Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 41

Thread: Bagaimana Cara Agar Kentut Tidak Bau?
http://idws.in/127489

  1. #1

    Join Date
    Sep 2010
    Location
    Ciamis
    Posts
    451
    Thank(s)
    1/30
    Rep Power
    0

    Default Bagaimana Cara Agar Kentut Tidak Bau?

    Kentut, sesuatu yang selalu hadir di keseharian kita. Kadang terdengar "nyaring", kadang pelan, kadang berbau dan terkadang juga tanpa bau. Namun tahukah Anda apa kentut itu sebenarnya? Apa manfaatnya bagi tubuh dan orang yang menghirupnya? Baca terus artikel ini.

    Bukan angin sembarang angin. Angin yang satu ini antara benci dan rindu. Benci bila ada orang yang mengeluarkannya. Rindu bila sudah seharian tidak merasakannya. Dan cemas, bila sudah dua minggu tidak mengeluarkannya. Namun yang jelas, semua orang pasti memerlukannya.

    Sebenarnya kentut adalah jalinan proses pengeluaran gas yang berlebihan dari dalam usus melalui anus. Dan ini lebih sering terjadi saat menjelang buang air besar. Banyak faktor yang menentukan tingkat keseringan kentut seseorang. Salah satunya adalah dari pola makan yang biasa dilakukan dan juga pengaruh dari obat-obatan tertentu seperti antibiotik misalnya.

    Seberapa normalkan kentut seseorang yang sehat? Secara rata-rata frekuensi kentut seseorang yang sehat sekitar 10 sampai 14 kali dalam sehari. Dan bila ditampung, volume angin yang diproduksi setiap kali kentut antara 400 sampai *1.600 ml per hari.

    Proses terjadinya Kentut
    Kentut berawal dari proses pencernaan di dalam perut kita. Saat proses pencernaan dan penyerapan makanan terjadi dalam usus halus, makanan yang tidak bisa dicerna serta sulit diserap tubuh akan dibuang ke usus besar atau kolon. Nah, di dalam usus besar ini lah terjadi proses fermentasi yang antara lain menghasilkan sejumlah gas yang dibantu oleh sejumlah bakteri yang bermukin di usus.

    Bila kita mengacu pada proses yang terjadi tersebut, bisa disimpulkan bahwa semakin banyak seseorang mengonsumsi jenis makanan yang sulit dicerna usus, maka semakin meningkat pula proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri. Akibatnya produksi gas pun meningkat. Jenis gas yang diproduksi dalam usus antara lain karbondioksida (CO2), hidrogen (H2) dan metan. Kendati ada pula sumber gas dalam usus yang berasal dari udara luar, seperti nitrogen (N2) dan oksigen (O2). Udara luar ini dapat ikut tertelan akibat aktivitas makan yang tidak benar. Yakni kebiasaan mengunyah permen karet, pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, dan sebagainya.

    Sumber Aroma Bau Kentut
    Secara umum, tidak semua kentut mengeluarkan bau kurang sedap. Terjadinya bau yang kurang sedap saat kentut lebih sering diakibatkan oleh adanya proses pembusukan oleh metabolisme bakteri dalam usus besar seprti bau asam akibat mengonsumsi makanan yang tidak sesuai kemampuan organ pencernaannya. Selain itu, makanan berbau tajam seperti petai, durian nangka dan cempedak juga dapat menyebabkan kentut berbau.

    Berdasarkan penelitian, kentut yang tidak berbau lazimnya terdiri atas 5 komponen gas, yakni gas nitrogen, oksigen, hidrogen, metan dan karbondioksida. Kelima gas inilah yang merupakan porsi terbesar dalam kentut. Nah, bila kentut yang berbau, biasanya ada tambahan gas-gas lain yang mengiringi seperti skatol, indol, hidrogen sulfida, dan asam lemak rantai pendek. Gas-gas ini walaupun terdapat dalam jumlah kecil mampu menimbulkan bau yang menusuk hidung.

    Cara Agar Kentut Tidak Bau

    Ada tips pribadi penulis yang bisa dishare disini seputar bagaimana cara agar kentut tidak berbau, yakni dengan buang air besar sesering mungkin. Sisa makanan yang terlalu lama terkurung di dalam usus besar yang sudah berbentuk kotoran, seperti halnya sampah tentu menghasilkan bau yang kurang sedap. Bila tinja ini cepat dibuang, maka usus besar akan cepat kosong dan gas yang ada di dalamnya pun cepat keluar. Namun bila tinja di dalam usus besar ini terlalu lama dipendam dan tidak juga dikeluarkan dalam waktu maksimal 18 jam, maka bau gas akan semakin menumpuk dan menyengat. Sehingga saat kita akan kentut, gas yang seharusnya keluar tidak berbau, akan diboncengi oleh bau kototan yang belum dibuang tadi. Hasilnya kentut akan bau.
    Anda bisa uji coba pengalaman penulis ini. Coba Anda dalam sehari itu buang air besar minimal 2 kali sehari yakni pagi dan malan, niscaya kentut Anda tidak akan berbau. Namun coba pula untuk tidak buang air besar lebih dari sehari, apalagi ditambah sampai tiga hari.... wah, silahkan Anda bedakan hasilnya. Jangankan Anda, semut dan cicak yang ada di sekitar Anda pun akan cepat mengungsi dibuatnya, dikira wedhus gembel gunung Merapi tahap kedua :)

    Show Sumber
    http://health.indexarticles.com/2010...tidak-bau.html


    Maaf kalo

    cuma ingin share gan.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    -RI-
    Posts
    1,224
    Thank(s)
    0/2,893
    Rep Power
    6

    Default

    jangan makan telur kebanyakan dan makan bawang, ntr bed smell bgt.
    jangan kebanyakan makan ubi, ntr ngeboom mulu.

    yang rutin PUP biar pencernaan bagus dan tidak bau pas entut.

    sgtu tambahan dari saya
    No signature

  4. #3

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    kota hujan
    Posts
    904
    Thank(s)
    0/126
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    5

    Default

    kalau mau kentutnya ga bau itu jadi vegetarian kayak bokap gw
    makan buah rutin n minum air cukup!
    kentutnya sering tapi ga bau!

    beda banget sama gw yg suka makan sambel, ngebaso, dll...
    beuuhh....

  5. #4

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Earth 99
    Posts
    17,351
    Thank(s)
    0/5,883
    Rep Power
    16

    Default

    kl pengalaman sy sih..., supaya kentut ngg bau tu makan sayur2an...
    trus ingat kl pengen boker jangan ditahan2... itu yg mengakibatkan kentut menjadi bau...
    btw... gan...
    *LIFE IS ADVENTURES**IDWS_RyuZekaE_SS*

  6. #5

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    bandung
    Posts
    50
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    nice info gan, iy emg bgs t kalo buang air besar lancar....

  7. #6

    Join Date
    Sep 2010
    Location
    yogyakarta
    Posts
    207
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    klo kentut ga bau, jadinya kurang asik......kan kentut identik dengan bau. klo kentut ga bau, eksistensi kentutnya dipertanyakan... (apaan niy, ga jelas..) hehehehe

  8. #7

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    ujan trus..
    Posts
    29
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    biasanya yg bau itu malah yg tidak berbunyi gan ..cuma Psssst..:))

  9. #8

    Join Date
    Jul 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    465
    Thank(s)
    0/1,216
    Rep Power
    0

    Default

    bener..kl buang air besarnya rutin setiap hari, umumnya bau kentutnya normal..
    ama perhatiin isi makanannya juga..
    kl konsumsi telur, contohnya, yaa bau juga..

    ama kl kentut gak ada bunyinya juga lebih bau daripada yang bunyi tuh...

  10. #9

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    SM Family
    Posts
    289
    Thank(s)
    0/982
    Rep Power
    0

    Default

    thanks infonya...
    gw klo kentut emg gk bau sih..

    tpi baru tau klo ternyata kentut itu ada manfaatnya. XD

  11. #10

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    Bedroom
    Posts
    249
    Thank(s)
    0/6
    Rep Power
    0

    Default

    tidak berbunyi lebih susah, kalo di ruangan yang sunyi, tiba tiba, "prett" gak lucu kan...

Page 1 of 5 12345 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia