Page 1 of 5 12345 LastLast
Results 1 to 10 of 44

Thread: Mandi Setelah Olahraga Malam, Sehat atau Bikin Penyakit?
http://idws.in/379173

  1. #1

    Join Date
    Sep 2012
    Location
    /localhost/KUYH
    Posts
    10,475
    Thank(s)
    1/13,664
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    11

    Default Mandi Setelah Olahraga Malam, Sehat atau Bikin Penyakit?



    Jakarta, Bagi orang yang sibuk bekerja dan sulit bangun pagi, maka olahraga di malam hari bisa jadi pilihan. Tapi jika selesai olahraga malam langsung mandi, apakah menyehatkan atau bikin penyakit?

    Ada banyak olahraga malam yang bisa dilakukan seseorang mulai dari sepedaan, jogging malam hari, bermain tenis atau futsal dan sepakbola bersama dengan teman-teman selepas jam kerja.

    Setelah selesai berolahraga maka hal yang ingin dilakukan seseorang adalah mandi agar tubuhnya lebih segar dan menghilangkan keringat yang ada di tubuh. Namun jika tak ingin sakit, sebaiknya perhatikan waktu mandi setelah olahraga malam.

    "(Mandi setelah olahraga malam) nggak masalah, yang penting kalau olahraga di tempat terbuka nggak boleh saat berdingin-dingin terkena embun dan angin malam langsung mandi," ujar dr T Bahdar Johan, SpPD, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/12/2012).

    dr Bahdar yang pernah menjadi atlet olahraga polo air ini mengungkapkan pengalamannya berlatih di malam hari tetap membuatnya sehat-sehat saja. Hal yang penting adalah jangan sampai menggigil lalu mandi, tapi istirahat dulu dan begitu keringatnya hilang baru boleh mandi.

    "Saat keringetan maka pori-pori kulit akan terbuka dan tubuh serta kelenjar keringat bekerja untuk mengeluarkan panas tubuh. Kalau orang langsung mandi maka panas di tubuh ini tidak keluar dan kelenjar keringat tidak bagus kerjanya," ungkapnya.

    Nantinya kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori kulit melebar dan timbul-timbul seperti orang merinding, serta dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini juga biasanya sering ditemui pada orang yang sering mandi air hangat.

    Selain itu setelah berolahraga disarankan tidak mengonsumsi minuman dingin yang suhunya seperti es, karena dapat menyebabkan daya tahan lokal jadi menurun dan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah di tenggorokan dan mulut yang bisa memicu batuk, pilek serta flu.

    "Kalau minumannya dingin bukan beku, seperti suhu 20-an derajat ya tidak apa-apa dikonsumsi setelah olahraga malam," ujar dr Bahdar yang aktif sebagai seksi olahraga Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (Iluni USU).

    Untuk itu jika ingin melakukan mandi setelah olahraga malam hari, sebaiknya tunggu sampai keringat kering baru mandi, serta hindari minuman-minuman dingin yang memiliki suhu hampir mencapai es.
    Silakan menuju ke sumbernya

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Cloud 9
    Posts
    646
    Thank(s)
    0/507
    Rep Power
    2

    Default

    kalau sehabis olahraga trus mandi air hangat gimana kk?
    yang suhunya agak panas 40-an derajat
    kan sama aja pori2nya melebar

  4. #3

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    Lampung_Jakarta
    Posts
    1,896
    Thank(s)
    1/642
    Rep Power
    8

    Default

    wah kalo ane seh mandi malam2 malah bikin meriang masuk angin
    tiap orang mah beda2, 1 mandi malam sehat orang lain blon tentu
    "In the darkest night, the stars shine brightest"

  5. Who Said Thanks:


  6. #4

    Join Date
    Sep 2012
    Location
    /localhost/KUYH
    Posts
    10,475
    Thank(s)
    0/13,664
    Blog Entries
    4
    Rep Power
    11

    Default

    Quote Originally Posted by Steve7th View Post
    wah kalo ane seh mandi malam2 malah bikin meriang masuk angin
    tiap orang mah beda2, 1 mandi malam sehat orang lain blon tentu
    memang daya tubuh seseorang itu berbeda -beda, ada yang kuat ada yang lemah
    kalau ane mandi keseringannya jam 7 malem, tapi selalu pakai air hangat
    kalau udah terbiasa memang gak akan ngaruh efeknya

  7. #5

    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    32,891
    Thank(s)
    0/339,056
    Rep Power
    29

    Default

    Quote Originally Posted by alizee View Post
    kalau sehabis olahraga trus mandi air hangat gimana kk?
    yang suhunya agak panas 40-an derajat
    kan sama aja pori2nya melebar
    setelah olahraga biasanya tubuh kita akan menghasilkan panas berlebih,
    karena itu panas ini akan dikeluarkan melalui pori-pori tubuh,

    langsung mandi air hangat setelah olahraga juga tidak bagus,
    karena pada saat itu tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dari tubuh dengan melebarkan pori-pori,
    dan apabila terkena air hangat, pori-pori akan menutup kembali untuk mencegah masuknya panas dari luar,
    so, langsung mandi setelah olahraga, pake air apapun dampaknya akan sama,
    CMIIW ___

  8. #6

    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    9
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    Kalo aku tergantung feeling.. Kalo rasanya gerah, harus mandi, dan kuat kena air, mandi aja. Tapi kalo ndak, ya jangan dipaksain mandinya

  9. #7

    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Cloud 9
    Posts
    646
    Thank(s)
    0/507
    Rep Power
    2

    Default

    Quote Originally Posted by Sunday_KNIGHT View Post
    langsung mandi air hangat setelah olahraga juga tidak bagus,
    karena pada saat itu tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dari tubuh dengan melebarkan pori-pori,
    dan apabila terkena air hangat, pori-pori akan menutup kembali untuk mencegah masuknya panas dari luar,

    so, langsung mandi setelah olahraga, pake air apapun dampaknya akan sama,
    CMIIW ___
    yg bagian pertama rasanya kebalik deh
    air dingin membuat pori2 menutup, sedangkan air hangat membuat pori2 terbuka

    yg kedua betul, mandi air apapun efeknya sama
    kecuali kalo abis olahraga ada niatan buat beraktifitas lagi
    atlit profesional biasanya mandi air dingin, yg lain mandi air hangat

  10. #8

    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    32,891
    Thank(s)
    0/339,056
    Rep Power
    29

    Default

    Quote Originally Posted by alizee View Post
    yg bagian pertama rasanya kebalik deh
    air dingin membuat pori2 menutup, sedangkan air hangat membuat pori2 terbuka
    secara teoritis, yang ane tau juga seperti itu, soalnya untuk melakukan homeostasis,
    tubuh akan mencegah masuknya panas ketika kondisi tubuh sendiri sedang panas (setelah olahraga),

    tapi, pada kondisi normal, ketika kena panas, pori-pori tubuh emang akan terbuka,
    tapi, pada kondisi panas tubuh berlebih + mandi air panas => tertutup juga *IMO

  11. #9

    Join Date
    Sep 2012
    Location
    Miyuki's Bed
    Posts
    1,350
    Thank(s)
    0/155
    Rep Power
    3

    Default

    yah kalo ga mandi kan malah bikin tubuh kotor,bikin jerawatan,panuan,kudas,kurap,kutu air
    emang lebih baik mandi walaupun harus nunggu sebentar setelah olahraga

  12. #10

    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Cloud 9
    Posts
    646
    Thank(s)
    0/507
    Rep Power
    2

    Default

    Quote Originally Posted by Sunday_KNIGHT View Post
    tapi, pada kondisi panas tubuh berlebih + mandi air panas => tertutup juga *IMO
    oh begitu toh
    saya baru tahu
    soalnya biasa sehabis pulang main basket langsung mandi air panas. memang sih jadinya tetep keringetan sehabis mandi
    tapi sesudah itu jadi nyenyak tidurnya

Page 1 of 5 12345 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia