Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Penemu Bom Atom
http://idws.in/11402

  1. #1

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    k thx bai
    Posts
    1,606
    Thank(s)
    0/21,649
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    8

    Default Penemu Bom Atom

    Julius Robert Oppenheimer, Penemu Bom Atom


    Kebanyakan orang menyangka bawah Albert Einstein adalah penemu bom atom, padahal penemunya adalah Julius Robert Oppenheimer. Nama Julius Robert Oppenheimer akan selalu diingat dan dipuji dengan ciptaannya yaitu alat penghancur yang dahsyat pada tahun 1940an, Bom Atom. Saat musim panas 1945 bom tsb dijatuhkan di dua kota di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki yang membuat Jepang langsung menyerah.

    Oppenheimer dilahirkan di New York City tanggal 22 April 1904. Dia besar di Ney York dan masuk sekolah budaya etnis disana. Awalnya, dia tertarik pada bidang bahasa dan ingin mempelajari salah satunya dgn cepat. Selain itu, dia juga sangat tertarik pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan, dan secara serius lebih menekuninya dibanding kawan sebayanya.

    Setelah lulus dari Harvard University tahun 1925, Oppenheimer belajar di Cambridge University di Inggris dan mengejar gelar PhD di Jerman. Dia kembali ke Amerika Serikat tahun 1929 dan mulai mengajar di University of California di Berkeley dan California Institute of Technologi.

    Oppenheimer sangat khawatir dengan bangkitnya kekuatan fasisme di tahun 1930an dan berusaha keras menentangnya. Tahun 1939, ketika Amerika Serikat mengetahui bahwa Jerman telah berhasil memisahkan inti atom, yang berakibat NAZI dapat mengembangkan senjata ampuh secara luar biasa.

    Presiden Roosevelt segera mendirikan Proyek Manhattan tahun 1941 untuk menandingi Jerman. Di bulan Juli 1942, Robert Oppenheimer ditunjuk sebagai direkturnya. Oppenheimer mendirikan markas penelitian untuk mengembangkan bom atom dan jenis senjata lain di Los Alamos, New Mexico. Sementara, penelitian lain juga dilakukan di Columbia University, University of Chicago, dan di Oak Ridge, Tennessee.

    Oppenheimer mengundang para ahli fisika berpengalaman ke Los Alamos untuk bekerja sama menciptakan bom atom. Akhirnya Oppenheimer menangani satu tim ahli yang terdiri dari 3.000 orang lebih. Tanggal 16 Juli 1945, Oppenheimer menyaksikan ledakan pertama bom atom di gurun New Mexico, dan beberapa orang mengatakan hal inilah yang merubah sejarah dunia selamanya. Jarak sebulan setelah percobaan, dua bom atom dijatuhkan di dua kota di Jepang. Sehingga Jepang menyerah pada tanggal 10 Agustus 1945.

    Setelah perang usai, Oppenheimer memimpin Komisi Energi Atom Amerika Serikat. Ketika Presiden Truman menyetujui program pengembangan bom hidrogen yang tingkatannya lebih dahsyat lagi, Oppenheimer menentangnya. Namun suhu politik saat itu memanas dan menekannya.

    Tanggal 21 Desember 1953, Oppenheimer diadili karena tuduhan melakukan penghianatan dengan mata-mata Soviet dan juga sikap menentangnya dalam pembuatan bom hidrogen. Meski akhirnya tuduhannya tidak terbukti, akses keamanan yang dimilikinya dicabut serta kontraknya sebagai penasehat bagi Komisi Energi Atom diakhiri.

    Tahun 1963, Presiden Lyndon B. Johnson malah memberi penghargaan kepada Oppenheimer berupa Enrico Fermi Award dari Komisi Energi Atom. Terakhir Oppenheimer mengajar di Princeton University dan pensiun tahun 1966. Setahun kemudian dia meninggal dunia karena kanker tenggorokan.


    *Penemu Bom Atom bukanlah Albert Einsten, tetapi Oppenheimer, Oppenheimer hanya menggunakan teori relativitas sebagai inspirasi. Banyak sekali dari kita yang salah kaprah bahwa Albert Einsteinlah pencipta bom atom.


    -====================-
    salah satu dari Debut Bom Atom
    -====================-


    Bom Nuklir Nagasaki : FatMan





    “Fat Man” merupakan kode bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945, 3 hari setelah pemboman nuklir pertama di Hiroshima. Nama ini diambil sesuai desain bom yang digunakan, model “Fat Man”. Senjata ini merupakan implossion-type dengan inti plutonium. Bom ini diledakkan pada ketinggian 550 m di atas permukaan tanah. Diangkut dengan pesawat B-29 Bockscar, bom ini diperkirakan memiliki daya ledak setara dengan 20 kiloton TNT.

    Bom ini memiliki panjang 3.25 m, diameter 1.52 m dan berat 4630 kg. Bom ini memiliki beberapa lapisan peledak dimana pada pusat bom terdapat plutonium dalam keadaan sub-kritis, dalam ruang kosong, yang dikelilingi oleh bahan peledak jenis high-explosive. Sejumlah detonator diletakkan pada permukaan bahan peledak yang dipicu serentak. Ledakan yang dihasilkan menghasilkan tekanan ke pusat bom, sehingga kerapatannya meningkat. Peristiwa ini akan memicu plutonium di inti bom berubah menjadi super kritis dan reaksi berantai pun terjadi menghasilkan ledakan nuklir.

    -===============-
    Credit : 666@IndoForum
    -===============-
    The Cake is a Lie

  2. #2

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Purwokerto
    Posts
    1,773
    Thank(s)
    0/8,568
    Rep Power
    7

    Default

    ea, penemu bom atom bkn einstein..
    ini die, yg gw baru tau...
    hahaha..
    btw, niels bohr sapa ???
    penemu neutron y?
    gw lupa2 ingat, tp yg jelas dia jg ada hubungannya sama atom sama relativitas khan ?
    ato gw salah ?
    :onion-52:
    hmm..

  3. #3

    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Virtual World
    Posts
    815
    Thank(s)
    0/92,981
    Rep Power
    7

    Default

    oo gitu ya, jadi yang benar penemu bom atom tuh bukan einstein
    tapi yang pernah gw baca, setelah einstein pindah dari jerman ke amerika, dia ditunjuk untuk menciptakan bom atom. ceritanya hampir sama kan setelah Oppenheimer pindah ke amerika dia ditunjuk untuk menciptakan bom atom, begitu juga alasan kepindahan ke amerika juga sama
    jadi yang benar yang mana nih... gw bingung
    Orang akan melupakan apa yang kamu katakan dan yang kamu lakukan.
    Tapi, orang TIDAK akan pernah lupa bagaimana kamu membuat mereka berarti
    http://opi.yahoo.com/online?u=zeddin...p;m=g&t=14

  4. #4

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Purwokerto
    Posts
    1,773
    Thank(s)
    0/8,568
    Rep Power
    7

    Default

    lagian penemuan atom ditemukkan setelah kejadian roswell..
    hahah
    :onion-11: emang dunia ini penuh dengan saling keterkaitan..

  5. #5

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Mobius
    Posts
    844
    Thank(s)
    0/4,174
    Rep Power
    7

    Default

    kek na bener dah si einstein mang bukan penemu BOM Atom .... tapi IMO, BOM Atom dibikin karena adanya rumus relativitas Eisntein, saling berkait siy,,,

    @kurume : niels bohr penemu neutron ?? bukan na doi pakar quantum fisika ??
    ~We Are JANNE!!!~

  6. #6

    Join Date
    May 2008
    Location
    behind you..
    Posts
    1,534
    Thank(s)
    0/15,410
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    8

    Default

    "now i am become death, the destroyer of worlds.."

    itu yang gua inget dari oppenheimer, waktu project manhattan..
    kalo yang laen bengkok, kenapa gua musti lurus?
    ( ) pilih bengkok
    ( ) pilih [sok] lurus

  7. #7

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    k thx bai
    Posts
    1,606
    Thank(s)
    0/21,649
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    8

    Default

    einstein ya.... gw ada sih artikel einstein, bentar gw cari

    einstein dan Bom atom
    -=======================================-

    Albert Einstein : Genius Pembuka Tabir Misteri Alam



    Manusia bumi abad 20 lalu yang paling besar jasanya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia mungkin adalah Albert Einstein (AE). Dengan teori relativitasnya – baik teori relativitas umum dan teori relativitas khusus – berikut rumus matematisnya yang dahsyat itu: E = mc2, AE telah berhasil menjawab fenomena-fenomena alam yang belum mampu dijawab oleh teori fisika yang dihasilkan oleh pendahulunya, Isaac Newton dan kawan-kawan.
    AE dilahirkan pada hari Jumat tanggal 14 Maret 1879 di kota Ulm, sebuah kota makmur di selatan Jerman, sebagai putera pertama dan satu-satunya putera dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline Koch. Tahun 1880, keluarganya pindah ke Munich dan di kota ini ayah dan pamannya membuka toko kimia elektro. AE tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat, tergolong anak yang pendiam, agak penyendiri, gemar membaca – sejak kecil AE gemar melahap buku-buku yang tergolong ”serius dan berat” –, mendengarkan musik, dan tidak menyukai olahraga yang penuh aturan. Wataknya yang keras membuat AE lebih banyak belajar sendiri di rumah atau di laboratorium pribadinya. AE juga menyukai kegiatan berlayar – yang membuatnya merasa tenang dengan menikmati alam – dan pandai memainkan biola. AE merupakan pasangan duet yang hebat dengan ibunya yang pandai memainkan piano.
    Minat dan kecintaannya pada fisika dimulai pada saat ia berusia lima tahun. Saat ia terbaring lemah di tempat tidur akibat penyakit yang dideritanya, ayahnya memberikan hadiah sebuah kompas. Kebesaran dan keagungan alam semesta yang terefleksi dalam sebuah kompas mempesonanya dan membulatkan tekadnya untuk menguak segala tabir misteri yang berada di balik segala fenomena alam.
    Walaupun tidak begitu menyukai kegiatan di bangku sekolah, AE tetap mampu berprestasi dengan sangat baik, menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1900. Setelah dua tahun menganggur, akhirnya AE memperoleh pekerjaan di kantor paten di Swiss. Sambil menekuni kesibukannya di kantor paten – bahkan pernah ia dinobatkan sebagai Best Employer oleh atasannya – AE tidak pernah melupakan janji kepada dirinya sendiri untuk berkarir di bidang pengembangan ilmu pengetahuan khususnya fisika.
    Tahun 1905, terbitlah empat tulisannya tentang teori relativitas dalam majalah sains Annalen der Physik. Tulisannya ini mengundang banyak kontroversi dan perdebatan di antara para ilmuwan ternama saat itu. Salah satu tulisannya tersebut diselesaikannya dalam lima minggu setelah mengendap dalam pikirannya sejak AE berusia 16 tahun! Bukan main!
    Tahun 1909, AE diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich. Tahun 1915, AE menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Penghargaan tertinggi atas kerja kerasnya sejak kecil terbayar dengan diraihnya Hadiah Nobel pada tahun 1921 di bidang ilmu fisika. AE juga mengembangkan teori kuantum dan teori medan menyatu. Tahun 1933, AE beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat karena khawatir kegiatan ilmiahnya – baik sebagai pengajar ataupun sebagai peneliti – terganggu. Tahun 1941, ia mengucapkan sumpah sebagai warga negara Amerika Serikat. Karena ketenaran dan ketulusannya dalam membantu orang lain yang kesulitan, AE ditawari menjadi presiden Israel yang kedua. Namun jabatan ini ditolaknya karena ia merasa tidak mempunyai kompetensi di bidang itu. Akhirnya pada tanggal 18 April 1955, AE meninggal dunia dengan meninggalkan karya besar yang telah mengubah sejarah dunia. Kendati begitu, AE sempat menangis pilu dalam hati karena karya besarnya – teori relativitas umum dan khusus – digunakan sebagai inspirasi untuk membuat bom atom. Bom inilah yang dijatuhkan di atas kota Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II berlangsung.
    Teori relativitas umum pada dasarnya berbicara tentang ruang alam semesta yang melengkung. Hal ini dibuktikan oleh dua orang ilmuwan yang penasaran melalui foto cahaya bintang yang menyimpang dari yang seharusnya. Teori relativitas khusus berbicara tentang hukum fisika berlaku sama untuk semua pengamat selama mereka bergerak dengan kecepatan konstan pada arah yang tetap. Hal ini dapat kita buktikan sendiri. Misalnya kita berdiri di peron dan melihat seseorang menggigit rotinya dua kali di dalam gerbong kereta Bagi kita yang ada di peron, kita mengatakan bahwa ia menggigit rotinya di dua tempat yang berbeda. Namun bagi orang-orang yang ada di dalam gerbong kereta, mereka mengatakan bahwa orang tersebut menggigit rotinya di tempat yang sama alias tidak berpindah tempat. Nah, di sinilah relativitas itu bekerja.
    Mengenai hal ini AE pernah berkelakar. Jika kita duduk di atas panci panas selama satu menit saja, kita akan merasakannya seperti satu jam. Namun, jika kita duduk bersama dengan orang yang kita cintai selama satu jam, kita akan merasakannya seperti satu menit saja.
    AE meninggalkan sebuah wasiat bagi para generasi penerus yang ingin mengikuti jejaknya. Pesannya: ”Persyaratan paling penting bagi orang yang ingin menjadi seperti saya adalah mawas diri dalam hal APA yang dipikirkannya serta BAGAIMANA ia berpikir, bukan dalam hal apa yang dikerjakannya atau dialaminya”. Inilah pesan yang sangat berharga bagi kita semua.


    Sumber : Sinar Harapan (22 Februari 2001)
    Last edited by setans24; 08-01-2009 at 03:42 PM.
    The Cake is a Lie

  8. #8

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Purwokerto
    Posts
    1,773
    Thank(s)
    0/8,568
    Rep Power
    7

    Default

    wow..
    pesan terakhirnya dalem..
    haha..
    AE jenius, bisa mikir yg orang makan roti dalam peron yg sedang berjalan dilihat dr 2 sudut pandang yg berbeda..
    :onion-11: koq bisa pada jaman dulu dia sudah mikir begitu...

  9. #9

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    1,424
    Thank(s)
    0/2,206
    Rep Power
    6

    Default

    gw pernah baca nih buku ny di perpus skul gw dulu
    gw baca di buku ny dy nyesel bgd kan buat bom atom?

  10. #10

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Hakurei Shrine
    Posts
    8,765
    Thank(s)
    0/6,431
    Rep Power
    44

    Default

    ^paling nggak bom Atom jadi penutup perang dunia dua...

    tp sekarang pengembangannya banyak digunain buat kepentingan manusia kan, seperti bikin reaktor nuklir

    Even if you do not forgive the world, I will forgive you.
    So please tell me. What will it take for you, to forgive me?

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia