Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 25

Thread: Kata"secara" ... apa sih artinya ????
http://idws.in/142739

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    472
    Thank(s)
    0/98
    Rep Power
    0

    Exclamation Kata"secara" ... apa sih artinya ????

    Penggunaan Istilah “Secara” Dalam Bahasa Gaul

    Belakangan ini saya sering mendengar suatu percakapan yang menggunakan kata “secara” sebagai pengganti kata “karena” Misalnya: “Saya lebih memilih Joni dibanding Anto, secara Joni lebih baik dalam berperilaku dan memiliki senyum yang menawan.”

    Saya tidak tahu sejak kapan muncul istilah yang menurut saya baru dan tidak baku dalam tata bahasa Indonesia. Kata “secara” dalam tata bahasa Indonesia yang baku ada 4 definisi, seperti yang tertulis di Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu:
    1. Berarti “sebagai” atau “selaku” misalnya: “Hendaknya kamu bertindak secara laki-laki.”
    2. Berarti “menurut” dalam hal ini berhubungan dengan adat dan kebiasaan, misalnya: “Perkawinan Togar akan dilaksanakan secara adat di Medan.”
    3. Berarti “dengan cara”, misalnya: “Kasus pembunuhan itu akan diselesaikan secara hukum.”
    4. Berarti “dengan”, misalnya: “Tema itu diuraikan secara ringkas oleh Pak Tedy.”

    Nah, tapi yang sering saya dengar belakangan kata “secara” memiliki arti yang bergeser dari keempat definisi di atas, yaitu memiliki definisi “karena”. Ya mungkin inilah yang disebut bahasa gaul, biar tidak merasa ketinggalan zaman kadang orang ikut-ikutan sok gaul. Budaya kita ini kan selalu niru-niru, ironisnya asal mengikuti tanpa mengerti maknanya sesungguhnya.

    Pernahkah anda mendengarnya juga? Anda bisa berbagi juga apabila pernah mendengarnya. Bagi yang belum pernah mendengar, anda bisa coba amati percakapan yang ada di sekitar anda atau di radio juga sering terdengar penggunaan kalimat tersebut.

    By: Budy Snake

    Indonesian Language Observer

    diambil dari :
    http://mertanus.wordpress.com/2007/0...m-bahasa-gaul/

    Sering kali ketemu forumnetters ini yang menggunakan kata2 secara dengan arti seperti di atas ... SEkarang malah dari netters sampai penyiar tv atau radio sering memakainya... apa ini akan merusak tatanan EYD yang telah dibakukan sejak 1972 ????
    Ada baiknya jika ingin menggunakan istilah baru dengan jargon atau singkatan bukan merusak tatanan kata yang telah ada dan menimbulkan ambiguitas....
    Last edited by s4ndy78; 10-02-2011 at 07:47 AM.

  2. #2

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    472
    Thank(s)
    0/98
    Rep Power
    0

    Default

    Ada lagi makna baru...

    Kalo di sana sih dijelaskan arti kata “secara” yang dimaksud remaja saat ini adalah “mengingat”. Mungkin saya bisa beri contoh : “Secara kita semua adalah orang Indonesia…” itu sama artinya dengan “Mengingat kita semua adalah orang Indonesia …”


    sooo... benar2 membingungkan, jangan sampai ada ambiguitas lagi, bahasa Indonesia harus diselamatkan...

  3. #3

    Join Date
    Jan 2011
    Location
    mo tauuu ajah..
    Posts
    535
    Thank(s)
    0/5,777
    Rep Power
    4

    Default

    itu sih buat lucu-lucuan aja sepertinya. "secara" namanya anak muda gitu loh. ups.

    kayaknya sih nyontek dialognya sinetron Jomblo yang sering pake kata "daripada" ato dialog di film Alangkah Lucunya Negeriku yang sering pake kata "adalah" secara berlebihan.

  4. #4

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    472
    Thank(s)
    0/98
    Rep Power
    0

    Default

    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D
    Last edited by s4ndy78; 10-02-2011 at 08:14 AM.

  5. #5

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    BOGOR-JAKARTA
    Posts
    2,366
    Thank(s)
    0/5,278
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    7

    Default

    Jiailah...masih aja mikirin EYD...

    pada tempat&saat yg tepat,EYD pasti tetep dipake qo,jadi gak usah parno gitu,
    biarin aja org mao make bahasa apa ke',itu kan hak asasi mereka untuk berkomunikasi&bersosialisasi...

    ya secara gittccuu lloooccchhh...

  6. #6

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    at Soshi's
    Posts
    972
    Thank(s)
    0/545
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    bener bangett.. secara gw jg ngomongnya gitu.. ngga tau aja dari mana munculnya..wakkakka..
    ~~Live Like Princess.. Dream Like Fairytale~~

  7. #7

    Join Date
    Jan 2011
    Location
    mo tauuu ajah..
    Posts
    535
    Thank(s)
    0/5,777
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by s4ndy78 View Post
    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D
    kan bukan anak SD lagi kk. diplesetin dikit gak apa-apa khan. yang penting yang diajak ngomong ngerti apa maksud ane. pake bahasa sms ato alay juga gak pa pa.

  8. #8

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    no maden
    Posts
    18,558
    Thank(s)
    2/26,514
    Blog Entries
    8
    Rep Power
    37

    Default

    Quote Originally Posted by s4ndy78 View Post
    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D

    klo anak alay d kasih pertanyaan kek gini pasti pilihannya C

  9. Who Said Thanks:


  10. #9

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    House of Sun
    Posts
    10,198
    Thank(s)
    0/132,194
    Rep Power
    25

    Default

    berarti kamus nya harus direvisi, ditambahkan, ditelaah, dicetak ulang, dan disosialisaikan kembali

    mgkn sekalian tambahin bahasa alay

    Quote Originally Posted by s4ndy78 View Post
    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D
    sama aja kaya kalau dalam kasus yg u contohin di post #1

    1. Berarti “sebagai” atau “selaku” misalnya: “Hendaknya kamu bertindak secara laki-laki.”
    2. Berarti “menurut” dalam hal ini berhubungan dengan adat dan kebiasaan, misalnya: “Perkawinan Togar akan dilaksanakan secara adat di Medan.”
    3. Berarti “dengan cara”, misalnya: “Kasus pembunuhan itu akan diselesaikan secara hukum.”
    4. Berarti “dengan”, misalnya: “Tema itu diuraikan secara ringkas oleh Pak Tedy.”
    kalau masing2 dari contoh kasus itu dijadiin soal.
    Misal:
    1. “Hendaknya kamu bertindak ... laki-laki.”
    a. di mana
    b. sebagai
    c. secara
    d. maka
    jawabannya yang mana?

    4.Tema itu diuraikan ... ringkas oleh Pak Tedy.
    a. dengan
    b. sebagai
    c. secara
    d. maka



    Ketimbang ributin penggunaan "secara" yang baru u ketahui ini, gw lebih bingung sama istilah yang lain.
    Contohnya penggunaan kata/istilah "orang"

    Gimana saya bisa tahu, orang saya tidak berada disana..

    ini menurut gw lebih WTF?!!

    Ketimbang penggunaan kata "secara"
    Gimana saya bisa tahu, secara saya tidak berada disana..

    lebih baik secara kan ketimbang orang

    tapi yg uniknya. penggunaan istilah2 tidak masuk akal ini tetap dapat dimengerti oleh kita.
    ya kan?

    pas pertama kali denger, sebagian besar dari kita biasanya bs langsung meng-evaluasi dan menebak arti kata/istilah tersebut.
    jadi ya tidak apa lah. toh masih termasuk komunikasi yang bisa diterima sama orang2 yang terlibat - tidak harus selalu sesuai EYD atau kamus.

    definisi komunikasi yang baik kan bukan menggunakan EYD atau kamus


    Quote Originally Posted by yoshikanji View Post

    klo anak alay d kasih pertanyaan kek gini pasti pilihannya C
    salah

    anak alay ga jawab "C"

    tapi langsung di isi di "..." nya

    diisi “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat 'c0zZ' saya takut ketinggian.”


  11. #10

    Join Date
    Jun 2010
    Posts
    16,982
    Thank(s)
    0/25,884
    Rep Power
    25

    Default

    Quote Originally Posted by s4ndy78 View Post
    Seandainya Anda sedang menghadapi ulangan atau ujian Bahasa Indonesia dan menghadapi soal berikut, apa jawaban Anda?

    Pilih kata penghubung yang tepat untuk kalimat berikut:

    “Saya tidak suka berada di lantai atas gedung bertingkat … saya takut ketinggian.”

    a. di mana

    b. karena

    c. secara

    d. maka

    Saya yakin, seyakin-yakinnya, Anda akan memilih jawaban b. Anak SD juga tahu.

    Namun pada kenyataannya, sekarang ini lebih banyak orang yang menggunakan jawaban c daripada jawaban b untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, baik dalam bahasa lisan maupun dalam tulisan.

    Kalian pilih yang mana ? Secara gitu loh !!..... :D

    beda kata & ucapan, arti sama ya
    YS

    Cardfight!! Vanguard

Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia