Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Aneka Resep Masakan Asli Minangkabau....
http://idws.in/280553

  1. #1

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default Aneka Resep Masakan Asli Minangkabau....

    Kami PErsembahkan Resep MAsakan Asli Minang Ini Buat Dunsanak-Dunsanak Kami Pecinta Kuliner Khas Minangkabau.


    Rahasia Resep Rendang Spesial.

    Siapa yang tidak kenal dengan masakan rendang padang, tentu saja semua orang kenal karena banyak sekali rumah makan masakan padang yang tersebar hampir diseluruh Indonesia. Tidak hanya dikota-kota, di pelosok desa pun rumah makan masakan padang sudah berdiri. Menu spesial di rumah makan masakan padang adalah Rendang Padang. Anda pun juga bisa membuat rendang padang yang terkenal tersebut, tertarik untuk mencoba membuat rendang padang ?



    Jadi jika kamu suka dengan rendang padang, di sini ada resep lengkap dan dijamin maknyus. Jadi nggak perlu lagi harus pergi ke warung padang hanya untuk sekedar membeli rendang. Bahan mungkin rasanya tidak hanya sekedar seperti di warung melainkan sampai di restoran mahal. Jadi wajib donk dicoba!

    Cara membuat rendang dengan resep ini sangatlah simple dan mudah untuk diikuti seperti membuat udang saus padang. Mungkin bagi yang pemula dan belum pernah membuatnya akan mengalami sedikit kesulitan tapi secara keseluruhan akan baik-baik saja.


    Resep Membuat Rendang Padang Spesial I

    Bahan rendang padang :

    1 kilo daging sapi
    12 gelas santan dari 3 butir kelapa
    2 biji asam kandis
    1 batang serai, memarkan
    1 lembar daun kunyit
    2 lembar daun jeruk purut
    Garam secukupnya

    Haluskan :

    1 ons cabe merah
    15 buah bawang merah
    6 siung bawang putih
    5 buah kemiri
    2 cm jahe
    3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
    Cara membuat:

    Daging dipotong2 sesuai selera.
    Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
    Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
    Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

    Ada juga rahasia untuk membuat rendang padang agar lebih mantap, seperti rendang padang asli yang dijual di rumah makan padang.

    Ini dia rahasia rendang padang :

    - Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
    * 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
    * Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
    * Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
    * Sedikit gula, bila suka
    * Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
    * Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

    - Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

    - Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

    - Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

    - Resep keluargaku, takaran utamanya :
    1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

    - Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya.

    Resep Membuat Rendang Padang Spesial II


    Bahan rendang padang :

    1 kilo daging sapi
    12 gelas santan dari 3 butir kelapa
    2 biji asam kandis
    1 batang serai, memarkan
    1 lembar daun kunyit
    2 lembar daun jeruk purut
    Garam secukupnya
    Haluskan untuk bumbu rendang nya:

    1 ons cabe merah
    15 buah bawang merah
    6 siung bawang putih
    5 buah kemiri
    2 cm jahe
    3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
    Cara membuat rendang padang adalah sebagai berikut:

    Daging dipotong2 sesuai selera.
    Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
    Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
    Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

    Resep Membuat Rendang Padang Spesial III

    Bahannya rendang padang :

    1 kg daging sapi topside
    2 lembar daun kunyit
    4 lbr daun salam
    2-3 potong asam kandis
    Santan dari 4 buah kelapa (jadi 2 liter), atau 3(200 ml) santan siap pakai + air
    -garam secukupnya
    4 ruas sereh
    15 lbr daun jeruk dan

    Bumbu halus

    200 gr cabe merah keriting
    10 butir cabe rawit- 1 sdm ketumbar sangrai
    5 cm lengkuas
    50 gr kemiri
    7 butir bawang putih
    1 buah pala utuh
    100 gr bawang merah
    -1 sdm bumbu kari siap pakai

    Caranya membuat masakan rendang padang versi II:

    Ambil 2 sdm bumbu halus dan lumuri daging dengan bumbu tersebut, diamkan 1-2 jam
    Masak sisa bahan sampai santan mendidih dan harum, masukkan daging dan asam kandis.
    Masak terus sambil dijaga supaya santan tidak pecah sampai daging empuk dan bumbu kering dan berwarna kehitaman. Sajikan Tips :- Terkadang daging hancur karena proses masak yang lama. Untuk menghindarinya setelah daging empuk, angkat dan keringkan bumbu, lalu masukkan kembali daging dan masak sampai semuanya kehitaman.
    Memakai santan siap pakai memang lebih praktis dan tidak mudah pecah, tapi rasanya kurang gurih.

    Bagi Rekan-Rekan Yang ingin Sharing Resep MAsakan Keluarga'y Silahkan Post Disini ya
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  2. #2

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    DENDENG BALADO



    Bahan:
    1/2 kg daging yg bagus
    1 buah jeruk nipis (diambil airnya)
    garam
    minyak goreng
    100 g cabe merah
    10 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 buah tomat merah

    Cara membuat dendeng balado:
    1. Bersihkan daging dari urat-2 dan lemak-2nya.Potong tipis-tipis lebarmenurut arah serat daging.
    2. Remas-remas daging dg air jeruk nipis + garam dan bawang putih yg dihaluskan.
    3. Kemudian jemur daging dipanas matahari sampai kering (atau kalau winter bisa digantung dlm ruangan aja, krn udaranya kering).
    4. Potong-potong daging yg sudah kering dg ukuran 66 cm lalu goreng dlm minyak panas sampai kering. Angkat.
    5. Gerus cabe merah, bawang merah, garam dan tomat kasar-kasar.
    6. Tumis dlm 50 cc minyak goreng sampai baunya harum.
    7. Masukkan dendeng yg sudah digoreng, aduk sampai rata.
    8. Angkat dan hidangkan dg nasi putih yg hangat bersama sayur daun singkong.

    Kok Takah Iko yo lah Bedo mah, lapa lo paruik dek mancaliak Gambar Sambanyo
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  3. #3

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    Resep Ayam Pop



    Bahan :
    1 ekor ayam kampung (jangan yang tua atau terlalu muda), bersihkan, lepas kulitnya, potong-potong
    6 siung bawang putih, haluskan
    1 sendok makan merica bubuk
    garam secukupnya
    2 sendok makan mentega / margarine utk menumis
    2 liter air kelapa
    minyak untuk menggoreng

    Cara membuat :

    Cairkan mentega
    Ttumis bawang putih sampai harum,
    Masukan merica, garam dan air kelapa
    Masukan ayam, ungkep sampai ayam empuk
    Panaskan minyak goreng,
    Masukan ayam, goreng sebentar aja

    Sajikan dengan rebusan daun singkong dan sambal hijau pete

    Sumber
    Last edited by ocky_de_larocha; 20-04-2012 at 04:47 PM.
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  4. #4

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    Resep Asam Padeh Daging



    Bahan:
    1 kilogram daging
    kilogram cabe merah giling
    12 butir bawang putih (digiling halus)
    18-20 bawang merah (digiling halus)
    Jahe dan lengkuas 1 ruas (sebesar ibu jari)
    Daun Jeruk 6 lembar
    Daun salam 5 lembar
    Sereh 1 batang (ditumbuk sedikit)
    Asam kandis 3 butir (belimbing wuluh 6 butir) dimasukan belakangan
    Garam secukupnya

    Cara membuat :

    Ungkep daging dengan semua bumbu, sampai air daging mengering

    Tambahkan air secukupnya, masak hingga daging empuk

    Masukan asam kandis/belimbing.

    Masak kembali sampai kuah tinggal sedikit/mengental.

    Sumber
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #5

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    Gulai Itiak Lado Mudo (Itiak = Bebek)



    Bahan:

    1 ekor bebek, dipotong menjadi empat atau enam
    Bumbu:
    5 butir bawang merah
    5 siung bawang putih (kesuna)
    300 g cabai hijau
    100 g bawang merah goreng
    jempol (2 cm)kunyit
    1 jempol (2 cm) jahe
    1 jempol (2 cm)lengkuas
    3 butir kemiri
    1 batang serai
    1 lembar daun kunyit
    3 lembar daun jeruk purut
    Garam secukupnya

    Cara membuat:
    Bebek dibersihkan, kemudian diasap (dipanggang agak jauh dari bara), sampai minyak (lemak)-nya menetes
    Semua bumbu dihaluskan – kecuali daun kunyit, daun jeruk purut, dan serai – kemudian ditumis dengan sedikit minyak
    Masukkan bebek – termasuk jerohan – ke dalam tumisan bumbu bersama daun kunyit, daun jeruk purut, dan serai, kemudian tambahkan 1 gelas air. (Hanya bila diingini, juga boleh ditambah dengan santan)
    Dimasak (diungkep) dengan api sedang sampai daging itik menjadi empuk. Ketika mencapai setengah matang, masukkan bawang merah goreng.

    Resep diperoleh dari:
    Ibu Nini
    RM Ngarai
    Jl. Ngarai Binuang 41
    Bukittinggi
    Telp: 0752 35574

    Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Itiak/Bebek:

    untuk menghilangkan bau amis pada bebek, buang kelenjar minyak di dekat ekor dan di dalam rongga perut. Cara lainnya dengan meminumkan 2 sdm cuka lalu biarkan selam 2 jam, setelah itu baru sembelih itik.
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #6

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    Resep Sambal Hijau (Samba Lado Mudo)



    Bahan :
    100 gram cabai hijau dibuang bijinya, lalu diiris
    2 buah tomat yang masih hijau dipotong-potong
    5 siung bawang merah,
    air dari 2 buah jeruk nipis
    sendok teh garam

    Cara membuat:

    Cabai direbus setengah matang,
    digiling kasar,
    tambahkan air jeruk dan garam.
    Bawang merah ditumis
    tambahkan tomat dan cabai,
    Sajikan.

    Sumber
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #7

    Join Date
    Aug 2010
    Location
    Solok City
    Posts
    17,783
    Thank(s)
    0/308,954
    Blog Entries
    5
    Rep Power
    19

    Default

    Resep Ayam Lado Ijo ( Ayam Lado Mudo)



    Bahan :
    1 ekor (1 kg) ayam, potong 12 bagian
    1 sdt garam
    5 lembar daun jeruk purut
    2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
    1 lembar daun kunyit, simpulkan
    2 buah asam kandis
    300 ml air
    1 sdt air jeruk nipis
    Minyak secukupnya untuk menggoreng

    Bumbu Halus:
    250 g cabai hijau
    100 g bawang merah
    25 g bawang putih
    4 butir kemiri, goreng
    2 cm kunyit
    2 cm jahe, bakar
    2 sdt garam

    Cara Membuat :
    Lumuri ayam dengan garam. Diamkan 15 menit.
    Goreng dalam minyak panas hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.
    Panaskan 3 sdm minyak bekas menggoreng ayam kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, serai dan daun kunyit hingga harum.
    Masukkan ayam dan asam kandis, aduk rata.
    Tuangi air dan perasan air jeruk nipis, masak hingga ayam matang dan bumbunya meresap.
    Angkat dan hidangkan bersama nasi panas.

    Sumber
    .::: PESTA BUDAYA RAKYAT TABUIK PIAMAN :::.
    .::: Untuk
    LINK UPLOAD'AN gw yang dah MATI, Ikhlasin aja, Mudah-Mudahan tenang dialam SANA :::. Ga Usah PM/VM Karena Ga Akan Gw Bales.....

    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #8
    "Retired" a.k.a Pensiun keiyakufever's Avatar

    Join Date
    Apr 2011
    Location
    Hwayoung'sHeart
    Posts
    7,430
    Thank(s)
    1/68,932
    Blog Entries
    13
    Rep Power
    9

    Default

    Resep Rendang Kerang


    Rendang, hidangan khas Sumatra Barat ini sangat kaya variasi. Kali ini cobalah kerang segar yang dibumbui rendang. Usahakan agar kuah dan kerang agak kering sehingga bumbunya meresap sempurna dalam daging kerangnya.

    Bahan:
    2 kg kerang hijau segar, cuci
    3 sdm air jeruk nipis
    3 sdm minyak untuk menumis
    2 lembar daun jeruk purut
    1 lembar daun kunyit, sobek, ikat
    2 lembar daun salam
    1 batang serai, memarkan
    300 ml santan encer
    150 ml santan kental
    Haluskan:
    100 g cabai merah keriting
    5 butir bawang merah
    4 siung bawang putih
    2 cm jahe
    2 cm kunyit
    2 cm lengkuas
    1 sdm garam

    Cara membuat:
    # Rebus kerang hingga cangkangnya terbuka dan matang. Angkat dan tiriskan.
    # Ambil daging kerang. Perciki air jeruk nipis dan diamkan selama 1 jam.
    # Tumis bumbu halus hingga wangi. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai. Aduk hingga layu.
    # Tambahkan kerang, aduk hingga rata.
    # Tuangi santan encer, aduk hingga mendidih.
    # Tambahkan santan kental, masak hingga kuah kental dan mengering.
    # Angkat dan sajikan hangat.

    Untuk 8 orang
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. Who Said Thanks:


  10. #9

    Join Date
    May 2012
    Location
    bandung
    Posts
    19
    Thank(s)
    0/5
    Rep Power
    0

    Default

    ndeh takaa jo kampuang jadinyo,,
    taragak pulang wak
    Reply With Quote Reply With Quote

  11. #10

    Join Date
    Apr 2010
    Location
    payakumbuh
    Posts
    7
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    tandoi di chrome dlu y sanak,
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia