Page 1 of 10 12345 ... LastLast
Results 1 to 10 of 96

Thread: Maglev (kereta tanpa roda)
http://idws.in/38816

  1. #1

    Join Date
    Dec 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    354
    Thank(s)
    2/125
    Rep Power
    0

    Default Maglev (kereta tanpa roda)

    Saya sangat tertarik dengan update dari gigabyte di thread 7 Kereta Api Tercepat di Dunia. Akibatnya terlintas di pikiran akan kereta yang termasuk kereta cepat dan lebih canggih dari semua kereta tersebut tetapi berbeda cara kerjanya. Kereta yang saya maksud adalah kereta tanpa roda alias melayang di udara, canggih! Kereta tanpa roda ini populer dengan nama Maglev.

    Video di bawah ini adalah dokumentar tentang maglev Jerman dan China. Terima kasih kepada Uploader: mionyaratri yg sudah mengupload video tersebut di IDWS.

    National Geographics - Mega Structures - Future Trains
    Show Documentar
    http://www.indowebster.com/National_...re_Trains.html
    Date upload: 18/05/09 Size: 544.02MB

    Di bawah ini gambar-gambar kereta dari beberapa negara yang sudah menggunakan sistem kereta maglev.

    JEPANG



    CHINA-Shanghai


    JERMAN


    Langsung saja ke penjelasan kereta maglev yg saya kutip dari video, dan saya terjemahkan yg penting-pentingnya saja (yg bisa di mengerti oleh saya).

    MagLev adalah singkatan dari Magnetically Levitated trains yang terjemahan bebasnya adalah kereta api yang mengambang secara magnetis.

    Kereta maglev telah membuka gerbang baru perkeretaan. Kereta maglev akan berperan kunci di masa depan di karenakan lebih ramah lingkungan, lebih cepat dan hemat energi yang akan berpengaruh ke sektor ekonomi.

    Kereta maglev telah lama di teliti di 2 negara yaitu Jerman dan Jepang. Kereta maglev telah di implementasikan di China-Shanghai atas kerjasama dengan Jerman. Dan masih dalam rencana kereta maglev akan di bangun juga di AS.

    Kereta maglev Jerman memiliki keunggulan dimana kereta maglev benar-benar mengambang kurang lebih 10mm dalam keadaan berhenti maupun ketika melaju. Sementara milik jepang masih menggunakan roda landing dan ketinggian saat mengambang lebih dari 10mm.

    roda di ganti magnet


    Kereta maglev bisa bergerak di karenakan di bagian bawah masing-masing kaki kereta maglev ada 2 bagian magnet yaitu magnet penyokong (support magnet) adalah magnet yang menarik kereta agar mengambang dan menggerakkannya sedangkan di bagian sisi-sisinya adalah magnet
    penuntun (guidance magnet) menjaga kereta tetap di jalur rel. Magnet penyokong dan penuntun ini di pasang pada kedua sisi sepanjang kaki kereta dan sistem kontrol elektronik memastikan kereta melayang di ketinggian 10mm dengan stabil.

    Kereta maglev ketika bergerak dan mengerem di kendalikan oleh sistem *SLLMotor. Motor ini tidak terdapat dalam kereta maglev melainkan di relnya sendiri. fungsinya sama seperti seperti motor rotasi elektronik yg umum hanya saja lilitan dari motor di rubah menjadi bagian dari rel sementara magnet dari motor menjadi bagian dari kereta magnet. Medan magnetik yg menggerakkan kereta magnet dihasilkan oleh lilitan di rel.

    Rel kereta maglev bisa di buat di atas atau sejajar dengan tanah sesuai kebutuhan. Dalam banyak kasus, rel kereta magnet memerlukan sedikit tanah dan ruang jika dibandingkan dengan sistem transfortasi yg lain.

    kereta maglev saat berpindah jalur rel menggunakan sistem perpindahan jalur rel baja yang bisa melengkung **(bendable steel switches system). Pada saat menikung kereta maglev bisa mencapai kecepatan 200km/jam dan 300-400km/jam ketika bergerak lurus.

    Fungsi sistem kontrol (kontrol room) adalah menjaga keselamatan kereta-kereta maglev, mengatur perpindahan jalur rel dll. Kereta maglev berkomunikasi dengan sistem kontrol melalui sistem komunikasi radio. Sistem komunikasi ini dilakukan secara otomatis yg terpasang pada sistem rel dan kereta maglev. Sistem radio memberikan informasi lokasi kereta magnet dan mengaktifkan rel yg akan dan sedang dilalui kereta maglev.

    Teknologi maglev ini menyebabkan kereta maglev bisa beroperasi dalam kecepatan 300-400km/jam. Dalam uji coba di Jepang,
    JR-Maglev Kereta maglev tercepat dunia dengan kecepatan resmi, 581 km/jam (2003, Guiness World Record). Penggunaan energi kereta maglev lebih rendah dari kereta api/listrik, 3x lebih hemat dari mobil dan 5x lebih hemat dari pesawat terbang.Lebih dari itu kereta maglev tidak berisik dan berguncang karena tidak ada suspensi apalagi roda. Perawatan yang murah dan konsumsi energi yang hemat dibanding kereta api/listrik menjadi faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi. Kereta maglev terdiri dari 2 gerbong minimal dan tergantung dari jumlah penumpang maksimal bisa 10 gerbong. Kereta maglev bisa juga sebagai kereta kargo dengan kapasitas seberat 15ton/gerbong.

    Tentu saja setiap sarana transfortasi memiliki resiko-resiko kecelakaan. Di bawah ini gambar-gambar kecelakaan kereta maglev yang terjadi di Jerman dengan korban jiwa 23 orang. Pada gambar lainnya memperlihatkan kereta maglev di Shianghai yang kebakaran. Walau masih memiliki resiko seperti itu tentunya tidak menyurutkan beberapa negara untuk tetap membangun sarana tersebut (ex. China). Karena maglev tetap di pilih untuk menggantikan sarana transfortasi sejenis karena jauh lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

    Kecelakaan 1 (Jerman). Kereta maglev menabrak kereta maglev pemeliharaan jalur ( track service Maglev).




    Kecelakaan 2 (Shanghai). Salah satu rangkaian kereta maglev mengalami kebakaran, unit khusus dikerahkan untuk evakuasi di ketinggian.





    Saya sangat berharap pemerintah lebih memilih transfortasi kereta maglev di bandingkan apa yang sedang di rencanakan sekarang ini oleh pemerintah yaitu membangun sistem kereta api peluru. Ini sumber rencana tersebut shinkansen Indonesia.

    Kalau masih penasaran silahkan lihat video format flv.
    1st Jerman punya, 2nd Jepang punya dan 3rd China punya.


    Video di atas di dapat dari Youtube dan saya lokalkan.


    Show Maglev Indonesia



    Indonesia kalau tidak ada halangan akan membangun kereta maglev di atas yang selesai tahun 2012


    Mohon maaf kalau penjelasannya tidak detail dan sulit di mengerti. ^^v.
    PM saya kalau ada kesalahan yg harus di perbaiki.

    Haturnuhun ka

    tambahan...

    Quote Originally Posted by joefrizz View Post
    btw..itu yg paling bawah beneran mo dibikin disini bro...keren dong klo dah jadi...
    akhirnya ada jg moda transportasi canggih disini..
    kita berdoa aja jgn sampe macet proyeknya..
    antara iya dan engga... tergantung kondisi Indonesia (kepastian politik). kalau MoU-nya sudah dibahas, kalau mau detilnya baca di koran ini link-nya

    > http://epaper.pikiran-rakyat.com/ind...mber-2009.html <

    link di atas bisa di akses dengan cara register terlebih dahulu ^^'... terus cari koran hari senin tanggal 7 desember 2009 di halaman 25. pada saat reply ini di tulis dah saya cek masih ada arsipnya. maaf kalau ribet dikit. ^^v

    Btw Indonesia punya bukan proyek Jerman maupun Jepang, tapi dari Amerika. Ini saya lupa sumbernya tapi bisa di lihat dari desainnya beda jauh kan ?! mau apapun desainnya semoga bermanfaat bagi masyarakat luas.

    Proyek maglev indonesia kalau jadi maka jarak tempuh Jakarta-Bandung cuman beberapa menit. Bagi yg malas bawa mobil ke bandung tapi mobilnya nga mau di tinggal di jakarta, bisa ikut naik maglev >.<... liat aja gambarnya tuh muat mobil dan kontainer. Mantap lah.
    Last edited by aralekun; 08-01-2011 at 12:03 AM. Reason: edit
    •║▒ ♪. Å©hMåD .♪ ▒║NameGames║∞ΦRally N GolfΦ∞║•

  2. Who Said Thanks:


  3. #2

    Join Date
    Nov 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    58
    Thank(s)
    0/7
    Rep Power
    0

    Default

    jepang mmg hebat ya...kapan indonesia menyusul neh

  4. #3

    Join Date
    May 2009
    Location
    surabaya
    Posts
    1,582
    Thank(s)
    0/1,159
    Rep Power
    7

    Default

    kalau di indonesia ntar rel-nya pada dicolongin gimana :onion-55:
    suramadu aja besinya pada dicolongin :th_093:

  5. #4

    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Tangerang
    Posts
    149
    Thank(s)
    0/6
    Rep Power
    0

    Default

    wew,,keren...kapan nih indonesia bikin???

  6. #5

    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Posts
    15,440
    Thank(s)
    0/39,298
    Blog Entries
    79
    Rep Power
    39

    Default

    Indonesia bikin Maglev? Mending benahin dulu KRL/KRD nya deh. :onion-08: Yang KRL ekonomi tuh terutama benahin... jauh sekali tingkat kenyamanannya dengan KRL AC.

    Kalo entar Maglev jadi dibikin, tarif KRL AC turunin yak... :onion-08:

    世界が平和でありますように

  7. #6

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    PilangBango
    Posts
    346
    Thank(s)
    0/71
    Rep Power
    0

    Default

    kapan...
    Indonesia mau nyusul????

  8. #7

    Join Date
    Jul 2009
    Location
    BANDUNG
    Posts
    412
    Thank(s)
    0/15
    Rep Power
    0

    Default

    kalo ada di indo pasti banyak paku nempel di magnetnya:)
    makasih.,., gw ga seganteng itu kok:smiley_beer:

  9. #8

    Join Date
    Aug 2009
    Location
    Cimahi
    Posts
    94
    Thank(s)
    0/0
    Rep Power
    0

    Default

    salut deh

    di indonesia kapan adanya yakh?

  10. #9

    Join Date
    May 2009
    Location
    TEgaL
    Posts
    139
    Thank(s)
    0/350
    Rep Power
    0

    Default

    indonesia mah yang terlihat ga da beritanya di tipi

    cuma kereta gantung...

    malingnya susah nyuri nya

    hahahahhaa

  11. #10

    Join Date
    Jun 2009
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    1,552
    Thank(s)
    0/74,914
    Rep Power
    7

    Default

    Ini yang gw impiin dari dulu..
    Kaya yang difilem back to the future..
    Ngambang pake magnet..
    Trus yang bagian bawah pake apa tuh..??
    Masih tetep kudu ada besinya, ya, buat bisa saling tolak menolak..

    Si Einstain kalo ga meninggal mungkin udah nemuan anti-gravitasi, ya, jangan2..


Page 1 of 10 12345 ... LastLast

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Indowebster is proudly powered by PT. Gudang Data Indonesia