Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 24

Thread: Apa Kata Mata Tentang Kesehatan Anda?
http://idws.in/256139

  1. #1

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Heaven
    Posts
    5,355
    Thank(s)
    1/1,252
    Rep Power
    10

    Default Apa Kata Mata Tentang Kesehatan Anda?

    Ghiboo.com - Mata merupakan panca indera manusia yang paling penting. Dapat dibayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan.
    Namun, mata juga bisa membantu kita untuk mendeteksi berbagai masalah gangguan kesehatan. Berikut ini, beberapa jenis gangguan pada mata yang bisa menjadi sinyal adanya ketidakberesan dalam tubuh, seperti dilansir melalui Huffingtonpost, Senin (12/3).

    Ukuran pupil berbeda
    Pupil atau lingkaran hitam di tengah bola mata, pada orang normal biasanya simetris. Ukuran dan reaksinya sama saat terkena sinar matahari. Namun, jika salah satu pupil mata Anda terlalu besar atau kecil dari yang lain, mungkin ada terdapat gangguan kesehatan. Para ahli mengklaim bahwa perbedaan pupil dapat menunjukkan bahwa orang tersebut berada pada risiko tinggi mengalami stroke, tumor saraf optik atau tumor otak atau aneurisme otak.

    Mata kering
    Jika mata Anda selalu kering dan super sensitif terhadap cahaya, bisa jadi itu menjadi sinyal adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh Anda, seperti sindrom Sjogren, gangguan sistem imun dimana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur. Penyakit ini harus diwaspadai, sebab kondisi ini memengaruhi wanita berusia lebih dari 40 tahun dengan gangguan autoimun, seperti rheumatoid arthitis atau lupus.

    Mata berawan atau katarak (cloudy eyes)
    Jika mata Anda seakan berkabut dan penglihatan mata Anda terganggu, bisa saja Anda memiliki katarak. Hal ini menyebabkan kekeruhan di lensa dalam mata dan harus dioperasi untuk menormalkan penglihatan. Kondisi ini sering terjadi pada orang lanjut usia. Namun, anak muda juga berisiko dan biasanya disebabkan efek samping dari penyakit diabetes, tumor dan pengonsumsian obat tertentu.

    Mata gatal
    Meskipun ada banyak hal yang dapat menyebabkan rasa gatal di sekitar mata, alasan yang paling umum dapat menunjukkan adanya reaksi alergi. Mata dan daerah sekitarnya merupakan bagian yang sensitif dan lebih rentan terhadap infeksi dan alergi. Pemicu lain bisa saja dari debu atau bulu binatang.
    Jika mata Anda gatal dan merah, coba atasi dengan antihistamin untuk mengurangi kemerahan atau kunjungi dokter untuk dilakukan tes alergi. Jika mata dan kelopak mata Anda bengkak dan sakit, bisa pertanda bahwa Anda kurang tidur.

    Mata Abu-abu
    Jika mata Anda timbul seperti cahaya cincin di sekitar kornea mata, mungkin Anda mengidap arcus senilis, yang sering dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, yang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika melihat ada cincin berwarna abu-abu yang melingkari mata Anda, segera kunjungi dokter untuk membahas perubahan diet Anda.

    Alis mata menipis
    Alis mata memang bisa menjadi lebih tipis dengan bertambahnya usia, namun bisa jadi hal ini menandakan adanya disfungsi tiroid. Kehilangan rambut alis bisa menjadi tanda umum dari hipertiroid (tiroid terlalu aktif) atau hipotiroidisme (tiroid tidak terlalu aktif). Tiroid membantu mengatur metabolisme dan hormon tiroid sangat penting untuk produksi rambut. Jika Anda memiliki gejala tersebut, tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

    Mata berair
    Menurut Larry Benjamin, dokter mata di The Royal College, mata berair kemungkinan besar terdapat infeksi yang disebabkan oleh virus. Jika penglihatan Anda menjadi kabur, bisa jadi Anda mengalami Computer Vision Syndrome (CVS) yang disebabkan kelelahan mata karena memandang layar komputer. Hal ini membuat mata bekerja lebih keras berfokus pada piksel di layar.

    Benjolan kuning
    Benjolan kuning, atau dikenal dengan xanthelasma palpebral, biasanya muncul di kelopak mata dan bisa menjadi sinyal peringatan bahwa kadar kolesterol Anda sangat tinggi. Benjolan ini merupakan timbunan lemak yang mengumpul dan tumbuh di kelopak mata. Berhati-hati, terkadang bencolan ini menjadi tanda awal dari penyakit arteri korener.

    Jika Anda melihat ada titik berwarna pada kelompak mata, bintik-bintik cokelat tertentu, segera temui dokter. Bintik tersebut bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit, yang biasanya muncul pada bagian bawah kelopak mata dan akan terlihat berwarna kecokelatan dengan pembuluh darah kecil.

    Mata berdarah
    Jika mata Anda selalu berdarah dengan pembuluh darah yang pecah sehingga membuat mata Anda bernoda kotor dan terasa sakit, ini bisa menjadi sinyal bahwa Anda memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan pembuluh darah di retina menjadi kaku dan terpelintir yang menyebabkan mata menjadi merah. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko stroke, sehingga harus segara menemui dokter untuk pengobatan.

    Bagian mata yang putih berubah jadi kuning
    Jika bagian putih mata Anda berubah menjadi kuning dan bukan putih mutiara, ada kemungkinan Anda menderita penyakit kuning, yang berkaitan dengan masalah di hati dan kandung empedu. Perlu dilakukan tes darah untuk mengonfirmasikan penyakit tersebut, jadi jika Anda ragu segera hubungi dokter.

    sumber : Sumber
    Last edited by yuma; 12-05-2012 at 06:39 PM.
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    EARTH
    Posts
    205
    Thank(s)
    0/9
    Rep Power
    0

    Default

    serem amat itu mata berdarah
    tapi bukannya klo efek rokok jg bsa membuat mata berubah warna?
    Reply With Quote Reply With Quote

  4. #3

    Join Date
    Jul 2010
    Location
    bandung
    Posts
    227
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    mata kering dan berair paling sering kena ke ane
    dan betul tuh gejalanya
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #4

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    SegoroKidul DIY
    Posts
    727
    Thank(s)
    0/4,440
    Rep Power
    3

    Default

    wah, jadi ane sering kelamaan menatap layar pc kali ya . .
    sering pedih dan berair nih mata
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #5

    Join Date
    Feb 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    50
    Thank(s)
    0/12
    Rep Power
    0

    Default

    wah ane jg nih, kdg qlo abiz pake komputer terus tiduran di kamar mata bs keluar air sendiri
    gmn yah penanganan na? habis ane sering banget pake komputer
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #6

    Join Date
    Jun 2011
    Location
    solo
    Posts
    422
    Thank(s)
    0/17
    Rep Power
    0

    Default

    lha taunya alis mata menipis sakit pa ngga gmn cb?
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #7

    Join Date
    Feb 2012
    Location
    singapore
    Posts
    448
    Thank(s)
    0/19
    Rep Power
    0

    Default

    akhirnya gw tahu kenapa mata sering gatal, rupanya bulu binatang kerana ayah gw bela 7 ekor kucing

    ada tips untuk hilangkan mata gatal gak?
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #8

    Join Date
    Sep 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    200
    Thank(s)
    0/21
    Rep Power
    0

    Default

    yg bagian mata berdarah serem banget gan, hehe... tapi di era digital kya gini, kayanya masalah mata bakaln jadi tambah besar deh, soalnya kan orang lebih byk menatap layar lcd, entah hp, i-pad, komp, tv, iya kan?
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #9

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    somewhere....
    Posts
    4,830
    Thank(s)
    0/83,317
    Rep Power
    16

    Default

    Mata berair sering tuh, terutama kalo abis kena debu sama asap. Gatal dan pengennya garuk aja. Padahal bahaya garuk2 mata itu. Cara paling gampang dan mudah ya cuci muka pake air bersih :thumbup:

    Sent from my GT-I8150 using Tapatalk 2

    Reply With Quote Reply With Quote

  11. #10

    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Somewhere
    Posts
    269
    Thank(s)
    0/15
    Rep Power
    0

    Default

    ooohhhh.....
    ane seing bgt mata berair memang sih asik di depan pc terus ane...
    kudu dia atur neh masa di dpn pc...
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia