Results 1 to 4 of 4

Thread: Lady Anne Boleyn
http://idws.in/234305

  1. #1

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    no maden
    Posts
    18,521
    Thank(s)
    1/26,139
    Blog Entries
    8
    Rep Power
    37

    Default Lady Anne Boleyn

    Lady Anne Boleyn


    Alas, my love, you do me wrong,
    To cast me off discourteously.
    For I have loved you well and long,
    Delighting in your company.

    Chorus:
    Greensleeves was all my joy
    Greensleeves was my delight,
    Greensleeves was my heart of gold,
    And who but my lady greensleeves.


    Di Inggris -mungkin juga di dunia- lagu ini sangatlah terkenal, diberi judul Greensleeves. Menurut legenda lagu ini diciptakan raja inggris, Henry VIII (1491-1547) untuk perempuan yang dipujanya, Anne Boleyn.

    Anne Boleyn (19 Mei 1536); adalah Ratu Inggris 1533-1536 sebagai istri kedua dari Henry VIII dari Inggris dan Marquess of Pembroke atas keinginannya sendiri. Pernikahan Henry dengan Anne, dan pelaksanaan berikutnya, membuatnya menjadi tokoh kunci dalam pergolakan politik dan agama itu adalah awal dari Reformasi Inggris. Anne adalah putri Thomas Boleyn, 1st Earl Wiltshire dan istrinya, Lady Elizabeth Howard, dan dididik di Belanda dan Perancis, sebagian besar sebagai pembantu kehormatan untuk Claude dari Perancis. Dia kembali ke Inggris tahun 1522 awal, dalam rangka untuk menikahinya Irlandia sepupunya James Butler, 9th Earl of Ormond, namun, pernikahan rencana berakhir dengan kegagalan dan ia dijamin posting di pengadilan sebagai pelayan kehormatan untuk Henry VIII permaisuri, Catherine dari Aragón.

    Awal tahun 1523 ada pertunangan rahasia antara Anne dan Henry Percy anak dari 5th Earl of Northumberland . Namun, pada Januari 1524 Kardinal Thomas Wolsey membatalkan pertunangan, Anne dikirim pulang ke Hever Puri , dan Percy menikah dengan Lady Mary Talbot, yg telah dijodohkan sejak remaja. Pada bulan Februari/Maret 1526, Henry VIII mulai mengejar istana Anne. Dia menolak upaya untuk merayunya, menolak untuk menjadi pelayannya seperti kakaknya Maria. Hal ini segera menjadi salah satu penyebab dari keinginan Henry untuk membatalkan pernikahannya dengan Ratu Catherine sehingga dia akan bebas untuk menikah dengan Anne. Namun Paus Klemens VII tidak mengijinkan untuk membatalkan pernikahan, dan ini menyebabkan perpecahan kekuatan Gereja Katolik di Inggris dimulai. Pada 1532, Henry menyerahkan Ratu Catherine kepada Marquesate of Pembroke.

    Henry dan Anne menikah pada 25 Januari 1533. Pada 23 Mei 1533 Thomas Cranmer menyatakan bahwa pernikahan antara Henry dan Catherine batal, lima hari kemudian, ia menyatakan pernikahan Henry dan Anne sebagai pernikahan yg sah. Tak lama setelah itu, Paus memutuskan hukuman ekskomunikasi terhadap Henry dan Cranmer. Sebagai hasil dari perkawinan dan hukuman ekskomunikasi tersebut, untuk pertama kalinya hubungan antara Gereja Inggris dan Roma putus dan Gereja Inggris berada dibawah kendali Raja. Anne dinobatkan Ratu Inggris pada 1 Juni 1533. Pada tanggal 7 September ia melahirkan anak perempuan yg kelak menjadi Elizabeth I of England. Namun ini membuat Henry tidak senang, karena tidak dapat memberikan anak laki-laki sebagai ahli warisnya. Henry tidak benar-benar putus asa, karena ia mengatakan bahwa ia mencintai Elizabeth dan akan menjadi penerusnya. Setelah Anne mengalami tiga kali keguguran, pada bulan Maret 1536, Henry mulai berpacaran dengan Jane Seymour.

    Henry memerintahkan untuk menyelidiki Anne dengan alasan pengkhianatan tingkat tinggi pada April 1536. Pada tanggal 2 Mei ia ditangkap dan dikirim ke Tower of London , tempat dimana dia diadili dan dinyatakan bersalah pada 15 Mei. Dia dipenggal empat hari kemudian di Tower Green. Sejarawan modern melihat dakwaan terhadap Anne (termasuk perzinahan dan inces) tidak meyakinkan. Setelah penobatan putrinya, Elizabeth, sebagai ratu, Anne dihormati sebagai seorang martir dan pahlawan Reformasi Inggris, terutama melalui karya-karya John Foxe. Selama berabad-abad, ia telah memberikan inspirasi atau telah disebutkan dalam berbagai seni dan karya-karya budaya. Membuatnya populer dalam imajinasi novel percintaan. Anne disebut sebagai "the most influential and important queen consort England has ever had," karena dia membuat Henry VIII menceraikan Catherine dari Aragon, dan menyatakan kemerdekaan dari Greja Roma.

    Ini dia salah satu kesan orang masa itu akan Anne Boleyn:

    “She was never described as a great beauty, but even those who loathed her admitted that she had a dramatic allure. Her olive complexion and long, straight black hair gave her an exotic aura in a culture that saw milk-white paleness as essential to beauty. Her eyes were especially striking: ‘black and beautiful’ wrote one contemporary, while another averred they were ‘always most attractive,’ and that she ‘well knew how to use them with effect.”



    The Other Boleyn Girl
    Movies version

    Para Pemain utama:Natalie Portman (Anne Boleyn), Scarlett Johansson (Mary Boleyn), Eric Bana (Henry VIII), Jim Sturgess (George Boleyn).
    Kisah tokoh-tokoh yang hidup dalam konflik kerajaan (manapun) selalu mengagumkan. Keruwetan kisah cinta, politik, intrik adalah satu paket yang hampir selalu ada, yang kemudian melahirkan sejarah. The Other Boleyn Girl adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel dengan judul serupa dari seorang pengarang, Philippa Gregory. Novel sejarah yang best-selling.

    Dikisahkan ada dua orang perempuan yang akan mengukir sejarah, melahirkan generasi yang tidak tanggung-tanggung pentingnya. Dua orang perempuan itu, adik-kakak, Anne Boleyn dan Mary Boleyn terlibat dalam cinta Raja Henry VIII. Waktu kejadiannya adalah pada abad ke-16.

    Konflik percintaan tidak berakhir pada diperolehnya cinta oleh masing-masing tokoh. Tetapi sekian banyak kepentingan politis menyertainya. Semula, Henry VIII diprediksikan akan memilih Anne Boleyn, yang memang masih single. Sedangkan adiknya, Mary Boleyn sudah lebih dahulu menikah. Tetapi Raja Henry abai terhadap Anne karena karakternya yang dianggap terlalu maskulin (mandiri), dan menyebabkan dirinya celaka dalam sebuah perburuan.

    Karena Anne tidak berhasil memikat Raja Henry, maka Mary, sang adik, walaupun sudah menikah dipilihya untuk menjadi selir. Sedangkan suaminya diberi kedudukan di kerajaan. Mary, yang belum dinobatkan sebagai Ratu, hamil. Tetapi dia diasingkan. Saat itu, secara mengejutkan Raja Henry terpesona oleh “kemaskulinan” Anne. Semula, padahal sifat itu tidak menyenangkan Raja Henry. Dengan menghadiahkan perhiasan, Raja Henry mencoba menggaet Anne.Tentu saja Anne yang berwatak cerdik itu jual mahal. Sehingga Raja Henry “gemas” dibuatnya.

    Konflik bagaimana Anne menampuk kekuasaan sebagai Ratu sangat pelik. Agak melelahkan mengikutinya. Tetapi tentu saja tetap menarik, dibandingkan mengikuti konflik rumah tangga para pesohor negeri ini, yang merasa dirinya sangat penting. Perhatikanlah watak dan perangai Raja Henry yang tampak “plin plan” dalam memilih ratu. Perhatikan pula watak dan perangai kakak-adik Boleyn yang kompleks.

    Anne Boleyn adalah seorang perempuan cerdik, pandai berdebat, serta obsesif. Melahirkan seorang anak laki-laki adalah dambaan setiap ratu, demikian pula bagi Anne. Tapi, di zaman kerajaan Inggris abad 16 itu belum ada tabib seperti di zaman Jang-Geum, di mana konon terdapat ramuan yang mampu menentukan jenis kelamin bayi. Sehingga ketika Anne melahirkan anak perempuan, depresilah dia..

    Anne, yang obsesif, berstrategi untuk inses dengan adik laki-lakinya, ketika fetus keduanya gugur. Sialnya ada mata yang menyaksikan. Terbongkarlah itu rencana gila. Hasilnya? Hukum pancung kepala untuk keduanya. Hukuman pada zaman kerajaan dulu selalu terasa ganjil. Mereka dipancung di depan rakyat banyak.

    Hal yang paling mengejutkan, adalah ketika di akhir cerita, anak Anne dibesarkan oleh Mary, sang rival yang juga saudara kandungnya. Dengan adegan yang membuat penasaran, karena saya tidak pernah tahu, adalah ketika disebutkan bahwa anak Anne itu bernama ELIZABETH. That’s it! Film selesai. Tampaknya tidak ada lagi kaitannya dengan kerajaan yang sarat intrik dan konflik itu. Cari punya cari ternyata Elizabeth, yang berambut merah itu adalah Elizabeth I, yang watak dan perangainya sangat mengagumkan. “Aku menikahi Inggris” itulah yang terdengar ganjil tapi sekaligus agung yang selalu terngiang-ngiang setelah saya menyaksikan film Elizabeth I bertahun-tahun lalu.





    Sumber:
    http://nevyputeri.blogspot.com/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Anne_Boleyn
    Last edited by yoshikanji; 27-01-2012 at 11:32 AM. Reason: update

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Magelang
    Posts
    3,047
    Thank(s)
    0/2,390
    Blog Entries
    12
    Rep Power
    6

    Default

    Itu film baru apa Klasik kk

    coba kasih link nya kalo ada kk,, jadi penasaran

  4. #3

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    no maden
    Posts
    18,521
    Thank(s)
    0/26,139
    Blog Entries
    8
    Rep Power
    37

    Default

    Quote Originally Posted by LordByaku View Post
    Itu film baru apa Klasik kk

    coba kasih link nya kalo ada kk,, jadi penasaran
    filem lama kok...
    taon 2008 klo gk salah.


    fim: http://idws.in/10420
    novel: http://idws.in/122540

  5. #4

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    diDalem..
    Posts
    82
    Thank(s)
    0/6
    Rep Power
    0

    Default

    hahay... jadi lagu greensleeves tuh ciptaain raja henry
    baru tau saya

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia