Results 1 to 8 of 8

Thread: 10 Pertanyaan Sains dan Jawabannya
http://idws.in/365250

  1. #1

    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    34,128
    Thank(s)
    9/416,458
    Rep Power
    30

    Default 10 Pertanyaan Sains dan Jawabannya

    Kenapa Langit Biru ?

    Alasan langit tampak biru karena efek yang disebut hamburan. Sinar matahari harus melewati atmosfer Bumi, yang diisi dengan gas dan partikel yang bertindak seperti bumper pada mesin pinball, memantul cahaya matahari di seluruh tempat. Tetapi jika Anda pernah menggenggam prisma di tangan Anda, Anda tahu bahwa sinar matahari sebenarnya terdiri dari sekelompok warna yang berbeda, yang semuanya memiliki frekuensi yang berbeda. Cahaya biru memiliki frekuensi yang relatif singkat, sehingga akan melalui filter lebih mudah daripada warna dengan frekuensi lebih panjang, dan sebagai hasilnya tersebar lebih luas ketika mereka melalui atmosfer. Itulah mengapa langit tampak biru selama bagian dari hari ketika matahari tampaknya tinggi di langit (meskipun sebenarnya tempat di planet di mana Anda berdiri yang bergerak, relatif terhadap Matahari).
    Berapa Usia Bumi ?

    Usia bumi adalah sesuatu yang telah banyak orang perdebatkan, pada waktu yang sengit dan untuk waktu yang sangat lama. Kembali pada 1654, seorang sarjana bernama John Lightfoot, yang perhitungan yang didasarkan pada Kitab Kejadian dalam Alkitab, menyatakan bahwa bumi telah diciptakan tepat pukul 09:00 waktu Mesopotamia, pada 26 Oktober, 4004 SM, kemudian Pada akhir 1700-an, seorang ilmuwan bernama Comte de Buffon memanas replika kecil dari planet yang ia telah dibuat dan diukur tingkat di mana itu didinginkan, dan berdasarkan data, diperkirakan bahwa Bumi adalah sekitar 75.000 tahun. Pada abad ke-19, fisikawan Lord Kelvin menggunakan persamaan yang berbeda untuk mengatur usia bumi pada 20 hingga 40 juta tahun

    Tapi semuanya palsu, pada 1800-an dan awal 1900-an oleh penemuan radioaktivitas, yang segera diikuti dengan perhitungan tingkat di mana berbagai zat radioaktif membusuk. Ilmuwan bumi telah menggunakan pengetahuan itu untuk menentukan umur batuan bumi, serta sampel dari meteorit dan batuan dibawa kembali dari Bulan oleh astronot. Misalnya, mereka telah melihat keadaan membusuk isotop timah dari batu, dan kemudian dibandingkan dengan skala berdasarkan perhitungan tentang bagaimana isotop timah akan berubah dari waktu ke waktu. Dari itu, mereka sudah bisa menentukan bahwa Bumi terbentuk sekitar 4.540.000.000 tahun yang lalu dengan ketidakpastian kurang dari 1 persen.
    Bagaimana cara kerja Seleksi Alam ?

    Seperti usia Bumi, teori evolusi - pertama kali dikembangkan oleh ahli biologi Charles Darwin pada pertengahan 1800-an - merupakan topik lain bahwa orang cenderung untuk dapat bekerja disekitarnya. Jika Anda pernah melihat film klasik "​​Inhert the Wind," Anda mungkin sudah tahu tentang Percobaan Monyet Scopes terkenal dari 1925. seorang Jaksa terkenal Clarence Darrow berpendapat sebuah kegagalan seorang guru biologi SMA bernama John Scopes, yang dituduh melanggar undang-undang Tennessee yang melarang siapapun mengajarkan bahwa manusia adalah keturunan dari "tatanan yang lebih rendah dari binatang," dan memutuskan bahwa kisah Alkitab penciptaan adalah satu-satunya penjelasan diterima. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah anti-evolusionis yang pernah berjuang di pengadilan dan legislatif untuk mengharuskan anak-anak belajar "ilmu penciptaan" atau "creation science" di sekolah, selain teori evolusi.

    Dan jika ada sebuah ide yang sangat mengganggu anti-evolusionis, itu adalah konsep inti Darwin, yang disebut seleksi alam. Ini benar-benar bukan ide yang sulit dimengerti. Di alam, mutasi - yaitu, perubahan permanen dalam cetak biru genetik organisme, yang dapat menyebabkan mereka untuk mengembangkan karakteristik yang berbeda dari nenek moyang mereka - terjadi secara acak. Tapi evolusi, proses jangka panjang dimana hewan dan tanaman berubah selama beberapa generasi, tidak sampai kesempatan. Sebaliknya, perubahan dalam organisme cenderung menjadi lebih umum dari waktu ke waktu jika perubahan membantu organisme untuk lebih bertahan hidup dan bereproduksi.

    Sebagai contoh, bayangkan bahwa beberapa kumbang berwarna hijau, tapi kemudian, mutasi menyebabkan beberapa kumbang menjadi coklat, sebagai gantinya. Campuran coklat kumbang ke dalam lingkungan mereka lebih baik daripada kumbang hijau, sehingga tidak banyak dari mereka yang dimakan oleh burung. Sebaliknya, lebih dari mereka akan bertahan hidup dan bereproduksi, dan dapat menyampaikan perubahan genetik yang akan membuat keturunan mereka coklat. Seiring waktu, populasi kumbang secara bertahap akan bergeser menjadi berwarna coklat. Itu, tentu saja, adalah versi sederhana. Dalam prakteknya, seleksi alam didasarkan pada rata-rata, bukan individu-individu tertentu, dan itu tidak cukup sebagai halus dan tertib proses.
    Akankah Matahari pernah berhenti bersinar ?

    Seperti bintang lain adalah reaktor fusi raksasa, akan kehabisan hidrogen di intinya bahwa itu terbakar sebagai bahan bakar untuk membuat sinar matahari dan akan mulai membakar hidrogen dalam lapisan sekitarnya.Itu akan menjadi awal dari spiral kematian matahari, di mana intinya akan menyusut dan lapisan luarnya akan memperluas secara besar-besaran, mengubahnya menjadi raksasa merah. Dalam ledakan akhir, matahari akan memanggang tata surya dengan semburan panas yang sementara akan mengubah bahkan sekitar Pluto yang biasanya dingin dan Sabuk Kuiper (keluar dari masa Neptunus) menjadi sauna langit. Kemungkinan bahwa planet-planet dalam, termasuk Bumi, akan baik tersedot ke raksasa sekarat, atau berubah menjadi abu

    Di sisi positifnya, kecuali manusia berhasil menjajah sistem tata surya bintang lain, tak seorang pun akan berada di sekitar sana untuk mengalami neraka akhir. Matahari, yaitu sekitar setengah jalan melalui masa pakainya yang diharapkan, sudah secara bertahap memanas, dan satu miliar tahun dari sekarang, itu diharapkan menjadi sekitar 10 persen lebih terang daripada sekarang. Bahwa peningkatan radiasi matahari akan cukup untuk mendidih lautan planet kita, meninggalkan kita tanpa air yang merupakan kebutuhan spesies kita tergantung pada air untuk bertahan hidup.
    Bagaimana Magnet bekerja ?

    Magnet adalah benda atau material yang memiliki medan magnet - yaitu, sekelompok elektron mengalir di sekitar itu dalam arah yang sama. Jadi, benda-benda yang padat atau zat besi memiliki banyak zat besi di dalamnya, misalnya paku- yang akan ditarik menuju magnet cukup kuat. Zat dan benda-benda tertarik magnet disebut zat feromagnetik

    Manusia telah mengetahui tentang fenomena magnet untuk waktu yang sangat lama. Ada magnet alami, seperti lodestone, namun wisatawan abad pertengahan menemukan cara untuk menggosok jarum kompas baja terhadap batu-batu sehingga mereka mengambil elektron dan menjadi magnet, yang berarti bahwa mereka mengembangkan medan magnet mereka sendiri. Mereka magnet yang tidak terlalu tahan lama, namun pada abad ke-20, para peneliti mengembangkan bahan-bahan baru dan perangkat pengisian yang memungkinkan mereka untuk membuat magnet permanen yang lebih kuat. Anda benar-benar dapat membuat jenis magnet, yang disebut elektromagnet, dari sepotong besi dengan membungkus sebuah kabel listrik di sekitarnya dan kemudian menghubungkan ujung ke kutub dari salah satu baterai besar dengan klip di atas.
    Apa yang menyebabkan sebuah Pelangi ?

    Ada sesuatu tentang fenomena atmosfer yang telah memberikan inspirasi kagum pada orang sejak zaman kuno. Dalam Kitab Kejadian, Tuhan menaruh pelangi di langit setelah Banjir Besar Nuh dan mengatakan itu adalah tanda "tanda dari perjanjian antara saya dan Bumi". Orang Yunani kuno melangkah lebih jauh, dan memutuskan bahwa pelangi sebenarnya adalah dewi, yang mereka bernama Iris. Tapi mereka membuatnya sosok menakutkan - pembawa kabar dewa Olimpia 'tentang perang dan pembalasan. Dan selama berabad-abad, pikiran ilmiah yang besar mulai dari Aristoteles hingga Rene Descartes berusaha untuk mencari tahu apa proses menciptakan pelangi dari serangkaian warna mencolok

    Sejak itu, meskipun, para ilmuwan telah terpaku oleh hal itu cukup baik. Pada dasarnya, pelangi disebabkan oleh tetesan air yang tetap tersuspensi di atmosfer setelah hujan badai. Tetesan memiliki kerapatan yang berbeda daripada udara di sekitarnya, sehingga sinar matahari hits mereka, tindakan tetesan sebagai prisma kecil, menekuk cahaya untuk memecahnya menjadi komponen panjang gelombang, dan kemudian mencerminkan mereka kembali pada kita. Yang pada gilirannya menciptakan busur dengan pita warna dari spektrum yang terlihat yang kita lihat. Karena tetesan harus memantulkan cahaya pada kita, untuk melihat pelangi, kita harus berdiri dengan punggung kita ke matahari. Kita juga perlu melihat ke atas dari tanah dengan sudut sekitar 40 derajat, yang merupakan sudut pelangi ini penyimpangan - yaitu, sudut di mana itu membungkuk sinar matahari. Menariknya, jika Anda berada di pesawat dan Anda melihat pelangi dari atas, itu benar-benar mungkin terlihat seperti disk, bukan busur.
    Apa itu Teori Relativitas ?

    Ketika seseorang mengacu pada "teori relativitas," apa yang mereka benar-benar bermaksud adalah dua teori, relativitas khusus dan relativitas umum, yang dirancang oleh fisikawan teoritis Albert Einstein di awal 1900-an. Tetapi tidak peduli apa yang Anda sebut Einstein's body of work, itu adalah hal yang tidak diragukan lagi membingungkan bagi sebagian besar non-ilmuwan. Einstein memikirkan cara cerdas untuk menjelaskannya: "Ketika seorang pria duduk dengan seorang gadis cantik selama satu jam, tampaknya seperti satu menit Tapi biarkan dia duduk di atas kompor panas selama satu menit dan itu lebih dari satu jam setiap Itulah relativitas"

    Dan bahwa sebenarnya terangkum dengan cukup baik, meskipun rincian sedikit lebih kompleks. Sebelum Einstein, semua cukup banyak percaya bahwa ruang dan waktu adalah kualitas tetap, yang tidak pernah berubah, karena itulah cara mereka melihat ke kita dari sudut pandang kita di Bumi. Tapi Einstein menggunakan matematika untuk menunjukkan bahwa pandangan mutlak hal adalah ilusi. Sebaliknya, ia menjelaskan, ruang dan waktu keduanya dapat menjalani perubahan - ruang dapat berkontraksi, memperluas atau kurva, dan tingkat di mana waktu berlalu dapat bergeser, juga, jika sebuah objek terkena medan gravitasi yang kuat atau bergerak sangat cepat

    Selain itu, bagaimana ruang dan waktu muncul dapat bergantung pada sudut pandang orang yang mengamati mereka. Bayangkan, misalnya, bahwa Anda melihat jam alarm kuno berdetak dengan tangan untuk memberitahu waktu. Sekarang, bayangkan menempatkan jam itu di orbit sekitar Bumi, sehingga bergerak sangat cepat, dibandingkan dengan posisi Anda di permukaan. Jika Anda masih bisa melihat jam tangan, mereka akan terlihat lebih kecil bagi Anda daripada mereka di Bumi, dan ketukan dari jam akan lebih lambat

    Jam bergerak lebih lambat karena fenomena yang disebut "dilatasi waktu." Ruang dan waktu sebenarnya satu hal, yang disebut ruang-waktu, yang dapat terdistorsi oleh kekuatan besar seperti gravitasi dan percepatan. Jadi jika sebuah objek bergerak sangat cepat atau memiliki gravitasi yang sangat kuat bertindak atasnya, waktu untuk objek itu akan melambat, dibandingkan dengan obyek yang tidak tunduk pada kekuatan yang sama. Itu mungkin, dengan menggunakan perhitungan matematis, untuk memprediksi berapa banyak waktu akan melambat untuk objek yang bergerak cepat

    Itu mungkin terdengar cukup aneh. Tapi kita tahu bahwa itu benar-benar nyata. Global Positioning System (GPS), yang satelit tergantung pada pengukuran tepat waktu untuk memberikan posisi peta di Bumi, adalah bukti. Satelit yang mendesing di sekitar planet di sekitar 8.700 mil (14.000 kilometer) per jam, dan jika insinyur tidak menyesuaikan jam mereka untuk mengkompensasi relativitas, dalam sehari, Google maps pada ponsel pintar akan memberikan posisi yang berada 6 mil (9,86 kilometer) dari seharusnya.
    Mengapa Gelembung bulat ?

    Nah, sebenarnya, gelembung tidak selalu sempurna bulat sepanjang waktu, karena anda mungkin telah menyadari jika Anda pernah menggunakan salah satu mainan gelembung untuk meniup gelembung sabun. Namun gelembung ingin menjadi bola, dan jika Anda meniup salah satu yang lebih berbentuk cerutu awalnya, kemudian berjuang untuk membentuk kembali dirinya sendiri. Itu karena gelembung pada dasarnya adalah lapisan tipis cairan yang molekul tetap bersama-sama karena mereka tertarik satu sama lain, fenomena yang disebut kohesi. Hal ini menciptakan apa yang kita anggap sebagai tegangan permukaan - yaitu, penghalang yang menolak benda mencoba untuk bergerak melalui itu. Di dalam lapisan, molekul udara yang terjebak tidak bisa keluar, meskipun mereka sedang mendorong terhadap air. Tapi itu bukan satu-satunya kekuatan yang bekerja pada lapisan itu. Di luar, udara lebih mendorong ke dalam pada mereka. Cara yang paling efisien untuk lapisan cair untuk melawan kekuatan-kekuatan adalah untuk mengasumsikan bentuk yang paling kompak, yang kebetulan bola, dalam hal rasio volume terhadap luas permukaan

    Menariknya, para ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat gelembung yang tidak bulat, sehingga mereka dapat mempelajari geometri dari permukaan. Mereka mampu menciptakan gelembung yang berbentuk kubus dan bahkan persegi panjang, dengan menunda lapisan tipis cairan pada bingkai kawat yang yang dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan
    Awan terbuat dari apa ?

    Awan terbentuk ketika lembab, meningkatnya udara hangat. Seperti itu naik lebih tinggi dan mencapai ruang yang dingin, menjadi udara hangat lembab dingin, dan uap air mengembun kembali menjadi tetesan air kecil dan / atau kristal es, tergantung pada seberapa dingin mereka dapatkan. Mereka tetesan dan kristal tetap berkumpul bersama karena prinsip kohesi, yang kita sudah dibahas sebelumnya. Hasilnya adalah awan. Beberapa awan lebih tebal daripada yang lain karena mereka kebetulan memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari tetesan air

    Awan adalah bagian penting dari siklus hidrologi planet kita, di mana air terus bergerak antara permukaan dan atmosfer, dan perubahan keadaan dari cair ke uap menjadi cair, dan kadang-kadang menjadi padat juga. Jika bukan karena siklus itu, mungkin tidak akan ada kehidupan di planet kita

    Pada tahun 1803, seorang ahli meteorologi bernama Luke Howard datang dengan empat klasifikasi awan utama, yang namanya didasarkan pada kata-kata Latin. Cumulus, yang adalah kata Latin untuk "tumpukan," menggambarkan mereka, menumpuk awan kental yang sering kita lihat di langit. Cirrus, yang berarti "rambut," adalah istilah untuk tingkat tinggi awan yang terlihat tipis, terkunci seperti rambut. terlihat flat, tanpa sifat awan yang berbentuk lembaran disebut stratus, yang adalah kata Latin untuk "lapisan." Akhirnya, ada awan nimbus (nama sebenarnya adalah bahasa Latin untuk "pencetus cloud") yang rendah, awan hujan kelabu dan terkadang mereka bergabung - seperti awan sangat tinggi kental abu-abu yang Anda lihat sebelum badai - disebut cumulonimbus.
    Mengapa air menguap pada suhu kamar ?

    Kita manusia suka berpikir tentang realitas sebagai tempat yang bagus, stabil, di mana berbagai hal tetap di tempat yang sama kecuali kita ingin pergi ke tempat lain. Tapi itu hanya mimpi. Pada kenyataannya, jika Anda melihat air pada tingkat molekuler, itu bertindak seperti sekelompok anak anjing berkerumun ke tempat tidur anjing, dengan molekul menabrak satu sama lain dan berdesak-desakan untuk mengambil posisi. Ketika banyak uap air di udara, molekul akan bertemu melawan permukaan dan saling berkaitan, yang merupakan bentuk kondensasi mengapa keluar dari minuman dingin di hari yang lembab

    Sebaliknya, saat udara kering, air molekul dalam secangkir air bisa bertemu naik ke udara dan menempel pada molekul lain yang mengambang di sekitar. Proses ini disebut penguapan. Jika udara cukup kering, lebih banyak molekul akan melompat dari cangkir Anda ke udara akan menempel dibandingkan dari udara ke dalam air. Seiring waktu, air akan terus kehilangan molekul udara, dan akhirnya Anda akan berakhir dengan sebuah cangkir kosong

    Kemampuan molekul dari cairan untuk bisa mendorong ke udara dan menempel itu disebut tekanan uap, karena molekul melompat mengerahkan kekuatan, seperti gas atau padat yang menekan sesuatu yang akan. Cairan yang berbeda memiliki tekanan uap yang berbeda. Sebuah cairan seperti aseton - penghilang cat kuku - memiliki tekanan uap yang sangat tinggi, yang berarti bahwa itu mudah menguap dan masuk ke udara. Minyak zaitun, sebaliknya, memiliki tekanan uap yang sangat rendah, sehingga tidak mungkin untuk menguap jauh pada suhu kamar.
    SUMBER : http://www.howstuffworks.com/

  2. #2

    Join Date
    Jul 2011
    Location
    tangerang
    Posts
    456
    Thank(s)
    0/19
    Rep Power
    0

    Default

    kayak nya berbau repost
    cost beberapa ada yg pernah repost tp yg ini lebih lengkap

  3. #3

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    earth
    Posts
    66
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    thread yang bagus tapi ilmu gua blum nyampe kyknya jadi kaga mudeng di baca nya tapi thanks dah nambah ilmu dikit-dikit

  4. #4

    Join Date
    Nov 2010
    Location
    Semar Aang
    Posts
    1,736
    Thank(s)
    0/736
    Rep Power
    6

    Default

    Quote Originally Posted by karun View Post
    thread yang bagus tapi ilmu gua blum nyampe kyknya jadi kaga mudeng di baca nya tapi thanks dah nambah ilmu dikit-dikit
    setuju ama agan ini, kayanya kapasitas nya buat gua agak tertlalu tinggi

  5. #5

    Join Date
    Dec 2010
    Location
    Posts
    3,757
    Thank(s)
    0/18,297
    Blog Entries
    14
    Rep Power
    10

    Default

    sebagian besar udah tw sih

    btw, gw masih takjub sama teori realivitas einstein

  6. #6

    Join Date
    Feb 2009
    Location
    ~DakocaN~
    Posts
    2,406
    Thank(s)
    0/23,277
    Rep Power
    9

    Default Re: 10 Pertanyaan Sains dan Jawabannya

    sekilas pernah baca sih, tp disini lebih detail penjelasannya..


  7. #7

    Join Date
    Oct 2011
    Location
    samarinda
    Posts
    194
    Thank(s)
    0/428
    Rep Power
    0

    Default

    memeg beberapa pernah naca tapi itu teori yg membahas mengapa gembung bulat kok agak lebay sih ??

    segitu kompleknya ilmuean ampe mikirin gituan

    yg terjadi biarlah terjadi wan ilmuwan

  8. #8

    Join Date
    Apr 2011
    Location
    DKI Jakarta
    Posts
    247
    Thank(s)
    0/1,871
    Rep Power
    0

    Default

    keren sih tridnya. tapi bahasanya kok terkesan google translate ya

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia