Page 1 of 9 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 82

Thread: Frame Per Second (FPS)
http://idws.in/25705

  1. #1

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Malang
    Posts
    456
    Thank(s)
    103/4,752
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    0

    Default Frame Per Second (FPS)

    Arti istilah Frame per Second dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
    Disingkat dengan FPS. Jumlah bingkai gambar yang ditunjukkan dalam satu detik untuk gambar bergerak.

    Untuk mengukur performa keseluruhan dari sebuah kartu grafis dapat menggunakan frame rates sebagai acuannya. Frame rate adalah Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak, diwujudkan dalam satuan fps (frames per second), makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya tinggi fps-nya. Frame rate menggambarkan berapa banyak gambar yang diselesaikan oleh kartu grafis dan ditampilkan dalam frame pada setiap detiknya. Ketika serangkaian gambar mati yang bersambung dilihat oleh mata manusia, maka suatu keajaiban terjadi. Jika gambar-gambar tersebut dimainkan dengan cepat maka akan terlihat sebuah pergerakan yang halus, inilah prinsip dasar film, video dan animasi. Jumlah gambar yang terlihat setiap detik disebut dengan frame rate. Diperlukan frame rate minimal sebesar 10 fps (frame rate per second) untuk menghasilkan gambar pergerakan yang halus.

    :onion-09:

    Pc Games , images ,Movies itu sudah smooth dan enak dinikmati di range fps 25-30.

    Penggunaan Fraps ini bisa sangat useful, sekaligus Racoooon … ada kecenderungan untuk kita terlalu fokus mengamati naik turunnya FPS di beberapa area saat gaming. Ini namanya bukan gaming dong? Tapi pengamatan terhadap “number and number”. Salah-salah anda malah berhenti main game, dan berencana ganti hardware yang lebih kuat untuk mendapatkan fps yang tinggi. NOPE! Itu namanya melenceng dari tujuan gaming dan menyiksa diri anda sendiri, jadi bijaksanalah menggunakan Fraps. Ingat, 30fps sudah nyaman secara garis besar (tapi jika ada dana, ya upgrade itu gak tabu kok, LoL)

    Lalu bagaimana menggunakan Fraps secara bijaksana untuk pendukung alat gaming kita? GRAPHIC OPTION. Anda akan sangat terbantu performa fpsnya apabila mau menilik kembali kemampuan PC anda terutama VGA. Saya tidak akan membahas VGA di sini, pokoknya ada harga ada barang deh,Back to FPS. … jadi apabila anda kurang nyaman saat bermain game dengan laporan 20an fps ato kurang, maka sebaiknya anda menurunkan presentasi graphical dari game itu. Urutannya adalah sebagai berikut (dari yang paling berpengaruh terhadap fps berdasarkan pengalaman) :

    * Antialiasing atau AA: kurangi, ato matikan saja apabila berat
    * Resolusi, TIPS: kalikan panjang dan tinggi dengan kalkulator untuk hasil pembenanan pixel, makin besar tentu makin membunuh VGA anda. Hint: 1280x1024 adalah seberat 1440x900
    * Matikan VSync (pembahasan VSync ada setelah ini)
    * Shadow: sudah dari jaman bahola, shadow itu overkill
    * Lighting dan HDR: membutuhkan komputasi yang rumit
    * Shader: efek-efek tempelan kosmetik yang canteeek, juga membutuhkan komputasi yang rumit
    * Texture detail, ini lebih ke RAM/memory, baik di VGA maupun chace dari system memori

    Sudah … selanjutnya silahkan anda bereksperimen sendiri mengkombinasikan yang terbaik antara eye candy vs FPS vs Comfort itu sendiri

    Berikut adalah chart tentang angka frame-rate-per-second terahdap kenyamanan gaming. Skala adalah mutlak ala penulis:

    VSync
    Apa itu VSync, adalah Vertical Synchronization. Yakni nge-LOCK fps ke angka Refresh Rate monitor anda. Misal monitor anda set di refresh rate 60Hz, maka fps akan locked di max 60fps saja. Min dan average fps bisa bervariasi.

    Side effect positive dari VSync adalah hilangnya TEARING, yakni garis horizontal yang kerap muncul di beberapa game. Lalu side positive lain adalah kenyamanan mata, tentu ini untuk game-game yang berjalan ratusan fps di PC anda. Daripada anda nanti mabok 3D karena gambar tampil lebih cepat daripada control, sebaiknya anda nyalakan VSync.

    Namun ada sisi lain yang perlu diperhatikan akan penggunaan VSync ini. Ada beberapa game yang ternyata mengalami mouse-lag apabila mengaktifkan VSync (missal Dead Space PC). Dan janganlah sekali-kali menyalakan VSync apabila VGA anda kedodoran di sebuah game, misal under 30fps, di sini akan sangat konyol apabila anda menyalakan VSync.

    Nb : VSync tidak berpengaruh terhadap image quality.



    Download Fraps

    Hidden Block (you must be registered):
    You do not have sufficient rights to see the hidden data contained here.


    untuk informasi lebih lanjut (sumber)
    Hidden Block (you must be registered and have 5 posts):
    You do not have sufficient rights to see the hidden data contained here.
    Last edited by xXAuradinXx; 20-10-2011 at 01:27 PM. Reason: link luar jangan di hide thanks

  2. Who Said Thanks:

    There are too many to display.

  3. #2

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Kost
    Posts
    26
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Info yang menarik.

    Om mau tanya nih.
    Apa arti dari Anti Aliasing sama Anisotrophic Filtering itu, maklum masih newbie

  4. #3

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Malang
    Posts
    456
    Thank(s)
    0/4,752
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    0

    Default

    Anti-aliasing dalam pemrosesan sinyal digital adalah teknik mengurangi artifak distorsi dalam merepresentasikan sinyal resolusi tinggi pada resolusi yang lebih rendah. Artifak distorsi disebut aliasing. Anti-aliasing digunakan dalam fotografi digital, grafik komputer, audio digital, dan bidang lainnya.


    kalo gambarnya di game bengkok.
    kamu naikan AA 2x ato 4x
    untuk render di game agar ndak bengkok karena
    frame dalam game tersebut akan dilakukan pemprosesan selama 2x (AA x2)
    semakin kamu naikan AA nanti nurunin FPS kamu..!

    Video Cards / VGA

    Grafik adapter, atau video card, menjadi central fokus pada industri PC game sejak akselarasi 3D diluncurkan pertama kali pada pasaran tahun 90 an. Sejak game membuat transisi dari 2D sprites ke 3D maps dan model. Akselarasi 3D sesungguhnya dari card tambahan yang hanya berkerja dengan standard card 2D.Anda mengkonekkan output card 2D untuk input pada 3D akselarasi dan out put dari keduanya akan menuju kemonitor.

    Saat ini, pasar video card 3D telah berubah pesat. Kedua card (2D&3D) telah menjadi satu card.Pasar Graphic card juga terbagi menjadi dua seperti pada pasar processor.Antaranya , Nvidia dan ATI adalah perusahaan graphic cards terbesar.Walau beberapa tahun yang lalu perbedaan mereka sangat besar, dengan generasi card terbaru mereka perbedaan menjadi minimal.

    Terdapat banyak faktor yang membagi performance video card.Card modern adalah seperti komputer mini dengan Graphics processing unit (GPU) mereka sendiri.Kebanyakan card juga mengharuskan solusi pendinginan untuk mencegah kerusakan dari suhu panas.Clock kecepatan dari GPU membuat perbedaan besar pada performancenya.Model tingkat tinggi akan dapat secara umum di overclocked versi mainstream model dengan tambahan data pipelines.Spesifikasi yang lain adalah ukuran memori.Kebanyakan card sekarang adalah 128mb atau 256mb, ATI RadeonX800 dan Nvidia Geforce 6800, perbedaannya pada performance dan kualitas adalah sangat dekat dan itu tidak ada untungnya.

    Pesan saya disini hanyalah memilih card yang tidak terlalu mahal middle end tetapi secara substansial murah.Anda akan menemukan ketika anda meneliti semakin kebawah harga turun hingga $600 sampai $300 sebelum anda dapat mengatakan "anisotropic filtering".

    Berbicara mengenai ini, kebanyakan orang terkadang bingung mengenai apa itu anisotropic filtering dan full screen anti aliening itu. Disini terdapat dua kualitas utama setting yang dapat mempengaruhi dua hal yaitu kualitas dan performance.Tingkat yang makin tinggi pada settingan akan berakibat semakin hebat kualitas gambar, tetapi performance akan semakin buruk.

    Anti-aliasing (FSAA)

    Full screen anti aliasing (FSAA) adalah standard feature pada semua graphic card baru. Ini adalah perhitungan/computation yang membantu menghilangkan tepian yang pecah/patah pada objek 3D. Hal ini mungkin tidak penting untuk image yang static, tetapi hal ini akan jelas ketika anda mulai bergerak.FSAA pada level yang tinggi akan membuat jarak objek terlihat mulus dimana jika tanpa FSAA akan terlihat patah-patah dan kasar.

    Anisotropic Filtering

    Ini adalah feature yang rumit yang mana berhubungan dengan penglihatan kualitas texture pada jarak dan angle. Level tinggi pada anisotropic filtering membuat pemain melihat objek jarak jauh dengan terfokus tanpa kesan blur atau distorsi.Performance akan menurun dengan anda menggunakan anisotropic filtering jadi umumnya anda harus tetap mensetting pada level rendah untuk performance.

    Yang mana harus dibeli?

    Pada titik ini sangat sulit mengatakan card siapa yang lebih baik. Benchmark pada akhir-akhir ini menunjukan ATI dan Nvidia'a hight end card sepertinya mengindikasikan radeon X800 XT diluar performance oleh Geforce 6800 ultra pada hampir semua kategori.Tetapi, card-card itu dbandrol hingga $600 bahkan lebih dan akan tetap menjadi mahal dan hanya digunakan oleh beberapa persen orang saja. Pada model-model mainstream, standard x800 dan geforce 6800, performance dan kualitas setting hampir sama. Menyadari kebanyakan pemain game bahkan tidak mempedulikan bagaimana gambar terlihat (isi dari game harus lebih menarik) anda harus tetap berpegang untuk mempunyai card yang secara sederhana perform baik pada hal frames persecond (fps,bukan dibingungkan dengan First person shooter). Konsultasi pada benchmark online untuk melihat bagaiman spesific performance card pada games-games populer, dan hanya pilihlah yang sesuai dengan kategori performance.

    sumber
    [HIDE="http://www.ivanstech.com/graphiccards%20-%20Ivanstech.com.htm"][/HIDE]

    you are welcome
    Last edited by xXAuradinXx; 20-10-2011 at 01:25 PM.

  5. #4

    Join Date
    May 2009
    Location
    Pondok Gede
    Posts
    27
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    mau nanya tentang AA om santos, kan om santos bilang AA semakin tinggi AA semakin nurun FPS, Jadi semakin tinggi AA juga Quality Image semakin tinggi?

  6. #5

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Nowhere
    Posts
    1,508
    Thank(s)
    0/1,224
    Blog Entries
    16
    Rep Power
    8

    Default

    klao dihubungin dengan game (terutama konsol)

    bro... konsol punya fps rate yang konstan untuk tiap game ato tiap game bisa beda fps ratenya?

  7. #6
    THE iDOLM@STER Raestloz's Avatar

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    765 Pro Office
    Posts
    5,353
    Thank(s)
    0/3,643
    Blog Entries
    78
    Rep Power
    11

    Default

    Quote Originally Posted by Feischmaker View Post
    klao dihubungin dengan game (terutama konsol)

    bro... konsol punya fps rate yang konstan untuk tiap game ato tiap game bisa beda fps ratenya?
    Tiap game bisa beda fpsnya. Yang biasa sih sekitar 30-60. Contoh? Coba aja maen Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition dan bandingkan dengan Harvest Moon: Save The Homeland. Masih dalam satu keluarga Harvest Moon tapi fps beda jauh. Ga usah beda game, dalam A Wonderful Life itu aja fpsnya variable dalam berbagai lokasi

  8. #7

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Foucarville1944
    Posts
    763
    Thank(s)
    0/2,636
    Rep Power
    6

    Default

    wah sep bagus info nya
    btw tuh fraps guna nya buat pa an tolong d jelasin dunk d atas blom d jelasin tuh..

  9. #8

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Malang
    Posts
    456
    Thank(s)
    0/4,752
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    0

    Default

    ya gitu dech..!
    AA semakin tinggi misal (8x)
    maka image quality per second pun semakin MANTAP (misal gambar tangan yg sedikit tidak rata di hidupkan AA (2x) akan semakin halus dan rata dan berikutnya akan semakin halus waktu bergerak)
    (maap jika ada penjelasan yg salah)
    Last edited by santos_o; 20-06-2009 at 06:15 AM.

  10. #9

    Join Date
    Oct 2007
    Location
    iN mY Room...
    Posts
    182
    Thank(s)
    0/516
    Rep Power
    0

    Default

    haiz... ambigu dunk... klo cuma ditulis FPS g bakal kirain First Person Shooter... hoohooh... tQ infonya gan... ^ ^

  11. #10

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    CMD-BDG
    Posts
    314
    Thank(s)
    0/15
    Rep Power
    0

    Default

    bruakakakaakakakak first person shooting . . . kok bisa mikir kesono . . .

    btw nanya,
    kalo monitor refresh rate cuma 50, dikasih fps lebih tinggi dari itu ga bisa yah?

Page 1 of 9 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia