PDA

View Full Version : Foto-foto (Langka) Agresi Militer Belanda di Indonesia



blacksheep
27-03-2010, 08:30 PM
Belanda di Indonesia

Tahun 1945 Perang Dunia II berakhir, Belanda yg telah lepas dari cengkeraman Nazi German ternyata msh menyimpan mimpi utk menguasai kembali Hindia Belanda, Belanda tak rela sumber kekayaan yg selama 350 thn telah memberi mereka kemakmuran lepas sia-sia. Mereka segera memobilisasi pemuda2nya untuk dikirim ke Nusantara. Babak ini mengawali perang yang kejam yg berkobar hingga empat thn lamanya di Indonesia.
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image004.jpg
Kapal pengangkut "M.C. Muir" di pelabuhan Amsterdam siap berangkat ke Nusantara.

ahun 1945 Perang Dunia II berakhir, Belanda yg telah lepas dari cengkeraman Nazi German ternyata msh menyimpan mimpi utk menguasai kembali Hindia Belanda, Belanda tak rela sumber kekayaan yg selama 350 thn telah memberi mereka kemakmuran lepas sia-sia. Mereka segera memobilisasi pemuda2nya untuk dikirim ke Nusantara. Babak ini mengawali perang yang kejam yg berkobar hingga empat thn lamanya di Indonesia.http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image004.jpg
Kapal pengangkut "M.C. Muir" di pelabuhan Amsterdam siap berangkat ke Nusantara. Spoiler for rare:
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image002.jpg
Pendaratan pertama pasukan Belanda di Pulau Weh, Aceh.



Spoiler for rare:

Marinir Belanda dalam "aksi pembersihan" di sekitar Surabaya, 11 Mei 1946 :

http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image006.jpg
Berlindung di balik tanggul ketika ditembaki pejuang Republik dari balik seberang selokan.
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image008.jpg
Tak lama kemudian dua orang marinir terluka. Prajurit medis dan imam tentara sedang merawat yg terluka
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_05_files/image010.jpg
Sesudah itu, salah seorang anggota marinir mati tertembak, disebelahnya
seorang lagi menembaki sebuah gubuk yg merupakan sarang senapan mesin pejuang Republik.





Spoiler for Surabaya:
http://i47.tinypic.com/9iqpau.jpg
Kota Surabaya dibombardir




Spoiler for patroli:
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_01_files/image002.jpg
Marinir Belanda di Jawa Timur sedang melintasi kampung yang terbakar.




Spoiler for patroli:
http://farm3.static.flickr.com/2313/3749259460_f908a57378.jpg




Spoiler for Londho Gendheng:
http://weboorlog.files.wordpress.com/2008/08/politionele-acties.jpg



Spoiler for di pinggiran Kota Jogja:

Minggu, 19 Desember 1948 - Ibukota Republik diserbu :
http://www.yorkshiremixture.co.uk/1-indie/indie/images_indo/2epolitionele-actie-1901204.jpg
http://www.refdag.nl/media/foto/2008/68476-a.jpg




Spoiler for rare:
http://members.chello.nl/pscheele/gesneuveld.jpg
Awak senapan mesin Republik yang gugur...hiks..hiks.. http://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/06.gifhttp://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/06.gifhttp://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/06.gif http://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/35.gifhttp://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/35.gif http://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/35.gif



Spoiler for rare:
http://www.nrc.nl/multimedia/dynamic/00182/politionele_182199e.jpg
Pos Pejuang Republikhttp://www.kaskus.us/images/smilies/I-Luv-Indonesia.gifhttp://www.kaskus.us/images/smilies/I-Luv-Indonesia.gif




Spoiler for amtrac:

http://img308.imageshack.us/img308/980/2374559yn.jpg
http://img308.imageshack.us/img308/4547/2374598md.jpg
http://img308.imageshack.us/img308/1365/2374702vi.jpg






Spoiler for spoor:
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_06_files/image004.jpg
Letjen Simon H. Spoor, Panglima tertinggi tentara Belanda di Indonesia sejak Januari 1946.

Ini lawannya, jago-jago perang gerilya...

http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_03_files/image002.jpg
Oerip Soemohardjo, mantan mayor KNIL yg telah pensiun sebelum PD II. Republik mengangkatnya kembali dalam dinas aktif sbg Kepala Staf Tentara.
http://www.veteranensocieteit.nl/KorpsMariniers/Korps%20Mariniers/Politionele%20acties/Afl_04_files/image002.jpg
Soedirman, Jenderal legendaris yg menjadi Panglima Tertinggi TNI saat itu.





Spoiler for rare:
http://www.swaramuslim.com/galery/sejarah/img/tentara/suharto_dkk-01.jpg
Beberapa orang perwira Republik...ada yang terkenal tuh : Pak Harto waktu masih imut...http://www.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/8.gif sama Ahmad Yani(paling kanan)
Slamet Riyadi, lahir tahun 1927 adalah letnan kolonel termuda. Beliau gugur saat menumpas RMS di Ambon tahun 1950 dalam usia 23 tahun.




http://www.i-dus.com/2010/03/foto-foto-langka-agresi-militer-belanda.html

Red_Tomato
27-03-2010, 08:31 PM
belanda :cambuk:

:niceinfo:

Akihisa
27-03-2010, 09:50 PM
Mantap ne TS na
Mengingatkan anak2 muda sekarang tuk mengahargai dan menghormati para pejuang
yang telah mengorbankan jiw a dan raga melawan penjajah
MERDEKA!
:onfire::onfire::onfire:

Belanda
:dead:

kanga6us
27-03-2010, 09:57 PM
oh surabaya..dulu dan sekarang tetap sama...kalo dulu dijajah belanda
kalo SEKARANG DIJAJAH MAHO yg mau KONFERENSI...

joe_cfu
27-03-2010, 10:24 PM
:sigh: pas penyerbuan belanda k surabaya, panglimanya aja ilang tah kemana...

belanda memang sucks saat iti... :hahai:

MERDEKA

sicky
28-03-2010, 11:24 AM
belom ada Supriyadi yaah??

megapro04
28-03-2010, 04:32 PM
Terima kasih kepada para pejuang yg telah mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan anak cucu dan bangsa mereka...

kabuki
28-03-2010, 04:39 PM
:matabelo: fto yg bner2 langaka ni blm pernah aq liat2 dmn2 ni fto2ny

gnaah
28-03-2010, 04:43 PM
Wih keren gambarnya.
hemm baru tahu orang belanda jaman itu gk rata-rata berbadang tinggi .

pcgamekita
28-03-2010, 06:58 PM
gila !!!!! Keren banget gambar nya. Gue sampe terharu/.

basex
28-03-2010, 07:05 PM
mantap bener gambarnya...dari sudut pandang kompeni nih....
miris banget liat pejuang kita yang gugur pas d senapan mesin itu....:angel1:

emily
28-03-2010, 07:40 PM
dapet darimana bro?
nice info...

Sunoe
29-03-2010, 04:35 PM
Beh...
fisiknya kalah telak...
tapi semangat-nya selalu tinggi...

boa4fr
29-03-2010, 05:56 PM
nice info broo....fotonya item putih..haha

calcium
29-03-2010, 06:00 PM
Hm... tapi akhirnya Indonesia bebas juga, walau ga berkembang sepesat Belanda, tapi oklah.
Hebat juga ya photografer jaman dulu.

rendry
29-03-2010, 06:20 PM
thanks for sharing gan...

zart_zaku
01-04-2010, 10:46 PM
keren. ternyata gambar2 jaman perang masih ada ya.

Animers
03-05-2010, 02:01 AM
wah bener2 langka nih fotonya, gila foto jadul masih ada aja, dan waktu itu juga sempat aja jepret :top:

dwi5314
03-05-2010, 02:33 AM
Nih foto bru pertama kalix wa liat. Sebelumx wa liat foto2 perang macam ini di indonesia cma di buku sejarah doang, tpi yg ini komplit bngt. Tpi wa slut ma pjuang indonesia yg gagah brani melawan belanda. Klo ja pejuang kita gagal saat itu, mungkin kita msih d jajah ma belanda. Bayanginx ja males wa :panda:

akatobe
03-05-2010, 05:19 AM
keren bro, ini foto nya dapet dari orang londho ya bro..
yang foto bombardir dari atas itu yang paling ngena d feeling..

ryudo2012
09-05-2010, 01:32 AM
wah bener2 salut ama yg foto
bener2 langka ...... :top:

makcrot
25-05-2010, 09:36 AM
mantap bener gambarnya...dari sudut pandang kompeni nih....
miris banget liat pejuang kita yang gugur pas d senapan mesin itu....

kacino
25-05-2010, 04:15 PM
Melihat gambar ini.... sambil melihat para KORUPTOR yang ada zaman sekarang....
Melihat gambar ini.... sambil melihat kolong2 jembatan.....
Melihat gambar ini.... sambil Melihat rakyat yang ditindas oleh kekerasan.....

Karena kami tidak boleh memilih
dan kamu bebas berencana ...
Karena kami cuma bersandal
dan kamu bebas memakai senapan ...
Karena kami harus sopan
dan kamu punya senjata ...
maka TIDAK dan TIDAK kepadamu
By. WS RENDRA


INDONESIA MASIHKAH ENGKAU TANAH AIRKU By. Husni Djamaludin

Indonesia tanah airku
tanah tumpah darahku
di sanalah aku digusur
dari tanah leluhur...

Indonesia tanah airku
tanah tumpah darahku
di sanalah airku dikemas
dalam botol-botol aqua...

Indonesia tanah airku
di sanalah aku berdiri
jadi kuli sepanjang hari
jadi satpam sepanjang malam...

Indonesia tanah airku
Indonesia di manakah tanahku...

Indonesia tanah airku
Indonesia dimanakah airku...

Indonesia tanah airku
tanah bukan tanahku...

Indonesia tanah airku
air bukan airku...

Indonesia, masihkah engkau tanah airku ?
Tuhan, jangan cabut Indonesiaku
dari dalam hatiku

deadrudal
25-05-2010, 08:44 PM
wah para londo sing biadab n kurang ajar...

keluar dari tekanan negara tetangga y k sempat-sempatnya njajah kembali Republik tercinta ini...

molenjawa
25-05-2010, 08:51 PM
mantab gan.. http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/088.gif
sekaligus mengingatkan kita semua bahwa sangat berat tuk memperjuangkan kemerdekaan kita.. beribu salut untuk pahlawan2 kita..http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-72.gif

runinvst
26-05-2010, 08:01 AM
bener2 mantap gan jadi merinding...........

PhantomPain
26-05-2010, 08:37 AM
Jendral Sudirman memang "Jenius dalam Perang Gerilya" :top:

Belanda ngimpi mau menjajah total Indonesia lagi.. Indonesia tumpah darahku sampai mati !! :semangat:

sondonkpoenya
26-05-2010, 10:06 AM
ternyata dulu ada juga seksi dokumentasi ya..hehe

aryef23
26-05-2010, 09:56 PM
mantap bro, seharusnya foto kaya gini harus diabadikan juga
seperti di museum2 :piss: