Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Sejarah Vespa
http://idws.in/235967

  1. #1

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Dream Country
    Posts
    23
    Thank(s)
    2/8
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    0

    Default Sejarah Vespa

    Mantep nh gan...

    Sejarah Vespa
    Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tapi tetap berkualitas.

    1943 MP 5 Paperino / Donal Bebek
    Show Sejarah Pict
    Ide untuk membuat sebuah produk untuk konsumsi massa dengan biaya murah telah memacu semangat Enrico Piaggio untuk mempelajari dan menemukan solusi agar tetap dapat melanjutkan produksi pada masa perang berakhir. Di sebuah pabrik di kota Biella, terciptalah skuter motor yang prototipenya dibuat oleh Ir. Renzo Spolti bersama stafnya. Skuter ini diberi nama MP5 (Moto Piaggio 5), sedangkan para buruh menyebutnya “Donal Bebek”. Namun ternyata Enrico Piaggio kurang menyukai prototipe itu. Karena itulah ia mempercayakan Corradino D’Ascanio untuk mempertimbangkan lagi dan membuat sesuatu yang berbeda dan lebih maju baik dari segi teknis maupun desain. D’Ascanio tidak melakukan perubahan pada skuter Donal Bebek itu, tetapi ia menciptakan kendaraan yang sama sekali baru, yaitu Vespa!
    Sebelum Vespa, skuter Donal Bebek itu sempat diproduksi sekitar 100 buah. Saat ini skuter itu sangat diminati dan dicari oleh para kolektor seluruh dunia.
    Show Vespa MP5 Paperino


    1945 MP 6 Prototype
    Show Sejarah Pict
    Pada bulan April 1946, sepeda motor ringan dan serbaguna ini diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada publik di sebuah perkumpulan pemain golf di Roma. Di perisainya terpasang logo Piaggio baru untuk pertama kalinya, menggantikan lambang pesawat yang ada di sana sebelumnya.
    Majalah “Motorciclismo” dan “La Moto” memuat skuter baru ini sebagai cover majalah mereka dan langsung menimbulkan rasa penasaran, keterkejutan dan bahkan, skeptisme di masyarakat.
    50 buah berasal dari pabrik di Pontedera sekaligus ditawarkan pada acara launching resminya. Pemasaran Vespa, pada bulan-bulan pertama dilakukan melalui jaringan dealer mobil Lancia. Pada tahun pertama telah memproduksi 2.484 buah. Inilah awal petualangan skuter yang paling terkenal di dunia. Harga model ini adalah £55.000, sedang versi deluxe dijual dengan harga £66.000.
    Show 1945 MP 6 Prototype



    1946 Vespa 98
    Show Sejarah Pict
    Pada seri kedua, Vespa 98 diproduksi sebanyak 16.500 buah. Terlihat perbaikan yang signifikan dibanding pendahulunya, baik dari segi estetika maupun teknis-fungsionalnya. Bagian depan tak lagi memiliki bukaan pintu dan ukurannya diperkecil agar penggantian roda lebih mudah. Ini karena pada masa seusai perang, kondisi jalan sangat buruk sehingga mudah terjadi kebocoran ban. Tuas starternya memiliki bentuk yang lebih ergonomis sehingga lebih mudah dioperasikan. Selain itu terdapat perubahan ukuran dan bentuk lampu-lampunya.
    Warna silver metaliknya mengingatkan kita pada pesawat Piaggio. Majalah-majalah yang terbit saat itu mengabarkan bahwa untuk dapat memiliki Vespa 98, peminat harus menunggu (inden) hingga delapan bulan. Akibatnya muncul pasar gelap sehingga Vespa dijual dua kali lipat dari harga resminya, yaitu £55.000 untuk model basic dan £61.000 untuk model mewah.
    Show Vespa 98


    1947
    Show Sejarah Pict
    Populasi “swarm silver” yang memenuhi jalan-jalan di Italia mendatangkan ide di benak Enrico Piaggio untuk memproduksi kendaraan yang lebih agresif, mampu berakselerasi dengan cepat dan menjadi kampiun diluar karakter Vespa kebanyakan. Hasilnya adalah Vespa 98 yang berhasil merebut gelar terbaik di Monte Mario hill climb di 1947 dengan ditunggangi oleh Joseph Cautriumphs. Vespa 98 Corsa (sirkuit) dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan kecepatan di berbagai kompetisi dan merepresentasikan inovasi dan teknologi yang diimplementasikan Vespa di setiap produknya. Body hand made yang dicangkok di atas frame baja dengan mount tube dab suspense di kanan, rem tromol serta lubang ventilasi udara di belakang untuk mendinginkan kerja mesin merupakan inovasi paling canggih saat itu. Belum lagi sistem transmisi 3-speed, switch di setang hingga tipe karburator Garde 17 mm plus laburan warna merah, menjadi sangat imajinatif, dari awal kelahiran sang “Lebah” hingga saat ini.
    Show 1947


    1949 Vespa 125 Circuito
    Show Sejarah Pict
    Pada akhir tahun 40an, produsen sepeda motor besar beranggapan bahwa cara terbaik untuk mengiklankan kendaraan mereka adalah dengan mengikuti lomba yang diadakan di sejumlah kota. Tujuannya adalah untuk mendekatkan masyarakat umum pada sektor otomotif sehinga bisa menambah pelanggan-pelanggan baru yang potensial. Piaggio juga merancang serangkaian skuter sirkuit seperti produk tahun 1949 ini yang sejak awal dirancang untuk tujuan tersebut. Selain untuk iklan, Vespa Circuito 125 juga berguna sebagai uji coba untuk menguji produk baru yang kemudian diterapkan pada produk-produk standar.
    Vespa balap, dibuat sepenuhnya manual oleh spesialis dari Divisi Eksperimen (R&D) Piaggio dan digunakan dalam berbagai perlombaan sampai pertengahan tahun 50an. Skuter ini dikendarai oleh pembalap terkenal seperti Dino Mazzoncini dan Giuseppe Cau. Khusus Giuseppe Cau, dia memenangkan perlombaan dengan menggunakan kronometer di Catania-Etna pada tahun 1950 dan keluar sebagai juara pertama di kelasnya (125cc), menempati urutan ketiga dalam klasemen keseluruhan dibelakang Guzzi dan Benelli.
    Show Vespa 125 Circuito


    1950 Vespa Monthlery
    Show Sejarah Pict
    Untuk mempromosikan citra sporti Vespa, Piaggio memerintahkan tim ahlinya untuk lebih fokus pada pencatatan rekor dengan tujuan untuk mengabadikan tradisi keunggulan dalam penelitian yang sudah dicapai perusahaan ini sebelum perang.
    Pada tanggal 7 April 1950 di sirkuit Montlhery, Perancis, dalam 10 jam pengujian dengan tiga pembalap yang bergantian, Vespa memenangkan 17 buah rekor dunia. Termasuk dalam catatan waktu (rata-rata 134 km/jam) dari 100 mil, (rata-rata 129,7 km/jam) dari 500 mil, (rata-rata 123,9 km/jam) dari 1.000 km (rata-rata 124,3 km/jam) dalam waktu 10 jam dan jarak 1.049 km.
    Dengan kendaraan yang sangat mirip dengan ini ( Vespa 125 ‘circuit’ dengan bingkai paduan dari tahun 1949), pembalap Mazzoncini juga memperoleh hasil yang cemerlang pada lomba di sirkuit. Di antaranya adalah kemenangan di kelas sirkuit skuter di Genoa (Italia) yang merupakan tantangan antara Vespa dan Lambretta.
    Show Vespa Monthlery


    1951 Siluro
    Show Sejarah Pict
    Pada tahun 1951, Vespa memecahkan rekor paling bergengsi yakni “speed skiing” pada tanggal 9 Februari, antara 10 dan 11 km jalan raya Roma-Ostia.
    Mesin Vespa dengan dua piston yang berlawanan (daya 17,2hp dan 9500 rpm), yang dirancang oleh Corradino D’Ascanio dan penguji kendaraan Mazzoncini Dino, memecahkan rekor “speed skiing” dan mencatat waktu 21.04 detik, dengan rata-rata 171,1 km/jam. Mesin ini memiliki dua crankshafts yang saling terhubung dengan roda gigi yang dipisahkan pada dua buah ruang pra-tekan dengan dua karburator, asupannya dikendalikan piston di sisi magnet dan knalpotnya dikendalikan oleh piston sisi carter (gambar Piaggio 31.767). Pendingin cairnya berada di sisi kiri.
    Show Siluro



    1953 125 U
    Show Sejarah Pict
    Vespa ini hanya diproduksi 7.000 buah. Skuter Vespa U adalah salah satu yang paling dicari oleh para kolektor. Dibuat pada tahun 1953 sebagai model ekonomis.
    Huruf “U” adalah singkatan dari utilitaria (serbaguna), karena model ini memang dibuat untuk menyaingi Lambretta. Harganya dipatok 110 dollar. Untuk pertama kalinya Vespa yang dibuat di pasar Italia memiliki lampu di setang dan bukan di mudguard depan.
    Show 125 U



    1955 Vespa 150 side car
    Show Sejarah Pict
    Vespa sidecar dibuat antara tahun 1948-awal 1949, ditengah-tengah keberhasilan yang diraih mesin 125 baru. Vespa model ini dibuat setelah melalui penelitian yang seksama. Skuter ini memiliki sespan tunggal yang didukung coil spring, sehingga lebih stabil dan nyaman untuk perjalanan jauh.
    Pada akhir tahun 1954, Piaggio pertama kali meluncurkan Vespa 150 silinder yang juga dirancang untuk side car dengan mengedepankan garis-garis aerodinamis dan keanggunan.
    Side carnya terbuat dari baja, dipasang secara manual dan dihubungkan dengan Vespa melalui sebuah tabung yang merupakan solusi unik dari Piaggio. Selain itu, gear boxnya juga diganti untuk mempermudah saat melalui jalanan yang tidak rata.
    Performanya mendapat banyak pujian, bahkan di medan bersalju dan lereng curam sekalipun. Model side car memadukan kenyamanan melaui penambahan windshield dan bagasi di punggung belakang, serta keamanan dan kepraktisan yang merupakan jaminan nama ‘Vespa’.
    Show Vespa 150 side car


    1956 Vespa 150
    Show Sejarah Pict
    Pada tahun 50an, departemen pertahanan Perancis memberi tugas kepada penerima lisensi Piaggio di Perancis (ACMA) untuk membuat sebuah kendaraan untuk penggunaan militer. Hasilnya adalah Vespa yang sangat khusus, yang diproduksi sekitar 600 buah dari tahun 1956-1959 di pabrik milik ACMA di Fourchambault, Perancis.
    Vespa TAP digunakan pada Legiun Asing dan Korps Parasut, dapat diturunkan dengan parasut dan dilengkapi dengan senapan 75mm (tanpa recoil), 6 amunisi, 2 kaleng bahan bakar dan sebuah gerobak kecil. Diproduksi dalam dua warna kamuflase yaitu; hijau dan warna pasir.
    Meskipun beratnya 115 kg, performa Vespa TAP tidak berkurang. Bahkan ia bisa mencapai kecepatan 66km/jam, dalam kisaran 200km saat digunakan dalam kondisi yang sangat luar biasa dan tidak umum.
    Show Vespa 150


    1957 Vespa 400
    Show Sejarah Pict
    Saat Vespa mencapai puncak kejayaannya, Piaggio memutuskan untuk ikut memasuki sektor kendaraan empat roda. Tujuannya, juga ingin menghasilkan kendaraan yang murah dan bisa digunakan secara luas.
    Kali ini, lagi-lagi Corradino D’Ascanio yang bertindak sebagai perancang. Ia membuat Vespa 409 berukuran kecil. Mobil ini bermesin belakang 2-tak yang dibuat dalam 2 versi.
    Diluncurkan pada tahun 1957, Piaggio memproduksi 30.000 unit di perusahaan pemegang lisensi di Perancis (ACMA). Pada tahun 1959 mengambil bagian dalam reli Monte Carlo. Dengan mesin 2 tak, 394cc, dua tempat duduk dan aksesori “Spartan”, Vespa 400 merupakan pelopor mobil serba guna yang akhirnya menyerbu jalan-jalan Eropa pada tahun 60an.
    Show Vespa 400


    1958 Vespa 125 (VNA2)
    Show Sejarah Pict
    Vespa 125 yang keluar tahun 1958 dan diproduksi dalam 2 varian warna abu-abu dan beige ini menandai hadirnya sebuah era. Inilah Vespa yang pertama memiliki chasis yang dihasilkan dari gabungan dua lembaran seng. Jenis frame ini memiliki banyak kelebihan dari segi produktifitas dan industri.
    Sejak saat itu dan seterusnya, penggunaan frame ini diterapkan pada semua model.
    Fitur baru Vespa 125 tahun 1958 lainnya adalah kontrol-kontrol yang tersembunyi di dalam setang yang juga terbuat dari 2 lembaran seng yang dicetak. Ini merupakan solusi paling elegan yang sampai saat ini diterapkan pada model 150cc. Namun setang ini dibuat dengan teknik pengecoran die-casting. Desain baru untuk mesin juga lebih kompak, dengan crossbeam yang tertanam di carternya. Sebuah Vespa terbaru dengan mix 5%.
    Show Vespa 125 VNA2


    1959 Vespa 150 GS VS5
    Show Sejarah Pict
    Ini adalah ekspresi terbaik dari Vespa 150 Gran Sport yang legendaris, baik dari segi frame maupun mesinnya.
    Vespa 150 GS VS5 diproduksi pada tahun 1955 dengan model VS1 yang memiliki kabel kontrol eksternal belum dimasukkan ke dalam setang, dengan pengecoran die-casting (sebuah solusi yang mulai diterapkan pada VS2).
    Dibandingkan dengan versi sebelumnya, model ini sudah dilengkapi dengan kipas speedometer yang khas dan lampu ekor yang dikrom dan lampu rem terintegrasi.
    Dalam desain baru ini, terdapat juga crestina pada mudguard depannya, Perbaikan penting juga terlihat pada sistem rem dengan drum jenis auto ventilasi. Di mesinnya dipasang kepala dengan turbulensi tinggi.
    Vespa 150 GS VS5 memegang rekor dari jumlah unit yang telah diproduksi Vespa antara tahun 1958-1961 yaitu hingga 80.000 unit.
    Show Vespa 150 GS VS5


    1960 Vespa 150
    Show Sejarah Pict
    Vespa ini merupakan evolusi dari Vespa 150 (VBA) dan diperkenalkan pada tahun 1958 dengan sedikit perubahan. Warnanya mirip dengan model sebelumnya, yaitu biru metalik. Kantong-kantong sampinya dilengkapi dengan 2 tanda dari aluminium. Lampu belakangnya pun lebih besar dan dibuat seluruhnya dari krom.
    Model ini memperoleh sukses karena keanggunan dan dari fungsionalitasnya sejak penampilan pertamanya dalam Olimpiade di Roma pada tahun 1960.
    Show Vespa 150



    1962 Vespa Dali
    Show Sejarah Pict
    Inilah Vespa yang mungkin hingga kini dianggap paling indah di dunia.
    Di musim panas tahun 1962 di Cadaquez, dua orang siswa yaitu Santiago Guillen dan Antonio Veciana, diatas skuternya, bertemu dengan sang master surealisme, Salvador Dali.
    Seperti yang dituliskan media masa saat itu “Dali tidak merasa gengsi atas reputasi besarnya sebagai seniman. Ia menghiasi tubuh Vespa dengan cara aneh. Ia bubuhkan tanda tangannya dan menuliskan nama istrinya yang selalu menjadi sumber inspirasinya; Gala.”
    Setelah diluncurkan pada awal musim panas 1999 di Girona, Spanyol dalam acara ‘Eurovespa’, skuter model ini mendapat kehormatan karena dipamerkan dalam ‘The Art of Motorcycle’. Kemudian disumbangkan ke Museum Piaggio oleh Giovanni Alberto Agnelli.
    Show Vespa Dali



    1963 Vespa 50
    Show Sejarah Pict
    Inilah Vespa yang paling digemari anak-anak muda. Mantap, mudah dikemudikan, eksklusif dan menawan dari segi estetisnya. Model ini mengambil garis bentuk model silinder besar. Sejak kemunculan pertamanya, Vespa ini dipromosikan oleh Piaggio dengan slogan dalam iklan yaitu “Muda, Modern dan … tanpa dokumen.”
    Berdasarkan peraturan jalan raya Italia pada tahun 1963, memang Vespa ini boleh dikendarai oleh anak muda berusia minimal 14 tahun tanpa plat nomor dan tanpa SIM. Mesinnya benar-benar baru, dan silindernya tak lagi horizontal, melainkan 45 derajat. Rancangan skuter terakhir ini ditanda-tangani oleh Corradino D’Ascanio.
    Bagaikan batu biduri bulan dalam sejarah Vespa, dari tahun 1964 sampai saat ini, Vespa 50 telah diproduksi lebih dari 3 juta unit.
    Show Vespa Dali


    1964 Prototype Vespa Militer
    Show Sejarah Pict
    Seperti produsen sepeda motor lainnya, Piaggio juga melakukan studi untuk membuat kendaraan militer pada tahun 50an.
    Model yang keluar pada tahun 1964 ini berasal dari Vespa 50 dengan perubahan pada framenya untuk mengurangi ukurannya. Karena itu pipa steering column dan rodanya dapat dengan cepat dilepas dan disetel pada kantong bagian kiri. Vespa jenis ini tetap pada bentuk prototipe setelah melalui beberapa negosiasi antara Piaggio dan Departemen Pertahanan.
    Show Prototype Vespa Militer


    1966 Vespa 90 Super Sprint
    Show Sejarah Pict
    Sudah tidak diragukan lagi, Super Sprint 90 memiliki desain yang paling orisinil dengan garis bentuk yang mantap. Model ini diproduksi oleh Piaggio sejak 1966 karena memiliki kecepatn, spring/ release yang sangat kuat dan kemudi yang mengagumkan.
    Dilengkapi windshield dengan ukuran yang diperkecil dan kotak bagasi di antara jok dan setang. Roda cadangan, seperti pada Vespa GS 1955, tersimpan di tengah pijakan kaki.
    Bersamaan dengan keberhasilan Vespa 90 SS, Piaggio juga membuat versi 50cc yang dijual di pasar luar negeri, khususnya di Swiss dan Jerman.
    Model 90 SS, seperti Vespa 50, termasuk model yang paling dicari kolektor karena nilainya bagai permata yang cocok untuk dikoleksi.
    Show Vespa 90 Super Sprint


    1967 Vespa 125 Primavera
    Show Sejarah Pict
    Berasal dari model 125 VMA1, sejak pertama kali dirilis Vespa 125 ‘Primavera’ langsung meraih kesuksesan. Karakteristiknya yang mudah dikemudikan, cepat, gesit dan kuat, tak heran nama Vespa Primavera begitu terkenal di tahun 60an.
    “Dengan Vespa, kita bisa” begitulah kampanye untuk merebut hati anak muda yang berusia di atas 16 tahun pada masa itu. Mereka menyukai olahraga dan alam, serta tak ingin lalu lintas menjadi penghambat mereka untuk menepati janji dengan teman-temannya.
    Dengan fitur utama frame yang lebih panjang, maka pembonceng pun bisa lebih nyaman duduk di atas kendaraan ini.
    Show Vespa 125 Primavera


    1968 Vespa 180 Rally
    Show Sejarah Pict
    Setelah sukses dengan seri Vespa Super Sport 180, Piaggio memasarkan sebuah skuter 180cc dengan mesin dan frame yang benar-benar baru, yang sesungguhnya berasal dari model Sprint ’66, tapi dengan perubahan estetik pada setang dan joknya.
    Sampai saat ini, Vespa 180 Rally masih tetap merupakan model yang paling berhasil dari segi estetika dan fungsionalitasnya. Selama kurun waktu 1968-1973, model ini diproduksi sebanyak 26.000 unit.
    Show Vespa 180 Rally


    1973 Vespa 50 Spesial
    Show Sejarah Pict
    Tahun 1969, di masa puncak protes kaum muda, hadir Vespa 50 Special yang dibuat untuk generasi baru dengan perubahan estetika pada setang, headlamp dan lampu ekor.
    Dengan warna yang khas, Vespa 50 special memberikan kesan yang “menyenangkan dan modern”, seperti slogannya di masa itu.
    Di tahun yang sama, diluncurkan juga Vespa 50 Elestart dengan desain yang sama tetapi ditambah dengan solusi teknis yang inovatif, yaitu kunci kontak listrik. Dari tahun 1969 hingga 1973, publikasi
    Piaggio ditingkatkan melalui sebuah kampanye yang paling menarik saat itu “Chi ‘Vespa’ mangia le mele” yang berarti siapa yang naik ‘Vespa’ akan makan apel. Kampanye ini menambah keberhasilan Vespa 50 special.
    Show Vespa 50 Spesial


    1985 Vespa 125 T5 Pole Position
    Show Sejarah Pict
    Sebuah nama baru dan gaya yang juga baru dimiliki oleh Vespa 125 Pole Position, yang keluar pada tahun 1985. Garis bentuknya lebih berani. Spoiler, kaca depan dan tachometer digitalnya meningkatkat karakter sporti.Untuk model ini, Piaggio menghadapi tantangan sulit karena harus bersaing ketat dengan produk asal Jepang. T5 ini dilengkapi dengan mesin baru yang memberikan 5 pouring sehingga kinerjanya lebih baik dibandingkan dengan model-model Vespa lain yang bersilinder sama.
    Model ini identik dengan kecepatan dan nama besar pembalap Formula 1, dan Nelson Piquet adalah saksi istimewanya.
    Show Vespa 125 T5 Pole Position


    1978 Vespa P125X
    Show Sejarah Pict
    Vespa P125X diperkenalkan pada sebuah pameran di kota Milan pada tahun 1977 sebagai Vespa ‘Nuova Linea’. Seperti PE 200 silinder, Vespa ini adalah hasil dari redefinisi gaya yang sangat tepat, inovatif sekaligus selangkah lebih maju dibanding model-model sebelumnya karena direncanakan untuk tahun 80an.
    Vespa P125X menjadi sarana transportasi yang paling disuka oleh generasi muda. Model ini mampu bersaing dengan sepeda motor 125 silinder yang mengalami masa kebangkitan yang luar biasa.
    Garis bentuk kuadrat dan ukuran yang lebih besar memberikan kekuatan dan ketenangan dalam berkendara. Dari sisi ergonomis juga jauh lebih baik. Kompartemen chasisnya lebih luas dan lebih ramah. Jok juga lebih nyaman karena menggunakan busa poliuretan. Speedometer terletak pada setang dan sepenuhnya telah didesain ulang.
    Yang juga sangat inovatif dan efisien, adalah suspensi depan yang memiliki peredam kejut teleskopik, yang berguna untuk mengatasi masalah tenggelamnya rem.
    Show Vespa P125X


    1996 Vespa ET2/ET4
    Show Sejarah Pict
    Menghadapi milenium yang ketiga, Vespa tak kehilangan karakternya. Garis bentuknya yang elegan, manis, mudah dikenali dan memberi rasa aman, selalu berbeda dari motor-motor biasa.
    Pada saat yang sama, Vespa juga inovatif dalam teknologi. Senantiasa memberi kenyamanan dan menegaskan kualitas tertinggi yang dimilikinya, yakni; kemampuan lebih dibanding motor-motor biasa untuk memenuhi tren dan tuntutan masa kini. Rahasia inilah yang menjadikannya kendaraan yang terkenal, disukai dan tersebar luas dari masa ke masa. Sungguh, bagaikan sebuah ‘mesin waktu’ beroda dua.
    Generasi baru Vespa tersedia dalam 3 versi.
    Vespa ET4 dilengkapi dengan mesin 4 tak-125cc yang ramah lingkungan.
    Vespa ET2 dengan mesin 2 tak yang modern, handal dan dilengkapi karburator.
    Vespa ET2 injeksi, didukung mesin FAST (Fully Atomized Stratified Turbulance), yaitu motor pertama yang memiliki mesin 2 tak dengan sistem injeksi langsung, memungkinkan Anda untuk mengurangi konsumsi BBM hingga -30% dan emisi hingga -70%.
    Show Vespa ET2ET4


    Satu Vespa Sejuta Saudara
    Last edited by Dheeva; 30-01-2012 at 07:00 AM.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    May 2008
    Location
    serpong
    Posts
    85
    Thank(s)
    2/10
    Rep Power
    0

    Default

    wah ente hobi ngevespa gan??
    coba gabung di sini gan.....

  4. Who Said Thanks:


  5. #3

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Dream Country
    Posts
    23
    Thank(s)
    0/8
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    0

    Wink

    Quote Originally Posted by gerry View Post
    wah ente hobi ngevespa gan??
    coba gabung [URL="http://www.facebook.com/pages/Scooterpack/51486332837"]di sini
    Baru Mulai nyoba nh..
    Ternyata lumayan juga.. hhe
    Thanks yoo.. yang diatas..

    salam scooterist slalu deh..

  6. #4

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    mataram
    Posts
    77
    Thank(s)
    0/19
    Rep Power
    0

    Default

    Baru tau ada mobil merek vespa...
    BTW kalo PX 150 mulai tahun berapa ya?
    belum keliatan di sejarahnya...
    terimakasih

  7. #5

    Join Date
    Dec 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    37
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    wih manteb nih sejarahnya.gw selama ini cuman hobi naek vespa doang (pts tersayang) gk tau banyak ttg sejarahnya.

  8. #6

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,343
    Thank(s)
    0/11,881
    Rep Power
    6

    Default

    Untuk motor Vespa sekarang mulai banyak club vespa yang berkeliaran di jalan"
    dan semakin hari club" vespa ini semakin tertib , miris kalo ngelihat vespa yang di modif ngga karu"an , oakai setir diatas lah , dikasi atap , bawa istri , anak
    BTW
    lengkap banget sejarahnya , jadi pengen punya vespa
    "Life is Challange , Life is Story , Life is History"

    Bagi Yang Berasal Dari Kota Angin Silahkan Masuk Sini IDWS Wind City (Kota Angin)


  9. #7

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    Dream Country
    Posts
    23
    Thank(s)
    0/8
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by bighendz View Post
    Untuk motor Vespa sekarang mulai banyak club vespa yang berkeliaran di jalan"
    dan semakin hari club" vespa ini semakin tertib , miris kalo ngelihat vespa yang di modif ngga karu"an , oakai setir diatas lah , dikasi atap , bawa istri , anak
    BTW
    lengkap banget sejarahnya , jadi pengen punya vespa
    Hayuu laaa... Beli Vespa gih um.. trus kita kumpul bareng nh.. hahaha..

  10. #8

    Join Date
    Nov 2009
    Location
    cirebon
    Posts
    8
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    vespa emang kaga ade matinye...

  11. #9

    Join Date
    Feb 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    9
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    vespa klo di cat mayan juga jadinya...

  12. #10

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    indon
    Posts
    22
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    0

    Default

    motor kesayangan jaman sma ...

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia