Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 48

Thread: 3 Cara Melatih Otak Kanan ^.^
http://idws.in/347461

  1. #1

    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    700
    Thank(s)
    11/100
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    3

    Default 3 Cara Melatih Otak Kanan ^.^

    Kamu pernah dianggap tidak kreatif dan kurang imajinatif? Mungkin itu karena penggunaan otak kiri kamu lebih dominan dibandingkan otak kanan. Tidak mau seperti itu? Tenang, dengan cara-cara di bawah ini kamu bisa melatih otak kanan, loh. Yuk, kita bahas!


    Seberapa pandaikah kaki kanan Anda? Mari kita uji, hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Silakan dicoba sampai 50 kali untuk melawan kaki kanan Anda.

    Duduklah di kursi atau baringan jg bisa, lalu buat lingkaran searah jarum jam dengan ujung kaki tersebut. Sekarang, ketika kaki Anda berputar searah jarum jam, gambarlah angka "6" dengan tangan kanan Anda.

    Niih Gan aku punya tambahan wat melatih Otak kanan lgii
    Abis nyoba ene jdi penasaran nyari infonya


    Show Symbolic Game
    Pura-puralah menulis angka, hurup ataupun simbo di udara dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.


    Show Children Relaxing
    Tip ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua.


    Show Left Relaxing
    Tulislah nama panggilan Anda dengan tangan kiri di atas kertas kosong. Cobalah kebiasaan baru ini minimal 10 kali sehari, minimal selama 14 hari berturut-turut. Melakukan penulisan dengan menggunakan tangan kiri akan melatih kerja Otak kanan.





    Berikut adalah 3 Cara melatih otak kanan di kehidupan kita sehari hari:


    Mulailah memerhatikan desain-desain di sekeliling kamu seperti billboard, print ads, website dan majalah desain. Bayangkan bagaimana desain itu dibuat, carilah kekurangan dan kelebihan dari desain tersebut. Catat gagasan- gagasan kamu untuk memperbaikinya dan wujudkanlah melalui sebuah desain.



    Empati adalah mencoba memosisikan diri di posisi orang lain. Latihlah empati kamu dengan mendengarkan dengan baik apapun yang dikatakan orang lain. Lambat laun selain kamu dapat memahami cara mereka berpikir, kadar empati dan kemampuan otak kananmu pun meningkat.



    Selain menaikkan tingkat kesenangan, games juga terbukti mampu melatih kemampuan otak kanan. Pilihlah jenis-jenis games yang kamu sukai. Menyukai teka-teki pilihlah Sudoku atau Teka Teki Silang, ingin memacu Adrenalin pilihlah Counter Strike atau Warcraft, dan jika ingin bersimulasi mengatur kehidupan pilihlah The Sims atau Rumah Bintang.


    Semoga dengan thread ini kamu dapat melatih kemampuan otak kanan sehingga kamu menjadi kreatif dan imajinatif. Good luck!

    Source

  2. #2
    Mirai to wa? valarze's Avatar

    Join Date
    May 2009
    Location
    Bali/Lombok
    Posts
    1,485
    Thank(s)
    0/4,258
    Rep Power
    6

    Default

    kadang hal2 simple juga bisa dipraktekin...

    Ane belakangan ini lagi sering makan pake tangan kiri (megang sendok di kiri) dan masih kagok. Tapi ane kerjain kalo lagi di rumah sendirian. Kalo lagi keluarga pada ada di rumah sih ga enak yah... hahaha... bisa2 ditegur...

    Tapi satu hal yang pasti ga perlu sampe ga enak itu adalah sikat gigi... Biasain aja sikat gigi pake tangan kiri... Toh, umumnya waktu sikat gigi kita sendirian... Ane coba susah banget, ga kerasa nekennya sama kayanya tangannya ke kunci gitu buat gerakin sikat seluwes tangan kanan...

    Kalo tangan kanan punya kebiasaan gerak2 gimana gitu, atau suka maen lempar tangkep pake tangan kanan, coba aja ganti ke tangan kiri... Berikutnya, yang seperti TS bilang, barengin kiri ma kanan...

  3. #3

    Join Date
    Sep 2011
    Location
    ~
    Posts
    738
    Thank(s)
    0/192
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    4

    Default



    Kayaknya teori dominasi otak kanan atau otak kiri sudah direvisi deh. Kedua otak kita bekerja dengan sempurna, ndak ada yg saling mendominasi karena kedua belahan saling melengkapi.

    Tapi cara yg diberikan TS patut dicoba. Masalah kreativitas emang berkaitan dengan kebiasaan. Dan TS mengajak untuk keluar dari kebiasaan, out of the box. Bagus.

    Nice inpoh

  4. #4

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    59
    Thank(s)
    0/3
    Rep Power
    0

    Default

    Wah, simpel dan praktis nih. Memang kabarnya para desainer yang sering mengandalkan kinerja otak kanan pun sangat perlu bermain banyak-banyak game untuk membangun visual library mereka.

  5. #5

    Join Date
    Sep 2012
    Location
    jakarta
    Posts
    525
    Thank(s)
    0/42
    Rep Power
    3

    Default

    Kayakya g orng oatak kiri soalya sekolahya masuk ipa

  6. #6

    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Samarinda
    Posts
    408
    Thank(s)
    0/46
    Rep Power
    0

    Default

    Fiuh.. Kaki muter searah jarum jam & jari kanan bikin angka 6 ternyata susah ya.. WKwkw.. Klo ane sih belajar menggunakan musik.. Rasanya menggunakan alat musik juga membantu membuat otak Kanan & Kiri bisa seimbang..

  7. #7

    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    700
    Thank(s)
    0/100
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    3

    Default

    Quote Originally Posted by valarze View Post
    kadang hal2 simple juga bisa dipraktekin...

    Ane belakangan ini lagi sering makan pake tangan kiri (megang sendok di kiri) dan masih kagok. Tapi ane kerjain kalo lagi di rumah sendirian. Kalo lagi keluarga pada ada di rumah sih ga enak yah... hahaha... bisa2 ditegur...

    Tapi satu hal yang pasti ga perlu sampe ga enak itu adalah sikat gigi... Biasain aja sikat gigi pake tangan kiri... Toh, umumnya waktu sikat gigi kita sendirian... Ane coba susah banget, ga kerasa nekennya sama kayanya tangannya ke kunci gitu buat gerakin sikat seluwes tangan kanan...

    Kalo tangan kanan punya kebiasaan gerak2 gimana gitu, atau suka maen lempar tangkep pake tangan kanan, coba aja ganti ke tangan kiri... Berikutnya, yang seperti TS bilang, barengin kiri ma kanan...
    iyap gann kita bisa melatih otak kanan dengan melakukan hal hal biasa seperti ini saja cukup bagus koq.
    ane juga lagi terapin hal hal seperti ini.
    kalo boleh nanya tes warna bisa gak nih gan?

    Quote Originally Posted by mynameishiroko View Post


    Kayaknya teori dominasi otak kanan atau otak kiri sudah direvisi deh. Kedua otak kita bekerja dengan sempurna, ndak ada yg saling mendominasi karena kedua belahan saling melengkapi.

    Tapi cara yg diberikan TS patut dicoba. Masalah kreativitas emang berkaitan dengan kebiasaan. Dan TS mengajak untuk keluar dari kebiasaan, out of the box. Bagus.

    Nice inpoh
    thanks gan buat pujiannya.
    banyak diantara kita yang tidak tahu hal hal seperti ini. jadi saya ingin memberikan wawasan kepada temen temen yang masih kurang dalam seperti ini
    haha agan ada tambahan gak nih? hehe..


    Quote Originally Posted by Valverion View Post
    Fiuh.. Kaki muter searah jarum jam & jari kanan bikin angka 6 ternyata susah ya.. WKwkw.. Klo ane sih belajar menggunakan musik.. Rasanya menggunakan alat musik juga membantu membuat otak Kanan & Kiri bisa seimbang..
    hahaha memang kaki muter itu memang susah gan.. ane ajeh kerepotan lho
    haha bagus dhe gan.. musik memang meningkatkan kinerja dari otak kanan kita..
    emang belajar musik apa gan?

  8. #8

    Default

    tp klo kseringan maen gam trs....mgkn rasanya empathy ny bakal brkrg...
    biasanya sbgian org yg udah kcanduan game....malah krg bisa mengdalikan emosiny sih...

  9. #9

    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    700
    Thank(s)
    0/100
    Blog Entries
    3
    Rep Power
    3

    Default

    Quote Originally Posted by Aligator48 View Post
    tp klo kseringan maen gam trs....mgkn rasanya empathy ny bakal brkrg...
    biasanya sbgian org yg udah kcanduan game....malah krg bisa mengdalikan emosiny sih...
    kalau seperti itu mungkin kembali kepada pribadi orangnya sendiri gan.

    ane pribadi gamers namun menurut ane pribadi nilai emphaty ane cukup besar

  10. #10

    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Neverland
    Posts
    87
    Thank(s)
    0/30
    Rep Power
    0

    Default

    itu yang warna maksudnya gimana bro? ane gk paham yg bagian itu doang

Page 1 of 5 12345 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia