Page 1 of 7 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 63

Thread: Mahalnya Biaya Penguburan di Jepang
http://idws.in/276349

  1. #1

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    25
    Thank(s)
    1/4
    Rep Power
    0

    Default Mahalnya Biaya Penguburan di Jepang


    Uploaded with B-Shared


    Di Jepang yang sudah dikenal sebagai negara termahal termasuk harga untuk orang mati. Sepertinya hal ini terdengar sangat aneh mengingat orang mati sudah tidak ada hubungannya dengan urusan duniawi. Meskipun kenyataannya orang Jepang banyak yang mati karena bunuh diri namun Jepang tetap memiliki harga mahal sekalipin untuk orang yang sudah meninggal.

    Biasanya orang Jepang memakamkan mayat dengan cara di bakar kemudian abunya diletakkan di dalam pot yang terbuat keramik sesuai dengan cara ajaran agama Budha. Setelah dibakar dan diletakkan di dalam pot kemudian dimasukkan di nisan kuburan bersama tempat abu anggota keluarganya yang telah meninggal sebelumnya.

    Mengapa sebaiknya semua orang menghindari menghabiskan sisa umur di Jepang? Ternyata hal itu berpengaruh dengan mahalnya jika meninggal di Jepang. Harga orang mati tenyata juga mahal hal ini dikarenakan oleh terbatasnya tanah yang dijadikan lahan sebagai tempat pemakaman. Harga tanah untuk tempat pemakaman berkisar antara 2 juta yen (Rp.235 juta) sampai 7 juta yen (Rp.821 juta). Hal ini tentu membuat harga untuk pemakaman bagi orang mati terlampau sangat mahal. Apalagi di Jepang orang hidup saling berdesak-desakkan. Intinya harga sebuah tempat pemakaman di Jepang lebih mahal daripada harga rumah.

    Bahkan ini belum termasuk harga nisan hingga jutaan yen dan harus membayar biaya administrasi sampai 50 ribu yen (Rp.6 jt) setiap tahunnya. Namun batu nisan dapat digunakan secara turun temurun oleh setiap keluarga, tapi bagi orang yang kaya lebih memilih memiliki nisan sendiri-sendiri. Tidak hanya tanah pemakaman, namun upacara kematian juga termasuk mahal. Keluarga orang yang meninggal harus menyediakan dana sebesar 2 juta yen untuk biaya biksu untuk mengurus jenazah dari mulai dari kremasi, mendoakan arwah, sampai memasukkan abu ke dalam nisan.

    Di Jepang sudah menjadi hal yang lumrah bila kematian juga memiliki nilai harga yang tinggi. Tidak heran bila banyak orang Jepang yang bukan kristen beralih dengan menggunakan rumah duka dengan harga yang lebih murah. Hal ini terjadi karena pemerintah hanya memberi uang duka sebesar 50ribu yen. Meskipun ada uang sumbangan dari orang yang datang melayat namun tidak cukup untuk membayar semua keperluan pemakaman. Proses pemakaman bagi anak-anak tidak terlalu jauh beda. Anak-anak yang meninggal dibawah umur 16 tahun dimakamkan bersama boneka dan diletakan mainan dan makanan di makamnya.

    Biaya pemakaman di Jepang termasuk mahal namun bila seseorang yang meninggal tapi tidak memiliki anggota keluarga maka mayatnya akan diurus dan di biayai oleh negara. Biasanya ini terjadi pada tunawisma yang meninggal dunia. Setelah dikremasi kemudian abunya akan disimpan di kuil berhubung tidak diketahui dimana nisan pemakaman keluarganya. Hal ini sangat memprihatinkan karena arwah orang meninggal tersebut tidak dapat bergabung dengan keluarganya.

    Show Makam Jepang


    Uploaded with B-Shared


    Uploaded with B-Shared
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Hinata Sou
    Posts
    518
    Thank(s)
    0/6
    Rep Power
    6

    Default

    ane pernah baca di koran, katanya yg mahal klo orang meninggal di jepang itu biaya buat manggil biksu buat bacain sutra atau apalah buat almarhum selama 2 hari (klo gk salah)
    lahan nya cuma berkisar 600 ribu yen keatas, seingat ane
    Reply With Quote Reply With Quote

  4. #3

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    25
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by XxXxnaruxXxX View Post
    ane pernah baca di koran, katanya yg mahal klo orang meninggal di jepang itu biaya buat manggil biksu buat bacain sutra atau apalah buat almarhum selama 2 hari (klo gk salah)
    lahan nya cuma berkisar 600 ribu yen keatas, seingat ane
    600 juta yen cuman gan?
    Menurut ane seh udah mahal itu.
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #4

    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Vha~Lembang
    Posts
    5,229
    Thank(s)
    0/13,223
    Rep Power
    12

    Default

    buat lahan cuma 600 ribu yen???
    katanya td 50 ribu yen kurang lebih 6 juta rupiah berarti 600 ribu yen kurang lebih 72 juta rupiah....


    parah parah parah....
    apa boleh buat, tanah makin lama makin dikit, manusia makin lama makin banyak....
    manggil biksu juga mahal....

    mau mati aja kok repot....
    susah hidup di dunia ini....
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #5

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    25
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by kacang500 View Post
    buat lahan cuma 600 ribu yen???
    katanya td 50 ribu yen kurang lebih 6 juta rupiah berarti 600 ribu yen kurang lebih 72 juta rupiah....


    parah parah parah....
    apa boleh buat, tanah makin lama makin dikit, manusia makin lama makin banyak....
    manggil biksu juga mahal....

    mau mati aja kok repot....
    susah hidup di dunia ini....
    Sabar gan sabaaaar...
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #6

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    Palembang
    Posts
    991
    Thank(s)
    0/195
    Rep Power
    4

    Default

    mungkin yang bisa meninggal terus ada kuburannya cuma orang orang kelas elite dan memiliki materi yang lebih dari cukup

    wow, berarti tanah di jepang sana beneran mahal mahal ya.. gile gile

    bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia berarti..

    terpaksa disana kalo meninggal harus jadi abu
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #7

    Join Date
    Mar 2011
    Location
    bandung
    Posts
    23
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    mungkin mahal soalnya ada kolam renangnya kali iah kuburannya
    heheheheheh
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #8

    Join Date
    Jun 2011
    Location
    ...............
    Posts
    3,106
    Thank(s)
    0/235
    Rep Power
    8

    Default

    beruntung juga kita disini ya.masih banyak tanah kosong untuk mengubur jasad...... yang gali tanahnya juga murah.
    逢いたくなった時に君はここにいない
    Ketika ingin bertemu, dirimu justru tak ada disini
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #9

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    25
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by Ariefkov View Post
    mungkin yang bisa meninggal terus ada kuburannya cuma orang orang kelas elite dan memiliki materi yang lebih dari cukup

    wow, berarti tanah di jepang sana beneran mahal mahal ya.. gile gile

    bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia berarti..

    terpaksa disana kalo meninggal harus jadi abu
    Yang di kubur itu cuma abunya gan


    Quote Originally Posted by aiiiia View Post
    mungkin mahal soalnya ada kolam renangnya kali iah kuburannya
    heheheheheh
    Lebih lega kolem renangnya berearti daripada kamar buat dia tidur


    Quote Originally Posted by INTERNETS View Post
    beruntung juga kita disini ya.masih banyak tanah kosong untuk mengubur jasad...... yang gali tanahnya juga murah.
    Bener itu gan. Biar bagimanapun gua tetep cinta Indonesia
    Reply With Quote Reply With Quote

  11. #10

    Join Date
    Jun 2011
    Location
    bumi
    Posts
    238
    Thank(s)
    0/3
    Rep Power
    0

    Default

    wah mahal banget kayak kuburan elit aja
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 7 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia