Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 33

Thread: Ketupat & Cara Menganyam Ketupat
http://idws.in/109365

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Malang
    Posts
    2,787
    Thank(s)
    13/5,265
    Rep Power
    7

    Lightbulb Ketupat & Cara Menganyam Ketupat

    Sebenarnya sudah ada thread yang sejenis disini, tapi karena ilustrasinya kurang jelas, saya memberanikan diri membuat thread yang baru....
    Jika momod tidak berkenan, silahkan di merger dengan thread yang sebelumnya
    __________________________________________________ ___

    KETUPAT



    Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

    Makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan burasa), lotek, serta gado-gado (seringkali diganti dengan lontong). Ketupat juga dapat dihidangkan menyertai sate, meskipun lontong lebih umum. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai puso yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda.

    Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal (lebih umum) dan jajaran genjang. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda. Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

    Di antara beberapa kalangan di pulau Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Masyarakat di daerah tersebut masih memegang tradisi untuk tidak membuat ketupat di hari biasa, sehingga ketupat hanya disajikan sewaktu lebaran dan hingga sepekan sesudahnya. Bahkan ada beberapa daerah di pulau Jawa yang hanya menyajikan ketupat di hari ketujuh sesudah lebaran saja atau biasa disebut dengan Hari Raya Ketupat. Di pulau Bali, ketupat (di sana disebut kipat) sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara.

    CARA MENGANYAM KETUPAT

    Sebenarnya dalam membuat ketupat hanya butuh telaten karena langkah-langkah pembuatannya cukup sederhana dan mudah diingat. Untuk ilustrasi disini menggunakan pita dengan 2 warna berbeda. harapannya bisa memudahkan dalam memahami setiap langkah menganyam ketupat.
    Show supaya ramping

    Show supaya ramping


    1. Siapkan bahannya, Bagi pemula baiknya anda belajar dengan menggunakan janur (daun kelapa) karena tidak licin dan panjang sehingga tidak mudah lepas.



    2. lilitkan 2 lembar sobekan daun kelapa seperti gambar diatas (posisi ujung harus sama)


    3a. rangkaikan lilitan yang kanan ke lilitan di tangan kiri dengan posisi seperti gambar diatas dengan posisi ujung helai tetap di posisi awal (merangkai lilitan ini akan dilakukan sebanyak 3 kali)


    3b. ini ketika melewati lilitan kedua di tangan kiri dengan cara dilewatkan bawahnya (kalau yang pertama tadi lewat atasnya)


    3c. melewati lilitan ketiga di tangan tangan kiri posisi ujung helai (kuning) tetap jangan sampai terlepas


    4. Selanjutnya kita akan merangkaikan lilitan kedua di tangan kanan (kuning)


    5a. jika lilitan pertama (kuning) tadi dimulai dari atas, ini dimulai dari bawah


    5b.


    6. ini lilitan ketiga di tangan kanan (kuning) siap dirangkai ke lilitan kiri (hijau)


    6a.


    6b.


    6c. selesai sudah acara merangkai lilitan, sekarang saatnya menyempurnakan bentuk ketupat


    7a. pertama kali, ambil ujung helai warna hijau, silang atau lewatkan diatas helai kuning (lihat gambar diatas)


    7b.


    7c.


    8. setelah itu raih ujung helai kuning yang tadi barusan disilang oleh helai hijau


    8a. sebelumnya pindah jari telunjuk kiri anda seperti diatas karena akan dipakai untuk membantu membuat rongga baru oleh helai kuning


    8b. seperti ini cara membuat rongga baru oleh helai kuning, dimana ujung jari telunjuk menghalangi helai kuning, dan ujung helai kuning dimasukkan ke rongga helai hijau


    8c.


    8d.


    9a. selanjutnya raih ujung helai hijau yang lain


    9b.


    9c.


    10a. terakhir, lepaskan jari telunjuk anda dari rongga helai kuning karena akan dimasuki oleh helai kuning yang satunya


    10b.


    10c.


    10d.


    11. Jadiiii.....


    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Ketupat
    http://maul-keren.blogspot.com/2009/...t-ketupat.html

    Jangan lupa cendolnya, buat buka puasa...iss:
    Last edited by choli; 25-11-2012 at 06:40 PM. Reason: spoiler

  2. #2

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    -RI-
    Posts
    1,227
    Thank(s)
    1/2,905
    Rep Power
    6

    Default

    buset ini TS rajin bgt mpe ngasih tutorialnya dan pake panjang lebar ngejelasinnya. ane aja minta ajarin sm ema ane, cuman disuru ngliatin j dan dia kaga bs ngasih pengajarannya.


    Thanks gan dan saya kasih ijo2 de
    No signature

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    May 2009
    Location
    banten
    Posts
    6
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    kalau ada videonya keknya bagus nieh tutorial bikin ketupat

  5. Who Said Thanks:


  6. #4

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    ladang belalang
    Posts
    4,063
    Thank(s)
    1/728
    Blog Entries
    56
    Rep Power
    8

    Default

    jadi pengen praktek bikinnya gue

    dari dulu kaga pernah bisa bikin gituan

  7. Who Said Thanks:


  8. #5

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Mojoagung
    Posts
    275
    Thank(s)
    1/13
    Rep Power
    0

    Default

    wah makasih banget bro... ane soalnya lagi nyari nih tutorial..
    iss:

  9. Who Said Thanks:


  10. #6
    ♫ حسن اسماعيلي ♫ hasanvanismail's Avatar

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Emirates HQ
    Posts
    2,329
    Thank(s)
    1/11,543
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    lumayan lah buat siap2 ntar lebaran...

  11. Who Said Thanks:


  12. #7

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Banyuwangi
    Posts
    126
    Thank(s)
    1/50
    Rep Power
    0

    Default

    sip gan... mantapsss....tapi ada gak tutornya buat ketupat lembu (kayak di upin ipin tuh.... )

  13. Who Said Thanks:


  14. #8

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    land of sound
    Posts
    4,019
    Thank(s)
    1/31,478
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    15

    Default

    save page done
    tinggal praktek
    thx berat TS..akhirnya da tutorial dg gambar
    ??? ...........

  15. Who Said Thanks:


  16. #9

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    indonesia
    Posts
    13
    Thank(s)
    1/3
    Rep Power
    0

    Default

    mari belajar menganyam ketupat

  17. Who Said Thanks:


  18. #10

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    tak dikenal
    Posts
    102
    Thank(s)
    1/952
    Rep Power
    0

    Default

    ada juga tutornya..
    lumayan nie bisa bikin sendiri gag sah beli yg jadi
    gan

  19. Who Said Thanks:


Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia