Results 1 to 8 of 8

Thread: Cara Mengitung Upah Lembur (Buat Yang Sudah Kerja)
http://idws.in/127607

  1. #1

    Join Date
    May 2009
    Location
    HUTAN RIMBA
    Posts
    5,293
    Thank(s)
    1/28,562
    Rep Power
    31

    Default Cara Mengitung Upah Lembur (Buat Yang Sudah Kerja)

    Cara Menghitung Upah Lembur

    Dasar yang dipakai dalam perhitungan ini adalah Keputusan Menakertrans NOMOR KEP. 102/MEN/VI/2004 TENTANG WAKTU KERJA LEMBUR DAN UPAH KERJA LEMBUR
    Yang dimaksud upah lembur adalah upah yang berhak diterima oleh pekerja atau buruh diluar waktu kerja yang telah ditentukan, yakni melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 8 (delapan) jam sehari, dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau upah yang diterima pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah.

    Upah lembur dihitung per-jam.

    Untuk mengetahui berapa upah lembur per-jam, maka harus diketahui dulu berapa upah pokok kita:
    (1) Jika upah pekerja/buruh dibayar secara harian, maka penghitungan besarnya upah sebulan adalah upah sehari dikalikan 25 (dua puluh lima) bagi pekerja/buruh yang bekerja 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau dikalikan 21 (dua puluh satu) bagi pekerja/buruh yang bekerja 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
    (2) Jika upah pekerja/buruh dibayar berdasarkan satuan hasil, maka upah sebulan adalah upah rata-rata 12 (dua belas) bulan terakhir.
    (3)Dalam hal pekerja/buruh bekerja kurang dari 12 (dua belas), maka upah sebulan dihitung berdasarkan upah rata-rata selama bekerja dengan ketentuan tidak boleh lebih rendah dari upah minimum.
    Cara perhitungan upah kerja lembur sebagai berikut :
    Upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.
    Angka 1/173 didasarkan pada perhitungan sbb:
    Dalam satu tahun ada 52 minggu
    Jadi dalam 1 bulan = 52/12 = 4,333333 minggu.
    Total jam kerja/minggu = 40 jam
    Jadi Total jam kerja dalam 1 bulan = 40 X 4,33 = 173,33 dibulatkan menjadi 173 jam maka untuk menghitung upah per jam yaitu upah perbulan / 173
    Misal Upah jam sebulan Mr. James adalah Rp. 1.300.000,- maka upah se-jam Mr.James adalah 1.300.000 / 173 = 7.514.,5
    Upah yang dijadikan patokan dalam penghitungan upah lembur adalah GP (gaji pokok) ditambah Tunjangan Tetap, sementara Tunjangan Tidak Tetap tidak bisa dipakai sebagai dasar perhitungan upah lembur.
    Untuk memudahkan perumusan maka secara simpel boleh kita rumuskan sbb:
    L1 = 1,5 kali upah sejam
    L2 = 2 kali upah sejam.
    L3 = 3 kali upah sejam.
    L4 = 4 kali upah sejam

    Melihat rumusan diatas maka perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 6 hari dapat dilihat sbb;
    1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
    1 Jam pertama dihitung (L1), 6 jam berikutnya dihitung (L2)
    2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka :
    7 (tujuh) jam pertama dihitung (L2) jam ke 8 (delapan) dihitung (L3) dan jam ke 9 (sembilan) dst dihitung (L4)

    Sementara perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 5 hari dapat dilihat sbb;
    1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
    1 Jam pertama dihitung (L1), jam berikutnya dihitung (L2)
    2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka : 8 (delapan) jam pertama dihitung (L2) jam ke 9 (sembilan) dibayar (L3) dan jam ke 10 (sepuluh) dst dihitung (L4)

    Contoh penghitungan:
    gaji pokok :695.900
    tunjangan tetap : 232.000
    tunjangan kehadiran : 35.200/hari x 26 hari = 915.200
    Upah anda/bulan = 1.843.100
    uang lembur perjam = 1.843.100 :173 = 10.653

    jika tiap hari selama 26 hari anda lembur 3 jam maka
    L1 = 1 x 26 x 1.5 x 10.653 = 415.467
    L2 = 2 x 26 x 2 x 10.653 = 1.107.912
    maka uang lembur anda selama sebulan = 1.523.379

    hitungan lembur hari minggu
    kasus = anda kerja di hari minggu selama 12 jam, berapa uang kerja lembur anda ?

    L2 sebanyak 8 jam
    L3 sebanyak 1 jam
    L4 sebanyak 3 jam

    L2= 8 x 2 x 10.653 = 170.488
    L3= 1 x 3 x 10.653 = 31.959
    L4= 3 x 4 x 10.653 = 127.836
    uang lembur anda = 330.283

    keterangan = beberapa perusahaan punya kebijakan lembur sendiri

    semoga bermanfaat

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    mana aja boleh
    Posts
    51
    Thank(s)
    0/218
    Rep Power
    0

    Default

    wow.. nice share kk..
    berguna nih bwt yg belum tau perhitungan lembur seperti sayah.. hehe..

    ijin copy trus print bwt bahan rapat hehe.

  4. #3

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    bandung
    Posts
    119
    Thank(s)
    0/112
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by eXcImEr View Post
    Cara Menghitung Upah Lembur

    Dasar yang dipakai dalam perhitungan ini adalah Keputusan Menakertrans NOMOR KEP. 102/MEN/VI/2004 TENTANG WAKTU KERJA LEMBUR DAN UPAH KERJA LEMBUR
    Yang dimaksud upah lembur adalah upah yang berhak diterima oleh pekerja atau buruh diluar waktu kerja yang telah ditentukan, yakni melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 8 (delapan) jam sehari, dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau upah yang diterima pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah.

    Upah lembur dihitung per-jam.

    Untuk mengetahui berapa upah lembur per-jam, maka harus diketahui dulu berapa upah pokok kita:
    (1) Jika upah pekerja/buruh dibayar secara harian, maka penghitungan besarnya upah sebulan adalah upah sehari dikalikan 25 (dua puluh lima) bagi pekerja/buruh yang bekerja 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau dikalikan 21 (dua puluh satu) bagi pekerja/buruh yang bekerja 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
    (2) Jika upah pekerja/buruh dibayar berdasarkan satuan hasil, maka upah sebulan adalah upah rata-rata 12 (dua belas) bulan terakhir.
    (3)Dalam hal pekerja/buruh bekerja kurang dari 12 (dua belas), maka upah sebulan dihitung berdasarkan upah rata-rata selama bekerja dengan ketentuan tidak boleh lebih rendah dari upah minimum.
    Cara perhitungan upah kerja lembur sebagai berikut :
    Upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.
    Angka 1/173 didasarkan pada perhitungan sbb:
    Dalam satu tahun ada 52 minggu
    Jadi dalam 1 bulan = 52/12 = 4,333333 minggu.
    Total jam kerja/minggu = 40 jam
    Jadi Total jam kerja dalam 1 bulan = 40 X 4,33 = 173,33 dibulatkan menjadi 173 jam maka untuk menghitung upah per jam yaitu upah perbulan / 173
    Misal Upah jam sebulan Mr. James adalah Rp. 1.300.000,- maka upah se-jam Mr.James adalah 1.300.000 / 173 = 7.514.,5
    Upah yang dijadikan patokan dalam penghitungan upah lembur adalah GP (gaji pokok) ditambah Tunjangan Tetap, sementara Tunjangan Tidak Tetap tidak bisa dipakai sebagai dasar perhitungan upah lembur.
    Untuk memudahkan perumusan maka secara simpel boleh kita rumuskan sbb:
    L1 = 1,5 kali upah sejam
    L2 = 2 kali upah sejam.
    L3 = 3 kali upah sejam.
    L4 = 4 kali upah sejam

    Melihat rumusan diatas maka perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 6 hari dapat dilihat sbb;
    1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
    1 Jam pertama dihitung (L1), 6 jam berikutnya dihitung (L2)
    2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka :
    7 (tujuh) jam pertama dihitung (L2) jam ke 8 (delapan) dihitung (L3) dan jam ke 9 (sembilan) dst dihitung (L4)

    Sementara perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 5 hari dapat dilihat sbb;
    1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
    1 Jam pertama dihitung (L1), jam berikutnya dihitung (L2)
    2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka : 8 (delapan) jam pertama dihitung (L2) jam ke 9 (sembilan) dibayar (L3) dan jam ke 10 (sepuluh) dst dihitung (L4)

    Contoh penghitungan:
    gaji pokok :695.900
    tunjangan tetap : 232.000
    tunjangan kehadiran : 35.200/hari x 26 hari = 915.200
    Upah anda/bulan = 1.843.100
    uang lembur perjam = 1.843.100 :173 = 10.653

    jika tiap hari selama 26 hari anda lembur 3 jam maka
    L1 = 1 x 26 x 1.5 x 10.653 = 415.467
    L2 = 2 x 26 x 2 x 10.653 = 1.107.912
    maka uang lembur anda selama sebulan = 1.523.379

    hitungan lembur hari minggu
    kasus = anda kerja di hari minggu selama 12 jam, berapa uang kerja lembur anda ?

    L2 sebanyak 8 jam
    L3 sebanyak 1 jam
    L4 sebanyak 3 jam

    L2= 8 x 2 x 10.653 = 170.488
    L3= 1 x 3 x 10.653 = 31.959
    L4= 3 x 4 x 10.653 = 127.836
    uang lembur anda = 330.283

    keterangan = beberapa perusahaan punya kebijakan lembur sendiri

    semoga bermanfaat


    wah..hebat uy, begono toh?!
    sebenernya hak sebagai pekerja lumayan gede juga ya?
    cuma sayang, kebanyakan perusahaan di Indonesia mempunyai kebujakan masing2, pa lagi perusahaan keluarga, bisa seenaknya aja...'kalo mau segini, syukur...klo ga mau, ya silahkan Anda cari lagi yg lain...' begono...

  5. #4

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    masih di bumi i
    Posts
    735
    Thank(s)
    0/560
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    0

    Default

    amat bermanfaat buat yang mulai baru bekerja...

  6. #5

    Join Date
    Jul 2010
    Location
    Bubulak Station
    Posts
    585
    Thank(s)
    0/6,781
    Rep Power
    5

    Default

    KK monyet,

    Gimana triknya supaya punya nilai tawar bargaining pada Perusahaan yah,

  7. #6

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Depok
    Posts
    231
    Thank(s)
    0/28
    Rep Power
    0

    Default

    Et...deh..Ribet
    pantesan,dulu pernah tanya sama atasan mengenai itungan lembur,pas jelasin gw gak mudeng pisan

    hemm......itunganya emang sengaja di buat susah kali yaa,biar pegawai gak itung Uang lemburan terus

  8. #7

    Join Date
    May 2009
    Location
    JAKARTA
    Posts
    1,568
    Thank(s)
    0/15,200
    Rep Power
    8

    Default

    hatur nuhun kk... jd bisa ngitung sendiri dech lemburannya...

  9. #8

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    xxx™
    Posts
    5,402
    Thank(s)
    0/30,201
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    25

    Default

    waaaaa...
    tapi beda sm tmpat ku perhitunganny

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia