Page 1 of 16 1234511 ... LastLast
Results 1 to 10 of 159

Thread: Semarang Culiner Center
http://idws.in/26138

  1. #1

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Ungaran
    Posts
    17
    Thank(s)
    5/21
    Rep Power
    0

    Default Semarang Culiner Center

    Selain wisata gedung tua, yang paling gue rekomendasikan kalo ke Semarang adalah wisata kuliner. Makanan yang ada mungkin hampir mirip sama makanan daerah lain tapi tetep layak untuk dicoba. Pusat oleh-oleh di Semarang emang ada di Jln. Pandanaran, hampir semua makanan khas Smg ada di toko-toko di jln ini. Tapi selain di toko2 itu, ada tempat-tempat lain yg sebenernya justru pusatnya:

    1.1 Bandeng presto…..gak ada tempat khusus asal bandeng ini..jadi beli di pandanaran aja ya..:P (Bandeng Juwana yang terkenal)
    uNTUK oleh-oleh dari Kota Semarang? Singgah saja di pusat oleh-oleh kota Semarang yang berada di Jalan Pandanaran. Berderet toko penganan menyajikan berbagai oleh-oleh khas ibu kota Jateng ini, seperti Wingko, Lumpia, Bandeng Presto dan lain-lain. Ada salah satu toko yang cukup besar yang menyediakan banyak pilihan oleh-oleh yaitu Toko Bandeng Juwana.


    1.2 MOACHI (kue mochi)
    di pandaran banyak yang jual atau ke kentangan(pusatnya) lewat mt haryono masuk ke jalan jagalan lalu masuk gang yang ada lompia amoy (deket situ)

    2. Ayam tulang lunak…cobain yang di jalan Wahid Hasyim ato daerahnya lebih di kenal dgn Depok (gak cuman Jakarta yang punya Depok..) Kalo dari jalan Gajah Mada letaknya di sebelah kiri jalan. Nama tokonya AYAM TULANG LUNAK KERATON. Ayam ini hmmm sampe ke tulang-tulangnya juga bisa dimakan soalnya tulangnya empuk banget. Ayamnya bisa tahan 3 hari.

    3. Wingko babat. Di pandanaran dan toko2 di daerah lain juga banyak yang jual, tapi pusatnya ada di daerah kota lama di deket Gereja Blendug. Nanti kalo udah sampe gereja itu, tanya aja ama abang-abang becak disana…daerah tempat jual wingko dimana. Daerah ini juga deket ama stasiun Tawang. Ada banyak rasa dan ukuran.

    4. Lunpia Semarang. Yang ini mah udah tenar banget…tapi sebenernya Semarang punya pusatnya lo. Kalo kalian nanti sempet lewat jalan MT. Haryono ato lbh dikenal dgn daerah Mataram, liat deh di sepanjang pinggir jalan…kita bakal nemuin banyak penjual lunpia…nah disitulah pusat lunpia Smg. Btw, aslinya justru ada di Gang Lombok di daerah pecinan, namanya Lunpia Gang Lombok. Lunpia Gang Lombok harus dikunjungi bagi para wisatawan kuliner di Semarang, tapi yang asyik adalah tetangga-tetangganya.. Anda bisa pesan Es Gang Lombok yang sangat segar(menggunakan manisan mangga, cincao, kelapa muda, dll; lalu pesan Mie Pangsit Goreng Siang Kie dan sebagai penutup, Lunpia Goreng Gg Lombok



    5. Pisang plenet…ini pisang yang dibakar terus diplenet dan dikasih mentega ama selai…wuih enak pisan and this is my favorite…adanya di depan Sri Ratu Mall Jl. Pemuda… Rasanya beda banget ama pisang bakar. Makanan ini agak susah dicari di Smg, satu-satunya tempat yang gue tahu yang di dpn Sri Ratu itu.

    6. Tahu Gimbal, ini kayak ketoprak…cuman yang ngebedain yang ini pake gimbal udang dan kol mentah…menurutku sih rasanya agak beda ama ketoprak…Cobain dulu…baru tau bedanya…:), di Simpang Lima(di daerah jalan Pahlawan dan Di taman KB jln Mentri supeno) banyak yang jual.

    • Tahu Gimbal “Pak Edi”
    Jalan Pahlawan, Semarang
    depan Departemen Sosial

    Tahu gimbal adalah masakan khas Semarang. Tahu ukuran besar digoreng sebentar, kemudian diiris-iris. Dicampur dengan lontong, tauge rebus, dan rempeyek udang (disebut gimbal udang), lalu disiram dengan saus kecap-kacang. Ditaburi rajangan seledri. Hidangan murah meriah untuk setiap saat.

    7. Mie Kopyok. Mie yang dicampur lontong, krupuk gendar (kerak) dan dikasih kuah…seger banget kalo di makan siang hari. Biasanya sih yang jual lewat depan rumah. Mungkin di pasar-pasar tradisional juga ada yang nangkring.

    8. Soto Semarang. Mungkin udah pada kenal ama Soto Bangkong…cuman kan gak seru kalo di Smg makannya soto Bangkong juga, kan di Jakarta udah banyak. Pusat soto di Semarang tuh di jln Thamrin, walopun disetiap tempat juga banyak yg jual. Nah kalo pesen soto Smg jangan pesen soto yang dipisah nasi ama sotonya, yang namanya soto Semarang tuh pasti soto campur, jadi dimangkuknya (mangkuk kecil dan dalam...kayak mangkuk wedang ronde..tau kan?) nasi ama sotonya udah dicampur…terus makannya ama sate telur puyuh ato sate kerang/ayam….Di kebanyakan warung soto, kalo gak ada permintaan untuk memisahkan nasinya, nasinya gak bakal dipisah. (bukan soto semarang namanya kalo nasinya dipisah ). Tapi kalo tetep pengen nyobain soto bangkong yang pertama di Indonesia, coba ke jalan dr Cipto, lokasinya deket kantor pos.

    • Soto Ayam Pak Man - Jl Beringin,
    • Soto Ayam Pak Din - Jl Tanjung,Soto Ayam Pak No - Banyumanik)
    • Soto Kudus Mbak Lien di dekat RS Telogorejo; jualnya pagi sampai siang. Kuahnya kental dan sangat gurih, dengan potongan sayur kuchai dan bawang goreng yang banyak. Asesorisnya harus dicoba karena sangat nendang gitu, sate ayam dan kerang yang besar-besar dan mantap, paru goreng yang digoreng crispy.
    • Soto Neon - taman brumbungan
    • soto Pak man - Sebelah SMU loyola( deket taman )
    • Soto Selan di Depok. Kuahnya kuning kental dengan tauge. Yang istimewa adalah rempela goreng yang sangat empuk, ayam goreng yang cocok untuk teman makan soto, serta tempe yang digoreng panas-panas (in case tidak panas, Anda bisa minta ke penjualnya untuk versi yang panas :-)).

    • SotoBuNasiri



    9. Nasi Goreng babat. Nasi goreng ini rasanya beda banget lo ama nasi goreng Jakarta. Dijual dimana-mana…termasuk abang-abang lewat…lucunya..kalo belinya lewat abang-abang lewat, kita boleh bawa nasi sendiri (kayak kalo kita mau jahitin kain ke tukang jahit)…jadi kita cuman bayar berapa babat yang kita beli aja…

    • Nasi Goreng Pak Karmin - Kampung Mberok
    • Nasi Goreng Babat Pak Taman di Jl Stadion. Disini kita punya pilihan untuk pesan nasi goreng babat, sebenarnya sih tidak cuman babat, namun masakan ini memang dinamakan demikian. Anda bisa pesan beraneka jerohan sapi, mulai dari babat tebal, babat sumping, iso (usus), paru, dll. Bila Anda kurang suka jerohan sapi, bisa minta diganti daging ayam. Ada juga masakan babat/iso gongso, yang dimasak dalam kuah kecap yang kental. Ada juga emping manis dan kerupuk udang. Minumannya bisa pesan es kelapa muda, sueeger banget.
    10. Sate

    • Kalo mau makan sate, Semarang punya tempat kayak Sabangnya Jakarta, namanya Jl. Gajah Mada. Jalannya mungkin gak serame ato se-crowded Sabang, tapi penjual satenya sama banyaknya kayak di Sabang. Kita bisa makan lesehan di trotoar.
    • Sate Kambing Pak Rony, di daerah Pecinan kira-kira seberangnya Gg Baru. Tapi ini makan di kursi pinggir jalan, sambil melihat-lihat sekian banyak orang makan-makan didaerah sana. Di daerah Pecinan, ada banyak makanan lain sebenarnya, Sate Sapi (lupa namanya, tapi cukup enak), Es Marem (ini es campur, dengan tape kering dll), Sate Babi (maaf, tidak halal) dengan bakut sayur asin yang begitu yummy, Mie Jowo (lupa namanya), Mie Pak Min (maaf tidak halal, ini mie dengan daging titee, bakso, dan pangsit basah/goreng dan porsinya kecil), dll
    • Sate Kambing 29 juga banyak menjadi rujukan para pecinta masakan daging kambing. Lokasi aslinya di dekat Gereja Blenduk, namun ada cabang di Jl Teuku Umar (dekat jalan tol Jatingaleh). Dagingnya empuk banget, ditemani kuah tongseng yang nikmat dan rempah-rempah yang beraroma sedap.
    • sate kambing n bestik Pak MAn Bustaman di mataram deketnya bekas gedung pertemuan rasa dharma
    11 Bakso

    • Pak Djo - Jl Anggrek (Belakang Citraland) ,
    • Bakso Mawardi - Jl Citarum,.
    • Bakso Doa Ibu - Jl Sompok (perempatan)
    • Bakso Daging Sapi Pak Geger



      Tempatnya di Jl. Mintojiwo 1, Semarang. Kalo dari jalan gede masuk gang dikit. Seporsi harganya Rp. 8,000, isinya baso 4 (kalo gak salah...) sama pangsit 3 (kalo gak salah juga). Basonya besar dan padet, rasanya laen dari baso2 biasanya, dan kalo mo motong harap berhati2, karena kalo terlalu nepsong tu baso bisa mental. Kuahnya juga rada keruh, kayak aer tajin gitu, cuman ini kayaknya karena dia pake kaldu sapi yang bener2 mahteh, mgkn bagian dari lemak ato tetelan daging sapi gitu (mungkinnn...).
      Hhmmm... overall menurut gue sih lumayan enak, tapi kayaknya masih lebih enak Baso Raksasa di Wonogiri, harganya lebih murah pulak.
    12 Nasi Gudeng

    • Nasi Gudeng Grajen - Jl Mataram,Nasi Gudeg Bu Tini - Pasar Johar
    • Nasi Gudeg


      Nasi gudeg RM. Ngaras Rasa, di Mataram 701. Menurut gue sih nasi gudegnya enak, soalnya gak terlalu manis, rasanya pas, porsinya juga pas. Uenak lah pokoknya, worth to try. Seporsi nasi gudeg biasa Rp. 9,000, kalo yang special, pake telur 1 harganya Rp. 10,200, es beras kencur Rp. 4,800, sate (sate usus, sate telur puyuh) Rp. 2,800/tusuk, ati dan atau ampela Rp. 2,000. Lama2 gue kayak jualan nih...
    • Gudeg Merakmati

      Jl. Soekarno-Hatta 89
      Bawen, Kab. Semarang



      Warung gudeg yang sangat terkenal di lintasan ramai ini. Gudegnya jenis gudeg kering, tetapi tidak terlalu manis, dan diisi dengan daun singkong rebus, disiram dengan areh (kepala santan).
      Lauk-pauk pendamping gudegnya sangat khas. Yang paling populer adalah koyor goreng – yaitu urat (tendon) sapi yang direbus sampai empuk dalam bumbu, kemudian digoreng. Mak nyuss! Limpa gorengnya juga cocok mendampingi gudeg
    13 Nasi Pecel

    • Nasi Pecel Mbok Sador - Gandekan
    Masih dari kawasan Simpang Lima – Semarang, ada satu lagi tempat makan pecel yang juga menjadi favorit banyak orang, namanya Nasi Pecel Mbok Sador. Menyediakan tempat yang lebih luas dibanding Nasi Pecel Yu Sri, sajian yang dihidangkan disini tidak jauh berbeda dengan Yu Sri.


    • Nasi Pecel Bu Sumo - Jl Kyai Saleh,
    • Nasi Pecel Ternyata di Semarang ada juga tempat makan pecel yang enak. Lokasinya di Simpang Lima, namanya Nasi Pecel "Yu Sri". Diajak oleh Pak Suroto, teman saya dari Depkominfo, kami beserta rombongan lainnya langsung meluncur ke Simpang Lima yang jaraknya hanya sekitar 10 menit dari hotel Pandanaran untuk menikmati nasi pecel ini.

      Buka sejak pukul 17.00, warung ini tidak pernah sedikitpun sepi. Pengunjung terus mengalir untuk menikmati nasi dengan sayuran rebus yang diberi bumbu kacang ini, dan disajikan diatas pincuk daun pisang.


    • Yu Surip, di Jl MT Haryono dekat radio Gajahmada FM. Bukanya sore hari, tapi saya ingatkan, harus sabar antri yah.. luar biasa panjang, sayangnya ndak bisa ambil nomor dulu Bisa minta dibubuhi bakmi goreng atau gudangan, ada aksesoris bantal (martabak goreng), sate keong, sate telur puyuh, babat/iso/daging, telur dll. Warning: nasinya cukup banyak, jadi ada baiknya pesan separo dulu untuk lihat situasi perut
    • Gandhekan. Kalo siang, buka di MT Haryono, tepatnya di Kp Gandhekan. Makannya pakai dingklik kecil, it’s been a long time for me not going there, jadi susah ngomong. Tapi klo malam, buka di Jl Pahlawan (dekat Simpanglima, persisnya diseberang Mal Robinson Ramayana). Antrinya juga harus sabar, aksesorisnya juga lengkap seperti Yu Surip, tapi disini tidak ada bakmie goreng nor gudangan. Update: Pecel Gandhekan akhirnya buka malam hari di Jl Gajahmada dekat traffic lightPemuda; lengkap dengan mie goreng dan aksesorisnya.
    14 Mie Ayam Ceker Pak Kawit - Jl Seroja (Belakang Matahari Simpang Lima,Mie Ayam Ceker Gloria - Samping Java Supermal

    15 Gulai Kambg Pak Sabar - Belakang Gereja Blenduk,Gulai Kambing Pak Gito - Brumbungan (dekat Gereja),Gulai Sapi Pak Subur - Jl Semeru Raya

    16 Swieke

    • Swieke Mbak Dar - Jl Raya Gunung Pati Km 5
    • Swieke Pak Satyo - Gang Pinggir (pertigaan)
    • Swieke Untung di Jl Moh Suyudi. Disini swieke gorengnya lumayan (but frankly I still misses Swieke Gris), kita juga diperbolehkan meminta kuah kosong (ini istilah kalo kita cuman minta kuah taoco tanpa daging swieke, gratis koq)..
    • Swieke Marin (di dekat toserba kecil Marin, di Puri Anjasmoro).. Yang asyik, disini punya menu andalan Tahu Gimbal yang sangat yummy dan bersih; digoreng panas-panas dan dibubuhi bumbu kacang yang cukup kental. Terus terang, saya malah lebih senang tahu gimbalnya, ketimbang swieke-nya
    17 Gado-gado Puspita - Jl Gadjah Mada ,Gado-gado Pak ?? - Jl Tanjung (sebelah Soto Pak Din), Gado-gado Undaris- ungaran (keluar dari semarang ke ungaran cari belokan menuju universitas undaris buka pagi- siang)

    18 Bebek Goreng Pak Rabil - Telogosari (sebelah ATM BCA),Bebek Goreng Mbak Nar - Halaman parkir Pasar Jatingaleh

    19 Nasi Belut Bunderan - Bunderan Telogosari (perempatan Jl Supriyadi/arteri), Nasi Belut Bu Nasima - Jl Menoreh (Sampangan)

    20 Soto Bayem Bu Cempluk - Pertigaan Layur (Pethek)

    21 Es Degan

    • Es Degan Pak Jimin - Jl Dr. Cipto (depan toko aluminium)
    • Es Degan Pak Ambon - Jl Dr.Cipto
    • Es Kelapa Muda Kartika, terletak di MT Haryono sangat dekat dengan pertigaan Jl Petolongan. Kelapa mudanya sungguh berkualitas tinggi, disajikan dalam gelas besar dengan sirup Kartika. Anda pun bisa makan pisang goreng (ini sangat recommended), bakmi/bihun goreng dalam daun pisang, lunpia goreng, dll. Ada pula variasi Blewah (kalau pas musim).
    22 Nasi Pindang Pak Ndut - Jl Stadion Selatan (Depan Kantor Kepegawaian), Nasi Pindang RC - Jl Mataram (dekat Klentheng Grajen)

    23 Bubur Ayam Restu - Jalan Masuk ke Jl Erlangga (belakang Ramayana Simpang Lima),Bubur Ayam Atlas - Depan gerbang keluar SE Simpang 5 ,Bubur ayam yang lain minggu pagi di sekitar simpang lima banyak yang jual juga.

    24 Rujak Marem Cabang Pak Man - Jl Suyudi 78 Semarangi
    Dia menggunakan potongan pisang hijau (dan terkadang belimbing), kacang, dan terasi dalam pembuatan sambalnya. Bisa pesan rujak iris ataupun rujak cacah (buah dipotong sangat tipis dengan alat pasah, dicampur langsung dengan sambal rujak, dan sangat segar).

    25 Rujak Es Krim Yogya - Dekat Halte Bis RS Elisabeth

    26 Aneka Kue Bu Kuat - Jl M.T. Haryono (PKL no. 5)

    27 Pujasera Widyan Boga - Jl Tentara Pelajar 46 Mrican. 8442746

    28 Bakmi Jowo Pak Ateng - Jl Ki Mangun Sarkoro (depan Kantor Perindustrian), Bakmi Jowo Pak Gareng - Jl Wotgandul Dalam 177(langanan aku)

    29 Aneka Wedang

    • Aneka Wedang dan Es Pak Kirman Mataram - Kp. Ligu Utara 488 Semarang

    • Aneka wedang di Istana Wedang, Jl Pemuda disamping hotel Novotel. Ada wedang ronde yang menghangatkan, wedang kacang hijau/kacang tanah, dll. Makanan pun cukup enak, ada galantine, lontong opor capgomeh, dll.
    30 Roti Bakar & Susu Segar Asoy - Simpang Lima (Menuju Jl Erlangga),Roti Bakar & Susu Segar - Jl K.H. Ahmad Dahlan ( Sebelah Rumah Sakit)

    31 Tahu Lontong Blora Pak Kucir - Depan Jl Dr. Cipto no. 16 Semarang

    32 Lontong Tahu Gimbal & Telur Pak Polo Blora - Jl Majapahit (Bawah jembatan tol Majapahit)

    33 AYAM GORENG

    • Ayam Goreng, Sop Buntut & Sambal Pete Pak Paimin - Jl D.I. Panjaitan (Kampung Kali) ,
    • Ayam Goreng, Sop Buntut & Sambal Pete Bu Salim - Jl Pringgading (dekat traffic light),
    • Ayam Goreng Mbak Tri (spesial dibawa pulang) - Jl Sompok Lama (pojok pertigaan),
    • Ayam Goreng - Samping Pasar Bulu
    • ayam goreng -->
      REMAJA di jln gang pinggir dan depok (klo malam) : biasanya kita menikmati ayam goreng taste yang diberikan mesti asin.. disini kita menenmukan ayam goreng yang rasanya manis...

    34 Lumpia dan Mie Tie-tee, Jl Melati Selatan (Jl Gajah Mada, samping Bioskop Murni)


    35 .Asem-asem Koh Liem di Jl Karanganyar(ruko) benar-benar die-die must try. Disini yang dihidangkan adalah masakan siap saji, namun dengan kecepatan yang sangat tinggi (sang empunya - Koh Liem - sendiri tidak segan-segan turun tangan membantu pelayanan ke konsumen. Masakan yang merupakan menu favorit adalah asem-asem daging (lha wong nama rumahmakannya saja pakai Asem-asem), cumi-cumi/kodok goreng/jerohan ayamnya yang disajikan dengan saus kecap inggris yang lezat.

    36 kue lekker(jajanan waktu aku SD dulu di Kebondalem ,waktu paimo lagi ngerintis usaha) di pintu masuk SMA Loyola (di seberang Koh Liem) , nama penjualnya Paimo. Menu andalannya Kue Lekker Telur Sosis, bila Anda suka pedas, minta dikasih sambal yang banyak (but please be carefull, pedes bener boookkk).. yang prefer makanan ringan, pesan saja Kue Lekker Pisang Coklat Keju, mantappp.. harganya agak lebih mahal, tapi kualitas bahan sangatlah bagus (adonan kue yang lebih kental, keju Kraft, dll).

    37.Tahu Pong

    • Tahu Pong di Jl Gajahmada, dekat perempatan Depok . Tahu pong itu semacam tahu kosong yang digoreng, bisa ditambahkan Gimbal Udang dan Telur; disajikan dengan kuah petis dan bawang dan acar lobak. Ada pula tahu kopyok, yaitu tahu mentah yang dihancurkan dan dicampur dengan telur; lalu digoreng.



    • Tahu pong yang gue jadikan 'korban' kali ini yang di Jl. Gajahmada 63B, Semarang. Gue rada lupa waktu itu pesennya apa, soalnya bon-nya ilang bo'... hehe. Kalo diliat dari penampakannya sih kayaknya tahu campur, artinya sepiring itu ada tahu pong, tahu gimbal, trus tahu apalagi gitu (lupaa... hiks). Bumbunya dipisah dari tahunya, hhmmm bumbunya tu mirip2 kayak bumbu empek2, cuman ini manis, gak pedes dan gak pake cuka (ya iya lah... kan manis...). Harganya seporsi gitu Rp. 14,000 (kalo gak salah). Rasanya enakkk..... worth to try.

    • Tahu Pong di Jl Karangsaru (lebih dekat dengan Jl MT Haryono). Sebenarnya tahu pong ya mirip-mirip gitulah, tapi di sini kuah petis+bawang putihnya lebih terasa nikmat dan pas di lidah; penjualnya pun grapyak
    38.Ngoyang, Keekian, Babi Panggang di Jl Moh Suyudi (warning: tidak halal). Ada lidah, kuping, usus, daging, jerohan, dll. Acar lobak merupakan asesoris pendamping yang wajib sifatnya. Sekarang mereka juga punya menu tambahan yaitu Baikut Sayur Asin. Masakan serupa juga bisa Anda beli di Pasar Johar dekat gedung bekas Matahari; mereka juga menyediakan ayam goreng tepung yang sangat crisp.

    39. Es Dawet Kampung Kali, depan sekolah Theresiana. Es dawetnya cukup istimewa dan Anda bisa menikmati betapa teduhnya daerah itu dengan begitu banyak pohon rindang. Bila pas musim, Anda pun bisa memesan durian dicampur di es dawetnya.

    40 Nasi Ayam

    • Bu Wido di Jl Kemuning dekat kantor polisi pindah ke depan nya di seberang ruko RM PURIOKA dekat kantor polisi. Wah ini benar-benar nasi ayam kegemaran saya, kuah opor yang begitu pas di lidah, sambal goreng jipang yang asyik punya, dan aksesoris-nya begitu lengkap (sate saren, ati-rempela, usus, dll).





    • Nasi Ayam Bu Sami

      depan Matahari, Simpang Lima, Semarang

      Nasi ayam adalah serupa dengan nasi liwet khas Solo. Nasi yang ditanak dengan santan dan bumbu, sehingga menjadi gurih. Disajikan dengan lauk-pauk yang serba gurih, seperti: opor ayam, sambal goreng labu siam, dan lain-lain.


    41 Nasi Gandul

    • Pak Memet di Jl Dr Cipto, lebih dekat dari arah Citarum. Kuahnya enak dan gurih. Disana Anda bisa pesan tambahan lauk seperti daging, koyor, telur, dll.

    • Nasi gandul ini katanya khas pati. Kebetulan gue nyobain yang di Jl. Sriwijaya, deket gerai Nokia, kalo mo ke arah Taman Budaya, dia ada disebelah kirinya, emang sih disitu daerahnya rada gelap, cuman keliatan kok warungnya warna oranye. Nasi gandul tu ternyata nasi gurih (kayak nasi liwet gitu ya), plus isiannya bisa milih, jeroan (ati, ampla, usus, babat, dll), daging sapi ato daging ayam trus disiram kuah santen ampe banjir, kayak kuah opor tapi manis dan gak pake kunyit, makannya dialasi daun pisang. Harganya seporsi Rp. 5,500. Soal rasa, hhmmm kayaknya penilaian kali ini gak bisa dipercaya, soalnya gue eneg bgt pas makan ini, walopun habis seporsi, hehehe... (gue gitu loh...) soalnya gue dah kenyang makan macem2, dan ini pit stop terakhir utk hari itu.
    • Nasi Gandul "Pak Subur" didepan Rumah sakit Telogorejo
    42 Lesehan Baron di daerah Puri Anjasmoro, dengan masakan khas bandeng keropoknya. Bandeng keropok adalah bandeng yang disayat berdekatan dan digoreng kering sehingga durinya lepas saat digoreng; lalu diguyur dengan sambal kecap dengan jeruk nipis. Secara pribadi, saya lebih menyukai sambal keropok dipisah dari bandeng gorengnya. BTW, di sana Anda juga bisa mencicipi Royal Pohong - makanan dari singkong yang diolah dengan citarasa modern. Lesehan bandeng juga bisa Anda dapatkan di RM Kampung Laut dekat PRPP (Puri Anjasmoro). Masakan sih hampir serupa dengan yang diatas, tapi dengan view yang lumayan indah dan romantis. Jangan lupa untuk naik perahu yah, IIRC 5 ribu untuk tiap orang, minimal 3 orang sekali jalan. Anda bisa melihat sesekali ikan bandeng berloncatan masuk ke perahu, wah asyik banget.


    43 RM Alam Indah di Gombel, masakannya sih lumayan saja tapi view-nya yang asyik.. bisa melihat Semarang dari atas, paling asyik dikunjungi kalau malam hari karena bisa melihat lampu-lampu yang begitu indah. Kalau pas ada event tertentu, dia kasih atraksi pesta kembang api.


    44 Mie Titee Gajahmada yang terletak persis di sebelah Tahu Pong Gajahmada. Disini Anda dapat menjumpai rebusan mie/bihun dengan sayur bayam, diberi daging babi (juga kulit babi, bila berminat) dan udang. Kuahnya kecoklatan dengan bawang putih yang sangat generous. Sungguh nikmat bila diberi merica banyak-banyak (tentu saja bagi yang suka merica).


    45 Aneka bubur di Jagalan; hanya bisa dibungkus lho. Anda bisa mencicipi bubur delima, candil, sumsum, jewawut (?), dll. Dia juga jual Lontong Opor yang rasanya sungguh mama-mia Hati-hati sangat pedas lho sambal gorengnya.


    46 Kue Bandung Jagalan, ini porsinya besar dan takaran coklat/keju-nya sangat banyak. Bisa juga coba Kue Bandung Thien-Thien Lay di Moh Suyudi (sekarang ini adonan Kue Bandung ditaburi sedikit gula pasir saat dipanggang, sehingga terasa lebih gurih dan enak), juga Kue Pukisnya enak sekali…


    47 Es krim di Lind’s Cafe di Pondok Indrapasta atau di Papandayan(buka baru). Tempatnya cukup romantis di taman, dengan banyak lampu. Es krimnya cukup enak. Anda juga bisa pesan kroket, kentang, dll yang memang enak dan layak dicoba.


    48 Bubur Sukabumi Depok. Well, jauh-jauh ke Semarang koq makan masakan Sukabumi sih ?? Soalnya dengan segitu banyak makanan gorengan tentu membuat tenggorokan menjadi panas. Bubur Sukabumi disajikan dengan potongan ayam tim, saren, tahu kuning, sayur asin, dan timun. Wah enak bener


    49 Untuk Mie Jowo, ada beberapa alternatif:

    • Bung Jhon di belakang GIA Pringgading
    • Pak Har di belakang GIA Pringgading
    • Pak Gareng, di daerah Wotgandul
    Mie Jowo itu ya sebenarnya masakan bakmie/bihun biasa, yang dimasak dengan banyak kecap sehingga menandakan ciri lidah Jawa Tengah yang suka manis itu yah.. diberi keekian, suwiran ayam, sawi dan tomat. Yang asyik adalah sate-nya, ada sate daging, ati-rempela, saren, dll. Saya pribadi lebih suka Pak Har karena masakannya lebih manis dan sate-nya terasa lebih enak (mungkin karena membakarnya sampai agak garing yah).

    50 Sop Buntut


    Kata temenku yang jarang jajan itu, sop buntut di Jl. Jend. Sudirman 146 patut dicoba (itu pun ternyata hasil info dari temennya yang suka jajan). Dan setelah merasakan seporsi sop buntut seharga Rp. 10,000, hhmmmm enak juga... lumayan lah... suegerrrr, apalagi kalo makannya pas ujan2, hhmmm....
    Sejauh ini sop buntut paling enak yang pernah gue cobain tu sop buntut di samping masjid Cut Meuthia, Jakarta. Persis disebelah kirinya mesjid, ada gang kecil belok dikit, di depan gang itu ada tulisannya kok, cuma gue lupa namanya sop buntut apa (hehe...), dan dia pernah masuk acaranya Bondan Winarno. Harganya emang mahal, Rp. 20,000 seporsi, cuman sebanding dengan rasanya yang... aaahhhhhh sluurrppp... pokoknya 'endang bambang', tejo, joko, susilo, maryati, wahhh pokoknya marem tenan... Dagingnya banyak dan empuk, kuahnya sueger sumeger tenan. Kalian mesti coba deh. Kalo ternyata biasa aja... yaaa mgkn waktu itu gue lagi laper beratz jadi kalap bo', hehehe. Tp asli beneran ini enak.

    51 Buat yang nyari cemilan sore/malam hari di daerah simpang lima - Semarang, bisa mencoba sajian gorengan yang dijajakan di Tahu Petis Prasojo.
    Menghadirkan "menu" special Tahu Petis, kedai ini juga menyajikan pilihan gorengan lainnya seperti tempe mendoan, tahu susur, pisang goreng dan lain-lain.


    52.Jagung Serut

    • Jagung Serut Pak Diman

    Jl. Gajah Mada, Semarang
    (depan SMA Theresiana II)

    Satu cara penyajian jagung bakar yang unik. Jagungnya diserut dari tongkolnya, sehingga bulir-bulirnya tinggal disendok. Disajikan dengan parutan keju.


    • Jagung Serut sepanjang jalan didepas RS telogerojo
    53.Gecok Tlogo “Mbak Sri”

    Desa Ndelik, Tlogo, Kec. Tuntang, Kab. Semarang



    Gecok adalah semacam gulai pedas, tetapi tanpa santan. Bahan dasar kuahnya adalah blondo atau tahi minyak kelapa yang membuatnya sangat gurih. Kuahnya kental dan berwarna pekat. Tingkat kepedasannya cukup tinggi karena memakai, cabe, merica, dan cabe lempuyang (bahan membuat jamu). Dagingnya adalah tetelan kambing, khususnya dari bagian kepala dan kaki.
    Masakan ini cukup populer di lintasan antara Semarang-Salatiga. Sayangnya, jenis masakan ini tidak pernah “menembus” rumah makan berkelas. Hanya dijajakan di warung-warung sederhana pinggir jalan.

    54.Iga Gongso “Mbak Tun”

    Jl. Erlangga 8, Langensari
    Belakang Pasar Babadan, Kab. Semarang
    (hanya buka pada hari-hari Wage dan Legi)



    Hidangan andalan warung ini adalah iga gongso, yaitu iga kambing yang sudah dimasak gule, dan kemudian digoreng sebentar dengan bumbu dasar kecap manis. Top markotop!
    Lauk lain yang perlu diperhitungkan adalah otak kambing yang dikukus dalam bungkusan daun pisang, lalu disajikan dengan kuah gule. Mantap!

    98 Hidangan Penutup
    Es Indahsari di RM. Indah Sari Jl. Mataram no. 403. Isinya buah, kolang kaling, sari kelapa, selasih, sirup, es. Yang pasti rasanya enak, suegerrrr banget deh... rasanya tu kecut2 manja (halah...), ada kecut2nya dikit gitu. Harganya Rp. 4,500 seporsi. Sebenernya awalnya kesini mo ngicipin bubur2an (bubur juwawut, bubur candil, bubur kacang, dll) yang katanya enak, tapi sayang sekali dah habis, mo nyobain nasgor kambing jg habis, jadilah sebagai pelipur lara gue nyobain es ini, dan ternyata enakk...






    Nah...selamat mencoba....butuh teman buat nyoba? He..he..i'll be there...





    NB:untuk makanan lain nya akan di update
    beberapa gambar diambil dari blog dan web lain
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. #2

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Ungaran
    Posts
    17
    Thank(s)
    2/21
    Rep Power
    0

    Default Ungaran Culiner Center

    Bila tidak enggan untuk pergi rada jauh, bisa ke Ungaran (my home is there) (kira-kira 30-40 menit dari Simpanglima) dengan menu:

    • Sate sapi Pak Kempleng, ada begitu banyak warung yang menggunakan nama ini (mungkin saudara-saudaranya, baik dekat maupun jauh ), tapi saya pribadi cukup cocok dengan yang di Jl Diponegoro Ungaran sebelah kiri kalau dari Semarang, dekat RM Aneka Sari.Sate Sapi Pak Kempleng



      Tempatnya di Jl. Diponegoro 274, Ungaran. Kalo dari arah Semarang mo ke Solo, tempatnya ada disebelah kiri jalan, lha yg menjadi 'korban' kali ini Sate Sapi Pak Kempleng punya bu Hartini. Di sini gue nyoba sate sama soto sapi. Untuk satenya, rasanya seperti yg nulis, ehmm... manis gitu maksudnya *wink wink*. Berhubung gue udah manis, jadi sayang sekali kurang suka tu ama makanan yang manis2.Untuk sotonya, kuahnya beniingg banget... sueger banget deh pokoknya. Tapi sayang, kayaknya rasanya cuman seger thok tapi kurang sip gitu (menurut gue lho yaa...).
      Overall rasanya lumayan lah, mgkn buat yg suka makanan manis sate ini patut untuk dicoba. Harga seporsi sate sapi Rp. 20,000 isinya 10 tusuk (biasalah...) dan seporsi soto sapi harganya Rp. 6,500. Nasinya gue lupa harganya berapa.
    • Soto sapi Pak Keri, jangan khawatir, mangkoknya begitu kecil sehingga Anda bisa mencicipinya dengan masakan Pak Kempleng
    • Kepiting di dekat Polres Ungaran, ada kepiting taoco maupun goreng mentega. Hati-hati, pada hari Minggu/besar cenderung sangat ramai sehingga sangat disarankan untuk melakukan pemesanan lewat telpon dulu setidaknya 1 jam sebelumnya

    Karena sudah di Ungaran, ada baiknya mampir ke Bandungan yang merupakan tempat tetirah (semacam Puncak gitu lah), tidak jauh dari Ungaran (kurang dari 30 menit); anak-anak bisa naik kuda berkeliling, ibu-ibu bisa belanja sayur-mayur dan buah-buahan di pasar, dan wisatawan kuliner bisa makan:

    • Bakso Pojok Bandungan, terletak di dalam pasar dan paling pojok
    • Tahu Campur, semacam tahu dengan bakwan, disajikan dengan irisan kol dan sambal kacang. Klo bisa, minta mereka gorengkan tahu/bakwan yang baru, sehingga crispy. Klo suka, juga bisa pesan irisan kol yang digoreng.
    • Wedang Ronde disamping Tahu Campur. Perlu diperhatikan, kita tidak bisa meminta Wedang Ronde diantar ke Bakso Pojok Bandungan karena ada perselisihan paham antar kedua pemiliknya
    • Tahu Goreng dan Susu Kedelai di pabriknya langsung, lokasinya didekat jual tanaman bunga-bunga





    Nah...selamat mencoba....butuh teman buat nyoba? He..he..i'll be there...




    NB:untuk makanan lain nya akan di update
    beberapa gambar diambil dari blog dan web lain



    Reply With Quote Reply With Quote

  3. Who Said Thanks:


  4. #3

    Join Date
    May 2009
    Location
    Serpong
    Posts
    167
    Thank(s)
    1/21
    Rep Power
    0

    Default

    waaa... lengkaaaap!!!! >.<!! jd pengen balik kampung makan smuanya!! bakmie siang Kie!!! maan.. bikin gw ngiler aja foto2nya.. wakakakakak....
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. Who Said Thanks:


  6. #4

    Join Date
    Apr 2009
    Location
    semarang
    Posts
    141
    Thank(s)
    1/93
    Rep Power
    0

    Default

    lengkap amir boz..... surga makanan yang enak" nich... :D
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. Who Said Thanks:


  8. #5

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Semarang
    Posts
    2
    Thank(s)
    1/1
    Rep Power
    0

    Default

    Uih.... eunak - uenak kabeh :),
    Sekedar usul nih, gimana kalau alamat-nya di tambah dengan alamat koordinat GPS dari hp Nokia,
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. Who Said Thanks:


  10. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    semarang
    Posts
    284
    Thank(s)
    1/46
    Rep Power
    0

    Default Iga Gongso TUOB!

    54.Iga Gongso “Mbak Tun”

    Jl. Erlangga 8, Langensari
    Belakang Pasar Babadan, Kab. Semarang
    (hanya buka pada hari-hari Wage dan Legi)



    Hidangan andalan warung ini adalah iga gongso, yaitu iga kambing yang sudah dimasak gule, dan kemudian digoreng sebentar dengan bumbu dasar kecap manis. Top markotop!
    Lauk lain yang perlu diperhitungkan adalah otak kambing yang dikukus dalam bungkusan daun pisang, lalu disajikan dengan kuah gule. Mantap!
    direkomendasikan!!!
    Top markotop!!!!!

    Reply With Quote Reply With Quote

  11. Who Said Thanks:


  12. #7

    Join Date
    May 2009
    Location
    Semarang
    Posts
    12
    Thank(s)
    1/4
    Rep Power
    0

    Default

    wah wah ga prcuma nih malam2 buka idws, mlh ketemu bolo dhewe.
    ta simpen smua ni infonya...trim sdh dibeberin smua info wisata kulinernya dismrg,
    walo gw org smrg tp rd bingung jg kl ditanya mo makan dimn sm temen2 gw,abis ga bgt srg kluar2 cr2 mkn.
    plg tauny yg umum2 ja, soto,bakso,nasgor,bakmi jowo,ayam/bebek grg, ato mi jakarta diwotgandul yg porsinya jumbo (variasi laennya jg bnyk:nasi goreng ham ato mi sapi lada hitam,dll)
    nasi pecel yu surip emang gila bgt porsinya (cocok buat orang yg abis macul),gw psn ja cm 1/2 smp mendelik2,temen gw mlh lbh edan lg abis 1,5 porsi
    ato kl mau yg anget2 n ga trlalu berat (cuma minum doang),coba diwedang cap kauw king (yg di sebelah klenteng depan gang baru---jurusan wotgandul---) ada wedang ronde,sekoteng,dll. ato cabangnya di jl. imam bonjol persis dipojokan belokan mo ke jl hasannudin tanah mas (sebelah pom bensin)

    ada jg yg jual wedang kcg tanah,kcg idjo,ronde yg gw rs plg manteb porsinya + tahu petis yg enak bgt petisnya di mt haryono kr2 smp karangturi maju terus sebelum lampu traffic pasar langgar pelan2 ntar ada toko rumahan kecil yg teralisnya idjo, sbnernya ga da mslh sih sm yg dijual,cm tantenya yg jualan ja agk jaim,hehe tp g mslh koq yg mo dibli kn wedangnya.peace...peace....kenyang dehkenyang:

    omong2 initial_bep lulusan sd kebon dalem ya, sama dong gw jg lulusan situ tp dah lama bgt kr2 taun 93-an br lulus pas dl msh kepsek-nya bu karmi.
    inget deh sm paimo yg jual leker dr awal di dpn pintu gerbang sd kl pulang jajan dl disitu sm istrinya yg jual es sirup jg.

    ntar temen gw ta ks tau infonya kuliner pst seneng bgt deh,maklum tiap malem minggu jln2 brg puter2 smrg (buat hilangin stres akibat krj smingguan)tp pasti ga tau mo jajan yg enak2 dimn.
    trus update kl da yg br yach.
    Reply With Quote Reply With Quote

  13. Who Said Thanks:


  14. #8

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,479
    Thank(s)
    1/8,377
    Rep Power
    16

    Default

    PAK GIE :D hahahahah
    ngambil apa aja, bayar seenaknya dah wkwkwkkwkwk
    Reply With Quote Reply With Quote

  15. Who Said Thanks:


  16. #9

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Jepannngg~
    Posts
    1,144
    Thank(s)
    1/3,481
    Rep Power
    6

    Default

    Saya 16 taon di semarang baru tau ada rumah makan kayak yang di atas
    sebagian besar tau sih
    tapi paling enak tetep SATE SAPI PAK KEMPLENG
    Dahsyat banget
    thx infonya yah kk
    Reply With Quote Reply With Quote

  17. Who Said Thanks:


  18. #10

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Hiatus
    Posts
    6,902
    Thank(s)
    1/934,675
    Rep Power
    34

    Default

    eh... kok burung dara goreng dari RM Permata gak masuk sih ???

    eniwei, infonya lengkap banget..... dan bikin gue pingin balik ke smg..
    Reply With Quote Reply With Quote

  19. Who Said Thanks:


Page 1 of 16 1234511 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia