Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: Manfaat Tahu Tempe
http://idws.in/29683

  1. #1

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    green depth
    Posts
    1,903
    Thank(s)
    0/2,762
    Rep Power
    7

    Default Manfaat Tahu Tempe

    = Manfaat Tahu =

    Tahu adalah makanan yang berasal dari negeri China. Penganan ini dikenal dengan beragam nama di Asia. Ada yang menyebutnya tofu, orang Cina sendiri menamainya doufu. Orang Indonesia serta Malaysia dan Thailand lebih suka menyebutnya sebagai tahu.
    Di Indonesia tahu sendiri ada beragam jenis. Mulai dari tahu cina yang putih dan lembut sampai tahu sumedang yang kuning kecokelatan dan kosong melompong di bagian dalamnya. Jangan lupa juga dengan tahu bandung yang berwarna kuning dan asin sekali.
    Tofu alias tahu memang lezat disantap, mulai dari digoreng biasa hingga diolah menjadi sayur. Belakangan tahu sempat dijauhi masyarakat Indonesia akibat isu formalin sebagai bahan pengawetnya. Tidak semua tahu diproses dengan bahan berbahaya tersebut, terbukti masih ada saja tahu yang dibuat secara alami.
    Di balik kelezatannya, ternyata tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
    “Orang yang ingin menurunkan kolesterol sebaiknya mencoba mengonsumsi tahu atau oatmeal,” ungkap David Jenkins dari University of Toronto seperti yang dikutip AP belum lama ini. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition edisi teranyar ini dilakukan pada 55 orang lelaki dan perempuan usia setengah baya yang mengidap kolesterol tinggi.
    Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Sebuah studi lawas sempat dilakukan oleh Anna H. Wu dan rekan-rekannya di University of Southern California, AS. Mereka melakukan studi terhadap 144 perempuan sehat keturunan China di Singapura.
    Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang kelompok yang tidak mengonsumsi tahu.
    Para wanita keturunan China di Singapura rata-rata mengonsumsi tofu -dari yang biasa sampai yang digoreng, dari yang dicampur sirop maupun yang berbentuk minuman ringan- sampai 157 gram setiap harinya.
    Rahasia khasiat tahu ternyata ada pada kandungan isoflavon yang mengandung hormon estrogen. Selain mencegah kanker payudara, isoflavon juga memperlambat proses penuaan pada perempuan. Isoflavon bukan hanya terkandung dalam tahu melainkan juga pada semua makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, susu kedelai, kecap, dan sejenisnya.
    Setelah mengikuti diet sehat, partisan tersebut diikutkan pada pola makan beragam, mulai dari kacang almond, tahu, sayuran mentah, dan jenis makanan kedelai lain. Setelah setahun, kolesterol mereka diukur.
    Hasilnya, mereka yang mengonsumsi tahu mengalami penurunan kolesterol lebih besar dibanding kelompok pengonsumsi makanan lain. Penurunan ini dapat mencapai 10-20 persen.

    ================================================== ==================

    = Manfaat Tempe =

    Tempe umumnya dikonsumsi dalam bentuk keripik, bacem, atau dimasak bersama campuran sayur. Makanan ini berbentuk tepung. Ini dapat dimanfaatkan sebagai kandungan pangan yang berguna untuk meningkatkan kadar gizi dan serat, sebagai pengawet alami dan untuk menanggulangi diare pada anak-anak. Tempe juga dapat diolah sebagai konsentrat protein, isolat protein, peptida, serta komponen bioaktif lainnya.
    *Anemia & Osteoporosis
    *Cegah Penuaan & Kanker Payudara
    10 Khasiat Tempe:
    a. Protein yang terdapat dalam tempe sangat tinggi, mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare.
    b. Mengandung zat besi, flafoid yang bersifat antioksidan sehingga menurunkan tekanan darah.
    c. Mengandung superoksida desmutase yang dapat mengendalikan radikal bebas, baik bagi penderita jantung.
    d. Penanggulangan anemia. Anemi ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin karena kurang tersedianya zat besi (Fe), tembaga (Cu), Seng (Zn), protein, asam folat dan vitamin B12, di mana unsur-unsur tersebut terkandung dalam tempe.
    e. Anti infeksi. Hasil survey menunjukkan bahwa tempe mengandung senyawa anti bakteri yang diproduksi oleh karang tempe (R. Oligosporus) merupakan antibiotika yang bermanfaat meminimalkan kejadian infeksi.
    f. Daya hipokolesterol. Kandungan asam lemak jenuh ganda pada tempe bersifat dapat menurunkan kadar kolesterol.
    g. Memiliki sifat anti oksidan, menolak kanker.
    h. Mencegah masalah gizi ganda (akibat kekurangan dan kelebihan gizi) beserta berbagai penyakit yang menyertainya, baik infeksi maupun degeneratif.
    i. Mencegah timbulnya hipertensi.
    j. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, tempe dapat mencegah osteoporosis.

    http://laskartahutempe.com
    Last edited by soulhunter; 06-07-2009 at 04:46 PM. Reason: sumber

  2. #2

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    1,471
    Thank(s)
    0/9,136
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    7

    Default

    pokoknya gwa suka makan tahu ama tempe
    :)

  3. #3

    Join Date
    Sep 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    32
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    nice inpo gan ... tapi ane ga suka makan tempe ... masi lebih suka tahu ....

  4. #4

    Join Date
    Aug 2008
    Location
    YOGYAKARTA
    Posts
    10,372
    Thank(s)
    0/49,836
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    30

    Default

    tahu tempe yg di goreng kandungan kolesterolnya gmn negh bro ??
    tahu n tempe kan kl di goreng nyerap minyak tuh...


  5. #5

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    green depth
    Posts
    1,903
    Thank(s)
    0/2,762
    Rep Power
    7

    Default

    pke minyak goreng non-kolesterol aja bro . .
    atw diolah dengan cara lain . .
    bisa dikukus bisa dibacem . .

    klo goreng2an emg resikonya kayak gtu, tergantung minyaknya . .

  6. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Boing2 No Sekai
    Posts
    1,724
    Thank(s)
    0/1,536
    Rep Power
    10

    Default

    Ni makanan yg paling bersahabat buat para mahasiswa
    Selain mie

  7. #7

    Join Date
    Apr 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    14
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    tahu dan tempe emang makanan yang sangat bermanfaat.. tapi jangan sampai kita makan gorengan pinggir jalan yah.. apalagi kalo minyaknya udah 3 hari ga diganti....

  8. #8

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    368
    Thank(s)
    0/1,485
    Rep Power
    0

    Default

    tempe ma tahu dua2nya gw demen.... palagi klo crunchy,, mantab!! :onion-72:

  9. #9

    Join Date
    May 2008
    Location
    Heaven
    Posts
    498
    Thank(s)
    0/47
    Rep Power
    0

    Default

    sini wa makan tahu tempe trus kalo di warteg ,murah n kenyang si wkwkkw

    ternyata sehat pula wkkw

  10. #10

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    22
    Thank(s)
    0/4
    Rep Power
    0

    Default

    gw gak suka tahu, tapi tempe gw hobi, tempe 4everlah:onion-104:

Page 1 of 3 123 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia