Page 1 of 9 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 85

Thread: Kamus & istilah teknologi infoermasi
http://idws.in/1007

  1. #1

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    2/484
    Rep Power
    0

    Default Kamus & istilah teknologi infoermasi

    Thread yg ini ga usah di reply yah biar rapi:redface:. cukup di pencet THANKS ajah:ouch:

    Dimulai dari huruf A

    A and B bit signaling
    Prosedur yang digunakan dalam fasilitas transmisi T1 dimana satu bit dari setiap frame keenam pada 24 subkanal T1 digunakan untuk membawa informasi yang bertindak sebagai pengawas pensinyalan.

    A Hardware Programming Language
    Suatu bahasa pemrograman tingkat rendah yang langsung mengendalikan mesin berdasarkan data yang ada pada register mesin tersebut. Bahasa pemrograman ini diperkenalkan oleh Hill dan Peterson, mereka berdua termasuk pengembang dari A Programming Language (APL) dari Universitas Arizona.

    A Language Encouraging Hierarchy
    Biasanya disingkat dengan ALEPH. Merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dibangun pada sekitar tahun 1975.

    A Language for Attributed Definitions
    Biasanya disingkat dengan ALADIN. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang menjadi input dari mpilator GAG.

    A law
    Standar dari organisasi telekomunikasi dunia ITU-T dan badan standarisasi CCITT yang digunakan pada konversi sinyal analog dan digital dalam sistem PCM. A law banyak digunakan di jaringan telepon Eropa dan serupa dengan standar mu law yang digunakan di Amerika Utara.

    A link
    Jenis sambungan akses SS7.

    A Manufacturing Language
    Biasanya disingkat dengan AML. Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibangun oleh IBM pada tahun 1980an untuk industri robot.

    A Programming Language
    Sebuah bahasa pemrograman yang awalnya dikembangkan oleh Ken Iverson dari Hardvard University pada tahun 1957-1960. Penulisan dari perintah-perintah pemrograman yang dibuat berbasiskan kepada ekspresi algoritma matematika.
    Bahasa pemrograman ini awalnya tidak memiliki nama khusus, hanya dikenal dengan Iverson`s Language dan sempat tidak digunakan dalam beberapa tahun hingga terpakai kembali pada tahun 1967 pada APL360.
    APL merupakan bahasa pemrograman berorientasi pengolahan array, dan memiliki berbagai fasilitas yang cukup inovatif. Bahasa aslinya ditulis dengan menggunakan character set yang belum terstandarisasi, namun saat ini, telah menggunakan standar dari ISO8485.
    APL ini termasuk bahasa pemrograman yang didukung kuat oleh para pengembang Microsoft.net

    A Simulation Process-Oriented Language
    Disingkat dengan ASPOL. Merupakan bahasa pemrograman dengan penulisan mirip dengan ALGOL, yang digunakan untuk simulasi komputer.

    A Tools Integration Standard
    Disingkat menjadi ASIS. Merupakan suatu perangkat berbasis objek (object-oriented) untuk mengatur layanan yang diperbolehkan seperti saving, accessing, dan managing dari informasi. Teknologi ini dibangun pertama kali oleh Atherton Techonology dan DEC yang ditujukan pada awalnya sebagai standard dalam dunia industri.

    A/M
    Ampers per meter.

    A1
    Bahasa pemrograman Address 1 Code. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Matthew Newhook, dan digunakan untuk pengetesan keluaran dari compiler. Bahasa pemrograman ini membutuhkan GCC.

    A
    Istilah yang lazim digunakan sebagai penjunjuk drive pertama yang ada di PC (biasanya pada PC dengan sistem operasi DOS atau Windows) dapat berupa drive 3.5 inch atau 5.25 inch. Drive pertama ini biasanya dapat digunakan untuk memboot komputer lewat floppy disk.

    AAA
    Authentication, Authorization, accounting. Adalah sebutan yang menyatakan sebuah proses yang mencakup autentikasi, otorisasi dan pencatatan yang digunakan oleh penyedia layanan telekomunikasi dan jasa internet untuk mengenakan biaya pada pelanggan. Autentikasi digunakan untuk mengenali pengguna yang boleh memasuki system. Otorisasi adalah untuk memberikan wewenang bagi pengguna untuk mengakses resource pada sistem. Accounting digunakan untuk mencatat berapa banyak resource yang dipakai dan memberitahukan berapa biaya yang harus dibayar oleh pengguna.

    AB Box
    Kotak Swicth (pengarah arus). Perangkat ini berfungsi untuk mengarahkan arus ke perangkat alternatif. misalnya dari output VGA pada komputer dilewatkan dulu ke alat ini, dan alat ini terhubung juga ke layar monitor A dan layar monitor B. Sehingga tampilan output tersebut bisa dilihat pada tujuan yang diarahkan, pada layar monitor yang terhubung ke AB Box terebut. Alat ini juga dikenal dengan AB Switch.

    ABACUS
    abakus, sempoa - Alat penghitung yang diciptakan 3000 tahun sebelum Masehi. Pada alat ini terdapat manik-manik yang dipasangkan di dawai atau kayu melintang. Manik-manik ini digerak-gerakkan pada waktu melakukan perhitungan/operasi matematika.

    Abandon
    Menterlantarkan, menelantarkan, meninggalkan, mengabaikan suatu proses.

    Abbreviation
    Singkatan.

    ABICOMP
    Association of the Brazilian Computer and Peripherals Industry. Perkumpulan industri perangkat komputer di Brazil.

    ABIOS
    Advanced BIOS. Suatu jenis BIOS khusus yang ditujukan untuk komputer IBM PS/2 yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan komputer di mode multitasking dan menyediakan suatu lokasi tertentu di memori untuk program tertentu saja.

    ABIWord
    Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

    ABM
    Asynchronous Balanced Mode.

    Abnormal
    Tidak normal, tidak lazim. Suatu proses yang berjalan atau dieksekusi dalam kondisi tidak normal.

    Abnormal end
    Istilah ini kadang kala disingkat dengan Abend. Pemberhentian suatu proses karena kejadian yang tidak lazim. Penyebab pemberhentian proses ini diantaranya adalah karena kesalahan yang terjadi pada program itu sendiri, terjadi kesalahan pada proses input atau output, dan lain-lain. Misalnya file yang berubah, terserang virus, dsb.

    ABOL
    Adviser Business Oriented Language.

    Abort
    Penghentian kerja dari suatu sistem yang diakibatkan karena kesalahan teknis dan mengembalikan operasi kembali ke jalur sistem konvensional.
    Perintah ini muncul karena berbagai alasan, diantaranya karena :
    - Konfirmasi kepada user karena pemberhentian secara paksa eksekusi yang sedang berjalan,
    - Pemberhentian karena sistem tidak mampu mengantisipasi error (kesalahan) terhadap proses yang sedang berjalan.

    Abort, Ignore, Retry, Fail
    Suatu jenis error yang ditemukan di DOS, terutama ketika anda mencoba untuk mengakses suatu media yang tidak dapat diakses. Jika hal ini terjadi pada waktu akses ke disket, biasanya disebabkan karena tidak adanya disket di drive, disket di write-protected, atau disket rusak.

    About
    Suatu pilihan pada suatu program atau sistem yang biasanya berisi informasi penting mengenai registrasi pengguna, pembuat perangkat, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan sistem yang sedang dieksekusi.

    ABPS
    Automated Bill Payment System.

    Abrupt
    Secara harfiah, kata ini berarti Kasar, tiba-tiba.

    Abrupt cutover
    Perubahan suatu sistem secara langsung atau menyeluruh.

    ABS
    Absolute, nilai mutlak. Misalnya nilai mutlak dari -66 adalah 66. Sedangkan nilai mutlak dari 66 itu sendiri adalah 66 juga.

    Absolut
    Penulisan lain dari absolute.

    Absolute
    Nilai mutlak. Misalnya nilai mutlak dari -66 adalah 66. Sedangkan nilai mutlak dari 66 itu sendiri adalah 66 juga.

    Absolute Address
    Alamat suatu data spesifik pada memori, alamat ini menunjuk langsung pada lokasi memori tersebut,dengan menggunakan alamat.

    Absolute cell
    Alamat pasti pada suatu sel. Sel di sini bisa merujuk kepada worksheet maupun pada database.

    Absolute cell reference
    Merupakan lokasi yang dijadikan sebagai acuan atau referensi. Istilah ini banyak digunakan dalam pengolahan lembar kerja atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan worksheet.
    Di dalam pengolaha data worksheet, yang dimaksud dengan nilai acuan absolut, biasanya suatu nilai yang berada pada suatu sel yang alamatnya dikunci, dan diberi lambang $ sebagai penguncinya.

    Absolute coding
    Suatu cara dalam pemrograman yang menggunakan sistem pengalamatan langsung untuk menentukan lokasi suatu data dalam memori.

    Absolute coordinates
    Koordinat yang di tentukan terhadap jarak dari titik potong sumbu-sumbu yang saling tegak lurus yang juga di sebut titik asal.

    Absolute pointing device
    Alat penunjuk yang lokasinya selalu di kaitkan dengan posisi tertentu dari kursor pada layar.

    Absolute value
    Persamaan dari nilai mutlak,nilai dari suatu bilangan tanpa melihat tandanya,karena absolute value hanya bisa positif atau nol;contohnya 10 dan -10 adalah 10.

    Abstact
    Meringkaskan, mengintisarikan, mengikhtisarkan.

    Abstract
    Abstrak. Tidak tampak secara fisik. Sering juga diartikan intisari, atau ringkasan.
    ________________________________________
    Kadangkala diartikan sebagau sebuah ringkasan dari pengetahuan mengenai proses informasi dan perpustakaan, seringkali terdiri dari satu paragraf, pada awal suatu dokumen, misalnya dalam penulisan ilmiah.
    ________________________________________
    Pada sistem identifikasi karakter, abstrak merupakan sifat yang menggambarkan jenis lambang yang tidak mempunyai arti intrinsik dan harus didefinisikan agar dapat dikenali.
    ________________________________________
    Dalam pemrograman, merupakan sifat yang mengacu kepada tipe data yang ditentukan oleh operasi yang dapat dilaksanakan pada obyek dengan tipe tersebut dan tidak pada sifat obyek itu sendiri. Lihat juga abstract data type.

    Abstract data type
    Tipe data abstrak, implementasinya tersembunyi dari pemakai.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Abstract interface
    Antarmuka sebagai penentu interaksi antara dua layer dalam sebuah arsitektur. Abstract Interface ini bersifat tidak menentukan implementasi secara detil dan juga tidak menerangkan sintak kode yang digunakan untuk mengimplementasikan interface tersebut.

    Abstract syntax
    Aturan penulisan yang menjelaskan tentang struktur data yang tidak bergantung pada struktur berorientasi mesin maupun dalam proses. encoding.

    Abstract Syntax Notation One
    Biasanya disingkat dengan ASN 1. Standard internasional dalam masalah notasi deskripsi data, dalam hal angka-angka, cara penulisan serta catatan dari struktur data yang didefenisikan. Di sini tidak ditentukan bagaimana struktur data tersebut ditampilkan pada komputer atau bagaimana data tersebut dikodekan terutama dalam hal transmisi melalui suatu jaringan.

    Abstract system
    Sistem abstrak. Sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan.

    ac.id
    Cirikhas domain internet Indonesia milik suatu perguruan tinggi. Misalnya itb.ac.id, sedangkan penulisan alamat domainnya biasanya secara lengkap adalah http://www.itb.ac.id/
    Berikut adalah persyaratan penggunaan domain Indonesia yang ditetapkan oleh Indonesia Network Information Center (IDNIC). Peraturan ini dapat lebih lengkap Anda simak di situs IDNIC (http://www.idnic.net.id/ )
    Untuk menggunakan domain ini persyaratannya adalah:
    - surat keterangan dari rektor/dekan/kepala upt/kepala jurusan/ mengenai permohonan penggunaan nama domain
    Biaya pengurusan domain .ac.id. adalah Rp 150.000 (belum termasuk pajak)

    AC/DC
    Alternating Current to Direct Current. Konversi arus listrik dari arus bolak balik ke arus searah.

    ACAM
    Augmented Content Addressed Memory.

    ACBGEN
    Application Control Block Generation

    ACBR
    Accumulator Buffer Register. Bagian dari memori yang mencatat sementara nilai hasil perhitungan.

    ACCA
    Asynchronous Communications Control Attachment.

    ACCAT
    Advanced Command and Control Architectural Tested.

    Accelerated Graphics Port
    Biasanya disingkat dengan AGP. Port khusus untuk kartu grafis yang mulanya ditujukan Intel untuk motherboard Pentium II yang beroperasi pada 66MHz dan menyediakan kecepatan transfer data 266 MBps (AGP 1X). Saat ini port AGP sudah mencapai AGP 4X dengan kecepatan transfer data mencapai 1 GBps. Port ini selain memiliki kemampuan untuk mengirimkan informasi ke komputer, juga memiliki memori sendiri sehingga tidak mengganggu memory induk yang dimiliki oleh kompter tersebut. Port berkecepatan tinggi ini dirancang untuk mengendalikan teknologi 3D di dalam memori utama selain dalam memori video.
    Bagi anda yang tertarik mengenai hal ini, bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di http://www.agpforum.org/.
    Interface ini dikembangkan oleh Intel untuk mendukung pengolahan grafis berkecepatan tinggi khususnya pada processor Pentium II keatas.

    Accelerator
    Biasanya berupa suatu perangkat yang berguna untuk mendukung kerja suatu perangkat lain sehingga dapat bekerja lebih cepat karena memiliki microprosor sendiri. Microprosesor ini berfungsi untuk mengambil alih sebagian atau semua tugas spesifik sesuai dengan tujuannya. Perangkat ini bisa berupa suatu board atau card, yang terdiri dari beberapa komponen elektronik.

    accelerator card
    papan rangkaian yang menambah mikroprosesor utama pada komputer dengan yang lebih cepat,dan memungkinkan bagi pemakai untuk meningkatkan sistem mikroprosesor yang lebih cepat tanpa mengganti kartu,drive,keyboard atau kotak.

    Accent grave
    Karakter yang memiliki penampakan `, atau tombol ` pada keyboard. Pada program Basic atau sejenis, karakter ini biasanya digunakan sebagai komentar pada saat penulisan program, sehingga bagian dari baris ini tidak diproses pada saat program tersebut dieksekusi.

    Accept
    Menerima, menyetujui, mengabulkan. Bisa juga diartikan menerima suatu data atau proses.

    Acceptable Use Policy
    Biasanya disingkat dengan AUP. Aturan untuk menempatkan pambatasan penggunaan jaringan. AUP yang terkenal adalah NSFNET yang tidak digunakan secara komersial. AUP ini memungkinkan berbeda-beda antar satu jaringan dengan jaringan lain.

    Acceptance test
    Pengetesan penerimaan. Misalnya pengetesan penerimaan data.

    Access
    Mengakses, jalan masuk. Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet. Perangkat hardware atau software tersebut selain untuk memberikan data juga digunakan untuk menerima data untuk disimpan.

    Access Arm
    Suatu lengan/batang yang pada bagian ujung batang tersebut memiliki head untuk proses membaca/menulis. Access arm ini biasanya terletak pada bagian dalam harddisk yang berfungsi untuk melakukan operasi baca/tulis data.

    Access Challenge
    Paket respon dari server RADIUS yang meminta supaya pengguna memberikan informasi tambahan sebelum diautentintifikasi.

    access Charges
    Biaya yang dibayarkan oleh pelanggan atas penggunaan sinyal pembawa jarak jauh dan perangkat Local Exchange untuk melakukan telepon jarak jauh (diluar telepon lokal)

    access code
    kombinasi hurup-hurup atau angka sebagai identifikasi diri untuk menuju ke komputer di tempat lain.
    Access control
    Mekanisme untuk pengontrolan atau pembatasan akses terhadap resources dengan melakukan proses authorisasi terhadap user yang mengakses resources tersebut. Mekanisme ini diatur berdasarkan user itu sendiri atau dibentuk berdasarkan kelompok, yang dikenal dengan nama groups dari kumpulan user tertentu. Akses kontrol ini, digunakan khususnya untuk mengendalikan hak akses terhadap resources yang tersedia dalam jaringan, seperti hak terhadap server, direktori, dan file.
    Access Control Block
    Biasanya disingkat dengan ACB. Block dari memori yang menyimpan data untuk mengontrol akses dilakukan ke memori data atau memori lainnya.

    Access Control Field
    Program pengontrol untuk pengambilan dan penyimpanan data field pada sistem pengolah data (database).
    Access Control List
    Disingkat juga dengan ACL. Daftar pengontrolan untuk melihat layanan yang dapat diakses ataupun yang tidak, terutama dari sumber daya yang tersedia, biasanya digunakan di dalam komputer jaringan. Pemberlakuannya terhadap peruser maupun sekelompok user yang dikenal dengan group. Windows Discretionary Access Control List (DACL) dan System Access Control list (SACL) adalah contoh dari Access Control List ini.

    Access Control Register
    Program yang mengontrol lalu lintas data yang terdapat pada register.
    ________________________________________
    Kadangkala disingkat dengan ACR. Suatu program yang mengontrol lalu lintas data yang terdapat pada register.
    Access Control Unit
    Disingkat dengan ACL. Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu pada suatu jaringan.
    Access Control Word
    Metode pengotrolan akses data per 16 bit.
    Access denied
    Akses ditolak. Pesan ini biasanya dimunculkan ketika seseorang atau sistem tidak berhasil melewati proses atorisasi, pada saat akan memasuki sistem lainnya.
    Access Device
    Komponen perangkat keras yang digunakan dalam sistem kendali pensinyalan, misalnya access server atau multiplexer.
    Access Group
    Semua stasiun yang memiliki akses identik ke suatu jaringan atau basis aplikasi.
    ________________________________________
    Subperintah pada antarmuka Cisco untuk menggunakan Access List pada antarmuka suatu router.

  4. #3

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Access Line
    Jalur akses. Jalur yang disediakan untuk diakses ke suatu sentral data, baik dengan menggunakakan jalur telepon atau media lainnya.

    Access Link
    Link akses. Akses Mata rantai. Misalnya akses telepon rumah melalui sentral telepon sehingga bisa terhubung dengan pengguna telepon lainnya.

    access list
    Sebuah daftar yang disimpan oleh router Cisco untuk mengendalikan akses ke atau dari router terhadap beberapa layanan yang tersedia (misalnya, untuk membatasi agar paket dengan alamat IP tertentu supaya tidak meninggalkan suatu antarmuka pada server jaringan)

    access mechanism
    komponen penggerak disk yang menempatkan kepala bacatulis ke atas jalur disk magnetis atau optis.
    di software,merupakan sinonim kata access method,yaitu sarana suatu aplikasi untuk menulis atau membaca ke sumber

    Access method
    Cara untuk melakukan proses transfer data, misalnya dalam proses input maupun output, atau dari suatu piranti dengan piranti lainnya.
    ________________________________________
    Dalam jaringan:
    1. Secara umum, adalah cara bagaimana perangkat jaringan mengakses media jaringan.
    2. Metode dimana stasiun atau terminal dapat mengakses suatu jaringan atau aplikasi host.
    3. Perangkat lunak dalam sebuah pemroses SNA yang mengendalikan arus informasi yang melalui sebuah jaringan.

    Access Network
    Bagian dari sebuah jaringan yang dapat diakses oleh publik yang menghubungkan beberapa node akses ke para pelanggan individual.

    Access Nodes
    Titik pada tepi Access Network yang mengkonsentrasikan beberapa jalur akses individual menjadi suatu jalur penghubung dalam jumlah yang lebih kecil. Access Nodes dapat menjalankan berbagai bentuk konversi protokol. Access Nodes yang umum dijumpai adalah sistem Digital loop carrier yang mengkonsentrasikan beberapa jalur telepon individual ke jalur T1, situs antena seluler, PBX, dan Optical Network Unit.

    Access Number
    Nomor akses, nomor yang dituju untuk mendapatkan hubungan atau kontak. Suatu nomor (biasanya nomor telepon) yang mengijinkan anda untuk mengakses modem lain. Contohnya nomor telepon provider anda untuk akses internet.

    Access Path
    Lokasi akses, jalur menuju sehingga mendapatkan akses. Suatu perintah yang memerintahkan komputer untuk mengadakan pencarian file ke direktori yang dicantumkan.

    Access Permission
    Terdapat dalam sistem operasi UNIX. Access permission adalah himpunan hak penggunaan yang dihubungkan dengan setiap file dan direktori yang menentukan siapa yang dapat membacanya, menulis kepadanya, atau menjalankannya. Hanya pemilik pemilik dari file {atau super-user) yang dapat mengubah hak penggunaan ini.

    Access Point
    Disingkat dengan AP. Suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi terhubung. Alat ini juga dikenal dengan Cross Box. Jika dilihat dari sudut pandang koneksi telepon, Access Point adalah suatu box tempat dimana kabel telepon dari pelanggan telepon terkoneksi.

    Access Privilege
    Hak yang diberikan kepada seseorang atau suatu sistem untuk mengakses sistem lainnya. misalnya hak untuk membuka dan mengubah direktori dan isi dari server dimana user dapat mengontrol akses kepada informasi bersifat konfidensial/rahasia yang tersimpan dalam direktori server.

    Access Provider
    Penyedia akses. Biasanya berupa suatu perusahaan yang menyediakan layanan yang menghubungkan komputer dari suatu lokasi ke lokasi lainnya sehingga masing-masing komputer tersebut dapat saling berkomunikasi, misalnya dari komputer anda ke penyedia akses internet.

    Access restriction
    Pembatasan akses. Misalnya untuk pengamanan data pada komputer jaringan, dengan menggunakan fasilitas ini data yang ada pada komputer yang dimaksud tidak bisa dimasuki oleh sembarangan orang, terutama untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

    Access Right
    Hak Akses. Suatu ijin yang diberikan kepada anda atau sistem untuk mengakses suatu sistem lainnya, misalnya untuk mengadakan operasi baca/tulis file pada komputer (biasanya pada jaringan komputer) dan apabila anda tidak memilikinya maka anda tidak akan diberi ijin untuk melakukan operasi baca/tulis pada file tersebut.

    Access server
    Pemroses komunikasi yang menghubungkan perangkat asinkron ke suatu LAN atau WAN melalui jaringan dan perangkat lunak emulasi terminal. Perangkat ini menjalankan operasi routing baik secara sinkron ataupun asinkron pada protokol-protokol yang didukungnya. Access Server sering juga disebut dengan Network access server.

    Access Speed
    Kecepatan akses atau transfer data dari melalui suatu media, misalnya untuk mencari dan mendapatkan data pada CD dan perangkat lainnya. Kecepatan ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti media yang diaksesnya, jalur tempat data yang tersedia, mesin pemroses, dlsb.

    Access time
    Waktu akses. Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada Media penyimpanan maupun Memory. Access time pada Hard Disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memory menggunakan satuan nanodetik. Makin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

    Access unit
    Perangkat untuk melakukan proses pengaksesan atau kontak dengan perangkat lain. Contohnya hub.

    Access VPN
    akses dari satu lokasi ke intranet, Internet, atau extranet melalui jaringan publik dengan menggunakan policy seperti jaringan privat. Access VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses resource perusahaannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Access VPN mencakup jalur analog, ISDN, digital subcriber line (DSL), mobile IP dan berbagai teknologi kabel tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga jenis, yaitu:
    1. Client-Initiated,
    2. Remote Router-Initiated,
    3. Network Access Server (NAS)-Initiated.
    Keuntungan-keuntungan dari perpindahan ke Access VPN antara lain adalah pengurangan biaya perusahaan akibat pengeluaran yang berhubungan dengan modem dan terminal server equipment, penggunaan pulsa lokal sehingga mengurangi penggunaan hubungan interlokal. Selain itu, Access VPN mempunyai tingkat skabilitas yang tinggi dan kemudahan dalam pengorganisasian jaringan jika ada penambahan pengguna baru, sehingga perusahaan bisa lebih berkonsentrasi pada core bisnis dan bisa mengurangi beban pemeliharaan jaringan. Telecommuter, divisi sales, perwakilan atau kantor cabang, dan karyawan yang bertugas di luar adalah para pengguna Access VPN.

    Accessibility
    kemampuan untuk pengaksesan, atau kemampuan untuk diakses.

    Accessibilty
    Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

    Accessible
    Bisa diakses. Tingkat kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi yang bersangkutan.

    Accessories
    Aksesori, program atau perangkat tambahan. Alat tambahan yang terdiri dari berbagai bentuk yang berfungsi untuk meningkatkan penggunaan sebuah peranti seperti telepon genggam atau komputer. Alat tambah bagi telepon genggam misalnya cover (pembungkus), baterai, pengecas bateri, klip yang dipasang pada tali pinggang dsb. Pada sistem operasi, biasanya berisi kumpulan utilitas perangkat lunak tambahan.

    Accessory
    alat tambahan untuk komputer,contohnya mouse atau modem

    ACCIS
    Account Current Company Information System.

    Account
    Data tentang seseorang atau objek. Account ini menyimpan berbagai informasi tentang seseorang atau objek yang dimaksud. Misalnya account anda dalam suatu komputer jaringan, atau pada suatu webserver.
    Pada account tersebut disimpan informasi yang menyangkut tentang diri anda, biasanya minimal nama dan password anda, sedangkan jika diperlukan data lainnya, disesuaikan dengan fungsi dari sistem tersebut. Data ini misalnya digunakan untuk menentukan hak akses seseorang ke sebuah komputer atau network, untuk mengetahu siapa yang masuk ke dalam sistem tersebut biasanya diperlukan username sehingga dengan demikian bisa mengarahkan identifikasi tentang siapa yang memasuki sistem tersebut.

    Accounting
    Proses yang dilakukan terhadap data yang ada pada account. Di dalam Sistem Operasi jaringan misalnya, accounting ini adalah merupakan suatu fasilitas untuk pengaturan hak-hak dari user yang menggunakan akses ke server. Accounting ini, berisi tentang data-data yang berhubungan dengan akses dari user tersebut.

    accounting information system
    sistem komputer yang diterapkan dalam pengelolaan keuangan atau akuntansi.

    Accounting information systems
    Sistem informasi akuntansi, menyediakan informasi dari transaksi keuangan.

  5. #4

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Accounting Machine
    Suatu jenis komputer non-elektrik untuk menghitung data finansial perusahaan besar yang digunakan pada tahun 1940-an. Pada saat ini sudah banyak sistem atau mesin yang dapat melakuan proses tersebut.

    Accoustic Coupler
    Biasanya disebut juga dengan modem, yaitu alat untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.

    Accumulator
    Pengumpul, penjumlah. Adalah register utama di dalam Central Processing Unit (CPU) yang merupakan tempat untuk melakukan proses arithmatic logic unit dan menyimpan hasilnya untuk sementara waktu.

    Accumulator Buffer Register
    Kepanjangan dari ABR. Bagian dari memori yang mencatat sementara nilai hasil perhitungan.

    Accuracy
    Ketelitian, kecermatan, ketepatan. Tingkat ketelitian dan ketepatan komputer terhadap perhitungan. Komputer dikenal dengan kemampuannya untuk melakukan dengan perhitungan dengan tepat.

    Accurate
    Teliti, tepat, cermat, seksama, akurat. Derajat kebebasan informasi dari kesalahan. Bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Dalam informasi, informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan ( noise ) yang dapat merubah atau merusak data tersebut.

    ACE/OCS
    A Cost Estimating/ Order Control System.

    Acknowledge
    Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.

    Acknowledgement
    pengakuan, surat tanda terima, penghargaan.
    ________________________________________
    Biasanya disingkat dengan istilah ACK. Apabila suatu komputer menghantar satu blok data ke komputer lain menelusuri sebuah rangkaian, maka komputer kedua akan memberikan kode ACK untuk menandakan bahwa pengiriman data tersebut telah sukes. Jika terdapat kesalahan dalam transmisi tersebut, maka komputer kedua akan mengirimkan kode yang dikenal sebagai acknowledgement negative (NAK).

    Acknowledgement Negative
    Disingkat dengan NAK. Suatu kode transmisi dalam jaringan.

    ACM
    Singkatan dari Alterable Control Memory.
    ________________________________________
    Singkatan dari Association for Computing Machinery. kumpulan orang-orang profesional yang berhubungan dengan industri komputer.
    oleh : Pinky Angga mahardika, mahasiswa teknik informatika,

    acoustic coupler
    sebuah alat komunikasi yang bergagang telepon untuk membangun hubungan antara komputer pengirim dan komputer penerima.

    Acoustic Modem

    Alat ini mengubah sinyal elektrik yang diterima oleh modem menjadi suara yang dimunculkan ke speaker, selain juga mengubah kembali sinyal suara yang ditangkapnya melalui microphone menjadi sinyal listrik.

    ACP
    Singkatan dari Airline Control Program. Program pengontrol penerbangan pesawat udara.
    ________________________________________
    Singkatan dari Arithmetic Control Processor.

    ACPA
    Singkatan dari Association of Computer Programmers and Analysts. Perkumpulan para Programmer dan Analis komputer.

    Acrobat
    Suatu teknologi yang dibangun dan dikembangkan oleh kelompok Adobe untuk menyampaikan bahan-bahan dalam bentuk grafik kepada komputer lain. Plug-in dari Acrobat Reader ini memberikan berbagai fasilitas termasuk di dalamnya menelusuri alamat-alamat web dari data yang dimaksud.

    Acrobat Reader
    Software yang digunakan untuk membuka arsip elektronik acrobat.

    Acronym
    Singkatan yang dibentuk dari huruf-huruf kata uraian. Seperti bidang lainnya, dunia Teknologi Informasi juga memiliki bahasa sendiri untuk membedakan piihan dan fitur yang terkait dengan keputusan-keputusan yang spesifik.

    ACS
    Singkatan dari Accounting Control System. Suatu perangkat lunak yang dapat melakukan pengontrolan terhadap data keuangan.
    ________________________________________
    Singkatan dari Advanced Communications Service, yaitu layanan lebih dari pada yang diberikan kepada umum, layanan ini khusus untuk bidang telekomunikasi.
    ________________________________________
    Singkatan dari Associated Computer System.
    ________________________________________
    Singkatan dari Australian Computer Society, merupakan suatu perkumpulan para ahli dalam bidang komputer di Australia.

    action statement
    lihat statement

    Activation
    Proses untuk menyalakan perangkat pelanggan agar mendapatkan akses dan hak untuk masuk ke jaringan atas nama seorang pengguna yang telah terdaftar.

    Active
    Rajin, aktif. Suatu kondisi yang sedang digunakan pada sebuah sistem, baik software maupun hardware, seperti harddisk, lokasi sel pada lembar kerja (worksheet).

    active Devices
    Istilah dalam jaringan Token Ring untuk menyebut perangkat yang memerlukan listrik AC agar dapat beroperasi. Bila diaplikasikan dalam suatu putaran Token Ring, perangkat inilah yang memberikan arus listrik kepada keseluruhan putaran tersebut.

    Active Directory Service Interfaces
    Biasanya disingkat dengan ADSI. merupakan sebuah service berbasis COM, yang membuat ADSI tunduk terhadap aplikasi client untuk mengakses berbagai macam resource yang terhubung dalam suatu koneksi, sehingga didapatkan dengan alamat yang tepat terhadap direktori yang dimaksud, termasuk misalnya Windows Directory Services dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP). ADSI ini, aplikasi yang dijalankan dari client dari pelaksanaan eksekusinya dan detil operasionalnya terhadap dasar-dasar proses pengiriman data maupun proses dari protokol.

    Active Discovery Packet
    Jenis paket yang digunakan oleh PPPoE saat berada dalam tahapan pencarian jalur.

    active file
    sebuah file yang di pengaruhi oleh instruksi-instruksi yang sedang diberikan.

    Active Group
    Adalah sebuah aturan yang sudah standard, dengan bantuan Open Group, mana yang sifatnya terbuka, atau untuk customer, Active Group ini merupakan suatu kelompok penggerak yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan pembangunan dan pengaturan dari teknologi ActiveX beserta lisensinya.

    Active hub
    Hub yang malakukan fungsi sebagai penguat signal.
    active Monitor
    Perangkat yang bertanggung jawab untuk mengelola sebuah jaringan Token Ring. Perangkat ini juga memastikan supaya token tidak hilang atau frame tidak berputar terus menerus tanpa batas dalam ring. Sebuah node dalam jaringan dipilih untuk menjadi Active Monitor bila node tersebut memiliki alamat MAC terbesar di dalam ring.

    Active Movie
    Teknologi multimedia dari Microsoft yang digunakan untuk mengalirkan informasi dalam format video dan audio sewaktu menerusi Internet. Sebenarnya teknologi ini juga merupakan pendampingan dari ActiveX.

    Active Nonvolatile Memory
    Memori yang berisi perangkat lunak yang sedang digunakan oleh suatu elemen jaringan.

    Active open
    Proses operasi dalam koneksi Transmission Control Protocol (TCP) antara client dengan server.

    Active Partition
    Partisi Aktif. Suatu partisi dalam harddisk yang digunakan untuk memboot dan mengandung sistem operasi harus ditandai sebagai partisi aktif untuk dapat digunakan.

  6. #5

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Active platform
    Satu set teknologi pengembangan client dan server yang terintegrasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. untuk mendukung antar operabiltas objek pada internetworking.

    active program
    sebuah program yang berada dalam kontrol mikroprosesor

    Active script
    Sebuah teknologi yang dikeluarkan oleh Microsoft, yang menggunakan Componen Object Model (COM), untuk menjalankan script program sekaligus di Microsoft Internet Explorer tanpa memandang bahasanya serta element pada saat implementasinya.

    Active Server Pages
    Suatu program yang mengolah script program dalam lingkungan server yang selanjutnya diserahkan ke client. ASP ini digunakan untuk membagun suatu halaman web secara dinamis atau untuk membangun suatu sistem berbasis web. Halaman yang dibuat dengan menggunakan ASP ini, mengandung tag HTML, teks, serta script dari bahasa pemrograman. Halaman dengan ASP ini, dapat memanggil Component Object Model (COM) yang merupakan kumpulan dari komponen untuk melakukan berbagai kegiatan secara elektronik, seperti koneksi ke database, atau untuk melakukan penghitungan dalam bisnis. Dengan menggunakan ASP ini, dapat menambahkan isi dari suatu web, atau membangun seluruh aplikasi web yang menggunakan halaman HTML.
    Dikeluarkan oleh Microsoft. Teknologi ini bukanlah bahasa pemrograman, karena ia masih menggunakan instruksi-instruksi dan functions yang ada pada script lain yang juga hasil rekaan Microsoft, VBScript dan JScript.

    Active Task Button
    Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.

    Active Window
    Dalam aplikasi pengolah data, pada saat kita mengerjakan suatu proses, maka kita hanya bisa melakukan dalam satu jendela yang aktif, yang terletak pada jendela bagian atas, dan biasanya ditandai dengan perbedaan warna antara jendela yang aktif dan yang non aktif.

    Active-Matrix Display
    Suatu jenis monitor tipis berlayar datar yang banyak digunakan pada komputer notebook.

    Active/Passsive-Matrix
    Metoda penayangan gambar di atas layar yang dikenal juga dengan TFT atau screen dual scan. Metoda ini juga dikatakan lebih efisien dari waktu penggunaan baterai, dan kualitas tampilan informasinya, tetapi cost untuk ini cukup tinggi.

    ActiveX
    Teknologi atau komponen yang digunakan untuk fungsi-fungsi khusus, seperti animasi, menu pulldown (pop-up), di halaman web, program aplikasi di komputer desktop, maupun tools dari software development.
    ActiveX ini dikeluarkan melalui teknologi Microsoft, yang memperbolehkan pembuat situs (developer) untuk menghasilkan isi halaman web secara interaktif untuk World Wide Web. Bahasa yang digunakan tersebut, tidak bergantung terhadap berbagai macam jenis teknologi, sehingga bahasa pemrograman tidak perlu mengenali bahasa detil dari teknologi yang digunakan, sehingga akses dan eksekusi bisa dilakukan terhadap berbagai jaringan perangkat dengan menggunakan bahasa yang mendukung activeX ini. Inti dari elemen teknologi ini adalah Component Object Model (COM) dan COM yang tersebar. Lisensi teknologi ini berada di bawah standard organisasi The Open Group, sehingga bisa digunakan dari berbagai macam platform. Lihat juga Component Object Model; Common Gateway Interface; distributed COM; Java.
    ActiveX merupakan jawaban Microsoft terhadap fasilitas plug-in yang ada di sistem/software Netscape. Komponen ActiveX dapat didownload secara otomatis ketika kita melihat isi sebuah situs web. Adanya komponen ActiveX ini dapat membuat peragaan situs web lebih interaktif.
    Namun ada berbagai masalah yang berhubungan dengan ActiveX seperti masalah keamanan (security). ActiveX dapat digunakan oleh orang untuk merusak komputer kita seperti yang terjadi dengan virus dan trojan horse. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menerima (download) komponen ActiveX tersebut.
    ActiveX Controls
    Adalah komponen software yang bisa digunakan untuk perangkat-perangkat yang mendukung teknologi ActiveX. Control dari ActiveX ini, dapat ditulis dalam berbagai jenis bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Visual Basic dan Java.

    ActiveX Data Objects
    Adalah penghubung database pada level tingkat tinggi, sebagai dasar dalam teknologi akses data, seperti OLE DB, yang diimplementasikan dengan menggunakan Component Object Model (COM).

    Activity
    Kegiatan, aktivitas.

    Activity charting
    Gambaran aktifitas.

    activity ratio
    jumlah total record yang terdapat dalam sebuah file record

    ACTLINK
    Mengaktifkan Koneksi.

    ACTLU
    Mengaktifkan unit logika.

    ACTOR
    bahasa ini di kembangkan dan di pasarkan oleh salah satu perusahaan yang ber nama Whitewater Group,Ltd.bahasa di rancang untuk memudahkan pemrograman Microsoft Window,dan bahasa ini berorientasi obyek

    ACTPU
    Mengaktifkan unit fisik.

    ACTTRACE[/b]
    Mengaktifkan pelacakan.

    Actuator
    Motor yang menggerakkan Access Arm pada hardisk.

    ACVC
    Singkatan dari ADA Compiler Validation Capability. ADA merupakan suatu bahasa pemrograman.

    Ad Filtering
    Merupakan layanan yang tersedia di web browser yang memungkinkan web browser untuk melakukan pemblokiran (blocked) dari beberapa fasilitas yang disediakan oleh web browser tersebut, misalnya terhadap penampilan gambar, pembukaan halaman baru yang biasanya diselipkan pada suatu halaman tertentu, halaman yang diblok tersebut umumnya adalah berupa iklan-iklan yang tidak diinginkan oleh pengunjung web site tersebut.

    ADA
    Singkatan dari Automatic Dynamic Analyzer.
    ________________________________________
    Jenis bahasa pemrograman komputer yang diciptakan oleh Tim Jean Ichbiahs dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang memiliki kemampuan untuk membuat sistem navigasi rudal & peluru kendali. Bahasa pemrograman standar dari ADA ini adalah ADA 83, dan yang terbaru ADA 85.
    ADA adalah merupakan suatu program yang cukup luas, dan komplek, dan bahasa pemrograman yang bersifat block structured dengan tujuan utamanya untuk embedded application, karena bahasa pemrograman ini memiliki untuk respon secara real time, akses terhadap hardware, dan memiliki kemampuan untuk menghandle error yang terjadi pada saat program dieksekusi.

    Adapter
    Pengendali. Adaptor, perangkat untuk penyesuaian peripheral yang terpasang. Biasanya adapter ini berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika.

    Adapter card
    Kartu pengatur penyesuaian alat, suatu kartu yang digunakan untuk menyesuaikan dan menambah fitur dari suatu komputer. Kemampuan dari alat ini macam-macam, diantaranya untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, memutar video, menciptakan bunyi, mengirim dan menerima fax, komunikasi tanpa kabel serta berbagai oparasi lainnya.

    Adapter Control Block
    Perangkat pengendali pada suatu block memori.

    adaptive system
    sistem yang berkemampuan mengubah sipatnya berdasarkan aspek-aspek tertentu dari pengalamannya dan juga dari lingkungannya

    Add
    Menjumlahkan, menambahkan. Instrukti pada bahasa pemrograman untuk penambahan suatu bilangan atau penggabungan kalimat.

    Add in board
    Kartu (card) tambahan yang kita sisipkan dalam motherboard sehingga menambah kemampun komputer kita. Misalnya VGA card untuk menambah kemampuan monitor, sound card untuk menambah kemampuan suara, LAN card untuk membuat komputer kita terhubung dalam sebuah jaringan, dsb.

    Add-in
    Tambahan. Peralatan atau program pendukung yang ditambahkan. Misalnya peralatan tambahan pada board, program pendukung yang ditambahkan pada sebuah aplikasi.

    Add-on
    Suatu komponen yang dapat menambah kemampuan dari komponen pada komputer, seperti RAM, CPU, atau yang lain.

    Adder
    Rangkaian elektronik yang dapat melakukan proses perhitungan terutama dalam penjumlahan dua buah bilangan. Penjumlahan ini dilakukan dengan memasukan dua buah input dan kemudian hasilnya dikirimkan ke dalam suatu memori atau variabel.

  7. #6

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Addict
    Pecandu. Misalnya pecandu games, penggunaan internet, chatting antar sesama pengguna internet di seluruh dunia.

    Addicted
    Kecanduan. Menjadikan teknologi informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam hidupnya.

    addition record
    suatu file yang memperlihatkan masukan record yang baru ke dalam data base jadi nanti bisa di periksa dan di masukan ke dalam data base.

    ADDR
    Singkatan dari Address Register. Memori khusus yang mencatat alamat pada suatu lokasi proses yang sedang berjalan pada CPU.

    Address
    Lokasi pada disk atau memory yang menunjuk di mana informasi tersebut berada. Lokasi yang ditunjuk tersebut disimpan dalam nilai numeric. Memori diibaratkan sebagai beberapa kotak penyimpan data, dan setiap data tersebut diberi nomor.
    ________________________________________
    Memanggil, menegur, mengalamatkan, alamat.
    ________________________________________
    Dalam jaringan komputer berarti sederetan angka yang secara unik mengidentifikasi satu node di dalam jaringan (antar jaringan).
    ________________________________________
    Terdapat tiga jenis alamat yang biasa digunakan dalam Internet yaitu alamat email, alamat Internet Protocol (IP) dan Uniform Resource Locator (URL).

    Address and buffer register
    Register untuk alamat dan buffer, terdiri dari:
    - MAR (Memory Address Register)
    - MBR (Memory Buffer Register)
    - I/O AR (I/O Address Register)
    - I/O BR (I/O Buffer Register)

    Address book
    Buku alamat. Suatu fasilitas yang terdapat dalam kebanyakan aplikasi seperti email, yang berfungsi untuk menyimpan nama, alamat email, serta informasi lainnya.

    Address bus
    Pengalamanatan tranformasi data (bus). Pengalamatan bus ini berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingi ditulis atau dibaca di bus ini.
    Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat, maka dapat mengalamati 2 pangkat N lokasi memori dan atau port secara langsung.
    Saat CPU membaca atau menulis data mengenai port, alamat port dikirim di bus alamat.

    Address Control Register
    Kadangkala disingkat dengan ACR. Suatu program yang mengontrol pengalamanatan data yang terdapat pada register.

    address decoder
    Perangkat elektonik yang mengkonversi alamat numerik menjadi pilihan lokasi memory pada satu chip RAM (random access Memory) atau lebih.

    address mark
    lihat index mark.

    address mode
    Metoda khusus yang digunakan oleh suatu istruksi:instruction untuk menentukan suatu alamat.

    address modification
    Prosesrocess memperbarui alamat:address selama komputasi.

    Address Recognized Indicator/Frame Copied Indicator
    Bagian dari paket Token Ring yang memberitahu pengiriman bahwa penerima telah melihat paket tersebut.

    Address register
    Register alamat, dapat berisi:
    (1) alamat di main memory,
    (2) alamat instruksi di main memory,
    (3) bagian alamat yang digunakan dalam penghitungan alamat lengkap.
    contoh:
    - register index (index register)
    - register penunjuk segmen (segment pointer register)
    - register penunjuk stack (stack pointer register)
    - register penanda (flag register)

    Address Resolution Protocol
    Sering disingkat dengan istilah ARP. Sebuah protokol TCP/IP yang menyimpan alamat dari suatu perangkat keras (atau physical address) dari sebuah titik yang terhubung dalam suatu jaringan komputer ke internet, jika yang dikenali hanya IP (atau logical address). ARP meminta melalui jaringan, dan titik tujuan yang memiliki IP address akan meresponnya dengan alamat dari hardware tersebut. ARP terbatas terhadap sistem jaringan secara fisik yang mendukung broadcast packet.

    address space
    Rentang lokasi memory yang dapat diacu oleh mikroprosesor; secara efektif jumlah memory yang dapat dipakai mikroprosesor bila semuanya tersedia.

    address translation
    Proses suatu alamat dengan mengevaluasi rumus yang menyatakannya.

    addressable cursor
    kursor yang dapat di gerakan ke arah manapun pada layar,addressable cursor kebanyakan di gunakan di program aplikasi.

    Addressed Call Mode
    Sebuah modus yang mengizinkan sinyal dan perintah kendali untuk membangun dan menghentikan suatu koneksi dalam standar V.25bis.

    Addressing
    Proses memberi atau mengacu ke alamat. Dalam pemrograman, alamat adalah nilai yang menentukan lokasi di memori.

    ADDSB
    Istilah yang digunakan untuk Address Disable, atau kondisi pengalamatan dalam keadaan tidak aktif.

    ADE
    Singkatan dari Advanced Data Entry. Singkatan untuk istilah Automated Debugging Environment.

    Adi Shamir
    Beliau dengan dua orang lainnya, yaitu Ron Rivest, dan Len Adleman adalah penemu algoritma RSA, mereka bertiga berasal dari MIT.

    Adjacency
    Sebuah hubungan yang terbentuk antara router tertentu yang berdekatan dan node terakhir dari suatu jaringan, dengan tujuan agar dapat melakukan pertukaran informasi routing. adjacency dilakukan berdasarkan penggunaan segment media yang sama.

    Adjacent Channel
    Sebuah kanal yang secara langsung berada dibawah atau diatas sebuah kanal yang khusus.

    Adjacent Point Code
    Kode untuk titik lompatan berikutnya dalam sistem untuk kanal pembawa yang biasanya merupakan suatu STP (Signal Transfer Point).

    Adjust
    Melengkapi, menepatkan, menyetel, membenarkan.

    ADM
    Singkatan dari Adaptive Database Manager.
    ________________________________________
    Singkatan dari Adaptive Delta Modulation.
    ________________________________________
    Singkatan dari Administrator, sebutan yang digunakan untuk seorang system administrator.
    ________________________________________
    Singkatan dari Add/drop Multiplexer.

    Admin
    Singkatan dari Administrator, sebutan untuk seorang system administrator.

    AdminID
    Istilah yang digunakan untuk Administrative Identification.

    Administrative Domain
    Kelompok host, router, dan jaringan yang menghubungkannya, yang dioperasikan dan dikelola oleh sebuah organisasi tunggal yang memiliki otoritas. Untuk penjelasan yang lebih detailnya terdapat dalam dokumen RFC 1983.

    Administrative Terminal System
    Sistem yang dikembangkan untuk mempermudah orang yang mengetik untuk menyalin teks. ATS dikembangkan oleh IBM Corp.

  8. #7

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Administrator
    Orang yang memeberikan pertanyaan kepada User Registrar untuk menganalisis status pengguna secara individual dan permasalahan yang ada, serta untuk membuat himpunan statistik.

    Administrivia
    Beberapa tugas administratif yang kebanyakan berhubungan dengan perawatan layanan mailing list, digest, news gateway, dan sebagainya.

    Admissions Confirmation.
    Suatu pesan RAS yang dikirimkan sebagai sebuah konfirmasi perijinan.

    ADN
    Singkatan dari istilah Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

    Adobe Acrobat
    Perangkat lunak untuk mengolah dokumen Portable Document Format (PDF). Biasanya perangkat lunak ini disebut Acrobat saja.

    Adobe PageMaker
    Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

    Adobe Photoshop
    Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

    Adobe Systems Inc
    Perusahaan perangkat lunak yang berpusat di California. Perusahaan ini telah membuat bermacam-macam software yang cukup terkenal, diantaranya adalah Adobe photoshop, Adobe Acrobat, dll. Salah satu hasil karya mereka yang sering digunakan adalah dokumen PDF (Printable Document Format). Pada tahun 1995/awal 1996 perusahaan ini mengambil alih perusahaan Frame Technology Corporation.

    ADREN
    Simbol dari Address Enable, seting untuk mengaktifkan pengalamatan.

    ADSI Provider
    Sebuah aplikasi yang mampu memberikan izin terhadap sebuah resource yang akan diakses oleh aplikasi clien ADSI, khususnya dalam implementasi ADSI.

    ADTD
    Singkatan dari Association of Data Terminal Distributors, Perkumpulan para distributor terminal data.

    ADTS
    Singkatan dari Automated Data and Telecommunications Service, layanan otomatisasi data dan telekomunikasi.

    ADU
    Singkatan dari Automatic Data Unit.
    ________________________________________
    Singkatan dari Automatic Dialing Unit, bagian perangkat yang melakukan proses dial secara otomatis.

    Advance
    Maju, Cepat, yang mendahului.

    Advance Photo System
    Disingkat dengan APS. Suatu teknologi dalam dunia potografi dimana berbagai informasi dapat ditambahkan pada setiap gambar yang direkam.

    Advance Technology
    Biasanya disingkat dengan AT. Sebutan lainnya adalah IBM PC AT. Jenis komputer yang merupakan pengembangan dari pendahulunya, yaitu XT (Xenior Technology). Merupakan nama yang diberikan IBM untuk PC generasi kedua yang diperkenalkan semenjak tahun 1984. Sebutan untuk PC yang menggunakan processor Intel 80286 dan kompatibelnya.

    advanced BASIC
    Istilah generik yang digunakan untuk menggambarkan implementasi bahasa BASIC yang mencakup fasilitas kontrol dan operator yang tidak terdapat pada BASIC "standar".

    Advanced Communications Function
    Kelompok produk berbasis jaringan SNA yang menyediakan pemrosesan dan berbagipakai secara terdistribusi.

    Advanced Configuration and Power Interface
    Disingkat dengan ACPI. Suatu sistem interface hardware untuk manajemen power pada komputer yang memungkinkan komputer mematikan bagian komponennya yang tidak digunakan dan mengaktifkannya kembali saat dibutuhkan. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi.
    Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state).

    Advanced Data Communications Control Ptocol
    Sebuah standar ANSI untuk protocol datalink control yang berorientasi pada beberapa bit.

    Advanced Digital Network
    Biasanya disingkat dengan ADN, Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

    Advanced Dynamic Execution
    Bagian dari mikro arsitektur prosesor Pentium® 4 processor`s Intel® NetBurst™ yang meningkatkan akselerasi alur kerja algoritma prosesor. Hal ini memungkinkan prosesor tersebut menampilkan 126 instruksi sambil bekerja dan menangani 48 load serta melakukan 24 aktivitas penyimpanan dalam satu waktu.

    Advanced Encryption Standard
    Standar enkripsi Amerika Serikat yang menggantikan standar DES yang lebih lama dan lebih lemah.

    Advanced Gateway Server
    Perangkat bridge atau router produksi Cisco yang mempunyai sembilan slot.

    Advanced Graphics Port
    Disingkat dengan AGP. Istilah lain dari Accelerated Graphics Port.

    Advanced Micro Devices
    Biasanya disingkat. AMD ini sebenarnya merupakan nama perusahaan yaitu Advanced Micro Devices, Inc. yang bergerak dalam bidang pembuatan bermacam-macam integrated circuit (IC), yang didirikan pada tahun 1969. Pada tahun 1995, perusahaan ini termasuk perusahaan lima besar pembuat IC di dunia.
    Mereka memfokuskan diri dalam pembuatan IC untuk proses perhitungan pada personal computer(PC), network, dan pasar komunikasi. Produk yang dihasilkan diantaranya microprocessor, embedded processor, serta perangkat lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut: memory, programmable logic device, circuit untuk aplikasi telekomunikasi dan network.
    Pada sekitar tahun 1995, AMD telah memiliki sebanyak 12000 pekerja dan tenaga ahli untuk menjalankan perusahaan ini yang bertempat di Amerika, Austin, Texas, Aisu Wakamatsu- Jepang, Bangkok, Thailand, Penang, Malaysia dan Singapura.
    AMD termasuk salah satu pesaing berat dari Intel Corp.

    Advanced Mobile Phone System
    Disingkat dengan AMPS. Salah satu standar telepon selular. AMPS ini cukup dominan digunakan di Amerika dan Jepang.

    Advanced Peer to peer Internetworking
    Sebuah arsitektur IP standar terbuka untuk jaringan peer to peer SNA.

    Advanced Research Projects Agency Network
    Disingkat dengan ARPANet. Sebuah jaringan antar komputer yang menjadi cikal bakalnya Internet. Pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat Amerika Serikat telah membiayai pembangunan teknologi ini semenjak tahun 1968. Direkayasa sebagai antisipasi jika sebuah komputer dalam jaringan tersebut rusak, sehingga tidak mengganggu proses pada unit komputer lain. Kemudian teknologi ARPANet dikembangkan ke perguruan tinggi untuk penelitian dan penyelidikan, kemudian tidak berapa lama selepas itulah internet mulai berkembang.
    Proyek ARPANet ini sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.
    Langkah besar di UCLA yang terjadi dua bulan berselang setelah Neil Amstrong melangkah di bulan ini mengkoneksikan empat site, yaitu UCLA sendiri, Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1977, terdapat lebih seratus mainframe dan komputer mini yang terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar masih berada di Universitas.
    Dengan adanya fasilitas ini, memungkinkan dosen-dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi informasi satu dengan lainnya tanpa perlu meninggalkan komputer mereka.
    Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara eksponensial, yang ukurannya kira-kira berlipat-ganda setiap tahunnya. Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telepon, masing-masing pihak juga dapat berkomunikasi karena menggunakan bahasa yang umum dipakai.

    Advanced SCSI Programming Interface
    Disingkat dengan ASPI. Merupakan standar spesifikasi interface saat ini yang dikembangkan oleh Adaptec untuk mengirimkan perintah ke SCSI adapter.

    Advanced Technology Attachment
    Disingkat dengan ATA. Teknologi antara muka (interface) kecepatan harddisk yang memiliki pemindahan data sehingga 66 atau 100 megabit per second (Mbps).
    ATA merupakan Interface standar untuk harddisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin dan memiliki kemampuan untuk pemindahan data sehingga 66 atau 100 megabit per second (Mbps). juga dikenal sebagai IDE (Integrated Drive Electronics). ATA Adalah desain interface harddisk dengan controller yang terintegrasi didalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses.

  9. #8

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    0/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    ADVAST
    Istilah lain dari Advanced Station.

    Advertiser
    Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

    Advertising
    Proses pada router dimana update untuk layanan dikirimkan dalam interval waktu tertentu sehingga router lain dalam jaringan tetap dapat memiliki daftar beberapa jalur komunikasi yang bisa digunakan.

    AE
    Singkatan dari Arithmetic Element.
    ________________________________________
    Singkatan dari Audit Entry.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara United Arab Emirates.

    AEGIS
    Singkatan dari Agricultural, Ecological and Geographical Information System.
    ________________________________________
    Singkatan dari Administration Engineering Information Management System.

    AF
    Singkatan dari Advanced Function.
    ________________________________________
    Singkatan dari Arithmetic Flag.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara Afghanistan.

    Affiliate Site
    Situs diinternet yang saling berafiliasi atau bergabung atau bercabang.

    Affinity
    Persyaratan yang diperlukan untuk suatu trafic engineering tunnel MPLS pada atribut dari koneksi yang akan dilewatinya. bit-bit afinity pada tunnel dan mask bit afinity dari tunnel harus sesuai dengan bit atribut dari berbagai koneksi yang membawa tunnel tersebut.

    AG
    Singkatan dari Address Generator.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara Antigua and Barbuda.

    Agent
    Alat perantara, pengantar. Dalam komputer jaringan, Suatu sistem yang berlaku menurut sistem atau individu lain.

    Aggregate bandwidth
    Jumlah keseluruhan bandwidth dari suatu kanal yang membawa aliran bit yang telah multikompleks.

    Aggregated Bandwidth
    Jumlah keseluruhan bandwidth dari satu kanal yang membawa aliran bit yang telah dimultipleks.

    Aggregation
    Suatu teknik komposisi untuk mengimplementasikan objek dari suatu komponen, melalui objek baru yang dapat dibangun dengan satu atau beberapa yang sudah ada, yang mendukung pengolahan suatu interface.

    Aggressive Mode
    Modus konektivitas yang menghilangkan beberapa langkah pada saat negoisasi autentifikasi IKE diantara banyak komputer dalam jaringan IPSec.

    Agrakom
    Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa layanan yang berhubungan dengan pembangunan dan pengelolaan informasi melalui internet. Salah satu layanan mereka adalah penyediaan breaking news yang dikenal dengan nama DetikCom dan beralamat di http://www.detik.com/

    AGRICOLAv
    Istilah lain dari Agricultural On-line Access.

    AGRIS
    International Information System for Agricultural Sciences and Technology

    AI
    Singkatan dari Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara Anguilla.

    AIL
    Singkatan dari Array Interconnection Logic, hubungan antar array secara logic.
    ________________________________________
    Singkatan dari Arithmetic Input Left.

    Air time
    Cara penulisan lain dari airtime.

    Air-time
    Cara penulisan lain dari airtime.

    Airtime
    waktu percakapan yang terjadi terhadap setiap telepon genggam, baik pada saat menerima panggilan ataupun membuat panggilan.
    Biaya air-time biasanya dihitung berdasarkan lamanya telepon genggam tersambung. Umumnya biaya ini dibebankan kepada pembuat panggilan. Biaya ini tidak termasuk biaya pulsa dan biaya lainnya.

    AIS
    Singkatan dari Accounting Information System. Sistem informasi akuntansi.

    AIX
    Sistem operasi Unix yang dikeluarkan oleh IBM.

    Akses
    ~Melacak data yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

    ~ Mengakses, jalan masuk. Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau
    software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet. Perangkat hardware atau software tersebut selain untuk memberikan data juga digunakan untuk menerima data untuk disimpan.

    AL
    Singkatan dari Assembler language.
    ________________________________________
    Istilah lain dari ANSI Label.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara Albania.

    Al-Khowarizmi
    Matematikawan yang menjadi sumber inspirasi dari Algoritma, nama lengkapnya adalah Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.

    Alan Mathison Turing
    Beliau dilahirkan di Paddington, Inggris, pada tanggal 23 Juni 1912. Selain ahli matematik, Turing juga suka lari jarak jauh (maraton), dan rowing.
    Turing memulai karirnya di jurusan Matematik di King`s College, Cambridge. Setelah lulus di bulan Juni 1934, Turing menjadi mahasiswa (research student) di jurusan matematik. Antara tahun 1936 sampai dengan tahun 1937 Turing pergi ke Princeton University di Amerika Serikat, dimana dia bertemu dengan pakar matematik lainnya seperti J. v. Neumann, and Einstein. Di bulan Oktober 1936 dia menjadi research student di Institute for Advanced Study di Princeton.
    Pada masa inilah Turing menuliskan salah satu makalahnya yang cukup terkenal, {On Computable Numbers, with an Application to Entscheidungsproblem,} yang diterbitkan di Proceedings of the London Mathematical Society. Inti dari makalah ini adalah sanggahan atas tulisan David Hilbert (seorang pakar matematika dari Jerman) yang menyatakan bahwa semua masalah matematika memiliki solusi (dapat dipecahkan).
    Alan Turing terlibat dalam proyek ULTRA, dimana salah satu tugasnya adalah untuk membuat Colossus, komputer elektronik pertama yang beroperasi. Colossus mulai beroperasi di bulan Desember 1943, dua tahun sebelum ENIAC.
    Tahun 1950, Turing membuat sebuah makalah klasik, {Computing Machinery and Intelligence}, yang diterbitkan di journal Mind. Jika seseorang tidak dapat membedakan antara komputer dan manusia berdasarkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sama, maka komputer tersebut dapat dikatakan {thinking}.
    Turing meninggal, bunuh diri, pada tanggal 7 Juni 1954.
    Untuk mengenang jasa-jasa Turing, dibuatkan Turing award yang setiap tahunnya diberikan kepada orang yang memberikan jasa besar di dunia computer science.

    Alarm
    Bunyi peringatan atau pemberitahuan.
    ________________________________________
    Dalam istilah jaringan merupakan,pesan berisi pemberitahuan bahwa telah terjadi penurunan atau kegagalan pada sinyal komunikasi data, atau ada peralatan yang mengalami kerusakan. Pesan SNMP ini digunakan untuk memperingati operator atau administrator tentang adanya masalah pada jaringan.

    Alarm Cutoff
    Pemadaman dari suatu alarm yang sedang berbunyi di berbagai tempat yang terdapat sistem alarmnya.

  10. #9

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    2/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Alat komunikasi
    Dalam bahasa Inggris disebut dengan telecommunication kit.

    Alert
    sinyal, tanda. Biasanya terjadi pemunculan informasi atau bunyi yang memberikan tanda terhadap sesuatu. Misalnya pada saat batrai notebook tinggal sedikit, atau adanya peringatan, dlsb.

    Alert box
    Merupakan kotak pesan peringatan yang muncul pada layar monitor ketika suatu informasi diberikan kepada user. Peringatan tersebut memberi tahu kita tentang informasi tersebut. Biasanya pesan tersebut ada tindak lanjutnya atau hanya sekedar dimunculkan saja.
    Misalnya pesan yang menyampaikan bahwa sedang terjadi suatu permasalahan pada komputer anda, komputer biasanya memberikan alternatif tindakan kepada user tersebut, dan user tinggal memilih dari alternatif yang tersedia.

    Algebra
    Aljabar.

    Algebraic
    Sistem operasi yang dikeluarkan oleh MIT.

    ALGOL
    Algorithmic Language. Bahasa pemrograman yang ditulis dalam notasi Algoritma dan dirancang oleh ANSI, biasanya digunakan untuk penelitian ilmiah.

    Algorithm
    Algoritma. Rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman. Rancangan ini memiliki prosedur yang terstruktur dan mengandung olahan matematika dan logika, terdiri dari rangkaian perintah dan langkah tata cara yang disusun secara teratur.
    Algoritma ini diinspirasikan dari hasil pemikiran seorang matematikawan yang bernama Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.
    Alur logika berpikir manusia yang dituangkan dalam skema tertentu yang selanjutnya dapat diimplementasikan sebagai beberapa perintah dalam suatu bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.
    Algoritma
    Dalam bahasa inggris atau bahasa internasional istilah ini dikenal dengan algorithm.
    Algoritma. Rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman. Rancangan ini memiliki prosedur yang terstruktur dan mengandung olahan matematika dan logika, terdiri dari rangkaian perintah dan langkah tata cara yang disusun secara teratur.
    Algoritma ini diinspirasikan dari hasil pemikiran seorang matematikawan yang bernama Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.
    Alur logika berpikir manusia yang dituangkan dalam skema tertentu yang selanjutnya dapat diimplementasikan sebagai beberapa perintah dalam suatu bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.

    Alias
    Gelar, nama lain, alias. Misalnya suatu nama yang memetakan suatu alamat ke sebuah alamat fisik. Atau juga digunakan untuk singkatan nama untuk mewakilkan satu nama yang panjang dan rumit, biasanya untuk mail address atau nama host domain.

    Aliasing
    Gangguan tampilan grafis pada layar monitor yang mengakibatkan pada pada bagian pinggir grafis cenderung tidak lurus dan bergerigi.
    Suatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.

    ALICE
    ADA Language Integrated Computer Environment. Suatu bahasa yang dikembangkan dalam proyek pembuatan robot dengan sistem kecerdasan buatan.
    ________________________________________
    Singkatan dari Application Language Interface Conversion and Extension.

    Align
    Rata, meratakan. justify: rata kiri dan kanan. Left: Rata kiri. Right: Rata kanan. Center : Tengah.

    Alignment
    Meratakan.
    ________________________________________
    Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

    Alignment Error Rate Monitor
    Fungsi SS7 MTP 2 yang menyediakan fasilitas pengawasan terhadap adanya kesalahan pada pelurusan koneksi.

    All
    Semua.

    ALLOC
    Allocation. Alokasi, penempatan suatu objek.

    Allocate
    Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.
    ________________________________________
    Mengalokasikan, alokir, mendermakan.

    Allowed Cell Rate
    Sebuah parameter yang didefinisikan oleh ATM Forum manajemen jalur ATM. ACR bervariasi di antara MCR dan PCR, dan dikendalikan secara dinamis dengan menggunakan mekanisme kendali kemacetan.

    ALLTAX
    A COBOL Program for Tax Calculations.

    ALOHA
    A Hawaii Network. Protokol komunikasi untuk satelit dan radio transmisi lokal. Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.

    ALP
    Singkatan dari Arithmetic Logic Processor.
    ________________________________________
    Assembly Language Programming. Bahasa pemrograman Assembly, yang merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah.

    Alpha
    Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

    Alif, Alfa,
    permulaan.

    Alpha Test
    Istilah yang sering diberikan kepada versi terawal sesuatu produk perangkat keras maupun lunak yang akan dikeluarkan. Ini juga menandakan produk itu masih belum stabil dan mungkin masih memiliki beberapa kekurangan dari segi ciri-cirinya. Selepas beberapa siri pengujian dilakukan dan beberapa penilaian semula dibuat, produk tersebut kemudiannya akan diberikan status beta.

    Alpha testing
    Istilah yang sering diberikan kepada versi terawal sesuatu produk perangkat keras maupun lunak yang akan dikeluarkan. Ini juga menandakan produk itu masih belum stabil dan mungkin masih memiliki beberapa kekurangan dari segi ciri-cirinya. Selepas beberapa siri pengujian dilakukan dan beberapa penilaian semula dibuat, produk tersebut kemudiannya akan diberikan status beta.
    Alpha testing disebut juga dengan tahap pengembangan, dimana dalam perangkat lunak atau perangkat keras yang telah dibuat dikirim ke kelompok pemakai atau pembeli yang potensial yang telah ditentukan kemudian mereka akan menggunakan produk ini untuk melaporkan apakah produk itu gagal, jika terjadi demikian maka dilakukan pembenaran. Alpha testing dilakukan untuk melihat bagaimana produk bekerja pada lingkup yang dapat diramalkan.

    Alpha Version
    ~Versi alpha. Tahapan ujicoba yang dibuat pada tahap pertama dalam pembangunan perangkat lunak komputer sebelum dikeluarkan secara komersial. Ia biasanya diedarkan secara percuma kepada pengguna untuk mendapatkan komentar dan informasi mengenai hasil produksi ini, terutama dalam hal cacat produk, kelemahan yang ada.

    ~Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

    Alphabet
    Suatu himpunan karakter yang merupakan huruf-huruf yang digunakan pada bahasa tertulis.

    Alphabetic
    Adalah merupakan lambang-lambang yang berasal dari huruf, yaitu A sampai dengan Z. Huruf kapital atau sebaliknya tidak berpengaruh.

    Alphabetic code
    Kode alfabetik. Menggunakan 26 kombinasi huruf untuk kodenya.

    Alphageometric
    Pada grafika komputer,terutama sistem videotex, dan teletex, metoda tampilan yang mencakup kode untuk karekter alfanumerik maupun bentuk-bentuk geometrik dasar.

  11. Who Said Thanks:


  12. #10

    Join Date
    Aug 2007
    Location
    sumatra
    Posts
    366
    Thank(s)
    3/484
    Rep Power
    0

    Default RE: KAMUS & ISTILAH TEKNOLOGI INFOERMASI

    Alphamosaic
    pada grafika komputer terutama videotex dan teletex, metode tampilan yang mencakup kode-kode untuk karakter alfanumerik dan membentuk grafik pada layar sebagai susunan segiempat dari elemen.

    Alphanumeric
    Semua karakter A-Z,0,1-9, serta semua lambang yang tersedia oleh sistem, yang merupakan terjemahan dari ASCII.

    Alphanumeric code
    Kode alpanumerik. Kode yang menggunakan gabungan angka huruf dan karakter khusus.

    alphanumeric dispalay terminal
    Terminal yang mampu menampilkan karakter (huruf, angka dan lambang-lambang).

    alphanumeric sort
    Metoda pengurutan yang serupa dengan pengurutan abjad tetapi memperhitungkan adanya angka, tanda-tanda baca dan karakter khusus.

    Alt
    Singkatan dari Singkatan dari Alternate, yang merupakan nama tombol pada keyboard. Fungsi dari tombol ini, disesuaikan dengan aplikasi yang digunakan.
    ________________________________________
    Singkatan dari Automatic Line Tracking.
    ________________________________________
    Suatu kategori tahap teratas bagi kumpulan berita alternatif USENET. Kumpulan berita ini bisa dipancing oleh siapa saja tergantung kepada waktunya, kelengkapan dan kepakaran. Hierarki Alt meliputi kepelbagaian topik yang lebih luas ruang lingkupnya yang merangkumi informasi tentang perniagaan, politik dan sebagainya.

    Alt key
    Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

    Alternate
    Gilir, bergantian, wakil, pengganti.
    ________________________________________
    Istilah lain dari Alt.

    alternate key
    Merupakan kunci cadangan dalam database yang tidak tetapkan sebagai kunci primer.

    Alternate Recovery Facility
    Merupakan station cadangan untuk pengontrolan satelit.

    Alternating Current
    Tegangan listrik bolak balik yang dihasilkan oleh suatu generator arus bolak balik atau Perusahaan Listrik Negara. Tegangan yang umum digunakan dirumah atau dikantor adalah 110 V atau 220 V.

    Altivore
    Adalah Penyusup jaringan yang bersifat open source yang dikiembangkan oleh Network ICE. Altivore menyerupai atau menduplikasi sistem Carnivore milik biro penyelidik FBI di Amerika Serrikat. Network ICE membuat altivore untuk mengajarkan pada masyarakat umum tentang cara kerja dari carnivore dan isu-isu privasi serta keamanan yang berhubungan dengan sistem serupa.

    ALU Operation
    Kadangkala disingkat dengan AO. Proses operasi data yang dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit dengan jalan memproses data yang berada pada register sesuai dengan instruksi yang diberikan.

    AM
    Singkatan dari Ante Meridien.
    ________________________________________
    Singkatan dari Amplitudo Modulation.
    ________________________________________
    Top level domain (TLD) dari negara Armenia.

    AMAPS
    Singkatan dari Advanced Manufacturing, Accounting and Production System.

    Ambient noise
    Istilah lain dari White noise.

    AMD K7
    Istilah lain dari Athlon, merupakan prosesor keluaran Advanced Micro Devices.

    AMD760
    Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dari dua chip yaitu AMD761 sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar baru pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pada aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 MHz dan memori DDR 266MHz dan juga AGP 4x.

    AMD760MP
    Chipset buatan AMD untuk digunakan bersama prosesor Athlon MP. Terdiri dari dua chip yaitu chip AMD762 sistem bus controller (Northbridge) dan AMD766 peripheral bus controller (Southbridge). Chipset AMD760MP menggunakan teknologi memori DDR dan memungkinkan performa maksimal pada teknologi prosesor x86 pada aplikasi multitasking dan multimedia. Chipset AMD760MP ini mampu mendukung dua prosesor Athlon MP, FSB 266 MHz, memori DDR PC2100, dan AGP 4x serta mendukung PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

    AMD761
    Chip sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang menangani elemen sistem penting yang mempengaruhi performa sistem secara keseluruhan sementara juga mengatasi transfer data ke prosesor. Fitur utama AMD761 sistem controller adalah kemampuan untuk mengontrol prosesor Athlon dengan bus 266MHz, memori DDR 266MHz, AGP 4x, dan bus PCI 33MHz/32-bit.

    AMD762
    CHIP sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang mendukung prosesor AMD Athlon MP, memori DDR PC2100 hingga kapasitas maksimal 4GB, dan kartu grafis AGP 4x. Semua fitur ini didisain untuk memberikan performa tinggi pada server kelas entry-level ataupun workstation dual processor kelas range sampai high-end. AMD762 memiliki fitur yang mendukung FSB 266MHz, didisain untuk memberikan peningkatan transfer data 33 persen bila dibandingkan dengan prosesor AMD Athlon biasa. Selain itu chip ini juga mampu menangani DDR memori yang mendukung Error Correction Control (ECC) serta PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

    American Association of Microprocessor Engineers
    Perkumpulan dari para ahli dalam bidang micropocessor di Amerika.

    American National Standard
    Suatu lembaga yang mengatur standarisasi di Amerika.

    American National Standard Code for Internation Interchange
    Istilah lain dari American Standard Code for Information Interchange. Adalah format yang banyak digunakan untuk file teks di dalam dunia komputer;computer dan internet. Di dalam file ASCII, masing-masing alphabetic, numeric, atau karakter khusus seperti Return, Tab Control dan sebagainya. Dengan adanya standard ini, membuatkan anda mudah melakukan pertukaran informasi antar berbagai peralatan yang berbeda, antar operating system yang berlainan, bahkan komputer yang berbeda
    Dalam ASCII, setiap karakter mempunyai angka yang digunakan oleh komputer atau printer untuk mewakili karakter tersebut. Contoh, huruf kapital A diwakili kode 65. Meski dalam ASCII terdapat 256 kemungkinan karakter, ASCII hanya memakan 128 karakter standar, karena direpresentasikan dalam 7-bit bilangan biner (kumpulan dari nol atau satu sebanyak tujuh angka).

    American National Standard Institute
    Biasanya disingkat dengan ANSI. ANSI merupakan suatu organisasi non profit yang beranggotakan kelompok bisnis dan industri di Amerika. Badan ini didirikan pada tahun 1918. Tujuan dari badan ini diantaranya adalah untuk standarisasi produk dan komunikasi. ANSI ini merupakan badan dari Amerika yang boleh dikatakan cukup representatif dan merupakan sebagai ISO (International Standard Organization). Dalam hal bahasa pemrograman, standard yang telah dikeluarkan diantaranya untuk Bahasa Cobol, C, dan Fortran. Standard yang disahkan oleh ANSI, sering disebut sebagai ANSI Standard, misalnya ANSI C, versi dari C yang disahkan oleh ANSI.

    American Online
    Biasanya disingkat dengan AOL. Penyedia jasa layanan online di Amerika. Layanan perusahaan ini, selalin ISP (Internet Service Provider), juga penyediaan saluran informasi di portal mereka yang bisa diakses di http://www.aol.com/, pada portal ini disediakan bermacam-macam informasi seperti riset, breaking news, reservasi, ticketing, e-commerce, dsb.

    American Standard Code for Internation Interchange
    Biasanya disingkat dengan ASCII. Suatu kode skema yang menggunakan 7 atau 8 bit, yang memberikan lambang sebanyak 256 jenis karakter. Di dalam karakter-karakter ini, telah termasuk di dalamnya huruf, angka, lambang-lambang khusus, kode kontrol perintah, serta kode lainnya. ASCII ini didevelop pada tahun 1968, yang merupakan standar untuk transmisi data antara software dan hardware. ASCII ini digunakan dalam dikebanyakan komputer mini, dan di seluruh komputer pribadi.
    Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.
    format yang banyak digunakan untuk file teks di dalam dunia komputer dan internet. Di dalam file ASCII, masing-masing alphabetic, numeric, atau karakter khusus direpresentasikan dalam 7-bit bilangan biner (kumpulan dari nol atau satu sebanyak tujuh angka).
    Karakter dalam kode ASCII dibagi dalam beberapa group yaitu : control character, angka, huruf besar, huruf kecil, dan tanda baca (pada tabel tidak begitu jelas). Control-character ini sering disebut sebagai non-printable-character, yaitu karakter yang dikirim sebagai tahap awal (pengenalan) dalam berbagai kegunaan komunikasi data, misalnya sebelum informasi dikirim dari PC ke printer.
    Dengan kumpulan bit ini terdapat sebanyak 128 character yang bisa didefinisikan. Sistem operasi berbasis Unix dan DOS menggunakan ASCII untuk file teks, sedangkan Windows NT dan 2000 menggunakan kode yang lebih baru yang dikenal dengan istilah unicode. Sistem yang dikeluarkan oleh IBM menggunakan data yang dibentuk dari 8 bit, yang disebut dengan EBCDIC.

  13. Who Said Thanks:


Page 1 of 9 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia