Results 1 to 7 of 7

Thread: Tips - Cara Menganyam Ketupat
http://idws.in/109365

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Malang
    Posts
    2,786
    Thank(s)
    13/5,271
    Rep Power
    7

    Lightbulb Tips - Cara Menganyam Ketupat

    Sebenarnya sudah ada thread yang sejenis disini, tapi karena ilustrasinya kurang jelas, saya memberanikan diri membuat thread yang baru....
    Jika momod tidak berkenan, silahkan di merger dengan thread yang sebelumnya
    __________________________________________________ ___

    KETUPAT



    Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

    Makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan burasa), lotek, serta gado-gado (seringkali diganti dengan lontong). Ketupat juga dapat dihidangkan menyertai sate, meskipun lontong lebih umum. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai puso yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda.

    Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal (lebih umum) dan jajaran genjang. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda. Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

    Di antara beberapa kalangan di pulau Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Masyarakat di daerah tersebut masih memegang tradisi untuk tidak membuat ketupat di hari biasa, sehingga ketupat hanya disajikan sewaktu lebaran dan hingga sepekan sesudahnya. Bahkan ada beberapa daerah di pulau Jawa yang hanya menyajikan ketupat di hari ketujuh sesudah lebaran saja atau biasa disebut dengan Hari Raya Ketupat. Di pulau Bali, ketupat (di sana disebut kipat) sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara.

    CARA MENGANYAM KETUPAT

    Sebenarnya dalam membuat ketupat hanya butuh telaten karena langkah-langkah pembuatannya cukup sederhana dan mudah diingat. Untuk ilustrasi disini menggunakan pita dengan 2 warna berbeda. harapannya bisa memudahkan dalam memahami setiap langkah menganyam ketupat.
    Show supaya ramping

    Show supaya ramping


    1. Siapkan bahannya, Bagi pemula baiknya anda belajar dengan menggunakan janur (daun kelapa) karena tidak licin dan panjang sehingga tidak mudah lepas.



    2. lilitkan 2 lembar sobekan daun kelapa seperti gambar diatas (posisi ujung harus sama)


    3a. rangkaikan lilitan yang kanan ke lilitan di tangan kiri dengan posisi seperti gambar diatas dengan posisi ujung helai tetap di posisi awal (merangkai lilitan ini akan dilakukan sebanyak 3 kali)


    3b. ini ketika melewati lilitan kedua di tangan kiri dengan cara dilewatkan bawahnya (kalau yang pertama tadi lewat atasnya)


    3c. melewati lilitan ketiga di tangan tangan kiri posisi ujung helai (kuning) tetap jangan sampai terlepas


    4. Selanjutnya kita akan merangkaikan lilitan kedua di tangan kanan (kuning)


    5a. jika lilitan pertama (kuning) tadi dimulai dari atas, ini dimulai dari bawah


    5b.


    6. ini lilitan ketiga di tangan kanan (kuning) siap dirangkai ke lilitan kiri (hijau)


    6a.


    6b.


    6c. selesai sudah acara merangkai lilitan, sekarang saatnya menyempurnakan bentuk ketupat


    7a. pertama kali, ambil ujung helai warna hijau, silang atau lewatkan diatas helai kuning (lihat gambar diatas)


    7b.


    7c.


    8. setelah itu raih ujung helai kuning yang tadi barusan disilang oleh helai hijau


    8a. sebelumnya pindah jari telunjuk kiri anda seperti diatas karena akan dipakai untuk membantu membuat rongga baru oleh helai kuning


    8b. seperti ini cara membuat rongga baru oleh helai kuning, dimana ujung jari telunjuk menghalangi helai kuning, dan ujung helai kuning dimasukkan ke rongga helai hijau


    8c.


    8d.


    9a. selanjutnya raih ujung helai hijau yang lain


    9b.


    9c.


    10a. terakhir, lepaskan jari telunjuk anda dari rongga helai kuning karena akan dimasuki oleh helai kuning yang satunya


    10b.


    10c.


    10d.


    11. Jadiiii.....


    Sumber:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Ketupat
    http://maul-keren.blogspot.com/2009/...t-ketupat.html

    Jangan lupa cendolnya, buat buka puasa...iss:
    Last edited by nyinyinyinyiung; 18-10-2014 at 11:57 PM.

  2. #2

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    jogjakarta
    Posts
    28
    Thank(s)
    1/645
    Rep Power
    0

    Default

    ada tutor jelas kayak gitu,,tapi ane kok tetep aja gak bisa bikinnya...
    emang gak bakat bikin ketupat ni....

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,808
    Thank(s)
    1/25,312
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    dulu pas sekolah dipaksa belajar bikin ketupat sama guru, langsung pake pita lagi, akhirnya sempat jago...
    jadi 1 ketupat dalam 5 menit
    lebih gampang buat ketupat yg bawahnya ceper tuh (namanya ketupat apa ya? )
    cuma karena sekarang ga kepake ilmunya jadi menguap semua
    ~~ La cara es el espejo del alma ~~

  5. Who Said Thanks:


  6. #4

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    20
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    Salut dah ... Btw kalu bisa tambahin juga cara ngisi berasnya gimana ? and ukurannya seberapa.

  7. Who Said Thanks:


  8. #5

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Pontianak
    Posts
    17
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    disampingnya ada bagian yang bisa dibuka kok, jadi berasnya lewat situ...
    isinya tergantung jenis beras...
    biasanya setengahnya...

    btw, ada yang bisaa buat ketupat burung??
    tolong dishare..
    makasi...

  9. Who Said Thanks:


  10. #6

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Surabaya
    Posts
    106
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    Dari dulu buat ketupat ga pernah bagus jadinya. jadi pingin belajar lagi mumpung bentar lagi lebaran.
    Apalagi ketupat yang bentuk burung atau yang tidak kotak seperti biasa.

  11. Who Said Thanks:


  12. #7

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Malang
    Posts
    2,786
    Thank(s)
    0/5,271
    Rep Power
    7

    Default

    Sesuai permintaan, saya tampilkan 2 bentuk ketupat berbeda....

    1. Ketupat pasar (ketupat dengan bentuk jajaran genjang ato belah ketupat)



    ketupat model ini sudah ada tutorialnya di page 1.

    2. Ketupat bawang (bentuk bawahnya agak datar ato kepal)




    ini ketupat yang disinggung ama sis zz di atas.

    kedua ketupat ini cara membuatnya memiliki kesamaan di langkah2 awal dengan ketupat pasar. Bedanya hanya terletak di langkah ke 7.


    Bedanya, kalo ketupat pasar, pita warna hjau di silang ke atas warna kuning seakan2 arah pita berbalik 180 derajat.
    Kalo ketupat bawang, arah penyilangan pita warna hijau ke kiri ke atas pita warna hijau juga. Begitu ula dengan pita warna kuning disilangkan ke arah kanan ke bawah pita warna kuning juga.
    Last edited by myth73; 06-09-2010 at 09:46 PM.

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia