Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 19

Thread: Tips & Trik di bulan Ramadhan. cekidot!
http://idws.in/109698

  1. #1

    Join Date
    May 2010
    Location
    Radio Dalam
    Posts
    550
    Thank(s)
    12/204
    Rep Power
    4

    Default Tips & Trik di bulan Ramadhan. cekidot!

    Pada bulan puasa ini saya berpikir bahwa banyak sekali rintangan-rintangan yang dihadapi oleh umat Islam yang berpuasa. Mulai dari bangun tidur untuk sahur, dalam hal menahan nafsu, maupun dalam menjalankan ibadah seperti tarawih. Oleh karena itu saya mencoba menshare beberapa tips & trik yang semoga berguna untuk anda semua. Selamat membaca.


    :: PUASA ::
    ♦ Bagi yang sulit bangun pagi, cobalah tips-tips berikut ini.

    1. Pasanglah alarm sebanyak mungkin. Aktifkan alarm handphone, jam weker, kalau perlu minta teman untuk membangunkan sahur.

    2. Tidur lebih cepat kalau perlu langsung tidur sehabis tarawih biar pas sahur nggak ngantuk.

    3. Minta orang rumah untuk menggedor-gedor pintu supaya kaget lalu terbangun tapi bagi yang punya penyakit jantung diharapkan tidak mengikutin saran ini.


    ♦ Dalam hal menahan nafsu, cobalah tips-tips berikut ini.

    1. Dalam menahan nafsu makan dan minum, cobalah menghindari restoran, tempat makan, warteg dll. Pakai kacamata kuda biar pandangan lurus ke depan sehingga tidak tengok kiri-kanan yang merupakan kawasan kuliner.

    2. Sembunyikan koleksi-koleksi maksiat di bawah tempat tidur atau di dalam lemari yang paling dalam sehingga tidak mengundang nafsu ketika puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja.

    3. Tutupi poster tidak senonoh dengan jadwal puasa. Apabila poster seukuran pintu, print jadwal puasa yang tak kalah besar. Sehingga menutupi poster laknat tersebut. Atau kalau perlu discan dan diubah pakai photoshop agar lebih islami. Contohnya ini: Miyabi saja bisa pakai jilbab selama bulan puasa.



    ♦ Dalam mengatasi masalah-masalah lain.

    1. Masalah bau mulut. Biasanya ketika puasa masalah ini dihadapi oleh semua yang menjalankan puasa. Upayakan menggosok gigi dengan rajin, tapi harus hati-hati. Jangan sampai airnya terminum (apalagi dengan sengaja) karena dapat membatalkan puasa.

    2. Kurangi berbicara, selain hemat energi, tidak bikin mual (karena bau nafas naga yang bahkan bisa mematikan), juga menghindari dosa akan bergosip. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. Namun juga menahan nafsu bergosip. *lirik tukang gosip di wordpr*ss*

    3. Masalah waktu selama menjalankan puasa. Supaya waktu puasa tak berasa lama, isi waktu anda dengan sebaik mungkin dan lakukan sesuatu yang berguna. Jangan pas puasa kerjanya molor terus. Makruh ituh! Perbanyak dzikir, membaca Al-Quran atau blogging hehe…

    4. Ketika sudah berbuka puasa, makanlah secukupnya. Jangan langsung makan seperti babi dan ‘balas dendam’ dengan memakan semua yang tersebar di meja makan secara brutal . Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis. Kunyahlah makanan secara pelan-pelan karena lambung tentunya kaget setelah tidak ada asupan selama 14 jam.

    5. Masalah pacaran, hubungan intim suami istri, dll. Sebisa mungkin tidak melakukan hal-hal yang dilarang selama berpuasa. Tahanlah nafsu tersebut selama bulan puisi puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum saja. *digetok karena ngulang 3 kali*


    :: TARAWIH ::

    ♦ Berikut adalah tips-tips melakukan sholat tarawih.

    1. Datang lebih cepat supaya mendapatkan posisi sholat yang enak. (Dapat di depan, biar bisa mendengarkan ceramah dengan jelas. Pilih tempat di pojok biar nggak kelihatan kalau molor. Atau dekat tempat wudhu, jadi kalau kentut langsung bisa lari ke tempat wudhu).

    2. Jika takut sendal anda hilang, taruhlah sendal di tempat yang berbeda. Misalnya; sendal sebelah kanan taruh di pojok pintu masuk sebelah kanan. Sedangkan sendal sebelah kiri, ditaruh di pojok pintu sebelah kiri. Dijamin tidak akan ada yang mengambil karena disangkain sendal hilang hohoho…

    3. Pilih jumlah rakaat tarawih sesuai kemampuan. Jangan pilih yang 20 rakaat apabila tidak mampu alias kecapean karena habis makan harus melakukan gerakan-gerakan sholat secara berulang-ulang padahal kegiatan ini bisa menurunkan berat badan lho. :roll: Tapi memang lebih baik lagi apabila mau melaksanakan tarawih 20 rakaat.

    4. Bawa alat perekam untuk merekam ceramah sehingga anda bisa molor dapat mendengarkannya secara berulang-ulang sampai ceramah tersebut dapat dijadikan postingan merasuk ke dalam hati.



    Selamat Menuaikan Ibadah Puasa



    maaf kalo

    kalo agan2 mau sharing info dsini silahkan, mudah2n ada manfaatnya..




    resource is taken from:

    Show B
    "http://chikastuff.wordpress.com/2007/09/14/tips-trik-selama-bulan-ramadhan/"][/B]

  2. #2

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Heartache Creek
    Posts
    718
    Thank(s)
    1/1,018
    Blog Entries
    6
    Rep Power
    5

    Default

    lewat di pej wan ahh ...

    ... tambahin boo" ... gmna klo telpn ampe sahur spya
    bangunnya ga kesiangan..



    .....

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    3,242
    Thank(s)
    0/75,379
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    31

    Default

    2. Kurangi berbicara, selain hemat energi, tidak bikin mual (karena bau nafas naga yang bahkan bisa mematikan), juga menghindari dosa akan bergosip. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu makan dan minum
    Betul bro...

    Puasa jangan banyak bicara, bawaannya manyun bikin kesel

  5. #4
    -=Lucky Bastard=- kulocaki's Avatar

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Malang
    Posts
    5,143
    Thank(s)
    0/48,596
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    10

    Default

    wakakkakka gokil tips na

    masa harus print segede poster jadwal puasanya

  6. #5

    Join Date
    May 2010
    Location
    Radio Dalam
    Posts
    550
    Thank(s)
    0/204
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by noerha View Post
    Betul bro...

    Puasa jangan banyak bicara, bawaannya manyun bikin kesel
    berarti diem aja dunk kk, penghematan energi ceritanya..



    Quote Originally Posted by kulocaki View Post
    wakakkakka gokil tips na

    masa harus print segede poster jadwal puasanya
    wow ada master.. kek nya mau dpraktekin nih yg bagian tarawih, point 2.

  7. #6

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    UTC + 07.00
    Posts
    5,289
    Thank(s)
    0/558
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    10

    Default

    3. Tutupi poster tidak senonoh dengan jadwal puasa. Apabila poster seukuran pintu, print jadwal puasa yang tak kalah besar. Sehingga menutupi poster laknat tersebut. Atau kalau perlu discan dan diubah pakai photoshop agar lebih islami. Contohnya ini: Miyabi saja bisa pakai jilbab selama bulan puasa.
    Haha, efek dari sotosop Miyabi yg legendaris masih tersisa
    ================================================== ======
    Nice humor :D

  8. #7

    Join Date
    May 2010
    Location
    Radio Dalam
    Posts
    550
    Thank(s)
    0/204
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by sunsphoenix View Post
    Haha, efek dari sotosop Miyabi yg legendaris masih tersisa
    ================================================== ======
    Nice humor :D

    gak cuma m*yab* kk, tapi yg lain juga... di dulu yah

  9. #8

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Caspian Border
    Posts
    628
    Thank(s)
    0/20
    Rep Power
    6

    Default

    bermanfaat banged neh gan tips nya....
    THX banged ya gan....kalo kaga ada ini bisa berabe dah kalo teraweh bisa ilang sandel ato ketuker ama orang......

  10. #9

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Team 4
    Posts
    2,037
    Thank(s)
    0/8,254
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by sleetherooth View Post
    lewat di pej wan ahh ...

    ... tambahin boo" ... gmna klo telpn ampe sahur spya
    bangunnya ga kesiangan..



    .....
    pulsanya abis dong

    batre jg abis

  11. #10

    Join Date
    May 2010
    Location
    Radio Dalam
    Posts
    550
    Thank(s)
    0/204
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by kacamataku View Post
    pulsanya abis dong

    batre jg abis
    kan dapet gratisan.. jadi tlpn teruuuuus ampe pagi

    indahnya bulan puasa tahun ini..

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia