PDA

View Full Version : Tips Perpanjang Masa Aki Motor/mobil



CottonBud
16-10-2008, 04:23 PM
Hasil googling ketemu juga nih tips untuk perpangang masa aki motor atau mobil. Jenis ai yang di maksud disini adalah jenis aki basah (yang pake air aki botolan itu :D)

Ok deh langsung ajah gw sebar tips-ny :

Air aki basah seharusnya jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri. Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.

Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.

Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.

Terus test dengan pembebanan arus dan di cek kualitas air accu dengan battery hydrometer. Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik. Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik. Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator (alternator bermasalah/rusak).


Cara memperpanjang masa pakai aki adalah dengan menggunakan khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Harga-na berkisar 33ribu/kg.

Tools :
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

http://photos.**********.com/images/480_edta6.jpg


Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.
Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest

http://photos.**********.com/images/784_edta7.jpg


http://photos.**********.com/images/549_edta8.jpg



Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.


http://photos.**********.com/images/557_edta9.jpg



Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.

note:
Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.
Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

Utamakan safety first, air aki meruapakan bahan kimia jadi hati2 jangan sampai berceceran dan mengenai benda lain dan anda sendiri

Source: saft7.com

Xperience
16-10-2008, 04:52 PM
mane kita punya kimia kek begituan ..

CottonBud
16-10-2008, 04:57 PM
Cari di toko kimia ato toko yang jual bubuk buat pengawet makanan. pasti tau tuh EDTA

bukan barang yang susah di dapet koq...

kazy
16-10-2008, 06:38 PM
nice tip neh, aki motor gw sering rusak pdhl baru pake 1 taon. mana harga aki naeknya berlipat2.
ta coba ahh :P

CottonBud
16-10-2008, 06:55 PM
sebelum coba cara ini test dulu yah air accu-ny pake battere hydrometer... sapa tau ajah akinya masih bagus, cuman masalah korsleting (kynya sih nggak :D) dan perkabelan.

bHell
16-10-2008, 09:27 PM
Ohh yahh.. kok ad jg sih Aki yg perlu di cas aki??
knapa ga cukup kalo cm di isi aer aki aj?
--
dulu pny motor yg akiNy musti di cas mulu, ga ngaruh kalo cm di isi/ganti aer akiNy..

CottonBud
16-10-2008, 09:41 PM
sebenernya sih air aki buat katalisator biar akinya ngisi lagi. jadi kalo ainya kering, otomatis tuh listriknya jadi berkurang. kalo dah berkurang susah bwt full-ny lagi. walaupun air akinya dah di tambah.

soalnya sel2 battere di aki dah rusak... makana khusus aki basah airnya gk boleh kurang dari batas minimum.

musti pinter2 rawat aki, soalnya dah mahal... kmrn gw beli 230 rb buat motor gw >.< padahl taun sebelumnya gw di tawarin masih 135 rb... :swt naeknya jauh

bHell
16-10-2008, 09:48 PM
owhh, gitu toh..
--
tp emg bner y, kalo aki kering bebas prawatanNy? di antepin (didiemin) aj pe bbulan2 msih idup gtu?
kalo dah ga da listrikNy tinggal dbuang y? ga bs ganti dalemanNy? hehehe.. pnasaran coz lum prnah punya aki kering neh, :P

underbon
16-10-2008, 09:57 PM
kalo yang buat aki kering ada ga????

trus kalo aki kering katanya ga bisa d charger ulang y???

CottonBud
16-10-2008, 09:59 PM
sama sih blum pernah pake aki kering. kata yang pengalaman sih katanya bagusa aki basah, cuman saya gk tau juga. kyny mirip ma battere UPS deh :haha:

soal-na hargany sama. beli battere UPS ma aki kering :lol: Dan aki kering mah kalo dah rusak langsung buang dan gk bisa di benerin (dalemannya battere apa yg mo di benerin). CMIIW

aki kering LEMBIRU

Christopher Warouw
21-11-2008, 09:03 AM
mohon dicantumkan sumbernya dari saft7.com
di sana banyak tips tips ngulik
oke banget yang suka utak atik.
thanks.

CottonBud
21-11-2008, 11:22 AM
ok..

gw dapetnya dari berbagai blog org. sepertinya memang benar sumbernya dari saft7.com. thanks yah, ntar gw masukin ke depan source-ny.

raysukeTakahasi
23-11-2008, 11:57 AM
sama sih blum pernah pake aki kering. kata yang pengalaman sih katanya bagusa aki basah, cuman saya gk tau juga. kyny mirip ma battere UPS deh :haha:

soal-na hargany sama. beli battere UPS ma aki kering :lol: Dan aki kering mah kalo dah rusak langsung buang dan gk bisa di benerin (dalemannya battere apa yg mo di benerin). CMIIW

aki kering LEMBIRU
iya ci katana jg bgusan aki basah kaolo perawatn na benar rutin tyap blan pasti aki g balan soak dh

Christopher Warouw
25-04-2009, 01:26 PM
friends, gua coba cari EDTA di toko kimia. harus beli satu pack, puluhan kilo (lupa)
ada info ga di mana bisa beli ecerannya n berapa harganya.
thank you
salam IDWS...

roadscrappers
26-04-2009, 02:05 AM
tp emg bner y, kalo aki kering bebas prawatanNy? di antepin (didiemin) aj pe bbulan2 msih idup gtu?



trus kalo aki kering katanya ga bisa d charger ulang y???

kalo dari pengalaman gw aki kering tu emang than lama, stelah 3 bulan ga dipake masih bisa jreng. paling alternatornya yg perlu diservis dulu... :p
kalo lebih dari itu blon pernah nyoba.

trus aki kering juga ga boleh dipake sbagai jumper ! itu pesan penjualnya, katanya sich bisa ngrusak aki itu sendiri. untuk pastinya ga tau karna gw ga brani nyoba, aki kering mahal euy... :P

1 lagi pengalaman dari gw, kalo aki diletakkan ditempat yg trtutup (lembab) nanti bisa muncul kerak2 putih sama sperti aki basah biasa.

ayeix
30-05-2009, 04:38 PM
lebih awet aki kering bro..
gw pake aki kering bwt motor gw..
lebih awet dr aki basah, bisa tahan ampe 5th..
kalau abis tinggal charge aja..
ga perlu perawatan lg...
^^

Niddif
31-05-2009, 10:55 AM
ntar kalo malah lampu rating gak nyala, bel gak nyala gimana..??bisa - bisa kecelakaan neh..

talekot
15-11-2009, 01:23 AM
boss seekarang ini aki saya lagi problem, cuman akinya aki kering. apa ada masukan solusi? thanks ya boss

vitta_q
12-02-2010, 02:32 PM
boss seekarang ini aki saya lagi problem, cuman akinya aki kering. apa ada masukan solusi? thanks ya boss

Buat aki kering relatif sulit. Aki kering yang kita kenal lebih baik disebut 'maintenance free', atau pengertiannya tidak bisa dirawat.
Kemungkinan hanya bisa di-charge, inipun belum tentu berhasil.

Tetapi kalau memang berpengalaman dan pernah melakukan, aki kering bisa dibuka ataupun dibor, untuk diberikan cairan kembali.
Sebaiknya jika tidak berpengalaman - jangan dilakukan.

Untuk aki basah, selain EDTA, ada solusi lain yang lebih praktis yaitu Vitamin Aki plus. Selain bisa mengembalikan kondisi aki, memperpanjang umur aki, mencegah penumpukan sulfat, juga bisa meningkatkan performa aki.
Pemakaiannya cukup sekali saja.

Lebih lengkapnya bisa dilihat di: Situs Aki Online ini (http://www.vitta-q.com) :hero:

dimastechies
12-02-2010, 03:35 PM
kayaknya susah kalo bukan dari orang kimia

vitta_q
22-02-2010, 04:58 PM
http://www.vitta-q.com/images/berita/28-1.jpg

Perlu diingat bahwa aki adalah tempat menyimpan energi listrik, bukan penghasil (pembuat) listrik.

Bagaimana cara menyimpan aki yang tidak digunakan agar tetap bagus pada saat akan dipakai?

Tips Penyimpanan Aki:


1. Simpan di tempat sejuk dan kering. Lebih dingin akan lebih baik. Pastikan di atas 0" celcius agar tidak membeku. Tempat yang hangat dan lembab akan mengurangi masa pakai aki.

2. Periksa larutan elektrolit, dan isi sampai batas optimal.

3. Pastikan aki sudah di-charge penuh sebelum disimpan. Charge selama 8 s/d 12 jam sesuai dengan daya charge yang disarankan.

4. Periksa secara fisik kotak (casing) aki dari kerusakan, bersihkan kerak (korosif) yang ada pada kotak ataupun terminal.

5. Pastikan semua sambungan seri atau pararel sudah dilepaskan dari aki.

6. Setiap 2 bulan, lakukan kembali charge aki sampai penuh.

7. Jika aki ingin digunakan kembali, pastikan charge dahulu sampai penuh.



Go GREEN with VITTA-Q (http://www.vitta-q.com)

buxbux
22-02-2010, 06:42 PM
alat tes accu khusus
bs dicari dimana bro
soalnya punya aki kering
tp cepet abis setrumnya

vitta_q
23-02-2010, 11:41 AM
alat tes accu khusus
bs dicari dimana bro
soalnya punya aki kering
tp cepet abis setrumnya
alat tes aki (http://www.vitta-q.com) sepertinya bisa didapatkan di kawasan Glodok, Jakarta Pusat.

budicool
28-02-2010, 01:12 AM
aki lebih awet di tempat yang panas... dari pada di daerah pegunungan

vitta_q
10-03-2010, 03:35 PM
aki lebih awet di tempat yang panas... dari pada di daerah pegunungan

Referensinya dari mana bro budicool? apa sudah dicoba sendiri? penyebabnya apa?

Setahu ane aki lebih awet di suhu udara yang dingin - asal jangan sampai membeku :)

vitta_q
10-03-2010, 03:37 PM
B]Porsche 918 Spyder Plug-In Hybrid: Geneva Auto Show[/B]

"Kendaraan hybrid sekarang ini tidak lagi identik dengan tenaga 'lemah'. Bahkan Porsche yang identik dengan mobil Super mengeluarkan satu varian hybrid plug-in yang sangat bertenaga."

http://www.vitta-q.com/images/berita/34-1.jpg http://www.vitta-q.com/images/berita/34-2.jpg


Porsche mengeluarkan sebuah plug-in hibrida yang mampu menyelesaikan sirkuit "Nordschleife Nürburgring (22.810 km) dalam waktu kurang dari 7:30 menit, bahkan lebih cepat dari Porsche Carrera GT." Terlebih lagi, Porsche memaparkan keekonomisan bahan bakar yang mencapai sekitar 33,16 km/liter. Bagaimana mungkin? Spyder 918 konsep didukung dengan 500-tenaga kuda dari mesin V-8 bensin dan motor listrik pada sumbu roda depan dan belakang. Dua motor listrik membuat gabungan tenaga menajdi 160 kilowatt, atau setara dengan 218 tenaga kuda. Total daya outputnya menjadi 718 tenaga kuda. Porsche tidak mengatakan apakah Spyder 918 konsep ini akan masuk ke dalam jalur produksi.


Kemampuan 'mengerikan' tersebut tidak dapat dilakukan sekaligus, tetapi satu per satu dengan beberapa pilihan cara mengemudi (driving mode):

E-Drive Mode: Ini adalah tipe listrik yang yang hemat. Rentang jangkauan pada tipe ini adalah 16 mil.

Hybrid Mode: Tenaga gabungan antara mesin bensin dan motor listrik di beberapa hemat tetapi sebagian besar dengan cara yang tidak dapat dijelaskan. Kinerja pada tipe ini tidak diberikan.

Sport Hybrid Mode: Menghasilkan tenaga lebih banyak, menggunakan penggerak roda belakang. Sekali lagi, angka-angka kinerja dalam tipe ini tidak diberikan.

Race Hybrid Mode: Menggunakan tenaga penuh (kebutuhan baterai yang terisi penuh untuk beroperasi) dengan semburan pendek E-Boost yang tersedia untuk "melampaui tenaga." Tipe ini memiliki kekuatan liar, percepatan dan kecepatan tertinggi dapat dicapai dengan tipe ini.


Jangan ragu Gunakan VITTA-Q (http://www.vitta-q.com) pada AKI (http://www.vitta-q.com) Anda. Sebelum terlambat!!

aki (http://www.vitta-q.com), aki mobil (http://www.vitta-q.com), aki online (http://www.vitta-q.com)

grimjow_999
10-03-2010, 08:52 PM
gue pake aki kering di matic gue,dah tiga tahun ga da msalah but lo aki kering usianya berapa lama yah?

fansadox
11-03-2010, 07:50 AM
Hasil googling ketemu juga nih tips untuk perpangang masa aki motor atau mobil. Jenis ai yang di maksud disini adalah jenis aki basah (yang pake air aki botolan itu :D)

Ok deh langsung ajah gw sebar tips-ny :

Air aki basah seharusnya jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri. Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.

Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.

Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.

Terus test dengan pembebanan arus dan di cek kualitas air accu dengan battery hydrometer. Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik. Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik. Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator (alternator bermasalah/rusak).


Cara memperpanjang masa pakai aki adalah dengan menggunakan khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Harga-na berkisar 33ribu/kg.

Tools :
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

http://photos.**********.com/images/480_edta6.jpg


Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.
Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest

http://photos.**********.com/images/784_edta7.jpg


http://photos.**********.com/images/549_edta8.jpg



Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.


http://photos.**********.com/images/557_edta9.jpg



Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.

note:
Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.
Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

Utamakan safety first, air aki meruapakan bahan kimia jadi hati2 jangan sampai berceceran dan mengenai benda lain dan anda sendiri

Source: saft7.com

contoh gambarnya gak nongol bos

aurlio
11-03-2010, 10:57 AM
Thank's banget gan

vitta_q
12-03-2010, 03:03 PM
Mao nambahin aja, EDTA itu belum diuji secara ilmiah. Tidak ada bukti otentik yang bisa dipertanggungjawabkan.
Kemudian harus ditambahkan setiap bulannya. Kalau salah pemakaian, siapa yang bisa menjamin?


Kalau VITTA-Q (http://www.vitta-q.com) sudah diuji di BOTCO Labs. dan diuji pada berbagai macam aki (http://www.vitta-q.com) untuk mesin maupun kendaraan.
Cara pakainya pun cukup 1x dan bertahan sampai aki (http://www.vitta-q.com) menjadi soak kembali.


aki mobil (http://www.vitta-q.com), accu (http://www.vitta-q.com),aki (http://www.vitta-q.com)

vitta_q
12-03-2010, 03:06 PM
gue pake aki kering di matic gue,dah tiga tahun ga da msalah but lo aki kering usianya berapa lama yah?

Aki kering dan aki basah usia pemakaian dipengaruhi oleh cara pakai kendaraan dan kondisi lingkungan kendaraan.
Pemakaian usia 3 tahun termasuk OK bila kendaraan dipakai sehari-hari.
Ada yang usianya cuma 2 taon, ada yang 3 taon, tapi ada juga yang 1 taon

Faktor lainnya adalah berapa lama aki itu mangalami discharge dari masa pembuatan sampai diterima dan digunakan oleh konsumen (kita).

cupunations
12-03-2010, 11:45 PM
toolsnya belinya dimana tuh ya gan?

dempal
13-03-2010, 11:57 AM
maw nyoba tp ntr takud di sangka terorist gan... bli2 bahan kimia..

vitta_q
18-03-2010, 10:40 AM
toolsnya belinya dimana tuh ya gan?

Tools yang mana gan?

Kalau EDTA musti nyari2 di toko bahan kimia n denger2 tidak semua toko ada.

Kalau VITTA-Q bisa didapetin di: Agen VITTA-Q (http://www.vitta-q.com/agen.php).

vitta_q
26-03-2010, 12:56 PM
"Bro n Sis sekalian, saya ingin membagi tips sedikit mengenai Cara Ganti Aki.
Tetapi kalau aki belum rusak mekanis (bocor, pernah dikuras dengan air panas, badan aki menggembung, umur kurang dari 3 tahun) lebih baik gunakan VITTA-Q.
Jika memang harus diganti, silahkan simak tips berikut bagaimanan cara yang baik untuk mengganti aki."

Tips Ganti Aki Mobil - Jangan Meremehkan Ganti Aki

http://www.vitta-q.com/images/berita/39-1.jpg

Jangan pernah menggangap remeh ganti aki mobil. Terlihat memang sederhana sekali, cuma melapaskan pengikat pada kedua kepala aki (kutub) dengan mengendurkan bautnya. Bukan tidak mungkin, saat melakukan penggantian terjadi kesalahan atau kecerobohan. Akibatnya, merusak sistem kelistrikan bahkan electronic control unit (ECU).

Berikut langkah-langkah penggantian aki:


1. Pastikan kunci kontak sudah diposisi "OFF" atau tercabut. Setelah itu, diamkan sejenak untuk memastikan komponen kelistrikan benar-benar mati. Selain itu, agar ECU tidak aktif untuk menghindari hang atau kerusakan pada ECU. Jika kunci kontak masih "ON", masih terdapat arus listrik dan ketika kabel aki dicabut dapat berpotensi menimbulkan percikan api.


2. Untuk amannya, lepaskan kabel negatif dulu, baru setelah itu yang positif. langkah ini, untuk mencegah terjadinya percikan api. Ketika memasang kembali kabel (setelah diganti aki baru), lakukan kebalikannya. Jadi, kabel plus dulu dipasang, baru negatifnya.


3. Saat pemasangan aki baru, usahakan ukuran dan kapasitasnya sama dengan standarnya. Kemudian perhatikan posisi kutubnya. Sepele memang, tapi berpotensi merusak komponen kelistrikan dan ECU, terutama jika salah pasang. "Jika sampai salah pasang, dalam hitungnan detik bisa membuat beberapa komponen kelistrikan jebol dan ECU akan ngeblok," ujar Atek, pentolan gerai alternator di Jl. H.Nawi, Jakarta Selatan.


4. Pada beberapa mobil perlu melakukan reset ECU setelah melakukan penggantian aki. Terutama untuk mobil buatan Eropa. "tandanya ECU perlu direset seperti takometer ngaco, power window dan central lock tak berfungsi dan indikator cek engine akan menyala," papar Akiun, punggawa bengkel Sinar Auto Land di kelapa Gading, Jakarta Utara.


5. Penggantian aki sebisa mungkin dilakukan saat kondisi sudah tidak tertolong. Seperti selnya sudah terbakar atau korslet. Kalau hanya karena arus listrik yang tekor, sebaiknya lakukanlah jumper untuk menghindari ECU hang. Namun ada mobil-mobil tertentu yang bila aki tekor tak boleh dijumper.



Sumber: Kompas.com

Apakah tips ECU tersebut juga diperlukan untuk motor injection?


Jangan pakai VITTA-Q (http://www.vitta-q.com)! Jika ingin AKI (http://www.vitta-q.com) bro n sis berumur pendek dan boros biaya.

vitta_q
08-04-2010, 04:01 PM
http://www.vitta-q.com/images/berita/38-2.jpg

vitta_q
07-05-2010, 01:22 PM
http://www.vitta-q.com/images/berita/48-1.jpg

Penggunaan Vitami Aki untuk "Aki Kering"

Sebenarnya aki yang kita kenal sebagai aki kering tidaklah benar-benar kering. Di dalamnya terdapat sejenis cairan atau gel yang berfungsi sebagai elektrolit.
Lebih tepatnya disebut sebagai Aki Bebas Perawatan (Maintenance Free / MF), karena diperuntukkan untuk tidak bisa dirawat.

Penggunaan Vitamin Aki untuk Aki Bebas Perawatan memang relatif lebih sulit, tapi bukan berarti tidak bisa. Hal-hal yang perlu diperhatikan: lakukan standar pengamanan seperti menggunakan sarung tangan + kaca mata, kemudian pastikan menutup kembali lubang yang telah dibuat dengan rapat, bebas bocor.

Video berikut hanya memperlihatkan salah satu cara penggunaan Vitamin Aki untuk Aki MF.
Ke depannya kami akan terus mencari cara yang lebih baik dan lebih mudah untuk penanganan Aki MF.
Sementara itu, kami harap video berikut bisa memuaskan keinginan peminat VITTA-Q yang menggunakan Aki MF. Selamat bereksplorasi! :-)

http://www.beoscope.com/video-cara-rekondisi-aki-kering?id=20100000729

Catatan: Alternatifnya, Anda bisa mengisi VITTA-Q pada Aki MF sebelum aki tersebut ditutup pertama kali


VITTA-Q (http://www.vitta-q.com)



aki bebas perawatan (http://www.vitta-q.com), aki kering (http://www.vitta-q.com)

GenMZ
28-08-2010, 01:37 AM
aku pake yang aki kering. tapi punyaku kayaknya cepet habis.

vitta_q
18-12-2010, 11:27 AM
aku pake yang aki kering. tapi punyaku kayaknya cepet habis.
alo bro GenMZ, kalau memang berminat bisa dicoba pesan VITTA-Q di sini (http://www.akibaterai.com/pemesanan.php).

mujito
23-02-2011, 07:57 AM
Accu (aki) mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan adalah jenis accu basah.
Accu basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri.
Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.
Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.

Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi
pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.
Alat tes yang lebih bagus lagi yang banyak digunakan oleh toko penjual accu seperti ini

Selain di tes dengan pembebanan arus, baik tidak accu juga dipengaruhi oleh kualitas air accu itu sendiri yang bisa diukur dengan BatteryHydrometer. Alat ini wajib bagi toko atau tukang service accu. Jika kita ingin mempunyai alat ini bisa saja.. ga ada ruginya.. karena bisa mengontrol kondisi ‘kesehatan’ air accu. Harganya berkisar mulai dari 25ribu rupiah. (tidak mahal, khan?)
Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian
melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik.
Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di
recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator
(alternator bermasalah/rusak).

Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan
terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.
Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk [1] EDTA ( ethylenediamine
tetraacetic ).
Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan.
Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.
Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA
(Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin
menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa
mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

Mari ber-EDTA…

Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:

1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. BatteryHydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk
menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.
Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air
Aquadest.
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.

Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa
dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.
Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.
Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!
Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..
Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja. Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging…perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

CATATAN:

Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi
air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu
6volt.
Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab,
antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.
Semoga bermanfaat.

joe_cfu
23-02-2011, 07:11 PM
Cari di toko kimia ato toko yang jual bubuk buat pengawet makanan. pasti tau tuh EDTA

bukan barang yang susah di dapet koq...

untuk motor2 sekarang kan dah mulai pake aki kering...
gmn cara perawatannya kk... :???:

errzotl
27-02-2011, 12:44 AM
Kalau kendaraan kita pakai aki soak terus-menerus ada efek merusaknya nggak ?

kemana
14-07-2011, 07:03 PM
Aki itu emang bagian yang penting jadi harus kita isi tepat waktu

halim333
14-07-2011, 11:57 PM
kata org, supaya aki awet, tiap pagi arus di panasin motor/mobil nya. n kaga bole lgsg idupkan AC pas mobil dinyalain (khusus mobil).
apa benar ya? ane kurang ngerti sih.. hehe

zhukyno
20-04-2012, 10:58 AM
Aki kering kalo' udaH mati langsung Ganti yaah... Coz kata Temen Gue , Tuh aki sekali pake'.. Cuma enaknya seh tanpa perawatan gituuw.. kira2 ada yag tau gk cara ngakalin'nya kalo pas darurat gituuw truz tiba2 Mati ?

biker
20-04-2012, 02:36 PM
Aki kering kalo' udaH mati langsung Ganti yaah... Coz kata Temen Gue , Tuh aki sekali pake'.. Cuma enaknya seh tanpa perawatan gituuw.. kira2 ada yag tau gk cara ngakalin'nya kalo pas darurat gituuw truz tiba2 Mati ?

Bener menang krn bebas perwatan. Saran ane sih buat yg make Aki kering tiap 3 bulan sekali di charge untuk suplai listrik biar optimal

coupai
22-05-2012, 07:37 PM
nice info gan...
omong" motor yg msh pake aki basah selain mio sporty apa lagi yak?

diptacool
12-07-2012, 08:46 AM
wah pingin nyoba, tapi ribet juga ya.. harus hati-hati nih

Rahman23
12-07-2012, 12:04 PM
Tanya dong agan-agan dan master-master di sini

Apa benar jika aki motor tipe basah sudah tidak bisa di-charge lagi (indikator pada alat charging menunjukkan kata bad) berarti harus diganti aki-nya?

Kondisi sebelum di-charge sih lampu dan klakson masih bisa nyala cuman pernah beberapa minggu sebelum-nya soak (klakson ga nyaring, lampu sein tidak berkedip) dan setelah beberapa lama dipakai entah mengapa jadi normal kembali.

Setelah dibawa ke service bengkel resmi dan diceritakan masalahnya lalu teknisi-nya mencoba mencharge aki tersebut dan setelah dinyatakan tidak bisa di-charge, teknisi-nya menyarankan ganti aki. Apa pengaruh terburuk kalau aki-nya tidak diganti?

Terima Kasih sebelumnya

cyberkom
24-03-2013, 10:52 AM
rdta BIASANYA DIPAKAI UNTUK TREATMENT AIR PADA BUDIDAYA UDANG ATAU HATCHERY

Arions
24-03-2013, 07:55 PM
paling bagus ambil kendaraan yang bawaanya AKI free maintenance hahaha
ato diganti pake aki free maintenance... harganya tentu tidak murah

kupretkampret
28-04-2013, 02:33 PM
kalo pengen awet y sebenernya emang harus sering kontrol aernya..

simanciah
04-05-2013, 09:28 AM
kalo yang buat aki kering ada ga????

trus kalo aki kering katanya ga bisa d charger ulang y???

emang bro....
rusak buang tu tipenya...:sigh:

petot69
12-05-2013, 10:41 PM
ada inpi untuk aki kering gan?

aizy
12-05-2013, 11:29 PM
paling bagus ambil kendaraan yang bawaanya AKI free maintenance hahaha
ato diganti pake aki free maintenance... harganya tentu tidak murah

aki apaan tuh...???:lol: kalo aki kering ane tau....

jadi kalo air udah dibawah garis tambah pake air aki zyur yah..???

bacangaja3
13-05-2013, 10:12 AM
Mantep nih tipsnya
tapi buat aki ane yang udah ancur sel akinya uadah ga ada harepan selain ganti aki :(

yang harus diperhatiin juga sebenernya voltase setelah perawatan aki, kalo over voltage bisa ngancurin sel sel aki, kalo under voltage bisa ngebuat sel aki mati juga karena kurang pengisian :D

jadi yang harus di cek setiap saat ya pengisian itu sendiri :D

choli
13-05-2013, 10:34 AM
aki apaan tuh...???:lol: kalo aki kering ane tau....

jadi kalo air udah dibawah garis tambah pake air aki zyur yah..???

Aki kering kan pengertiannya sama ama aki maintenance free...
:hmm:

agoes1922
13-05-2013, 11:39 AM
oke dech gan tanks info ya semoga berguna buat yg alin...

stupid_behavior
19-05-2013, 09:56 PM
untuk motor2 sekarang kan dah mulai pake aki kering...
gmn cara perawatannya kk... :???:

coba bantu jawab ya, sebenarnya klo aki kering biar panjang umur tuh cuma butuh pengisian yang stabil kk.


Aki kering kalo' udaH mati langsung Ganti yaah... Coz kata Temen Gue , Tuh aki sekali pake'.. Cuma enaknya seh tanpa perawatan gituuw.. kira2 ada yag tau gk cara ngakalin'nya kalo pas darurat gituuw truz tiba2 Mati ?


emang bro....
rusak buang tu tipenya...:sigh:

klo menurut gua ya broh, bisa diisi ulang kok. diisi lagi gel-gel yang ada didalamnya. temen gua pernah diisi ulang bro, biayanya klo ga salah sekitar 30-50rb (CMIIW)
cuma klo udah rusak parah, ga tau bisa diisi ulang ato kaga.


Aki kering kan pengertiannya sama ama aki maintenance free...
:hmm:
setubuh ama pendapat ini, bener2 free maintenis.
yang penting pengisiannya normal 12v, klo kurang, ga bakal keiisi akinya.

aizy
19-05-2013, 11:22 PM
Aki kering kan pengertiannya sama ama aki maintenance free...
:hmm:

berarti nggak perlu disetrum lagi yah...??? kan kalo pake aki basah ada diisi air aki sama disetrum kk...?? :???:

choli
20-05-2013, 01:33 PM
berarti nggak perlu disetrum lagi yah...??? kan kalo pake aki basah ada diisi air aki sama disetrum kk...?? :???:

Betul...
Kalo aki kering ngga perlu disetrum lagi.
Pake ampe tewas...
:hmm:

Ferdixxx
25-05-2013, 06:26 AM
susah bener deh gan....:ogohno::ogohno::ogohno::ogohno::ogohno::og ohno::ogohno::ogohno::ogohno:

Ajeee
25-05-2013, 07:29 PM
aki kering ma aki basah bagus mana gan ?

malinghape
30-05-2013, 12:55 PM
yang bagus aki2 gan ..

12BETMania
01-06-2013, 12:50 PM
musti berburu ke toko kimia dulu ini


http://staticpage.idr12bet.com/template/deposit/id/images/myr_990_id.jpg (http://go.12bet.com/92029822/sportsbook/id/index.html)

kupubiru
12-06-2013, 11:47 AM
boleh dicoba ini infonya, tapi memang aki skrg maks 2 3 tahun bro masa aktifnya. setelah itu emang harus di charge ulang,itupun g lama masanyaa

dav05
19-06-2013, 08:57 AM
Pertanyaan sama dengan yang di atas.
Bagusan Aki kering atau aki basah ya ??

mohican
20-06-2013, 02:47 PM
Lebih praktis aki kering, terutama untuk orang seperti saya yg ga ngerti soal ginian.

dare2lofe
22-06-2013, 10:10 PM
kalo bagusan sih aki kering dari segi berat dia lebih ringan.
tapi kalo untuk daya tahan sih sama aja antara aki kering dan aki basah.

fjet
24-06-2013, 02:26 AM
:niceinfo: tapi nyari bahan bahannya susah :madesu:

aqtums
10-11-2013, 06:14 PM
:niceinfo: tapi nyari bahan bahannya susah :madesu:

sama gan ane di sumatra,,,nyarinya juga susah musti pesan sana sini....

budi_sinde
11-11-2013, 08:45 AM
kalau pengalaman ku pake aki basah n sering dirawat bisa lah umur sampe -+ 5thn. klau aki kering nah ini g tau dari pabrikan ini bisa g ampe awet ya. milih dan gunakan yang bijak bagi2 temen2 disini