PDA

View Full Version : Tutorial PRINTER anda bermasalah??



gairah_alami
08-02-2010, 11:48 PM
latar belakang msalah
Kejadian ini sering saya alami malah kemungkinan yang mempunyai printer jenis inkjet pernah atau mungkin suatu saat akan mengalami juga. Ini sering dikenal dengan Clogged print head atau istilahnya head print mengering atau tersumbat.

masalah n solusi mengatasi masalah

Berikut saya akan sajikan beberapa tipe Clogged print head dan penyelesaiannya :

Tinta menyumbat di Printhead
Permasalahan utama dalam mengisi ulang tinta untuk HP, Canon dan Lexmark printer adalah pengeringan tinta. Jika sebuah cartridge HP dibiarkan kosong lebih dari 30 menit, tinta akan mengering dan menyumbat lubang-lubang kecil pada printhead. Ketika direfill, hasil print akan dipenuhi garis putus atau gangguan lainnya.

Jika anda tidak bisa langsung mengisi ulang cartridge anda, masukan dalam plastic kedap udara, kalau bisa tambahkan didalam plastic tersebut dengan secarik kain lembab hingga waktunya tinta diisi ulang.

Jika nozzle-nozzle tersumbat atau tertutup tinta yang mengering, anda harus menghilangkan tinta dan melarutkan kembali tinta mengering tersebut. Sebuah lubang nozzle hanya mempunyai diameter sekitar 45 microns, yang kurang lebih hanya setengah diameter rambut manusia.

Rendam dan siram/alirkan.
Menyiram dan menggenangi dengan cairan pembersih hangat/panas di printhead biasanya merupakan jalan terbaik untuk melancarkan penyumbatan-penyumbatan yang menyulitkan. Ada peralatan-peralatan untuk melakukan ini dengan harga yang relatif mahal, berkisar dari 2,5 juta rupiah hingga 200 juta rupiah. Cairan yang umum dipakai untuk merendam printhead adalah air destilasi atau alcohol ataupun larutan ammonia hingga cairan pembersih khusus untuk keperluan ini. Rendam printhead selama 10 menit hingga sehari penuh tergantung penyumbatan yang terjadi. Juga disebutkan anda dapat membersihkan printhead dengan sikat gigi elektrik dan cairan khusus selama sekitar 20 detik dengan hasil yang memuaskan. Ingat jika kita merendam, cukup printheadnya saja yang terendam, jangan semua bagian cartridge. Itu tidak perlu dan merusak. Juga, jangan memakai air biasa, karena air biasa mengandung mineral yang malah dapat menggangu kinerja cartridge bila terjadi pengendapan.

Membersihkan dengan uap air
Alat semprot uap tersedia di toko-toko obat atau alat kesehatan. Alat-alat ini sangatlah bagus untuk membersihkan nozzle dalam printhead karena uap-uap yang dilepaskan berasal dari lubang-lubang dengan ukuran yang mendekati ukuran nozzle dalam printhead. Uapi selama kurang lebih 30 detik hingga 5 menit, tergantung kadar pengendapan dan penyumbatan.

Hasil print tidak sempurna.
Jika setelah anda menempelkan printhead pada kertas tisu dan dapat melihat noktah-noktah tinta namun masih mengalami hasil print yang buruk, maka hal tersebut bisa karena alasan dibawah ini.
Didalam cartridge terdapat komponen resistor yang kemungkin besar telah terbakar karena overheating. Cartridge semacam ini sudah tidak bisa dipakai lagi. Buang saja dan beli baru. Kita tidak akan bisa mengisi ulangnya lagi dengan mengharapkan hasil yang tetap bagus. Untuk tipe cartridge yang menggunakan tekanan dalam mengalirkan tinta, mungkin terjadi kelebihan atau kekurangan tekanan di dalam cartridge. Hal ini bisa disebabkan lubang/celah yang tidak seharusnya terdapat pada badan cartridge, atau cara pengisian dilubang yang salah.

Untuk Printhead yang bisa terlepas
Jika printer anda memiliki printhead yang dapat dilepas, misalnya BC-21e, anda tinggal mengisi ruang kosong diatas printhead dengan air destilasi panas ( ingat jangan gunakan air biasa, karena air biasa terutama PAM dan airtanah mengandung banyak mineral yang bisa malah menambah sumbatan yang ada ) dan letakan diatas kain bersih kering untuk membiarkan tetesannya menyerap keluar printhead. Akhiri langkah-langkah ini dengan melakukan perintah head cleaning rutin dari maintenance program driver printernya beberapa kali.

Menghilangkan udara yang terperangkap didalam cartridge
Anda telah melakukan semua langkah-langkah diatas namun tetap hasil print tidak memuaskan, maka kemungkinan lain yang terjadi adalah terdapat udara yang terperangkap dalam printhead cartridge anda. Jika dalam proses pengisian ulang tinta anda menyuntikkan tinta terlalu cepat bisa terjadi busa atau gelembung tinta. Gelembung tersebut berisi udara yang juga menyebabkan penyumbatan ( gelembung udara memiliki kekuatan untuk menahan aliran tinta ). Solusinya simple saja yakni dengan mendiamkan cartridge seperlunya ( bisa berhari-hari ) dan permasalahan bisa menghilang dengan sendirinya karena udara dalam cartridge sudah stabil. Bila tidak bisa juga, berarti ada resistor yang terbakar.

Gunakan gaya sentrifugal untuk menghilangkan udara dalam cartridge.
Untuk beberapa jenis cartridge yang menggunakan sponge di dalamnya paling mungkin menyebabkan gelembung udara dibawah cartridge yang bisa menghalangi aliran tinta. Jenis printer yang terkenal sering menghadapi masalah ini adalah HP Canon dan Epson ( tipe lama ).

Dan ini solusinya. Bungkus cartridge dalam handuk atau kain bersih, masukan dalam kantung plastik untuk mencegah tinta memercik kemana-mana. Pegang dengan kuat cartridge yang sudah terbungkus rapi dengan printheadnya atau lubang keluar tinta menghadap ke bawah. Hentakan dengan keras kearah tanah seperti akan melemparnya ke lantai ( tentu saja jangan sampai terlepas ). Bantu juga dengan hentakan dari pergelangan tangan. Lakukan ini beberapa kali. Buka bungkus kain yang melilit dan perhatikan bercak tinta yang terlihat, apakah sudah sesuai dengan warna tinta di dalam cartridge ( biasanya untuk cartridge warna terdapat 3 bercak sesuai lubang head warnanya masing-masing ). Jika masih belum terdapat bercak yang sesuai, lakukan kembali prosedur ini.

Membersihkan sponge dalam cartridge.
Suntikkan 15 ml air destilasi/etanol dalam cartridge ( tentu saja cartridge dalam keadaan kosong ), kemudian sedot kembali secepatnya. Ethanol sendiri akan menguap dengan cepat jadi mungkin sedikit saja yang bisa disedot keluar. Isikan kembali tinta dalam cartridge. Kekurangan dalam langkah ini adalah sifat dasar alcohol yang bereaksi dengan plastic dan karet, jadi usahakan hanya menggunakan air destilasi hangat saja.

Cartridge yang “terbakar”
Banyak cartridge yang menggunakan printhead di dalam cartridgenya sendiri menggunakan resistor elektrik untuk mengontrol jalur tinta dalam masing-masing nozzle. Jika kita membiarkan resistor ini tetap bekerja meski cartridge sudah tidak terisi tinta, resistor yang sangat kecil ini akan terbakar yang mengakibatkan kualitas cetak yang parah, warna yang terdistorsir dan lain-lain.
Yang tidak banyak diketahui umum adalah tinta yang berada dalam printhead sesungguhnya menjadi komponen pendingin untuk mencegah resistor-resistor ini terbakar. Jika tinta sudah habis dan kita tetap melakukan printing, terjadilah overheating. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus akan membakar resistor tersebut. Setiap overheating ini terjadi, umur cartridge anda semakin pendek pula. Karena itu untuk memperpanjang umur cartridge anda, jangan memaksakan melakukan printing bila tinta diduga habis.
Solusinya bila cartridge terbakar terjadi adalah, tentu saja, membeli cartridge baru .

Warna yang tercampur.
Jika terdapat udara dalam nozzle, tinta didalam satu atau lebih nozzle dengan mengikuti hukum gaya kapiler akan tertarik masuk ke tempat dimana nozzlenya kosong dan mekontaminasi ruangan tersebut. Hasilnya, tinta yang berlainan warna akan mencemari ruangan tersebut dan ketika dilakukan printing, akan dihasilkan warna yang salah. Mengisi tinta dengan jumlah berlebihan juga bisa mengakibatkan hal ini. Jika sudah tercemar parah, hal yang bisa dilakukan hanyalah membersihkan sponge dalam cartridge tersebut, meski biasanya warna yang mencemari tetap sedikit tertinggal. Jika hanya terjadi sedikit pencemaran, bisa dilakukan dengan menyedot printhead warna yang tercampur sesegera mungkin. Atau cara yang cukup sederhana yakni membungkus printhead dengan kain bersih lembab semalaman dan diamkan. Setelah itu lakukan perintah head cleaning sesuai program dalam driver printer tersebut.
Untuk pencemaran yang sudah parah, setelah melepas sponge dalam cartridge dan mencucinya dengan akohol/etanol, jangan lupa mengeringkan dan membersihkan juga ruangan kosong tempat sponge tersebut sebelum meletakan kembali sponge-nya. Kalau perlu, cuci ruangan kosong tersebut dengan air destilasi hangat, atau bila diperlukan juga, diamkan terendam beberapa saat dengan posisi printhead menghadap bawah.

Tips for Refilling Color Cartridges
Biasakan mengisi tinta dengan suntikan secara sangat sangat perlahan sehingga tidak terjadi gelembung udara dalam cartridge. Gelembung udara akan menyulitkan setiap cartridge, terutama tri-color cartridge bisa menyebabkan tinta mengalir diantara nozzle-nozzlenya. Jika baru selesai diisi tinta, dan tidak terdapat genangan tinta pada printhead, biasakan untuk mendiamkan cartridge hingga 8 jam sebelum mulai menggunakannya.

Test tusuk gigi
Sebelum kita mengisiulang cartridge 3-color, sebaiknya kita menggunakan tiga tusuk gigi dan memasukkannya satu persatu kedalam setiap lubang pengisian untuk mengecek terlebih dahulu warna apa sebenarnya dalam ruang pengisian tersebut. Hal ini kadang disepelekan padahal jika sampai warna tercampur, untuk memperbaikinya kembali akan sangat menyita waktu dan kadang biaya juga.

Hasil print hitam kehijau-hijauan.
Beberapa printer menggunakan satu cartridge warna untuk menghasilkan hasil cetak warna hitam. Contoh jenis printer seperti ini adalah Lexmark 1000, HP 400/600 dan Canon 210/240/260. Ketika tiga warna ini bercampur seharusnya akan menghasilkan warna hitam. Ini yang disebut sebagai warna hitam komposit. Namun yang sering terjadi adalah hitam yang kehijau-hijauan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan ketepatan warna dasar yang kita pakai sebagai tinta refill kita. Beberapa pabrikan tinta mempunyai formula khusus dimana akan dihasilkan warna hitam pekat apabila menggabungkan ketiga warna C/Y/M. Jika tidak terjadi, coba tambahkan 10% air destilasi kedalam tinta kuning ( yellow ). Langkah ini akan menghasilkan hitam yang lebih pekat, namun efek sampingnya akan menghasilkan warna yang agak lebih gelap ketika mencetak foto.

smoga bermanfaat..:piss::piss:

:idwslovers:

nunu1234
09-02-2010, 07:38 PM
printer ku jrg kepake kalau mau dipake pasti ada garis2 putus.. menyusahkan
nice info

avenk
10-02-2010, 04:03 PM
Klo Buat Printer Epson R230 Gimana Tuh Gan..? Soal Nya printer Ane Warna nya suka Ilang... Di cleaning Nongol Lagi Eh ,,, Ntar Ilang Lage... Bikin Pusing.. Ane pake infus... Di Tunggu Jawaban nya Gan?

lukaloe
10-02-2010, 05:08 PM
Bos. Printer gw EPSON Stylus C45 pake sistem infus, sekarang ini lg punya masalah.
Tintanya gak mo keluar, padahal uda cleaning head berkali-kali.
mohon pencerahan.
Thanx.

gairah_alami
10-02-2010, 07:46 PM
Bos. Printer gw EPSON Stylus C45 pake sistem infus, sekarang ini lg punya masalah.
Tintanya gak mo keluar, padahal uda cleaning head berkali-kali.
mohon pencerahan.
Thanx.

coba pake cara manual...

celupin head nya doang pake air anged.mungkin kesumbat tuh m tinta yg udah kering.hehe

atau nggak pake cara ni :


Tips for Refilling Color Cartridges
Biasakan mengisi tinta dengan suntikan secara sangat sangat perlahan sehingga tidak terjadi gelembung udara dalam cartridge. Gelembung udara akan menyulitkan setiap cartridge, terutama tri-color cartridge bisa menyebabkan tinta mengalir diantara nozzle-nozzlenya. Jika baru selesai diisi tinta, dan tidak terdapat genangan tinta pada printhead, biasakan untuk mendiamkan cartridge hingga 8 jam sebelum mulai menggunakannya.

gairah_alami
10-02-2010, 07:50 PM
Klo Buat Printer Epson R230 Gimana Tuh Gan..? Soal Nya printer Ane Warna nya suka Ilang... Di cleaning Nongol Lagi Eh ,,, Ntar Ilang Lage... Bikin Pusing.. Ane pake infus... Di Tunggu Jawaban nya Gan?

head nya butuh pancingan tuh gan,,,hehehe

coba dah pake cara manual kayak yg di atas.hehe

andre_a
10-02-2010, 08:23 PM
numpang nanya kangmas....
saia punya CAnnon MP 145...
infus - full tinta ...

ko pas ngeprint tintanya g nongol y ??
padahal pas proses ngprint lama gt kaya ada tinta yg kluar
tp ko hasilnya putih bersih kaya g punya dosa.....

mohon petunjknya kangmas Gairah_Alami.. :sembah:

Animers
10-02-2010, 08:50 PM
^
coba cek pipa nya bro, apa ngalir dari tabung ke catridge ? , kalo pipa nya kosong berarti gak ngalir tuh

COba lakukan proses cleaning sampe ngalir ke catridge

Kemungkinan head catridge nya udah 100% mampet karena kering

Atau bisa aja rusak, soalnya gw pernah iseng, catridge item gw udah mampet gak ketolongan , udah di rendem ke air panas masih aja mampet

terus gw iseng , head catridge nya gw korek2 pake jarum (dengna alasan ngorek tinta yang kering dan memadat)

Akhirnya malah sama sekali ga keluar tuh tinta yang awalnya masih keluar padahal ada isinya :swt:

lukaloe
11-02-2010, 08:13 PM
coba pake cara manual...

celupin head nya doang pake air anged.mungkin kesumbat tuh m tinta yg udah kering.hehe



dah berhasil bro, tintanya keluar lg. gw ikutin panduannya cuma stlh d rendam ma aer anget terus gw sedot tinta d catridge pake suntikan bekas, dan akhirnya berhasil...

Panduannya sangat bermanfaat...

gairah_alami
12-02-2010, 08:11 AM
numpang nanya kangmas....
saia punya CAnnon MP 145...
infus - full tinta ...

ko pas ngeprint tintanya g nongol y ??
padahal pas proses ngprint lama gt kaya ada tinta yg kluar
tp ko hasilnya putih bersih kaya g punya dosa.....

mohon petunjknya kangmas Gairah_Alami.. :sembah:

:hahai::hahai:
coba pake cara yang diatas bro..yg cara manual.biasanya kering tuh!

aalgms
13-02-2010, 01:00 AM
printer gw canon ip 1300 tinta warnanya putus2.udh cb di bersihkan tetap putas2 gan ...ada solusi lain gan

r3dchick3n
15-02-2010, 07:41 AM
kl bisa tambahin pict Boss....,
biar ane lbh ngrti....:piss::piss:

cred66123
06-03-2010, 03:04 PM
mau tnya ,,

klo petunjuk catride g kdetek gmna y, yg biasa bwt nunjukin byk'y tinta???

tp aneh'y klo OS'y d'instal ulng mau kdetk lg!!!

gmna solusi'y ?? Oy printr'y Epson C20!!!

thkz b3 4!!

titto
06-03-2010, 07:01 PM
lumayan dewa nih thread

gw dah buktiin sendiri yang katrige kering

dari awal kalo ngeprin ga jelas

jadi wus-wus bisa lagi deh

n3r1ss4
06-03-2010, 07:05 PM
bro, mau nanya deh.. kan printer gw epson c45.. trus pas ngeprint cuman warna birunya doang gt yg gak keluar. nah trus kan gw mau betulin gt ke mangdu. trus katanya itu kena headnya, pas mau dibetulin katanya head yg buat c45 tu uda gak ada. jd itu emg uda gak bisa dibenerin lg ya emg?

titto
06-03-2010, 07:07 PM
bro, mau nanya deh.. kan printer gw epson c45.. trus pas ngeprint cuman warna birunya doang gt yg gak keluar. nah trus kan gw mau betulin gt ke mangdu. trus katanya itu kena headnya, pas mau dibetulin katanya head yg buat c45 tu uda gak ada. jd itu emg uda gak bisa dibenerin lg ya emg?

cuma bantu aja ya bro

cmiiw

mungkin head (tempat tinta kan ada lobangnya tuh) rusak kaya mampet ato malah robek dll.

jadi solusinya beli head baru tapi jangan di toko itu.

die ga punya kali

n3r1ss4
06-03-2010, 07:21 PM
cuma bantu aja ya bro

cmiiw

mungkin head (tempat tinta kan ada lobangnya tuh) rusak kaya mampet ato malah robek dll.

jadi solusinya beli head baru tapi jangan di toko itu.

die ga punya kali

ooo gt ya bro.. tp toko itu ngambilnya dr epson katanya.. katanya epsonnya uda gak ngeluarin head buat c45. haha.. ya jd skrng gw uda kgk bisa print2 warna lagi deh.. oh iya trus wkt itu kata tmn kk gw, disedot gt pake selang yg di lubang mampetnya. emg bisa bener lg bro kalo kyk gt?

regyboy
24-03-2010, 04:38 AM
Please help. Printer ane HP Deskjet D2566, nggak mau ngeprint (blinking). Padahal cartridge masih baru 1 bulan

passat
24-03-2010, 10:01 AM
gw pake epson c43, sudah dipasang sistem infus.... pas ngeprint yg keluar sempurna cm 3 warnanya aja, and setelah gw bawa ke teknisi katanya headnya yg hitam sudah lemah, kira-kira tips yg nomer berpa aja yg bisa dipraktekin,,,, headnya juga susah buat lepas.... :swt:

b1b1r_1980
25-03-2010, 07:59 PM
epson r230 gw juga macet nih tinta warna pinknya.... pusing kepala....

seby
03-07-2010, 09:48 PM
knp sih printer gw IP 1800 gak jaln dgn bener..
pdhl baru aja diservice?

sunsphoenix
04-07-2010, 02:11 AM
klo masalah salahs atu cartridge printer kaga kedetect gimana yah?
pusing ane :pusing:, mau ngeprint tugas eh print mati, gara2 cartridge yg item kaga kedetect >> (mnurut tulisan d layar)

Yan_arah
04-07-2010, 02:37 AM
wah bnyk tipsnya..:sembah:

itu berlaku bagi setiap merk printer g y:???:

dipdip
04-07-2010, 03:24 AM
Praktek dolo ke R230 ku. keknya banyak yg ngalamin hal serupa neh..

bodeem
23-08-2010, 12:54 AM
klo masalah salahs atu cartridge printer kaga kedetect gimana yah?
pusing ane :pusing:, mau ngeprint tugas eh print mati, gara2 cartridge yg item kaga kedetect >> (mnurut tulisan d layar)

sama masalahnya ama printer ane bro.. padahal cartridge masih belom lama beli..
dipake ngeprint beberapa halaman udah ga kedetect :ngeselin:

irdan31
28-08-2010, 07:33 PM
Ada yang punya program buat reset canon ip2770..??

Liwanto
15-06-2011, 10:29 AM
gan, ane mw nanya ne, tinta infus ane gw mw nyedot. gini, ane kn uda lama gnt infus, tp wkt ane gnt cm warna hitam z yg kosong, catridge warna nya msh ad(tinta asli), jd wkt ane pk habis tinta aslinya, tinta infusnya g mw sedot kecuali ane pk deep cleaning. tp mw deep cleaning berkali", ane tkt rusak. ad solusi gan??

miharjo
17-11-2011, 02:26 PM
ijin nyimak gan, sekalian nanyak. permisi para master, mau nanyak nech, aq pakai printer canon iP 2770, tiap buat ngeprin tabel pasti di salah satu garisnya ada yg putus + zikzak hasil prinnya, kr2 knp ya?

firedrake
17-11-2011, 09:05 PM
okedeh ane coba tips and trick dari anda untuk printer canon BJC-2100SP :hiat:

lazane
22-01-2012, 12:25 PM
bro print ene Canon ip2770.
kalo ane mau print warna, kok yg kluar cuma warna hitam sama kuning?warna laen gk kluar .itu knp ya bro?

passat
29-01-2012, 08:54 PM
ane ada masalah ama printer canon IP1980, hasil printnya bagus tapi kalo buat ngeprint tulisan berwarna / gabungan warna, tinta birunya suka keluar dari jalur kayak efek shadow

apa perlu ganti cartridge :???:

neneragil
30-01-2012, 11:57 AM
kak, kalau canon MP 280 gimana refilnya yang dilubangi bener yang dibawah stiker? tapi kog nggak muat banyak ya? pas banyak jadi bocor.

DarKuro
31-01-2012, 03:17 PM
gimana kalo misalnya printhead nya macet?? :bingung:
ini rusak atau karena ada yg nyumbat?
kalo ngeprint lengket mulu? :suram:

hendr13
03-02-2012, 02:40 PM
bro print ene Canon ip2770.
kalo ane mau print warna, kok yg kluar cuma warna hitam sama kuning?warna laen gk kluar .itu knp ya bro?

coba direndem aer anget dulu bagian kepala cartridgenya bro..
trus dikluarin smua tintanya pake suntikan kosong...
ane pernah ngalamin kaya gini juga bro

agungalfianpart2
22-03-2012, 11:14 PM
printer ane merk hp, masalahnya setiapa selesai mencetak, ada tinta hitam diujung kertas yang telah terprint . .

rantingkecil
26-03-2012, 08:33 PM
mp145 ku catridge not recognize.. kemaren dah ganti yang warna.. sekarang yang black.. kira-kira masih bisa diakali ga ya??

Drehobl
12-06-2012, 09:46 AM
Mau skalian belajar cara membersihkan printer..

permasalahan:
- warnanya ga pas saat nge-print text warna, tapi aneh nya kalo nge-print foto agak lumayan.. ga terlalu beda˛ banget.
- kadang kek seperti ada kebocoran.. ada tumpukan hitam di sisi kertas

*jikalau ada solusi terbaik, tapi jangan 'bawa ke tempat servis' :hmm: