PDA

View Full Version : tips masalah-masalah tubuh



raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:31 PM
tips menghilangkan jerwt

Ambil satu daun Lidah buaya
Potong beberapa bagian
Kelupas Kulit luarnya
Oleskan dibagian yang muncul jerawat
Ulangi tiap pagi dan Sore
Semoga Bermanfaat

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:34 PM
mengTAsi mata merah
Petik beberapa lembar daun sirih
Rendam daun sirih dalam air panas
Tunggu sampai rendaman agak dingin atau dingin
Celupkan mata anda ke dalam rendaman
Ulangi sampai beberapa kali

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:37 PM
Rahasia Memperhalus Dan Memperlembut Kulit
Beberapa Faktor Menyebabkan Keringnya Kulit
1. Udara yang kering
Kulit kering dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk yang telah dipaparkan di atas, yaitu menurunnya kelembaban udara terutama pada musim dingin.

2. Sering mencuci tangan dan cairan pembersih Rumah tangga
Faktor lainnya adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang sering mencuci tangan atau berkontak dengan air atau tanah. Dan salah satu contoh pekerjaan ini adalah ibu rumah tangga! Ya, ibu rumah tangga memiliki paparan yang tinggi terhadap air, cairan pencuci piring, cairan kimia untuk pembersih, dan lain sebagainya. Ibu rumah tangga juga harus sering mencuci tangannya saat mempersiapkan makanan, setelah mencuci piring, setelah membersihkan meja dan banyak lagi. Padahal cairan-cairan pembersih rumah tangga dan sabun cuci tangan ini adalah salah satu yang menambah keringnya kulit, terutama tangan.

3. Kebiasaan merokok
Penyebab yang lain adalah kebiasaan merokok. Zat-zat dalam rokok akan merusak jaringan yang membentuk elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih kering dan kasar. Jadi ada satu alasan lagi untuk tidak merokok, bukan?

4. Kurangnya konsumsi lemak
Benar, lemak memang dimusuhi banyak orang (terutama perempuan). Namun lemak dalam jumlah yang tepat dibutuhkan kulit untuk membentuk lapisan “penangkap” kelembaban.

5. Usia lanjut
Seperti diketahui bersama, fungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastisitas kulit akan berkurang.

6. Alergi atau kelainan kulit yang kronis
Alergi terhadap zat tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kemerahan. Kelainan kronis seperti dermatitis yang dimiliki seseorang juga menjadikan kulit lebih kering dan lebih sensitif terhadap berbagai gangguan dari luar, termasuk udara kering.

7. Gatal dan Kulit Kering
Keringnya kulit dapat memicu munculnya masalah lain yaitu gatal. Kulit menjadi lebih mudah terasa gatal karena kelembaban yang juga merupakan pelindung kulit berkurang. Walaupun terdengar kecil, gatal dapat menjadi masalah besar jika sampai menyebabkan seseorang tak dapat beristirahat, menyebabkan merah-merah dan luka di kulit, atau bahkan infeksi.

Pencegahan dan Penanganan Sederhana
Dari keterangan singkat mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan kulit kering dan gatal tersebut, pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan sebenarnya cukup banyak.

1. Menjaga nutrisi
Yang pertama tentunya tetap menjaga gizi dalam makanan kita seimbang. Terutama air yang cukup (minimal 8 gelas sehari). Lemak dalam jumlah tepat dan makanan yang mengandung vitamin juga tak boleh dilupakan. Vitamin C membantu pembentukan zat yang berperan dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C dan E dikenal memiliki potensi antioksidan yang kuat untuk menangkal segala kerusakan yang dapat terjadi pada sel.

2. Mengatur kondisi tempat tinggal
Situasi di rumah dapat diatuir sedemikian rupa untuk mengurangi risiko kulit kering. Misalnya dengan tidak menggunakan pemanas ruangan berlebihan dan menjaga suhu konstan sekitar 68-750 Fahrenheit.

3. Memakai sarung tangan ketika mengerjakan
pekerjaan rumah tangga
Pekerjaan rumah tangga juga sedapat mungkin dilakukan dengan melindungi kulit. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring. Jika sarung tangan dengan bahan karet (lateks) menimbulkan alergi, dapat digunakan sarung tangan vinyl.

4. Mandi yang “tepat”
Pencegahan lainnya yaitu dengan mandi menggunakan air “suam-suam kuku”, bukan air panas. Air yang suam-suam kuku suhunya tidak memiliki perbedaan ekstrim dengan suhu tubuh kita. Dan berendam adalah cara mandi yang lebih melindungi kelembaban kulit dibanding dengan pancuran (shower). Sabun yang digunakan saat mandi juga hendaknya dipilih yang lembut dan mengandung pelembab. Beberapa contoh merk yang dianjurkan di beberapa sumber adalah Dove, Cetaphil, atau Oil of Olay. Sabun yang mengandung deodorant tidak dianjurkan terutama pada kulit yang bukan hanya kering, tapi juga merah-merah. Mengeringkan tubuh tidak perlu dengan menggosok menggunakan handuk, melainkan cukup dengan menekan-nekan kulit dengan handuk sehingga kelembaban yang tersisa di kulit dapat dioptimalkan.
Satu saran lain mengenai mandi, yang mungkin akan membuat kening kita sebagai orang Indonesia berkerut, adalah mandi satu kali sehari sudah cukup untuk orang yang memiliki masalah kulit kering.

5. Menggunakan moisturizer/body-lotion
Dan segera setelahnya, gunakan pelembab (moisturizer) di seluruh tubuh untuk memerangkap uap air setelah mandi. Beberapa yang dianjurkan contohnya Cetaphil, Eucerin, atau Moisturel. Namun kendalanya memang pelembab-pelembab tersebut relatif mahal. Lalu bagaimana jika kita “tidak mampu” membeli pelembab yang banyak dianjurkan tapi mahal itu Menggunakan yang terjangkau pun boleh, dan jelas jauh lebih baik daripada tidak menggunakan pelembab sama sekali. Penggunaan pelembab dianjurkan tidak hanya setelah mandi, tapi juga sebelum tidur. Untuk yang mengalami masalah kulit tangan yang sangat kering dapat menggunakan sarung tangan katun tipis untuk mempertahankan kelembaban dan mencegah keinginan menggaruk.

6. Tidak menggaruk kulit yang kering
Menggaruk akan menyebabkan kulit lebih kering dan lebih gatal sehingga menjadi lingkaran setan. Kuku juga dijaga selalu pendek sehingga tidak melukai kulit jika menggaruk.

7. Kamar tidur dan pakaian
Untuk menjaga kelembaban kamar tidur, humidifier juga dapat digunakan. Selain itu, mungkin ada sebagian orang yang lebih nyaman menggunakan bahan pakaian dari katun dibanding wol atau akrilik. Wol atau akrilik lebih dapat menimbulkan gatal. Menggunakan sarung tangan saat beraktivitas di luar rumah juga dapat membantu menangani kulit kering

8. Menjauhi stress
Dan jangan dilupakan, gatal juga dapat dipicu oleh stres. Jadi menghindari stres juga merupakan strategi mencegah gatal.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:40 PM
Cara Memperindah Rambut

Punya rambut yang bagus dan indah merupakan dambaan setiap wanita karena rambut merupakan salah satu mahkota mereka. Untuk Anda yang merasa rambutnya kusam, atau lepek dan yang masalah lainnya. Berikut cara untuk memperindah rambut Anda:

Perlu Anda ketahui bahwa rambut yang keringpun akan kemas dan berkilau bagai sutra, jika Anda rajin keramas dengan ramuan yang akan kita buat ini.

Caranya :
Kalau kita sewaktu memakai shampo kemudian campurkan kuning telur dan minyak sayur. Aduklah hingga tercampur, setelah itu gunakan pada rambut Anda, setelah itu dicuci, lalau dibilai lagi dengan mempergunakan air hangat yang sudah diberi perasan air jeruk nipis. Akan terlihat saat itu juga perubahan pada rambut Anda. Silahkan buktikan dengan mencoba resep ini!

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:42 PM
Mengatasi Rambut Rusak karena Pewarnaan
MEWARNAI rambut boleh saja. Asal, rambut harus tetap dirawat agar tak rusak dan kehilangan kemilaunya.

Mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk memperindah rambut. Masalahnya, rambut yang sering diwarnai lama-kelamaan menjadi kusam tak bercahaya, memicu ketombe, merusak ikatan protein pada rambut dan membuat struktur rambut menjadi lemah.

Bila rambut sudah rusak karena pewarnaan, perlu ada perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan procare, perawatan khusus untuk rambut rusak akibat diwarnai. "Procare adalah perawatan terbaru untuk mengatasi masalah-masalah pada rambut," kata Rudy Hadisuwarno. Procare diperlukan untuk mengambalikan kemilau rambut. Berikut tahap merawat rambut yang rusak karena pewarnaan:

Diagnosa

Dengan mendiagnosa rambut, akan terlihat jelas permasalahan-permasalahan rambut mulai dari rambut kering, berminyak, berketombe, dan rusak karena pewarnaan. Setelah itu diberikan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala.

Nutritif Masque

Setelah rambut dibersihkan, rambut diberi masker nutritif. Masker ini terdiri dari dua macam. Yaitu masker ginseng untuk rambut rontok dan masker bunga matahari untuk rambut kering atau rusak dan rapuh akibat proses kimiawi seperti pewarnaan, rebonding dan pengeritingan. Masker diberikan secara merata mulai dari ujung bawah hingga ujung atas rambut. Pemberian masker dimulai dari ujung bawah rambut hingga atas rambut. Setelah itu, dilakukan massage pada kulit kepala. Untuk rambut rontok, massage yang dilakukan tidak terlalu banyak.

Back Massage

Oleskan massage oil yang dihangatkan di tungku dan mengandung aroma relaksasi pada punggung. Massage punggung selama kurang lebih 15 menit untuk meregangkan otot-otot yang letih, sambil menunggu proses penyerapan vitamin dari masker nitritif ke dalam batang rambut.

Terapi Ozon

Alat terapi ozon terdiri dari cape rambut yang ditempelkan selang panjang dan terhubung dengan tabung yang berisi oksigen. Tabung ini mengubah oksigen menjadi ozon dan disalurkan ke dalam cape rambut melalui selang. Tetapi ozon berfungsi mencegah efek buruk dari radikal bebas dan polusi udara serta mengembalikan elastisitas rambut. Terapi ini dilakukan selama kurang lebih 10 menit.

Bilas rambut

Setelah menggunakan masker nutritif dan terapi ozon, rambut dibilas dengan air dingin agar nutrisi dan vitamin yang ada di kulit kepala dan batang rambut dapat terserap.

Hair tonic

Setelah dibilas, rambut diberi hair tonic. Hair tonic itu mesti sesuai dengan jenis rambut. Hair tonic ginseng untuk rambut rontok, hair tonic tea tree oil untuk rambut berketombe, dan hair growth serum untuk rambut yang mengalami kerontokan sangat parah.

Hair Frequency Machine

Setelah hair tonic, gunakan mesin high frequency untuk memaksimalkan penyerapan pada kulit kepala, menghilangkan kuman di rambut, meningkatkan aktivitas kelenjar pada rambut, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan metabolisme pada kulit kepala. Alat ini seperti sisir kaca yang dialiri sinar infra merah.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:45 PM
tips merawat kuku
Lihat deh kukumu...Apakah kuku-kuku itu kuat dan tampak sehat? Atau kuku kamu rapuh, bertekstur kasar dan punya warna dan bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya? Kondisi tersebut mengindikasikan kurangnya perawatan yang dilakukan pada kuku. Tetapi ada pula kerusakan pada kuku yang mengindikasikan akan suatu penyakit yang diderita.

Tapi sebelum kita mempelajari bagaimana cara merawatnya, lebih baik kita tahu dulu bagian-bagian dari kuku yang sehat...

Kuku sehat terdiri dari :
Nail plate => Lapisan terluar dari sebuah kuku
Nail folds => Kulit yang membingkai kuku Anda
Nail bed => Lapisan kulit yang berada di bagian bawah kuku
Kutikula => Lapisan yang melapisi kuku, melindungi sel keratin baru
Lunula => Bagian yang berbentuk setengah lingkaran di bagian dasar kuku


Tidak ada sebuah produk yang ada,langsung membuat kuku kuat dan sehat tanpa adanya perawatan yang Anda lakukan terhadapnya. Jika Anda ingin menjaga kuku tetap sehat, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui :

o Jangan lukai kuku Anda. Jangan gunakan kuku untuk membuka sesuatu, terutama benda keras atau menarik sesuatu walau sekuat apapun kuku Anda.

o Jangan gigit kuku Anda . Kebiasaan ini akan merusak nail bed kuku Anda. Selain kotor dan bisa membuat Anda sakit (kotoran di bawah kuku dapat tertelan jika Anda menggunakan tangan untuk makan), kebiasaan ini akan membuat kuku menjadi pendek, dan membuat bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan timbul infeksi.

o Lindungi kuku Anda. Jika Anda akan bersentuhan cukup lama dengan bahan-bahan kimia, lindungi selalu tangan dan kuku Anda dengan sarung tangan plastik.

o Lakukan perawatan. Potonglah kuku secara rutin, jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang. Gunakan pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya. Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong, karena malah akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku Anda.

o Berikan pelembap. Kuku seperti kulit, yang juga memerlukan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti ketika Anda mengoleskan hand lotion pada tangan Anda. Ulangi lagi proses tersebut setiap kali Anda selesai mencuci tangan.

Bahkan kuku yang mudah patah dan rapuh pun bisa dikembalikan kekuatannya. Berikut beberapa langkah untuk memperkuat kuku:
- Jaga agar kuku Anda tetap pendek, berbentuk kotak, dengan ujung melingkar. Potong kuku setelah mandi, atau setelah direndam dalam minyak mandi selama 15 menit , karena saat itu adalah saat kuku dalam keadaan paling lembap. Oleskan hand & nail lotion sesudahnya.

- Oleskan nail lotion pada lapisan kutikula kuku saat sebelum tidur lalu lindungi kuku Anda dengan menggunakan sarung tangan dari bahan katun.

- Aplikasikan penguat kuku tetapi hindari produk yang mengandung toluene sulfonamide atau formaldehyde. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

- Jangan gunakan nail remover atau acetone lebih dari 2 kali sebulan karena bahan itu membuat kering kuku Anda dan merapuhkannya. Jika pewarna kuku Anda mulai terkelupas, oleskan kembali dengan menimpa langsung pewarna kuku sebelumnya.

Selain itu ada lagi nih cara-cara merawat kuku....
* Untuk mencegah kuku rusak, hindari cairan penghapus kuteks yang mengandung bahan kimia maupun deterjen, karena akan membuat kuku menjadi kering.

*Untuk mempercepat pemulihan, potong pendek kuku Anda, gosok dan oleskan minyak atau krem mengandung vitamin E dua kali sehari. Cobalah untuk tidak memakai kuteks secara terus menerus hingga tiga sampai empat minggu.

*Untuk mendapatkan warna kuku yang sehat (merah muda), gosoklah air jeruk sitrun segar di sekitar dasar kuku.

*Biarkan kuku 'bernapas' atau terbebas dari pewarna kuku. Paling tidak satu hari dalam semingu dan seminggu dalam sebulan.

*Untuk mencegah kuku rapuh, rendam kuku selama lima menit di dalam cairan minyak zaitun atau apple cider vinerga (cuka apel) yang telah dihangatkan.

*Agar kuku jangan kotor dan tetap terlindungi, gunakan sarung tangan plastik saat Anda membersihkan dapur, mencuci piring makan, dan bekerja di kebun.

Kesehatan kuku dapat merefleksikan kesehatan badan kita secara keseluruhan. Merawatnya secara rutin serta mengkonsumsi protein adalah dua cara meminimkan risiko kerapuhan pada kuku.

Yang harus dilakukan :
• Sebelum melakukan pekerjaan kotor, seperti membersihkan rumah atau berkebun, tancapkan kuku ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran melekat di kuku dan juga membuat lebih mudah dibersihkan.
• Oleskan minyak zaitun pada kuku kapanpun Anda sempat guna menguatkannya.
• Pakai hand body segera setelah mencuci tangan atau piring.
• Simpan peralatan manicure di tempat tertutup agar terlindung kuman yang dapat menyebabkan infeksi.
• Sesekali, biarkan kuku-kuku Anda terbebas dari cat kuku untuk membuatnya bernafas.
• Gunakan pelembab untuk mengatasi kuku dan kutikula yang kering.
• Agar cat kuku bertahan lama, sewaktu hendak mandi lembutkan dengan sedikit krim kulit.

Yang sebaiknya tidak dilakukan :
• Jangan potong kuku jika sudah pendek.
• Jangan menggigiti kuku
• Jangan memotong kutikula dengan gunting
• Jangan bersihkan kuku dengan benda tajam - gunakan sikat kuku untuk membersikannya.
• Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus khusus untuk cat kuku.
• Jangan biarkan tangan Anda bersentuhan dengan deterjen terlalu lama.
• Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:47 PM
cara memutihkan gigi
Banyak orang yang sudah menggosok gigi dengan baik dan teratur, tapi gigi masih terlihat kusam dan licin. Untuk menghindari kondisi seperti itu, mudah saja. Caranya :
Ambillah sebuah pinang
Kemudian bakar bijinya hingga seperti arang
Setelah itu haluskan arang tadi sampai lembut
Gosokkan ke gigi dengan sabut pinang atau kain katun
Bila Anda rajin melakukan setiap hari selama tiga hari berturut-turut, niscaya hasilnya sudah kelihatan. Selanjutnya, dapat dilakukan dua sampai tiga minggu sekali. Tips ini dapat dilakukan sesudah atau sebelum menggosok gigi dengan pasta gigi.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:53 PM
tips melangsingkan tubuh
Ada banyak cara menurunkan berat badan, mulai dari bermacam metode diet, olahraga, operasi sedot lemak, tusuk jarum, sampai minum obat pelangsing. Manakah yang aman dan efektif ?

Merujuk pada badan kesehatan dunia, WHO, disebutkan bahwa penurunan berat badan yang baik tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi merupakan terapi jangka panjang. Yang dibutuhkan untuk mengurangi berat badan bukan sekadar mengurangi porsi makan, tetapi juga diperlukan bimbingan dari ahli gizi sebelum melakukan perubahan pola makan, disertai aktivitas fisik serta terapi perilaku.

Untuk mencari tahu cara pelangsingan mana yang sehat, aman, sekaligus efektif, bacalah uraian berikut sampai tuntas.

Sedot lemak
Cara membuang lemak yang kini sedang tren adalah operasi liposuction dan tummy-tuck. Operasi ini banyak dipilih karena berat badan bisa turun secara drastis tanpa perlu capek berolahraga dan melakukan diet, hal itu dibuktikan oleh kesaksian seorang artis ternama. Tapi mengapa ya meski lemaknya sudah dibuang, badannya masih juga melar ?

Pada dasarnya liposuction adalah operasi untuk mengeluarkan lemak di bawah kulit, dan dilakukan untuk mencapai keserasian bentuk tubuh, bukan untuk menurunkan berat badan. Sedangkan tummy-tuck adalah proses pembuangan jaringan lemak yang berlebih dan kulit di atasnya untuk membentuk tubuh lebih estetis. Lemak yang dikurangi pun tak boleh lebih dari 3-5 kg sekali operasi

Menurut dokter spesialis gizi, dr.Johanes Chandrawinata, MND,SpGK, kedua jenis operasi tersebut biasa dilakukan dokter terhadap pasien yang memiliki tubuh bergelambir setelah berat badan tubuhnya susut. Jadi, menurunkan berat dulu baru dioperasi, bukan operasi untuk menurunkan berat karena setelah 3 bulan tubuh akan gemuk kembali.

Gastric binding & gastric by-pass
Tindakan ini dipilih jika dengan metode pelangsingan apa pun tidak berhasil. Gastric binding adalah pemasangan alat "pengikat lambung" yang menyebabkan kantung lambung lebih kecil sehingga kita tidak akan makan terlalu banyak karena tubuh lebih cepat merasa kenyang. Melalui tindakan ini berat badan dapat berkurang 35-60 persen dalam 12 bulan.

Berbeda dengan gastric binding yang bersifat sementara, gastric by-pass bersifat permanen, dokter akan membuat "jalan" penghubung antara pangkal lambung dengan usus halus sehingga makanan tidak melalui lambung namun langsung ke usus halus. Dengan gastric by-pass, berat badan dapat dikurangi sampai 80 persen. Untuk melakukan kedua jenis tindakan tersebut, pasien harus berusia di atas 35 tahun.

Akunpuntur
Sampai saat ini metode akunpuntur belum dapat dibuktikan secara ilmiah dapat menurunkan berat badan. Umumnya para pasien pun berhenti di tengah jalan karena tak kunjung mendapatkan berat ideal yang diharapkan.

Obat dan suplemen pelangsing
Sebelum percaya oleh iming-iming iklan, sebaiknya teliti lebih dahulu kandungan obat-obatan dan suplemen tersebut. Badan pengawasan obat dan makanan AS (FDA) bahkan melarang konsumsi suplemen pelangsing yang mengandung kandungan akftif E.sinica atau efedrin karena memiliki efek samping gejala psikiatrik, mengganggu saluran cerna serta membuat jantung berdebar-debar.

Meski menyebutkan mampu menurunkan kadar lemak, tak sedikit obat pelangsing yang hanya mampu mengurangi berat tubuh 1,2 kg selama 6-14 minggu, setara dengan diet redah kalori sebesar 1250/hari pada kurun waktu 0.5 minggu tanpa obat apa pun.

Diet popular
Diet popular sering disebut sebagai "Fad Diets", memiliki karateristik antara lain ; menjanjikan penurunan badan yang cepat, dapat menyembuhkan berbagai penyakit, menganjurkan penggunaan suplemen, makan berdasarkan waktu tertentu, membatasi atau melarang makanan tertentu dan hanya untuk jangka pandang.

Yang dapat digolongkan ke dalam fad diets misalnya diet rendah karbohidrat, food combining, diet berdasar golongan darah, mayo clinic diet. Karena banyaknya larangan untuk memakan jenis makanan tertentu, biasanya kebutuhan tubuh akan gizi tidak terpenuhi karena kekurangan vitamin, zat besi, serta serat.

Dari segi ilmu gizi, setiap waktu makan (pagi, siang dan malam) dianjurkan memakan makanan yang bervariasi dalam jumlah seimbang, karena tubuh membutuhkan berbagai macam zat gizi sekaligus.

Menurunkan berat badan secara sehat
Meskipun belum ada jawaban pasti diet mana yang paling tepat untuk menurunkan berat badan, namun dr. Johanes merekomendasikan pola diet yang dilakukan oleh National Weight Control Registry (NWCR) di AS. NWCR adalah kumpulan data orang (ada 4000 orang) yang telah berhasil menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan tetap bertahan selama lebih dari 5 tahun.

Karateristik pola makannya adalah rendah lemak (24 persen asupan kalori), asupan karbohidrat cukup tinggi, rendah kalori (1300-1500 kcal/hari). Karena kita tidak mungkin mengetahui berapa kalori yang dikandung dalam makanan, dr.Johanes menyarankan untuk mengurangi asupan lebih kecil dari porsi biasa.

"Untuk mengurangi 500 kalori setiap hari mudah kok, misalnya jika makan gado-gado, kurangi bumbu kacang dan kerupuknya, lebih memilih nasi putih daripada nasi goreng, dan sebagainya", saran dokter yang yang berpraktek di RS. St.Boromeus, Bandung ini.

Dijelaskan oleh dr.Johanes, mayoritas anggota yang terdaftar dalam NWCR melakukan makan pagi secara rutin, memantau berat badan sendiri secara berkala serta melakukan olahraga. Dengan pola makan rendah lemak rendah kalori seperti ini telah terbukti mampu menurunkan berat badan lebih dari 13 kg dan bisa dipertahankan lebih dari 5 tahun.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 05:58 PM
tips meluruskan rambut
Dari Mira
Aku pernah dikasih tau sama sodara aku, tapi aku sendiri blom pernah coba karena gak sempet.

Katanya pake santan kara yang ukuran kecil, kalo gak salah yang bentuknya segitiga itu deh. Nah kamu olesin secara merata di rambut ketika malam sebelum tidur. Bungkus kepala pake handuk atau shower cap biar bantalnya gak kotor. Abis tu pagi2 keramas deh.

Nah masalahnya, ini harus dilakukan selama 7 hari/seminggu berturut-turut, ini yang aku gak bisa. Tapi kalo kamu bisa sih ya sok atuh dicoba aja.

Katanya sih ampuh bahkan buat orang yang rambutnya kribo sekalipun. Eh ntar kalo dah dicoba kabar2in hasilnya bagaimana ya,,,,Selamat mencoba
Dari Putra Dewa
anda tau pohon lidah buaya...
oleskan aja cairan lidah buaya setiap hari sebelum tidur.
truss.....ada lagi yg lebih alami.....
silahkan oleskan rambut anda dengan minyak goreng(bukan minyak jelatah) lalu sisir sampai rata.
dlam wktu 1 minggu insyaallah rambut anda bisa lurus...


Dari Calistha
aq baru baca artikel kalo bisa pake jeruk nipis bisa meluruskan rambut keriting. caranya ambil beberapa jeruk nipis, peras, tambahkan sedikit air, kemudian oles-oleskan pada akar-akar rambut. diamkan beberapa saat, kemudian bilas(kramas) samapai bersih.

katanya sih jeruk nipis bisa ngecilin pori2 gt.
tapi gak sekali pakai looh...!!!
harus telaten.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:01 PM
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah
Oleh : Rahmi

Semua wanita mendambakan kulit wajah yang bersih, bebas dari jerawat maupun flek hitam. Namun salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah.

Pigmentasi kulit atau melasma, bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar matahari.

Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya obat pencegah kehamilan. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi dan antiperadangan.

Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat, pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Bisakah Flek Dilenyapkan?

Melenyapkan flek dari permukaan wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hilang dan tak muncul kembali.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah.

Fungsi krim pemutih adalah untuk mengangkat lapisan tanduk pada kulit, melenyapkan komedo, melancarkan peredaran darah di bawah kulit, mencerahkan dan menambah kekenyalan kulit wajah.

Namun dengan adanya peralatan modern saat ini, flek dapat dengan cepat dihilangkan. Tapi untuk dapat melakukannya, biaya yang harus dikeluarkan pun tak sedikit.

Pertama-tama yang harus dilakukan, adalah melakukan facial. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, sehingga wajah menjadi lebih cerah serta mencegah dan mengikis flek. Caranya:

- Usapkan krim pada wajah dan diamkan selama 15 menit.
- Bersihkan wajah, lalu gosok dengan menggunakan scrub untuk melenyapkan sel kulit mati.
- Cuci wajah, lalu lumuri wajah dengan masker.
- Setelah masker mengering, wajah kembali dibersihkan, selanjutnya gunakan pelembab.

Anda baru akan merasakan manfaatnya, bila melakukan facial secara rutin selama 10 kali. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa parah flek yang Anda derita. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah dengan flek yang agak meluas, sebaiknya lakukan facial seminggu sekali dan dibantu dengan krim malam.

Salah satu bahan facial yang kini mulai banyak dipakai dan dianggap cukup berkhasiat membersihkan flek, adalah spirulina. Spirulina adalah ganggang laut yang sudah dikemas dalam bentuk masker semacam lumpur, fungsinya untuk mengurangi flek karena strukturnya seperti scrub. Spirulina juga tersedia dalam bentuk kapsul dan diminum sebagai suplemen.

Dengan perawatan seminggu sekali, selama sepuluh kali perawatan facial, flek akan memudar. Namun tentu saja, efeknya akan lebih memuaskan adalah anda harus rajin dan rutin melakukannya.

Melakukan Facial Sendiri, Bisakah?

Perawatan facial sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri di rumah, asal cukup mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan buah-buahan atau bahan alami.

Masker Bengkuang atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitu pun Mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam di wajah memudar.

Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik, sebab bila tak hati-hati, alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, inilah yang harus Anda lakukan:
- Oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
- Basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruang. Efek sari bengkoang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

Irisan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

Teh

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh yang mengandung tanin sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah dan menghitamkan rambut. Caranya:
- Inapkan secangkir teh kental semalam.
- Oleskan air teh ke seluruh kulit wajah dan tubuh.
- Biarkan kering dengan sendirinya.
- Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah, Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda sekaligus melakukan perawatan kulit wajah dan mata.

Hindari Toner Wajah

Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonik, karena pemakaiannya akan berlebihan sehingga justru mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihakan menggunakan scrub. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon-salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya. Selamat mencoba!

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:04 PM
tips menebalkan alis mata
Cara sederhana untuk menebalkan alis mata Anda adalah : ambil kembang cengkeh yang sudah kering, kemudian bakar sampai hitam. Oleskan pada alis mata seperti memakai potlot alis. Selamat mencoba.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:16 PM
Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Warna kulit setiap orang tidak selalu sama, hal ini disebabkan beberapa faktor yang menentukan warna kulit. Kulit wajah adalah hal paling merepotkan bagi tiap wanita. Siapa yang ingin mempunyai kulit wajah yang hitam, bahkan belang? Di antara bahan-bahan aktif yang sekarang mulai dipakai baik di kedokteran maupun di salon kecantikan untuk memutihkan kulit adalah dengan cara pengelupasan sel-sel mati seperti produk dengan bahan-bahan aktif.

Kulit yang halus kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena itu, banyak produk perawatan kulit ditawarkan. Tak hanya memutihkan kulit atau menjaga kelembabannya saja, tapi juga untuk menjaga agar kulit tetap semulus bayi.

Menariknya, saat ini bukan hanya kaum wanita saja yang membutuhkan perawatan kulit. Pria pun tak sedikit yang membutuhkannya. Apalagi menjelang hari pernikahan, segala perawatan pun harus dilakukan.

Kosmetik adalah bahan yang dibuat khusus untuk mempercantik, memperbaiki, dan mengubah daya tarik seseorang. Penggunan kosmetik sudah merupakan suatu tradisi sejak zaman dahulu. Memang dengan menggunakan kosmetik, segalanya jadi mungkin, tetapi apakah Anda akan terus bertahan dengan polesan kosmetik?

Yang seharusnya menjadi sasaran kita adalah merubah warna kulit seperti pada lengan tangan bagian atas menjadi warna kulit lengan tangan pada bagian bawah yang lebih putih. Lengan tangan bagian bawah kita lebih jarang terkena sinar matahari.

Bahan alami membantu memelihara kulit.
Bahan-bahan alami di bawah ini bisa membantu dalam hal memelihara kulit. Tidak hanya menghaluskan, tetapi juga menyehatkan.

Jeruk Nipis
Buah yang satu ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis, atau campuran penyedap makanan. Tapi sebenarnya air jeruk nipis ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan. Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.

Manfaat :
Untuk merapatkan pori-pori kulit. Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

Alpukat
Konon alpukat banyak sekali nianfaatnya terutama untuk kecantikan. Dengan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa alpukat memang kaya vitamin, mineral dan minyak alami. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.

Manfaat :
Sebagai pelembab. Ambil bagian dalam kulit alpukat, yang mengandung humektan, dan mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.

Penggunaan Masker dan Lulur.
Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan perawatan menggunakan beberapa jenis tumbuhan seperti halnya sayuran. Masker dapat menegangkan dan melicinkan kulit. Penggunaan produk tumbuhan termasuk dalam pembuatan masker. Kulit yang masih remaja boleh menggunakan masker dari sayuran seperti ketimun, tomat, bengkuang, kentang, wortel.

Masker Bengkuang
Dapat memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit.
Masker Kentang
Dapat melembutkan dan memutihkan kulit.
Masker Tomat
Dapat menghaluskan dan melicinkan kulit wajah.

Lakukan luluran atau srubbing secara teratur (1 atau 2 minggu sekali) agar sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar dan kusam akan terangkat dan terkelupas. Cara ini akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya. Jangan lupa memakai cream sunblock setiap kali Anda ke luar rumah pada pagi dan siang hari, agar kulit terlindung dari sinar UV. Pada malam hari kenakan krem pelembut raga (body lotion) yang mengandung pemutih.

Untuk Perawatan Wajah:
Lakukan perawatan scrubbing khusus untuk wajah (banyak dijual di toko-toko produk kesehatan dan kecantikan) sekurang-kurangnya 1 atau 2 minggu sekali. Kenakan masker sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda (berminyak, berjerawat, kering atau yang mengandung pemutih dan Iain-lain.) Kenakan cream tabk surya pada pagi dan siang hari serta cream malam yang mengandung pemutih. Tapi perlu diingat, bila wajah sedang mengalami perawatan dengan zat pemutih, sebaiknya hindari terpaan langsung sinar matahari karena malah akan membuat iritasi kulit.
Atau Anda juga dapat melakukan perawatan peeling. Perawatan ini harus berhati-hati karena akan mengelupaskan kulit secara cepat dan sering berakibat iritasi atau kerusakan pada kulit bila penggunaannya tidak berhati-hati; terlebih lagi bila jenis kulit wajah Anda tergolong sensitif. Satu hal lagi, bila mengenakan cream pemutih sebaiknya jangan melupakan bagian leher.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:25 PM
menghaluskan kulit tangan
Sebuah survey membuktikan, tangan wanita yang halus dan lembut menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenisnya. Merasa kulit tangan anda kasar dan keras? Segera ikuti langkah berikut ini!

Rahasia dari kulit tangan yang halus selembut sutera adalah peeling atau scrubbing. Lakukan peeling pada tangan setidaknya dua kali seminggu.

Lembabkan tangan dengan merendam sebentar di dalam air, kemudian gosok dan pijat seluruh punggung dan telapak tangan juga di sela-sela jari dengan krim peeling, kurang lebih 3-4 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Menyingkirkan kutikula pada kuku dan jari tangan

Kutikula adalah jaringan kulit kasar yang ada di sela-sela antara kulit dengan kuku. Jika dibiarkan, kutikula akan mengeras dan pastinya tak akan nyaman untuk digenggam. Anda bisa menghilangkannya dengan merendam tangan terlebih dahulu dalam larutan air sabun.

Campurkan 1 sendok teh shower cream kedalam air hangat, tambahkan 1-2 tetes minyak lavender atau rose. Rendam tangan selama 10 menit. Selain melembutkan kutikula agar lebih mudah dibersihkan, larutan ini juga dapat menghaluskan tangan dengan segera.

Setelah merendam tangan, anda bisa dengan mudah membersihkan kutikula menggunakan alat khusus penghilang kutikula yang banyak dijual di toko kecantikan (pilih yang berbahan kayu atau plastik).

Kuku tanpa kutikula akan tumbuh lebih kuat, karena akan lebih mudah menyerap nutrisi dari krim atau lotion yang anda gunakan hingga ke dasar kuku.

Setelah itu, keringkan dengan handuk dan gunakan krim pelembap untuk tangan dan kuku.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:30 PM
Menghilangkan Ketombe

Cara praktis dan murah untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan menggunakan sayur kangkung. Caranya, rebus seikat sayur kangkung dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air (200 cc), diarnkan hingga dingin.

Setelah itu remat - remat tapi tidak perlu terlalu lumat dan gosokkan pada kulit kepala yang berketombe. Diamkan selama 20 s.d 30 menit, lalu bilas dengan air rebusan kangkung yang telah didinginkan. Baru bilas dengan air biasa, kemudian keramas dengan shampo seperti biasa.

Cara ini dapat dilakukan setiap seminggu sekali selama 1 bulan, maka ketombe akan hilang. Jika ingin berhasil lakukan secara rutin setiap minggu, akan terlihat hasilnya.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:33 PM
DAUN SIRIH MEMILIKI KHASIAT SERBA GUNA
MULAI DARI HILANGKAN BAU MULUT HINGGA OBAT BATUK


Anda tentunya sudah mengenal sirih bukan ? Daun sirih sering dikunyah oleh nenek-nenek kita buat nginang (bhs. Jawa ) . Konon untuk menguatkan gigi.Tanaman yang bisa tumbuh suburdi pekarangan dan mudah dijumpai pada penjual bunga ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit, di antaranya untuk menghilangkan bau mulut .keputihan dan sebagainya. Sayang sekali belum dibudidayakan secara optimal di pekarangan dan dimanfaatkan untuk obat. Untuk itu , ada baiknya anda mengetahui multi khasiat Daun sirih.
Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri(kadinen,kavikol,sineol,eugenol,karvakol),za t samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan.(Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Berikut ini beberapa ramuan dari sirih.

Hilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi :
Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah ,ditahan bebearapa menit dalam mulut ,lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari.
Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih.Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Pembengkakan gusi/mulut :
Ambil daun sirih 5-6 l embar Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring,tambahkan garam. Selanjutnya untuk kumur-kumur 3 kali sehari.
Perdarahan geraham
Sehabis cabut gigi (geraham biasanya ) selalu mengalami perdarahan yang banyak.. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini.

Ambil daun sirih 10 lembar . Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkatsaring. Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali.
Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

Menghilangkan bau badan
 Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil,airnya diminum

Untuk menghilangkan bau pada ketiak :
 Ambil selembar daun sirih beri kapur sedikit,lantas diremas-remas,lumatannya dioleskan pada ketiak,agar baunya hilang.

Obat batuk :
* Daun sirih 5 lembar
Cengkeh,kapulaga,kemukus, masing-masing 11 biji
Kayumanis 1 jari tangan
Cara membuat:
Semua bahan setelah dicuci direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga airnya tinggal 1 ˝ gelas Angkat dan saring
Aturan minum :
Anak umur 1 s.d. 3 tahun 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak umur 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak umur 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari


Keputihan : Untuk mencegah atau mengatasi keputihan,mengurang gatal-gatal pada vagina gunakan rebusan daun sirih buat cebok. Sedangkan ramuan untuk diminum biasanya dikombinasi dengan kumis kucing, kunyit,tapak liman atau sambiloto, Bahkan sekarang sudah ada yang membuat dalam bentuk instan diberi gula berupa ramuan kunir dan sirih.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:39 PM
Tips Menjaga Mata Tetap Sehat Bebas Rabun Jauh, Dekat Dan Katarak Menghindari Penyakit Mata

Untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini :

1. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

2. Bekerja / Bermain Komputer Jangan Terlalu Lama
Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

3. Bermain Video Game Jangan Terlalu Dekat
Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang main ps / playstation atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar tv. Sebaiknya biasakan marahi anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 1 di atas.

4. Membaca Buku
Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan pun juga harus cukup misalnya dengan lampu neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

5. Hindari Debu Dan Polusi
Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

6. Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A
Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A eperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lain sebagainya.

Jagalah kesehatan mata anda agar anda tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk tembus tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata anda sehat walafiat. Hubungi dokter setiap anda punya masalah dengan mata. Selamat mencoba.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:42 PM
Tips Menghilangkan Bekas Luka Bakar Ringan - Meminimalisir Noda Hitam Di Kulit Luka Bakar Knalpot, Wajan, Dll

Apabila kita baru saja mengalami luka bakar ringan seperti terkena knalpot motor yang panas atau wajan yang menyala di kompor, kita harus segera mengatasinya agar luka tersebut tidak meninggalkan bekas atau setidaknya meminimalisir bekas yang ditimbulkan.

Caranya, segera rendam bagian yang terluka ke dalam air dengan suhu normal (± 27 °C) sekitar 5-10 menit. Hal tersebut bertujuan agar suhu bagian yang terluka segera netral, sebab bagian tersebut mengalami peningkatan suhu didalam. Setelah itu, baru oleskan salep khusus luka bakar yang kualitasnya terjamin. Oleskan sesuai petunjuk pemakaian dengan rutin, niscaya kulit Anda kembali mulus seperti semula.

Masih ada beberapa masyarakat yang mempercayai mitos untuk mengatasi luka bakar dengan cara mengoleskan luka dengan kecap, mentega, minyak, bahkan pasta gigi. Kenyataannya, hal tersebut justru mengakibatkan luka terinfeksi, sukar sembuh, dan membekas.

Niscaya cara tersebut dapat menghilangkan/meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 06:46 PM
cara menghilangkan panu
Panu adalah penyaki kulit yang tidak sakit tetapi berupa belang warna putting pada anggota tubuh kita,bisa pada tangan,kaki,atau di sekitar tubuh kita.Tapi penyakit ini malam bisa menghancurkan mental seseorang.Orang yang terkena penyakit ini bisa menjadi malu.Apalagi kalau terletak di wajah.Semisal seorang yang berwarna kuluit hitam tapi memiliki panu di wajah.Wah gawat.Bisa -bisa dia di panggil jerapah,atau ngak bisa di paggil nyi loreng karena wajahnya yang belang belang.Tentunya anda ngak mau kan.Selain itu penderita panu biasanya kalau berkeringat maka akan terasa gatal.
Untuk itu segeralah obati.Berikut caranya
Carilah jahe sedikit saja jangan banyak-banyak.Kemudia cuci dan kupas.Lalu diparut.Setelah itu campurlah dengan minyak kayu putih.Gosoklah pada kuli yang terkena panu.Terutama pada pusatnya.Untuk laki-laki pusatnya adalah di bawah kemaluan.Sedang pada perempuan pusatnya ada di bawah payudara atau dada.Lakukanlah berkali-kali bisa gunanakan obat yang di jual di pasaran asal pengobatan sesuai dengan pusatna dan daerah yang terkena

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:00 PM
cara menghilangkan komedo
Ambil sedikit putih telur ayam/burung puyuh, terus tempatkan di wadah, kocok sampe agak berbusa. Ambil selembar kapas muka, olesin kedua sisinya sama putih telur tadi sampe basah. Tempelkan ke hidung, sampe bener bener nempel di kulit. Biarin sampe kering kerontang, kira kira 1/2 harian deh, temenku gak sabaran sama dia di hairdryer idungnya, biar cepet kering. Kalo udah kering banget, pelan pelan lepasin. Saking keringnya tuh kapas jadi berbentuk hidung kita. Liat deh sisi dalamnya, banyak komedo nempel. Kalo blon rasain sendiri, ih kayaknya jijik dan bau amis, tapi gak gitu gitu amat kok. Yang sebel nunggukeringnya lama banget, soalnya seneng sih kalo udah liat keringnya en komedo pada nempel.”[St]

“Ingin menghilangkan komedo yang sudah terlanjur “menghias” wajah? Anda bisa mencoba cara murah yang satu ini. Biarkan wajah Anda terkena uap air hangat selama beberapa menit. Panas uap air akan bekerja membuka pori-pori wajah anda. Setelah itu, lakukan pengompresan wajah dengan handuk panas. Rendamkan handuk muka ke dalam air hangat semampu tangan Anda bisa menahan hawa panasnya. Lantas, tempelkan pada bagian wajah yang berkomedo. Biarkan hingga handuknya mendingin. Lalu, bungkuslah tangan Anda dengan tisu. Gunakan ujung jari bukan kuku untuk memencet komedo keluar dari pori-pori. Lakukan dengan tekanan yang lembut agar tidak membuat kulit teriritasi”.[Ci]

“Jangan memaksa keluar komedo yang membandel. Jika tidak, kulit Anda bisa memar dan memungkinkan terjadinya infeksi. Tunggu beberapa saat hingga penyumbatnya terbuka dan coba ulangi lagi. Ingat, lakukan terapi ini di ruangan yang memiliki pencahayaan yang baik”.[Ci]

“Bisa juga menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengangkat komedo. Sedangkan bagi Anda yang berkulit kering, pengolesan susu secara teratur bisa membantu menghilangkan komedo. Mudah dan murah bukan?”.[Ci]

“Kalo aku ngilangin komedonya pake tangan dipencet2, biasanya kan di hidung dan sekitarnya tuch,,,udahnya hidungku merah2, ntarnya jadi item2,,, Ada juga tuch semacam plester utk ngilangin komedo, namanya …………………………………………………….. ini katanya dpt menyedot komedo secara efektif, bukan hanya bagi permukaan wajah yg bersih, tapi hingga ke dasar pori, yg biasanya tidak terjangkau plester pembersih komedo biasa (pore pack)”[LL]

“Konon kalau komedo sering dipencetin, hal itu justru mengaktifasi kelenjar minyak shg kotoran menumpuk dan timbul lagi komedonya.. Palingan kita harus rajin membersihkan muka, terutama daerah wajah yang berminyak (dagu, kening dan hidung).”[FW]

“cara aku ngilangin komedo sih pake ‘pinset’ itu lho yg biasa buat nyabut alis, kayaknya lebih puas gitu….. kalo yg ujungnya bulet (yg biasa dipake kalo kita facial di salon) itu sih aku nggak suka abis sakit banget kalo mau ngeluarin komedo, mending pake pinset tinggal ngaca keambil deh tuh komedo”[St]

“aku udah pernah pake plester pembersih komedo (pore pack) tapi nggak maksimal tuh hasilnya, mungkin kalo komedo ku udah termasuk yg parah kali ya…. soalnya kalo pake plester itu tetap aja masih ada yg nempel, malah yg tadinya tidur jadi pada nongol deh di hidung, mungkin karna nggak kecabut ya….”[St]

“Aku juga pernah nyoba pake plester, suamiku juga nyoba, tapi kayaknya nggak ngaruh… Kalo komedo suamiku emang bisa pake pinset, karena komedonya yg black head gitu… jadi gampang dicabut. Kalo komedoku white head, jadi musti dipencet baru keluar

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:02 PM
mengatasi kulit berminyak
Punya kulit wajah yang cenderung berminyak, memang nyebelin banget. Pengennya sih cuci muka terus biar wajak nggak penuh dengan minyak. Tapi itu boleh nggak sih?

Memang sih, wajah kelihatan bebas dari yang namanya minyak, tapi mencuci wajah secara berlebihan juga nggak bagus lho. Kenapa? Karena kulit wajah kita juga memerlukan minyak alami untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Nah berikut ada tips merawat wajah sekaligus mengurangi minyak agar tidak berlebihan.

1. Cuci Muka Seperlunya
Sering-sering cuci muka sih kelihatannya memang membantu wajah kamu terbebas dari yang namanya minyak. Tapi tahukah kamu kalau mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit agar tetap lembab dan elastis. Nah kalau kamu menguras habis minyak yang ada diwajah dengan sering cuci muka, wajahmu bisa jadi iritasi. Dan parahnya hal itu justru merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak. Jadi, mencuci muka sebaiknya seperlunya saja. Misalnya pagi hari dan sore atau sebelum tidur.

2. Pakai Sabun Muka
Tapi ingat ya, sebaiknya tetap gunakan sabun khusus untuk muka, dan jangan sabun mandi biasa. Memang sih, sekarang sudah benyak produk sabun yang menyatakan dapat dipakai untuk badan dan muka. Cuma belum tentu kan produk itu cocok untuk kulit kamu, jadi biar lebih aman, pake sabun khusus muka saja. Jangan lupa pilih jenis sabun untuk kulit berminyak ya.

3. Pakai Pelembab Muka
Untuk menjaga kelembaban kulit wajah, jangan lupa untuk selalu memakai krim pelembab setiap hari. Untuk kulit berminyak, pilihlah pelembab yang 'oil free'. Selain menjaga kelembaban alami kulit, produk ini juga akan menyerap minyak secara tidak berlebihan. Jadi wajah kamu bisa tetap sehat dan tidak berminyak.

Nah, sekarang tahu dong gimana merawat kulit berminyak kamu. Nggak nyebelin lagi kan?

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:05 PM
tips menghilangkan bulu kaki
Kaki yang halus dan mulus adalah idaman setiap wanita. Daripada harus bolak-balik ke salon untuk menghilangkan bulu kaki yang mengganggu, lakukan perawatan sendiri di rumah. Mudah, dan tentu saja murah!
Carilah produk penghilang bulu kaki yang paling cocok untuk kulit kaki Anda. Bisa berupa krim, wax, atau foam. Ikuti prosedur yang dianjurkan agar hasilnya benar-benar maksimal. Untuk kulit yang sensitif, pilih produk yang khusus untuk kulit sensitif.


STEP-BY-STEP
Krim:
Oleskan krim pada kaki dengan bantuan punggung spatula (biasanya terdapat di dalam kemasannya).
Diamkan sekitar 5 menit (jangan lebih dari yang dianjurkan pada kemasan).
Angkat dengan memakai kepala spatula perlahan-lahan.
Cuci bersih kaki Anda (biasanya di sarankan tidak memakai sabun).
Roll wax:
Buka tutup tube, lalu pasang roll pada permukaan tube.
Olesi kaki dengan wax yang sudah menutupi roll.
Lapisi wax yang menempel pada kaki dengan kertas yang tersedia pada kemasan.
Diamkan sesuai dengan aturan pakai.
Tarik dengan cepat agar bulu terangkat.
BOKS
Tips:
Jangan lakukan wax atau krim penghilangan bulu ketika kulit kita sedang bermasalah (terbakar, iritasi, dll).
Jika bulu masih pendek, sebaiknya jangan dulu melakukan penghilangan bulu, karena tidak akan tercabut.
Stop pemakaian jika kulit terasa gatal atau kemerahan. Hubungi dokter kulit Anda.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:07 PM
mencegah Tumbuhnya Uban


Bagi kebanyakan orang uban identik dengan usia tua. Tetapi cobalah menoleh ke kiri dan ke kanan baik di kantor, di dalam busway, di lingkungan rumah, makin banyak anak muda beruban. Kenapa bisa begitu? Apakah usia muda sekarang begitu berat dilalui hingga membuat uban lekas nongol? Ternyata uban bukan hanya masalah usia lho. Di bawah ini beberapa sebabnya:

•1. Faktor Genetik, biasanya orangtua penderita uban dini membuat anak pun mempunyai peluang yang sama,

•2. Tubuh yang kekurangan vitamin B dan zat besi juga memicu tumbuhnya uban seperti penderita anemia atau kekurangan sel darah merah,

•3. Kurang gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang dan uban pun muncul tanpa permisi. Makanan cukup protein sangat diperlukan tubuh untuk membentuk enzim tersebut dan menghambat tumbuhnya uban,

•4. Asap rokok dan polusi menambah radikal bebas dalam tubuh,

•5. Rambut bisa cepat beruban juga karena salah perawatan misalnya proses pewarnaan yang kurang bagus atau kandungan kimia dalam cat rambut yang tak cocok dengan kulit kepala,

•6. Efek radiasi pada penderita kanker sangat memicu timbulnya uban,

•7. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman alcohol dan begadang juga membuat rambut segera beruban.



Dan uban bisa dicegah dengan :

•· Memperbaiki nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan, mengkonsumsi cukup zat besi dan vitamin B,

•· Hindari mewarnai rambut berkali-kali karena membuat pigmen rambut mati. Jika harus juga mewarnai rambut, pilih yang alami seperti daun pacar untuk warna merah, bayam untuk hijau, dll,

•· Sesedikit mungkin bersentuhan dengan polusi udara yang menyebabkan radiasi pada kulit.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:10 PM
Cara Alami Hilangkan Aroma Tidak Sedap

Memang bau keringat yang kurang sedap akan mengurangi rasa percaya diri anda. Bagi anda yang memiliki masalah bau keringat, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya, simak berikut ini.

Mandilah secara rutin minimal dua kali sehari. Karena mandi merupakan permulaan yang baik untuk mencegah bau keringat. Untuk menghilangkan kotoran, mandi dengan menggunakan shower akan jauh lebih efektif daripada dengan gayung. Karena air yang memancar dari shower akan membuat lebih banyak bakteri dan kotoran jatuh dari tubuh seiring aliran air. Gunakan sabun berbentuk gel shower gel karena pewangi sabunnya akan bertahan jauh lebih lama daripada dengan sabun batangan.

Setelah mandi, keringkan semua bagian tubuh anda dengan menggunakan handuk. Lalu gunakan deodorant yang mengandung alumunium atau zinc. Karena kedua zat ini bersifat antiperspirant atau mampu memerangi bakteri penyebab bau. Khusus untuk bagian ketiak, semprotkan body spray.

Gunakan Parfum pada bagian-bagian yang lebih aktif dan banyak mengeluarkan keringat seperti pada dipergelangan tangan, ketiak, pangkal leher dan belakang tumit.

Perbanyak makanan yang mengandung gizi secara tepat. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein karena dapat menstimulasi kelenjar keringat apocrine yang menjadi penyebab utama bau keringat.

Apabila anda ingin mengurangi keringat yang berlebih dan aroma yang kurang sedap maka anda bisa atasi dengan cara tradisional. Yaitu dengan mandi rebusan daun sirih agar tubuh anda terasa lebih segar dan berbau wangi.

Yang harus anda lakukan adalah merebus daun sirih sebanyak 1/2 kg dengan 1 liter air hingga mendidih. Campurkan air rebusan sirih tersebut dengan air dingin hingga terasa hangat-hangat kuku. Setelah itu mandilah dengan menggunakan air tersebut hingga bersih. Selamat mencoba.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:10 PM
Tampilkan Kaki Indah nan Sehat
Miliki kaki yang indah agar penampilan anda semakin mempesona dengan mengatur pola makan dan olahraga yang benar. Ekspos bentuk kaki anda agar penampilan anda semakin percaya diri saat mengenakan rok mini, simak berikut ini.

Cobalah anda perlakukan kaki anda seperti kulit wajah. Beberapa perawatan tubuh yang ada memiliki kandungan zat tertentu yang berguna untuk mengatasi masalah kulit kering dan menurunnya elastisitas kulit. Kandungan polimer mampu membuat kulit kencang, formulasi khusus anti penuaan dan jenis krim tertentu yang mengandung enzim dan koenzim Q10 dan R yang mampu melembutkan dan memulihkan kondisi kulit seperti semula.

Biasakanlah anda oleskan pelembab agar kaki anda terlihat berkilau, halus dan lembut. Coba kenakan beberapa formulasi yang memiliki kandungan bahan tumbuhan alami seperti ekstrak wijen yang dilengkapi dengan D-Pathenol dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Jika anda ingin kulit lebih terang maka anda bisa memilih produk yang memiliki kandungan vitamin C yang mampu bertahan hingga 12 jam untuk mengubah kulit kusam menjadi lebih cerah.

Ingin terlihat lebih gemerlap maka anda bisa balurkan serbuk glitter. Karena gliter juga dilengkapi dengan kandungan ekstrak teh hijau dan bunga cherry sehingga kaki terlihat lebih lembut. Formulasi bubuk tipis yang halus akan membuat tampilan kaki berkilau menggoda di tengah cahaya senja.

Penampilan anda akan terlihat lebih sempurna, bila anda membakar lemak pada daerah paha dan kaki anda. Lakukan latihan kardiovaskular, setidaknya 45 menit sehari, 6 kali seminggu. Latihan ini tidak hanya mengencangkan kaki tetapi juga membentuknya karena akan membakar lemak yang melekat pada otot. Atau anda bisa juga dengan rutin berdansa dan melakukan treatmill.

Lakukan latihan perkuatan dan pembakaran lemak untuk merubah bentuk kaki menjadi lebih langsing dan membentuk otot. Apabila anda merasa bosan dengan jenis latihan ini, cobalah untuk melakukan jenis olahraga lain yang menggunakan tubuh sebagai tumpuan seperti lari dan squad. Dengan latihan ini maka akan melancarkan peredaran darah, melakukan pijatan dapat membantu meningkatkan tampilan kulit berseri.

Panjang pendeknya ukuran kaki memang telah ditentukan secara genetis, sedangkan bentuk kaki tergantung pada usaha anda. Ingin memiliki kaki yang halus dan lembut maka anda bisa lakukan waxing di daerah yang seharusnya agar memberi kenyamanan bagi anda. Saat ini banyak cara baru untuk melenyapkan bulu kaki tanpa rasa sakit sehingga anda dapat gunakan dengan leluasa.

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kusam dan bersisik maka anda bisa gunakan jenis produk kecantikan khusus yang dilengkapi dengan kandungan sari kelapa dan pati kacang kedelai. Kedua zat ini memiliki sama seperti bahan kimia AHA sehingga mampu mengelupas sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit berkilau. Semoga anda berhasil menampilkan kaki yang indah dan lembut.

raysukeTakahasi
26-11-2008, 07:11 PM
Tutty-Fruity for Hair

Memang rambut merupakan mahkota yang perlu anda jaga keindahannya. Mungkin seringkali anda menggunakan segala macam produk yang mampu mengatasi masalah rambut. Tapi ternyata bahan-bahan tersebut justru membuat rambut anda mengalami kerusakan karena bahan kimia yang terkandung didalam shampo tersebut.

Bagi anda yang memiliki rambut yang kering dan rusak maka akan memperparah kondisi rambut karena teriritasi dengan bahan kimia pada produk rambut tersebut. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba ramuan yang terbuat dari buah-buahan agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya.

Karena buah-buahan sangat bagus untuk kulit dan bila dikonsumsi akan sangat baik karena banyaknya kandungan serat bagi tubuh. Buah-buahan seperti jeruk, apel dan pisang sangat baik untuk keindahan rambut anda. Sebaiknya anda simak langkah dibawah ini agar rambut anda terlihat lebih sehat dan segar.

Bahan yang anda butuhkan 8 buah jeruk yang sudah diperas, 2 buah apel yang sudah dikupas kulitnya, 2 buah pisang, 2 sendok makan daun thyme yang sudah ditumbuk, anda bisa membelinya di supermarket besar dan 2 sendok makan minyak zaitun.

Cara membuatnya adalah memotong kecil-kecil buah-buahan dan campur semuanya ke dalam blender hingga halus, seperti bentuk jus. Apabila anda ingin terasa campuran tersebut terasa dingin saat anda oleskan pada rambut anda maka anda bisa masukkan ke dalam lemari pendingin.

Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut sambil anda pijat-pijat agar kandungan buah dan minyak zaitun mampu meresap kedalam kulit, akar dan batang rambut.

Setelah itu balutkan kepala anda dengan handuk yang sudah direndam air hangat, diamkan selama 20 menit dan ulangi sekali lagi. Bilas dengan air sampai bersih lalu keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali secara rutin. So…try this treatment and your hair will be shinning.

raysukeTakahasi
27-11-2008, 06:05 PM
MEMUTIHKAN DAN MENGENCANGKAN KULIT
skin yang putih dan kencang adalah dambaan setiap wanita. dengan cara yang natural dan sehat kita dapat merasakan skin yang cantik dan sehat.coba deh ambil bengkuang.
Bengkuang dikupas, bersihkan lalu diparut. Kemudian jemur sampai kering. Timun diparut dan diperas, ambil airnya. Kedua bahan tersebut dicampur lalu gunakan sebagai masker wajah maupun untuk lulur tubuh.

raysukeTakahasi
28-11-2008, 10:18 AM
Tips Perawatan Untuk Bibir Indah..

Bibir yang lembut dan halus merupakan indikator kecantikan fisik. Kulit di bagian bibir biasanya kurang memilili kelenjar minyak, sehingga jadi mudah kering dan pecah. Anda perlu melakukan perawaan khusus untuk menambah tingkat akelembabanya. Apalagi disaat pergantian musim, bagian bibir membutuhkan perhatian khusus. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat bibir lembut dan halus.

1. Selalu oleskan lip balm alami untuk melindungi bibir.

2. Lakukan pijatan ringan pada bibir dengan krem khusus bibir dan oleskan sedikit pada bibir saat malam hari untuk perlindungan alami.

3. Rendam teh celup hitam pada air hangat lalu tekan-tekan pada bibir selama tiga menit. Ini akan meningkatkan tingkat kelembabab pada kulit bibir Anda.

4. Untuk membuat bibir rileks, buat masker alami dengan jus pepaya yang kental. Letakan di handuk lembut dan gosokan perlahan di sekitar bibir. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, basuh dan oleskan lip balm. Pepaya memiliki kandungan enzim yang berfungsi mengelupaskan dan dapat membantu mengelupas kulit mati di bibir serta menghaluskannya.


5. Jangan menjilat bibir berulang-ulang.

6. Bersihkan lipstick sebelum Anda berangkat tidur dengan pembersih khusus bibir dan jangan lupa oleskan pelembab bibir sebagai perlindungan.

7. Jangan lupa selalu oleskan lip balm sebelum memakai lipstick.

raysukeTakahasi
28-11-2008, 10:21 AM
Cara Menghitamkan Rambut Dengan Bahan Alami
Apakah anda kesulitan merawat rambut anda, agar tampak hitam dan indah, ternyata dengan rosmery, sage dan teh dapat menghitamkan rambut anda. Dan anda tidak usah bersusah-susah ke solon untuk menghitamkan rambut. Mau tahu tahu caranya?

Caranya sangat mudah, sederhana dan murah, tanpa membuat Anda harus membayar mahal untuk menghitamkan kembali rambut. Pertama-tama celupkan 3 kantung teh dalam 1 mug air panas. Tambahkan rosemary dan sage masing-masing 1 sendok makan, biarkan semalam, dan kemudian saring. Keramas dan bilas rambut Anda, setelah kering, semprotkan cairan teh tadi ke seluruh rambut sampai basah. Keringkan rambut, dan jangan dibilas. Jangan sampai mengenai kulit. Pakailah beberapa kali sampai rambut bisa kembali hitam.selamat mencoba.

raysukeTakahasi
28-11-2008, 10:23 AM
Cara Alami untuk Menghitamkan Rambut agar tetap Hitam dan Mengkilat
Kita sudah sering kali melihat di layar televisi atau iklan iklan dalam media cetak yang menawarkan berbagai jenis shampo dengan bermacam mcam kegunaan dan ke unggulannya. Memang tidak dilarang kita memakaishampo shampo buatan pabrik tersebut, akan tetapi kita harus dapat mencari yang sesuai dengan keadaan dan jenis jenis rambut kita. Karena jika salah pilih, justruakan menyebabkan rambut menjadi rusak seperti : rontok,merah,rambut pecah pecah pada ujungnya dan sebagainya.
Karena itu bila Anda menginginkan rambut Anda indah,sehat,hitam dan cemerlang tanpa khawatir menanggung resiko, karena rambut adalah Mahkota,terutama gadis gadis dan perjaka tentu menginginkan rambutnya menjadi sehat,hitam dan Cemerlang.

Cobalah dengan cara Resep Alami di bawah ini :

a. Ambil 1 ikat merang padi,lalutaruh didalam panci atau bejana dari tanah liat, dan bakarlah hingga semuanya hangus menjadi abu.

b. Setelah itu tuangkanlah air bersih kedalam wadah tersebut dan berilah air perasan jeruk nipis 1 buah.

c. Aduk sampai rata, kemudian embunkan di udara terbuka selama 1 malam.

d. Ambil airnya yang bersih yang terdapat di permukaannya, lalu gunakan untuk keramas (tanpa menggunakan shampo lagi)

Kiatnya : lakukan 3 kali dalam seminggu, maka rambutakan nampak sehat,hitam dan mengkilat.

ddesta
28-11-2008, 08:53 PM
waaa keren2 bro posting nya byk bgt:top::top:
tp nice post bro:top:

Happybahbah
29-11-2008, 07:28 PM
tanya dikit dunk bro..^^
tau tips ampuh untuk menghilangkan cegukan gak?
sering cegukan neh gw akhir2 ini gak tau kenape..
kalo tau kasi tau dunk caranya tapi selain minum dan dikagetkan, soalnya 2 cara itu gw sering coba kaga ampuh.. thx b4

ddesta
30-11-2008, 03:51 AM
tanya dikit dunk bro..^^
tau tips ampuh untuk menghilangkan cegukan gak?
sering cegukan neh gw akhir2 ini gak tau kenape..
kalo tau kasi tau dunk caranya tapi selain minum dan dikagetkan, soalnya 2 cara itu gw sering coba kaga ampuh.. thx b4

bdw udah berapahari bro cegukannya:)
biasa nya kan minum air aja udah ilang cegukan nya:boat:

tomiero
30-11-2008, 07:39 AM
wogh bos raysuke ahli kesehatan nih
bagus lah di idws ada dokter nya :P
btw ada tips buat ngurangin kulit berminyak ga??
kulit gw berminyak banget ni..:swt:

raysukeTakahasi
01-12-2008, 09:35 AM
wogh bos raysuke ahli kesehatan nih
bagus lah di idws ada dokter nya :P
btw ada tips buat ngurangin kulit berminyak ga??
kulit gw berminyak banget ni..:swt:
cara pertama
Kulit berminyak seringkali jadi masalah dari jutaan orang dan meski ada sejumlah perawatan yang dapat dilakukan, kondisi semacam ini mungkin akan terus berulang selama bertahun-tahun. Kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang mengkilat dan kusam. Jika keadaan semacam ini berlangsung selama bertahun-tahun pori-pori di kulit wajah Anda dapat tertutup oleh minyak yang berlebihan dan bisa menimbulkan masalah jerawat. Pilihan perawatan yang bisa digunakan adalah mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan dengan bahan kimia atau sabun yang keras. Akan tetapi, jika ini berlangsung secara berlebihan dan terlalu banyak akan dapat mengurangi minyak pada titik tertentu justru akan membuat kulit jadi kering. Sedang merawat kulit berminyak dengan cara yang benar merupakan proses yang sulit, dimana membutuhkan keseimbangan antara mengurangi keluarnya minyak tanpa harus menyebabkan masalah baru, dengan membuat kulit jadi kering. Sebenarnya, pemahaman akan penyebab kulit berminyak itu adalah hal supaya dapat menemukan solusi yang benar untuk mengatasinya.
Penyebab Utama Kulit Berminya

Kabar buruknya, gen merupakan penyebab masalah kulit berminyak - setidahknya pada kebanyakan kasus. Faktor utama lain yang menyebabkan kulit berminyak adalah pola makan kita. Terlalu banyak proses gula, cairan dan masuknya garam bisa jadi kontribusi dalam masalah kulit berminyak. Meski faktor keturunan diduga sebagai penyebab kulit berminyak, dokter kulit akan tetap merekomendasikan pilihan diet dengan maksud mengatasi masalahnya.

Hormon kita merupakan masalah lain yang jadi faktor besar untuk sementara waktu (dalam beberapa kasus dalam waktu lama)dengan masalah kulit berminyak. kasus ini terutama terjadi dalam masa puber ketika tingkat hormon amat tidak seimbang. Faktor biasa dalam masa remaja dimana terlalu banyak produksi sebum (minyak di bawah kulit) sebagai hasil tingkat hormon yang tak menentu.

Hormon juga cenderung tidak seimbang selama masa hamil dimana kulit berminyak seringkali jadi sebuah masalah bagi para wanita sebelum melahirkan. Pil KB juga dapat jadi masalah yang memperburuk keadaan ini. Faktor lain yang diketahui sebagai penyabab masalah kulit berminyak adalah kosmetik dan kelembaban atau udara yang amat panas.

Perawatan Kulit Berminyak

- Sementara diet merupakan faktor paling besar dalam masalah kulit berminyak, kebanyakan orang akan memilih untuk melawan kondisi semacam ini secara langsung. Dan biasanya dengan berupaya menghilangkan minyak sama sekali, dengan menggunakan sabun keras yang konsentrasi larutan alkalinya tinggi. Sayangnya, cara ini seringkali justru menyebabkan masalah yang kurang sehat lalu malah menyebabkan kulit lebih berminyak.

- Minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk membantu melicinkan kulit kita dan membantu memelihara kelembaban kulit. Jika seseorang mencuci wajah secara berlebihan dan menghilangkan sebum, kulit akan berubah jadi kering, bersisik, dan malahan menyebabkan gatal. Plus, penghilangan minyak tersebut akan merangsang kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak dan dapat menyebabkan kondisi yang disebut Reactive Seborrhea. Hal ini akan membuat kelenjar Anda bekerja secara berlebihan dan bisa menyebabkan gagal fungsi dimasa mendatang. Berbagai sabun muka yang menyebabkan masalah, bukannya mengatasi, sebaiknya dihindari saja.

- Jika Anda ingin menemukan sabun muka yang tak mengandung bahan kimia, lebih baik hindari sabun yang mengandung alkohol, alangkah baiknya memilih yang berbahan dasar alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat. Kesemuanya memiliki fungsi resapan yang dalam dimana akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban.

Basuh wajah dengan air hangat, bukan air panas. Memang penting menghentikan keluarnya minyak berlebihan, tapi bukannya menghilangkan minyak sama sekali. Air panas mempermudah sabun menghilangkan minyak dan kotoran dari wajah dan juga mempercepat keseluruhan proses, namun itu juga menyebabkan kulit jadi kering dan bersisik. Juga penting diperhatikan agar tak menggosok wajah secara berlebihan, hal itu juga menyebabkan minyak hilang secara berlebihan. Gerakan lembut dan perlahan saat membersihkan wajah cukup untuk mengurangi masalah kulit berminyak Anda tanpa harus menyebabkan kulit jadi kering.

- Jangan terlalu sering mencuci wajah. Ini mungkin cara paling mudah untuk menghilangkan minyak, namun hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya Reactive Seborrhea. Sehari sekali saja mencuci wajah dengan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan, sementara tetap kelembaban yang melindungi kulit tetap terjaga.

- Menggunakan pelembab memang penting, tapi tipe yang Anda gunakan tak kalah pentingnya. Demi menghindari membelanjakan uang sia-sia lantaran memilih pelebab yang salah, perhatikan bahan yang terkandung dalam pelembab itu apakah sesuai dengan kulit Anda. Pelembab yang berbahan kimia atau sintetis justru dapat menyebabkan masalah termasuk reaksi alergi, dehidrasi, dan bahkan jerawat. Plus, jika keseimbangannya tak sesuai malahan akan menyebabkan keluarnya minyak berlebihan yang hendak Anda hindari. Setelah menggosok wajah dengan sabun yang lembut, sebaiknya gunakan pelembab berbahan alami seperti minyal almond, zaitun atau alpukat, dimana kesemuanya dapat melindungi, melembabkan dan membantu kulit tampak indah tanpa memberi efek samping seperti yang disebabkan bahan kimia dan sintetis.

Demikian tips yang kami berikan untuk mengatasi kulit berminyak. Namun, bagaimanapun juga selain perawatan, diet makanan juga berguna untuk mengatasi maslah kulit berminyak, jaga pola makan Anda dan jangan lupa olah raga.
cara tradisional
Tradisional Herbal :

Daun Seledri atau bisa dikenal dengan nama Apium Graveolens yang bisa anda temui di pasar atau di kebun rumah anda, karena nama daun seledri sudah tidak asing lagi di telinga kita, daun nya juga sering di buat aneka masakan,dan juga bisa dijadikan obat kesehatan.

Cara Penggunaanya :

Ambil daun Seledri secukupnya lalu dipotong hingga kecil-kecil, dan setelah di potong kecil-kecil, potongan seledri tersebut dimasukan ke dalam panic yang sudah dimasuki air yang mendidih, dan biarkan rendaman seledri panas tersebut selama 15-20 menit lamanya, setelah didiamkan selama 15-20 menit, dan bisa dibiarkan agar dingin (20-30 menit).
Oleskan air Seledri yang sudah direbus dan sudah dingin tadi ke bagian seluruh wajah, biarkan hingga air Seledri tersebut meresap dan mengering.Setelah air Seledri meresap dan mengering bisa dibilas atau dibersihkan dengan air hingga bersih. Gunakan 2 hari 1 kali pemakaian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

raysukeTakahasi
01-12-2008, 09:43 AM
tanya dikit dunk bro..^^
tau tips ampuh untuk menghilangkan cegukan gak?
sering cegukan neh gw akhir2 ini gak tau kenape..
kalo tau kasi tau dunk caranya tapi selain minum dan dikagetkan, soalnya 2 cara itu gw sering coba kaga ampuh.. thx b4
pengertian
Asal usul nama

Cegukan, atau dalam bahasa medis disebut ‘hiccup’ sesungguhnya adalah suatu fenomena yang melibatkan sistim persarafan dan pernapasan yang tujuannya sampai saat kini pun belum diketahui. Istilah ‘hiccup’ muncul dan digunakan orang untuk menirukan suara yang dikeluarkan saat cegukan (hik..hik..). Sedangkan nama lainnya, yaitu ‘singultus’ berasal dari bahasa latin singult yang berarti menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak.

Sebenarnya apa yang terjadi ? Ketika seseorang cegukan, terjadi kontraksi otot-otot pernapasan, yaitu diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk, yang menyebabkan gerakan menarik nafas namun tiba-tiba diikuti dengan menutupnya glotis (katup saluran napas) secara tidak normal sehingga terdengarlah suara hik..hik… Biasanya cegukan muncul 4-60 kali/menit dengan interval yang cukup teratur dan berlangsung beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih dari 48 jam, dan bisa pula hingga berhari-hari.

Cegukan dapat dialami oleh siapa saja. Janin dalam kandungan, anak-anak dan juga orang dewasa semua dapat mengalaminya. Meski demikian, konon anak-anak lebih sering mengalami cegukan dibandingkan orang dewasa.

Berbagai penyebab

Menurut analisa medis, terjadinya cegukan melibatkan refleks pada saraf frenikus dan saraf vagus yang ada di daerah diafragma (otot pernapasan utama yang terletak antara dada dan perut).

Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya adalah peregangan saluran cerna, minuman berkarbonasi, banyak menelan udara, alkohol, merokok, stress, juga tertawa yang berlebihan. Iritasi pada saraf vagus dan frenikus merupakan penyebab tersering. Benda asing yang ada di daerah telinga pun ternyata juga dapat menjadi pencetus, karena ada salah satu cabang saraf vagus di daerah tersebut. Kelainan pada tenggorokan seperti peradangan dan tumor di daerah leher juga dapat menstimulasi serabut saraf yang ada di daerah tersebut, yang juga merupakan cabang saraf vagus.

Berbagai kelainan diafragma juga bisa mendasari timbulnya cegukan, seperti misalnya hernia hiatus, reflux gastroesofagus, abses subfenikus, serta manipulasi diafragma selama pembedahan. Penyebab lainnya lagi yang juga mungkin adalah penyakit sistim saraf pusat yang mengganggu refleks cegukan, bisa berupa infeksi, tumor maupun kelainan pembuluh darah. Kondisi uremia (meningkatnya kadar ureum dalam darah) yang dialami pasien gagal ginjal juga dapat jadi penyebab. Selain itu faktor psikogenik pun perlu dipertimbangkan.
berbagai cara menghentikan cegukan
cara pertama
Menghentikan cegukan

Banyak cara dilakukan orang untuk berusaha menghilangkan cegukan. Secara teoritis, prinsipnya adalah dengan mengupayakan adanya menginterupsi lengkung refleks cegukan. Berikut ini beberapa cara yang kerap dilakukan :

Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya, adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya…jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya.
Tehnik lain meningkatkan kadar karbondioksida adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.
Ada pula yang menyarankan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin. Atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.
Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.
Minum air dalam posisi membungkuk, melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher, tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas, membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 menit serta masih banyak lagi tehnik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

Bila cegukan tak hilang juga dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) juga obat lain seperti quinidine, amitriptilin dan marijuana. Tentunya penggunaan obat-obatan ini harus dengan petunjuk dokter, sebab obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.

Bila dengan obat-obatan cegukan tetap bertahan juga, dapat pula dicoba terapi hipnotis dan akupuntur. Lebih jauh lagi…anestesi dengan ventilasi tekanan positif dan pelumpuh otot dilaporkan dapat menghentikan cegukan. Nah, akhirnya… sebagai senjata terakhir yang dapat dilakukan…… tindakan pembedahan menghancurkan atau memblok nervus frenikus juga telah dilakukan pada beberapa kasus cegukan yang tidak teratasi dengan berbagai cara…..

***
cara kedua
Pernahkah Anda mengalami yang namanya cegukan? Saya yakin sebagian besar dari kita pernah mengalaminya. Atau barangkali malah belum tahu apa itu cegukan?

Cegukan biasanya terjadi ketika kita memasukkan makanan atau minuman yang panas atau dingin secara tiba-tiba, sehingga saluran makanan dan perut kita tidak siap menerimanya.

Akibatnya terjadilah kejutan yang menyebabkan sekat rongga dada mengalami kejang-kejang. Pada saat itu, celah suara pun menutup secara mendadak saat bernafas.

Ada dua organ dalam tubuh kita yang saling mempengaruhi saat kita cegukan, yaitu:

Sekat rongga dada,
Saluran pernapasan dekat pita suara
Sekat rongga dada adalah jaringan otot yang membatasi rongga dada dengan rongga perut. Otot ini tepatnya berada di bawah paru-paru dan diatas lambung.


Otot sekat rongga dada bergerak turun naik ketika kita bernapas. Saat kita menghirup udara, otot ini bergerak turun sehingga paru-paru kita dapat membesar dan udaranya pun masuk ke paru-paru.

Sebaliknya, ketika kita mengeluarkan udara, sekat rongga dada bergerak ke atas, sehingga paru-paru kita tertekan dan mengecil. Udara yang ada di dalamnya pun terdorong keluar.

Sekali waktu otot sekat rongga dada mengejang. Ketika mengejang, sekat ini menekan paru-paru sehingga udara yang ada di sana pun didesak keluar.

Pada saat yang bersamaan, saluran pernapasan yang ada di leher kita menyempit. Udara yang keluar tiba-tiba itu pun harus melalui lorong yang sempit, maka keluarlah bunyi, “Hiik…hiik…”. Proses itulah yang kita sebut dengan istilah CEGUKAN.

Bagaimana cara untuk mengatasi cegukan ini?

Ada dua cara yang bisa kita lakukan apabila mengalami cegukan ini, yaitu:

Hirup udara dalam-dalam dan tahan dalam waktu yang cukup lama, atau
Minum air putih dengan posisi badan membungkuk sambil menjepit hidung dengan tangan.
Dengan cara tersebut di atas insya Allah cegukan tersebut akan cepat hilang.
cara ketiga
1.Cobalah untuk menahan napas Anda selama beberapa detik. Lalu hembuskan perlahan. Kemudian ulangi cara ini beberapa kali.
2.Jika tidak berhasil, meminum segelas air putih sambil menahan napas saat menelannya biasanya cukup membantu.
3.Anda juga bisa mengarahkan kantung kertas di depan mulur Anda kemudian menarik napas dan mengeluarkan secra perlahan-lahan.

raysukeTakahasi
01-12-2008, 11:06 AM
Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja atau Belajar
Terserang kantuk saat bekerja atau belajar (membaca) merupakan hal yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Sepengetahuan saya, belum ada tip yang cespleng untuk mengatasi problem rasa kantuk itu. Kalau pun ada, tip-tip juga masih subjektif sifatnya. Artinya, hanya pengalaman individual yang belum tentu cocok untuk orang lain.


Yang dimaksud kantuk disini adalah rasa kantuk yang bukan karena tiga sebab utama yaitu: karena sakit, terlalu lelah dan kurang tidur. Siapa pun yang sakit, atau terlalu lelah memang dianjurkan untuk banyak istirahat atau tidur. Kantuk karena sakit adalah kantuk yang boleh jadi karena pengaruh obat yang diminum atau kondisi tubuh yang tidak fit.


Terkantuk-kantuk karena kurang tidur, itu wajar. Bekerja atau belajar dalam kondisi kurang tidur akan membawa rasa kantuk yang luar biasa. Kantuk karena kurang tidur itu wajar, tetapi kantuk karena cukup tidur, atau bahkan kelebihan tidur itu tidak wajar.


Sebab, tubuh kita hanya menuntut istirahat tidur minimal enam jam dalam dua puluh empat jam (sehari). Artinya tubuh kita sehat dengan tidur enam jam sehari. Maka apa bila kita tidur masih melebihi itu sebenarnya sebuah tindakan yang kurang ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh.


Jika ada seseorang yang kantuk dan terus tidur karena jam tidurnya kurang dari enam jam itu wajar. Namun jika ada seseorang yang jam tidurnya sudah enam jam, tapi masih kantuk dan langsung tidur itu adalah godaan setan yang terkutuk.


Tips yang “langsung” dapat dilakukan adalah :

1. Tariklah napas dalam dan pelan melalui hidung, kemudian lepaskan napas pelan melalui mulut. Lakukan pernapasan ini 3 kali. Kemudian …

2. Menarik napas dalam dan pelan lewat mulut, kemudian lepaskan napas pelan lewat hidung. Lakukan pernapasan ini 3 kali. Kemudian …

3. Menarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung pelan. Lakukan pernapasan ini 3 kali.


Ketiga tips diatas adalah tips ‘langsung’ yang kita lakukan ketika tiba – tiba kita diserang kantuk. Namun umumnya ‘penyakit’ ngantuk dan malas ini umumnya sudah menjadi penyakit kambuhan, yang selalu ‘menyerang’ dalam kegiatan kita sehari – hari. Di bawah ini dituliskan tips – tips yang perlu anda ‘lakukan’ agar ‘penyakit’ kambuhan ini dalam hilang secara berangsur – angsur dan efektifitas anda baik dalam bekerja ataupun belajar sehari – hari dapat bertambah.


Tips – tips itu adalah :

1. Atur pola makan.

Syaraf otak (neuron) dalam menjalankan tugas rutinnya sangat membutuhkan energi yang sumbernya dari makanan yang kita konsumsi. Jenis dan kualitas makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap kinerja otak (pikiran). Maka aturlah pola makan dengan makanan yang mudah dicerna sehingga suplay energi tidak telat. Bila kita mengkonsumsi makanan yang berat, terlalu berserat yang sulit dicerna, energi habis untuk mencerna bahan makanan, suplay energi ke syaraf bekurang sehingga kantuk datang menyerang (contohnya makan kangkung).

2. Asosiasikan/bayangkan apa yang diharapkan dari kegiatan bekerja atau belajar itu.

Misalkan : pendapatan (uang) yang tinggi atau skor yang tinggi misalnya. Tidak cukup hanya membayangkan, tapi harus diikuti oleh keinginan yang kuat untuk mendapatkannya. Tanpa keinginan yang kuat, emosi yang “membara” untuk memperolehnya, maka akan mudah terserang rasa kantuk. Sebab, salah satu hukum pikiran mengatakan bahwa “pikiran akan memberi apa yang diinginkan pemiliknya”. Bila pemiliknya meminta setengah hati, pikiran akan memberikan setengah hati pula. Artinya, pada saat kantuk dating dan karenan niatnya setengah hati, maka pikiran lantas welcome to kantuk!

3. Programlah pikiran bawah sadar Anda dengan cara self talk (bicara pada diri sendiri, membatin terus).

Salah satu cara untuk membuat program dalam pikiran bawah sadar adalah dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”. Lakukan sesering mungkin dan seintens mungkin hingga benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar. Bagian inilah nanti yang akan mengingatkan dengan keras saat Anda mulai terkantuk-kantuk. Bagian ini yang nanti akan “protes” bila Anda mulai berpihak pada rasa kantuk.

4. Aturlah posisi duduk siap untuk bekerja atau belajar.

Jangan sambil duduk bersandar/kepala disandarkan. Jangan pula sambil tiduran. Posisi duduk berpengaruh terhadap datangnya rasa kantuk. Kenapa posisi duduk berpengaruh terhadap datangnya kantuk? Posisi atu gerak tubuh mempengaruhi kondisi pikiran. Bila Anda duduk bersandar, kondisi pikiran terbawa bada kondisi rileks, atau kondisi siap untuk ngantuk/tidur.

5. Patahkan pola kantuk Anda.

Kantuk itu ada polanya. Meskipun pada saat kantuk datang pikiran bawah sadar segera mengingatkan untuk selalu terjaga, namun bila tidak ada keberanian dari Anda untuk mematahkan pola kantuk, maka rasa kantuklah yang menang. Bablas tidur…!

Salah satu caranya adalah begini. Begitu rasa kantuk datang, sudah mulai menguap, jangan lanjutkan dengan duduk bersandar. Cari aktifitas jeda, aktifitas pemutus agar kantuk terusir. Caranya macam-macam: bisa berdiri dan lakukan gerakan-gerakan ringan, seperti jalan-jalan sebentar, bikin kopi, atau jalan-jalan kecil di ruangan sekedar manyapa teman dan refresing. Hasilnya, tidak akan ngantuk lagi.

6. Yang juga cukup penting adalah : Tehnik mematahkan pola (pikir dan kebiasaan).

Sebab, hampir semua inovasi, penemuan baru, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas, diawali dengan keberanian “mematahkan” pola lama, dan mengantinya dengan pola baru. Adalah tidak mungkin ingin mendapatkan sesuatu yang baru, tetapi masih dengan cara (pola) pikir lama. Demikian halnya dengan pola kantuk yang pada akhirnya (hasilnya) tidur, maka sebelum kebablasan tidur, maka polanya harus diputus.

Tips - tips ini masih subjektif sifatnya. Artinya masih perlu banyak bukti tentang efektifitasnya. Namun, hemat saya, keberhasilan tip ini sangat tergantung pada sejauh mana Anda benar-benar mau membuang rasa kantuk setiap kali Anda terserang. Semakin kuat keinginan Anda untuk benar-benar mengalahkan kantuk, Anda akan berhasil. Selamat mencoba.

mukiki~♥
01-12-2008, 12:41 PM
skalian deh
mumpung ada yang ahli :P

bener ga si bro ludah bisa bersihin luka???
thx

raysukeTakahasi
02-12-2008, 05:19 PM
skalian deh
mumpung ada yang ahli :P

bener ga si bro ludah bisa bersihin luka???
thx
kalo secara biologis tu g bisa broo
soalnya di ludah tu banyak terkandung bakteri2 ya lo ludah itu bersih,intinya ludah tu banyak mengndung kuman gt ja lah..
tp lo misal itu mitos ya g tw jg deh,tp lo secara kesehatan itu g bener yang bener lo luka pertama ya kita kasih cairan anti septik atau cairan alcohol sebelum di lakukan penaganan lebih lanjut,gt brroo

raysukeTakahasi
16-12-2008, 02:53 PM
memperkuat tulang
Jika anda ingin mempunyai tulang yang kuat agar dapat melakukan kegiatan rutin setiap hari. Sebaiknya secepatnya anda harus merawat tulang anda dengan baik. Ada tip’s yang dapat anda gunakan agar tulang tetap kuat.

Yaitu dengan memberikan Vitamin C dengan jumlah yang cukup untuk tulang. Karena Vitamin C dapat berguna untuk membangun kolagen pembentuk tulang. Dan ada sebuah penelitian membuktikan, wanita yang rajin mengonsumsi suplemen vitamin C mempunyai tulang yang lebih kuat. Anda bisa mendapatkannya dari tomat, stroberi, brokoli, kentang, dan tambahan berupa suplemen vitamin C 200 mg setiap hari. Dan juga
Vitamin K yang dapat membantu memperlambat pengeroposan tulang dan mempercepat proses penyembuhan. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran berdaun hijau serta minyak zaitun.

arieth
27-02-2010, 06:38 PM
bro raysukeTakahasi maksih bgt dah mau bagiin tips2 kesehatan yang alami...

gimana cara jaga kesehatan tubuh kita sehari2 agar tidak mudah terserang penyakit??/


gimana cara ngatasin dahak yang sering kluar trusss kyak ngumpum gtu di bagian tenggorokan..????...