Results 1 to 6 of 6

Thread: Beras Merah, Cukup 7 Sendok
http://idws.in/108789

  1. #1

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Learning Chef
    Posts
    5,256
    Thank(s)
    0/3,327
    Rep Power
    15

    Default Beras Merah, Cukup 7 Sendok

    MANFAAT beras merah belakangan ini sering disebut orang. Salah satunya, kadar seratnya yang tinggi sehingga mengenyangkan. Itu menjadikan beras merah menu favorit bagi mereka yang ingin diet untuk menurunkan berat badan.

    Kandungan serat dalam beras merah memang enam kali lebih tinggi daripada beras putih. Dalam 100 gram nasi beras merah, terkandung 1,8 gram serat. Padahal, 100 gram nasi beras putih hanya mengandung 0,3 gram serat. "Perbedaan kadar serat itulah yang paling mencolok antara beras merah dan putih," kata Eko Dwi Martini.

    Selain efektif menurunkan berat badan, kata Eko, diet kaya serat dengan mengonsumsi beras merah bisa membuat tubuh lebih bugar. Sebab, diet begitu akan menurunkan kadar lemak dalam darah, kadar gula darah, dan kadar asam urat. "Bila berat badan turun, tekanan darah ikut turun," papar ahli gizi RSUD dr Soetomo tersebut.

    Keunggulan lain beras merah terletak pada kandungan asam lemak, vitamin B1, dan mineral magnesium yang sedikit lebih tinggi. Lemak beras merah, lanjut Eko, tergolong lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak. Karena itu, beras merah dianjurkan diberikan kepada bayi (di atas enam bulan) dan anak-anak. "Soal kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, beras merah dan beras putih hampir sama," tuturnya.

    Karena kadar seratnya tinggi, kata Eko, porsi makan nasi beras merah dibatasi. "Sebaiknya tidak lebih dari tujuh sendok tiap kali makan," kata dia. Jika lebih dari itu, perut bisa terasa penuh. "Saya pernah makan beras merah terlalu banyak. Akibatnya, perut menjadi tidak nyaman," ucapnya.

    Alternatifnya, beras merah dicampur beras putih. Dengan begitu, nasi jauh lebih punel daripada beras merah saja. "Perbandingannya bisa 1 : 1. Satu gram beras merah dicampur satu gram beras putih," jelas Eko. Saat memasak beras merah beras direndam dulu beberapa jam lalu dimasak dengan banyak air. "Jika tidak, nasi beras merah tak akan matang. Nasi masih terasa keras saat dimakan." (ai/c8/soe)

    sumber:jawapos
    Last edited by Mejik; Yesterday at 04:12 AM.

  2. #2

    Join Date
    Jun 2010
    Location
    indonesia
    Posts
    233
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    0

    Default

    beras merah sih emang lebih better dari beras biasa sih bro..tapi ya itu harganya yang gak nguati,bisa bikin kantong bocor..tapi kalau ide untuk di oplos itu boleh deh rasanya ! ayo belajar hidup lebih sehat !!!

  3. #3

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    lahacia~
    Posts
    4,994
    Thank(s)
    0/51,584
    Rep Power
    14

    Default

    wah boleh dicoba nih.
    tp kalori beras merah tinggi gak yah...
    klo tinggi, kan bs bikin gemuk klo dikonsumsi tiap hr

  4. #4

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,808
    Thank(s)
    0/25,275
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Quote Originally Posted by Inesu View Post
    wah boleh dicoba nih.
    tp kalori beras merah tinggi gak yah...
    klo tinggi, kan bs bikin gemuk klo dikonsumsi tiap hr
    kayanya sich kalorinya sama aja... kan semua karbohidrat punya nilai kalori yg sama, yaitu 4.2 kkal per gramnya.
    ~~ La cara es el espejo del alma ~~

  5. #5

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Central Java
    Posts
    34
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    waktu rendam berasnya yang pasti brapa jam??
    nti direndam kelamaan apa gisinya gak hilang?

  6. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,808
    Thank(s)
    0/25,275
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Asal jangan dibilang aja kalo beras merah itu karbohidratnya lebih bagus dari beras putih.
    Sama aja kok... kalo makan terlalu banyak juga gak baik buat keseimbangan gizi.
    ~~ La cara es el espejo del alma ~~

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia