Page 1 of 14 1234511 ... LastLast
Results 1 to 10 of 131

Thread: Bikin Passport
http://idws.in/218159

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    like I care
    Posts
    2,678
    Thank(s)
    11/13,600
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    16

    Default Bikin Passport


    Apa itu passport ?
    Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.
    nah, yang pernah ke luar negri pasti dah punya passport dung

    yang belum pernah bikin passport, caranya gampang aja dan murah (at least lebih murah kalau ngurusnya sendiri daripada minta tolong agen, palagi calo )

    Sebelum datang ke kantor imigrasi, sebaiknya siapin berkas-berkas, antara lain:
    1. Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
    2. Akte Kelahiran (asli dan fotokopi)
    3. KTP (asli dan fotokopi).
    4. Ijazah SMU dan pendidikan terakhir (asli dan fotokopi)
    5. Surat keterangan pegawai kalau statusnya bekerja.

    Saat datang ke kantor imigrasi, ambil formulir, sekarang dah gratis beli formulir dulu 5000 rupiah sebagai pengganti biaya map. Trus isi formulir dengan teliti.Lalu ke ruang tunggu dan ambil nomor antrian. Tapi kalo nggak mau nunggu lama, mendingan ambil nomor antrian dulu baru ngisi formulirnya.

    Setelah itu nunggu dipanggil sesuai nomor antrian. Tunjukkan dokumen-dokumen asli dan menyerahkan fotokopiannya. nanti dikasih secarik kertas untuk pengambilan berkas. Habis itu disuruh pulang dan disuruh kembali 3 hari kemudian.

    Di hari ke-3, aku menyerahkan secarik kertas bukti pengambilan berkas ke loket
    Trus ke loket pembayaran, bayar Rp. 255 ribu an setelah itu ke ruang foto. Habis difoto,
    diwawancarai sebentar soal, nama lengkap, nama ayah.. bla bla.. alasan kenapa bikin paspor.

    3 hari kemudian, passport dah bisa diambil. diminta fotokopi halaman pertama dan terakhir passport yang sudah jadikemudian diserahin ke petugas. Setelah itu kita boleh pulang.

    PERSYARATAN UNTUK ANAK DIBAWAH UMUR (DIBAWAH 17 TAHUN)
    1. Mengisi formulir permohonan paspor RI dengan benar dan lengkap (perdim 11, yang dapat diperoleh di kantor imigrasi);
    2. Melampirkan berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lain;

    • akte lahir;
    • KTP orang Tua;
    • Kartu Keluarga;
    • STTB/Ijazah, atau Akte Lahir Orang Tua;
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua;
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku;


    3. Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;
    4. Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua.
    5. Pemohon melakukan pembayaran sesuai ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2007 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI).

    source

    NOTE

    *Bisa saja terjadi perubahan sewaktu-waktu.

    *Perlu diperhatikan juga bahwa masing-masing kantor imigrasi mungkin memiliki prosedur pengurusan paspor yang sedikit berbeda.

    *Ada dua cara untuk mendaftar yaitu cara manual dan online. Apabila ingin mengurus pasport secara online maka anda harus mengunjungi situs http://www.imigrasi.go.id dan melakukan pengisian data online terlebih dahulu, kemudian baru mendatangi kantor imigrasi.

    *Sebaiknya datang pada waktu dan jam yang sudah ditentukan di lembar jadwal wawancara.

    * oiya, jangan lupa mesti antri agak lama
    Last edited by jerukno15; 23-09-2013 at 01:55 PM.
    What will you do if the birds won't sing?

    ....Oda Nobunaga: " I'll kill them." ......Tokugawa Ieyasu: " I'll wait for them to sing." ....Toyotomi Hideyoshi: " I'll try to make them sing."
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. #2

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Retirement
    Posts
    40,808
    Thank(s)
    3/25,315
    Blog Entries
    66
    Rep Power
    70

    Default

    ^
    1 lagi sis, kalau buat passport menjelang high season, bisa mau mati nunggunya.
    Tunggu low season saja.
    ~~ La cara es el espejo del alma ~~
    Reply With Quote Reply With Quote

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    Oct 2011
    Location
    Bogor Raya
    Posts
    521
    Thank(s)
    4/2,695
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    4

    Default

    hindari calo, jangan mau dipengaruhi calo!!!

    Show pengalaman

    Sy mau berangkat ke jepang, tapi waktu itu paspor udah hampir expire kurang dari1 taun lagi.
    ya udah, sy datengi kantor imigrasi sukabumi, kebetulan ktp ane masih domisili dsana waktu itu.
    singkat cerita, sy udah diparkiran motor, disamperin tukang parkir trus diajak ngobrol.
    tukangparkir(TP): kang, mo urus paspor ya?
    sy: o..iya..
    TP: ayo sy anterin kedalam.
    sy: nuhun pa...
    trus sy ditemuin sma calo. si TP ngenalin sy ke calo n ngjelasin maksud kedatangan ane.
    calo: oo...mau perpanjang paspor ya..
    sy: iya pa, berapa ya kira2.
    calo: coba liat paspor lamanya.
    calo: (sambil dibolak balik dan pasang mimik serius) wah..klo ini mah susah, ngurusnya harus ke bandung.
    sy: masa sih pa, kan sama aja.
    calo: ini sih beda, akang dulu ngurusnya di imigrasi TKI ya..
    sy: iya (emang betul, ane ngurusnya di tangerang sama orang PJTKI dulu).
    calo: iya, ini jadinya agak mahal.
    sy: berapa emang.
    calo: ya... sekitar 3 lah...
    sy: oh..gitu.(ane masih pikir itu 3 ratusribu)
    calo: klo mau, ntr sy urus2, kira sebulan beres smua. bisa dinego lah harga mah..
    sy: ????? (bingung) emang biayanya berapa pa?
    calo: 3 juta kang.
    sy: ??@#%$#@%

    langsung ngacir ane, nyari warnet n browsing sana-sini. tnyata urus2 paspor ga lebih dari 300rb, ampir dikerjain sama tu calo maho

    Akhirnya sy perpanjang paspor di kbri tokyo, ga pake ribet. datang 1x, isi formulir ini itu,bayar 4000 yen + biaya pos, 2 minggu-an udah nyampe dikotak pos apato sy.


    Reply With Quote Reply With Quote

  5. Who Said Thanks:


  6. #4

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    238
    Thank(s)
    0/338
    Rep Power
    0

    Default

    mao nanya ni buat temen2 yg tau.. kan gw ud punya passport. tp skrg kasusnya Kartu Keluarga gw ganti trus beda nomer KTP.
    Masalah ga tu passport? Atau masih bisa digunakan selama lom expired? masalahnya expirednya masih 2015. sayang kalo bikin baru.. mana ga murh pas bikin krn wktu itu darurat
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #5

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    like I care
    Posts
    2,678
    Thank(s)
    0/13,600
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by vienne View Post
    mao nanya ni buat temen2 yg tau.. kan gw ud punya passport. tp skrg kasusnya Kartu Keluarga gw ganti trus beda nomer KTP.
    Masalah ga tu passport? Atau masih bisa digunakan selama lom expired? masalahnya expirednya masih 2015. sayang kalo bikin baru.. mana ga murh pas bikin krn wktu itu darurat
    gak perlu,pindah rumah nya masih di Indonesia toh
    kan gak tercantum alamat rumah nya di passport, cuma ada kantor imigrasi yang meng - issue kan passport itu. ( issue apaan yah mengeluarkan kah?)
    kalau ada petugas iseng nanya, jawab ja rumahnya pindah
    sebenarnya fungsi passport buat pengganti ID ( KTP ) di luar negeri
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #6

    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Palembang
    Posts
    73
    Thank(s)
    0/584
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    0

    Default

    wah kapok gue buat passport
    rencananya lebaran kemaren aku,ibu n kk ku mau ke malaysia
    eh apes nya buat passport gak jadi2 hampir 1 bulan lebih
    jadi gagal liburan ke malaysia
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #7

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    like I care
    Posts
    2,678
    Thank(s)
    0/13,600
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by achyana View Post
    wah kapok gue buat passport
    rencananya lebaran kemaren aku,ibu n kk ku mau ke malaysia
    eh apes nya buat passport gak jadi2 hampir 1 bulan lebih
    jadi gagal liburan ke malaysia
    bikin passport pa visa kalau visa lama sih iya
    lagi penuh banget kah imigrasi nya
    atau lupa jadwal wawancara nya
    i
    What will you do if the birds won't sing?

    ....Oda Nobunaga: " I'll kill them." ......Tokugawa Ieyasu: " I'll wait for them to sing." ....Toyotomi Hideyoshi: " I'll try to make them sing."
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #8

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    *******
    Posts
    262
    Thank(s)
    1/32
    Rep Power
    0

    Default

    mahal amat 290rb...
    setahu saya ada pilihannya :
    1. yg halamannya cuma setengah dari biasa.
    2. yg halamannya biasa.

    saya ngurus yang halaman cuma setengah biasa cuma kena 105rb (termasuk biaya poto).
    cukup banyak kok halamannya.

    tempat: imigrasi kota Pekanbaru
    Reply With Quote Reply With Quote

  11. Who Said Thanks:


  12. #9

    Join Date
    Oct 2010
    Location
    VIP-BALI♥
    Posts
    1,227
    Thank(s)
    0/5,280
    Rep Power
    5

    Default

    wah ternyaata gak ribet ya bikin paspor..
    gw kira harus nunggu berbulan-bulan.
    ternyata 3 hari uda jadi.
    Reply With Quote Reply With Quote

  13. #10
    ♫ حسن اسماعيلي ♫ hasanvanismail's Avatar

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Emirates HQ
    Posts
    2,327
    Thank(s)
    0/11,649
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    6

    Default

    dulu pengalaman bikin paspor nyampe 2 bulan...

    gara2 ga pake calo...
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 14 1234511 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia