Results 1 to 9 of 9

Thread: Tempuyung tanaman obat, sang penghancur batu ginjal, batu kandung kemih alami :D
http://idws.in/165098

  1. #1

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    surabaya
    Posts
    142
    Thank(s)
    0/33
    Rep Power
    0

    Default Tempuyung tanaman obat, sang penghancur batu ginjal, batu kandung kemih alami :D

    http://pernikmuslim.com/blog/manfaat...tempuyung.html

    Tempuyung tumbuh liar di tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tebing-tebing, tepi saluran air atau tanah terlantar, kadang ditanam sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini bisa ditemukan pada daerah yang banyak turun hujan pada ketinggian 50 – 1.650 m dpl.

    Terna tahunan, tegak, 0,6 2 m, mengandung getah putih, dengan akar tunggang yang kuat. Batang berongga dan berrusuk. Daun tunggal, bagian bawah tumbuh dan berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Helai daun berbentuk lanset atau lonjong, ujung runcing, pangkal bentuk jantung, tepi berbagi menyirip tidak teratur, panjang 6 – 48 cm, lebar 3 – 12 cm, warnanya hijau muda. Daun yang keluar dari tangkai bungan bentuknya lebih kecil dengan pangkal memeluk batang, letak berjauhan, berseling. Perbungaan berbentuk bonggol yang tergabug dalam malai, bertangkai, mahkota bentuk jarum, warnanya kuning cerah, lama kelamaan menjadi merah kecoklatan. Buah kotak, berusuk lima, bentuknya memanjang sekitar 4 mm, pipih, berambut, coklat kekuningan.

    Ada keaneka-ragaman tumbuhan ini. Yang berdaun kecil disebut lempung dan yang berdaun besar dengan tinggi mencapai 2 meter disebut rayana. Batang muda dan daun walaupun rasanya pahit bisa dimakan sebagai lalap. Perbanyakan dengan biji.

    Sifat dan Khasiat.
    Tempuyung rasanya pahit dan dingin. Berkhasiat menghilangkan panas dan racun, peluruh kencing (diuretik), penghancur batu (lipotriptik), antiurolitiasis dan menghilangkan bengkak.

    Kandungan Kimia
    Tempuyung mengandung a -laktuserol, b -laktuserol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksasterol.

    Bagian yang digunakan
    Daun atau seluruh tumbuhan
    Indikasi

    Tempuyung dapat mengatasi:
    Batu sakuran kencing dan batu empedu
    Radang usus buntu (apendistis), radang payudara (mastitis)
    Disentri
    Wasir
    Beser mani (spermatorea)
    Darah tinggi (hipertensi)
    Pendengaran berkurang (tuli)
    rematik gout, memar
    bisul, luka bakar.

    Cara Pemakaian
    Daun atau seluruh tumbuhan sebanyak 15-60 g direbus, lalu diminum. Untuk pemakaian luar, herba segar digiling lalu ditempelkan ke tempat yang sakit atau diperas dan airnya untuk kompres bisul, luka bakar dan wasir.

    Efek farmakologis dan Hasil Penenitian
    Penelitian pengaruh ekstrak air dan ekstrak alkohol daun tempuyung terhadap volume urine tikus in vivo dan pelarutan batu ginjal in vitro , menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) daun tempuyung tidak secara jelas mempunyai efek diuretik, namun mempunyai daya melarutkan batu ginjal: 2) daya melarutkan batu ginjal oleh ekstrak air lebih baik dari pada ekstrak alkohol (Giri Hardiyatmo, Fak. Farmasi UGM 1991)

    Praperlakuan flavonoid fraksi asetat daun tempuyung mampu menghambat hepatotoksisitas karbon tetraklorida (CCI 4 ) yang diberikan pada mencit jantan (Atiek Liestyaningsih, Fak. Farmasi UGM 1991)

    Contoh Pemakaian
    Radang Payudara
    Tumbuhan tempuyung segar sebanyak 15g direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 – 3 kali sehari.

    Bisul
    Batang dan daun tempuyung segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Air perasannya digunakan untuk mengompres bisul.

    Darah Tinggi, Kandung Kencing dan Kandung Empedu Berbatu
    Daun tempuyung segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu diasapkan ebentar. Makan sebagai lalap bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari

    Kencing Batu
    Daun tempuyung kering sebanyak 250mg direbus dengan 250 cc air bersih sampai tersisa 150 cc. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Habiskan dalam sehari. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

    Daun tempuyung, daun Advokad (Persea america) , daun sawi tanah (Nasturtium montanum), seluruhnya bahan segar sebanyak 5 lembar, dan 2 jari gula enau dicuci bersih lalu direbus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya . Setelah dingin disaring. Air yang terkumpul diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

    Daun tempuyung dan daun keji beling (Strobilanthes crispus) segar masing-masing 5 lembar, jagung muda 6 buah dan 3 jari gula enau dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 3/4 nya. Setelah dingin disaring, lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

    Pendengaran berkurang (Tuli)
    Herba tempuyung segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air masak. Gilling sampia halus, lalu diperas dengan kain bersih. Airnya diteteskan pada elinga yang tuli. Lakukan 3 – 4 kali sehari.


    Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Indonesia/Dr. Setiawan Dalimartha/Hadi
    Last edited by zz11; 14-06-2011 at 07:34 PM. Reason: jangan jualan :)

  2. #2

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    ada deh..
    Posts
    4,158
    Thank(s)
    0/4,183
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    7

    Default

    btw ada gambarnya ga... kadang gw tau tumbuhan tapi ga tau namanya...


    kebetulan pengen nyari obat ginjal2 gitu..




    Setelah reset password, finally come back again ..




































  3. #3

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,797
    Thank(s)
    1/24,987
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Quote Originally Posted by dyelewer View Post
    btw ada gambarnya ga... kadang gw tau tumbuhan tapi ga tau namanya...


    kebetulan pengen nyari obat ginjal2 gitu..
    Ini gambarnya, gw nemu di google

    Show
    This Vettel is back.

  4. Who Said Thanks:


  5. #4

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    ada deh..
    Posts
    4,158
    Thank(s)
    0/4,183
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by zz11 View Post
    Ini gambarnya, gw nemu di google

    Show
    ternyata tanaman antik,
    ga pernah liat..

    gw trauma sama yg namanya penyakit ginjal...
    tante gw meninggal gra2 sakit ginjal..
    pdahal sebelumnya sehat n bugar,

    cuman karna ginjal dalam 2 bulan jadi kaya mayat hidup.. n




    Setelah reset password, finally come back again ..




































  6. #5

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,797
    Thank(s)
    0/24,987
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Quote Originally Posted by dyelewer View Post
    ternyata tanaman antik,
    ga pernah liat..

    gw trauma sama yg namanya penyakit ginjal...
    tante gw meninggal gra2 sakit ginjal..
    pdahal sebelumnya sehat n bugar,

    cuman karna ginjal dalam 2 bulan jadi kaya mayat hidup.. n
    btw meninggalnya karena gagal ginjal akutkah?

    Kalau batu ginjal, rasanya jarang bikin gagal ginjal akut.
    Tapi kalo gagal ginjal kronis gara2 batu ginjal, sering dengar.
    This Vettel is back.

  7. #6

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    ada deh..
    Posts
    4,158
    Thank(s)
    0/4,183
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    7

    Default

    Quote Originally Posted by zz11 View Post
    btw meninggalnya karena gagal ginjal akutkah?

    Kalau batu ginjal, rasanya jarang bikin gagal ginjal akut.
    Tapi kalo gagal ginjal kronis gara2 batu ginjal, sering dengar.
    gagal ginjal 2 2nya..


    oo ternyata ada macem2 toeh macem penyakit ginjal..

    aku nyari obat2 herbal gini karna aku tau cewe ku skarang ini banyak bgt mengkonsumsi obat,
    krna sering sakit..
    takutnya ginjalnya kenapa kenapa gitu..


    anyway thanks, jarang2 ngobrol ama dokter




    Setelah reset password, finally come back again ..




































  8. #7

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,797
    Thank(s)
    1/24,987
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    Quote Originally Posted by dyelewer View Post
    gagal ginjal 2 2nya..


    oo ternyata ada macem2 toeh macem penyakit ginjal..

    aku nyari obat2 herbal gini karna aku tau cewe ku skarang ini banyak bgt mengkonsumsi obat,
    krna sering sakit..
    takutnya ginjalnya kenapa kenapa gitu..


    anyway thanks, jarang2 ngobrol ama dokter
    ya tergantung juga obatnya benar2 butuh atau tidak...
    yang harus diwaspadai, khususnya pada para wanita, adalah jamu.
    ada orang yang buat jamu penghilang capek pake steroid, kalo dikonsumsi dalam jumlah sangat besar bisa bikin fungsi ginjal menurun.
    kalau mau beli jamu, sebaiknya yang ada merk resminya, biar aman dari steroid.

    termasuk juga kalau mengkonsumsi tanaman obat, harus dari sumber yang terpercaya metode ekstraksinya, jangan yang abal2, takutnya dia nyampur2 obat lain yang justru bikin efek tanaman obat jadi berkurang. Ada baiknya kalau soal tanaman obat, dengarkan juga testimoni orang lain yang sudah coba.

    btw maaf, sebenarnya gw gak gitu paham dampak vs manfaat tanaman obat, karena memang belum peminatan ke arah itu
    This Vettel is back.

  9. Who Said Thanks:


  10. #8

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    314
    Thank(s)
    1/26
    Rep Power
    0

    Default

    wedew ati2 tu cewenya jgn banyak makan obat nda bener itu, jgn asal ikutin dokter, secara umum memang dokter mengasi resep a kalo tidak ada kemajuan dokter kasi resep b dsb. saran kalo memang udah banyak makan obat anjuran dokter coba deh untuk beralih ke herbal jauh lebih aman namun kurang efektif dibanding obat dokter.

  11. Who Said Thanks:


  12. #9

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    surabaya
    Posts
    142
    Thank(s)
    0/33
    Rep Power
    0

    Default

    owwhh ada pak dokternya toh disini :D

    tanaman2 tersebut banyak di desa2 di sgunung2 gitu :D

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia