, ngeri juga:panda:

AlexRoddick
07-12-2009, 03:41 PM
rajin2 gosok gigi lah, pagi dan malam
biar gak cepat ompong...

poetra_karo
07-12-2009, 05:05 PM
Ternyata gosok gigi itu cukup dengan tekanan yg ringan ya, tidak perlu buru2 & cukup 2 menit saja.....

Thanks infohnya gan !

icham
09-12-2009, 05:33 PM
wah mantav nie inpo yg berguna :niceinfo:

bagaimana klo cuci mulut pke mouthwash ? ada frekwensinya ga

ane juga sering cuci lidah gan ! gmn tuh