Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 38

Thread: Setting korek harian buat Satria FU
http://idws.in/185463

  1. #1

    Join Date
    Sep 2011
    Location
    S0L0
    Posts
    640
    Thank(s)
    2/3,056
    Rep Power
    4

    Default Setting korek harian buat Satria FU

    Riset ini didedikasikan untuk para pengguna FU Karena sekarang ini sering dijalan semakin banyak anak sekolahan menggunakan FU sebagai sarana transportasi ke sekolah, beberapa tampak masih standar, dan beberapa telah di upgrade sedikit misalnya pasang knalpot free flow tapi tanpa diikuti langkah lain, jadinya hanya suaranya saja yang kenceng tapi larinya kalah dengan motor standar. Dari hasil pengamatan beberapa bengkel top dalam melakukan up-grade terhadap FU selalu mengandalkan penggantian part dengan merek-merek terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku siy semua orang juga bisa ngencengin FU klo duitnya banyak,tinggal tebus part-part racing yang mahal trus dipasang, jadi deh FU kenceng.
    tpi bagaimana untuk kita dengan uang yg terbatas ? tentu itu akan menjadi masalah..

    Berikut tipsnya korek harian satria Fu:
    Show Langka Pertama
    1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga sekitar 30rb,merk thailand 50rb. Klo mau lebih murah pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan


    Show Langkah Kedua
    Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin rasio kompresi dari standarnya 10,2 menjadi sekitar 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.


    Show Langkah Ketiga
    Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.


    Show Langkah Keempat
    Ganti karbu (Klo ini langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King (karena murah, dan cocok dan bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar…


    Show Langkah Kelima
    majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi.), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.


    Show Langkah Keenam
    lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).


    Show Langkah Ketujuh
    potong kabel koil 2 cm (untuk ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.


    Show Langkah Kedelapan
    ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm


    Show Langkah Kesembilan
    oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.


    Show Langkah kesepuluh
    ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh, atau AHAU 400rb,SKR 375rb,Creampie 250rb .yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doang plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2 )saran pake R9 New Mugello


    Show Langkah Kesebelas
    Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.


    Show Langkah Keduabelas
    Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi….per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.


    Show Langkah Ketigabelas
    Pulser digeser 1 ampe 2 mili.. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.



    Show Langkah Keempatbelas
    nah klo semua langkah diatas atau beberapa udah dilakukan pasti performa motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jakarta ato daerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira atau indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan (lagian kan disaranin buat yang sering kena macet jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed


    Show For Bonus
    Langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.

    Bila CDI telah diganti racing maka sebaiknya per klep juga diganti yang lebih keras, bisa pake merek2 racing seperti WRD, CLD, TK, dll…atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini lebih recommended karena kasusnya sama dengna per kopling, yang racing kadang jadi lembek lama-lama…


    Untuk camshaft/noken as bisa pake WRD, CLD, Kawahara, Akutagawa (850 – 1 jutaan…ato NMF yang hampir 2jutaan) Klo dah ganti chamshaft pake yang racing berarti langkah No. 5 tidak perlu dilakukan



    Performa: gigi 4=120 kpj (mentok limiter) gigi 5=135 kpj gigi 6=Coba saja sendiri di jalan yang sepi untuk full throttle hehhe.
    semoga berguna..

    Sumber=Om Wisnu.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Ice Palace -
    Posts
    1,210
    Thank(s)
    0/618
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    5

    Default

    wuih lengkap bener
    dulu sih cuma ganti karbu NSR SP, CDI XP, sama knalpot aja uda mantep banget kak, cuma masalahnya itu bensinnya itu loh, awal2 otak atik sih seru banget, tapi pas uda mulai bosen kebut"an terus jalan2 biasa bensinnya bener keliatan banget borosnya
    If I don't have to do it, I won't. If I have to do it, i make it real quick. - Oreki Houtarou

  4. #3

    Join Date
    Sep 2011
    Location
    S0L0
    Posts
    640
    Thank(s)
    0/3,056
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by MizoRe View Post
    wuih lengkap bener
    dulu sih cuma ganti karbu NSR SP, CDI XP, sama knalpot aja uda mantep banget kak, cuma masalahnya itu bensinnya itu loh, awal2 otak atik sih seru banget, tapi pas uda mulai bosen kebut"an terus jalan2 biasa bensinnya bener keliatan banget borosnya
    btw karbu NSR SP brpa gan? gw juga mo ngincer tu karbu gan..
    trus modelnya yg apa ya gan??

  5. #4

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    27
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    saya sempat wktu 2005 lalu pake Endurance+Mikuni TM28, spek mesin full std, cmn pake paking 1 + porting polish made in dewek wakwakw..
    setiingan basah kek kek suara heli n lari dahsyat hahhaha..cmn ngerasain 4 bulan aja settingan begini..jadiin full std lg deh gak sanggup bensin na deres kwakkwa

  6. #5

    Join Date
    Dec 2011
    Location
    afk
    Posts
    20
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    deres gan bensinnya ya wkwkwk..
    ane pake PE 28 filter aftermarket + pipa dbs.. ganti koil, cdi sama busi.
    alhasil 30 ribu pertamax kira2 = 50 kilo jarak tempuh.

  7. #6

    Join Date
    Mar 2011
    Location
    tangerang
    Posts
    19
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    cara paling gampang dari jaman astrea sampai n250 yaitu boreup, tapi kalo ga dibarengi dgn printilan seperti koil,cdi,ya khasiatnya beda dikit

  8. #7

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    199
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    yang di langkah ke-13, mundurin pulser itu efeknya apa ya?
    terus pulser sendiri apa fungsinya di motor? hehe newbie nih di dunia permotoran

  9. #8

    Join Date
    Oct 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    45
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    gan mw tanya.. kondisi fu ane cdi pake brt duall band, knalpot dbs tp selincery agak pendek, mesin standar cm paking blok d cabut satu aj..trss ane skrng lg pake karbu king tp gk dpt2 settinganny.. ane pake pj 22.5 dan mj antara 160-200 (ane gk tw pasti brp mj ny cos gk ad tulisanny :hammer ) ni settingan yg lumayan menurut ane cm msh ndut2an d rpm tinggi tp gk separah pake pj 20 n mj 135 kaya agan ksh tau d atas..

    kira2 gmn lg gan solusiny??

    mksh

  10. #9
    DjakartaSoera's Avatar

    Join Date
    May 2011
    Posts
    48,766
    Thank(s)
    0/4,284
    Rep Power
    50

    Default

    :nice info:
    tpi mencari bengkel yg biasa nanganin Satria susah klo di bengkel sembarangan bisa BRB jadinya

  11. #10

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    jakarta
    Posts
    87
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    wah kebetulan ane punya FU... hehehe
    tp soal busi irridium yg pernah ane baca klo motor cuma dimaenin di putaran bawah bakal cepet mati businya
    coz irridiu itu busi dingin, dan kurang cocok tuk harian apalagi klo macet-macetan, soalnya cepet mati tuh busi
    mending sih teteppake yg std ato yg platinum

Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia