Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 21

Thread: Mengobati sakit maag di rumah
http://idws.in/2878

  1. #1

    Join Date
    May 2008
    Location
    Garan no Dou
    Posts
    2,854
    Thank(s)
    0/1,928
    Rep Power
    0

    Default Mengobati sakit maag di rumah

    Andri (28), seorang karyawan swasta pulang ke rumah dalam keadaan pucat pasi. Tangan kanannya memegang erat perut sebelah kiri atas. Mukanya menunjukkan bahwa ia sedang menahan rasa sakit. Saat ditanya kenapa, Andri pun menjawab, “Sakit maagku kambuh.”

    Umumnya mereka yang sakit maag merasakan gejala-gejala seperti nyeri, rasa panas, melilit ulu hati terutama saat perut kosong. Biasanya nyeri akan membaik segera setelah makan dan minum, tetapi beberapa jam kemudian muncul lagi. Tidak jarang gejala yang muncul berupa mual, muntah, kembung, hilang nafsu makan dan badan lemah.

    Sebenarnya sakit maag terjadi karena gangguan atau radang selaput lendir dinding lambung karena produksi asam lambung berlebihan. Sakit maag dikenal pula sebagai gastritis. Sakit maag dapat berlangsung dalam waktu singkat, kambuh-kambuhan atau kronis (menahun).

    Sakit maag dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, rangsangan produksi asam lambung oleh berbagai sebab dan obat-obatan yang dapat menyebabkan perih di lambung.

    Pemakaian berbagai obat misalnya obat pereda nyeri dan radang dari golongan salisilat seperti aspirin/asetosal ternyata dapat mengiritasi dinding lambung sehingga perut terasa perih. Oleh sebab itu, obat ini sebaiknya diminum setelah makan.

    Gaya hidup ikut andil dalam menyebabkan seseorang sakit maag seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas, coklat, minum alkohol dan kopi. Hal ini disebabkan makanan & minuman tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Kebiasaan makan tidak teratur dan merokok juga meningkatkan risiko sakit maag.

    Faktor psikis memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan produksi asam lambung. Waspada bila Anda sering merasa cemas, emosi atau stres. Bisa-bisa, produksi asam lambung meningkat dan terserang sakit maag.


    Yuk, Obati Sakit Maag!

    Penanganan sakit maag terbagi menjadi dua yaitu, tanpa obat dan menggunakan obat. Pertama-tama, lakukan penanganan tanpa obat bila sakit maag yang dirasakan tergolong baru dan ringan, antara lain:

    1. Hindari perut kosong
    2. Atur jadual makan dengan pola porsi kecil dan frekuensi lebih sering
    3. Makanan lunak/mudah dicerna
    4. Hindari makanan/mnuman yang mengandung alkohol, gas karbondioksida (soft drink), kopi, coklat
    5. Selesaikan maslah dengan cepat untuk menghindari stres.


    Penanganan dengan obat baru dilakukan jika penanganan tanpa obat tidak berhasil. Pilihan utama untuk sakit maag adalah antasida. Antasida bekerja dengan menetralkan asam lambung yang berlebih, sehingga melindungi selaput lendir lambung dari kerusakan.

    Anda dapat membeli antasida di warung, toko obat sampai apotek karena termasuk obat bebas. Antasida yang beredar di pasaran biasanya terdiri dari campuran garam alumunium, garam magnesium dan simetikon.

    Garam alumunium dan magnesium akan mengikat asam lambung sehingga mengurangi keasamn pada lambung, sedangkan Simetikon berguna untuk membantu pengeluaran gas yang berlebihan di dalam saluran cerna.

    Namun perlu diingat bahwa tablet antasida dikunyah dahulu sampai lembut baru ditelan karena sudah dapat dicerna oleh enzim dalam air liur kita. Dosis lazimnya 1-2 tablet dengan maksimum 4 kali sehari. Untuk antasida cair dapat langsung diminum dengan dosis 1-2 sendok teh maksimal 4 kali sehari.

    Antasida paling baik diminum pada saat perut kosong (menjelang tidur, 2 jam setelah atau sebelum makan). Sedapat mungkin hindari penggunaan antasida bersamaan dengan obat lain karena dapat mengganggu absorpsi obat lain tersebut.

    Anda harus ingat bahwa penggunaan antasida tidak dianjurkan lebih dari 2 minggu karena penggunaan antasida jangka panjang justru dapat meningkatkan produksi asam lambung.


    Tetap Butuh Pertolongan Medis

    Tidak selamanya sakit maag bisa diobati sendiri di rumah. Konsultasi ke dokter diperlukan dalam pemakaian antasida jika: sedang diet rendah garam seperti pada hipertensi, hamil dan menyusui, anak di bawah 6 tahun, lanjut usia, atau setelah satu minggu diobati dengan antasida gejala maag tidak berkurang.

    Selain itu juga perlu membedakan sakit perut karena ternyata tidak semua sakit perut itu sakit maag. Waspadalah jika muncul gejala nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati ini juga banyak macamnya antara lain:

    * Nyeri ulu hati disertai diare,
    * Nyeri ulu hati disertai sesak napas, demam, keringat dingin,
    * Nyeri ulu hati tidak membaik atau semakin sakit dengan pemberian makan,
    * Nyeri ulu hati disertai muntah darah,
    * Nyeri ulu hati disertai mual dan muntah lebih dari 3 kali sehari.


    Jika terjadi gejala seperti di atas, sebaiknya segera ke dokter

  2. #2

    Join Date
    Jun 2008
    Location
    hellhole
    Posts
    142
    Thank(s)
    0/18
    Rep Power
    0

    Default RE: Mengobati sakit maag di rumah

    minum cuka apel juga membantu loh.. (pengalaman soalnya hehe)

  3. #3

    Join Date
    May 2008
    Location
    Garan no Dou
    Posts
    2,854
    Thank(s)
    0/1,928
    Rep Power
    0

    Default RE: Mengobati sakit maag di rumah

    enak gak rasa cuka apelnya?

    gak pernah coba nih

    asem kan?

  4. #4

    Join Date
    Feb 2008
    Location
    Huiiihihiihiihi
    Posts
    475
    Thank(s)
    0/624
    Rep Power
    0

    Default RE: Mengobati sakit maag di rumah

    Wah, asssuuuueeemmm bangetz!

    Tapi kalo perutnya cocok minum cuka apel, ok2 aja!

    Tapi kalo gw ngga cocok, malah langsung ___________________________________ ke wc!

  5. #5

    Join Date
    May 2008
    Location
    Banten Undercov
    Posts
    968
    Thank(s)
    0/2,868
    Rep Power
    7

    Default RE: Mengobati sakit maag di rumah

    Quote Originally Posted by Romeo2728
    Wah, asssuuuueeemmm bangetz!

    Tapi kalo perutnya cocok minum cuka apel, ok2 aja!

    Tapi kalo gw ngga cocok, malah langsung ___________________________________ ke wc!
    bener tuh udah pernah coba

    wihhhhh......gak kuat banget

    ampun dehh....

  6. #6

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    196
    Thank(s)
    0/22
    Rep Power
    0

    Default

    wah berarti minum yang asem gitu emang langsung bisa ya

  7. #7

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Vector isle
    Posts
    3,132
    Thank(s)
    0/11,889
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    9

    Default

    Kalo aku minum obat maag, dan nasi diganti jadi bubur nasi 2 hari sembuh

    nih berita kayaknya pernah lihat dimana ya???? persis banget

  8. #8

    Join Date
    Mar 2008
    Location
    Poncol City JKT
    Posts
    321
    Thank(s)
    0/38
    Rep Power
    0

    Default

    Gw pernah sakit perut di tengah perut, mual pengen muntah dari malem sampe pagi, besokannya kedokter katanya maag. Terus pernah sakit yg serupa tapi ngga kedokter, cuma minum 2 tablet Mylanta, dalam waktu 1 jam sakitnya ilang. Coba sebelumnya langsung minum Mylanta ngga usah sampe kesakitan semalam.

  9. #9

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    YOGYAKARTA
    Posts
    10,347
    Thank(s)
    0/48,829
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    30

    Default

    mo tanya nich...
    apakah usus buntu itu ada hubungannya dengan sakit maag ???
    coz kemaren tetangga gw bilang kl dia sering sakit maag,,
    ternyata eh ternyata.......................udah usus buntu akut..
    trs dia operasi,,eh...malah meninggal......
    ..pengen punya usaha clothingan sendiri..

  10. #10

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,619
    Thank(s)
    0/23,287
    Blog Entries
    2
    Rep Power
    8

    Default

    Paling gampang.. Minum promag ato mylanta..
    “True happiness...is not attained through self-gratification, but through fidelity to a worthy purpose.”



Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia