PDA

View Full Version : Info BBM Oktan Tinggi menambah power (DK) kendaraan???



bHell
15-04-2010, 01:54 AM
thanx 2 click! (http://www.kaskus.us/member.php?u=1065722)

===

Kayaknya kita sering denger anggapan orang, ataupun klaim Produsen dari produk tertentu yang menginformasikan bahwa "Kenaikan nilai oktan dari BBM yang kita gunakan akan menambah daya mesin kendaraan kita".

Sejauh mana kebenarannya???:confused:

Berikut ini informasi yg saya dapat dari Majalah "Bike" - Inggris; edisi Maret 2010.

Pengetahuan mengenai bahan bakar

What is Knock? Campuran udara-bahan bakar didalam ruang pembakaran seharusnya terbakar dengan sempurna setiap kali, pembakaran dimulai dengan sebuah api yang bersumber dari busi dan bergerak meluas sampai kepada ujung ruang. Kenyataannya, reaksi ini berlangsung dengan adanya gas yang tidak terbakar pada ujung ruang bakar dan dapat memicu terjadinya pembakaran spontan. Pembakaran spontan ini akan menyebabkan tekanan diruang bakar mendadak tinggi dan menyebabkan terjadinya kerugian daya, overheating, dan suara ketukan (knocking sound).

Bagaimana cara untuk mencegahnya? 1) Dengan memundurkan waktu pengapian. Hal ini akan mempersingkat waktu pembakaran bahan bakar yang berlangsung ketika tekanan meninggi akibat pergerakan piston ke titik mati atas (TMA) silinder. Bagaimanapun, memundurkan waktu pengapian akan mengurangi daya. 2) Cara lain untuk mencegah knocking tanpa mengorbankan performa adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan rating oktan yang lebih tinggi.

Apa itu rating oktan? Rating oktan tidak ada hubungannya dengan kandungan energy didalam bahan bakar, ataupun jumlah daya yang dibangkitkannya. Rating oktan adalah ukuran ketahanan bahan bakar terhadap knock selama pembakaran. Rating ini ditentukan oleh skala relative terhadap 2 jenis hidrokarbon tertentu; n-heptana (yang mudah terbakar) dan iso-oktan (yang memiliki sifat anti-knock yang baik). Bahan bakar dengan rating oktan 95 berarti memiliki sifat ketahanan terhadap knock yang sama dengan yang ditunjukan oleh campuran yang terdiri atas 95% iso-oktan dan 5% n-heptana. Rating dapat bernilai lebih dari 100 dengan menggunakan bahan seperti timbal tetraetil, yang lebih tahan knocking bila dibandingkan dengan iso-oktan.

Nilai apa yang kita biasa lihat di SPBU? Kalau di Inggris, rating oktan yang biasa digunakan adalah research octane number (RON). Bahan bakar bebas timbal yang umum (disini Premium) memiliki RON-95 dan bahan bakar bebas timbal “Super” dengan rentang RON 97-102. Nilai lain yang kurang umum digunakan adalah motor octane number (MON). MON membutuhkan pengujian pada rpm engine yang lebih tinggi dan waktu pengapian yang semakin maju, sehingga nilainya akan lebih rendah dari nilai RON. Bahan bakar RON-95 diatas memiliki nilai MON-85. BBM jenis gasoline (di Indonesia = bensin utk mobil/motor) memiliki nilai panas yg sama yaitu sekitar 32.000 kJ/liter = 7.643 kkal/liter [cek di: http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline#Chemical_analysis_and_production]

Bagaimana menentukan nilai rating oktan? Rating oktan untuk sebuah bahan bakar ditentukan dengan menggunakannya pada sebuah Cooperative Fuels Research engine. Engine 1 silinder 611cc berkarburator memiliki rasio kompresi yang bervariasi dari 4:1 hingga 18:1.

1. Untuk menentukan nilai RON.
Engine dijalankan pada 600 rpm; rasio kompresi diatur sedemikian sehingga terjadi sejumlah tertentu knock. Nilai rasio yang diperoleh kemudian digunakan untuk membakar campuran n-heptana dengan iso-oktan. Perbandingan campuran n-heptana dengan iso-oktan yang menunjukkan kondisi knock yang sama dengan bahan bakar yang diuji adalah yang menjadi nilai oktan bahan bakar.

2. Untuk menentukan nilai MON
Engine dijalankan pada 900 rpm dengan temperatur udara 38 oC dan temperatur campuran bahan bakar 149 oC dan waktu pengapian yang semakin maju seiring dengan naiknya rasio kompresi. Kondisi ini menyebabkan bahan bakar mengalami tekanan yang lebih tinggi dan membuatnya lebih mudah untuk mengalami knock.

Proses Pengujian

Pengujian menggunakan BMW S1000RR dan Suzuki GSX-R1000, keduanya berspesifikasi 4 silinder segaris, 1000cc, dan disyaratkan pabrikan menggunakan BBM dgn oktan minimal 95.


http://u.kaskus.us/3/8zic0jdy.jpg
BMW S1000RR
http://u.kaskus.us/3/yrpufzzm.jpg
GSX-R1000


TES PERTAMA [Premium Standar bebas timbal]
Rating oktan RON-95; MON-85, harga 110,9 pence/liter.
Dimulai dengan mengosongkan tangki bahan bakar dan mengisinya dengan bahan bakar bebas timbal standar. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan garis dasar (baseline) daya engine standar untuk pengujian, juga untuk mengecek bahwa kedua motor sudah bekerja dengan seharusnya.
HASIL : BMW berdaya 190,6 bhp dan 83,4 lb.ft
Suzuki berdaya 162,4 bhp dan 80,0 lb.ft


http://u.kaskus.us/3/4nx7juf5.jpg
ketiga BBM yang digunakan

TES KEDUA [Shell V-Power]
Rating oktan RON-99; MON-86, harga 118,9 pence/liter.
Bahan bakar Super bebas timbal disyaratkan memiliki nilai RON-97 minimal, jadi V-Power termasuk kedalam bahan bakar beroktan tinggi. Dimulai dengan mengosongkan tangki bahan bakar, mengisinya dengan V-Power dan melanjutkannya dengan pengujian diatas Dyno dengan bukaan gas penuh.
HASIL : BMW berdaya 190,5 bhp dan 83,6 lb.ft
Suzuki berdaya 162,7 bhp dan 79,8 lb.ft

TES KETIGA
Rating oktan RON-102; MON-90, harga 246 pence/liter.
BP mengklaim akan diperoleh peningkatan daya sekitar 4 sampai 7,5% untuk mobil yang menggunakan Ultimate 102 ini (walaupun terdapat catatan kecil: hal ini diperoleh setelah memodifikasi peta pengapian terlebih dahulu). Kondisi motor yang diuji tetap standar, meskipun kemungkinan teknologi manajemen engine milik BMW [kontrol anti-knock] akan beradaptasi dengan nilai oktan yang semakin tinggi.
HASIL : BMW berdaya 190,6 bhp dan 83,1 lb.ft
Suzuki berdaya 163,2bhp dan 79,6 lb.ft


Grafik Daya dan Torsi motor VS rpm
http://u.kaskus.us/3/0rf4atwf.jpg


KESIMPULANNYA...
Bahan bakar yang lebih mahal [dengan nilai oktan lebih tinggi] TIDAK memberikan kita daya yang lebih besar. Tidak, pada pengujian kali ini dan pada kedua motor ini. Peningkatan yang terjadi hanya ada pada Suzuki dan kurang dari 0,5% peningkatan. Bahan bakar apapun yang digunakan, kedua motor memberikan gambaran kurva daya dan torsi yang identik/serupa. Pada dasarnya, hal ini terjadi karena kedua motor itu didisain dan dipetakan untuk menggunakan bahan bakar dengan bahan bakar bebas timbal dengan RON-95. Nilai oktan lebih tinggi yang dibeli tidak memberikan daya yang lebih besar. Nilai oktan yang lebih tinggi itu hanya memungkinkan engine bekerja pada rasio kompresi yang lebih tinggi atau pada waktu pengapian yang lebih maju >> dimana kedua hal inilah yang akan memberikan daya ekstra.

Motor sportsbike buatan Jepan, seperti GSX-R1000 tidak dilengkapi teknologi yang memungkinkan untuk memodifikasi baik itu kompresi atau waktu pengapian yang menyesuaikan rasio kompresi, sehingga nilai oktan yang lebih tinggi tidak akan memberikan perubahan apapun. BMW S1000RR yang memiliki teknologi untuk mendeteksi knocking didalam ruang pembakaran dan mampu memundurkan waktu pengapian untuk mencegah knocking secara otomatis, pada kondisi pengujian kali ini, menunjukkan bahwa bahan bakar standar tidak memberikan daya yang lebih rendah bila dibandingkan dengan daya yang dihasilkan oleh bahan bakar yang dijual dengan harga 2X lipatnya.

Begitu informasi yang saya dapatkan, semoga bermanfaat buat Agan semuanya.

Hasil scan majalahnya...
http://u.kaskus.us/3/qvhocaut.jpg dan http://u.kaskus.us/3/zkhnm0cf.jpg


repost from (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3860955) :flowers:



Terus kenapa bensinnya jadi mahal?
Hmmm, masalah jadi mahal itu kayaknya karena setiap BBM pasti menggunakan bahan2 aditif [ada yg fungsinya; menaikkan nilai oktan, menjaga nilai oktan, menjaga kualitas BBM sewaktu penyimpanan juga pada saat digunakan, melumasi ruang bakar, membersihkan ruang bakar, dsb], seperti bahan deterjen yg fungsinya membersihkan sistem penyuplai BBM (injektor, karburator,dll). Dengan adanya deterjen yg baik kan berarti ruang bakar bisa lebih bersih... efek2nya ntar pengaruh ke konsumsi BBM itu sendiri gan. [sumber: http://www.cartuningtips.com/35-petrol-and-petrol-additives

Jadi kalo kesimpulan yg saya dapat; BBM itu kayak kita mau beli makanan. Menu yang isinya paling lengkap dan sesuai dgn diet yang baik, pasti harganya lebih mahal.

Mendingan [B]Sesuaikan dgn spesifikasi pabrik kendaraan kita aja gan...
1. Kalo mensyaratkan minum Pertamax atau Pertamax plus, berarti jangan sampai kita beliin Premium (ato BBM dgn oktan dibawahnya). Bisa knocking dan loss power ntar.

2. Kalo mensyaratkan pake Premium aja cukup, ya jangan beli Pertamax ato Pertamax plus dengan harapan dapat tambahan power (bakal kecewa gan). Tetapi kalo beli Pertamax ato Pertamax plus karena gak pengen pake BBM bersubsidi (pengen bantu keuangan pemerintah), atau karena pengen ruang bakar lebih bersih, atau karena lebih ramah lingkungan... sah-sah aja dilakukan gan.



ane ja baru tau :swt:

dimwah
15-04-2010, 02:56 AM
bener gan aku juga engak ngarasain bedanya pakai pertamax sama pertamax +

pertamax + engak memberi power tambahan ke motorku

aku pertamax ya hehehe

NuRaider
15-04-2010, 09:55 AM
ane pake premium aja dah.. :hehe:

pertamax oktan lebih gede , ternyata...

souji
15-04-2010, 11:33 AM
pantesan aja waktu pake pertamax gw ga berasa dapet power lebih, tp kl ktnya pake pertamax bisa lebih irit bener gak tuh ya?

olesigoblog
16-04-2010, 03:46 PM
:niceinfo:
saya biasa pake bensin oplos :yahoo:

i04045
16-04-2010, 07:33 PM
lho, kalo emang mesinnya minum premium ngap dikasi pertamax / shell, kalo mesinnya dah injeksi wajib seharusnya minum pertamax, soalnya bensin premium di indonesia masih kotor,
kalo ga percaya, bandingin 2 mobil, mobil A pakai premium 1 bulan, dan mobil B 1 bulan, buka saringan bensingnya setelah 1 bulan, dan bandingkan,
trus kalo mo liat kualitan pertamax plus dan shell, bdandingin juga 2 mobil, 1 pertamax plus 1 bulan, dan 1 nya lagi shell selama 1 bulan, lalu bedah tuh saringan bensin,
baru bisa liat mana bensin yg bagus dan mana yg tidak, karena sy dah pernah coba membedah saringan bensin saya jadi sy tau.^^

kalo mesin injeksi diliat dulu pembakarannya 1: berapa ? kalo ga salah dibawah 10 itu masih boleh premium, tapi tetep aja ga dianjurkan,
ada kasus teman saya, beli city, waktu beli ditanya bisa premium ? oo tentu saja bisa kata penjualnya.
setelah setengah taun tu mobil jebol kalalytic nya gara2 timbal di premium (ini kejadian 2 taun lalu, negara indo sudah bebas timbal katanya)

penggunaan oktan tinggi emang ga akan ngaruh power secara signifikan, tapi menjaga umur mesin, kalo premium 3 taun dah rusak, kalo pake oktan tinggi bisa 7 taun baru rusak

ShiR0
16-04-2010, 08:33 PM
ternyata pertamax g bener2 bsa ningkatin power y :top:
btw pusing jg gw bacanya td :pusing:

LabiL_Tu_NikmaT
20-04-2010, 06:24 AM
@^, Indonesia bebas timbal tuh mule taon juli 06, juragan! tuh juga dah diundur yang seharusnya taon 2000an karena salah satu pimp. pertamina dapet suap dr pengusaha inggris/distributor TTL! pernah masuk Tv! CMMIW! :hot:
Klo menurut ane make bilangan oktan berapapun sama ja, sama2 membuang karbon ke udara! pake seperlu na ja, lebih ramah lingkungan lebih baik! :piss:

passat
20-04-2010, 09:16 PM
gw setuju ama keterangan TS... tampaknya bukan efek ke tenaga / power mesinnya sih , tapi mungkin ke hal pengiritan bahan bakar dan perawatan komponen dalam mesin...... :top:

chenhanz
21-04-2010, 12:31 AM
sekarang di indo uda ada shell,dripada make pertamax, enak make shell yang super extra :haha:
jadi kendaraan" bisa disesuaikan deh kebutuhannya

gituajakokrepot
21-04-2010, 01:14 AM
wuih canggih neh reportnya..

gila di sana "Premium" aja RONnya 95???? itu mah setara Pertamax Plus

danki
21-04-2010, 10:14 AM
pertama pake pertamax
karna mesin jadi cpt panas
iseng" campur premium :haha:

passat
21-04-2010, 03:31 PM
sekarang di indo uda ada shell,dripada make pertamax, enak make shell yang super extra :haha:
jadi kendaraan" bisa disesuaikan deh kebutuhannya

harganya mahal banget bro... kemaren pernah mo coba isi punya shell gag jadi coz harganya lebih mahal daripada pertamax plus.... :swt:

tawieshame
21-04-2010, 04:18 PM
eemh gitu ya, cuman motor ane... minerva, masak dari bengkel resminya malah ga ngebolehin pake pertamax, boleh pun suruh nyampur sama premium

fullhouse5
25-04-2010, 03:50 AM
rasanya kalo pake pertamax lebih halus deh mesin nya dan lajunya beda

bakakurosu
25-04-2010, 06:31 AM
makanya gunakan pertamax, kareana mengandung oktan tinggi, sehingga pembakaran lebih sempurna, dan
lebih rendah emisi dibanding yang beroktan rendah..

carlos_roy_fajarta
04-05-2010, 06:32 PM
kalau gw pakai pertamax 92 ada beberapa alasan:

1. Premium itu subsidi - dan subsidi itu sebenernya ditujukan untuk masyarakat miskin yg mampu, jadi gw sadar diri aja.
setiap kali gw ngeliat ada mobil mewah pakainya premium, gw rasa tu orang gak punya hati.
gw kecewa aja ma pemerintah sekarang, kenapa gak tegas aja kalo bensin bersubsidi hanya untuk orang kecil. cuman akal bulus pemerintah supaya citranya gak merosot di kalangan publik.
harus ada mekanisme khusus yg membuat masyarakat dari kalangan bawah saja yg bisa menikmati bbm bersubsidi.

2. bukan mengarah ke peningkatan tenaga, cuman gw mikir gimana lingkungan kalo terus2an di tutup asap kendaraan bermotor, pertamax lebih sempurna dalam pembakarannya, jadi lebih ramah lingkungan, perubahan itu di mulai dari sendiri bro.

andreef
06-05-2010, 06:03 AM
eemh gitu ya, cuman motor ane... minerva, masak dari bengkel resminya malah ga ngebolehin pake pertamax, boleh pun suruh nyampur sama premium

wkwkkw berarti mesinnya itu gan..

dimsum1987
08-05-2010, 06:41 PM
kalau gw pakai pertamax 92 ada beberapa alasan:

1. Premium itu subsidi - dan subsidi itu sebenernya ditujukan untuk masyarakat miskin yg mampu, jadi gw sadar diri aja.
setiap kali gw ngeliat ada mobil mewah pakainya premium, gw rasa tu orang gak punya hati.
gw kecewa aja ma pemerintah sekarang, kenapa gak tegas aja kalo bensin bersubsidi hanya untuk orang kecil. cuman akal bulus pemerintah supaya citranya gak merosot di kalangan publik.
harus ada mekanisme khusus yg membuat masyarakat dari kalangan bawah saja yg bisa menikmati bbm bersubsidi.

2. bukan mengarah ke peningkatan tenaga, cuman gw mikir gimana lingkungan kalo terus2an di tutup asap kendaraan bermotor, pertamax lebih sempurna dalam pembakarannya, jadi lebih ramah lingkungan, perubahan itu di mulai dari sendiri bro.

Gw setuju bro.... gw juga gtu.... gw paling pake pertamax.. kalo ada duit lebih sekali" pake pertamx plus buat mobil gw.. perawatan untuk mobil gw berkurang bro dan bersih tentunya....

dokterdewe
11-05-2010, 11:38 AM
hm... klo dari pengalaman selama ini... alias butt dyno !!

pemakaian oktan lebih tinggi meningkatkan feeling penggunaan pedal gas.... lebih ok... lebih pasti :hahai

dan lagi.... sebenarnya itu didasarkan pada setting dasar daripada system engine dari si mobil/motor itu sendiri.... tidak serta merta semua itu sama saja... karena dilihat dari metodenya itu kurang bisa mengeliminir efek efek / faktor pengganggu ....

Ri0t
12-05-2010, 12:29 AM
iya, cukup sesuaikan bahan bakar dengan rasio kompresi kendaraan kita~

klo memang cukup menggunakan premium ya gak usah boros2 ngeluarin uang buat beli pertamax~

sedangkan klo kendaraan kita memiliki rasio kompresi tinggi tentunya kita harus menggunakan bahan bakar dengan oktan yg lebih tinggi untuk menghindari gejala knocking.

jangan malah sebaliknya :keringat:

SoA
13-05-2010, 01:34 PM
klo ane sih premium aja d gan..
g' sanggup ngisi pertamax..

tot
17-05-2010, 06:15 PM
setau gua sih tergantung settingan kompresinya, n ga ada nyangkutnya sama HP...:rokok:

kalo setingan kompresi motor tinggi wajib pake bbm oktan yang lebih tinggi, kalo ga mau jebol mesin ente :siul:

h@n4!
18-05-2010, 09:14 AM
sebenernya paling enak itu pake PERTAMAX PLUS

1. PERTAMINA SPBU nya banyakk dimana2 jadi kgk perlu pusink ganti2 tipe bensin
2. PERTAMAX PLUS kgk pake ngantriiiiiii, langsung ngantri ama mobil2 keren, kgk perlu ke pengisian khusus buat motor
3. Penjaga SPBU nya lebih ramah dan penuh senyum jika anda mengisi PERTAMAX PLUS, sering ditanyain "Mulai dari Nol ya Pak" atau "Butuh Struk pak"
4. Sales Promotion Girl DI SPBU lebih sering menawarkan Produk mereka di Filling Pertamax Plus
5. Bensinnya berwarna merah, klo pake filter bensin di motor yg tembus pandang jadi keliatan KERENNNN
6. Katanya sih lebih bersih, dan kenyataan membuktikan selama 5 taon pake motor, servis besar dan kerak dalam ruang bakar sangat sedikit, dah pas dikuras tangki bensinya kelihatan kotorannya yg nyaris tidak ada

cheers en peace

galihxtreme
23-05-2010, 07:07 PM
yg jelas, motor Suzuki ane mski bkan GSXR1000 mesinnya jauh lebih alus kalo mke Pertamax...

satu1satu
25-05-2010, 08:57 AM
sebenernya paling enak itu pake PERTAMAX PLUS

1. PERTAMINA SPBU nya banyakk dimana2 jadi kgk perlu pusink ganti2 tipe bensin
2. PERTAMAX PLUS kgk pake ngantriiiiiii, langsung ngantri ama mobil2 keren, kgk perlu ke pengisian khusus buat motor
3. Penjaga SPBU nya lebih ramah dan penuh senyum jika anda mengisi PERTAMAX PLUS, sering ditanyain "Mulai dari Nol ya Pak" atau "Butuh Struk pak"
4. Sales Promotion Girl DI SPBU lebih sering menawarkan Produk mereka di Filling Pertamax Plus
5. Bensinnya berwarna merah, klo pake filter bensin di motor yg tembus pandang jadi keliatan KERENNNN
6. Katanya sih lebih bersih, dan kenyataan membuktikan selama 5 taon pake motor, servis besar dan kerak dalam ruang bakar sangat sedikit, dah pas dikuras tangki bensinya kelihatan kotorannya yg nyaris tidak ada

cheers en peace

setubuh... tapi premiun juga ada nilai plusnya yaitu bisa nambah nilai kompresi pada mesin
and kalo ane pake bensin oplosan premium + pertamax plus dengan perbandingan (3:4) sekelas pertamax biru dengan harga dibawahnya lumayan bisa beda kisaran 600-700... btw ane kalo ngisi bensin sekalian pultank kisaran 15 liter jadi hematnya berasa

rairz
26-05-2010, 01:12 PM
Kalau isi Pertamax Plus enaknya ga perlu antri, dan mesin lebih bersih.

rhux
26-05-2010, 04:24 PM
Kalau isi Pertamax Plus enaknya ga perlu antri, dan mesin lebih bersih.

setubuh :yahoo:
tapi mahal :sigh: jadi pake premium deh dan pas ngantri neliatin yg isi pertamax akhirnya :nangis:

dickichan
30-05-2010, 01:35 AM
ane pake premium aja dah

d1co
30-05-2010, 06:15 PM
setuju.... sama aja walau pake pertamax.... pas pedal gas diinjek dalem... segitu juga larinya... lebih kepada pemeliharaan mesin........

Cre98
31-05-2010, 08:47 AM
gan klo saya pake motor yamah vixion...bagus nya pake bensin biasa atau yg pertamax ya...?

yantanjunk
31-05-2010, 06:38 PM
kyk ny sama aje prtmak ma premium... krg trgantung mtr ny aje,,,klo d ane seh gt pndpat ny.. beda ny seh.. pertmak oktan pst jauh lbih mahl dr pd premium byasa,,hheeee.,..

uch3nk
01-06-2010, 07:50 AM
katanya motor ntar bakalan gak boleh bli premium lg, tp mobil pejabat yg boros2 skian ribu cc masi jalan terus :awas:

uch3nk
01-06-2010, 07:52 AM
vixion pke pertamax krn kompresi mesinnya tinggi gan...pertamax jg lbh bersih jd ga ngotorin saluran injector gan...:piss:

personalme
02-06-2010, 01:13 PM
gw setuju ama keterangan TS... tampaknya bukan efek ke tenaga / power mesinnya sih , tapi mungkin ke hal pengiritan bahan bakar dan perawatan komponen dalam mesin...... :top:

Yup. Eike setuju dengan yang ini. Biasanya bbm oktan gede lebih bersih ke mesin dan yang kompresinya gede kudu make nih. Balik lagi ke syarat kendaraan gimana. Btw denger-denger kabar dari dosen ane, bbm di Indonesia itu katanya biar oktan gede tapi punya kandungan kotoran (lumpur) yang tinggi lho. Belum lagi sering dioplos juga sama oknum internal sendiri. Militer juga kadang main disana. Makanya kendaraan jenis GDI yang standar BBM-nya Euro 1 ke atas ga pernah masuk ke Indonesia. Selang injection bisa kesumbet lumpur ntar kekeke

speew
04-06-2010, 08:22 AM
ane sih sekrang pake shell super...kadang2 pake pertamax....
ga berani make shell super extra atau pertamax plus soalnya untuk tipe motor ane katanya ada yang pernah make bensin kelas atas itu kejadian malah bikin gosong salah satu bagian di mesinnya (lupa bagain yang mana)

SFU11
04-06-2010, 09:48 PM
gw pernah nyba sendiri ngetest bbm pake pertamax dan pertamax plus... hasilnya pertamax plus bisa lebih irit sekitar 2 km/liter... (tp kalo harganya mahal mah tetep aja.)
seandainya shell ada d bandung... bisa diikutkan untuk d tes...

projectronic
04-06-2010, 10:31 PM
gw pernah nyba sendiri ngetest bbm pake pertamax dan pertamax plus... hasilnya pertamax plus bisa lebih irit sekitar 2 km/liter... (tp kalo harganya mahal mah tetep aja.)
seandainya shell ada d bandung... bisa diikutkan untuk d tes...

bukannya udah ada di daerah dago...

SFU11
04-06-2010, 10:32 PM
bukannya udah ada di daerah dago...

itu mah petronas....

graviron
06-06-2010, 11:38 PM
kalo gw sih mau ga mau emang make nya yang pertamax ke atas...--" motor gw ga bisa diajak kompromi...T___T
lumayan deh... dapet DK tinggi n sekalian dukung program pemerintah...-.-

SFU11
06-06-2010, 11:50 PM
kalo gw sih mau ga mau emang make nya yang pertamax ke atas...--" motor gw ga bisa diajak kompromi...T___T
lumayan deh... dapet DK tinggi n sekalian dukung program pemerintah...-.-

program pemerintah yg mana??

o_0
07-06-2010, 03:25 PM
ternyata pemakaian oktan tinggi harus disesuaikan dengan kompresi mesin :top:
berarti kalo kompresi di bawah 9 dk, apa percuma kalo pake oktan tinggi :yareyare:

SFU11
07-06-2010, 04:17 PM
ternyata pemakaian oktan tinggi harus disesuaikan dengan kompresi mesin :top:
berarti kalo kompresi di bawah 9 dk, apa percuma kalo pake oktan tinggi :yareyare:

kok kompressi 9 dk??? kompressi atw horsepower??? :yareyare:

jhariman
10-06-2010, 07:37 PM
kalo menurut om (imho), tergantung spek kendaraan dan kondisi kendaraan ....

kalo kondisi kendaraan udah amshiong atau udah parah, dikasih bensin bergizi pun gak bakal ngaruh ....

SFU11
10-06-2010, 07:39 PM
kalo menurut om (imho), tergantung spek kendaraan dan kondisi kendaraan ....

kalo kondisi kendaraan udah amshiong atau udah parah, dikasih bensin bergizi pun gak bakal ngaruh ....

sip dah... setuju gw ama yg ini....
setidaknya service berkala (ngga usah ke bengkel, boros, service sendiri aja di rumah, ada masalah baru ke bengkel, hehe)...

loud2load
14-06-2010, 04:34 PM
:niceinfo:

jadi nambah neh pengetahuan, tapi itu di tes nya pada motor 1000cc semua ga da yg dites dengan kelas 100-200cc ya gan?

btw, wta ada dua mitos neh tentang pertamax dan premium:
1. Bolehkah kita sering berganti" dari pake premium ke pertamax lalu ganti lagi ke premium dst... kalo gitu boleh ga ya?

2. Benarkah kalo kita pake pertamax, maka saluran bensin kita akan jadi bersih?
*gosip yg ke dua ni gw sering banget denger dikalangan anak motor...

:???: :aghh:

SFU11
14-06-2010, 04:37 PM
^
gosip pertama... aneh... kalo pake pertamax, pertamax aja... knapa harus ganti2... kadar oktannya kan beda... timing pengapiannya juga ntar jadi berubah....
gosip kedua... dulu premium emang pake timbal, katanya sekarang udah ngga... jadi aman2 aja dan tetap bersih pake premium......

adityonoegroho1
16-06-2010, 01:11 AM
hahaha sugesty yah brarti itu bro?

montormabur
16-06-2010, 08:19 AM
wah,gw pernah ni nyobain pake pertamax berapa lama di satria 2 tak
trus pindah ke premium, ternyata lebih narik tenaganya...
entah sugesti, entah bener...
hehehe

SFU11
16-06-2010, 02:40 PM
^
yg lebih narik yg mana? premium atw pertamax?

prajaya54
17-06-2010, 09:45 PM
klo ane c dr premium ke pertamax lebih kerasa bertenaga.. cmn gatw ini sugesti apa bkn.. klo ane c liad dr rasio kompresi aja, klo di atas 10:1 ane pake pertamax... hehehe..

yniko
18-06-2010, 12:56 AM
Koq aneh ya.... Padahal aq ngerasain kalo oktannya banyak , tarikan motorku jadi lebih enak.... :swt:
Ato jangan" cuma sugesti saja ya.... :keringat:

i04045
18-06-2010, 06:31 AM
beli bensin oktan yg lebih tinggi gmn msinnya bro, kalo kompresinya kecil ga akan berasa dan bahkan ga efek,
coba kalo kompresinya tinggi,
ferrari pake premium ga lama jebol tuh, pake pertamax aja jebol, wkawkakwka

premiumnya pertamina masih jelek bro
pertamax nya pertamina sama pertamax nya petronas aja dah berasa jauh, kalo mau pindah ke pertamax nya petronas aja, jauh lebih bersih dah lebih baik kualitasnya

yniko
18-06-2010, 11:04 PM
betul betul betul

Betul apanya :???: Betul kalo Oktan makin tinggi memang menambah power ato sebaliknya :???:

dragontag
19-06-2010, 12:30 AM
gw pake shell kerasa kok bedanya ama premium. Premium bunyi motornya berasa kasar, pas pake shell lebih halus, tarikan gasnya lebih responsive terus 1 lagi, per liter nya untuk shell berasa jaraknya lebih jauh. Tapi klo irit sih gw bilang ngga. Sama aja. Harga shell-nya itu yg bikin ga lebih irit :(

junto
22-06-2010, 01:24 AM
bro,

jadi kesimpulannya... mobil yg mestinya di isi pertamax ato pertamax plus... ga perlu ya?

cukup premium aja ya??

tsuuma
23-06-2010, 07:21 AM
dioplos aja ma bahan bakar pesawat terbang...

nakamura197
23-06-2010, 12:14 PM
ada benernya juga tuh artikel, tapi yang paling keliatan biasanya adalah dari iritnya, karena bahan bakar beroktan tinggi menghasilkan pembakaran "nyaris" sempurna sehingga bahan bakar yang ada bener2 terpakai "nyaris" sempurna, sedang yg beroktan lebih rendah (premium), terjadi pembakaran yang dibawah itu, sehingga timbul banyak kerak dsb2
coba aja liat tangki motor yang dari awal pake pertamax sama premium, lebih bersih mana? ini juga berlaku di mesin....

Reinguardz
23-06-2010, 01:59 PM
n plus di tambahin NOS

Reinguardz
23-06-2010, 01:59 PM
coba ajah pke avtur berasa lebih enak aman dan nyaman x yah :) pastinya manteb banget tuh kayaknya enak bgt tu langsung wusssssssssssssssssssssss

useraaabbb
24-06-2010, 07:43 PM
kata siapa juga yang bilang nambah kenceng gan?
yang ada mah nambah irit sama nambah awet daleman mesin dll nya

yniko
25-06-2010, 12:14 AM
kata siapa juga yang bilang nambah kenceng gan?
yang ada mah nambah irit sama nambah awet daleman mesin dll nya

Tapi ada loh yang kena sugesti kalo BBM nyak Oktan nya tinggi jadi nambah power :???:
Kalo udah kena sugesti ya susah :yareyare:

SFU11
25-06-2010, 10:24 AM
Tapi ada loh yang kena sugesti kalo BBM nyak Oktan nya tinggi jadi nambah power :???:
Kalo udah kena sugesti ya susah :yareyare:

cz biasanya kendaraan yg pake oktan tinggi itu kendaraan dengan performance di atas rata2 jadi muncul deh sugesti "kalo gw pake oktan tinggi, motor gw tambah kenceng, kayak motor itu tu..."
padahal setelah dilakukan test, tidak nambah power... cuman lebih irit ke bahan bakar...

CMIIW

cybrid
26-06-2010, 05:26 PM
Asal jangan pake kendaraan kompresi tinggi (+ timing yg dimajuin) n pake premium aj, apalagi kalo dah pake turbo....

stefalinus
29-06-2010, 04:17 PM
untuk mobil, hampir rata2 harus memakai pertamax, bahkan pertamax plus..
klo motor, skr rata2 harus pertamax deh..kecuali mio..(karena kompresinya rendah)

perbandingannya klo gk salah untuk kompresi :
premium = 8:1:1
pertamax = 9:1:1 (shell super)
pertamax plus = 10:1:1 (shell super extra)
cek aja di spesifikasi mesin (perbandingan sistem kompresi nya)
CMIIW..
:piss:

stefalinus
29-06-2010, 04:19 PM
sori dopost..
tapi semisal mesin kompresi rendah dipakai bensin pertamax yg oktannya lebih tinggi tidak ada beda nya melainkan hanya pemborosan uang saja..
bahkan menimbulkan kerak berlebih pada mesin..

tetapi kalau mesin dengan kompresi tinggi memakai bensin premium, itu akan terjadi pembakaran berlebih dan berbahaya untuk piston..bisa bolong2 gan,..
:piss:
cmiiw

im_jealousy
05-07-2010, 09:45 PM
klo mnrt saya si BBM beroktan tinggi itu membantu menaikkan effisiensi di ruang bakar.otomatis krn lebih effisien mkanya ada perasaan "lebih enteng tarikannya". kalo dibilang ruang bakar lebih bersih jelas iya,krn karbon sisa pembakarannya lebih dikit (terbakar sempurna). CMIIW

zenkih
06-07-2010, 05:36 PM
mantap boss infonya..
ane tetap pake pertamax buat vixy ane

MaximuzZ
11-07-2010, 07:57 AM
Ane sih pernah dengar juga katanya bisa nambah kenceng motor..
:semangat:
pas ane coba memang ada sedikit perubahan..
agak enak aja tarikannya...
:cihuy:

fahamzah
11-07-2010, 09:47 AM
yang jelas jangan pernah nyampurin pertamax dengan premium dengan perbandingan premium diatas 1/3, pengalaman langsung kerasa aneh motroq :kecewa: ketukannya loncat2.... jadi klo agan2 semua pengen pergian jauh dana kagak ada pom yang berPERTAMAX lebih baik kosongin dulu tangki bahan bakarnya trus isi dengan premium....:cerutu:
semoga membantu :maaf:

nearlawliet
11-07-2010, 12:45 PM
wah.. mending pke bbm ramah gas buang dri pda accelaration cpet tpi meusak lingkungan

SFU11
11-07-2010, 12:56 PM
wah.. mending pke bbm ramah gas buang dri pda accelaration cpet tpi meusak lingkungan

mksdnya bbm ramah gas buang apa ya :???:

k6666rz
16-07-2010, 03:05 AM
makin tinggi oktan pasti makin ramah gas buangnya dong gan,khan pembakarannya jauh lebih efisien

taufikadi
16-07-2010, 10:28 PM
menurut pglaman sya sih premium itu masih menyisakan timbal & kadar oktannya masih rendah. jd lbh prefer ke pertamax ataw pertamax plus aja deh :maaf: CMIIW

SFU11
16-07-2010, 10:32 PM
^
yupz premium emang oktannya rendah,,, tp skarang udah bebas timbal kok bro...
tp tetep aja, kalo ngga salah pertamax itu udah ditambah aditif dari pertaminanya, sehingga meningkatkan kualitas...
kalo pertamax+ kualitasnya sudah mendapatkan sertifikasi internasional (dengan kata lain, ini sekelas internasional)...

dan menurut yg gw pelajari di termodinamika, efisiensi untuk mesin otto (bensin), diesel tergantung dari bahan bakar yg digunakan...
so, makin bagus tuh kualitas bensin jadi makin irit....

CMIIW

kz_rider_0274
20-07-2010, 03:27 PM
bro,ini cuma share pengalaman ane ngoprak2 masalah karburasi di motor ane...
1.anggep aja setiap ledakan bisa menghasilkan kompresi sebesar X...
2.untuk bisa mebghasilkan kompresi sebesar X, bbm dengan oktan 80 butuh sekian cc...
3.tapi karena bbm yang nilai oktan nya lebih gede (contoh aja 95) lebih mudah kebakar, maka untuk menghasilkan kompresi sebesar X konsumsinya tidak sebanyak yang bernilai 80..
4.maka nilai oktan yang lebih tinggi bisa mengurangi konsumsi bbm, serta meringankan kerja engine...
5.tapi resiko nya harus ngerubah timming ledakan dari busi...

betul ga bro??? :piss:

SFU11
20-07-2010, 06:02 PM
^
kok ada yg janggal ya :???:

bukannya kompressi itu terjadi sebelum ledakan
bahan bakar dengan nilai oktan besar justru semakin sulit untuk terbakar
bahan bakar dengan nilai oktan besar diaplikasikan pada mesin dengan kompresi tinggi
jika bahan bakar terbakar habis sebelum waktunya akan berakibat buruk pada mesin, bukan menambah ringan kerja mesin

kz_rider_0274
22-07-2010, 01:03 AM
^
kok ada yg janggal ya :???:

bukannya kompressi itu terjadi sebelum ledakan
bahan bakar dengan nilai oktan besar justru semakin sulit untuk terbakar
bahan bakar dengan nilai oktan besar diaplikasikan pada mesin dengan kompresi tinggi
jika bahan bakar terbakar habis sebelum waktunya akan berakibat buruk pada mesin, bukan menambah ringan kerja mesin


wah ada koreksi ni ...(namanya juga belajar)
-kalo ga salah kompresi itu kan terjadi karena adanya gaya setrifugal yang disebabkan ledakan sebelumnya...logika saya sih semakin besar ledakan akan menimbulkan gaya sentrifugal yang lebih besar pula...dan semakin besar pula kompresinya....
-wah,begitukah oktan lebih besar malah semakin sulit terbakar???(ane juga masih belajar bro.... :piss: )

SFU11
31-07-2010, 10:52 AM
wah ada koreksi ni ...(namanya juga belajar)
-kalo ga salah kompresi itu kan terjadi karena adanya gaya setrifugal yang disebabkan ledakan sebelumnya...logika saya sih semakin besar ledakan akan menimbulkan gaya sentrifugal yang lebih besar pula...dan semakin besar pula kompresinya....
-wah,begitukah oktan lebih besar malah semakin sulit terbakar???(ane juga masih belajar bro.... :piss: )

yg pertama, yah itu kan siklus.... :swt:
kompressi selanjutnya emang hasil dari ledakan sebelumnya.. tp untuk membuat ledakan harus ada kompressi dulu....

yg kedua, baca2 aja ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Oktan dan http://en.wikipedia.org/wiki/Octane
kalo masih ngga ngerti googling sndiri yaaa...

kanamari
31-07-2010, 11:50 AM
noob pngen ikutan nimbrung nih....

dari beberapa laman yang saya baca, memang oktan lebih tinggi itu lebih susah dibakar, makanya kalo misalnya pabrikan merekomendasikan kita pake premium tapi kita pake pertamax banyak sisa pembakaran (kerak karbon) di ruang mesin. Tapi kalo harusnya oktan tinggi kita pake oktan rendah, mesinnya ngelitik karena bahan bakar dah kebakar dluan kena kompresi.

st_jn
31-07-2010, 01:36 PM
ijin menyimak gan...

asfamily
31-07-2010, 08:14 PM
kalo menurut aku pas waktu sekolah ya, oktan tinggi itu memang gak mempengaruhi kinerja mesin,. bahkan kalo mesin gak cocok sama yang bbm beroktantinggi, akan banyak masalah, seperti mesin jebol. karena semakain tinggi oktan semakin mudah terbakar. alasannya pada saat busi memercikan bunga api (kalo bahasa anak stm) menyebabkan bahan bakar dan udara yang tercampur terbakar, jika oktan terlalu tinggi, bahan bakar dan udara akan terbakar sebelum memerciknya bunga api, sehingga tenaga malah akan berkurang, karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna. ( dan bila memang kepingin menggunakan bbm yang beroktan tinggi mesin harus di stel pengapiannya) yah itu menurut aku.

SFU11
31-07-2010, 08:29 PM
kalo menurut aku pas waktu sekolah ya, oktan tinggi itu memang gak mempengaruhi kinerja mesin,. bahkan kalo mesin gak cocok sama yang bbm beroktantinggi, akan banyak masalah, seperti mesin jebol. karena semakain tinggi oktan semakin mudah terbakar. alasannya pada saat busi memercikan bunga api (kalo bahasa anak stm) menyebabkan bahan bakar dan udara yang tercampur terbakar, jika oktan terlalu tinggi, bahan bakar dan udara akan terbakar sebelum memerciknya bunga api, sehingga tenaga malah akan berkurang, karena bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna.

oh ya??? di buku apa ya mas?


Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.

Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.


kalo statemen ini gw setuju...


dan bila memang kepingin menggunakan bbm yang beroktan tinggi mesin harus di stel pengapiannya

kalo ingin menggunakan octane tinggi pengapiannya harus dimajukan (advanced)...

halakbatak
31-07-2010, 08:39 PM
wah... ternyata faktanya kayak gitu toh... :keringat:

untung aja selama 6 tahun pake sepeda motor, gw gak pernah make Pertamax sama sekali... :haha:

sidoarj0
31-07-2010, 09:10 PM
ternyata pertamax itu cuman bisa di beli orang" yang kaya doank wkwkwkwkwk

tongji26
02-08-2010, 05:57 PM
Lho om,kalo misalnya gw pake avanza type G yg baru
trus kalo gw pake in premium,ada bedanya gak ama pas kalo gw pake pertamax plus?
katanya kalo pake pertamax plus bisa lebih awet mesinnya,benerkah?

andres
05-08-2010, 04:48 PM
bbm oktan tinggi bikin tenaga lbih trus yg pasti lbh hemat dan ga nimbulin kerak

mikisan
06-08-2010, 03:07 AM
^ setuju sama agan yg di atas..tambahan lagi kalo bagi pengguna motor 2 tak (2 strokes) pentingnya BBM dengan oktan tinggi juga dapat menghilangkan kerak yg ada di seher..sehingga tidak menimbulkan luka ato goresan pada seher maupun boring yg berakibat membuat kompresi pada kinerja pembakaran menjadi tidak sempurna..

icalbrown
06-08-2010, 11:03 PM
oktan itu berhubungan dengan kompresi bro,
sangat kecil hubungannya dengan peningkatan tenaga,
jadi sesuaikan kompresi dgn oktan,
kalo kompresinya 10 keatas, jangan nekat pake Premium.

deeeeez
09-08-2010, 10:55 AM
Thanks nih info nya..jadi tw yg sebenernya..hehe

keph10
11-08-2010, 10:17 PM
Nice info gan.. Pake premium murah.. Kalo shell ato pertamax mahall...

cevaron
13-08-2010, 08:34 PM
Nilai oktan tinggi berbanding dgn kompresi mesin.
kalo mesin kompresi tinggi dikasih oktan yg tinggi ya nambah performa, tp kalo dikasi oktan rendah biasa ada gejala knocking (lari juga nga maksimal + keawetan mesin berkurang).

kompresi mesin 8-9 = premium
kompresi mesin 9-10 = pertamax
kompresi mesin 10-11= pertamax plus

Blanka_kowalski
21-08-2010, 08:34 PM
Ya ampuunn...:suram:

Rugi deh gw beli Pertamax 95....(ngarep nya biar mtor nambah ngacir....eeh, ternyataa,,,,,:shock1::shock1: )

:dead::dead::dead: apesss

sesakberak
21-08-2010, 08:51 PM
masa sih bro ? berlaku untuk kendaraan roda dua ga ?
ane coba di kendaraan roda dua 2 tak terasa bgt tarikannya di banding dengan premium...

aggattack
23-08-2010, 01:30 PM
kalo motornya kompresinya rendah emang gak ngaruh
tapi kalo motornya emang kompresinya tinggi make premium kayaknya ngaruh deh. cmiiw

zzii
15-09-2010, 02:08 AM
enak nya sih emg di sesuaikan sm standar motornya gan, klo ane pke pertamax biar gak knocking mlu aja soalnya bnyk tanjakan medan yg ane lalui

Inception
19-09-2010, 02:13 AM
Gw nanya orang pertamina, katanya kalo oktan makin tinggi emang menambah daya tarikan mesin dan menghasluskan suara mesin.
perbandingan premium dgn pertamax.
mobil tahun 2005 ke atas kalo make premium, klepnya pasti bunyi bunyi.

nzone
19-09-2010, 09:46 AM
Kalau di pakai sesuai dengan mesinnya, maka pembakarannya lebih sempurna dan otomatis akan lebih irit selain mesinnya jadi awet.

ponso
19-09-2010, 01:17 PM
sekedar share aja yang ane pernah baca di majalah M+, intinya Oktan tinggi sih bisa menaikkan tenaga jika beberapa komponen diatur ulang, seperti kompresi yang harus dibesarkan, buka tutup klep, setingan karburator, dll.
soalnya beberapa mobil/motor di Indonesia emang setting minumnya Premium, jadi kalo pengen minum pertamax ya musti disetting ulang, kalo ngak percuma..
kalo masalah Fue lPump yang rusak itu, bisa jadi premium di indonesia menuru kwalitasnya..
:idws::idws::idws:

bedesman
02-10-2010, 04:44 AM
yah bahan bakar yang digunain sih emang ditentuin ama isi kantong sih ama mau gimana motor mau ampe kapan digunain. klo mau awet yah ikutin yang dikata dealer

katanya sih tegantung tekanan yang dihasilin pas sebelum pembakaran. ntar terjadi knock kayak yang dibilang di halam pertama makin berar oktan kan makin susah terbakar kan kyak yang ditulisin

kayaknya dah ada yang ngomong ini yak

yah cman review yang aku tahu aja

whatzholic
10-10-2010, 10:06 PM
tergantung dari kompresi kendaraannya.. kalo tinggi bensin oktan tinggi ya makin enak dhe bawanya... hehe

asubasi
31-10-2010, 05:40 PM
ane juga memilih pertamax
alasannya karena
"kita untung bangsa untung"

deVnyx
31-10-2010, 07:10 PM
CMIIW nih ya....
Setau saya premium RON nya bukan 95 deh....
Tapi di bawah 90.... Mungkin maxudnya pertamax biasa yah??


Setuju sih, klo masalah tenaga, mungkin gakkan berbeda terlalu jauh lah... :D
Klo pake RON tinggi itu cuma bikin pembakanan lebih baik, jadi lebih hemat dan mesin lebih awet.... :D :D

Klo saia sih pakenya pertamax.... Biarpun berat di ongkos tapi daripada mobil tercinta cepet rusak mesinnya... -___-
:D :D :D

SFU11
31-10-2010, 07:39 PM
CMIIW nih ya....
Setau saya premium RON nya bukan 95 deh....
Tapi di bawah 90.... Mungkin maxudnya pertamax biasa yah??


Setuju sih, klo masalah tenaga, mungkin gakkan berbeda terlalu jauh lah... :D
Klo pake RON tinggi itu cuma bikin pembakanan lebih baik, jadi lebih hemat dan mesin lebih awet.... :D :D

Klo saia sih pakenya pertamax.... Biarpun berat di ongkos tapi daripada mobil tercinta cepet rusak mesinnya... -___-
:D :D :D

iya premium itu oktannya 88...
pertamax itu 92...
dan pertamax+ itu 95...

gw juga selalu pake pertamax bro :hehe:

jun3
01-11-2010, 12:58 PM
kalau saya sekarang isi shell..
bahan bakarnya lebih bersih ketimbang yang sudah ada..
kalau sayang motor..
mending jgn pake BBM subsidi..

SFU11
01-11-2010, 06:37 PM
kalau sayang motor..
mending jgn pake BBM subsidi..

:top:
agree sama tulisan yg saya quote... kalo anda sanggup beli pertamax/pertamax+ kenapa pake premium :???:
hari gini pake bensin subsidi apa kata dunia :lol::lol:

gw juga jd pengen nyobain shell.... sayang ngga ada di bandung... :suram:

maxel2406
01-11-2010, 08:34 PM
klo menurutku seh, make BBM oktan lebih tinggi cmn ngaruh ke mesinnya jdi lebih alus aja...
ngga sampe nambah power gitu...

5trycka
03-11-2010, 09:29 AM
Wah, nice info nih GAN, jadi kesimpulannya jangan asal membeli BBM yg lebih mahal demi kendaraan lebih ngacir...

rama28288
16-11-2010, 09:30 AM
kalo menurut ane yg bagus itu
bahan bakar dari blue gas gan
lebih ramah lingkungan

Icfam
20-11-2010, 04:47 PM
Secara Oktannya lebih tinggi,jd pasti tambah power kendaraan juga...:semangat:

iasiasias
02-12-2010, 03:42 PM
pada enak ngomong mendingan pake pertamax.... gw di bitung dan manado... pertamax rp 9000,- premium mau beli ngatri 1 jam... dah 3 hari pertamax yang harganya 9000 tidak ada di seluruh pom bensin... ada solusi? kalau ada pertamax plus juga gw beli.... cuman males aza neh antrian bensin.... masa gw naek motor musti isi pake solar? apakah ada efek?

btw thanks infonya... walau harga 9000 tuh pertamax gw tetep beli kok buat motor... cuman kalau di mobil tetep premium

kouga320
02-12-2010, 05:12 PM
oooh...
jadi kalo orang yg ngrasa kalo motornya tambah cepet kalo minum pertamax itu cuma sugesti aja.
pepemirintah emang suka gede2in omongan.
hmm.. memang omongan yang dibesar beasrkan bisa membawa dampak yg gede ya?

SFU11
02-12-2010, 06:53 PM
pada enak ngomong mendingan pake pertamax.... gw di bitung dan manado... pertamax rp 9000,- premium mau beli ngatri 1 jam... dah 3 hari pertamax yang harganya 9000 tidak ada di seluruh pom bensin... ada solusi? kalau ada pertamax plus juga gw beli.... cuman males aza neh antrian bensin.... masa gw naek motor musti isi pake solar? apakah ada efek?

btw thanks infonya... walau harga 9000 tuh pertamax gw tetep beli kok buat motor... cuman kalau di mobil tetep premium

wah mahal amat ya pertamax di sana... emang sih salah satu keuntungan pake pertamax ngga usah ngantri... tp kalo di bandung tempat pengisian pertamax dan premium jadi satu.. jadi sama aja ngantri... kecuali mw ngisi pertamax+ :elegan:

mw mobil atau motor gw lebih prefer ke pertamax... :top:


oooh...
jadi kalo orang yg ngrasa kalo motornya tambah cepet kalo minum pertamax itu cuma sugesti aja.
pepemirintah emang suka gede2in omongan.
hmm.. memang omongan yang dibesar beasrkan bisa membawa dampak yg gede ya?

sebenernya tambah cepet sih ngga... cuman lebih baik untuk mesin dan lebih irit... satu2nya BBM yg dapet sertifikasi international cuman pertamax+ aja dari pertamina... so pake pertamax+ = pake bensin high quality...

btw pertamax & pertamax+ skarang harganya naik :dead:

CMIIW

carlos_roy_fajarta
03-12-2010, 09:55 AM
wah mahal amat ya pertamax di sana... emang sih salah satu keuntungan pake pertamax ngga usah ngantri... tp kalo di bandung tempat pengisian pertamax dan premium jadi satu.. jadi sama aja ngantri... kecuali mw ngisi pertamax+ :elegan:

mw mobil atau motor gw lebih prefer ke pertamax... :top:



sebenernya tambah cepet sih ngga... cuman lebih baik untuk mesin dan lebih irit... satu2nya BBM yg dapet sertifikasi international cuman pertamax+ aja dari pertamina... so pake pertamax+ = pake bensin high quality...

btw pertamax & pertamax+ skarang harganya naik :dead:

CMIIW

iya pertamax yang 92 udah harga 6900 sekarang, padahal sebelummya 6650

itu yang lokasinya jauh karena pembagian pertamax itu di dasarkan pada jarak dan lokasi dari kilang balongan gan...

kalo makin jauh harganya di sesuaikan, lagian kan pertamax itu bbm yang gak di subsidi pemerintah, jadi harganya bervariasi...

xomenx
06-12-2010, 07:52 AM
klo aku seh setuju klo minyak oktan tinggi nambah power..
dari pengalam pribadi baik motor maupun mobil
pake bensin neh rgr bakalan ngos ngosan buat sampe di 150kmh but pake petramax ngak sampe 200mtr dah sampe 160kmh.. dan neh kop mesin bakalan bersih terus.. karana ngalami pembakaran sempurna di dapur pembakaran jadi meninggalkan deposit cuman sedikit.. (anda boleh bandingkan sendiri masalah kebersihan head/kop mesin anda)
klo mobil kecepatan seh ngak terlalu ngaruh but torsi maupun spontanitas response pedal gas awal lebih responsif

SFU11
06-12-2010, 08:53 AM
^
mungkin itu dipengaruhi sama timing pembakaran kendaraan anda... saat memakai premium, bensin sudah terbakar duluah sebeum TMA. Sedangkan saat pakai pertamax, besin bisa terbakar sempurna saat TMA dan menghasilkan tenaga maksimalnya... karena salah satu karakterisktik pertamax adalah lebih sulit terbakar dibandingkan prmium...

CMIIW

carlos_roy_fajarta
06-12-2010, 09:39 AM
^
mungkin itu dipengaruhi sama timing pembakaran kendaraan anda... saat memakai premium, bensin sudah terbakar duluah sebeum TMA. Sedangkan saat pakai pertamax, besin bisa terbakar sempurna saat TMA dan menghasilkan tenaga maksimalnya... karena salah satu karakterisktik pertamax adalah lebih sulit terbakar dibandingkan prmium...

CMIIW

karakter pertamax memang lebih sulit di bakar gan, itu benar, cuman tergantung style riding nya juga, kalo biasanya pake bbm Premium suka di geber cepet abis (mikirnya (harga 1 liter premum = 4500 perak), trus pas make pertamax 92 atau 95 dia geber juga karena mikir pembakaran lebih sempurna, jadi pasti lebih hemat (padahal logikanya tetep aja kalo tarikan gasnya di buka lebar2, ya tetep aja sama ruang pembakarannya pasti mengambil pertamax).

hal ini juga yang saya rasakan saat beralih dari Premium ke Pertamax 92 pada 2 tahun yang lalu.

makai pertamax 92 juga gak menjamin itu bahan bakar irit, kalo pembakaran lebih sempurna iya bener, cuman kalo dibilang lebih irit saya lebih setuju dengan kalimat "irit jika style ridingnya gak stop & go, trus mesin gak di modif ekstrim).

oraDonk
06-12-2010, 11:00 AM
Asal pada saat penggantian BBM ke oktan lebih tinggi kompresi dinaikan pasti ada perubahan kok... tapi januari 2011 semua mobil pribadi wajib pake pertamax yang oktannnya lebih tinggi...

SFU11
06-12-2010, 11:34 AM
Asal pada saat penggantian BBM ke oktan lebih tinggi kompresi dinaikan pasti ada perubahan kok... tapi januari 2011 semua mobil pribadi wajib pake pertamax yang oktannnya lebih tinggi...

kalo ini udah dari dulu bro... bagi orang yang mengerti dan menyayangi kendaraannya serta harga pertamax cuman 4900 perak (tahun 2006 kalo ngga salah)... pasti pake pertamax lah... semenjak pertamax naik aja orang2 jd agak susah mw ngisi pertamax... :hehe:

carlos_roy_fajarta
06-12-2010, 05:16 PM
kalo ini udah dari dulu bro... bagi orang yang mengerti dan menyayangi kendaraannya serta harga pertamax cuman 4900 perak (tahun 2006 kalo ngga salah)... pasti pake pertamax lah... semenjak pertamax naik aja orang2 jd agak susah mw ngisi pertamax... :hehe:

sekarang aja harganya udah mau ke angka 7000 gan... tapi gw yakin, kalo misalkan mobil plat hitam mulai bulan Januari 2011 udah gak boleh make BBM Premium, pasti jumlah motor di Jalan Raya tambah gila-gilaan, karena sekarang cuman Kendaraan Umum, Kendaraan Roda Dua, dan Kapal Nelayan yang boleh pake BBM Premium.
Pasti Orang-Orang pada buru-buru beralih ke Sepeda Motor.

gw heran aja, kenapa pemerintah itu bukannya membangun sarana Transportasi massal kayak MRT, padahal sebenernya kalo tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor terus meledak, pertama boros dari segi bahan bakar karena pasti di mana-mana macet, kedua, keadaan Lingkungan di kota tersebut semakin buruk, yang berimbah semakin buruknya kesehatan masyarakat yang tinggal di situ.

menurut gw pemerintah sebenernya gak rugi kok bangun investasi transportasi massal, meski memakan biaya puluhan trilyun, karena Kota-Kota besar itu nantinya pasti akan lebih berkembang. jangan cuman kayak sekarang ini, gak ada progressnya, pembangunan MRT, terkendala tender, dsb.

oraDonk
08-12-2010, 10:03 AM
sekarang aja harganya udah mau ke angka 7000 gan... tapi gw yakin, kalo misalkan mobil plat hitam mulai bulan Januari 2011 udah gak boleh make BBM Premium, pasti jumlah motor di Jalan Raya tambah gila-gilaan, karena sekarang cuman Kendaraan Umum, Kendaraan Roda Dua, dan Kapal Nelayan yang boleh pake BBM Premium.
Pasti Orang-Orang pada buru-buru beralih ke Sepeda Motor.

gw heran aja, kenapa pemerintah itu bukannya membangun sarana Transportasi massal kayak MRT, padahal sebenernya kalo tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor terus meledak, pertama boros dari segi bahan bakar karena pasti di mana-mana macet, kedua, keadaan Lingkungan di kota tersebut semakin buruk, yang berimbah semakin buruknya kesehatan masyarakat yang tinggal di situ.

menurut gw pemerintah sebenernya gak rugi kok bangun investasi transportasi massal, meski memakan biaya puluhan trilyun, karena Kota-Kota besar itu nantinya pasti akan lebih berkembang. jangan cuman kayak sekarang ini, gak ada progressnya, pembangunan MRT, terkendala tender, dsb.

setuju, alasan yang katanya mau ngirit subsidi bohong doang tu karena dipaksa aja kita pindah pertamax agar bisa bersaing ama shell, prtoronas, dll yang harganya hampir sama jadi biar ada persaingan di pasar. Secara kan dulu pertamina monopoli karena lewat subsidi jadi biar adil subsidi dihilang kan untuk plat hitam..

carlos_roy_fajarta
09-12-2010, 10:40 PM
setuju, alasan yang katanya mau ngirit subsidi bohong doang tu karena dipaksa aja kita pindah pertamax agar bisa bersaing ama shell, prtoronas, dll yang harganya hampir sama jadi biar ada persaingan di pasar. Secara kan dulu pertamina monopoli karena lewat subsidi jadi biar adil subsidi dihilang kan untuk plat hitam..

yang lucunya gan, gak semua SPBU ada pertamax nya.. wkwkwkkw trus tar keder dah cari SPBU yang punya pertamax kalo di luar kota (daerah terpecil)

SFU11
09-12-2010, 11:10 PM
yang lucunya gan, gak semua SPBU ada pertamax nya.. wkwkwkkw trus tar keder dah cari SPBU yang punya pertamax kalo di luar kota (daerah terpecil)

bener jg ngga semua tempat ada pertamax... :sigh:
kepaksa lah pake premium kalo gt... emang mau dorong tuh mobil sampe SPBU pertamax terdekat.... :fd_2:

carlos_roy_fajarta
10-12-2010, 02:02 PM
bener jg ngga semua tempat ada pertamax... :sigh:
kepaksa lah pake premium kalo gt... emang mau dorong tuh mobil sampe SPBU pertamax terdekat.... :fd_2:

gak mungkin lah gan, pasti pihak SPBU nya gak akan ngasih, pasti dia nyuruh tu mobil ke spbu lain buat cari pertamax kalo keputusan pemerintah udah keluar.

dan yang gw rasa sih, kayaknya justru hal ini akan menimbulkan kesempatan baru bagi segelintir orang untuk bermain basah di tengah kelangkaan SPBU Pertamax.

di jamin pasti jumlah penjual bensin eceran di jalan pasti semakin bertambah...

oraDonk
11-12-2010, 10:47 AM
Wah Pertamina harus berjuang keras nih bersaing bersama SPBU asing
padahal tempat lain udah pengalaman duluan...:hot:

carlos_roy_fajarta
11-12-2010, 11:47 AM
Wah Pertamina harus berjuang keras nih bersaing bersama SPBU asing
padahal tempat lain udah pengalaman duluan...:hot:

kalo secara perbandingan Pertamina gak takut gan sama SPBU asing macam Shell, Petronas, atau nama2 baru.

karena yang paling penting bagi pengendara kendaraan bermotor adalah ketersediaan SPBU di seluruh lokasi yang tersebar dari ujung ke ujung Indonesia.

sedangkan SPBU asing hanya menggaet segilintir konsumen user kota2 besar saja, dan itu pun kalau saya perhatikan masih sepi.

sekarang yang jadi pertanyaan adalah, apakah Pertamina sanggup menyediakan transisi di setiap SPBU Pertamina memiliki BBM Jenis Pertamax (92)

daymas
16-01-2011, 11:40 PM
ngapain pke oktan tinngi klo msin masih 4 tak nd sistem karburator,nd cc kcil mlah pemborosan
klo udah injeksi elektronik nd dohc diatas 350 cc baru pke oktan tinggi ya malah harus

oraDonk
16-01-2011, 11:45 PM
ngapain pke oktan tinngi klo msin masih 4 tak nd sistem karburator,nd cc kcil mlah pemborosan
klo udah injeksi elektronik nd dohc diatas 350 cc baru pke oktan tinggi ya malah harus
Jawaban mengapa motor bebek "msin masih 4 tak nd sistem karburator,nd cc kcil" minum Pertamax atau se-levelnya : Kompresi tinggi, serta enjin yang membutuhkan kualitas BBM dengan oktan yang konstan & bersih

SFU11
16-01-2011, 11:55 PM
mesin masih 4 tak... :bingung:
ada yah mesin di atas 4 tak... turbo jet :???: :lol:

oraDonk
17-01-2011, 01:20 AM
mesin masih 4 tak... :bingung:
ada yah mesin di atas 4 tak... turbo jet :???: :lol:
Ada, 6-tak

Sebenarnya sih ini enjin 4-tak tapi lebih rumit, demi mengejar efisiensi & penurunan emisi
Ada banyak sih versi-nya...bisa dilihat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Six-stroke_engine

*tapi setahu saya belum ada yang buat motor, soalnya kan mesin motor itu HARUS kompak. Banyaknya enjin 6-tak itu untuk truk, mesin heavy-duty (bulldozer) dan mesin Generator

SFU11
17-01-2011, 07:17 AM
Ada, 6-tak

Sebenarnya sih ini enjin 4-tak tapi lebih rumit, demi mengejar efisiensi & penurunan emisi
Ada banyak sih versi-nya...bisa dilihat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Six-stroke_engine

*tapi setahu saya belum ada yang buat motor, soalnya kan mesin motor itu HARUS kompak. Banyaknya enjin 6-tak itu untuk truk, mesin heavy-duty (bulldozer) dan mesin Generator



berarti kan mesin itu bukan salah satu mesin yg umum.... :hehe:

indahfida
12-02-2011, 12:57 AM
Yah memang harusnya ikutin standar pabrik kendaraan bermotor, perlunya oktan berapa.
Kalo pengalaman gw bandingin premium ama pertamax. Pertamax lebih irit dan powerband enak meskipun ga signifikan.
Kenapa gw bilang bisa lebih irit? karena dengan hanya memutar 1/4 gas, motor dah keluar powernya, jadi ga usah pull gas. bedanya kalo premium, baru diputar 1/4 gas belum keluar powernya, makanya kita secara tidak lansung terus melintir gas biar powernya keluar. nah itu yang bikin rada boros.

kalo mau lebih terasa manfaat pake pertamax / Plus. minimal ruang bakar harus di papas 0,5mm agar rasio kompresi naik dan sesuai dengan angka oktan pertamax..

oraDonk
12-02-2011, 05:30 AM
Yah memang harusnya ikutin standar pabrik kendaraan bermotor, perlunya oktan berapa.
Kalo pengalaman gw bandingin premium ama pertamax. Pertamax lebih irit dan powerband enak meskipun ga signifikan.
Kenapa gw bilang bisa lebih irit? karena dengan hanya memutar 1/4 gas, motor dah keluar powernya, jadi ga usah pull gas. bedanya kalo premium, baru diputar 1/4 gas belum keluar powernya, makanya kita secara tidak lansung terus melintir gas biar powernya keluar. nah itu yang bikin rada boros.

kalo mau lebih terasa manfaat pake pertamax / Plus. minimal ruang bakar harus di papas 0,5mm agar rasio kompresi naik dan sesuai dengan angka oktan pertamax..
Yep, menggunakan BBM Oktan Tinggi itu bukan menambah tenaga, hanya menyesuaikan sama "selera" mesin

Kalau enjinnya memang memiliki kompresi yang relatif tinggi, otomatis jika menggunakan BBM yang oktannya rendah (apalagi Premium biasanya oktannya tidak konstan) pasti akan menurun powerband-nya

Dan, sekarang...rata-rata motor mediocre sudah mewajibkan Pertamax sebagai bahan bakar....eh, Pertamax malah naek harganya :sedih:

quro_one
17-02-2011, 11:47 AM
Yep, menggunakan BBM Oktan Tinggi itu bukan menambah tenaga, hanya menyesuaikan sama "selera" mesin

Kalau enjinnya memang memiliki kompresi yang relatif tinggi, otomatis jika menggunakan BBM yang oktannya rendah (apalagi Premium biasanya oktannya tidak konstan) pasti akan menurun powerband-nya

Dan, sekarang...rata-rata motor mediocre sudah mewajibkan Pertamax sebagai bahan bakar....eh, Pertamax malah naek harganya :sedih:

yg ga enak itu pom bensin pertamina gak konsisten jualannya.. ada yg jual pertamax 92 saja ada yg pake pertamax 95, ada pula yg jual bio pertamax 92.. ada yg malah premium sama solar saja.. ada yg bio solar..

nah loh bingung :iii: gada standarisasi si.. mau beli jadi bingung, ntr habis bensin cari pertamax 95 gada, isi 92.. campur2 dah, mesin kita kasihan.. :swt:

klo shell konsisten dia biasanya.. :top:

xaverius2312
17-02-2011, 11:50 AM
Lalu bagaimana dengan mobil yang biasanya bahan bakarnya tertulis pertamax atau premium, apa dasar mereka menuliskan bahan bakar tersebut?
dan kemudian, apakah irit/tidaknya bahan bakar juga tergantung pada jenis bahan bakarnya?

SFU11
17-02-2011, 12:13 PM
yg ga enak itu pom bensin pertamina gak konsisten jualannya.. ada yg jual pertamax 92 saja ada yg pake pertamax 95, ada pula yg jual bio pertamax 92.. ada yg malah premium sama solar saja.. ada yg bio solar..

nah loh bingung :iii: gada standarisasi si.. mau beli jadi bingung, ntr habis bensin cari pertamax 95 gada, isi 92.. campur2 dah, mesin kita kasihan.. :swt:

klo shell konsisten dia biasanya.. :top:

kalo itu tergantung pengusaha POM bensinnya... karena penglola pom bensin itu milik perorangan/kelompok bukan kuasa penuh Pertamina.
karena alasan yang anda sebutkan di atas, maka pembatasan subsidi BBM di undur lagi, karena masih banyak POM bensin yang belum siap.


Lalu bagaimana dengan mobil yang biasanya bahan bakarnya tertulis pertamax atau premium, apa dasar mereka menuliskan bahan bakar tersebut?
dan kemudian, apakah irit/tidaknya bahan bakar juga tergantung pada jenis bahan bakarnya?

dasar mereka adalah penelitian yang mereka lakukan terhadap produksi nya.
iya, saya pernah buktikan sendiri, pakai pertamax plus lebih irit di banding pertamax biasa. walaupun masih ada margin error dalam pembuktian saya.

oraDonk
17-02-2011, 12:22 PM
yg ga enak itu pom bensin pertamina gak konsisten jualannya.. ada yg jual pertamax 92 saja ada yg pake pertamax 95, ada pula yg jual bio pertamax 92.. ada yg malah premium sama solar saja.. ada yg bio solar..

nah loh bingung :iii: gada standarisasi si.. mau beli jadi bingung, ntr habis bensin cari pertamax 95 gada, isi 92.. campur2 dah, mesin kita kasihan.. :swt:

klo shell konsisten dia biasanya.. :top:
Standarisasi dari Pertamina memang gitu...rendah

Alesan karena jarak dari Pengisian lah, kurang lakunya BBM lah, mana jarang dimantain oleh Pertamina, cuman sekali-kali saja, itupun pasang stiker "Pasti Pas" doang :hot:



(1)Lalu bagaimana dengan mobil yang biasanya bahan bakarnya tertulis pertamax atau premium, apa dasar mereka menuliskan bahan bakar tersebut?

(2)dan kemudian, apakah irit/tidaknya bahan bakar juga tergantung pada jenis bahan bakarnya?
1. Rasio Kompresi, setiap mobil pasti berbeda-beda, Proton Gen.2 biar harganya tidak terlalu tinggi, namun ternyata kompresinya lebih tinggi dibanding Kijang Innova.

2. Irit atau tidaknya? berpengaruh

Kalau menggunakan BBM dengan oktan yang sesuai dengan permintaan enjin, pasti throttle & tarikan mesin lebih ringan.

Bandingkan jika memakai BBM dengan oktan yang rendah...enjin akan lebih sulit & membakar tidak sempurna

Otomatis Tarikan berat dan digas lebih dalam untuk mencapai kecepatan yang diinginkan...boros deh :awas:

Nambah :

3. Teknologi yang Dipakai : Banyak mobil yang menggunakan teknologi seperti VVT-i, MiVEC, atau seperti yang biasa dipakai mobil, Katalis Konverter, itu kan diriset, untuk menggunakan BBM yang sudah diplot oleh insinyurnya,

contohnya : Honda Jazz di Indonesia, mengapa emisinya pada tinggi, karena banyak yang memakai BBM Premium, padahal tidak dianjurkan oleh Honda...otomatis katalisnya pada dilepas, karena kalau maksa pakai katalis namun BBM pakai Premium, alamat bisa numpuk kerak & exhaust jadi ketutup...berat dah tarikan

Oh iya, satu lagi : Kebersihan dari BBM...emisi dari mobil, tergantung dari BBM yang dipakai

Pakai PTT atau PT+, ya otomatis emisi lebih rendah & stabil, kalau pakai Premium ya....gitu deh :boong:

xaverius2312
19-02-2011, 11:35 PM
yg ga enak itu pom bensin pertamina gak konsisten jualannya.. ada yg jual pertamax 92 saja ada yg pake pertamax 95, ada pula yg jual bio pertamax 92.. ada yg malah premium sama solar saja.. ada yg bio solar..

nah loh bingung :iii: gada standarisasi si.. mau beli jadi bingung, ntr habis bensin cari pertamax 95 gada, isi 92.. campur2 dah, mesin kita kasihan.. :swt:

klo shell konsisten dia biasanya.. :top:

That s true bro...
memang saya pernah coba survei ke beberapa pom bensin di kota saya.
1. jual premium saja.
2. jual premium + Pertamax 92 saja
3. jual premium + Pertamax 95 saja
4. jual semuanya...
kalau misalnya seperti ini, apabila menggunakan pertamax bukannya kita musti harus nyari kira-kira pom mana saja yang jual BBM tipe yang sama.

N Shell memang T.O.P. meski... terus terang masih sangat jarang ada di kota saya. namun mereka konsisten dengan BBM yang mereka jual. gak pilih-pilih sperti milik pertami....

quro_one
21-02-2011, 10:56 AM
That s true bro...
memang saya pernah coba survei ke beberapa pom bensin di kota saya.
1. jual premium saja.
2. jual premium + Pertamax 92 saja
3. jual premium + Pertamax 95 saja
4. jual semuanya...
kalau misalnya seperti ini, apabila menggunakan pertamax bukannya kita musti harus nyari kira-kira pom mana saja yang jual BBM tipe yang sama.

N Shell memang T.O.P. meski... terus terang masih sangat jarang ada di kota saya. namun mereka konsisten dengan BBM yang mereka jual. gak pilih-pilih sperti milik pertami....

iya betul.. dulu pernah coba sebentar pake yg 95 trus habis cari 95 gada, terpaksa 92 :swt: lama2 jengkel pake premium aja..
toh pake motor biasa, sesuai std pabrik.. :peace:

yaa saran buat Bpk2 Pemilik pom bensin Pertamina, tolong donk di std kan.. yaa itung2 cinta produk indo lah.. cm tolong di perbaiki lg kualitasnya.. :hot:
jgn kalah sama shell dan jg petronas :yop:

klo bisa buat racikan bbm yg keren, power gede di semua range rpm.. :haha: *ngayal dikit..

nerochev
23-02-2011, 08:06 AM
tapi kenapa lebih disarankan pake pertamax(92) daripada premium(88) gan?

banyak kemungkinan :???:

SFU11
23-02-2011, 08:10 AM
tapi kenapa lebih disarankan pake pertamax(92) daripada premium(88) gan?

karena premium masih mengandung kadar oktan yang tidak baik untuk kendaraan...
kecuali daerah jabotabek... cmiiw

evan22
26-02-2011, 12:24 AM
ane pake Pertamax Plus slama ini.... cz kalo pake yg Premium tenaganya kayak kurang...
Ane g ngerti mslh kompresi kendaraan ane, jadi mungkin kompresinya tinggi n butuh oktan tinggi kali.

symix
01-03-2011, 03:26 PM
MX pake pertamax, tapi belom pernah majuin timing, baru tau barusan ini setelah baca thread ini soalnya, hehe.. ntar2 kalo pas serpis minta dimajuin ah.

eniwei, pernah pake pertamax+penambah oktan, hasilnya sugesti menyatakan lebih kencang dan responsif, hampir sama dengan pertamax plus lah (sekali lagi, sugesti). tapi pas pertamax plus tambah penambah oktan, ngelitik dah, huhu..

quro_one
10-03-2011, 04:08 PM
MX pake pertamax, tapi belom pernah majuin timing, baru tau barusan ini setelah baca thread ini soalnya, hehe.. ntar2 kalo pas serpis minta dimajuin ah.

eniwei, pernah pake pertamax+penambah oktan, hasilnya sugesti menyatakan lebih kencang dan responsif, hampir sama dengan pertamax plus lah (sekali lagi, sugesti). tapi pas pertamax plus tambah penambah oktan, ngelitik dah, huhu..

penambah oktan campurnya gimana biar pas? perbandingan bbm di tangksi sama penambah oktannya gmn?
ga pernah pake ntu soalnya.. :peace:

indahfida
17-03-2011, 02:44 PM
kalo menurut gw. oktan tinggi sarat kompresi tinggi pula.

kompresi standar pake oktan tinggi. ga beda rasanya kyk premium. Beda kalo udah modif papas head 0,5 aja deh. pake pertamax udah enak bgt powernya...

MIKO2K0
17-03-2011, 03:49 PM
kalau menambah daya sih kayaknya nggak
tapi motor tarikannya jadi enteng ya
juga biasanya lebih hemat walaupun tidak banyak, tapi lumayan

bivanos88
17-03-2011, 11:25 PM
sebenarnya bukan oktan bbm makin tinggi tenaga makin meningkat,

tapi gunakanlah bbm dengan oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin,,

nrvn
21-03-2011, 08:27 PM
oktan tinggi kayaknya makin irit ya?

ndrydeejay
05-04-2011, 12:19 AM
saya sih pake premium bro..... ^_^ iritt

d2k_komik
13-04-2011, 10:50 PM
Lebih baik penggunaan bensin oktan tinggi adalah luntuk mobil tahun tinggi gan.
Mesin baru,masih normal dan memang spesifikasi mesinnya minta oktan tinggi.
Lebih irit,mesin bersih pembakaran sempurna performa maksimal.

Kalau untuk motor atau mobil tahun lama yang mungkin mesinnya sudah tua atau minta over haul,
jangan coba2 deh pakai bensin oktan tinggi,boros beli bensinnya aja,performanya gak dapet.

Satu lagi,kenapa pakai bensin oktan tinggi labih irit,karena pembakaran sempurna maka gas yang seharusnya kita bejek
setengah waktu tanjakan bisa jadi seperempat , makanya lebih irit.untuk konsumsi.

tapi secara harga karena d indonesia masih ngetrend subsidi jadi harga beli terpaut jauh, sehingga nilai ekonomisnya tidak ada sama sekali

Bener Gak :???: atau ane salah :???:

americanpie
07-07-2011, 12:16 AM
ane pake premium aja deh..

gak kuat dompet pake pertamax..sehari jarak tempuh 140km kurang lebih..

aareza
07-07-2011, 08:39 AM
oktan tinggi biar mesin lebih awet dan lebih ramah lingkungan.
kalo ane enggak pernah beli pertamax, enggak kuat belinya.

thehappiness
08-07-2011, 05:45 AM
setau saia gak nambah DK dah... itu kan cm
agar pembakarannya lbh bagus dan cepat,,sehingga
piston gak cepet kotor gan... :pupi:

feryismar
08-07-2011, 06:56 PM
klo gw mikir tergantung motor jg sih
ane pke fu jd emank pngn pke pertamax,

henrytan
11-07-2011, 10:55 PM
hmm ga tau itu gan, taapi aku nyoba pake shell, mesinnya jadi lebih cepat panas....
enakan pertamax.. suara mesinnya lebih halus...

l4ur3ns1u5
15-07-2011, 11:47 PM
baru tau juga @_@
ketipu donk dari dulu"... pertamax bisa bikin balbalblablaba....
tapi setelah beberapa kali pake malah g rasa lebih boros... tapi klitik" ilang dikit
so pake premium cukup bagi saya...
THANKSs for the good info

cicunkuk
21-07-2011, 10:36 AM
jdi gini gan, menurut ane kalo oktannya gede, ledakan di piston akan lebih besar dibanding yang oktannya kecil, simpelnya gini, ente kalo ditendang bocah 6 taon ama ditendang bapak ente gan perbandingannya kan bakal nampol tuh gan hehehe,

simikiel
21-07-2011, 01:05 PM
sepertinya mengentengkan acc kenderanaan gan ..
dah gitu kita juga membantu kaum duafa !!
ingat bbm bersubsidi itu HARAM buat yg mampu membeli non subsidi !!

berq
23-07-2011, 12:22 PM
prinsipnya kyk pake premuim sama pertamax...

pertamax tarikan lebih oke kan...

supermelon
25-07-2011, 04:27 PM
Iya bner tuh gan.. Ane aja pake Shell n total beda bgt gan kadar DK'nya??
Klo ane lebih cocok pake shell drpd total... hehehehe

Erefes
29-07-2011, 09:00 PM
bensol ga ikutan di tes gan ?
ane sendiri sih make pertamax bwt vixion ane..
pernah make premium rusak "pump" ny :(

MagisterMgt
26-08-2011, 06:35 PM
Nice Share..
Tapi kalo pake Pertamax berasa ringan tarikan mobil pas injek gas ya..
Kalau udah tau fakta kaya gini, balik lagi ke premium saja :p

minyaksayoer
26-08-2011, 09:18 PM
ane ga sanggup beli Pertamax. jadi, ane bli Premium.
pdhl, motor ane Jupiter MX & brdasarkn data kompresi-nya ane diharuskan beli Pertamax.
yah, smoga motor ane kagak knapa2.

von_braun
30-08-2011, 12:51 AM
Kalau dari yang saya ketahui selama ini, dengan menaikkan nilai oktan itu akan memperlancar pembakaran yang artinya pembakaran sempurna untuk menghilangkan efek knocking itu....kalau gak salah jika mobil jadul diberi nilai oktan yang terlalu tinggi pun juga tidak baik dan bahkan bisa ngerusak mesin itu sendiri.....jadi pilihlah nilai oktan yang sesuai dengan karakter mesinnya,

kaneea
18-11-2011, 10:52 AM
masa iya si kak?
yg saya tahu based from tabloid motorplus :
semakin besar nilai Oktan = Semakin besar dan sempurna pembakaran = power bertambah = irit
saya sendiri merasakan beda nya ketika pake premium, and besok na ganti pplus..
apa ini karena d tes nya moge ya?

knr
23-11-2011, 06:11 PM
kalo honda supra diisi pertamax gapapa kan? saya biasanya pake premium,,

tp pgn sekali2 nyoba pake pertamax biar lebih bersih tangkinya

indahfida
24-11-2011, 01:45 PM
masa iya si kak?
yg saya tahu based from tabloid motorplus :
semakin besar nilai Oktan = Semakin besar dan sempurna pembakaran = power bertambah = irit
saya sendiri merasakan beda nya ketika pake premium, and besok na ganti pplus..
apa ini karena d tes nya moge ya?

Ga gitu juga bro, sebenernya perbedaan kompresi diruang bakar mempengaruhi oktan BBM tersebut. Jika kompresi kecil seperti 8:1 cocok pake premium. Kompresi 9-10:1 pas pake pertamax(oktan 92), dst..



kalo honda supra diisi pertamax gapapa kan? saya biasanya pake premium,, tp pgn sekali2 nyoba pake pertamax biar lebih bersih tangkinya

Wah klo buat bersihin tangki ga ngaruh bro. Brothe harus kuras manual tangkinya. Mungkin maksud agan biar pembakaran diruang bakar lebih bersih dan sempurna kali..

Kalo itu bener, tapi ga akan ngelupas kerak yang udah ada sebelumnya.

mrlemonade
24-11-2011, 01:59 PM
Bagaimana cara untuk mencegahnya? 1) Dengan memundurkan waktu pengapian. Hal ini akan mempersingkat waktu pembakaran bahan bakar yang berlangsung ketika tekanan meninggi akibat pergerakan piston ke titik mati atas (TMA) silinder. Bagaimanapun, memundurkan waktu pengapian akan mengurangi daya.


itu hasil dyno yg di page 1, pas ganti bahan bakar nya sama yg octane tinggi, settingan pengapian nya di set ke pengapian buat bensin octane tinggi apa ngga tuh?
kalau misalnya settingan pengapian buat premium terus dipakein race fuel sekali pun ya ga bakalan ngaruh lah..

(gue ngga tau di motor seperti apa, tapi kalo di mobil sih sangat berpengaruh, minimal kalo mobil nya uda dipasangin piggyback atau pake standalone ecu)

makanya ada yg jualan namanya piggyback seperti unichip atau greedy e-manage untuk mobil, ya gunanya buat setting2 pengapian salah satu nya disesuaikan dengan bahan bakar yg digunakan.
jadi mau pake premium atau mau pake shell super extra atau racing fuel pasti settingan nya juga berbeda.

dan HP/torsi yg di dapat juga berbeda.

di mobil standard tanpa modif yg extreme.

mungkin kalau di mesin NA (naturally aspired) bedanya ngga gitu jauh hanya 5-30hp.
tetapi kalo di mesin turbo, itu bedanya bisa lumayan jauh. sampai 20-100hp.

why? karena dari naek kasta dari premium ke shell super extra/pertama plus aja itu bisa naekin 0.3 - 0.5 bar boost turbo.
dan 0.3bar aja itu udah lumayan berasa sekali perbedaan nya.

Bigman
01-12-2011, 04:48 PM
Klao menurut ane sih terasa lah bedanya antara pake premium/pertamax atopun shell super, kerasa di tarikan dan top speednya, soalnya udah pernah coba sendiri, lagian harga pertamax sama shell super masih mahal pertamax, nanggung dah kalo beli pertamax :) blom lagi pertamax ama premium bikin filter bensin jadi cepet kotor