Results 1 to 10 of 10

Thread: Membedakan Antiseptik dan Disinfektan
http://idws.in/125961

  1. #1

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    5,330
    Thank(s)
    0/2,358
    Blog Entries
    38
    Rep Power
    9

    Lightbulb Membedakan Antiseptik dan Disinfektan

    Orang kadang salah kaprah menyamakan antiseptik dan disinfektan. Memang meski keduanya bisa membasmi mikroorganisme tapi sebenarnya keduanya dipakai untuk hal berbeda.


    Persamaannya, kedua zat kimia ini bisa membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit
    dan infeksi. Tapi intinya antiseptik digunakan untuk menyingkirkan kuman di kulit yang hidup, sedangkan disinfektan menyingkirkan kuman di benda yang mati
    .

    Tapi disinfektan kadang digunakan juga sebagai antiseptik untuk manusia asalkan dosisnya tepat karena kalau dosisnya terlalu tinggi bisa membuat keracunan hingga kematian.

    Kandungan yang ada di dalamnya memiliki peran berbeda sehingga penerapannya harus tepat agar tidak menimbulkan efek apapun.

    Cara kerja dari antiseptik dan disinfektan memang sama, yaitu senyawa yang terkandung di dalamnya akan menembus dinding sel organisme seperti bakteri.

    Nantinya cara kerja di dalam sel tersebut tergantung dari senyawa yang terkandung di dalam antiseptik dan disinfektan tersebut. Pada umumnya senyawa ini akan mengganggu metabolisme sel atau mengubah permeabilitas dari dinding sel mikroorganisme.

    Dikutip dari Livestrong, Sabtu (30/10/2010) ada beberapa perbedaan antara antiseptik dengan disinfektan, yaitu:

    Antiseptik
    Zat kimia ini penggunaannya diterapkan pada kulit yang hidup atau jaringan tertentu untuk mencegah terjadinya infeksi dan umumnya tidak terlalu toksik, sehingga tidak berbahaya bagi kulit.
    Antiseptik biasanya digunakan saat seseorang mencuci tangan atau sebelum melakukan operasi.
    Antiseptik biasanya mengandung alkohol, chlorhexidine dan anilides.

    Disinfektan
    Penggunaan senyawa ini diterapkan pada permukaan, peralatan atau benda mati lainnya, sehingga kadarnya lebih toksik. Jika salah digunakan bisa menyebabkan pengerasan kulit, luka serta peradangan.
    Desinfektan sering digunakan untuk peralatan pembersih rumah tangga.
    Desinfektan mengandung glutaraldehhid, vantocil, ftalaldehida dan formaldehida.

    Meski demikian ada beberapa mikroorganisme yang tidak memberikan respons terhadap semua antiseptik dan juga disinfektan, hal ini biasanya karena mikroorganisme tersebut sudah resisten atau mengalami mutasi.

    Karena itu hal pertama yang harus dipahami sebelum menggunakan antiseptik atau disinfektan adalah mengetahui mikroorganisme apa yang ingin dibasmi dan dimana mikroorganisme tersbeut tumbuh. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping yang mungkin dapat merugikan atau berbahaya tubuh.

    sumber:detikHealth
    Last edited by smkosasih; 25-09-2011 at 04:04 PM.

  2. #2

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    lahacia~
    Posts
    4,854
    Thank(s)
    1/49,418
    Rep Power
    14

    Default



    mau nambahin..
    contoh antiseptik: Alkohol 85%
    biasanya disemprotkan pada pekerja-pekerja di pabrik makanan/minuman sebelum masuk ke ruang produksi.

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Sica's Heart
    Posts
    845
    Thank(s)
    0/548
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by Inesu View Post


    mau nambahin..
    contoh antiseptik: Alkohol 85%
    biasanya disemprotkan pada pekerja-pekerja di pabrik makanan/minuman sebelum masuk ke ruang produksi.
    eeh iyaa kah ?
    biar apa kaya gitu ? biar gak terkontaminasi makanan ato minumannya ?

  5. #4

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    lahacia~
    Posts
    4,854
    Thank(s)
    0/49,418
    Rep Power
    14

    Default

    Quote Originally Posted by coolasice View Post
    eeh iyaa kah ?
    biar apa kaya gitu ? biar gak terkontaminasi makanan ato minumannya ?
    Yup.
    Spy makanan atau minumannya tidak terkontaminasi oleh mikroorganisme, shg mikroorganisme nya tidak menghasilkan racun yang berbahaya bagi manusia.

  6. #5

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    INONESIA
    Posts
    1
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Thumbs up

    Gud-gud-gud inpone..
    Tambah gamblang neh dpt pencerahan.
    so kita bisa berhati" dalam menggunakan kedua jenis pembunuh mikroba itu.
    ada cerita neh. dulu di tempatku ada keluarga yang menggunakan insektisida untuk membunuh kutu rambut, krena kurang ati" dalam penggunaan mengakibatkan kematian sang anak...
    Last edited by prames; 31-10-2010 at 08:15 PM.

  7. #6

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    123
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    berarti Disinfektan itu kayak pembersih pakaian gt ya gan CMIW

  8. #7

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Semarang
    Posts
    199
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    ^
    ^
    wew..., insektisida buat mbunuh kutu...,ckck

    lha ada obat kutu buat apa coba?

    salah kaprah nih...

    btw nice info gan...

  9. #8

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Bekasi
    Posts
    5,330
    Thank(s)
    0/2,358
    Blog Entries
    38
    Rep Power
    9

    Default

    Quote Originally Posted by prames View Post
    Gud-gud-gud inpone..
    Tambah gamblang neh dpt pencerahan.
    so kita bisa berhati" dalam menggunakan kedua jenis pembunuh mikroba itu.
    ada cerita neh. dulu di tempatku ada keluarga yang menggunakan insektisida untuk membunuh kutu rambut, krena kurang ati" dalam penggunaan mengakibatkan kematian sang anak...
    make insektisida untuk bunuh kutu rambut..
    itumah membunuh kutu rambut sekaligus inangnya(manusia) kutu rambut..


  10. #9

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    Sica's Heart
    Posts
    845
    Thank(s)
    0/548
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by prames View Post
    Gud-gud-gud inpone..
    Tambah gamblang neh dpt pencerahan.
    so kita bisa berhati" dalam menggunakan kedua jenis pembunuh mikroba itu.
    ada cerita neh. dulu di tempatku ada keluarga yang menggunakan insektisida untuk membunuh kutu rambut, krena kurang ati" dalam penggunaan mengakibatkan kematian sang anak...
    koq pake insektisida
    itu seh dari pertama emang udah niat mau bunuh orang.. gilaa aja pake obatnya gak kira2 gitu
    kurang ati2nya gimana itu gan ?

  11. #10

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,800
    Thank(s)
    1/24,563
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Ya betul memang beda.

    Dulu dosen ngajarin cara mengingat bedanya antiseptik dan desinfektan.

    Antiseptic is for alives.
    Desinfectant is for deads.

    Back to my origin. Antara ngeleech & ngecek update --> tentunya, tanpa account VIP portal.

  12. Who Said Thanks:


Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia