Results 1 to 4 of 4

Thread: GTA San Andreas Multiplayer - SAMP JogjaGamers RolePlay
http://idws.in/237591

  1. #1

    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bekasi
    Posts
    2
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default GTA San Andreas Multiplayer - SAMP JogjaGamers RolePlay



    User Control Panel
    Forum
    Server IP : 202.65.113.140:7777


    JogjaGamers Rolelay adalah suatu komunitas Role-Playing Indonesia yang paling rapih dan berkualitas dari SAMP (San Andreas Multi Player). Server ini diluncurkan pada Januari 2010.

    Kalo agan mendengar kata GTA, pasti agan sudah memikirkan tentang tembak2an, tabrak2an, kamikaze dengan pesawat dll. Eits, diserver ini gak ada lagi yang namanya main Rambo kaya gitu gan. Dikarnakan ini adalah server RP (RolePlay = Bermain Peran). Dimana agan akan berperan layaknya seperti kehidupan nyata.

    Berikut ini penjelasan tentang RP.

    Quote Originally Posted by Bernardo
    RP, Roleplay adalah suatu fitur game dalam SA:MP dimana player dapat memainkan sebuah "character", dimana character itu menjadi tokoh dalam suatu "kisah hidup" yang mereka buat secara fiksi. RP atau Role Play, juga dapat diartikan sebagai permainan dimana kita harus mengikuti asas2 yang ada didunia asli, dan melakukannya di game sebagai perantara kehidupan dunia asli.
    Role Play juga diartikan kedalam B. Indo adalah bermain peran, dimana sang pemain akan memainkan peran di dunia game tersebut.
    Ada beberapa istilah yang WAJIB DIPAHAMI dalam Roleplay, berikut penjelasannya.

    IC / OOC

    Quote Originally Posted by Bernardo
    RP itu dibagi dua, ada OOC, yaitu Out Of Character, dan IC, In Character.

    Show IC amp OOC
    OOC adalah character yang mengendalikan IC, OOC merupakan kita ini yang sedang memainkan gamenya. biasanya OOC dan IC dibedakan chatnya, OOC chatnya menggunakan dua brackets didepan dan belakang, (( dan )), jadi itu menunjukan bahwa character yang didalem game ga ngomong, tapi orang yang diluar tersebut (orang yang memainkan karakter kita / yang lagi duduk depan screen/ anda sendiri).

    IC itu sebaliknya, character yang didalem game, yang kita mainin, dia jadi perantara untuk berperan didalam game. Dan di chat IC perkataan tidak boleh di singkat dan tidak boleh ada smiley, sedangkan di OOC chat diperbolehkan.
    Contohnye: Gua nih, Ryan, mainin char gua namanya Wayne Bernardo, gua gak ngapa2in, cuman ngetik ama ngeklik, character didalem kompi bakal ngelakuin segala RP yang dikenadlikan oleh ane. Mungkin kurang ngerti ye? RP itu kek film, tapi ga berakhir, misalnya kan Rowan Atkinson main jadi Mr Bean, nah Rowan Atkinson itu OOC, Mr Bean, yang dia peranin jadi IC.

    Ingat! Misalnya kita punya teman baik di IRL, di IG belom tentu jadi temen baik, karena sifat OOC dan IC itu beda jauh. Dan hal yang dilakuin IC jangan dibawa2 OOC, misalnya IC dikatain Anji-g, keselnya jangan dibawa ke OOC.
    Metagame, Powergame, Revenge Kill and Death Matching

    Show MG PG RK DM
    - Metagame, Metagame adalah suatu tindakan dimana kita menggunakan informasi OOC (Out Of Character) untuk mengetahui suatu hal didalam IC (In Character). Misal agan lagi jalan2 di Idlewood, terus ketemu orang. Karna agan liat nametag diatas orang tersebut, agan langsung manggil nama dia. Padahal ICly character agan gak tau dan gak kenal dia siapa. Emangnya kalo di Real Life ada nametag diatas kepala orang? Gak ada kan?

    Contoh lain : Agan sedang diculik gerombolan gangster, karna gangster tersebut sudah mengambil radio/handphone or alat komunikasi agan, otomatis agan gak punya alat buat minta tolong kan? or alat buat hubungin polisi? tapi agan kepikir tentang PM (Private Message [OOC]). Yaudah, agan langsung nge-PM polisi dan kasih tau agan sekarang dimana dan diculik siapa.
    Nah ini namanya Metagaming gan, karna kalo di Real Life / kehidupan nyata emang ada Private Message? mau pake apa agan kalo PM? punya Telepati?

    - Powergame , Powergaming adalah melakukan suatu tindakan yang tidak mungkin / impossible untuk dilakukan dikehidupan nyata.
    Contoh : Agan sudah diborgol tangannya dibelakang oleh polisi, tapi agan meng-RPkan "/me mengambil Caliber 50 dari ikatan pinggang depannya dan langsung menembaki polisi"

    Nah itu gak boleh gan. Gimana cara agan ngambil senjata dari pinggang depan? padahal kedua tangan agan diborgol dibelakang.

    Contoh lain:
    Agan lagi jalan2 tiba2 ditabrak sebuah mobil, nah disitu agan tidak meng-RPkan kalo agan terluka dan langsung lari2an kesana kemari. Nah itu Powergaming gan, gak boleh dilakukan. Coba saya tanya sama agan, emang kalo agan ditabrak sama mobil masih bisa lari2an ga jelas tanpa rasa sakit? ngga kan. Nah maka dari itu agan harus meng-RPkan kalo agan terluka, tergantung seberapa kerasnya mobil itu menghantam agan.

    Note : tentang command /me akan saya jelaskan nanti.

    -Revenge Kill , Revenge Killing adalah dimana agan membunuh pembunuh yang sudah membunuh agan ICly.

    Jadi misal agan ini seorang detektif yang sedang menyelidiki suatu kasus disuatu Mafia, karna agan ketauan oleh bos Mafia tersebut, untuk membunuh agan dan tewaslah karakter agan.

    Nah disini, agan berniat balas dendam karna agan gak terima karakter agan dibunuh. Agan menuntut balik untuk membunuh dia yang sudah membunuh agan sebelumnya. Nah ini gak boleh gan, ini adalah revenge killing. Karna kalo agan sudah mati ingatan agan hilang sama orang yang udah ngebunuh agan sebelumnya. Jadi agan udah gak punya memori apa2 lagi sama killer tersebut. Tapi ingat, disini hanya ilang memori sama yang orang yang udah ngebunuh agan, bukan hilang ingatan IC sama orang yang tidak ada hubungannya dengan kejadian tersebut. Contohnya teman agan ICly.

    - Deathmatching (DM) , DM adalah dimana agan melukai/membunuh seseorang TANPA alasan yang jelas. Misal agan tiba2 ngespawn M4 terus langsung nembakin orang yang didepan agan, nah itu gak boleh gan.

    Or agan lagi bosen RP dan lagi pengen rusuh, agan langsung tabrak2in orang dijalanan pake mobil sampe terluka/mati. Ini juga gak boleh gan, sangat dilarang.
    /me and /do commands

    Didalam suatu RP, /me and /do adalah unsur terpenting yang membuat suatu Roleplay menjadi real.
    Show me amp do

    /me disini adalah saya/karakter agan. Kegunaannya adalah agan memberi tahu orang lain kalo agan sedang melakukan sesuatu dengan anggota tubuh agan.
    Misal :
    1. /me menyandarkan tubuhnya diatas ranjang, menatap langit-langit kamar.
    2. /me mengulurkan tangannya ke arah John, menawarkan sebuah jabat tangan.
    3. /me reaches under the passenger seat, grabbing out an M4.
    4. /me stares at John with cold expression, obviously looks mad.

    Penjelasan dichatbox nanti akan jadi seperti ini.

    Misal nama agan Ben Sherman ya jadi..
    1. *Ben Sherman menyandarkan tubuhnya diatas ranjang, menatap langit-langit kamar.* Disini menjelaskan karakter agan sedang tiduran diatas ranjang sambil menatap langit-langit kamar.

    2. Sama seperti diatas juga dan menjelaskan kalo agan sedang mengulurkan tangan agan ke John untuk mengajaknya bersalaman.

    3. Menunjukkan kalo agan lagi ngambil senjata M4 dibawah kursi penumpang. Cuman pake bahasa inggris, biar keren :D

    4. Berarti agan sedang menatap John dengan tatapan dingin, jelas sambil terlihat marah.


    Ok sekarang kita masuk ke /do.
    /do , adalah suatu command untuk menjelaskan suatu keadaan yang sedang terjadi. Dan juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan suatu karakter/keadaan.
    Contoh :
    1. /do terlihat Ben sedang mengendarai mobil Bugatti Veyron
    2. - /do Terlihat luka gores yang cukup panjang pada pipi kanan Ben.
    3. - /do looks over a 47 years old man, has well built body with a dragon tattoo on his back

    Penjelasannya di chatbox akan jadi seperti ini.
    1. *Terlihat Ben Sedang mengendarai mobil Bugatti Veyron* (( Ben Sherman ))
    2. Sama seperti diatax, menjelaskan bahwa ada luka gores yang cukup panjang pada pipi kanan Ben.
    3. Kalo ini mendeskripsikan bagaimana rupa karakter agan cuman pake English biar keren hehe


    Berikut ini contoh cara yang benar & tepat untuk menggunakan /me & /do:
    Kita ambil situasi dimana saya sedang beradu mulut dengan seorang pemabuk yang menyerempet mobil saya.

    Ben Sherman says : Hey idiot, you blind or what?
    *Does John looks high?* (( Ben Sherman ))
    John Doe says : Err.. take,. take me home bitch..
    *Obviously looks high* (( John Doe ))
    *Ben Sherman swings his right hand right on John's face forcefully, obviously hitting him*

    John Doe says : Ey the fu**?!
    *Falls to the ground as he got hit on his face, wiping his lips slowly* (( John Doe ))
    Ben Sherman says : Don't fu** with me, idiot!
    * Ben Sherman turns his body and walks away to his car*

    Nah, contoh diatas merupakan sedikit contoh Roleplay yang benar.
    Oh iya ingat, tidak ada "/do Success/Fail?" didalam suatu RP. Kalo agan ingin pukul orang itu ya pukul, biarkan nanti yang nerima pukulan agan bereaksi sendiri dengan kehendaknya. Oh iya lihat juga batasannya, jangan sampai agan membuat Powergaming.
    Steps to RP


    Quote Originally Posted by Bernardo
    Dalam bagian ini saya akan menjelaskan cara untuk bermain "RP" dengan baik.

    Show RP Steps
    1. Choosing your name.
    Seperti dalam penjelasan diatas, Roleplay merupakan suatu permainan dimana anda harus mengikuti kemungkinan/hal2 yang dapat terjadi secara logis didunia asli. Jadi, disini anda harus memilih nama secara logis, jangan asal menamai Character anda dengan nama2 yang aneh seperti "Dudutz_Bedutz" "Am3lZzC4nTiKkZ2z" "[MBPRO]Dunia_Luar" dll., jadi nanti anda harus memilih nama seperti didunia asli. Sebagai contoh: Wayne_Bernardo, John_Mcmillan etc., dan jangan juga memilih nama orang terkenal, karena itu seperti mencampuri tangan dengan RP mereka, dapat dibiang Non-RP serta PG dari sisi lain(PG akan dijelaskan nanti)
    Harap cocokan latar RP dengan nama, ya kalo namanya dia dari Indo, ya namanya nama Indo, kalo dia dari Itali, ya namanya nama itali, kalo dia dari Afrika, ya namanya nama afrika, dst.

    2. Your RP Background
    Ini adalah unsur penting dalam Role Play, latar RP anda. Bisa jadi character anda berasal dari Amerika atau mungkin Zimbabwe, nama juga terpengaruh di RP anda. Dan latar RP anda juga mendukung sifat yang akan terjadi dalam RP anda. Jangan lupa alasan mengapa dia dapat sampai di LS bagaimana, karena itu dapat menjadi latar RP anda juga.
    Nama, umur, asal, itu penting dalam hal ini.

    Contoh:
    John Mcmillan dia lahir pada tanggal 8 April 1969, Baltimore, USA. Merupakan anak termuda dari tiga bersaudara, kakak pertamanya yaitu Steve Mcmillan, dan kakak keduanya yaitu Dennis Mcmillan, Ibu dia meninggal saat dia lahir, dan sekarang hanya ayahnya yang mengurusi mereka. Saat masih kecil, dia dan kakak-kakaknya sering diajak ayahnya untuk berlayar dan memancing ikan dilaut. Suatu hari bapaknya meninggal karena serangan jantung, umur John sudah 13 tahun. Dia menangis kesal karena kehilangan ayahnya yang sangat dekat dengannya, dan pada akhirnya dia mengikuti kakaknya yang tertua, yang saat itu umurnya 28 tahun. Kakaknya merupakan orang yang "nakal", dia seorang ketua geng biker di daerahnya. Merampok, membunuh, dan menyetir merupakan pekerjaannya. John selalu di caci-maki oleh teman-teman kakaknya, dan kakaknya sendiri tidak menyukai keberadaan John. Saat mereka sedang merampok sebuah supermarket, mereka dipergok oleh polisi setempat, dan akhirnya John ditinggal oleh kakaknya dalam keadaan luka tembak saat dikejar polisi.

    2 bulan kemudian John keluar dari penjara. Saat itu tanggal 8 April, berpas-pasan dengan ulang tahun ke 15-nya, dia mengetahui bahwa kakaknya tak akan peduli dengan dia, dan akhirnya pergi untuk mencari Dennis, kakak kedua dia. Saat pergi kerumah kakaknya itu, rumahnya sudah ditempati oleh orang yang tak dikenal dia, dan itu ternyata teman Dennis. Teman kakaknya itu memberi tahu Dennis telah meninggal disaat dia ingin pergi ke kuliah. John kaget saat mendengar bahwa ternyata Dennis dibunuh oleh kakaknya sendiri, Steve. Dengan kesal John lari ke harbour tempat dia suka memancing ikan dengan bapaknya. Dia menangis, emosi senang dan kesal berpadu di dirinya. Seorang tak dikenal melihat dia, dan menanyakan apa masalah dia. John menceritakan, dan sosok yang tidak dikenal itu memberikan John sebuah kartu nama, menyuruh dia untuk menghubungi jika dia mau sebuah pekerjaan dan butuh uang. John terdiam dan hanya menyimpan kartu itu.

    5 tahun berlalu, John berumur 20 tahun, dia sekarang berkerja untuk sebuah perusahaan minyak, yaitu freeport. Dia tak menyangka bahwa dia di-PHK. Sebenarnya, John telah bekerja sebagai "kuli-lapangan" sejak umur 17 tahun, karena dia tidak mendapat penghasilan yang tetap dari pekerjaannya dulu, dan pekerjaan yang dia peroleh sekarang tak pernah membawa sukses dan keberuntungan. Dia mengingat kartu nama yang dulu dia simpan, dia menelponnya, dan menanyakan pekerjaan itu. Nomor yang dia tuju ternyata menjawab, walaupun John telah telat 5 tahun. Jawaban dari telpon itu mengejutkan, dia masih ingat dengan John, dan pekerjaan yang dia tawarkan ke John. John mengambil pekerjaan tersebut. John diberi rincian pekerjaan, bahwa tugas dia hanya menjadi Body-Guard "orang penting". Dia ternyata di rekrut ke sebuah kelompok mafia, dan menjadi Body-Guard seorang Underboss. Dia heran mengapa dia dapat memiliki kepercayaan yang tinggi, tetapi ternyata, Boss mafia tersebut adalah teman dekatnya ayahnya sendiri. Saat sebuah perundingan antar mafia, Boss itu dihianati,d an dibunuh oleh mafia yang satu lagi. Mafia John hancur, dan karena dia merupakan orang kepercayaan, dia dikirim oleh sang Underboss ke Los Santos untuk menemui seseorang dengan julukan 'AV', untuk melanjutkan tugas pengabdiannya kepada sang Boss, dan ayahnya sendiri.
    How To Play


    Masih pada bingung gimana caranya main GTA San Andreas Offline menjadi Online? Gampang...

    Show Steps
    Minimum yang dibutuhkan komputer untuk bisa main GTA SA.
    - 1GHz Pentuim III or AMD Athlon
    - 512MB RAM
    - 3.6 GB Hard Disk Space
    - 64MB Video Card
    - DirectX 9 compatable sound & video drivers
    - Keyboard, mouse
    - LCD Monitor 20 Inch kalau bisa, biar mantep mainnya (ga juga GPP)

    Kalau udah merasa kuat Komputer na, langsung aja Download GTA SA disini :
    mediafire atau part1,part2,part3,part4,part5,part6,part7,part8,pa rt9

    Yang ga mau Download dan udah punya CD bajakan / DVD GTA SA lengkap. Langsung aja Instal GTA na.

    Next.
    langsung masuk ke langkah 1.
    Download SAMP : Disini
    Untuk sekarang server Jogjagamers menggunakan Client SAMP yang versi 0.3c. nah, kalau udah selesai Downloadnya, Instal SAMPnya dijadiin 1 sama directory GTA yah..

    Langkah 2:
    Jalan kan SAMP yang udah diinstal di directory GTA. nah, Waktu pertama kali kamu jalanin SAMP, dia pasti tanya dimana directory GTA SA berada. (biasanya ini terjadi kalau instalan GTA adalah CD Bajakan)

    Langkah 3:
    Buat dulu akun UCP dan karakter agan di UCP
    Atau guide lebih lengkap disini

    Langkah 4:
    Kalau sudah jadi akun UCP dan karakter anda bisa langsung masuk ke SAMP klik Tombol Conect berbentuk tanda "Centang" masukkan IP 202.65.113.140:7777 ke kotaknya. terus ok. Pastikan anda memasukkan nama Karakter (bukan username UCP!) anda di bagian tab kosong diatas. Dengan format : Firstname_Lastname

    Langkah 5:
    Ada 1 langkah lagi, tapi sudah tertera di Guide caranya. Setelah itu anda bisa bermain :)
    Factions


    Illegal Factions


    Credits :
    Bernardo
    LS-RP for images
    JogjaGamers
    Hirumi
    Last edited by Ben_Sherman; 03-02-2012 at 10:01 AM.

  2. #2

    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bekasi
    Posts
    2
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Reserved for further edit.

  3. #3

    Join Date
    Jun 2010
    Location
    yogyakarta
    Posts
    26
    Thank(s)
    0/8
    Rep Power
    0

    Default

    web forum sama control panel not found tu gan,,

  4. #4

    Join Date
    May 2009
    Location
    pd.bambu~galaxy
    Posts
    626
    Thank(s)
    0/1,682
    Rep Power
    6

    Default

    game roleplay di sini tuh kita meranin peranan CJ dalam bentuk Online gitu ya ?
    gk kyk server idgs gitu ? server deathmatch ?
    http://25.media.tumblr.com/33eb5022900960bf05ab096361a57e00/tumblr_metwl2kw2e1rbetd4o1_500.gif

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia