Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 14

Thread: Kucing Meniru Kebiasaan Majikan
http://idws.in/386244

  1. #1

    Join Date
    Jun 2011
    Location
    wanderlust
    Posts
    606
    Thank(s)
    1/2,634
    Rep Power
    4

    Default Kucing Meniru Kebiasaan Majikan



    Kucing benar-benar bisa menjadi anggota keluarga manusia. Penelitian terbaru menunjukkan, kucing mampu meniru kebiasaan manusia, mulai dari yang baik sampai buruk. Ini membuat kucing mudah menyesuaikan gaya hidup dengan majikan mereka.

    Temuan ini menunjukkan bahwa pemeliharaan dapat mempengaruhi perilaku hewan tertentu, dalam kasus ini adalah kucing. Faktor lingkungan ini, bersama unsur genetik, membentuk aspek kepribadian dan perilaku kucing peliharaan. "Kami menggarisbawahi pengaruh tingginya keberadaan manusia dan perawatan pada kucing terhadap ritme harian kucing," kata Giuseppe Piccione, pemimpin penelitian dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Messina di Italia, Senin, 21 Januari 2013.

    Seperti dijelaskan dalam Journal of Veterinary Behavior, tim ilmuwan meneliti dua kelompok kucing. Setiap kelompok menerima perawatan yang sangat baik, dari segi makanan, pengobatan, dan perawatan. Pemilik seluruh kucing bekerja siang hari dan kembali ke rumah pada malam hari.

    Kelompok pertama tinggal di rumah yang kecil dan lebih dekat dengan pemiliknya. Kelompok kedua hidup di rumah yang lebih besar dan tidur di kandang khusus di luar rumah pada malam hari.

    Seiring waktu, kucing dalam kelompok pertama mencerminkan kehidupan pemiliknya. Perilaku makan, aktivitas, dan pola tidur mereka sangat mirip. Berbeda dengan kucing pada kelompok kedua, yang menjadi lebih aktif pada malam hari karena tidur di luar rumah majikannya. Perilaku harian kucing di kelompok ini lebih menyerupai kucing jalanan yang lebih liar. "Kucing adalah hewan cerdas dengan kemampuan mengingat yang lama," ujar Jane Brunt, Direktur Eksekutif CATalyst Council.

    Menurut dia, kucing mampu mempelajari perilaku dan "mencatat" pola tindakan manusia. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan kucing mengetahui lokasi penyimpanan makanan mereka dan waktu pemberian makan oleh majikan. "Kucing bisa membuka pintu lemari yang telah ditutup dan tahu di mana mereka harus buang air," ia menambahkan.

    Bahkan, kata Piccione, kucing bisa terkena penyakit obesitas jika majikannya memiliki pola makan berlebihan dan menular pada jadwal pemberian makan kucing yang juga melewati asupan normal.

    Penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Applied Animal Behaviour Science menemukan pola kepribadian pada kucing. Banyak sifat utama, meliputi arogan, sosial, pemalu, percaya, agresif, tenang, takut, bersemangat, dominan, dan penasaran, yang berlaku baik pada kucing dan manusia. "Kami percaya lingkungan lebih mempengaruhi variasi perilaku kucing ketimbang sekadar fakor genetik," kata Marieke Cassia Gartner dan Alexander Weiss dari Universitas Edinburgh, yang melakukan penelitian itu dan tidak terlibat langsung dalam penelitian Piccione.

    Penelitian juga menguak bahwa perilaku majikan tidak hanya searah mempengaruhi kucing. Sebaliknya, majikan juga tidak jarang terpengaruh perilaku kucing peliharaannya. "Kita kadang menyesuaikan jadwal dengan kucing, seperti bangun pagi untuk memberi mereka makan," ujar Brunt.

    Belum lagi ketenangan yang dirasakan majikan saat kucing peliharaan duduk di pangkuan dan tidur mendengkur dengan pernapasan yang ritmis. "Saya juga berpikir kita bisa belajar banyak dari kucing," kata Piccione.


    sumber




    Show ---- Sudi mampir ----















    Last edited by GudangBeras; 21-01-2013 at 11:22 PM.

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Mar 2012
    Location
    palembang
    Posts
    601
    Thank(s)
    0/3
    Rep Power
    3

    Default

    mang kucing bisa mendengkur man

    gue blm pernah dengar tu hehehe

  4. #3

    Join Date
    Jun 2011
    Location
    wanderlust
    Posts
    606
    Thank(s)
    0/2,634
    Rep Power
    4

    Default

    Quote Originally Posted by damn22 View Post
    mang kucing bisa mendengkur man

    gue blm pernah dengar tu hehehe
    bisa atuh gan...
    en gag cma pas tidur doank gan
    cba ja ente elus2 tuh si pussy, klo dia merasa nyaman psti akan mendengkur
    :CMIIW:

  5. #4

    Join Date
    Jan 2013
    Location
    jakarta
    Posts
    16
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    ini bener banget!!!
    kucing gw tau kapan gw berangkat sekolah, kalo lewat waktunya dia pasti manggilin n nganterin gw ke depan rumah

  6. #5

    Join Date
    Mar 2010
    Location
    ngayojokarto
    Posts
    105
    Thank(s)
    0/203
    Rep Power
    0

    Default

    wah itu merusak sifat hewani gan..
    sebenarnya hewan harus hidup liar di alamnya..

  7. #6

    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bali
    Posts
    222
    Thank(s)
    0/463
    Rep Power
    0

    Default

    jadi intinya kucing itu mirip anak kecil ya...
    kalau kita kasih contoh baik, hasilnya juga bakal baik.

  8. #7

    Join Date
    Feb 2011
    Location
    Bogor
    Posts
    102
    Thank(s)
    0/1
    Rep Power
    0

    Default

    Betul...betul...Majikan yang baik, memberikan contoh yang baik kepada piaraannya.

  9. #8

    Join Date
    May 2009
    Location
    Kabumian
    Posts
    57
    Thank(s)
    0/7,792
    Rep Power
    0

    Default

    kucing gue kalo pagi tahu-tahu dah ada diasamping tempat tidur..

  10. #9

    Join Date
    May 2010
    Location
    Semarang
    Posts
    334
    Thank(s)
    0/105
    Rep Power
    0

    Default

    Quote Originally Posted by conell_noce View Post
    wah itu merusak sifat hewani gan..
    sebenarnya hewan harus hidup liar di alamnya..
    enggag jg gan, kucing kan emang pada dasarnya hewan peliharaan macam ayam anjing dan sebagainya,
    klo kucing liar ya biarin liar, klo kucing2 ini mah malah gpp di pelihara,
    dan katanya kucing jg membuat pemiliknya lebih bahagia lo,
    karena kita berinteraksi dengan kucing yang perilakunya manja jd melatih kesabaran dan jiwa kita jd bahagia,
    cmiiw

  11. #10

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Azure Sky
    Posts
    323
    Thank(s)
    0/8
    Rep Power
    0

    Default

    Kucing wa dulu bisa buka pintu, sampai dikira ada orang masuk
    <a href=http://img228.imageshack.us/img228/2152/siggynew4copyjpg12cz9.jpg target=_blank rel=nofollow>http://img228.imageshack.us/img228/2...pyjpg12cz9.jpg</a>
    Even the world does not forgive you, I will forgive you. So what will it take for you, to forgive me?

Page 1 of 2 12 LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia