Page 1 of 11 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 110

Thread: Misteri Mesir Kuno
http://idws.in/191263

  1. #1

    Join Date
    Jan 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    331
    Thank(s)
    13/27
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    0

    Default Mitologi,Misteri Mesir Kuno, Asek Gan !!!

    Maaf Gan Kalo

    Dewa-Dewi Mesir

    Mesir kuno memang dipenuhi oleh mitologi-mitologi. karena mesir kuno penganut Politheis (pada masa pharaoh), atau berdewa banyak.

    Show DEWA DEWI MESIR
    Show Eye Of Horus


    Eye of Horus
    Dewa paling tinggi pada mitologi mesir kuno adalah Horus, dewa berkepala burung yang berada di atas kekuasaan sang Pharaoh. Horus juga disebut sebagai Ra, atau dewa Matahari. yang memiliki kekuasaan tertinggi, sehingga jika ada orang berjalan dihadapan patung nya, harus dengan langkah kaki kiri di depan sebagai lambang mempersembahkan jantung.

    Show Anubis
    lalu selanjutnya adalah Anubis sang dewa penghubung antar dunia sekarang dengan alam baka. Anubis digambarkan selalu membawa benda seperti salib yang merupakan tongkat untuk menghidupkan kembali sang mayat di alam baka.




    Anubis sedang memegang salib nya yang berarti Ressurection
    Anubis juga dikatakan sebagai dewa penjaga mumi dan pembuat mumi.


    Anubis sedang melakukan mumifikasi

    Show Osiris
    Dan selanjutnya adalah Osiris, dewa orang mati. atau penjaga Underworld. dia adalah Raja dari Orang mati pada alam baka.. juga Dewa dari genangan dan Vegetasi. direpresentasikan sebagai sebuah mumi raja-pusat pemujaan utama, Abydos.Osiris dilihat sebagai hakim agung mati.



    Osiris Ptah: Pencipta-dewa Memphis, digambarkan sebagai seorang pria, mummiform, mungkin awalnya sebagai patung dewa pelindung pengrajin; disamakan oleh orang Yunani dengan Hephaestus.



    Show Ra

    Ra (sering diucapkan sebagai Rah, tetapi lebih tepat sebagai RE) adalah dewa matahari Mesir kuno. Pada kelima dinasti ia menjadi dewa besar dalam agama Mesir kuno, diidentifikasi dengan ciri 'matahari tengah hari'. Ra sangat banyak berubah dari waktu ke waktu, terdapat juga nama Kota asal dewa yaitu kota Heliopolis yang berarti “Kota Matahari” oleh orang Yunani Kuno.
    kemudian,Ra bergabung dengan dewa Horus, sebagai Re-Horakhty. Ketika mencapai posisi penting dalam jajaran Mesir, ia dipercaya untuk memimpin langit, bumi, dan di bawah tanah. Dia dikaitkan dengan elang, serta simbol dewa matahari yang melindungi fir’aun.



    Show Isis

    Isis adalah Dewi di mesir kuno, dia juga disembah di beberapa negara di seluruh dunia semisal Yunani-Romawi. Dia dipuja sebagai ibu yang ideal, istri, pelindung alam dan sihir. Dia adalah teman budak, orang-orang berdosa, pengrajin, kaum tertindas, serta mendengarkan doa orang-orang kaya, gadis, bangsawan dan penguasa. Isis adalah dewi ibu dan kesuburan.


    Show Ptah
    Ptah
    Ptah-seker-Osiris: Composite dewa, menggabungkan dewa utama penciptaan, kematian, dan setelah kehidupan; diwakili seperti Osiris sebagai raja mumi.


    Ptah-seker-osiris

    Show Nuit Nut
    Nut (Nuit): langit-dewi, istri Geb, dewa bumi; digambarkan sebagai seorang wanita, tubuhnya yang telanj*ng melengkung membentuk lengkungan surga.



    Nut yang berada di atas, dan Geb yang sedang berdiri.
    Qadesh: Dewi asal Suriah, sering digambarkan sebagai seorang wanita berdiri di atas punggung singa.


    Show Sekhmet
    Dalam mitologi Mesir, Sekhmet (juga disebut Sachmet, Sakhet, Sekmet, Sakhmet dan Sekhet; dengan nama Yunani, Sakmis), adalah dewi Mesir Hulu. Dia digambarkan berkepala singa betina. Dikatakan bahwa nafasnya menciptakan gurun pasir. Dia dipercaya sebagai pelindung firaun dan pemimpin pertempuran.

    Pemujaannya sangat dominan di Mesir, ketika firaun pertama dari Dinasti kedua belas, Amenemhat I, memindahkan ibukota Mesir ke Itjtawy, pusat pemujaan Sekhmet juga ikut dipindah. Sekhmet juga merupakan dewi matahari, kadang-kadang dianggap sebagai aspek dari dewi Hathor dan Bast. Dia memakai cakram matahari dan Uraeus yang dengan demikian menghubungkannya dengan Wadjet dan kerajaan. Dengan segala asosiasi ini, dia bisa disebut sebagai juru damai dari dewi Ma'at di Ruang Penghakiman Osiris.


    ===== Tambahan ======
    Khnum
    Show Dewa Khnum


    Sekhmet
    Show Dewi Sekhmet


    Thoth
    Show Dewa Thoth


    Nepthys
    Show Dewi Nepthys


    Maat
    Show Dewi Maat


    Sobek
    Show Dewa Sobek


    Bast
    Dewi pelindung rumah, lambangnya kucing, kucing sangat dihormati dijaman mesir kuno.

    Seth
    Dewa kehancuran, saudara sekaligus pembunuh Osiris dalam mitologi Mesir.

    Wadj-Wer
    Wadj-wer adalah dewa kesuburan Mesir yang namanya berarti "hijau agung". Kadang, dia digambarkan dalam bentuk androgina, dia merupakan personifikasi laut Mediterania atau danau besar delta Nil. Dia digambarkan membawa ankh dan sebuah roti. Wadj-wer sering digambarkan sedang mengandung dan dihubungkan dengan kekayaan air delta Nil.


    Sumber : Blog Orang dan wikipedia

    Mahluk Mitologi
    Show Phoenix


    Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka.


    Misteri" Mesir Kuno

    Gambar Pesawat Pada Ukiran Piramida ??
    Show Misteri Mesir Kuno 1
    Peneliti menemukan model pesawat terbang berumur ribuan tahun di piramida mesir, bisa jadi ini adalah bukti bahwa penduduk mesir kuno telah menguasai penerbangan Pada tahun 1898, sebuah objek ukiran ditemukan di tomb at saqquara, Mesir, yang diperkirakan berumur 200 tahun sebelum masehi. Objek tersebut menunjukan bodi,sayap serta ekor yang mirip sekali dengan pesawat terbang. Tapi karena pesawat terbang belum ditemukan pada tahun 1898, para peniliti pada tahun tersebut menganggap bahwa objek tersebut adalah model seekor burung dan disimpan di basement museum Cairo.



    Objek tersebut diteliti kembali beberapa tahun kemudian oleh Dr. Khalil Messiha, seorang peneliti khusus model kuno. Menurut Messiha objek tersebut memiliki karakteristik bentuk yang sangat aerodinamis, yang hanya memerlukan sedikit tenaga untuk dapat tetap melaju. Desain serupa digunakan dalam pembuatan pesawat terbang terbang supersonic.
    Penemuan lain yang kontroversi adalah ditemukannya sebuah ukiran di kuil Abydos, Mesir oleh Dr. Ruth Hover. Gambar yang diambil dari bagian dinding menunjukan bahwa itu adalah bentuk kendaraan yang modern.


    Anda dapat perhatikan dari gambar diatas terdapat model sebuah helicopter modern,kapal selam, pesawat jet tempur dan sebuah Tank Baja. Terdapat beberapa kemungkin dari ukiran kuno tersebut. Kemungkinan pertama, pada jaman tersebut memang sudah ada objek kendaraan modern tersebut. Kemungkinan kedua, pada jaman tersebut sudah ada metode untuk bisa meneropong masa depan.
    Penemuan ini adalah misteri yang nyata dan menunggu untuk kita agar bisa membukanya. Tapi yang pasti, peradaban Mesir Kuno tidaklah sekuno yang kita pikirkan,dan mungkin saja ada teknologi yang jauh lebih modern yang mereka miliki dan bisa kita adopsi. Namun memang perlu perjuangan yang keras.


    Misteri Piramid
    Show Misteri Mesir Kuno 2

    Piramida raksasa Mesir merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia saat ini, sejak dulu dipandang sebagai bangunan yang misterius dan megah oleh orang-orang. Namun, meskipun telah berlalu berapa tahun lamanya, setelah sarjana dan ahli menggunakan sejumlah besar alat peneliti yang akurat dan canggih, masih belum diketahui, siapakah sebenarnya yang telah membuat bangunan raksasa yang tinggi dan megah itu? Dan berasal dari kecerdasan manusia manakah prestasi yang tidak dapat dibayangkan di atas bangunan itu? Serta apa tujuannya membuat bangunan tersebut? Dan pada waktu itu ia memiliki kegunaan yang bagaimana atau apa artinya? Teka-teki yang terus berputar di dalam benak semua orang selama ribuan tahun, dari awal hingga akhir merupakan misteri yang tidak dapat dijelaskan. Meskipun sejarawan mengatakan ia didirikan pada tahun 2000 lebih SM, namun pendapat yang demikian malah tidak bisa menjelaskan kebimbangan yang diinisiasikan oleh sejumlah besar penemuan hasil penelitian.

    Sejarah Mitos dan Temuan Arkeologi


    Sejak abad ke-6 SM, Mesir merupakan tempat pelarian kerajaan Poshi, yang kehilangan kedudukannya setelah berdiri lebih dari 2.000 tahun, menerima kekuasaan yang berasal dari luar yaitu kerajaan Yunani, Roma, kerajaan Islam serta kekuasaan bangsa lain. Semasa itu sejumlah besar karya terkenal zaman Firaun dihancurkan, aksara dan kepercayaan agama bangsa Mesir sendiri secara berangsur-angsur digantikan oleh budaya lain, sehingga kebudayaan Mesir kuno menjadi surut dan hancur, generasi belakangan juga kehilangan sejumlah besar peninggalan yang dapat menguraikan petunjuk yang ditinggalkan oleh para pendahulu.

    Tahun 450 SM, setelah seorang sejarawan Yunani berkeliling dan tiba di Mesir, membubuhkan tulisan: Cheops, (aksara Yunani Khufu), konon katanya, hancur setelah 50 tahun. Dalam batas tertentu sejarawan Yunani tersebut menggunakan kalimat "konon katanya", maksudnya bahwa kebenarannya perlu dibuktikan lagi. Namun, sejak itu pendapat sejarawan Yunani tersebut malah menjadi kutipan generasi belakangan sebagai bukti penting bahwa piramida didirikan pada dinasti kerajaan ke-4.

    Selama ini, para sejarawan menganggap bahwa piramida adalah makam raja. Dengan demikian, begitu membicarakan piramida, yang terbayang dalam benak secara tanpa disadari adalah perhiasan dan barang-barang yang gemerlap. Dan, pada tahun 820 M, ketika gubernur jenderal Islam Kairo yaitu Khalifah Al-Ma'mun memimpin pasukan, pertama kali menggali jalan rahasia dan masuk ke piramida, dan ketika dengan tidak sabar masuk ke ruangan, pemandangan yang terlihat malah membuatnya sangat kecewa. Bukan saja tidak ada satu pun benda yang biasanya dikubur bersama mayat, seperti mutiara, maupun ukiran, bahkan sekeping serpihan pecah belah pun tidak ada, yang ada hanya sebuah peti batu kosong yang tidak ada penutupnya. Sedangkan tembok pun hanya bidang yang bersih kosong, juga tak ada sedikit pun ukiran tulisan.


    Misteri penunggang kuda siluman pada kerusuhan Mesir
    Show Hantu Kesatria Berkuda Pada Kerusuhan Mesir

    Ketika rakyat Mesir berbondong-bondong melakukan demonstrasi untuk menuntut Presiden Mubarak mundur, sebuah bayangan yang terlihat seperti penunggang kuda terlihat berada di tengah-tengah kerumunan massa pada tanggal 4 Februari 2011. Mungkin kalian sudah pernah mendengar berita ini sebelumnya. Rekaman itu terlihat pada siaran berita Euronews, Al Jazeera dan MSNBC. Jadi, jelas rekaman itu bukan sebuah hoax. Tetapi rekaman itu juga tidak menunjukkan seorang penunggang kuda siluman, melainkan hanya sebuah refleksi pada kaca. Ini penjelasannya.



    Pertama kali melihatnya, saya melihat ada kecocokan pola dengan sebuah refleksi cahaya pada kaca atau lensa kamera. Tetapi saya akui kalau rekaman ini menunjukkan refleksi paling menakjubkan yang pernah saya lihat.

    Tentu saja, tidak semua orang serta merta menerima teori penunggang kuda siluman. Para pengunjung di dunia maya memberikan banyak respon yang berbeda.

    Ada yang mengatakan kalau citra itu benar-benar menampakkan sosok yang sesungguhnya. Tetapi bukan penunggang kuda, melainkan penunggang unta. Berdasarkan foto-foto kerusuhan yang didapatkan, para pendukung presiden Mubarak memang menggunakan unta untuk ikut berdemonstrasi.


    Tetapi teori ini tidak bisa menjelaskan mengapa citra penunggang unta tersebut terlihat berwarna hijau terang, berbeda dengan warna demonstran lainnya. Jadi, penjelasan ini tidak bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

    Lalu ada yang beranggapan kalau sang kameraman sebenarnya mengambil rekaman itu dari balik jendela kamar. Di belakang kameraman tersebut, sebuah televisi sedang menayangkan berita mengenai kerusuhan sebelumnya yang menampilkan para penunggang unta tersebut. Layar televisi tersebut kemudian terefleksi pada jendela kaca yang kemudian ikut terekam dalam video tersebut.

    Bagaimana Menurut Agan Pribadi.?


    Show Keterkaitan dengan mitologi yunani
    Sphinx Dalam Mitologi Yunani

    Dalam mitologi Yunani, Sphinx merupakan anak dari Echidna yakni monster berkepala nymph namun bertubuh ular, dengan Typhon sang monster yang bisa menghembuskan api dan memiliki banyak kepala. Sphinx dalam mitologi Yunani memiliki kepala seorang wanita, bertubuh singa, dan memiliki sepasang sayap dan berekor ular. Dalam mitologi Yunani dia berperan sebagai penjaga gerbang Thebes.

    Menurut cerita, Laius sang raja Thebes diperingatkan oleh seorang oracle bahwa ia akan dibunuh oleh anaknya sendiri saat ia dewasa. Sang raja lalu menitipkan putranya pada seorang gembala yang dititahkan untuk membunuh sang bayi. Tapi ia tidak tega membunuh si bayi it. Maka ia menggantungkan kaki si bayi di pohon kemudian ditinggalkan. Tidak lama kemudian bayi tersebut ditemukan anak buah raja Corinth yang bernama Polybus, dan bersama istrinya Merope mengadopsi sang bayi lalu memberinya nama Oedipus.


    Thread Akan Terus Di Update
    Last edited by faoezi3; 22-10-2012 at 07:53 PM.
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. #2

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Bandung,
    Posts
    173
    Thank(s)
    0/2
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    0

    Default

    wah mantaps nih TS ane paling suka hal2 yang berbau mitologi
    Reply With Quote Reply With Quote

  3. #3

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    D'Lockers
    Posts
    682
    Thank(s)
    0/806
    Rep Power
    6

    Default

    siklus kehidupan burung phoenix yg paling keren
    di film herry porter pernah ada
    Reply With Quote Reply With Quote

  4. #4

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Faggot's Heart
    Posts
    6,193
    Thank(s)
    0/250,547
    Blog Entries
    61
    Rep Power
    13

    Default

    yang sering tau dan biasanya juga ada difilm-film itu Anubis.
    dan masih penasaran banget sama Ra.
    di kartu yugioh Ra keren banget dilambangin jadi Hewan(Burung)
    NO RE-UPLOAD IDWS LINK! NO BARCEN!( _ゝ`)
    Girls' Generation Gallery & Free Talk | Gallery Waroeng Kopi
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #5

    Join Date
    Jan 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    331
    Thank(s)
    0/27
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by mochanAvn View Post
    yang sering tau dan biasanya juga ada difilm-film itu Anubis.
    dan masih penasaran banget sama Ra.
    di kartu yugioh Ra keren banget dilambangin jadi Hewan(Burung)
    emg di gambarin burung tp bertubuh manusia gan (rata" dewa" mesir palanya doang hewan)
    dia nanti bergabung sama Horus (Dewa yg Paling tua) , heheh
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #6

    Join Date
    Sep 2011
    Location
    Bandung
    Posts
    45
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    kirain selain mitologinya mau dibahasa soal 'Dunia Lain' -nya juga...
    kaya upacaranya begitu...

    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #7

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Faggot's Heart
    Posts
    6,193
    Thank(s)
    0/250,547
    Blog Entries
    61
    Rep Power
    13

    Default

    Quote Originally Posted by faoezi3 View Post
    emg di gambarin burung tp bertubuh manusia gan (rata" dewa" mesir palanya doang hewan)
    dia nanti bergabung sama Horus (Dewa yg Paling tua) , heheh
    Iya bener, tubuhnya tubuh punya manusia tapi kepalanya kepala hewan-hewan semua. entah kenapa bisa begitu
    tapi waktu itu nemu art kepala anjingnya dari anubis keren banget hitam tapi 'berwarna'
    NO RE-UPLOAD IDWS LINK! NO BARCEN!( _ゝ`)
    Girls' Generation Gallery & Free Talk | Gallery Waroeng Kopi
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #8

    Join Date
    Dec 2010
    Location
    jogjakarta
    Posts
    98
    Thank(s)
    0/5
    Rep Power
    0

    Default

    jaman dulu udah ad pahatan mirip pesawat,
    apakah mesir kuno udh menemukan teknologi canggih pd masa itu
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #9

    Join Date
    Jan 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    331
    Thank(s)
    0/27
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by gakgakgak View Post
    jaman dulu udah ad pahatan mirip pesawat,
    apakah mesir kuno udh menemukan teknologi canggih pd masa itu
    yah itu lah gan misterinya, karena Mesir,dan yunani adalah peradaban tertua yang masih ada hingga kini
    dan katanya, mesir juga ada hubungannya dengan Atlantis ,,
    hmmm ........
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #10

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    indonesia
    Posts
    51
    Thank(s)
    0/1,199
    Rep Power
    0

    Default

    ngebicarain mesir emang nggak ada abisnya, ane demen liat yang film the mummy gan, anubisnya banyak banget
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 11 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia