Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11

Thread: Brunei Darussalam
http://idws.in/358340

  1. #1

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    12,360
    Thank(s)
    2/22,097
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    15

    Default Brunei Darussalam



    Show sejarah
    Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang terletak di Asia Tenggara. Letaknya di bagian utara Pulau Borneo/Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Brunei terdiri dari dua bagian yang dipisahkan di daratan oleh Malaysia. Negara ini terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat. Menurut Tim Redaksi (2004) Brunei Darussalam merupakan salah satu dari enam anggota ASEAN, adalah negara kecil di pantai utara Pulau Kalimantan. Ibu Kotanya adalah Bandar Sri Begawan. Negara kesultanan ini dikenal sebagai negara kaya karena hasil buminya. Pendapatan per kapita Brunei pada tahun 1986 adalah 14.200 dollar Amerika Serikat setahun.

    Menurut Ghee & Gomes (1993:2) Salah satu ciri wilayah Asia Tenggara yang paling mencolok ialah keanekaragaman budayanya. Kekayaan budaya ini sebagian berasal dari beberapa ratus suku minoritas yang menghuni pedalaman pegunungan dan di kawasan ini. Namun Brunei merupakan negara yang tidak begitu mencolok karena penduduk dan luas wilayahnya kecil. Brunei terdiri dari dua bagian yang tidak berkaitan; 97% dari jumlah penduduknya tinggal di bagian barat yang lebih besar, dengan hanya kira-kira 10.000 orang tinggal di daerah Temburong, yaitu bagian timur yang bergunung-gunung. Jumlah penduduk Brunei 383.000 orang. Dari bilangan ini, lebih kurang 46.000 orang tinggal di ibukota Bandar Seri Begawan.

    Menurut Musa (1998:84) Luas seluruh daerah kesultanan ini adalah 5.765 Km2. Daerahnya terbagi menjadi 4 distrik, masing-masing Brunei/Muara, Tutong, Belait, dan Temburong. Sejumlah kota utama termasuk kota pelabuhan Muara, serta kota Seria yang menghasilkan minyak, dan Kuala Belait, kota tetangganya. Di daerah Belait, kawasan Panaga ialah kampung halaman sejumlah besar ekspatriat, disebabkan oleh fasilitas perumahan dan rekreasi Royal Dutch Shell dan British Army. Klub Panaga yang terkenal terletak di sini. Iklim Brunei ialah tropis khatulistiwa, dengan suhu serta kelembapan yang tinggi, dan sinar matahari serta hujan lebat sepanjang tahun.

    Kira-kira dua pertiga jumlah penduduk Brunei adalah orang Melayu. Kelompok etnik minoritas yang paling penting dan yang menguasai ekonomi negara ialah orang Tionghoa (Han) yang menyusun lebih kurang 15% jumlah penduduknya. Etnis-etnis ini juga menggambarkan bahasa-bahasa yang paling penting: bahasa Melayu yang merupakan bahasa resmi, serta bahasa Tionghoa. Bahasa Inggris juga dituturkan secara meluas, dan terdapat sebuah komunitas ekspatriat yang agak besar dengan sejumlah besar warganegara Britania dan Australia. Populasi penduduk negara ini mencapai ratusan ribu penduduk. Menurut Kemenlu (2012) Populasi: 411,000 (data dari Jabatan Perancangan dan Kemajuan Ekonomi/JPKE pada Kantor Perdana Menteri, berdasarkan hasil Sensus Penduduk bulan Juni 2011). Agama Islam ialah agama resmi Brunei, dan Sultan Brunei merupakan kepala agama negara itu. Agama-agama lain yang dianut termasuk agama Buddha (terutamanya oleh orang Tiong Hoa), agama Kristen, serta agama-agama orang asli (dalam komunitas-komunitas yang amat kecil). Budaya Brunei seakan sama dengan budaya Melayu, dengan pengaruh kuat dari Hindu dan Islam, tetapi kelihatan lebih konservatif dibandingkan Malaysia. Penjualan dan penggunaan alkohol diharamkan, dengan orang luar dan non-Muslim dibenarkan membawa dalam 12 bir dan dua botol miras setiap kali mereka masuk negara ini. Setelah pemberlakuan larangan pada awal 1990-an, semua klub dan kelab malam dipaksa tutup.

    Para peneliti sejarah telah mempercayai terdapat sebuah kerajaan lain sebelum berdirinya Kesultanan Brunei kini, yang disebut orang Tiongkok sebagai Po-ni. Catatan orang Tiongkok dan orang Arab menunjukkan bahwa kerajaan perdagangan kuno ini ada di muara Sungai Brunei awal abad ke-7 atau ke-8. Kerajaan itu memiliki wilayah yang cukup luas meliputi Sabah, Brunei dan Sarawak yang berpusat di Brunei. Kesultanan Brunei juga merupakan pusat perdagangan dengan China. Kerajaan awal ini pernah ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Sumatra pada awal abad ke-9 Masehi dan seterusnya menguasai Borneo utara dan gugusan kepulauan Filipina. Kerajaan ini juga pernah menjadi taklukan (vazal) Kerajaan Majapahit yang berpusat di pulau Jawa. Nama Brunei tercantum dalam Negarakertagama sebagai daerah bawahan Majapahit. Kekuasaan Majapahit tidaklah lama karena setelah Hayam Wuruk wafat Brunei dapat membebaskan diri dan kembali sebagai sebuah negeri yang merdeka dan pusat perdagangan penting.

    sumber;
    Code:
    http://ajanknugroho.blogspot.com/2012/05/sejarah-brunei-darussalam.html


    Picture :

    p48c5efa0546e5.jpg
    istana lama Brunei

    p48c5f2491592e.jpg
    istana Sultan Bolkiah

    p48c5f87db58e3.jpg
    kubah Makam Diraja {1}

    p48c5f80a1f5bb.jpg
    kubah Makam Diraja {2}

    p47e467fe75ce5.jpg
    Masjid jame' Asr Hassanil Bolkiah

    Show thanks

    all image from ; http://www.wisatamelayu.com/id/desti...Wisata-Sejarah

    :

    cuma emot doang, paling2 thanks aja gak sempat
    ======================================

    ======================================
    Reply With Quote Reply With Quote

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Oct 2012
    Location
    indonesia
    Posts
    200
    Thank(s)
    0/2
    Rep Power
    0

    Default

    Negara kecil yang kaya raya, aman dan makmur. Nyaman banget.
    Reply With Quote Reply With Quote

  4. #3

    Join Date
    Feb 2010
    Location
    *******
    Posts
    264
    Thank(s)
    0/32
    Rep Power
    0

    Default

    negara kaya biasanya barangnya mahal2 ya bro??
    Reply With Quote Reply With Quote

  5. #4

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    12,360
    Thank(s)
    0/22,097
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    15

    Default

    Padahal luasnya sekitar beberapa kabupaten aja kan
    Menurut wiki Luasnya ada sekitar 5.765 km2. dan penduduk yg cuma 408,786 jiwa (sensus 2011). Jadi kepadatan penduduk sekitar 67.3/km2.

    Saat ini, Brunei memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai negara maju.[7] Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei memiliki produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena memiliki ladang minyak bumi dan gas alam yang luas.[8] Selain itu, Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat. wiki
    ======================================

    ======================================
    Reply With Quote Reply With Quote

  6. #5

    Join Date
    Dec 2012
    Location
    kokoro
    Posts
    330
    Thank(s)
    0/32
    Rep Power
    0

    Default Re: Brunei Darussalam

    Nice info gan...

    Ane jarang banget ya liat berita disini tentang brunai. Sedikit info jg lumayan...

    Ditivi jg belum pernah program traveling ke negara ini, apa ane yg ketinggalan ya..???

    Sent from my AD683G using Tapatalk 2
    Reply With Quote Reply With Quote

  7. #6

    Join Date
    Jun 2013
    Location
    Jakarta
    Posts
    10
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Negaranya kecil, Kehidupannya mapan. tapi kayanya rakyatnya bergantung banget sama kerajaan karena biasanya kan kalo negara kerajaan subsidi pemerintahnya kenceng banget
    Reply With Quote Reply With Quote

  8. #7

    Join Date
    Sep 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    3
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Kayanya seru neh
    Reply With Quote Reply With Quote

  9. #8

    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Medan
    Posts
    96
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    walau negeranya kecil tapi makmur loh rakyatnya
    Reply With Quote Reply With Quote

  10. #9

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Indonesia
    Posts
    538
    Thank(s)
    0/162
    Rep Power
    6

    Default

    murah gak sih travelling ke brunei?
    kok yg gencar untuk 7an travelling selalu malay, singapore, thailand...

    brunei kok jarang denger ya?
    jangan2 masuk brunei susah?
    Reply With Quote Reply With Quote

  11. #10

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    101
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    masuk brunei sih ga susah.. cuman untuk cari fun di brunei yang susah.. hehe
    Reply With Quote Reply With Quote

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia