Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 68

Thread: Nonton TV via Situs Web, Legalkah?
http://idws.in/10128

  1. #1

    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Melbourne
    Posts
    1,293
    Thank(s)
    0/11,341
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    8

    Default Nonton TV via Situs Web, Legalkah?

    Nonton TV via Situs Web, Legalkah?
    Wicak Hidayat - detikinet


    Screenshot Indo Web TV

    Jakarta - Sebuah situs menayangkan kembali secara langsung (relay) siaran televisi teresterial Indonesia. Pengunjung situs itu bisa menyaksikan siaran televisi swasta nasional maupun TVRI dan beberapa stasiun televisi lokal.

    Praktisi hukum dan Peneliti Senior ICT Watch Rapin Mudiardjo mengatakan pada prinsipnya apa yang dilakukan itu bisa jadi pelanggaran hukum. "Siapapun yang mengumumkan tanpa hak ya pidana. Mengumumkan ya termasuk menyiarkan kembali atau me-relay," tutur Rapin kepada detikINET, Senin (15/12/2008) sambil mengacu pada UU Hak Cipta Pasal 1.

    Di sisi lain situs tersebut mencantumkan peringatan pada penggunanya dalam Bahasa Inggris. Jika diterjemahkan, kalimat itu kira-kira berbunyi: "gunakan situs ini dengan risiko Anda sendiri dan bukan risiko pemilik atau webhost. Jika Anda tidak setuju, harap jangan menggunakan layanan ini atau hadapi konsekuensinya."

    Di bagian lain situs tersebut juga mengatakan layanan televisi online itu dibuat demi tujuan pendidikan dan hiburan semata. Situs yang agaknya merupakan satu keluarga dengan salah satu situs berbagi file populer di Indonesia itu menampilkan 17 kanal televisi Indonesia.

    Rapin mengatakan alasan seperti 'tidak untuk dijual' atau 'edukasi' memang kerap dikemukakan. "UU Hak Cipta bilang, tidak ada izin maka pelanggaran. Soal manfaat ekonomisnya ya tinggal dibuktikan, secara moral ya tetap si pemilik siaran berhak untuk menuntut yang bersangkutan," ujarnya.

    Diskusikan seputar hukum dan teknologi informasi di detikINET Forum

    ( wsh / ash )

    http://www.detikinet.com/read/2008/1...s-web-legalkah

    Asosiasi TV Swasta Khawatirkan Situs 'Nonton TV'
    Wicak Hidayat - detikinet

    Jakarta - Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) mengaku khawatir dengan situs yang me-relay siaran televisi. Terutama soal hak cipta siaran.

    Hal itu dikemukakan Pengurus Harian Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Uni Zulfian Lubis, kepada detikINET, Senin (15/12/2008). Ini terkait dengan makin populernya sebuah situs yang menyiarkan kembali secara langsung (relay) siaran televisi teresterial di Indonesia. "Tentu kekhawatirannya adalah soal hak cipta," ujarnya.


    Menurutnya, setiap program yang ditayangkan televisi telah memiliki hak cipta dan juga memiliki hak siar. Hak siar tersebut pun bisa dibedakan pada beberapa medium, baik televisi maupun perluasannya seperti webstreaming, ponsel dan lainnya.

    Namun, mengenai apa yang akan dilakukan ATVSI Uni belum mengatakan apa-apa. Pasalnya, Uni mengaku ATVSI belum pernah membicarakan situs ini secara khusus.

    ( wsh / ash )

    http://www.detikinet.com/read/2008/1...itus-nonton-tv

    Nama situsnya tau kan? http://indoweb.tv/ dan tau sendiri kan siapa pengembangnya? "Situs yang agaknya merupakan satu keluarga dengan salah satu situs berbagi file populer di Indonesia itu menampilkan 17 kanal televisi Indonesia." Tapi kok terlihat seperti TV Swasta yang takut tersaingi ya, apalagi yang koar-koar Asosiasi TV Swasta Indonesia.



    Hari gini engak tau indoweb.tv .. tuh lihat masuk detik.. dan di ributkan.. coba aja buka www.detikinet.com .. kagak ada 2nya di indonesia.. layanan gratis.. yok mari sama2 berkomentar..


    --

  2. #2

    Join Date
    Nov 2007
    Location
    日-
    Posts
    5,438
    Thank(s)
    0/34,922
    Rep Power
    14

    Default

    Gw tambahin nih

    Asosiasi TV Swasta Khawatirkan Situs 'Nonton TV'
    Wicak Hidayat - detikinet


    Screenshot Indo Web TV

    Jakarta - Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) mengaku khawatir dengan situs yang me-relay siaran televisi. Terutama soal hak cipta siaran.

    Hal itu dikemukakan Pengurus Harian Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Uni Zulfian Lubis, kepada detikINET, Senin (15/12/2008). Ini terkait dengan makin populernya sebuah situs yang menyiarkan kembali secara langsung (relay) siaran televisi teresterial di Indonesia. "Tentu kekhawatirannya adalah soal hak cipta," ujarnya.


    Menurutnya, setiap program yang ditayangkan televisi telah memiliki hak cipta dan juga memiliki hak siar. Hak siar tersebut pun bisa dibedakan pada beberapa medium, baik televisi maupun perluasannya seperti webstreaming, ponsel dan lainnya.

    Namun, mengenai apa yang akan dilakukan ATVSI Uni belum mengatakan apa-apa. Pasalnya, Uni mengaku ATVSI belum pernah membicarakan situs ini secara khusus.

    Komentar : cuman di Indo doang yang bisa kek gini :D
    Soundtrack Portofolio 2013

  3. #3

    Join Date
    May 2008
    Location
    Earth
    Posts
    2,058
    Thank(s)
    0/1,315
    Rep Power
    8

    Default

    neh yang terbaru

    Bos-bos TV Belum Ngeh dengan Situs 'Nonton TV'

    Jakarta - Keberadaan sebuah situs yang me-relay siaran stasiun televisi teresterial Indonesia lewat internet rupanya masih belum diketahui beberapa pimpinan sejumlah TV swasta.

    Pimpinan Redaksi TV One Karni Ilyas ketika ingin dimintai tanggapannya mengatakan, malah baru mengetahui adanya situs tersebut dari detikINET.

    Lalu apakah situs tersebut melanggar hukum? Menurut Karni, semua konten di stasiun televisi itu dilindungi oleh copyright. Tak terkecuali bagi kehidupan di dunia maya, jika mengambil tanpa izin apalagi untuk kepentingan komersil maka bisa dipidanakan.

    "Semua konten di TV itu punya copyright, maka setiap pengambilan copyright itu harus seizin yang punya. Kalau tidak ada maka melanggar aturan," ujarnya.

    Keputusan untuk memejahijaukan si pemilik situs pun merupakan keputusan dari perusahaan. "Bisa juga melalui ATVSI (Asosiasi Televisi Swasta Indonesia), tergantung perusahaan mau melalui asosiasi atau tidak. Itu hak perusahaan," tukasnya.

    Setali tiga uang dengan Karni, pimpinan redaksi SCTV Rosiana Silalahi juga baru mendengar tentang situs yang beralamat di www.indoweb.tv ini dari detikINET.

    Sayang, ia belum mau berkomentar lebih banyak. "Saya ingin lihat dulu situsnya," tukasnya singkat.

    ( ash / wsh )

    sumber http://www.detikinet.com/read/2008/1...itus-nonton-tv

    wah silahkan dilihat2 dulu boss....tapi seandainya diperkarakan ke meja hijau gimana tuh?
    Nothing is so common as the wish to be remarkable. - Shakespeare

  4. #4

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Cydonia
    Posts
    5,244
    Thank(s)
    0/28,057
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    15

    Default

    coba buka indoweb.tv

    We're sorry for the inconvenience. Due to server maintenance.

    benarkah hanya sekedar maintenance ??

  5. #5

    Join Date
    Nov 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    114
    Thank(s)
    0/497
    Rep Power
    0

    Default

    sudah UP.. tapi cuman spacetoon yang bisa di tonton.. sebab stasiun tv lainnya belom memberikan ijin secara lisan.

  6. #6

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Toku-Anime PP
    Posts
    546
    Thank(s)
    0/13,473
    Rep Power
    7

    Default

    gila gila,,,,
    lah sekarang ud jaman internet,,,,,

    orang lebih banyak di depan monitor daripada di depan tipi,,,,
    jelas2 bisa menyaring penonton yang lebih banyak lagi, kok malah diributin yah ?

    wong cuma relay doang, emang mesti ada ijin yah ?

  7. #7

    Join Date
    Feb 2008
    Location
     
    Posts
    9,823
    Thank(s)
    0/2,681
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    14

    Default

    Quote Originally Posted by v4ndre4d View Post
    gila gila,,,,
    lah sekarang ud jaman internet,,,,,

    orang lebih banyak di depan monitor daripada di depan tipi,,,,
    jelas2 bisa menyaring penonton yang lebih banyak lagi, kok malah diributin yah ?

    wong cuma relay doang, emang mesti ada ijin yah ?
    Entahlah..

    Soalnya diluar banyak situs streaming dan gw belum pernah denger kena masalah..

    Malah diluar ga tanggung2..
    Yang distreaming yg TV berbayar kaya' Setanta dan Sky..


  8. #8

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Nowhere
    Posts
    1,508
    Thank(s)
    0/1,219
    Blog Entries
    16
    Rep Power
    8

    Default

    hmm... apakah kematian media berbasiskan kertas... (alias newspaper) adalah ramalan yang salah??
    dan yang terjadi adalah kematian TELEVISI?? terlalu cepat untuk menyimpulkan...

  9. #9

    Join Date
    Jul 2007
    Location
    jsbcjki
    Posts
    466
    Thank(s)
    0/897
    Rep Power
    0

    Default

    nasib...nasib...nasibbb.....haha......
    PARA ADMIN, PARA MOD, SORI KALO UDAH PERNAH, SORI KALO SALAH TEMPAT (^_^)

    sign here

  10. #10

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Toku-Anime PP
    Posts
    546
    Thank(s)
    0/13,473
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by ~airiRin~ View Post
    Entahlah..

    Soalnya diluar banyak situs streaming dan gw belum pernah denger kena masalah..

    Malah diluar ga tanggung2..
    Yang distreaming yg TV berbayar kaya' Setanta dan Sky..
    malah bukannya enak yah klo ada yg mo streaming gitu,,,,
    kan bisa lebih jelas diitung berapa banyak orang yang nonton,,,,
    itu bisa dijadiin data yang berguna klo mao nawarin slot iklan ke perusahaan :P

    ato mungkin masih pada kolot yah ?

Page 1 of 7 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia