PDA

View Full Version : Tips Meningkatkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak



TomieDLuffy
15-06-2010, 11:32 AM
sy jg gk tau klw ini re-post atau gk.. tp yg pasti ni artikel koleksi sy... yg dah lama banget..

Anda ingin lebih cerdas, pikiran lebih jernih, punya kosentrasi yang lebih baik dan penalaran yang tajam? Menurut riset baru tentang otak, keinginan ini bisa tercapai. Menurut Elisa S. lottor, Ph.D., dalam buku Female and Forgetful, para ahli menemukan, peran terbesar dalam menciptakan kekuatan otak yang hebat, ingatan yang baik, dan bahkan IQ lebih tinggi adalah pilihan gaya hidup, bukan genetika. Studi membuktikan dugaan para ahli selama ini, bahwa otak itu seperti otot-otot lainnya. Kita bisa mengembangkan otak, membuatnya lebih tajam secara mental dan lebih cepat menyerap informasi baru. Berikut, hal-hal yang dapat dilakukan.

Makan Sarapan yang Mengandung Lemak
Contohnya donat, sebuah studi baru menunjukkan, makanan sarapan yang mengandung sedikit lemak dapat meningkatkan ingatan. Para periset menyuruh sejumlah relawan yang diteliti untuk puasa semalam, lalu keesokannya disuruh makan sarapan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Orang-orang yang makan donat mendapat nilai tinggi untuk kemampua otak. Sebabnya adalah, otak memperlakukan lemak sebagai bahan bakar yang bisa langsung diakses.
Kiat menguatkan otak : Di pagi hari, kita memerlukan peningkatan ekstra. Kosumsi makanan yang mengandung sedikit lemak atau makan roti dioles krim keju.

Permainan Bingo
Bingo (permainan dengan mencocokan angka) menggunakan banyak kosentrasi, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan. Ini adalah keterampilan yang membuat otak tetap tajam. Semakin banyak main bingo, otak akan semakin tajam. Para pemain bingo yang umurnya lebih tua mendapatkan hasil yang lebih baik pada sejumlah tes mental dibanding dengan pemain yang umurnya lebih muda.
Kiat menguatkan otak : Beli Bingo dan ajak temanmu atau keluarga main sekali seminggu.

Tidur Siang
Sekitar pukul 3 siang, kita umumnya mengantuk. Kira-kira jam 8 sesudah bangun, terjadi penurunan dalam jam tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan-kemampuan yang konitif. Kabar baiknya, menurut James Maas, Ph.D., dalam buku Power Sleep, hal ini bisa diatasi. Para ahli menemukan, hanya tidur siang 10 menit atau meditasi, bisa mengembalikann kinerja otak ke tingkat normal. Lebih lama dari itu dapt menyebabkan grogi. Kurang dari itu tak akan mendapatkan khasiat ini.
Kiat menguatkan otak : Jika Anda di rumah, kami menyarankan mengatur jam weker 10 menit. Jika Anda bekerja, pejamkan mata. Bayangkan pemandangan alam yang tenang dan rileks hanya selama 10 menit.

Kunyah Permen Karet
Para periset menemukan, subyek yang mengunyah permen karet mendapatkan skor yang lebih tinggi 35% tes ingatan dari pada yang tidak. Para ahli belum mnemukan, apa yang membuat permen karet ini beitu efektif. Diduga, mengunyah berulang-ulang permukaan yang kenyal meningkatkan denyut jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak.
Kiat menguatkan otak : sediakan permen karet dan kunyah setiap kali diperlukan.

Nutrient yang Membuat lebih Cerdas
Para ahli menemukan orang-orang yang mendapakan paing banyak choline, sejenis asam amino alamiah yang antara lain terdapat di dalam daging sapi, kunig telur, mempunyai otak yang lebih cerdas dan berfikir lebih cepat. Diet rendah lemak membuat orang-orang tidak mendapatkan kecukupan choline. Begitu menurut Jean Carper dalam buku Food: Your Miracle Medicine.
Kiat menguatkan otak : choline bisa didapatkan antara lain dengan makan kuning telur, daging, ikan, dan susu. Tapi sebagian ahli menyarankan mendapatkannya dalam bentuk suplemen. Sebelum meminum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Bicara
Anda mungkin pernah mendengar, untuk menjaga otak tetap tajam, kita harus melatihnya dengan hal-hal seperti isi teka-teki silang dan membaca. Kini ada saran yang lebih baik lagi. Hany dengan ngobrol dengan teman bisa mendatangkan hasil yang lebih baik. Para ahli yang meneliti 3.617 orang menemukan adanya hubungan yang jelas antar sosialisasi dan fungsi otak. Partisipasi dari segala golongan usia yang paling banyak bergaul mengalami gangguan kognitif yang paling rendah kedati pun banyak banyak melatih otak. Dugaan kebanyakan orang bahwa ngobrol tidak memerlukan upaya mental ternyata salah. Scan otak menunjukkan, percakapan ringan mangaktifkan bagian khusus dari otak yang menunjukkan mengarahkan upaya hebat.
Kiat menggunakan otak : Ngobrol dengan teman lewat telepon atau undang untuk makan malam. Cara ini bisa menjaga otak tetap muda dalam waktu lama.

Jalan Cepat
Para ahli menyuruh subyek jalan kaki cepat selam 15 menit, 3 kali seminggu. Orang-orang yang jalan kaki mengalami peningkatan fungsi otak sampai 15%. Mereka lebih mampu membuat koneksi, mengerjakan berbagai tugas dan mengabaikan gangguan. Studi-studi juga menemukan, sesudah olah raga aerobic selama 45 menit, 3 kali seminggu, kinerja mental meningkat sampai 25%. Olah raga bukan hanya meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf baru di dalam otak, juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk membuatnya lebih cerdas.
Kiat menguatkan otak : Sebuah studi menunjukkan, orang-orang yang berkemungkinan paling besar tetap menjalankan jalan kaki adalah juga melakukan sesuatu yang menyenangkan pada saat bersamaan: mendengarkan music, ngobrol dengan anak, atau sambil dengan cuci mata.

Dapatkan Tryptophan
Zat kimia yang antara lain terdapat di dalam daging kalkun, ini dapat menjaga ingatan tetap tajam para riset menemukan, jika kadar tryptophan meningkat, para subyek mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam tes menginngat dan tes pengenalan. Penyebabnya adalah tryptophan menghasilkan serotonim, sejenis neurotransmitter yang meredakan stres. Studi-studi menunjukkan, hanyas sedikit stres saja dapat mengganggu ingatan.
Kiat menguatkan otak : Makan kalkun untuk makan siang. Tapi jangan makan berlebihan. Lebih dari 8 ons menghasilkan cukup banyak tryptophan yang membuat ngantuk.

sumber (http://www.gudang-info.com/2009/08/tips-meningkatkan-daya-ingat-dan.html)

ajijayanti
17-06-2010, 05:23 PM
tapi biasanya gw main bingo gak make mikir apa lagi konsentrasi.. ngarung gak ya jadinya? dan sarapan donat itu kayaknya bakalan susah di lakukan kecuali di amerika deh..

kagetora
17-06-2010, 08:00 PM
^
ya sarapan donat diganti pake makanan yang ada sedikit lemaknya, roti pake selai kacang mungkin?

tapi kok malah lemak ya? soalnya yg gw tau selama ini malah justru glukosa yang jadi makanan utama otak...

andgs
17-06-2010, 09:17 PM
klo yg bnyk lemak gmn? :hero: yg ada malah kegemukan bkn otak yg encer :piss:

deybac
18-06-2010, 03:50 PM
mantap gan, ane setuju gan, kalo otak itu seperti otot,, kalo menggekan otot harus fitness, kalo gedein otak harus belajar,, ya gak... thanks gan

CodeAmon
18-06-2010, 06:27 PM
bang nanya dapetin daging kalkun dimana??
trus di Indonesia setau saya ga ada yang jual dagingnya
ada alternatif lain selain kalkun?

ajijayanti
17-12-2010, 06:21 PM
tapi biasanya gw main bingo gak make mikir apa lagi konsentrasi.. ngarung gak ya jadinya? dan sarapan donat itu kayaknya bakalan susah di lakukan kecuali di amerika deh..

hei gw mulai mempraktekkan sarapan donat loh.. tapi karna orang indonesia asli jadi ya masih ada nasinya dikit2 lama2 menjadi bukit

Lancelot
17-12-2010, 07:05 PM
Perlu dicoba ini... agak bermasalah saya sama daya ingat T.T

haydeear
17-12-2010, 10:53 PM
brain gym juga bisa ningkatin kemampuan otak. ada bbrp titik yang bisa dipijat dgn gerakan memutar pake jari. yg pertama jidat, trus belakang telinga, sama daun telinga.
trus sering2 aja isi TTS. bisa mencegah pikun tuh :)

langit_ungu
18-12-2010, 07:13 AM
:hiks: kunyah permen karet,, gw paling ga suka permen karet...

tapi tips yang lain,, akan gw usahakan untuk dicoba...

akhir-akhir ini bermasalah dengan ingatan jangka pendek... :dead:

caspian
19-12-2010, 08:20 AM
banyak baca hal2 yg memerlukan analisa jg manjur gan utk ngelatih otak

feyohoo
19-12-2010, 09:22 AM
ikut nambahin"..
sering makan udang bagus untuk otak biar kuat untuk berfikir,.

untuk penguat memory,. setelah baru bgt bangun tidur, ingat2 mimpi apa saja?.. bgmana jalan cerita mimpi itu,.. lakukan tiap hari..

keigo_04
22-12-2010, 05:36 PM
wah, baru tau kalo permen karet bisa meningkatkan daya ingat..
kbetulan sy doyan permen karet.. :hihi:
nice share nih..
:top:

iik77
23-12-2010, 01:14 AM
low minum banyak itu bermanfaat gak dengan meningkatkan daya ingat

yuma
15-10-2012, 04:04 PM
Kalau saya dan keluarga sih melatihnya pakai TTS. Orang tua saya setiap hari selalu mengisi TTS, selain membaca koran. Waktu luang yang mereka habiskan di rumah jadi nggak sia-sia :hmm:

Sementara saya sendiri lebih suka membaca (apa pun, termasuk manga) untuk melatih otak.

yakuzarysad
15-10-2012, 04:20 PM
tapi biasanya gw main bingo gak make mikir apa lagi konsentrasi.. ngarung gak ya jadinya? dan sarapan donat itu kayaknya bakalan susah di lakukan kecuali di amerika deh..

bener gan. seru tuh main bingo.
kalo indonesia mah paling sarapan bacang.

idontknow
11-11-2012, 09:44 PM
setuju sama yang tidur siang,
tiap jam makan siang diupayakan tidur 5 - 10 menit ( kalo pas ga ada kerjaan yang menumpuk)

syorissa
21-11-2012, 04:48 PM
Hah??? Makan lemak??? Takut ah...ntar makin bulet ane...tubuh ane kan tipe metabolisme lambat..jd sangat gampang menumpuk lemak.
Ane coba tips2 yg lainnya aj deh..

sora_boyz
21-11-2012, 05:27 PM
haha, pengen tu makan makanan yg enak / berlemak...
krn budget terbatas aja soalnya anak kosan... :madesu:
bicara n jalan cepat paling gampang buat dipraktekin.... :lalala:
sedangkan krn gw suka permen karet, boleh2 dah...
ini metodenya bagus klo menjelang ujian.. drpd sumpek belajar mulu... :belajar:

GFA
20-12-2012, 05:31 PM
Untuk menambah daya ingat bisa mengkonsumsi nutri untuk meningkatkan daya ingat otak seperti ginko biloba.
Cara yang lebih efektif yaitu melakukan pelatihan seperti pelatihan SGM (Super Great Memory) yang cukup terkenal di Indonesia

Arifrahman25
25-01-2013, 12:59 AM
:hiks: kunyah permen karet,, gw paling ga suka permen karet...

tapi tips yang lain,, akan gw usahakan untuk dicoba...

akhir-akhir ini bermasalah dengan ingatan jangka pendek... :dead:

kalo menurut ane, agan pake cara klasik dnegan bicara aja gan, hehe, sama maen bingo :haha: kan enak tuh maen sambil bosen ngerjain tugas berng kelompok...

nah trus dari nutrisi yang triptofan itu gan hehehe...

ablabl
25-01-2013, 04:59 PM
Meningkatkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak

Saya biasanya minum multivitamin yg mengandung vit B12

damn22
26-01-2013, 03:26 PM
Permainan Bingo

ngk mesti bingo man

maen catur , dan catur cina jg bisa tu

toni_folksy
28-01-2013, 05:26 AM
ane tidur siang cuma seminggu sekali, waktu liburan T.T

rusty97
28-01-2013, 08:03 AM
koq ga lari aja ya, jalan cepat bikin capek euy T.T

amaliatirtana
28-01-2013, 02:40 PM
kunyah permen karet jadi alternatif buatmeningkatkan daya ingat :niceinfo:

Jumiang
29-01-2013, 04:09 AM
tidur/istirahat yg cukup,
klo dipaksakan juga otak jd lemah

apronouva
29-01-2013, 10:44 AM
Gan, nanya dong, mitos soal keseringan makan brutu (bagian belakang ayam) bisa bikin cepet pikun itu beneran atau enggak sih ? ato cuma akal-akalan aja dari orang2 tua kita soalnya itu bagian termasuk bagian yang enak rasanya gan.

Mohon pencerahan

muchtarluthfi
30-01-2013, 12:26 AM
Gan, nanya dong, mitos soal keseringan makan brutu (bagian belakang ayam) bisa bikin cepet pikun itu beneran atau enggak sih ? ato cuma akal-akalan aja dari orang2 tua kita soalnya itu bagian termasuk bagian yang enak rasanya gan.

Mohon pencerahan
emang kalau di jawa, katanya kalau makan brutu (bagian belakang ayam/jalan keluarnya kotoran ayam) bisa menyebabkan kepikunan
orang tua bilang katanya bisa bikin kita bodoh, makanya orang tua selalu bilang makan aja kepalanya biar skalian makan otaknya biar jadi pinter
orang jawa biasa menghubung2kannya, seperti jika ingin mudah mendapat rejeki maka makanlah cakarnya (karena cakar ayam digunakan untuk mencari makan)
kalau pingin sukses maka makanlah sayapnya (karena sayap yg bisa bikin terbang) maka mereka berfikiran jika makan sayap maka akan jadi orang tinggi
entah itu bener atau mitos, toh kayaknya semua bagian sama aja. sama2 ada proteinnya :ngacir:

Sunday_KNIGHT
30-01-2013, 12:43 AM
^
Pernah baca riset kalo makananlah yang membuat otak mampu berkembang dengan baik,
jadi kalo mau malihat itu benar/mitos, lihat ke kandungan apa yang terdapat pada butut ayam itu,
kalo disana terdapat kandungan lemak yang tinggi (khususnya C12, omega, dkk) maka seharusnya bagus,
kalo tidak juga gak ngaruh, kecuali lemaknya pada teroksidasi jadi struktru trans -

tapi menurutku, hal ini tidak bisa dijadikan patokan koq,
apalagi manusia termasuk pemakan apapun, jadi sumber gizi yang diperlukan otak tidak hanya berasal dari situ,
masih banyak sumber lainnya, dan dari ayam itu paling cuma menyumbang sedikit dari seluruh kebutuhan untuk perkembangan otak (kalo ada),
cmiir ___

zenozer
30-01-2013, 07:26 PM
tidur siang bener itu,

temen ane tiap hari setelah pulang sekolah lgsg tidur, malemnye belajar, terus tidur lagi.(tapi gak 10menit tidur siangnya)

rank 1 di sekolah ane dia.

kalo info yang jalan kaki cepat menurut ane juga faktanya terjadi kepada ane(ane gak jalan cepat sih)

ane 6 taon ke sekolah jalan kaki(rmh deket sih soalnya)

kelebihan yang ane dapet sih ane bs ngapalin pelajaran dalam waktu 20 ment( bener2 fokus , sekelas brisik ane tetep hajar beljar) dapet nilai juga bagus kok

ane yang tiap hari game + belajar di sekolah dapet nilainya malah lbh bagus dari teman2 yang udah bljr dr rmh ampe mabok.

riohcx
31-01-2013, 07:56 AM
boleh di coba nih tipsnya, buat menghilangkan sedikit sifat pelupa :keringat:

apronouva
14-02-2013, 04:07 PM
@muchtarluthfi

Iya juga sih gan, banyak banget yang dihubung2in.. dulu gwa kira gegara bagian belakang itu lebih enak dan gurih, makanya para orang tua mau memonopoli bagian itu

@sunday_KNIGHT

Make sense gan. dilihat dari sisi kandungan gizi nya :)

thx anyway

ujanggiroud
03-03-2013, 05:46 PM
manfaat banget gan infonya..
ane pernah dikasih tau ketua icmi yg sekarang jalannya cepet itu jadi bukti klo orang jalan cepat tuh orangnya pinter gan..

dennyprasetyo
14-03-2013, 10:22 AM
ane sering ga makan pagi,kelewatan terus baru makan siang, ternyata ga baik terhadap otak

Kaitara
14-03-2013, 01:55 PM
om kalo misalnya tidur malem gitu...
berpengaruh sama otak juga ngak??

Sunday_KNIGHT
29-03-2013, 10:29 PM
om kalo misalnya tidur malem gitu...
berpengaruh sama otak juga ngak??
Pasti, apalagi kalo tidak biasa begadang / tidak biasa tidur telat,
pasti pengaruhnya akan jelas sekali dan bisa diamati dari kegiatan yang dia lakukan saat itu,
biasanya akan sering salah, gak konsen, mau coba ingat pasti susah, soalnya otak sudah jenuh,

so, fungsi dari tidur itu bisa dikatakan kegiatan untuk me -restart otak,
shingga bisa bekerja lebih optimal ke-esokan harinya,
tapi kalo pengaruh ke daya ingat kurang tau juga,,

btw, aku punya teman yang kasusnya aneh,
dia selalu belajar sebelum tidur, dengan begitu dia bisa dengan mudah menghafal bahan pelajaran,
tapi kalo belajar siang dan baru tidur malam, malah jadi susah dia ngafalinnya,

tutinnitut
01-04-2013, 07:26 AM
latih daya ingat dengan sering menghafal lirik lagu misalnya..

eowfro
10-04-2013, 08:11 AM
sarapan yang mengandung lemak,aku baru tau ada tips ini untuk meningkatkan daya ingat
tapi apa tidak sebaiknya makanan yang mengandung lemak sehat y?kalo donat kandungan gula dan karbohidratnya
apa ntar gak bikin ngantuk?
setauku makan buah pisang juga bisa meningkatkan daya ingat

diazepam
11-04-2013, 07:35 PM
1 lagi gan, membaca..

Sunday_KNIGHT
11-04-2013, 10:21 PM
sarapan yang mengandung lemak,aku baru tau ada tips ini untuk meningkatkan daya ingat
tapi apa tidak sebaiknya makanan yang mengandung lemak sehat y?kalo donat kandungan gula dan karbohidratnya
apa ntar gak bikin ngantuk?
setauku makan buah pisang juga bisa meningkatkan daya ingat
itu pengaruhnya langsung ke jaringan otak, soalnya komposisi jaringan otak itu lemak semuanya,
jadi dengan konsumsi lemak (apalagi saat bayi / balita) maka pertumbuhan jaringan otaknya juga tinggi,
shingga anak-anak bisa cerdas dan mudah sekali mengingat suatu hal,

yap, kalo emang takut dengan lemak jahat (LDL atau VLDL) bisa disiasati dengan pengolahan pangan yang benar,
seperti tidak menggunakan minyak goreng lebih 3 kali, hindari pangan tengik (oksidasi), ato gunakan minyak yang mengandung laurat (C12)

zabuzahs
12-04-2013, 10:32 AM
apa hubungannya ngunyah permen karet sama daya ingat??? :/

Sunday_KNIGHT
12-04-2013, 01:42 PM
apa hubungannya ngunyah permen karet sama daya ingat??? :/
mungkin seperti ini : mengunyah berulang-ulang permukaan yang kenyal meningkatkan denyut jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak.
dengan tersuplay-nya oksigen ini maka jaringan otak akan selalu fresh dan mampu memproduksi impuls lebih cepat / tinggi,
sehingga daya ingat mungkin bisa ditingkatkan juga !

topi_caping
20-04-2013, 08:45 AM
wah kalo mengingat jangka panjang sih ane punya kemapuan yang lumayan sih
hehe
tapi kemampuan mengingat jangka pendek agak susah
ngatasinnya gmn yah gan.?

ExploitID
21-04-2013, 08:23 PM
ane paling suka mngasah otak dengan teka teki, jd biar bisa pandai gitu

SanoAccuro
02-06-2013, 08:56 PM
Makan Sarapan yang Mengandung Lemak
Contohnya donat, sebuah studi baru menunjukkan, makanan sarapan yang mengandung sedikit lemak dapat meningkatkan ingatan. Para periset menyuruh sejumlah relawan yang diteliti untuk puasa semalam, lalu keesokannya disuruh makan sarapan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein. Orang-orang yang makan donat mendapat nilai tinggi untuk kemampua otak. Sebabnya adalah, otak memperlakukan lemak sebagai bahan bakar yang bisa langsung diakses.
Kiat menguatkan otak : Di pagi hari, kita memerlukan peningkatan ekstra. Kosumsi makanan yang mengandung sedikit lemak atau makan roti dioles krim keju.

kurang mudeng sama yang ini kk,
sebenernya yang dapat meningkatkan ingatan itu sedikit lemak atau banyak lemak????

Sunday_KNIGHT
02-06-2013, 09:01 PM
tapi kemampuan mengingat jangka pendek agak susah
ngatasinnya gmn yah gan.?
O_o koq bisa kebalik ? biasanya orang bakalan mudah punya short term memory ketimbang long term memory,
keknya kalo gini masuk kelompok pelupa dah !


kurang mudeng sama yang ini kk,
sebenernya yang dapat meningkatkan ingatan itu sedikit lemak atau banyak lemak????
secukupnya saja, soalnya otak itu akan menganggap lemak itu sebagai energi,
selain itu sebagian besar penyusun otak adalah lemak (kawan ketemu kawan = kuat)

oot ___

Taeng22
08-06-2013, 04:44 PM
Nutrient yang Membuat lebih Cerdas
Para ahli menemukan orang-orang yang mendapakan paing banyak choline, sejenis asam amino alamiah yang antara lain terdapat di dalam daging sapi, kunig telur, mempunyai otak yang lebih cerdas dan berfikir lebih cepat. Diet rendah lemak membuat orang-orang tidak mendapatkan kecukupan choline. Begitu menurut Jean Carper dalam buku Food: Your Miracle Medicine.
Kiat menguatkan otak : choline bisa didapatkan antara lain dengan makan kuning telur, daging, ikan, dan susu. Tapi sebagian ahli menyarankan mendapatkannya dalam bentuk suplemen. Sebelum meminum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.



ini bener banget nih..
banyak-banyak makan ikan seperti keluarga mackerel, sardin, dan lainnya yang mengandung banyak omega-3 itu bagus untuk otak..

kalau yang doyan ngemil, boleh disubstitusi jajanannya dari gorengan, keripik, ke keluarga kacang-kacangan seperti walnut...
selain bagus untuk otak, juga dengan mengurangi jajanan gorengan dan sebangsanya, secara ngga langsung sudah mendorong kualitas makanan yang dimakan menjadi lebih bagus untuk kesehatan :peace:

bh_alvonzo
09-06-2013, 03:01 PM
tapi lou tidur siangnya lama2 bukanya malah menurunkan daya ingat

rizkiananto
24-06-2013, 07:52 AM
yang sarapan pake yang berlemak agak :bingung:
soalnya kalo ane makan yang begituan pagi pagi bisa sakit perut :haha:

kalo tidur siang emang bener bener :top: ...tapi jangan kelebihan juga, tidur jam 1 tau tau udah jam 5 sore :shock1: yang ada malah loyo ga bertenaga
gaya hidup sehat juga mempengaruhi otak menjadi sehat :top:

risky_09
24-08-2013, 04:21 AM
Ane pernah baca yg kyk gini,
tapi ngak sedetail ini sih,

Ane pernah dengar kalu Kunyah Permen Karet, bisa menurunkan daya kerja otak, alias ngak baik buat otak...
Apa betul tu ya????
:???:

Sunday_KNIGHT
24-08-2013, 02:16 PM
Ane pernah dengar kalu Kunyah Permen Karet, bisa menurunkan daya kerja otak, alias ngak baik buat otak...
Apa betul tu ya????
:???:
apa hubungannya ? toh gak kunyah permen karet gak ada kaitannya dengan otak,
palingan cuma impuls supaya tetap ngunya, selain itu apa sih senyawa yang ada dalam permen karet sehingga di claim seperti ini ?
biasanya kan yang memberikan pengaruh itu kan kandungan dari makanan, tapi itupun dalam jangka panjang dengan peluang sangat kecil,

dominoc
07-10-2013, 02:05 PM
mau nambahin gan..

setelah ane liat dorama Mr Brain, dia sering banget makan pisang,,,

karena pisang mengandung gula yg baik untuk nutrisi otak

Sunday_KNIGHT
07-10-2013, 02:13 PM
mau nambahin gan..
setelah ane liat dorama Mr Brain, dia sering banget makan pisang,,,
karena pisang mengandung gula yg baik untuk nutrisi otak
iya, otak emang butuh banyak glukosa untuk sumber energi,
tapi otak lebih membutuhkan lemak untuk menjalankan kinerjanya lebih baik,
baiknya kombinasikan antara lemak dan glukosa,

btw, aku nentang kalo di bilang pisang bagus,
dari jumlah lemaknya jelas kurang banget,
malah ada orang B-POM yang melarang anak kecil makan pisang karena ini,