Page 1 of 4 1234 LastLast
Results 1 to 10 of 38

Thread: Belajar Aeromodelling
http://idws.in/363653

  1. #1

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    6/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default Belajar Aeromodelling

    BELAJAR AEROMODELLING


    Pengertian dan history

    Sering anda dengar kata aeromodeling tetapi anda tidak tahu apa aeromodeling itu. Aeromodeling itu bisa dikatakan minaturnya pesawat, tetapi miniatur ini dapat terbang. Aeromodeling biasanya berbentuk pesawat ataupun helicopter. Aeromodeling biasanya memakai mesin atau dinamo motor untuk menerbangkannya tetapi ada pula yang tidak memakai mesin atau motor. Kita sendiri mungkin sudah terbiasa membuat sebuah pesawat yang berasal dari kertas dan hal itu juga bisa dinamakan aeromodeling. Tetapi rata-rata orang memainkan aeromodeling itu dengan bantuan mesin/ motor. Pada dasarnya Aeromodeling bisa juga dikategorikan sebagai olahraga.

    Menurut wikipedia, Aeromodelling adalah suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olah raga. Kegiatan ini umumnya digemari oleh peminat ilmu pengetahuan dan teknologi secara perorangan ataupun yang tergabung dalam organisasi sosial kemasyarakatan, yang digunakan untuk menyebarluaskan minat kedirgantaraan di bidang aeromodelling seperti Pramuka melalui kegiatan SAKA (Satuan Karya) Dirgantara, Karang Taruna, UKM (Unit kegiatan Mahasiswa) di kampus-kampus serta perkumpulan-perkumpulan olah raga kedirgantaraan.

    Peminat aeromodelling ini secara alami terbagi dalama 3 kategori:
    • Mereka yang tergabung dalam kategori aeromodelling hanya untuk bersenang-senang (fun),
    • Aeromodelling sebagai sarana menimba dan memperdalam ilmu pengetahuan serta,
    • Aeromodelling sebagai sarana pencapaian prestasi olah raga kedirgantaraan.

    Sekilas tentang Perakitan

    Dalam merakit sebuah aeromodelling tentu saja tidak mudah. Fungsi-fungsi gerak dinamis di udara dianut dan dituntut harus benar. Model pesawat Aeromodel macam-macam. Ada glider; pesawat yang sifat terbangnya hanya meluncur mengikuti angin, airplane ( Aero Plane); pesawat bersayap statis seperti jet, airbus atau sport flyer dan ada juga helicopter; pesawat dengan baling-baling (blade). Meskipun modelnya macam-macam, perhitungan terhadap berat dan balance tetap diperhatikan pada pesawat Aeromodel.

    Nah… saya akan lanjutkan yang tadi mula2 jika kita ingin belajar aero modeling kita belajar dulu pesawat yang menggunakan U control (berbentuk seperti gagang telepon). Dan kitapun harus belajar membuat pesawatnya mulai dari sayap. Dan sayap-pun nanti akan di bagi lagi ada spar, leading each,traling each, dll. Kitapun harus sabar untuk merakitnya jika tidak sabar maka kita akan cepat bosan karna merakit pesawat itu perlu kesabaran dan ketelitian jika di pesawat sesungguhnya kesalahan hanya 1cm saja akan merubah / memengaruhi kestabilan pesawat terbang. Ketika anda sudah lulus u control anda bisa langsung beralih ke remote control. Dia memakai suatu remote yang menggunakan gelombang udara. Tentu saja kita harus bias merakit sendiri pesawat model ini. Tetapi pesawat ini lebih sulit dirakit dibandingkan U control. Banyak partikel-partikel yang harus dibentuk / disambung untuk menghasilkan sebuah pesawat.

    Sebenarnya bahan-bahan pesawat itu tidak terlau mahal, tetapi yang mahal itu adalah ilmu/perumusan dan mesin. Kalau bahan bisa dikocek sekitar 100 ribuan, tetapi jika ilmu atau perumusan itu hanya orang-orang khusus yang tahu. Kalau tidak pakai orang/pakar, bisa beli pesawat yang tinggal dirakit dan biasanya sudah ada petunjuknya di dalam kerdus tersebut. Tetapi harganya sudah pasti mahal sekitar 900 ribuan-5 jutaan (bahan kayu). Jika gabus sih bisa murah paling sekitar 25 ribuan. Tetapi pesawat model ini kurang kuat, jika angin agak besar menerpa pesawat ini, maka bisa-bisa akan ikut terbawa angin. Kalau yang serius ke perakitan Aeromodelling tentu saja mesinnya ini yang mahal. Karena indonesia belum bisa memproduksi mesin sendiri jadi kita harus beli dari Jepang, Taiwan atau China. Kalau mesin dikocek sejitar 600 ribuan (taiwan= thunder tiger), 1,5 jutaan (jepang= OS)- bahkan ada yang lebih dari itu bisa sekitar 10jutaan.


    SIMULATOR PESAWAT AERO
    Show read

    Lama rasanya tidak pegang pesawat karena hampir setiap hari tempat saya selalu diguyur hujan. Waktu yang bagus untuk menerbangkan pesawat yakni pagi sekitar jam 7 dan sore sekitar jam 5 juga selalu turun hujan. Praktis pesawat tidak bisa diterbangkan karena thrust propeller tidak bisa bekerja secara maksimal. Selain itu, komponen elektronik dalam pesawat seperti batere, speed control, servo, reciever, dan motor elektrik rentang kemasukan air dan berakhir dengan kerusakan. Radio control pengendali pesawat di darat juga berpotensi rusak jika kena air.

    Namun, ada cara lain menerbangkan pesawat walaupun dalam kondisi hujan deras. Tentu saja pesawat yang diterbangan bukan di luar ruangan. Untuk yang satu ini, pesawat diterbangkan di depan layar monitor komputer. Jenis pesawat juga bisa dipilih semau-mau kita. Ada pesawat fixed wing dan rotated wing. Jumlahnya puluhan bahkan kita tidak perlu khawatir pesawat crash. Cara menerbangkan pesawat persis seperti di outdoor.

    Program yang digunakan adalah simulator. Sekilas mirip game pesawat namun peruntukannya sebenarnya lebih dari itu. Simulator dirancang untuk melatih jari-jari tangan memegang radio kontrol untuk mengendalikan pesawat mulai di tanah, running, terbang, dan pendaratan. Mengendalikannya persis seperti mengendalikan pesawat aeromodeling yang terbang sungguhan.

    Jenis dan kualitas simulator ini beragam. Mulai yang sederhana sampai yang cool abis. Salah satu software yang paling bagus dari sisi grafisnya yaitu Phoenix yang sekarang sudah mencapai versi 1,5. Kelebihan simulator ini disamping grafisnya yang memukau juga cara menggunakannya yang friendly user. Landasan terbang bisa dipilih mulai dari dekat kebun jagung, beraspal hotmix, di danau, sampai di laut. Jenis pesawat juga beragam baik yang mendarat di darat maupun di air. Pokoknya simulator ini paling mantap bagi saya. Sebelum menerbangkan pesawat aeromodeling tidak ada salahnya mencoba simulator ini.

    sumber : disini



    STABILITAS PESAWAT MODEL
    Show read
    Seperti umumnya pesawat sebenarnya, maka hukum dan prinsip kerja dalam suatu model pesawat berlaku juga. Sebagai contoh gaya aksi dan reaksi yang timbul apabila suatu bergerak maju ( THRUST ), gaya angkat ( LIFT ) dan gaya tarik buminya ( WEIGHT ).

    Stabiitas pesawat atau model adalah kemampuan untuk kembali ke posisi tertentu dalam suatu penerbangan ( setelah mendapat gangguan atau kondisi yang tidak normal ) . Pesawat atau model dapat menjadi stabil dalam keadaan tertentu dan tidak karena kondisi lainnya. Sebagai contoh suatu pesawat dapat stabil dalam keadaan terbang normal ( STRAIGHT and LEVEL ) tetapi menjadi tidak stabil dalam keadaan posisi terbang terbalik ( INVERTED FLIGHT ), demikian sebaliknya.

    Seringkali terjadi kerancuan antara stabilitas dengan keseimbangan ( BALANCE ) atau Trim. Pengujian keseimbangan dan trim dilakukan agar pesawat dapat mencapai kondisi yang stabil yang berhubungan erat dengan faktor keselamatan.

    Untuk seorang aeromodeller , bagaimanapun dengan tingkat kehatian-hatian yang sangat tinggi dan baik dalam membuat suatu model, hasil akhir yang telah diselesaikan harus selalu diuji ulang tingkat presisi dan akurasinya, dan berarti pengujian Keseimbangan dan Alignment dilaksanakan sebelum model diterbangkan . Hal ini harus diterapkan untuk semua jenis, khususnya model terbang bebas ( Free Flight Model - F1 Classes ).

    Keseimbangan adalah hal yang paling penting, dan harus yang diperiksa pertama kali. Untuk model yang telah dipublikasikan atau model yang telah dijual dalam bentuk kit, biasanya titik keseimbangan ini diberi tanda dengan CG ( Centre of Gravity ).

    Cara yang paling mudah dan umum dilakukan untuk menguji keseimbangan adalah dengan memberi tanda pada bagian bawah kedua ujung sayap yang segaris dengan titik berat juga pada bagian depan dan belakang dari badan pesawat, kemudian angkat pesawat pada titik-titik tersebut dengan ujung jari. Apabila keseimbangan model berada pada posisi Horizontal, berarti titik keseimbangannya benar. Apa bila tidak, maka harusditambahkan beban atau yang populer dengan Ballast di bagian depan ( Nose ) atau ekor ( Tail ) suatu model .

    Hal ini memiliki akurasi yang baik untuk berbagai tujuan, khususnya untuk model yang memiliki karatersitik perbedaan yang kecil dalam keseimbangan dan tidak merupakan hal yang kritis serta memiliki kondisi stabilitas yang dapat diatur ( Trim ). Untuk model yang memiliki ukuran yang lebih besar dan kebutuhan keseimbangan yang tinggi, hal tersebut tidak dapat diterapkan.

    Perlu diingat juga bahwa pengujian keseimbangan harus dilakukan untuk model dalam keadaan lengkap ( semua bagian terpasang ) dan siap terbang, walaupun bahan bakar tidak termasuk yang dihitung dalam model yang menggunakan mesin. Paling tidak keadaan ini memenuhi persyaratan dan memberikan gambaran seutuhnya mengenai keseimbangan.

    Umumnya model yang telah dibuat, posisi sayap ( WING ) dan horizontal stabilizer ( STABILO/ELEVATOR ) harus dicek. Saat ini kebanyakan modeller menggunakan pandangan ( SIGHTING by EYE ) untuk menentukan apakah posisi sayap dan stabilo membentuk sudut siku dengan badan pesawat ( FUSELAGE ), dianjurkan untuk menggunakan peralatan sebenarnya yang presisi dalam menentukan posisi tersebut.

    Sebagai contoh dapat digunakan jarum pentul dan benang. Jarum tersebut diletakkan di bagian depan ( NOSE ) dan belakang ( TAIL ). Kemudian ditarik benang dari pin bagian depan ke ujung ( TIP ) kanan dan kiri stabilo. Untuk sayap, ditarik benang dari pin belakang ke ujung sayap ( WING TIP ) kiri dan kanan.

    Melihat dari pesawat bagian belakang juga salah satu cara yang cukup efektif untuk menguji keseluruhan proses . Untuk memperbaiki kesalahan dalam apabila posisi sayap, badan dan bagian ekor tidak benar, maka yang pertama kali yang dilakukan cari yang salah. Pada kenyataannya apa bila terjadi kesalahan kecil pada sayap terhadap badan maka hal yang termudah adalah menyesuaikan posisi stabilo.

    Pengujian terbang dan trim dilakukan agar suatu model dapat terbang mulus dan aman. Penyesuaian yang baik dari seluruh komponen pesawat di gunakan untuk mencapai hasil yang terbaik dari kinerja pesawat model, khususnya model yang dirancang untuk berprestasi tinggi. Hal ini membutuhkan perhatian khusus, pengalaman yang baik dan know-how tentang model yang dibuat.

    sumber : disini



    Gallery FOTO AEROMODELLING
    Show Go







    sumber : disini


    Gallery Video AEROMODELLING
    Show Go

    by ayungbjm123
    Liputan TVRI Kalsel di Perumahan Citra Graha Km. 18 Banjarmasin...




    by ConversationStarters PR
    Kids of all ages enjoyed a special day of flight, education and fun...




    by modelaircraft
    National Aeromodeling Championships (NATs) 2012 - Gopro Control Line



    Website AEROMODELLING
    Show read
    1. http://aeromodelingpemula.blogspot.com/
    2. http://geraldsam.wordpress.com/2011/...-aeromodeling/
    3. www.aeromodelling.or.id
    4. www.jogja-aeromodelling.com
    5. www.silverarrowhobby.com
    6. www.jac.or.id
    7. www.hobby-aeromodelling.com
    8. www.indoflyer.net
    9. www.indonesianaviation.com
    10. www.gaero.org
    11. www.duniarc.com
    12. www.e-hely.com
    13. www.trextuning.com
    14. www.helituning.com
    15. www.rcgroups.com
    16. www.helifreak.com
    17. www.rcheliaddict.co.uk
    18. www.daddyhobby.com
    19. www.globalrchobby.com.au
    20. www.helitown.com
    21. www.wattflyer.com
    22. www.rcuniverse.com
    23. www.myrcguide.com
    24. www.helifever.com
    25. www.electric-rc-helicopter.com



    Jadi keingat ama film kesayangan ; Doraemon dan baling-baling bambunya

    Last edited by __todosengel; 26-11-2012 at 11:46 AM. Reason: Ubah menjadi prefix normal~

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,166
    Thank(s)
    1/12,033
    Rep Power
    6

    Default

    pengen bikin , sayang modal kaga ada
    lagian disini ngga ada area luas buat maen aeromodeling

    dari aeromodeling kita bisa ber-eksplorasi dan berinovasi dengan buat model sayap dan aerodinamisnya.
    jadi keinget dulu waktu belajar fisika , kalau ngga salah
    P1 > P2 dan V2 > V1 maka pesawat akan naik.
    P2 > P1 dan V1 > V2 maka pesawat akan turun.
    tapi lupa , mana tekanan atas dan bawah plus mana kecepatan angin atas sama bawah
    "Life is Challange , Life is Story , Life is History"

    Bagi Yang Berasal Dari Kota Angin Silahkan Masuk Sini IDWS Wind City (Kota Angin)


  4. Who Said Thanks:


  5. #3

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    0/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by bighendz View Post
    pengen bikin , sayang modal kaga ada
    lagian disini ngga ada area luas buat maen aeromodeling
    berarti lebih cocok ke aeromodeling versi heli aja

    kalo Helicopter itu kan gak butuh bandara pacu yg panjang

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

  6. #4

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,166
    Thank(s)
    1/12,033
    Rep Power
    6

    Default

    Kalau Aeromodeling heli berarti harus beli utuh , ngga bisa merakit sendiri ?
    Kalau Aeromodeling pesawat bisa kreasi sendiri bentuknya .

    soal remote control juga , remote control kan pakai frequensi tuh , kalau main barengan apa ngga jadi "crash signal" ya ?
    "Life is Challange , Life is Story , Life is History"

    Bagi Yang Berasal Dari Kota Angin Silahkan Masuk Sini IDWS Wind City (Kota Angin)


  7. Who Said Thanks:


  8. #5

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    1/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by bighendz View Post
    Kalau Aeromodeling heli berarti harus beli utuh , ngga bisa merakit sendiri ?
    Kalau Aeromodeling pesawat bisa kreasi sendiri bentuknya .

    soal remote control juga , remote control kan pakai frequensi tuh , kalau main barengan apa ngga jadi "crash signal" ya ?
    emang iya sih... heli harus beli utuh, dan dia pake bahan bakar juga bukan sekedar batrey

    masalah remote control, tentu saja ada setingan ke frequensi yang khusus. gak bakalan crash. tp gak tahu kalo ada yg curang disadap dalam perlombaan

    makanya dalam penerbangan gak boleh nyalain HP takutnya crash signal ntar bikin repot pilotnya..

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

  9. Who Said Thanks:


  10. #6

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    0/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    [info tambahan]


    Ternyata ada yang gak perlu beli atau bikin pesawat aeromodelling lengkap bodi pesawat skalian RC (remoteControl) nya. Setelah berfikir bagaimana kalo orang baru belajaran pake remote dengan heli rakitan yang mahal itu sering nubruk atau crash di pohon atau jatuh? Pasti aja gak kebayang biaya tambahan berapa yg akan menjadi beban fikiran buat si kantong pas-pasan. Sejujurnya sebagai pilot walaupun cuma dalam kategori Aeromodelling itu gak mudah loh...

    Setelah menyusuri dunia maya, aku menemukan sebuah Remote simulator aeromodelling heli plane 6channel. Apa ini ? Remote ini digunakan untuk latihan simulator untuk yang tertarik di dunia aeromodelling. Untuk latihan di komputer, gan. Jadi kalo pesawat atau heli crash, ga pusing untuk biaya repair

    Biasanya suhu-suhu aeromodelling akan SANGAT menyarankan newbie untuk berlatih dulu di software simulator supaya familiar dengan kontrol RC nya.

    Keunggulan :
    - remot 6 channel
    - colokan USB (ga perlu repot beli dongle)
    - Plug n Play
    - Gak perlu khawatir kalo crash, ga keluar biaya reparasi pesawat atau heli, tinggal tekan spasi di keyboard, langsung re-spawn
    - Gerak tuas kontrol halus seperti remote beneran (tidak ada bunyi kret kret)
    - Tidak memerlukan baterai (power dari USB)

    BONUS SOFTWARE (GAME) SIMULATOR PALING KEREN SEJAGAT YAITU REALFLIGHT G4 DAN RATUSAN ADD ONS (TAMBAHAN HELI DAN PESAWAT)


    Dibutuhkan spesifikasi komputer sebagai berikut untuk pengoperasian software secara optimal

    1. Processor dual core 2.4 Ghz
    2. RAM 2 GB
    3. VGA 512 MB
    4. Free hard disk space untuk program sebesar 5 GB

    Komputer dengan spesifikasi di bawah yang disebutkan diatas, masih bisa untuk menjalankan software (kalkulasi untuk flight tetap presisi) tetapi dengan kemampuan grafis yang kurang sedap untuk mata.

    Bisa jadi menu pertama sebelum beli Heli ato pesawat Aeromodeling yang beneran. Gak bakal kepanasan dan kehujanan, karena emang maennya di depan kompi agan

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

  11. #7

    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Malang
    Posts
    608
    Thank(s)
    1/485
    Rep Power
    3

    Default

    Quote Originally Posted by Iya_an View Post
    berarti lebih cocok ke aeromodeling versi heli aja

    kalo Helicopter itu kan gak butuh bandara pacu yg panjang
    kalo beli yg heli habis berapa duit kk?

  12. Who Said Thanks:


  13. #8

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    1/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by bromium_demon666 View Post
    kalo beli yg heli habis berapa duit kk?
    Harga antara 1jt s/d 2jt versi heli amatir / pemula.

    Harga antara 2.300.000 s/d 3.750.000 (versi Helicopter mahir)

    info lengkap ada SINI

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

  14. Who Said Thanks:


  15. #9

    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    52
    Thank(s)
    1/7
    Rep Power
    0

    Default

    Kalau heli-heli yang dijual dimal-mal, kira-kira awet gak yah?? Soale mo beli tapi ragu keawetannya. Kan sering jatuh helinya.

  16. Who Said Thanks:


  17. #10

    Join Date
    Jan 2012
    Location
    World of BOT
    Posts
    13,227
    Thank(s)
    0/27,216
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    16

    Default

    Quote Originally Posted by Odut View Post
    Kalau heli-heli yang dijual dimal-mal, kira-kira awet gak yah?? Soale mo beli tapi ragu keawetannya. Kan sering jatuh helinya.
    barangnya gag tau gan, masalah awet ato gaknya heli yang mahal sekalipun akan cepet rusak kalo sering crash ato nyangkut di pohon.

    Lihat2 aja dan tanyakan ama pembelinya, garansi gak kaya Ram Memory yg Lifetime

    Jomblo itu indah, nikmatilah selagi bisa

Page 1 of 4 1234 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia