PDA

View Full Version : Science Fakta-Fakta di Balik Konsumsi Telur



ccinneke
07-05-2010, 11:05 AM
Fakta-Fakta dibalik Konsumsi Telur

TELUR memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi, 213 miligram per butir. Karena itu, makanan sumber protein ini sebelumnya pernah dinyatakan sebagai penyebab utama penyakit jantung. Pada faktanya, kolesterol dari makanan bukanlah penyebab utama penyumbatan arteri, tapi lemak jenuh dan lemak trans.

Risiko penyakit jantung dari sarapan sehat satu ini lebih disebabkan oleh campurannya, khususnya mentega, yang mempunyai kandungan lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan telur itu sendiri. Karena itu, Anda bisa menekan jumlah lemak jenuh dengan mengonsumsi telur rebus.

Para pakar menyatakan bahwa telur mengandung nutrisi sehat dan secara umum aman jika dibatasi satu butir sehari. Selain itu, cobalah mengurangi kolesterol dari makan lainnya, seperti daging. Anda sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 300 miligram kolesterol per hari.

Berikut beberapa fakta menarik seputar telur:
- Cegah gangguan penglihatan. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah macular degeneration, penyebab utama kebutaan. Macular degeneration merupakan gangguan penglihatan di pusat penglihatan (macula) akibat kerusakan retina.

- Telur mengandung bakteri salmonella. Karena itu, ada baiknya menghindari produk yang mengandung telur mentah, termasuk milkshake dan adonan kue. Untuk memastikan telur bebas dari bakteri, masaklah di suhu 160 derajat sebelum dikonsumsi.

- Kolesterol hanya terdapat dalam kuning telur, bukan di putih telur.

- Telur merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan protein, besi, dan seng. Akan tetapi, telur kurang kandungan serat.

- Sebutir telur menyediakan 12 persen (6 gram) dari rekomendasi protein harian Anda.

- Noda hijau pada telur yang telah direbus tidak berbahaya dan bukan pertanda keracunan bakteri.

- Semakin segar telur, semakin sulit dikupas.

- Sebutir telur mengandung sekitar 75 kalori.

- Kandungan choline dalam telur berfungsi mendukung perkembangan otak dan memori pada janin serta orang dewasa.

- Telur mengandung vitamin A, B12, D dan E, tapi tidak mengandung vitamin C.

The National Academy of Sciences menganjurkan bahwa perempuan hamil sebaiknya mengonsumsi 450 gram choline per hari. Jumlah ini setara dengan dua butir telur. Satu butir telur, termasuk kuning telur, mengandung sekitar 250 miligram choline.

Sumber Nutrisi yang Baik Ada pada Telur

Satu butir telur berukuran besar mengandung 6.25 gram protein, 75 kalori dan 13 vitamin essensial, juga mengandung mineral. Sebagian besar protein ada di dalam putih telur, sementara vitamin, mineral dan lemaknya terkadung di dalam carotenoid atau pigmen kuning yang ada pada kuning telur. Selain itu, kuning telur juga mengandung kolesterol.

Cara terbaik menikmati telur :

- Menikmati telur mata sapi, omelet atau frittata (omelet Italia dengan sayuran dan daging yang dipotong dadu)

- Campur telur dengan campuran dari tuntunan piramida makanan (Food Guide Pyramid) untuk membuat berbagai macam makanan.

- Mengkombinasi telur dengan sisa sayuran, pasta atau ayam agar makanan menjadi lebih kreatif dan mudah, tidak mahal dan penuh nutrisi.


Hilangkan Resiko Penyakit Food-Bourne.
Foodborne adalah penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Dalam situs Agrinews Online, Foodborne disease disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme atau mikroba patogen yang mengkontaminasi makanan, jadi terdapat bermacam-macam infeksi foodborne disease.

Selain itu, zat kimia beracun, atau zat berbahaya lain dapat menyebabkan foodborne disease jika zat-zat tersebut terdapat dalam makanan. Makanan yang berasal baik dari hewan maupun tumbuhan dapat berperan sebagai media pembawa mikroorganisme penyebab penyakit pada manusia.

Untuk mencegah food bourne saat hendak mengonsumsi telur :
- Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang telur mentah.

- Pisahkan telur mentah dari makanan lainnya, khususnya dari makanan yang tidak perlu dimasak. Simpan telur di dalam kardus karton di tempat yang paling dingin di lemari es

- Masak telur dan menghidangkannya dengan segera, ketika masak telur harus pada suhu 160 derajat Fahrenheit.

Sumber (http://kesehatan.lintas.me/go/mediaindonesia.com/-fakta-fakta-di-balik-konsumsi-telur-/1/)

darkpsycho
07-05-2010, 11:20 AM
gw tiap sarapan hari sabtu-minggu makan ketoprak pake telur 2.... soalnya cm ada tukang ketoprak doang yg nangkring buat pagi2 :kecewa:

galuhrestu
07-05-2010, 11:43 AM
setiap pagi sarapan pake telur.. ama susu.. jam 10an gitu gak terasa lapar...hehehe..

ryudo2012
07-05-2010, 05:19 PM
Para pakar menyatakan bahwa telur mengandung nutrisi sehat dan secara umum aman jika dibatasi satu butir sehari.
satu butir sehari :???:
kalo gw seh ga rutin tiap hari makan telur..
Tapi paling ga dalam seminggu pasti makan telur

rikudou
07-05-2010, 06:18 PM
ini berlaku untuk semua telur pa cuman untuk telur ayam aja? http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-95.gif

tiazz
07-05-2010, 07:01 PM
untung gw emg suka makan telor ayam...
tapi klu dicampur mie, manfaatnya tetep ga ya???
apa kalah ma pengawetnnya mie??

preman
08-05-2010, 02:47 PM
bos..kalo lebih dari satu aman ga bos..
maklum anak kos.ga jelas makannya.
kadang2 gwa 3 biji digoreng tanpa nasi...
abis lagi ga ada nasi,,mo gimana lagi...

deathblow
08-05-2010, 08:34 PM
kalo kebanyakan makan telor bisa bisulan bro + panas dalam ( jadi konsumsilah dengan normal )

BoA
08-05-2010, 11:08 PM
Baru taw gw klo tyt konsumsi telor ga blh lbh dari 1 butir per hari.. Padal g klo makan telor bs ampe 3 butir 1 hari.. Musti dikurangin nih konsumsi telor gw.. :swt:

Inpo yg sangat bagus gan.. Nice post.. :top:

kagetora
09-05-2010, 06:25 AM
Weks, brarti dokter di sebuah acara stasiun tv swasta (halah) waktu itu salah dong, dia bilang maksimal masih bisa 2 butir :awas:
Oh mau nambahin dikit, makan telur harus dimasak selain menghindari salmonella, juga buat matiin virus flu burung katanya
Btw emg bener gitu kalo kebanyakan makan telur bisa bisulan? Bukannya bisulan tu penyebabnya karena infeksi ya?

kagetora
09-05-2010, 06:28 AM
Weks, brarti dokter di sebuah acara stasiun tv swasta (halah) waktu itu salah dong, dia bilang maksimal masih bisa 2 butir :awas:
Oh mau nambahin dikit, makan telur harus dimasak selain menghindari salmonella, juga buat matiin virus flu burung katanya
Btw emg bener gitu kalo kebanyakan makan telur bisa bisulan? Bukannya bisulan tu penyebabnya karena infeksi ya?

myth73
09-05-2010, 08:16 AM
Yang dipermasalahkan kuning telurnya, kalo putih telurnya kan gak masalah sekalipun banyak.
Solusinya kalo pengen makan telur banyak, dipisahkan aja kuning telurnya.

juliajulz
09-05-2010, 09:30 AM
kalo telorny lebih dari 2 tiap hari, kunigny juga di makan kata orang ada kolestroly

bnr gk tuh om? soalny ane doyang bgt makan telor haha :piss:

nunu1234
14-05-2010, 11:03 PM
kalau gw kebanyakan makan telur kok sering bisulan ya

dztmond89
16-05-2010, 10:03 PM
wah g tiap hari konsumsi minimal 1 butir telur terus n seringnya 2 butir telur..
kadang2 yang kyk telur kampung d masak 1/2 matang. ap gq ap kl sering makan telur 1/2 matang khususnya buat telor kampung?

mp_segara
17-05-2010, 04:42 AM
makan telur lbh dari 1 sehari juga gpp, tp tergantung kebutuhan juga. Kyk atlit binarga makan bisa ama 20 butir sehari cma putihny aj yg dimakan. Klo orng2 yg normal2 aj, 2 juga blh lah.
Klo kbykan bisa bikin bisulan. BIsulan tuh, klo menurut ane, krn qta kbykan makan telur terutama kuning telorny, cma ane msh blom yakin zat apa dari kuning telor yg bis bikin bisulan.

merlinlebelle
17-05-2010, 05:39 AM
telur oke jg lah buat diet.. bikin kenyang but klo lo cuma makan putih telurnya doank ga bikin gemuk..

a_wa
17-05-2010, 09:12 AM
sehari makan telur mpe 3 butir (utuh, kuning n putihnya) juga gpp. asalkan kebutuhan nutrisi n antioksidan lain juga seimbang. nha kalo cuma putihnya, gw coba bantu itungannya, tubuh manusia butuh 1-2 gram protein per 1 kg berat badan. nha putih telur proteinnya 6 gr, jadi kalo berat badan agan 60 kg n asupan proteinnya cuma dari putih telur, bisa makan sampe 10 butir (sekali lagi gw tekanin putihnya aja) per hari. nha kalo agan juga makan makanan sumber protein lain, tinggal dikurangin jumlah proteinnya aja. :piss:

N0ah
17-05-2010, 12:37 PM
Telur menu wajib klo lagi di burjo.. Hahaha..

ria_jun
17-05-2010, 05:14 PM
kl makan telor mentah gmn tu?

a_wa
17-05-2010, 06:20 PM
@ ria_jun
jangan makan telor mentah bro/sis :awas: soalnya telor mentah tu masih ada bakterinya :takut: trus BV-nya (biological value, ukuran proporsi penyerapan) juga lebih tinggi telur yang udah mateng (direbus mateng semua, gak setengah mateng)

apple0093
18-05-2010, 09:36 AM
telor kgemaran ane, sehari minimal 2 butir telor rebus, resikonya ya gini, jadi jrawatan di punggung :swt:

valkirie_only
21-05-2010, 05:23 AM
@ ria_jun
jangan makan telor mentah bro/sis :awas: soalnya telor mentah tu masih ada bakterinya :takut: trus BV-nya (biological value, ukuran proporsi penyerapan) juga lebih tinggi telur yang udah mateng (direbus mateng semua, gak setengah mateng)

waduh, serem amat....padahal ana makan telor ayam kampung yng mentah terus sebutir sehari....tapi dicampur madu

wew....thanks atas warningnya bro/sis :sembah:

madenandika
21-05-2010, 12:35 PM
Mah gawat nui makanan q dirumah telur saja heheheh maklum keluarga sederhana

SuckedFile
21-05-2010, 02:59 PM
menyeramkan...untung gak terlalu suka telor...hehe

9a0809
08-03-2011, 08:55 AM
wew, trus STMJ itu gmn???

newproperty
11-03-2011, 08:59 AM
ane penggemar telur kk... sampai sekarang ane sehat penglihatan dan pinter

blueplanetto
11-03-2011, 10:20 AM
gak peduli... yg penting halal :nikmat:

Vlordz
11-03-2011, 10:51 AM
Asal gk makan telor mentah ama telor busuk aja dah :peace:

agentg2
11-03-2011, 01:27 PM
info bagus ni, turut baca ya :D

Shouenga
12-03-2011, 08:52 AM
- Telur mengandung bakteri salmonella.

wew, bisa tipes kalo makan telur mentah

b3d3s
12-03-2011, 07:47 PM
nice info gan..masa hanya disarankan hanya satu telur aja sehari...

klo 2 telur masih boleh dong...

klo makan cuman satu rasanya kurang...

booncitz
13-03-2011, 10:04 AM
jadi intinya...kalo konsumsi telur putihnya aja bro???kuningnya dibuang???haizzz

wiswise
13-03-2011, 11:44 AM
tetep aja telor itu berkolestrol tinggi, apalagi buat yang jarang olah raga

programbleduk
14-03-2011, 03:24 PM
kalo kebanyakan makan telor kenapa jerawat nongol ya?
apakah karena adanya protein?

indriyati
22-03-2011, 08:14 PM
telur banyak proteinnya...pasti bermanfaat buat tubuh...protein ka berguna buat memperbaiki sel2 di tubuh kita..

manusiahero2011
22-03-2011, 08:21 PM
kalo saya sering makan mie rebur pake telur, bahasa sunda nya miedog (mie dan endog), bukan omlet yah... hehehe..

minatoshi
23-03-2011, 07:38 PM
telor makanan favorit ane gan jd hampir stiap hr ane mkn telor trus

verth
24-03-2011, 07:07 AM
wah, hanya di batasi 1 telur per hari?
gimana nie? konsumsi lebih dari 1 telur per hari..
apalagi kalo pas minum obat maag (pake kuning telur)

hanya saran saja sie, tapi kayaknya lebih baik makan telur ayam kampung (disesuaikan dgn kondisi dompet juga)
gw sie cuma makan sminggu skali... tapi, rasa telurnya jauh lebih enak...

notime4luv
24-03-2011, 11:37 AM
pada dasarnya, smua makanan itu bermanfaat asal tidak berlebih..
ane kalo kebanyakan makan telor jadi bisulan..-.-"

oputra2
25-03-2011, 10:52 AM
Gw suka geli tuh ngeliat telor.. apalagi telor bulet dah.. kalo dadar masih mw

KevYoP
05-06-2011, 11:09 AM
^
^
ama gan makanan pengganti...
kalo gak ada yang dimakan....

SempaKendoR
05-03-2012, 01:45 PM
Gan ane kan ngegym , ane konsumsi sekitar 10-15 butir telur rebus perhari tp putihnya aja ...
kira" bahaya ga tuh klo buat jangka panjang.
ane rutin nih gan tiap hari ,udah ane lakuin selama 4 bulan ... emang ke badan sih jd gede.
tp klo ke sehatan ini yng ane ga tau... mohon pencerahan

gnagdleifna
13-03-2012, 06:33 AM
Weks, brarti dokter di sebuah acara stasiun tv swasta (halah) waktu itu salah dong, dia bilang maksimal masih bisa 2 butir :awas:
Oh mau nambahin dikit, makan telur harus dimasak selain menghindari salmonella, juga buat matiin virus flu burung katanya
Btw emg bener gitu kalo kebanyakan makan telur bisa bisulan? Bukannya bisulan tu penyebabnya karena infeksi ya?

klo untuk orang sehat dengan aktivitas berat/cukup berat rasanya 2 butir sehari engga masalah ... memang kolesterolnya banyak tapi diimbangi dengan aktivitas ...
bener gan masak telur sebaiknya bener2 matang, klo engga bisa penyakit/bakteri macem2 ...
bisulan karena telor? mungkin mitos gan, tp klo telor menimbulkan alergi bisa jadi

aur0r
13-03-2012, 10:46 AM
menu favorit yang harus ada tiap makan
tapi katany bahaya yah kalo terlalu banyak mengkonsumsi telur

ahmadhussein
14-03-2012, 01:52 PM
"telur mentah berbahaya"

tapi kok banyak ya, yang memanfaatkan telur mentah untuk jamu ?? :???:

kevinsenjaya
14-03-2012, 02:39 PM
dulu pernah baca, katanya setiap hari supaya protein seimbang
kita butuh 2 butir telur setiap harinya...
wkwkwkwk

milkytzu
14-03-2012, 09:27 PM
Fakta-Fakta dibalik Konsumsi Telur

Berikut beberapa fakta menarik seputar telur:
- Cegah gangguan penglihatan. Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah macular degeneration, penyebab utama kebutaan. Macular degeneration merupakan gangguan penglihatan di pusat penglihatan (macula) akibat kerusakan retina.



huahahaha! pantesan j uda 3 thn terakhir minus gk nambah2 jg... tetep L:-5,50/R:-5,75 :fufufu:
alasannya krn sering makan telur (seminggu 4-5x) diimbangi mkn sayur2an + buah2an jg sih :kenyang:

-------
bnyk yg blg klo sering2 makan telur bs timbul bisul.. ini mitos ap kenyataan si?
prasaan gw sering makan telur tp gk timbul bisul tuh ?! :???:

yuma
15-03-2012, 11:53 AM
bnyk yg blg klo sering2 makan telur bs timbul bisul.. ini mitos ap kenyataan si?
prasaan gw sering makan telur tp gk timbul bisul tuh ?! :???:

Metabolisme tubuh setiap orang berbeda. Makanya, efek yang timbul juga berbeda. Saya, misalnya, nggak bisa makan telur lebih dari 3 butir per minggu. Lebih dari itu pasti timbul bisul atau jerawat atau kulit jadi merah-merah.

zeroic
20-03-2012, 07:09 PM
mulai skg gw ga bakal konsumsi kuning telor..lebih banyakan di putih telornya kl makan telor..

farly_agha
21-03-2012, 09:10 AM
iya gan emang telur sehat banget ,
gua aja kalo abis nge gym makan telor 2 butir , terasa bangett

HiddenSkills
21-03-2012, 04:53 PM
ane tiap hari hampir makan telur gan
telur emang menyehatkan

http://duniaceria.in/emoticon/makan.gif

boncu1234
22-03-2012, 07:30 PM
wah cuma boleh satu butir sehari, kalau yang binaraga itu kok nggak masalah ya sampai berapa puluh telur sehari

calcrue
22-03-2012, 09:21 PM
ambil aja putihnya daripada pake kuningnya
protein tinggi tuh putihnya!

rover
23-03-2012, 10:54 PM
kalau kebanyakan makan telur,bahayanya kena alergi gan,ane pernah kena alergi telur...

kyeopTaeng
24-03-2012, 08:16 AM
Nais Inpo,
Baru tau kalau mengkonsumsi telur jangan melebihi Angka 1 Perhari.

tapi Vitaminnya itu yang terkandung dalam Telur Luar Biasa,
- Telur mengandung vitamin A, B12, D dan E, tapi tidak mengandung vitamin C.
C Gak termasuk karena memang gak Manis Telur itu.

leetachan
24-03-2012, 10:14 PM
wah baru td makan telur.. tapi ati2 kl kebanyakan bisa bisulan.. hehe

HANAZONO
24-03-2012, 11:11 PM
Wah ana sehari makan 3x telur, digoreng pake mentega lagi,, :swt:
Untung yang dimakan cuma putihnya doang.. :hoho:

Nice Info gan, :top:

galenleslie
26-03-2012, 06:24 PM
tambahan aja bro, kalo telur lebih baik direbus, daripada digoreng karena protein yang dikandungnya kalo digoreng jadi hilang bro, selain itu minyaknya jg bikin gemuk loh bro heheehe

sassyvel
27-03-2012, 09:49 AM
katanya telor puyuh kandung kolesterol nya jauh lebih tinggi ketimbang telor ayam kampung atau bebek ? bener kagak yaa ??

roshif
27-03-2012, 09:56 AM
hmm kalo kata mak ane, yang paling tinggi kolestrol'a di telor yakni pada kuning'a :fufufu:

tapi tetep aja ane doyan ama telor :hehe:

sehari pernah dua kali makan telor :hoho:

REDATO
27-03-2012, 02:54 PM
aku kalo masak telur, seringnya sih di buat telur dadar dengan sayuran yang lumayan banyak
biar sehat :unyil:

baru tau kalo tidak boleh lebih dari 1 telur per harinya :swt:

Alton
27-03-2012, 04:53 PM
Hello friends,...
I am here to this forum.Eggs is the best for good health and fitness.It giving us good energy and nutrition.
It is best for children health.So we should be eating the eggs.Thanks a lot.

galenleslie
27-03-2012, 06:42 PM
Hello friends,...
I am here to this forum.Eggs is the best for good health and fitness.It giving us good energy and nutrition.
It is best for children health.So we should be eating the eggs.Thanks a lot.

indeed it's giving a great nutrition for your health but beware if the protein from the egg is not being used all up, slowly it will affect your face, some dimples will appear
so the best combination is eat 1 egg each day, if you want to consume it 4-5 eggs, you better look for work up a bit ;)

wasgone
09-04-2012, 03:40 PM
ternyata kuningnya ada antioksidannya ya, selama ini ane menghindari makan kuning telur karena kolesterolnya
btw lutein dan zeaxanthin nggak cuma ada di kuning telur kan kk (maksudnya dari sumber yang lain ada juga kan?)?
btw lagi nice info kk :xiexie:

FoxmuldeR
02-05-2012, 02:37 PM
sayang bner gan,ane dmen pdhl makan telor setengah mateng...ternyata banyak salmonella nya tih

Barkot
02-05-2012, 06:32 PM
Menarik nih artikel.... tapi fakta2-nya kurang didukung bukti2 ilmiah nih :p
tar coba nanya di om gogel dulu d

quantum_rez
03-05-2012, 11:59 PM
buset mate dah, 1 hri makan telor 3 butir mampus mampus wkakkaa harus segera dikurangin neh hehehe

anarchyz
04-05-2012, 10:26 AM
gw kebanyakan makan telur malah bisulan terus
sekarang jarang makan telur
juga tetep bisulan lagi
bingung ane..
tapi telur itu enak ya, sayang kuningnya kalo makan kebanyakan bahaya
TT___TT

vegard
04-05-2012, 02:28 PM
Cukup 1 butir telur untuk sehari, kondisi badan akan tetap terjaga...

bella_donna
07-05-2012, 10:20 AM
betul itu, telur harus dimasak secara sempurna buat matiin virus dan bakteri yg mungkin ada di dalam telur.
jadi yg doyan makan telur setengah mateng mendingan mulai beralih makan telur mateng deh..

paramaniac69
09-05-2012, 12:50 PM
- Kolesterol hanya terdapat dalam kuning telur, bukan di putih telur.
pantesan kuningnya telor lebih enak....

enzu92
09-05-2012, 05:48 PM
wah kalo tau gini kurangin konsumsi telor dah gw..
tiap hari makan telor mulu

vaxyu
12-05-2012, 04:54 PM
"Telur mengandung bakteri salmonella. Karena itu, ada baiknya menghindari produk yang mengandung telur mentah"

kalo bwt STMJ gmn gan?

yanae2010
12-05-2012, 08:20 PM
thank you infonya gan, untung selama ini ndak suka makan telur mentah atau setengah mateng ^^

kodokatsyu
13-05-2012, 01:08 AM
- Pisahkan telur mentah dari makanan lainnya, khususnya dari makanan yang tidak perlu dimasak. Simpan telur di dalam kardus karton di tempat yang paling dingin di lemari es


kalo nyimpen di lemari es ga di kartonin bahaya yah gan??
soalnya ga pernah pake dus karton segala kalo dah masuk lemari es..

NashQ
15-05-2012, 04:37 PM
thanks infonya gan,

telur antara fav makanan gw, setiap pagi gw sarapan teler setengah masak sama roti bakar

1X54N
15-05-2012, 05:01 PM
ane jarang2 gan konsumsi makanan dari telur.
untuk memenuhi gizi aja.

denia23
18-05-2012, 12:17 PM
sbutir sehari??
dulu trainer fitnes ane malah nyuruh makan telur rebus smpe 10 butir/hari... :bloon:

endogkondologit
20-05-2012, 05:28 AM
yang jelas kalo buat yang kena penyakit eksim ga boleh makan telor dolo :D

bilnity
20-05-2012, 02:57 PM
yang jelas kalo buat yang kena penyakit eksim ga boleh makan telor dolo :D Pernah kena eksim juga tuh saya, sy suka makan telur pantesan kadang2 kok bisa gatel banget y? Baru taw saya

tian85
20-05-2012, 03:46 PM
nice info gan...ane doyan banget ama telor..telor rebus goreng dadar ceplok martabak telor...

Driverz
21-05-2012, 09:11 AM
Telur emang salah satu makanan terbaik neh.

Harga murah dan bermanfaat banget.

waoneon1
22-05-2012, 01:40 PM
nih makanan favorit gw ni....

lok d rmah g ada makanan dikit2 goreng telur, campur mie, kasi kecap....
pokoknya ampir tiap hari makan tlur

yeanrush
04-06-2012, 03:14 PM
dulu pernah waktu sd ade gw sehari 1 telur setengah mateng, yang ada suka borokan :) wakwakwakwa kebanyakan juga gak baik kayaknya

ryrien
04-06-2012, 09:35 PM
- Mengkombinasi telur dengan sisa sayuran,

klo mengkombinasikan telur dengan mie gimana tuh? saya sering banget begitu.. hehehe..

Wendrag
05-06-2012, 11:21 AM
Yang aku telur buat ngngedein otot. ehehe

juggybuddy
05-06-2012, 12:16 PM
mo tanya, ini berlaku hanya buat telur ayam aja ataw gimana? kalo telur bebek & telur asin gimana?
:hihi:

olympus13
05-06-2012, 02:19 PM
- Kolesterol hanya terdapat dalam kuning telur, bukan di putih telur.
- Noda hijau pada telur yang telah direbus tidak berbahaya dan bukan pertanda keracunan bakteri.Cara terbaik menikmati telur :
- Menikmati telur mata sapi, omelet atau frittata (omelet Italia dengan sayuran dan daging yang dipotong dadu)
- Campur telur dengan campuran dari tuntunan piramida makanan (Food Guide Pyramid) untuk membuat berbagai macam makanan.
- Mengkombinasi telur dengan sisa sayuran, pasta atau ayam agar makanan menjadi lebih kreatif dan mudah, tidak mahal dan penuh nutrisi.

:niceinfo:gan

wah favorite saya memang yang putihnya :hihi:
jadi gk perlu takut lagi dah lihat warna ijo pada telur
kalau penyajiannya sih itu keluarga saya banget gan

sekali lagi :niceinfo: gan

allenwalkerint
06-06-2012, 04:48 PM
pantesan berat gua langsung naik drastis gara2 rajin makan pake telur setiap malam.........
akhirnya sekarang nyoba makan2 yang lauknya ikan....
ngaruh gak yah..... parah nih..............

lordkael
06-06-2012, 07:14 PM
gan,,, bener g sih kalo kebanyakan makan telur bisa beresiko terkena kanker prostat??

skrupp
09-06-2012, 05:33 AM
gw juga biasa makan telur walau gk tiap hari, kandungan protein nya bagus. :haha:
dan katanya juga bisa gedein otot :ogdead:

hillz
28-11-2012, 07:51 PM
makan telur lbh dari 1 sehari juga gpp, tp tergantung kebutuhan juga. Kyk atlit binarga makan bisa ama 20 butir sehari cma putihny aj yg dimakan. Klo orng2 yg normal2 aj, 2 juga blh lah.
Klo kbykan bisa bikin bisulan. BIsulan tuh, klo menurut ane, krn qta kbykan makan telur terutama kuning telorny, cma ane msh blom yakin zat apa dari kuning telor yg bis bikin bisulan.

garuda_guard
29-11-2012, 06:42 AM
Ane jg suka makan telur tp biasanya gak terlalu mateng bro,
Yg kuningnya msh agak gel gitu, bahaya ya?

gadanama
13-12-2012, 08:39 PM
tiap kaga ada duit makan mie+telor :hahai::hahai:

tp hidup jd anak kos jg susah... :madesu::madesu:

villace
15-12-2012, 11:03 PM
iya gan

buat yang foodborne itu ane mau nambahin

emang telor itu sebaiknya dimasak matang

karena banyak banget Salmonella yang ada di dalem telur yang bisa nyebabin tipes..
cmiiw

Sunday_KNIGHT
16-12-2012, 06:55 AM
emang telor itu sebaiknya dimasak matang
karena banyak banget Salmonella yang ada di dalem telur yang bisa nyebabin tipes..
cmiiw
yup, benar banget, biasanya kontaminasi salmonella terjadi saat telur di buka cangkangnya,
kecuali ada telur-telur yang perawatannya bagus,
sehingga kontaminasi salmonella dapat di cegah,

GFA
20-12-2012, 11:25 AM
Saya ada info tentang telur yaitu ada beberapa zat yang tidak boleh kita makan bersamaan dengan telur diantaranya...

1. Selesai makan telur jangan langsung minum teh.
Teh mengandung banyak asam tanat, sedangkan jika asam tanat bergabung dengan protein yang terdapat pada telur maka akan terjadi konvergensi protein asam tanat, yang akan menyebabkan gerakan usus melambat, hal ini dapat memperpanjang masa tinggal tinja di dalam usus sehingga menyebabkan terjadinya sembelit.

2. Telur dan vetsin tidak boleh dimasak bersamaan
Pasti sudah banyak ibu-ibu yang sudah mengetahui bahwa telur dan vetsin tidak boleh dimasak bersamaan. Namun, mungkin kalian masih belum tahu kalau telur dan gula tidak boleh dimasak bersamaan, begitu juga selesai makan telur, dilarang mengkonsumsi gula.

3. Setelah mengkonsumsi telur, jangan mengkonsumsi buah kesemek
Karena mengkonsumsi buah kesemek setelah mengkonsumsi telur akan menyebabkan keracunan.

4. Setelah mengkonsumsi telur, jangan mengkonsumsi susu kedelai
Hal ini dapat mengurangi nilai gizi dan hilangnya nutrisi.

5. Setelah mengkonsumsi telur, jangan mengkonsumsi daging angsa dan daging kelinci
Hal ini dapat menyebabkan diare.

6. Setelah mengkonsumsi telur, jangan mengkonsumsi daging penyu
Karena mengkonsumsi daging penyu setelah mengkonsumsi telur akan menyebabkan keracunan.

7. Setelah mengkonsumsi telur, jangan mengkonsumsi obat anti-inflamasi

josemc
20-03-2013, 04:32 PM
tiap makan telor atau yang berbahan telur pasti pusing2.. kolesterol kali ya. padahal cuma sedikit.....yah jadinya sampe sekarang jarang makan telor. padhl ane doyang banged ma telor

Sunday_KNIGHT
20-03-2013, 08:53 PM
tiap makan telor atau yang berbahan telur pasti pusing2.. kolesterol kali ya. padahal cuma sedikit.....yah jadinya sampe sekarang jarang makan telor. padhl ane doyang banged ma telor
hah, masa ? itu telur aja ato ada tambahan lainnya,
biasanya kalo dicampurkan dengan kopi kadang bisa bikin pusing juga,

kalo dari sisi kolesterol kekknya gak ada hubungannya dah dengan sakit kepala,
cmiiw ____

olbox
27-03-2013, 07:31 AM
- Semakin segar telur, semakin sulit dikupas.

tenyata telur yang susah dikupas itu yang segar ya? :rokok:
kirain telurnya kualitas jelek, ampe susah dikupas :glek: