PDA

View Full Version : Fatwa Muhamadiyah: BUNGA BANK HARAM



de_unlimited
05-04-2010, 02:18 PM
Muhammadiyah Haramkan Bunga Bank
Anwar Khumaini - detikNews
http://www.detiknews.com/images/content/2010/04/04/10/muhammadiyah.jpg

Jakarta - Setelah mengeluarkan fatwa haram terhadap rokok, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah kembali mengeluarkan fatwa haram. Melalui Majelis Tarjih dan Tajdid, organisasi Islam yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan tersebut mengharamkan bunga bank.

"Muhamamdiyah melihat ada persamaan antara riba dengan bunga. Dengan kesamaan itulah maka karena riba haram maka bunga juga haram," kata Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhamamdiyah Fatah Wibisono kepada detikcom, Minggu (4/4/2010).

Menurut Fatah, bunga bank hukumnya haram karena adanya imbalan atas jasa yang diberikan oleh pemilik modal atas pokok modal yang dipinjamkan.
"Tambahan imbal jasa itu bersifat mengikat dan diperjanjikan sebelumnya," imbuhnya.

Alasan lain kenapa bunga bank haram, menurut Fatah karena yang menikmati bunga bank adalah para pemilik modal.

"Nah jadi berdasarkan kesamaan sifat antara riba dan bunga, maka bunga mengikuti hukum riba, yaitu haram," tegas Fatah.

Fatwa haram terhadap bunga bank tersebut sebenarnya sudah diputuskan pada Musyawaran Nasional Muhammadiyah pada tahun 2006 lalu. Sedangkan untuk keputusan resmi baru dikeluarkan Sabtu 3 April 2010 malam lewat rapat pleno Musyawarah Nasional (Munas) ke-27 Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
(anw/anw)


sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/04/04/070247/1331417/10/muhammadiyah-haramkan-bunga-bank


Gua cuma bisa geleng2 pala doang.... disaat kondisi perekonomian yang masih labil... ada lagi yang mengeluarkan statement yang (bagi gua: kontroversial)

Maybe.. just maybe... klo statement ini dikeluarkan saat perekonomian kuat gpp..
or simply ga usah pake pernyataan... sudah siapkah umat islam klo minjem duit ke sumber syariah saja... ntar malah dibikin bank non syariah tdk memberikan jaminan dlm bentuk apapun kepada umat muslim krn bunga bank di anggap haram siapa yang repot... ya yang kecil juga....

Modjoh
05-04-2010, 03:27 PM
Intinya mereka mau bilang, bank bunganya 100% untuk nasabah biar tabungannya nambah isinya perbulan....

:sigh:

khachang
05-04-2010, 03:30 PM
Hmm .. Kurang mengerti .. Nyimak dolo aja deh ..

baymawarto
05-04-2010, 03:31 PM
kayaknya dulu kata Muhammadyah klo bank pemerintah gak papa?

klo gak salah...

Tyre_X
05-04-2010, 03:32 PM
ngak bisa ngomong apa2 neutral aja deh

kanga6us
05-04-2010, 03:47 PM
ya emang dari dulu yang namanya bunga bank itu haram, kan sama aja jika uang kita disimpan, trus tiba2 nambah,
lha asal tambahan duit tuh dari mana?kan gak mungkin di kasih ama bank, pastinya ntu duit hasil perputaran uang yg ada di bank kan?
makanya sekarang kan ada bank syariah, bank khusus orang muslim..jadi yg PENGEN NABUNG DI BANK pilih aja bank syariah
kan duitnya jelas, ada sistem bagi hasil, kita yg beri modal, mereka yang meminjamkan modal kita, jadi sama2 menikmati..gitu..
istilah kerennya 50:25:25, sebagian buat pemilik, sebagian buat bank, sebagian buat penggerak modal..gitu menurut ane

@TS-nya: menurut anda kontroversial, itu [maaf] mungkin bagi orang yg gak ngerti agama..

ane bukan muhammadiyah, ane cuma orang NU jatim, orang desa, yg tau nabungnya pake bambu..
ntu kan keputusan mereka..jadi kenapa anda yg pusing, kalo ga mau y gak usah diikuti..

ni thread koq gini ya, abis ni ntar ada rokok kok haram,abis ntu pacaran kok haram..:lalala:

H1p000
05-04-2010, 04:35 PM
kalau menurut w mendingan nabung dibank syariah lebih adil :piss:

de_unlimited
05-04-2010, 05:01 PM
Ouch... gua kan cuma kasi tau... plus kasi pendapat...

yah sapa tau buat yang ikut muhamadiyah, and belum denger kabar ini bisa tahu... nah klo pendapat mah murni gua... and dasar pendapat gua kan bisa diliat diatas... TIMING... saat ini kondisi perekonomian masih labil plus saat ini pasar masih dikuasai bank konvensional... BAHKAN Bank Indonesia (babenya bank di indonesia) aja masih make sistem bunga...
takutnya si ada massive shifting di area kredit ini yang menyebabkan ambruknya perbankan indonesia, untungnya si very unlikely untuk massive rush begitu... BUT dengan pernyataan ini tetep aja akan ada investor yang melihat ke sisi ini... takutnya doi jadi ragu2... soalnya as you know what company biasanya debt atau kredit.. and Syariah biasanya cost of debt nya lebih tinggi (contoh kpr di muamalat bisa kena margin misalnya 16%, tapi pakai bunga konvensional 9%, nilai plus ikut syariah.. margin tidak akan berubah.. selama periode pinjaman, klo bunga konvensional mengikuti pasar, jadi misalnya bunga pasar jadi 20%, yang kpr muamalat untung, tapi klo bunga pasar ngga fluktuatif yah bunga konvensional adalah pilihan rasional (buat gua))

so klo kondisi perekonomian indonesia emang udah stabil mengeluarkan fatwa ini imo gpp karena akan mendorong kemajuan bank2 syariah.

tapi klo ekonomi lagi loyo begini takutnya... lo kredit motor, KPR, dan segala kredit lainnya jadi menurun yang pada akhirnya ngga terjadi perputaran uang dan BAMM... finished..

Hopefully kata beberapa ahli si Gapapa adanya fatwa ini masih bersifat mengarah ke konstituen muhamadiyah aja.

Hmm riba haram jelaslah, loan shark haram jelas juga, bunga bank haram hmmm maybe.. why maybe? imho negara masi butuh bunga... negara (seharusnya) ngurusin umat..

soal gua ga tau agama... well sure i dont... alquran belom paham smua gua walau udah pernah khatam beberapa kali... hadis juga sedikit doang yang hapal...

the truth is i am just casual moslem... i sholat, i puasa, i can read quran a litle , i visit kulsub sometime.. and i keep critical mind not just nod and nod... that way when i understand something i'll hold it dearly...

Soal Rokok atau pacaran haram... hmmm itu ga akan di bahas lah..

common sense lah... ga usah pake dalil agama juga dah bisa nentuin sendiri...
rokok => sakit => lo peduli sehat => lo ga ngrokok
=> Lo ga peduli => lo tetep ngrokok

common sense..

blueplanetto
05-04-2010, 05:16 PM
lah emang haram dari dulu :swt: gak usah dikasih tau juga udah ngerti :lalala: makanya sekarng dicoba ada bank sayriah, untuk meminimalisir haramnya, walau gak sempurna :sigh:

masak g pernah denger da hadist yang mengatakan nanti pada suatu jaman manusia tidak akan bisa terlepas dari riba :???:, ya itu sekarng ini :haha:
klo gak mau haram mending punya kelebihan uang ditabung di bank syariah atau lebih baik lagi digunain buat modal usaha :cambuk:

Arthuria
05-04-2010, 05:40 PM
kalo di novelnya kang abik (Habbiburrahman al Farizy), menurut dia tergantung ama banknya, kalo banknya beroperasi hanya untuk mencari bunga aja tanpa melakukan tindakan yang ada faedahnya maka bisa dianggap haram, tapi kalo banknya menyeimbangkan antara mencari keuntungan dengan bunga tapi tetap juga menyeimbangkan dengan memberikan pelayanan lain yang besar faedahnya, maka bisa dinilai mubah

kanga6us
05-04-2010, 06:01 PM
dari awal anda udah bawa agama..maka otomatis, dalil akan mengikutinya..
saya bukan kyai, bukan juga ustad..hendaknya kita bukan saling menghujat..malah harus mendukung..
buat yg bukan muslim, kan gak ada larangan..tp kalo yg muslim..anda ikuti dalil atau ikuti nafsu..
sekian coment dari saya
mohon beribu maaf bila kk dan juragan smua tersinggung..mudah2an gak ngejunk..:piss:

hanamaru
05-04-2010, 10:16 PM
ya emang dari dulu yang namanya bunga bank itu haram, kan sama aja jika uang kita disimpan, trus tiba2 nambah,
lha asal tambahan duit tuh dari mana?kan gak mungkin di kasih ama bank, pastinya ntu duit hasil perputaran uang yg ada di bank kan?
makanya sekarang kan ada bank syariah, bank khusus orang muslim..jadi yg PENGEN NABUNG DI BANK pilih aja bank syariah
kan duitnya jelas, ada sistem bagi hasil, kita yg beri modal, mereka yang meminjamkan modal kita, jadi sama2 menikmati..gitu..
istilah kerennya 50:25:25, sebagian buat pemilik, sebagian buat bank, sebagian buat penggerak modal..gitu menurut ane

@TS-nya: menurut anda kontroversial, itu [maaf] mungkin bagi orang yg gak ngerti agama..

ane bukan muhammadiyah, ane cuma orang NU jatim, orang desa, yg tau nabungnya pake bambu..
ntu kan keputusan mereka..jadi kenapa anda yg pusing, kalo ga mau y gak usah diikuti..

ni thread koq gini ya, abis ni ntar ada rokok kok haram,abis ntu pacaran kok haram..:lalala:

setubuh sama komentar bos ini.....
buat yang muslim, silahkan mau diikuti pa gak, terserah masing-masing aja. dosa ditanggung masing-masing :piss:
semuanya sudah ada kok di kitab suci. coba di baca and dipahami. bahkan sunah nabi pun pernah menyebutkan juga.

sudahlah tred begini gak pantes ditaruh di idws sepertinya. :sigh:

Eiyuu
06-04-2010, 08:55 AM
bunga bank ama bagi hasil ala syariah emg bedanya apa?beda bahasa doang.jgn smbrgan bkn fatwa lah.lo itu manusia biasa.mana berhak nentuin haram dan halal?lagaknya kaya nabi aja.klo ga mw dpt bunga ya ga usah.jgn ngajak2 org laen buat nabung dibawah kasur.

blueplanetto
06-04-2010, 11:44 AM
bunga bank ama bagi hasil ala syariah emg bedanya apa?beda bahasa doang.jgn smbrgan bkn fatwa lah.lo itu manusia biasa.mana berhak nentuin haram dan halal?lagaknya kaya nabi aja.klo ga mw dpt bunga ya ga usah.jgn ngajak2 org laen buat nabung dibawah kasur.

apakah anda tau salah satu faktor utama perusak ekonomi di dunia sekarang kita tinggalin adalah bunga (riba)__________:ngacir:
seandainya yang ada adalah "bagi hasil" tidak akan ada kelaparan di belahan dunia yg lain sana_____:ngacir:

bustin
06-04-2010, 11:54 AM
ya udah lah, gak usah taro duitnya di bank
no prob kan, kita buka rekening itu kan atas pilihan kita, bukan paksaan
kalau dianggap haram, gak usah di taro di bank
ya paling bank2 pada tutup, makin banyak lagi pengangguran, krisis ekonomi akan melanda lagi
so what?! mereka gak perduli kan begituan! pabrik rokok aja mo ditutupin karena haram!

menurut ane masih banyak masalah lain yang perlu diperhatikan
malnourished bangsa indonesia, under educated, masih banyak lagi
ngapain pusingin, film lah, pake artis AV lah diurusin sampe segitu

kalau kegigihan mereka dalam mengurusi hal2 seperti ini di aplikasikan ke usaha memperbaiki nasib orang2 kecil
pasti dah terbantu banyak rakyat kita
IMHO

Raestloz
06-04-2010, 11:59 AM
Memangnya perbedaan cara kerja bunga bank non/syariah apa? :???: Setahu saya bunga bank juga diputer sama itu bank buat dipinjemin ke orang dan bunga pinjaman itu yang jadi bunga buat kita :???:
Di halaman 1 dibilang metode bank syariah itu "bagi hasil", lah kalau metodenya sama (minjemin orang duit, ambil bunganya, terus bunganya dijadiin bunga bank) kan sama aja? :???:
Kan ga mungkin yang punya bank panggil jin pengganda uang buat jadi bunganya :cambuk:

thejapz
06-04-2010, 12:10 PM
ane sih gan ada setuju nya juga bunga bank haram
soalnya klo untuk orang yang minjem terus usahanya kurang berhasil

tetep aja harus bayar bunga..
jd malah tambah susah gan :hot:

alphonse2000
06-04-2010, 01:46 PM
nabung ga boleh dapet bunga, bearti minjem duit juga ga boleh pake bunga :haha:

balthasar12
06-04-2010, 02:10 PM
conclusion: nabung di bank konvensional itu haram, karena bunganya haram. klo gk ada bunga ngapain nabung? ya kan?

jerukno15
06-04-2010, 02:57 PM
seandainya yang ada adalah "bagi hasil" tidak akan ada kelaparan di belahan dunia yg lain sana_____:ngacir:

kenapa di belahan dunia yang lain sana :???: saia gak ngerti maksudnya :???:
apa ini sama sistemnya akan diarahkan kek negara sosialis macam russia sama kamboja :???:

maaf nanya aneh aneh, saia bener bener gak ngerti :swt:

de_unlimited
06-04-2010, 03:37 PM
apakah anda tau salah satu faktor utama perusak ekonomi di dunia sekarang kita tinggalin adalah bunga (riba)__________:ngacir:
seandainya yang ada adalah "bagi hasil" tidak akan ada kelaparan di belahan dunia yg lain sana_____:ngacir:

hmmm.... saya tidak tahu... data ini dikutip dari mana yah? berdasarkan apa?

=> bukan... saya bukan mau ngomongin soal dalil agama... tapi jika data yang disebut disini valid kan kita bisa share ke-orang2... agar kita bisa bersama mencegah rusaknya ekonomi dunia...

tapi klo cuma data hasil spekulasi ya.... gimana gitu...

dan kenapa harus di belahan dunia lain sana... knapa ngga disini saja... pan ga beda jauh..

blueplanetto
06-04-2010, 03:38 PM
Memangnya perbedaan cara kerja bunga bank non/syariah apa? :???: Setahu saya bunga bank juga diputer sama itu bank buat dipinjemin ke orang dan bunga pinjaman itu yang jadi bunga buat kita :???:
Di halaman 1 dibilang metode bank syariah itu "bagi hasil", lah kalau metodenya sama (minjemin orang duit, ambil bunganya, terus bunganya dijadiin bunga bank) kan sama aja? :???:
Kan ga mungkin yang punya bank panggil jin pengganda uang buat jadi bunganya :cambuk: seach di google kelebihan ekonomi syariah dari pada ekonomi konvensional :cambuk:


kenapa di belahan dunia yang lain sana :???: saia gak ngerti maksudnya :???:
apa ini sama sistemnya akan diarahkan kek negara sosialis macam russia sama kamboja :???:

maaf nanya aneh aneh, saia bener bener gak ngerti :swt:
panjang ceritanya :dead:
sistem interest (bunga) berkaitan erat dengan ekonomi liberal aka US. Fondasi teori sejak adam smith (the invisible hand) 1700-an. Bank yang pertama muncul di sana dan menerapkan sistem bunga seperti sekarng, kemudian dibangunlah bank central. ya singkat cerita dari masa itu sampe masa sekarang sistem ekonomi itulah yang dipake "mau-tidak mau" oleh negara2 di dunia, untuk melepaskannya ya gak bisa/gampang/mudah...bisa perang dunia tuh :dead: (liat komunis :lol:). Ekonomi syariah sebagai penawarnya muncul baru2 sekarang, tapi gak bisa overcome ekonomi liberal :lol: (lah kekuasaan aja ada di US dngn IMF, World Bank, dll ).
itulah awalnya sitem interest (bunga), Kemudian interest bukan hanya di pake di bank tapi bertranformasi lagi ke sistem keuangan lain co: pasar uang, pasar modal, pasar barang :dead: dan itu semua menggunakan spekulasi yang dibalut dalam expectasi. Jadi deh seperti sekarng ini :madesu: bila negara lain sistem keuangannya colapse negara kitapun bisa ikut :dead:
untuk meminimalkan dampaknya tentu saja ada bank central (BI),namun itu tidak bisa menjaga. Smua negara pasti punya bank central :haha:

intinya dengan sistem interest tersebut membuat ekonomi itu rapuh, kenapa karena dalam setiap second terjadi transaksi di pasar keuangan dan bila ada "miss/fail" maka akan dirasakan oleh berbagai kalangan, orang, masyarakat di seluruh dunia. Tidak ada yang bisa merubahnya karena sistem ekonomi dunia sudah terlanjur seperti itu, yang bisa dilakukan hanya meminim. lewat central bank tadi.

oh ya obatnya ya ekonomi syariah itu tapi untuk menjadikan sistem ekonomi dunia mengikuti ekonomi syariah itu masih perlu perjuangan dan langkah berpuluh-puluh tahun :haha: atau mungkin abis perang dunia ketiga :lol:

dewabau
21-09-2010, 03:00 PM
bunga bank kok haram....
aneh aneh wae
:cool:

lucaviend
21-09-2010, 03:23 PM
terserah mo haram ap ga...
saia lom pnh make ini bunga bank:haha:

am4terazu
21-09-2010, 10:15 PM
Bingung bner ane.... :pusing:
nyimak aja deh... :swt:

moonshine
21-09-2010, 10:26 PM
uang itu sendiri adalah bunga bank......balik ke dinar (emas) aato dirham (perak)

ThE_GuarD
21-09-2010, 10:37 PM
klo menurut ane bukan menurut muhammadiyah gan,itu mah menurut agama islam dari dulu yg nmnya bunga bank,riba dan sejenisnya mah haram,smua tergantung kita gimna menyingkapinya,mau ikutin agama apa dunia???tergantung pribadi masing-masing aja itu mah gk usah di bikin pusing,dari dulu ada haram dan halal,nah kita mau yg mana tinggal milih aja :hahai:

LoWa
22-09-2010, 01:44 AM
hmm.. jadi mendingan nabung di bank syariah yh :hmm:

azchtein
22-09-2010, 07:58 AM
bisa dapet bunga bank gapapa wong tabungan sy keberangus biaya bulanan 8rb di mandiri 10rb di bca... jd males nabung deh

tienming
22-09-2010, 11:12 AM
bisa dapet bunga bank gapapa wong tabungan sy keberangus biaya bulanan 8rb di mandiri 10rb di bca... jd males nabung deh

loh kalo di bank syariah kena berapa?

tienming
22-09-2010, 11:14 AM
bisa dapet bunga bank gapapa wong tabungan sy keberangus biaya bulanan 8rb di mandiri 10rb di bca... jd males nabung deh

loh kalo di bank syariah kena berapa?

buayavegetarian
22-09-2010, 11:47 AM
klo mnurut sy sih,riba itu kan bunga n riba=haram,terlepas bunganya itu bunga bank, ato kita minjemin duit ke org pake bunga secara pribadi.. dari dulu satau sy jg udah haram.. :awas: :awas: :awas:


bunga bank ama bagi hasil ala syariah emg bedanya apa?beda bahasa doang.jgn smbrgan bkn fatwa lah.lo itu manusia biasa.mana berhak nentuin haram dan halal?lagaknya kaya nabi aja.klo ga mw dpt bunga ya ga usah.jgn ngajak2 org laen buat nabung dibawah kasur.


trus bedanya sama bagi hasil gmn? well,setau sy lagi :

1. pinjam-meminjam,utang-piutang dalam islam tuh sifatnya tolong menolong.. jadi kalo imbalannya ditentukan di awal (bunga sekian-%) tuh g boleh, klo yg kita pinjemin nambahin jumlah uang wkt ngembali'innya sbg tanda terima kasih,gpp.. yg perlu d garis bawahi g ada perjanjian seblumnya..

2. lain halnya klo bank dapet untungnya dari investasi (deviden),ini termasuk bagi hasil.. klo maw taw investasi yg halal n haram browsing snidir aja y

3. bedanya klo d bank syariah kita tetep dapat semacam 'bunga' tapi g ditentuin d awal jumlahnya berapa %, jd jumlahnya berubah2 sesuai dengan kepemilikan modal nasabah berapa persen n laba bersih bank itu sendiri.. ini yang namanya bagi hasil..

4. kan d bank niatnya nyimpen uang bro,bukan menambah penghasilan.. klo mau duit bertambah y jangan di simpan a.k.a. di investasikan biar dapet hasil di kemudian hari.. :peace: :peace: :peace:


trus gimana klo g nyimpen duit di bank? yeah,lagi2 menurut saya bro :

1. kan di bank niatnya nyimpen,jadi y jumlahny duit yg kita pake tetap jangan di tambah bunga,minus biaya administrasi.. kalo mau.. :hahai: :hahai: :hahai:

2. klo beli jangan kredit (beuh berat ini!!!) :panik: :panik: :panik:, ato klo mau kredit lewat bank syariah lah,bwt meminimalisir..

tapi balik lagi,dari info yg saya baca blum ada bank syariah yg bener2 syariah.. klo udah begini ya kembali ke diri kita lagi,dari niatnya.. jujur,sy pribadi sih masih blum punya rekening di bank syariah,masih d BC* & M***iri soalnya sy pikir masih sama aja,jd sy lebih memilih 2 solusi d atas.. :sebel: :sebel: :sebel:



kalo di novelnya kang abik (Habbiburrahman al Farizy), menurut dia tergantung ama banknya, kalo banknya beroperasi hanya untuk mencari bunga aja tanpa melakukan tindakan yang ada faedahnya maka bisa dianggap haram, tapi kalo banknya menyeimbangkan antara mencari keuntungan dengan bunga tapi tetap juga menyeimbangkan dengan memberikan pelayanan lain yang besar faedahnya, maka bisa dinilai mubah

novel y,jujur sy belum baca, n g minat baca,hehe.. :hahai: :hahai: :hahai: tp sy pernah baca hadist yang intinya klo yang halal dan haram bercampur maka akan dominan yag haramnya.. yah,kita harus lebih hati2 lagi sih bro,apalagi ntar buat makan anak istri.. kita aja, sy yakin smua lah, g mau makan duit ortu klo itu hasil korup (ato dari sumber yg haram laeny),y nggak??

n pernah baca di Lounge jg klo g salah, jepang mulai mengadopsi sistem syariah.. well,true or not,browsing2 aja snidiri... :wuek: :wuek: :wuek: :wuek:

morons
22-09-2010, 07:31 PM
bedanya bunga bank biasa ama yg syariah apaan...
iya aja dahh:rokok:
ga kena hukum juga kalo gw beda pendapat ama mereka:yareyare: